Renang Gaya dada

Michael Phelps sedang berenang gaya dada Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki. Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Dalam pelajaran berenang, perenang pemula belajar gaya dada atau gaya bebas. Di antara ketiga nomor renang resmi yang diatur Federasi Renang Internasional (FINA), perenang gaya dada adalah perenang yang paling lambat.

Sejarah
Manusia sudah berenang gaya dada sejak Zaman Batu seperti digambarkan dalam lukisan di Gua Perenang, dekat Wadi Sora, Mesir barat daya. Gerakan kaki gaya dada diperkirakan meniru gerakan berenang katak. Di lukisan dinding yang dibuat orang Assyria dan lukisan relief yang ditemukan di Babilonia Pada tahun 1538, seorang profesor ilmu bahasa berkebangsaan Jerman bernama Nicolas Wynman menerbitkan buku berenang yang pertama, Colymbetes. Tujuannya menulis buku bukan untuk mempromosikan berenang, melainkan untuk mengurangi bahaya tenggelam. Meskipun demikian, buku tersebut berisi cara belajar gaya dada. Pada tahun 1696, pengarang Perancis Melchisédech Thévenot menulis buku The Art of Swimming yang menjelaskan berenang gaya dada yang serupa dengan gaya dada sekarang ini. Salah seorang dari pembacanya adalah Benjamin Franklin.

Lomba renang dimulai di Eropa sekitar tahun 1800. Sebagian besar perenang memakai gaya dada. Dalam lomba renang tahun 1844 di London, sejumlah perenang suku Indian ikut serta. Perenang Inggris menggunakan gaya dada sementara perenang suku Indian berenang gaya bebas. Hingga tahun 1873, orang Inggris lebih senang berenang gaya dada. Pada tahun 1875, Kapten Matthew Webb berhasil mencatatkan diri sebagai orang pertama yang berenang menyeberangi Selat Inggris. Selat selebar 34,21 km itu diseberanginya dengan berenang gaya dada selama 21 jam 45 menit. Olimpiade St. Louis 1904 adalah Olimpiade yang pertama kali mempertandingkan nomor gaya dada secara terpisah untuk jarak 440 yard (402 m). Pada waktu itu diperlombakan nomor gaya dada, gaya punggung, dan gaya bebas.

Renang Gaya Dada (Chest Stroke)

Merupakan gaya yang paling mudah dan paling cepat untuk dipelajari. Tapi dalam segi kecepatan, gaya ini merupakan gaya yang paling lambat. 1. Gerakan kaki a. Kaki ditekuk (dengkul dibengkokkan/ditekuk) b. Kemudian tendangkan/luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka (kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan) c. Masih dalam posisi kaki lurus, kemudian kaki dirapatkan (sampai telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan ..ini akan menambah daya dorong) Ulangi langkah a – c di atas Jadi urutan gerakan kaki gaya dada ini : 1) tekuk, tendang, rapatkan, 2) tekuk, tendang, rapatkan, dan seterusnya. 2. Gerakan tangan a. Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan saling bertemu & menempel) b. Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri, tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah) c. Luruskan tangan kembali. Ulangi langkah a – c di atas Jadi urutan gerakan tangan gaya dada ini : 1) luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan, 2) luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan, dan seterusnya. 3. Gerakan kombinasi tangan, kaki & mengambil nafas - Gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian. - Pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan,

mulailah perbaiki gaya renang gaya dada Anda. maka naikkan kepala sedikit ke atas permukaan air dan langsung ambil nafas. Kemudian kita mengapungkan badan (seperti posisi meluncur) dan gerakkan kaki gaya dada seperti di atas sampai ke pinggir kolam. Setelah lancar. Hal ini dilakukan dengan cara memasukkan kepala ke dalam air selama belajar gerakan kaki dan menaikkan kepala hanya bila mau mengambil nafas. kemudian gerakkan kaki seperti di atas. . maka mulailah belajar mengambil nafas. orang tua / pelatih renang bisa melakukan ini. kemudian baru gerakkan tangan gaya dada seperti di atas. Lakukan sampai lancar 6) Kemudian berlatihlah lebih ke tengah dan berenang untuk mencapai pinggir kolam.. sehingga Anda bisa menyeberangi kolam dengan menggerakkan kaki dan tangan tetap dipegangi teman Anda. maka sekarang kita agak ke tengah kolam. Begitu seterusnya. Lakukan terus sampai bisa selebar kolam renang. lakukan sampai lancar. Gerakan kaki dan tangan bergantian yaitu 1 kali gerakan kaki. Ketika tangan bergerak ke samping. Lakukan sampai lancar 4) Setelah itu sekarang mulai belajar menggerakkan tangan. Lakukan 2 atau 3 kali gerakan kaki. Kaki seringkali tidak mengapung di permukaan air. Untuk anak-anak.hal ini dikarenakan kepala tidak masuk ke dalam air. 1 kali gerakan tangan dan ambil nafas. 5) Setelah cukup lancar. Lakukan sampai lancar 2) Kemudian Anda bisa meminta seorang teman untuk memegangi tangan Anda. melainkan agak ke bawah (hal ini akan memberikan dorongan yang lebih kuat sekaligus memudahkan pengambilan nafas). Nb. 3) Setelah lancar. Gerakan tangan jangan terlalu lebar.kemudian kepala mendongak ke atas sambil mengambil nafas Tips : 1) Ketika mulai belajar tangan berpegangan pada pinggir kolam. Oleh karena itu saat berlatih kaki ini sekaligus dijadikan sebagai sarana untuk berlatih gerakan kepala untuk mengambil nafas nantinya. melainkan terlalu ke bawah .

Tekukkan dengkul kaki kedalam 2. Kemudian pantulkan (tendang lurus dengan posisi kedua kaki renggang/ terbuka) 3. Salah satu gaya berenang yang mudah diajarkan adalah gaya dada (gaya Katak) . Ulangi langkah di atas dengan urutan tekuk. Anak-anak. sebagai dasar dari berbagai macam olahraga dan pembentukan tubuh. tekuk. Gerakan kaki 1. tendang. rapatkan. tendang. rapatkan. kemudian rapatkan (pastikan telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan) 4. . berenang ternyata merupakan olahraga yang paling mudah dan paling cepat untuk dipelajari dan bermanfaat untuk melatih seluruh otot tubuh. Karena selain murah. Kaki tetap lurus. Berikut caranya.Teknik Renang Gaya Dada Berenang merupakan olahraga ringan yang sanagt dianjurkan untuk dipelajari dan rutin dilakukan. hendaknya dilatih berenang.

Anda dapat memulai belajar mengambil nafas. Lakukan gerakan tangan dan kaki secara bergantian. kaki justru seringkali tidak mengapung di atas permukaan air (kaki terlalu ke bawah) hal ini disebabkan karena kepala tidak masuk ke dalam air. Untuk anak-anak. Bila dirasa cukup lancar. Dan seterusnya. Terus ulangi gerakan kaki. maka mulailah berlatih mengapungkan badan (seperti posisi meluncur) lebih ke tengah kolam. Untuk mengambil nafas lakukan saat gerakan tangan ke samping kiri dan kanan. sampai jarak yang Anda inginkan.      . Jika Anda sudah lancar melakukan gerakan kaki sambil berlatih mengambil nafas. Lalu lakukan gerakan kaki sesuai dengan teknik gaya dada seperti di atas sampai ke pinggir kolam. Gerakan kombinasi + mengambil nafas 1. orang tua / pelatih renang dapat membantu memegang tangan. Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri. 2. sampai benar-benar lancar. Latihan dapat dilakukan dengan cara memasukkan kepala ke dalam air selama melakukan gerakan kaki dan menaikkan kepala hanya bila hendak mengambil nafas. Lakukan dengan yakin dimulai ketika tangan bergerak ke samping. sambil gerakkan kaki seperti di atas. Kombinasikan gerakan tangan dan kaki. seterusnya sampai benar-benar lancar. 4. kemudian baru gerakkan tangan sesuai dengan teknik di atas. tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah 3. Lakukan tahapan dengan 2 atau 3 kali gerakan kaki. Luruskan tangan kembali. saatnya Anda mulai belajar menggerakkan tangan. saat berlatih kaki ini lebih baik untuk sekaligus dibarengi dengan berlatih gerakan kepala untuk mengambil nafas nantinya. Lalu lanjutkan dengan menyeberangi kolam. Saat melakukan gerakan kaki. Anda dapat berpegang pada tangan teman atau menggunakan ban pelampung. tetap dengan gerakan kaki seperti teknik diatas. Lakukan berulang kali sampai benar-benar lancar Setelah menguasai gerakan kaki. Tempelkan kedua telapak tangan(seperti hendak bersalaman) dan luruskan di atas kepala 2. maka naikkan kepala sedikit ke atas permukaan air dan langsung ambil nafas.Gerakan tangan 1. Dan ulangi dengan urutan luruskan tangan di atas kepala. lalu dongakkan kepala keatas sambil mengambil nafas Tips berenang gaya dada :  Mulialah belajar dengan berpegangan pada pinggir kolam terlebih dahulu. gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan. Maka. Untuk dapat menyeberangi kolam.

terus pelan-pelan semakin ketengah. gerakan kaki dan tangan bergantian yaitu 1 kali gerakan kaki. jangkauan tangan jangan terlalu lebar. 1 kali gerakan tangan dan ambil nafas. . Bila gerakan sudah lancar dan jarak tempuh sudah semakin jauh. maka Anda dapat memulai menyempurnakan gerakan gaya dada Anda. melainkan agak ke bawah (hal ini memudahkan gerakan dan akan memberikan dorongan yang lebih kuat untuk memudahkan Anda saat mengambil nafas). sampai lancar melakukan gerakan kombinasi selebar kolam.  Lakukan tahapan ini dengan mengambil jarak lebih ketengah kolam. Sebaiknya.

menyesuaikan suhu tubuh. kedua kaki menendang ke arah luar sedangkan kedua tangan dibuka melebar ke samping sepeti gerakan membelah air agar badan lebih cepat ke depan. yaitu pada kedua tangan ditarik ke samping. .Kedua tangan diluruskan dan kepala keluar dari permukaan air .Tarik kedua tangan secara bersamaan ke arah bawah dada sambil kedua telapak tangan mengayuh air . Renang gaya dada dibandingkan dengan gaya lainnya merupakan gaya yang paling lambat daya lajunya.Tubuh lurus dan jaga keseimbangan.Lakukan secara berulang-ulang .Kedua Tangan berpegangan pada dinding . latihan gerakan meluncur Meluncur merupakan teknik awal yang harus dikuasai perenang. .Kedua kaki dilekatkan pada dinding kolam .Berdiri dipinggir kolam.Kedua kaki dan kedua lengan lurus ke depan .Pergelangan kaki tetap relax . Sumber: Bse Sodikin Candra .Teknik Renang Gaya Dada Renang gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi badan/dada menghadap ke permukaan air. posisi badan di atas permukaan air (stream line) Latihan Gerakan kaki: Pelaksanaan: .Sikap badan telungkup .Kemudian kedua kaki diluruskan sambil membuat lecutan pada saat ditutupkan .Kedua kaki ditarik ke samping dan kedua kaki diluruskan . dan menghilangkan resiko cedera. badan akan meluncur ke depan . salah satu kaki menempel pada dinding kolam . dagu di angkat ke atas permukaan air sambil menghirup udara. Gerakan tubuh meniru gerakan katak waktu berenang sehingga gerakan gaya dada sering juga disebut gaya katak.Tolakan kaki yang menempel di dnding kuat-kuat.Badan dibungkukan de depan sejajar dengan permukaan air dan kedua lengan diluruskan mengapit telinga. Teknik dasar renang gaya dada: 1.Kepala berada di permukaan air dan kedua kaki diluruskan . latihan meluncur sangat penting untuk menghilangkan rasa takut dalam air.Dapat dilakukan dengan bantuan papan peluncur Latihan mengambil nafas: Prinsipnya sama dengan latihan gerakan tangan.lakukan secara berulang-ulang dengan kecepatan dan kekuatan penuh sehingga akan terasa adanya dorongan dalam meluncur ke depan Latihan Gerakan Tangan: Pelaksanaan: .

Gerakan tangan a. 2. Posisi awal.Gaya Dada RENANG GAYA DADA Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air.. Tekhnik Renang Gaya Dada 1. Kaki ditekuk (dengkul dibengkokkan/ditekuk) b.ini akan menambah daya dorong) Ulangi langkah a – c di atas Jadi urutan gerakan kaki gaya dada ini : 1) tekuk. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. dan seterusnya. kemudian kaki dirapatkan (sampai telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan . setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki. rapatkan. namun berbeda dari gaya bebas. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. rapatkan. kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan saling bertemu & menempel) b. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air. tendang. Gerakan kaki a. Masih dalam posisi kaki lurus. tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah) . 2) tekuk. Kemudian tendangkan/luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka (kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan) c. Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri. tendang. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak.

Sendi articulatio humeri 2. gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan. kemudian kepala mendongak ke atas sambil mengambil nafas Gerakan pada renang gaya dada pada dasarnya lebih fokus pada gerakan tangan dan kaki. 2. . Otot M. Sumbu : Frontal 2. Bidang : Sagital 3. sendi kisar : antara ulna dan radius a. Gerakan kombinasi tangan. Gerakan Lengan. 1. tetapi ada juga gerakan pendukung yaitu gerakan pada leher atau kepala. 2) luruskan tangan di atas kepala. 3.c. Pengungkit : Jenis pengungkit ke 3 . tempat perlekatan (origo) otot-otot yang menggerakkan tangan dan sendi pergelangan tangan . sendi peluru : antara capitulum humeri dan radius 3. dimana bagian-bagian tubuh yang bekerja antara lain : 1. kaki & mengambil nafas .Pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan.Gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian. Luruskan tangan kembali. gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan. Gerakan Sendi Siku ( Articulasio Cubiti ) Gerakan pada sendi siku merupakan rangkaian gerakan pada lengan tangan dimana bagian-bagian yang bekerja pada sendi siku antara lain : 1. latisimus dorsi Origo : Separuh bagian bawah processi spinosi columna vertebralis sampai os sacrum dan crista iliaca Insertio : Permukaan ventral os humerus di bawah tuberculum minus humeri 1. Epicondylus humerus. yaitu gaya berada di antara beban dan sumbu. Ulangi langkah a – c di atas Jadi urutan gerakan tangan gaya dada ini : 1) luruskan tangan di atas kepala. dan seterusnya. sendi engsel : antara humerus dadn ulna 2. Gerakan lengan terjadi ketika perenang melakukan gerakan meluncur ke depan.

origo : pada panggul (spina iliaca anterior inferior) 4. sumbu : frontal . Pronator teres dan m. Origo : Epicondylus medial humeri 4. dimana salah satu bagian yang bergerak adalah lutut dan bagian – bagian yang bekerja antara lain : 1. Rectus Femoris) Salah satu rangkaian gerak pada renang gaya dada yaitu gerakan pada kaki. 3. Sendi : Sendi Condyloid Di sini yang bersendi ialah ujung distal radius dengan tiga tulang carpalia sebelah proksimal.b. Troclea olecranii. Gerakan Pergelangan Tangan ( Articulasio Radiocarpae) Pergelangan tangan atau articulatio radiocarpae. yaitu : os. otot : m rectus femoris 3. dan bagian pergelangan tangan yang bekerja antara lain : 1. juga merupakan satu rangkaian dalam gerakan tangan saat melakukan renang gaya dada yaitu saat meluncur. yang bersendi dengan fovea radii ( sendi peluru ) g. sendi : sendi lutut 2. Sumbu : frontal 5 Bidang : Sagital 6. 2. Procecus olecranii. yang berperan pada sendi engsel f. Otot : m. Procecus coronoideus ulna. tempat incercio m triceps bracii d. Pengkit : Pengungkit 2 . Capitulum radii 4. Capitulum humeri. os. Pronator kuadratus 3. Gerakan Pada Lutut ( M. yaitu beban berada diantara sumbu dan gaya. Bidang : Frontal 6. Naviculare. tempat intertio m biceps bracii c. Pengungkit : Pengungkit jenis 2 4. permukaan sendi humerus yang bertemu dengan permukaan sendi ulna pada sendi siku e. Triquetrum. Sumbu : Sagital 5. Tuberositas radii. Lunatum dan os.

sumbu : sagital 3. pengungkit : jenis ke 1 5. otot : a. golongan A : otot-otot yang berorigo pada tulang scapula dan berintersio pada tulang lengan atas ( humerus) b. Sumbu : Frontal 7. Otot : M Tricep Surae 3. Tungkai Bawah 1. dimana gerakan ini terjadi ketika perenang sedang melakukan gerakan pengambilan nafas. Sendi : Pergelangan kaki ( Articulatio Talocruralis) 2. Intersio : os calcaneus 5. Gerakan Pada Tulang Bahu Pada renang gaya dada juga terjadi gerakan pada tulang bahu diantaranya adalah 1. Pengungkit : Jenis 1 6. golongan B : otot-otot yang mempunyai origo pada batang badan dan berintersio pada tulang scapula c.Gerakan Pada Otot Leher Gerakan pada leher tidak kalah pentingnya dengan gerakan-gerakan yang lain pada renang gaya dada. bidang : frontal 2. sendi : sendi bahu 2. . golongan C : otot-otot yang berorigo pada batang badan dan berintertio pada tulang humerus 1.5. pengungkit : jenis 1 7. Bidang : Frontal 6. Origo : Femoris dan Tibia 4. bidang : frontal 6.

1. 2. Selama ini. akibatnya sering tidak nyaman di dada dan kedua lengan atas. kesusahan muncul di permukaan untuk ambil nafas. Yang penting sudah bisa terapung di air. saya mendapat suatu pencerahan cara melakukan teknik renang ini dengan benar. gaya ini mudah untuk dipelajari. saya selalu membuka tangan terlalu lebar. ya gaya renang ini tidak memiliki kecepatan secepat gaya renang lainnya. Secara singkat.Teknik renang yang saya kuasai itu adalah renang gaya dada atau biasa dikenal gaya kodok. . jangan pada waktu bersamaan. kemudian buka kedua tangan. 3. Gerakan kaki Kedua kaki ditekuk atau dibengkokkan. Saya cukup menguasainya namun saya merasa ada masih perlu perbaikan. Adapun kelemahannya. Setelah itu. Untuk gaya dada ini. Gerakan overall Dalam renang. cukup selebar bahu dan tarik ke bawah. yang penting dapat maju dapat dapat ambil nafas. Setelah itu. luruskan. Dasar dari teknik renang gaya dada/kodok adalah kaki yang menendang air seperti kodok melompat dan tangan yang membuka ke samping untuk menarik badan ke depan. Ulangi langkah di atas. Berkat artikel pada blog tersebut. saya iseng-iseng browsing internet mencari tahu tentang teknik-teknik renang dan kebetulan saya ketemu satu website yang sangat bagus karena cukup jelas menerangkan cara melakukateknik renang dengan berbagai gaya.dorong tangan ke bawah (condong ke bawah) untuk dapat muncul di permukaan dan ambil nafas. Gerakan tangan Posisi awal. Kemudian tendang kedua kaki ke belakang ke arah luar. tangan harus lurus di atas kepala. Gerakan tangan masih harus diperbaiki. Ulangi langkah ini dengan menekuk kedua kaki lagi. Tangan membuka ke samping dan kaki dibuka lebar dan menendang harus dilakukan secara bergantian dan sinkron agar memperoleh kecepatan renang yang besar. tetapi tidak perlu terlalu ke samping.Gaya Renang Dada / Kodok / Katak Hari ini. Karena terlalu lebar. tangan dan kaki harus dilakukan secara berselang-seling. kedua tangan jadi agak susah untuk ditarik ke bawah. Alhasil. Banyak pemula yang diajarkan gaya ini karena memang mudah untuk menguasainya. kedua kaki dirapatkan. Kemudian tarik tangan ke samping kiri dan kanan. Saya merasa gerakan kaki saya sudah benar dan tidak ada masalah. gaya renang dada ini mirip dengan cara kodok melompat (menurut pendapat saya). Kemudian tangan diluruskan. Dorong kaki dulu.

. dekat Wadi Sora. yang mana beberapa hal berbeda dengan gaya dada Amerika Serikat . namun berbeda dari gaya bebas. Pengembangan ini berperan penting dan kini disebut gaya dada eropa. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Nikolai pankiri mulai mengembangkan gerak gaya dengan mana dapat menambahkan kecepatan gerak tangan melakukan fase istirahat. Mesir barat daya. Hingga tahun 1873. menghilangkan sikap dimana tangan akan kembali bersama sama di bawah dada. Dalam lomba renang tahun 1844 di London. perenang Rusia . Sebagian besar perenang memakai gaya dada. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Manusia sudah berenang gaya dada sejak Zaman Batu seperti digambarkan dalam lukisan di Gua Perenang. Awal tahun 1966.Artikel Renang Gaya Dada Renang Gaya Dada Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Gerakan kaki gaya dada diperkirakan meniru gerakan berenang katak. sejumlah perenang suku Indian ikut serta. batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Di lukisan dinding yang dibuat orang Assyria dan lukisan relief yang ditemukan di Babilonia Lomba renang dimulai di Eropa sekitar tahun 1800. Perenang Inggris menggunakan gaya dada sementara perenang suku Indian berenang gaya bebas. orang Inggris lebih senang berenang gaya dada. Hal ini merupakan pembaharuan menambah irama dari gaya dan memukinkan agak sedikit menunda posisi ambil nafas . Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.

kedua lengan lurus kedepan. Usahakan pada saat kedua kaki ditarik mendekati pinggul dilakukan semaksimal mungkin . Gerak yang dilakukan kaki itu akan memperoduksi tenaga gaya angkat (lift force )ke arah depan . 2. kemudian dari posisi ini kedua kaki melakukan gerak menginjak dan diakhiri dengan menendang sehingga kedua kaki bertemu lurus kebelakang . dan biasanya apabila sudah terlatih dengan gaya kupu-kupu . e. Gerakan kaki (Kicking) a. lakukan rangkaian gerak kaki gaya dada. Tanpa menggunakan papan latihan .Teknik Renang Gaya Dada 1. dilakukan rangkaian gerak secara berjenjang . Keuntungan yang diperoleh oleh perenang yang mempunyai kelenturan kaki tinggi. Gerak kaki pada gaya dada saat ini adalah gerakan kaki yang cenderung membentuk gerak kaki dolpin (whip kick) . d. Beberapa bentuk latihan a. c. Kaki akan mendapat akselerasi dan mencapai tingkat kecepatan maksimum. Di kolam dangkal : membelakangi dinding atau menghadap dinding kedua lengan di lipat di belakang punggung . biasanya dimanfaatkan pada akhir dari ledutan dengan membuat gerak kaki dolpin di bawah permukan air . Gerak ini sering disebut dengan istilah propeller . Bisa diberikan dengan sikap terlentang . Pernafasan (Breathing) Bentuk bentuk latihan a. d. b. di mana dada sedikit di angkat. dimana pergelangan kaki dan tungkai kaki bagian bawah berfungsi sebagai alatnya . c. latihan tidak dikerjakan sebab langsung dapat menguasai. sehingga sikap ini dapat melakukan rangkaian gerak berikutnya dengan lebih kuat. Beberapa perenang ada yang melakukan akhir dari gerakan kaki menginjak dan menendang itu hingga tumit kaki sedikit naik keatas permukan air. di tepi kolam renang dengan memegang pari/tepi . dimana pada saatfase istirahat yaitu fase ketika kedua tungkai kaki bagian bawah di tarik serentak mendekati pinggul dan kemudian setelah fase itu di kerjakan pergrlangan kedua kaki diputar mengarah keluar hingga membentuk sudut +50’’ . hanya karena kedua kaki setelah mengerjakan tendangan dan menutup lurus di belakang . b. Latihlah rangkaian gerak ini hingga menjadi terbiasa. hal ini disebabkan kaki yang bersangkutan sangat lentur (flexible) . Meningkatkan kecepatan padasaat melakukan gerak kaki adalah sangat diperlukan dan penting . maka gerak itu dikerjakan dengan bantuan sediokit kedua belah paha dibuka . Apabila pada waktu melakukan gerak menarik tungkaikaki bawah agak berat dilakukan . Bila menggunakan papan latihan sambil jalan di kolam dangkal. lakukan irama mengambil nafas dari permukaan air melalui mulut dengan sikap pandangan kedepan . Buanglah sisa-sisa pembakaran di bawah permukaan air melalui hidung. kemudian masukan bagian muka ke permukaan air dengan menundukan kepala. .

Bagi Versi Eropa Timur. Untuk memperoleh kordinasi yang baik bisa di berikan tanpa menggunakan papan latihan kedua tangan berada lurus di samping tubuh . tetapi di lipat di punggung . dimana kepala diangkat kedua kaki mengikuti dengan menarik kearah pinggul dan kepala kembali masuk permukaan air.b. Hal ini di kerjakan terutama untuk menghindarkan tangan melakukan gerak ekstra untuk membantu tubuh maju sehingga latihan yang di kerjakan tidak efektif lagi. prinsip yang sama seperti mengguanakan papan latihan dapat di lakukan di sini. Bisa juga tanpa menggunakan papan . Pendapat lain dan juga banyak di kerjakan yaitu. c. d. d. Dengan menggunakan papan latihan kedua tangan memegang papan latihan gunakan rangkaian gerak baik menurut pendapat pertama maupun mengikuti pendapat kedua. Pelatih renang asal Canada. saat kedua kaki mengerjakan proses menginjak dan menendang hingga lurus ke belakang. Rotasi gerak Versi Eropa Timur. b. c. a. kedua tangan memegang tepi atau parit kolam lakukan rangkaian gerak dengan mengguankan prinsip gerak tersebut di atas. bagi Versi Amerika Utara. Di kolam dangkal . b. 4. kedua kaki melalui sikap kedua pergelangan kaki mengarah keluar mengerjakan injakan dan tendangan hingga berakhir lurus ke belakang . dengan rangkaian fase membuka dan menangkap – fase menarik –fase mendorong – fase istirahat atau Outward and catch – pull – push –recivery. . ada yang mengerjakan kepala sebagai kendali . menggunakan fase mendorong (push). e. memodifikasi gerak gaya dada Versi Eropa Timur dengan sedikit mengubah pada saat tangan akan melakukan fase mendorong di ubah menjadi fase menyapu kedalam (in ward sweep) dimana sapuan dari telapak tangan itu bertemu di depan hingga lengan membentuk paru lembing. Kedalam lengan atau tangan / lengan di bawah permukaan air ketika melakukan fase istirahat sekitar 15-20 cm. Rotasi tangan (Hand Rotation) Rotasi gerak pada Versi Amerika Utara. kepala di angkat dan selanjutnya kepala masuk kepermukaan air justri kedua kaki ditarik mendekati pinggul (saat melakukan fase istirahat) Beberapa bentuk latihan a. cukup di kombinasikan dengan kaki. Kedalaman lengan /tangan di bawah permukaan air ketika melakukan fase istirahat sekitar 25-30 cm. tidak menggunakan push (Outward and catch – pull recovery atau fase membuka atau menangkap – fase menarik – mfase istirahat). Kordinasi gerak antara kaki dengan nafasw dikerjakan dengan dua pendapat. Untuk memperoleh gerak pernafasan baik pada gaya dada. Kordinasi kaki-nafas 3. kedua lengan tidak lus di samping.

Fase istirahat (recovery) . Dengan menggunakan papan latihan. Fase mendorong kedalam (push) fase ini di lakukan setelah berakhirnya fase membuka keluar. maka versi Canada mengambil nafas di lakukan pada saat melakukan sapuan tangan kedalam (Inward sweep) . c. . Fase membuka keluar (Outward). c. b. VERSI CANADA Versi ini berkembang dari Versi Eropa Timur. 5. b. kedua siku dengan juga menutup keduanya bertemu pada saat garis lurus di bawah dagu. Fase istirahat dan fase membuka keluar tetap sama dan perbedaanya terletak pada fase mendorong. Kordinasi nafas. Fase membuka keluar (Outward)m . saat kedua lengan lurus di depan. fase ini di lakukan setelah akhir dari melakukan fase membuka . Beberapa bentuk latihan a. Fase istirahat (recovery). fase menutup kedalam (Inward sweep) di lakukan setelah berakhirnya fase membuka keluar di lanjutkan dengan melakukan sapuan atau ayunan dimana kedua belah siku tidak perlu bertemu dan cukup hanya kedua telapak tangan. c. sehingga beberapa fase yang di kerjakan pada versi Eropa Timur juga di kerjakan pada versi Canada. di mana saat melakukan fase mendorong kedua telapak tangan saling berhadapan serentak dengan menutup telapak tangan hingga bertemu . lakukan kordinasi gerak antara tangan dengan nafas seperti halnya latihan tangan . Fase menangkap (cetch) . Pada versi Eropa Timur ambil nafas di lakukan pada saat melakukan fase mendorong. saat dimana kedua tangan membuka kesamping hingga memperpanjang garis bahu sudut yang di bentuk antara telapak tangan dengan permukaan air pada saat menyapu keluar adalah 3045. atau rata-rata 40. saat kedua tangan lurus di depan b. a.tangan Pada Versi Amerika Utara ambil nafas di lakukan pada saat tangan melakukan akhir fase menarik. VERSI EROPA TIMUR a. Sama seperti pada versi Eropa Timur.Dan sudut yang di bentuk antaraa lengan bawah dengan tangan pada pergelangan adalah 15-30.Pada dasarnya rotasi tangan terdiri dari: VERSI AMERIKA UTARA a. dimana saat mengerjakan fase ini usahakan sikut tinggi (high elbow) untuk memutar pergelangan tangan . saat kedua tangan membuka keluar hingga lebih lebar dari perpanjangan garis bahu. Agar diperhatikan pada saat melakukan sapuan ke dalam posisi telapak tangan dengan air membentuk sudut antara 30-45.

Beberapa bentuk latihan a. Pada saat tertentu di usahakan tidak banyak menggunakan papan . maka beberapa bentuk kesalahan sering terjadi pada gaya dada. Bentuk-Bentuk Latihan Untuk Menguasai Renang Gaya Dada Berikut ini merupakan bentuk latihan agar seseorang dapat lebih menguasai renang gaya dada 1. Perbaikan kesalahan pada renang gaya dada Seperti pada gaya renangan lain-lainya . Posisi lutut turun . Mengambil nafas terlalu dini: Bila terjadi semacam ini dilakukan bentuk perbaikan dengan mengulang kembali rangkaian gerak pada kordinasi nafas dengan tangan. Melakukan tarikan terlalu dalam pada gaya dada . tarikan ini tidak saja menjadi tahanan bagi daya luncur renangan. Renang lengkap ( kordinasi kaki. bentuk-bentuk di kerjakan dengan konsep tidak membentuk sudut sebagai akibat lutut yang di turunkan kebawah. di mana saat melipat . menyesuaikan suhu tubuh. Berpasangan di mana saat satu rekanya melakukan rangkaian korinasi tangan dengan nafas. c. bisa berakibat terhentinya gerakan di saat akhir tarikan . maka rekan lainya mengepit kedua kaki dan memegang pinggul atau paha yang bersangkutan. melainkan sebagai akibat lipatan tunkai kaki bawah ke atas hingga mendekati kepinggul. latihan gerakan meluncur Meluncur merupakan teknik awal yang harus dikuasai perenang. b. .nafas. 7. akibatnya pinggul naik: Apabila terjadi kasus seperti ini. Kaki tidak mampu maksimal melakukan lipatan dan membuka ke samping. b. Penanggulangan dengan melatih kaki dengan menggunakan papan atau mengambil sikap terlentang untuk mengerjakan kaki gaya dada. tetapi yang jelas hal semacam ini akan mengurangi akselerasi dari renang yang bersangkutan. d. Adapun bentuk-bentuk kesalahan yang terjadi seperti: a. latihan meluncur sangat penting untuk menghilangkan rasa takut dalam air.tangan) 6. dan menghilangkan resiko cedera. lakukan gerak kaki menarik ke arah pinggul dan bukan gerakan melipat itu di lakukan sebagai akibat turunya lutut. Selain itu bentuk. Dapat di berikan dengan bentuk latihan Catc – up .b. Melakukan tarikan terlalu dalam. upaya penanggulanganya adalah berlatih dengan menggunakan papan latihan dengan prisip gerakan dikerjakan yaitu saat melakukan fase istirahat pada kaki yaitu saat dimana kedua tungkai kaki bawah di lipat hingga mendekati pinggul.

Lakukan secara berulang-ulang . dagu di angkat ke atas permukaan air sambil menghirup udara.Tarik kedua tangan secara bersamaan ke arah bawah dada sambil kedua telapak tangan mengayuh air . .Kepala berada di permukaan air dan kedua kaki diluruskan .Dapat dilakukan dengan bantuan papan peluncur Latihan mengambil nafas: Prinsipnya sama dengan latihan gerakan tangan. badan akan meluncur ke depan .Kedua kaki dan kedua lengan lurus ke depan .lakukan secara berulang-ulang dengan kecepatan dan kekuatan penuh sehingga akan terasa adanya dorongan dalam meluncur ke depan Latihan Gerakan Tangan: Pelaksanaan: .Kedua kaki ditarik ke samping dan kedua kaki diluruskan .Berdiri dipinggir kolam. yaitu pada kedua tangan ditarik ke samping.Badan dibungkukan de depan sejajar dengan permukaan air dan kedua lengan diluruskan mengapit telinga. .Pergelangan kaki tetap relax .Tolakan kaki yang menempel di dnding kuat-kuat.Kedua tangan diluruskan dan kepala keluar dari permukaan air . salah satu kaki menempel pada dinding kolam .Kedua kaki dilekatkan pada dinding kolam . posisi badan di atas permukaan air (stream line) Latihan Gerakan kaki: Pelaksanaan: .Sikap badan telungkup .Kedua Tangan berpegangan pada dinding .Tubuh lurus dan jaga keseimbangan.Kemudian kedua kaki diluruskan sambil membuat lecutan pada saat ditutupkan ..

2. tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah) Luruskan tangan kembali. kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan saling bertemu & menempel) Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri. rapatkan dan seterusnya. kemudian kaki dirapatkan (sampai telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan . Gerakan tangan     Posisi awal. Gerakan kombinasi tangan. Ulangi langkah di atas Jadi urutan gerakan tangan gaya dada ini : 1. tendang. rapatkan.ini akan menambah daya dorong). Ulangi langkah di atas Jadi urutan gerakan kaki gaya dada ini : 1. gaya ini merupakan gaya yang paling lambat. tekuk. gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan dan seterusnya. . gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan.yang mempunyai berbagai macam gaya renang di antaranya: gaya dada. kaki & mengambil nafas  Gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian. tekuk. luruskan tangan di atas kepala. luruskan tangan di atas kepala. 2. Gaya Dada merupakan gaya yang paling mudah dan paling cepat untuk dipelajari.Renang Gaya Dada ( Chest Stroke ) Renang adalah suatu cabang olahraga air. tendang.. Tapi dalam segi kecepatan.' Gerakan kaki     Kaki ditekuk (dengkul dibengkokkan/ditekuk) Kemudian tendangkan/luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka (kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan) Masih dalam posisi kaki lurus.

Ketika tangan bergerak ke samping. Gerakan tangan jangan terlalu lebar. Oleh karena itu saat berlatih kaki ini sekaligus dijadikan sebagai sarana untuk berlatih gerakan kepala untuk mengambil nafas nantinya. Lakukan 2 atau 3 kali gerakan kaki. maka naikkan kepala sedikit ke atas permukaan air dan langsung ambil nafas.       Setelah lancar. maka mulailah belajar mengambil nafas. 1. 1 kali gerakan tangan dan ambil nafas. Lakukan sampai lancar Kemudian berlatihlah lebih ke tengah dan berenang untuk mencapai pinggir kolam. Lakukan sampai lancar Kemudian Anda bisa meminta seorang teman untuk memegangi tangan Anda. 2. Begitu seterusnya. orang tua / pelatih renang bisa melakukan ini. sehingga Anda bisa menyeberangi kolam dengan menggerakkan kaki dan tangan tetap dipegangi teman Anda. . Lakukan sampai lancar Setelah itu sekarang mulai belajar menggerakkan tangan. Kemudian kita mengapungkan badan (seperti posisi meluncur) dan gerakkan kaki gaya dada seperti di atas sampai ke pinggir kolam. Setelah lancar. melainkan terlalu ke bawah . kemudian kepala mendongak ke atas sambil mengambil nafas Tips :   Ketika mulai belajar tangan berpegangan pada pinggir kolam. Hal ini dilakukan dengan cara memasukkan kepala ke dalam air selama belajar gerakan kaki dan menaikkan kepala hanya bila mau mengambil nafas. kemudian baru gerakkan tangan gaya dada seperti di atas. maka sekarang kita agak ke tengah kolam.hal ini dikarenakan kepala tidak masuk ke dalam air. Gerakan kaki dan tangan bergantian yaitu 1 kali gerakan kaki. Lakukan terus sampai bisa selebar kolam renang. lakukan sampai lancar. kemudian gerakkan kaki seperti di atas. Pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan. melainkan agak ke bawah (hal ini akan memberikan dorongan yang lebih kuat sekaligus memudahkan pengambilan nafas). Untuk anak-anak. Kaki seringkali tidak mengapung di permukaan air. Setelah cukup lancar. mulailah perbaiki gaya renang gaya dada Anda..

Doronglah air dengan kedua kaki serentak sehingga kaki tersebut membentuk setengah lingkaran. d. Meluncur dilakukan dengan sekuat tenaga. g. Saat kaki mulai bergerak seperti gerakan katak. Koordinasi Gerakan Meluncur. Lalu gerakan kedua lengan kembali menggapai ke depan secara bersamaan. Koordinasi Gerakan Kaki dan Lengan Setelah gerakan kakimu sudah benar.Aktifitas Akuatik: Renang Gaya Dada A. Gerakan Kaki. b. Adapun gerakan kaki renang gaya dada sebagai berikut: Setelah meluncur dan tubuh telah sejajar air. Tariklah kedua kaki ke atas dengan kekuatan penuh. 2. kedua paha dibuka lebar. Kedua kaki lurus di belakang tubuh. B. Gerakkan kaki mendorong bagian tubuh untuk maju a. Lalu telapak tangan menekan ke arah dalam hingga kedua tangan memutar dan menekan bersamaan di depan dagu. kamu bisa menggabungkannya dengan gerakan lengan. 1. Gerakan Lengan. tangan mulai digerakkan. Koordinasi Gerakan Meluncur dan Kaki Meluncur biasa digunakan sebagai awalan renang gaya dada. f. yang dilakukan dengan cara berdiri tegak. Gerakan tangan dimulai dengan menggapai kedua lengan ke depan di bawah air lebih kurang 15 cm. Lalu arahkan telapak kaki dengan memutar sehingga telapak kaki dalam posisi akan mendorong. Koordinasi Gerakan Lengan dan Pernapasan Koordinasi gerakan lengan dan pernapasan berarti menggabungkan gerakan lengan dan pernapasan pada renang gaya dada. Lalu. Gerakan lengan pada renang gaya dada terdiri atas dua bagian. . e. c. yaitu gerakan mendayung dan gerakan recovery. lecutkan tungkai kaki bagian bawah kemudian kaki menutup. lalu menolakkan salah satu kaki pada dinding kolam kemudian meluncur. kemudian melakukan gerakan kaki renang gaya dada.

kedua tangan lurus ke depan. Pada saat menghirup udara. 1. karena menimbulkan hambatan ke depan bagi perenang.Gerakan mendayung merupakan bentuk gaya dorong yang menyebabkan badan melaju ke depan. Gerakan recovery dilakukan setelah lengan melakukan gerakan mendayung sampai kedua tangan di bawah dada. Pengeluaran udara (napas) dilakukan pada saat recovery lengan. Setelah posisi tangan di bawah perut. yaitu pada saat tangan siap didorong ke depan. Gerakan ini adalah gerakan kontra. Lakukan pernapasan mengikuti gerakan lengan. kepala diangkat ke atas permukaan air untuk mengambil napas. Gerakan mendayung dilakukan dengan cepat dan kuat yang dimulai dari posisi tubuh mengapung dalam keadaan meluncur. Untuk menghindari hambatan depan yang besar. kedua tangan lurus ke depan dengan jari-jari rapat. gerakan ini dilakukan dengan menggerakkan kedua tangan ke muka dengan perlahan-lahan. yaitu pada saat tangan didorong ke depan lurus. Latihan Koordinasi Gerakan Lengan dan Pernapasan dengan Kaki Dipegang Teman Lakukan sikap badan telungkup dengan kedua kaki lurus ke belakang dipegangi teman. Kedua telapak tangan menghadap ke bawah. Latihan koordinasi gerakan lengan dan pernapasan dapat dilakukan dengan petunjuk sebagai berikut. Pengambilan napas pada renang gaya dada dilakukan pada akhir gerakan pull (menarik lengan). Saat lengan mengakhiri tarikan dengan memutar di bawah dagu. badan diusahakan tetap pada posisi horizontal dan bahu jangan sampai keluar dari permukaan air. Gerakan pernapasan dalam renang gaya dada selalu diikuti pergerakan lengan yang bertujuan untuk mengatur irama pengambilan napas. mulut dan hidung masuk ke permukaan air untuk membuang napas. Selanjutnya kedua tangan menekan air ke samping dilanjutkan ke bawah dan ke samping kembali dengan gerakan cepat dan kuat. dilanjutkan dengan meluruskan kedua lengan ke depan kembali. . kepala diangkat keatas sehingga mulut sejajar dengan permukaan air dan segera menghirup udara melalui mulut atau hidung.

Setelah gerakan menginjak air. Gerakan kedua lengan membentuk sudut pada siku di bawah tubuh. kepala mendongak ke permukaan air. dan pernapasan. Lalu. 5.2. Buka kedua lengan ke samping seperti gerakan menyibak air. 3. kedua kaki menutup. Pada saat kedua tangan menekan ke bawah permukaan air. Saat itulah digunakan untuk membuang napas di dalam air. Koordinasi Gerakan Kaki. Gerakan-gerakan bagian tubuh tersebut dilakukan dengan selaras untuk memperoleh hasil yang optimal. yaitu mengkoordinasikan antara gerakan kaki. Kedua lengan didorong ke depan lurus. lengan. 1. muka berada di bawah pemukaan air. 2. dan Pernapasan Inilah inti gerakan renang gaya dada. . Sikap badan mengapung setelah meluncur. Lengan. Latihan Koordinasi Gerakan Lengan dan Pernapasan dengan Kaki Dikaitkan pada Ril di Sisi Kolam Pada latihan ini gerakan lengan dan pernapasan dilakukan dengan cara seperti di atas. kedua kaki atau tungkai mulai bergerak mendekati pinggul. Namun. Saat itulah digunakan untuk mengambil napas. Kaki lurus ke belakang. ikuti petunjuk koordinasi gerakan berikut ini. Pandangan ke depan dengan posisi kepala lebih tinggi dari lengan. Sebelum berlatih. 4. posisi kaki dikaitkan pada ril di sisi kolam. Lalu kedua kaki serentak mendorong ke belakang seperti gerakan menginjak air. Saat tangan mengakhiri putaran di bawah dagu. C. Lalu gerakan kembali ke gerakan awal. Kedua tangan ke depan sejajar bahu.

Juga mempermudah membuat posisi badan terapung dipermukaan air. b. Akibatnya dari gerakan itu air ditekan antara kaki-kaki dan mendorong badan maju. Hal ini merupakan pembaharuan dalam irama dari gayanya dengan kemungkinan agak sedikit menunda posisi pengambilan nafas. sehingga dikenal dengan nama gaya sekolah atau schoolslag.Renang Gaya Dada A. Pengembangan ini berperan penting dan kini disebut gaya dada Eropa. yaitu: a. yang menyatakan bahwa gerakan maju atau luncuran ke depan yang diperoleh dari gerakan kaki ialah karena meluruskan atau menyentakan dua kaki dengan kuat. 2. dan koordinasi gerakan. 2. Teori Gerakan Baji Teori ini dikembangkan oleh Davis Delton pada tahun 1907. gerakan pernafasan. pada manusia sikap meluncurnya dilakukan dengan kedua kaki dan tangan lurus. gerakan lengan. kepalanya kirakira 80% dalam air dengan muka agak terangkat sedikit ke depan. Renang gaya dada pada dasarnya dapat ditinjau dari: posisi tubuh. Maksudnya agar jangan sampai mengeluarkan tenaga yang tidak ada gunanya. Perbedaannya. Teknik gerakan renang gaya dada akan diuraikan satu-persatu sebagai berikut. sedangkan pada katak hal ini tidak dijumpai. Gaya pada ini abad ke-19 sudah diajarkan dan diperlombakan disekolah-sekolah termasuk sekolah militer. Badan harus sehorizontal mungkin agar tahanan terhadap air sekecil mungkin. Sewaktu meluncur ke depan dengan badannya relatif datar. Badan beserta seluruh anggota badan rileks. Sebutan ini dikarenakan renang gaya dada tersebut mirip sekali dengan gerakan katak pada waktu berenang. Teori Gerakan Cambuk . Latihan Posisi Tubuh Cara melakukan gerakan posisi tubuh sebagai berikut: 1. Teori gearakan baji ini sudah jarang atau tidak di lakukan lagi. Nikolai Pankain mulai mengembangkan gerakan gaya ini yang dapat menambah kecepatan gerak tangan melakukan fase istirahat. yang menyatakan bahwa gerakan maju ke depan (luncuran ke depan) akibat dari desakan ke belakang. yang untuk beberapa hal berbeda dengan gaya dada Amerika. Teori ini bertentangan dengan teori Hukum Aksi Reaksi Newton. 3. gerakan kaki. 1. Latihan Gerakan Kaki Ada 2 teori mengenai gerakan kaki. Awal tahun 1966 perenang Rusia. Renang Gaya Dada Renang gaya dada sering juga disebut renang gaya katak.menghilangkan sikap tentang tangan bersama-sama dibawah dada.

Teori mendasarkan pada teori Hukum Reaksi Newton. Sampai sekarang teori ini masih dikembangkan di mana-mana. tumit lurus dan rapat rileks 1.Teori gerakan cambuk pertama kali dilakukan oleh Chet Jastremseki pada tahun 1961. yaitu: . Latihan gerakan lengan Pada prinsipnya gerakan lengan gaya dada dapat dibagi menjadi dua. tetapi menggunakan tahanan kaki 3. Bentuk-bentuk latihan gerakan kaki. kedua kaki bawah mulai merenggang lebih lebar ke samping dan telapak kaki mulai memutar ujung-ujung jarinya ke arah luar Kedua kaki bawah lebih merenggang ke samping diikuti kedua lutut untuk memulai tendangan. Lutut. Kedua lutut mulai melurus Tendangan cambuk kedua kaki yang kuat. telapak kaki menghadap ke atas Tekukkan kedua lutut selesai. Cara melakukan latihan teori gerakan mencambuk sebagai berikut: Kedua kaki rapat lurus dan rileks ada di permukaan air Kedua telapak kaki mulai ditarik pelan-pelan. Teori ini menyatakan bahwa gerakan maju atau luncuran ke depan yang di peroleh dari gerakan kaki ialah dari gerakan mendesak air ke belakang dengan telapak kaki. kedua lutut mendekati lurus Akhiri dari tendangan kedua kaki. namun sambil dipegang sebagai bebannya d) Belajar gerak dasar kaki gaya dada sambil terapung terlentang dalam memegang pelampung di kolam 1. kedua lutut mulai ditarik ke bawah Tekukkan kedua lutut mendekati selesai. Latihan gerakan kaki dengan posisi terlentang a) Belajar garak dasar kaki gaya dada sambil duduk di pinggir kolam b) Belajar gerak dasar kaki gaya dada sambil berdiri di pinggir menghadap kolam c) Belajar gerak dasar kaki gaya dada sambil berdiri di pinggir menghadap kolam. telapak kaki tetap menghadap ke atas dan sudah dekat dengan pantat Lutut masih tetap dalam posisi tekuk. 1. Lutut sudah lurus Selesai tendangan kedua kaki. Latihan gerakan kaki di tempat a) Latihan gerakan kaki gaya dada sambil memegang dinding di kolam b) Seperti latihan diatas. dan tumit terbuka selebar panggul.

kemudian ditarik kedua telapak tangan kebelakang dengan kuat sampai segaris dengan bahu. (3). 1. posisi sikusiku yang tinggi tampak dengan nyata pada saat ini. Mengeluarkan udara atau napas dilakukan pada saat recovery lengan. Segera setelah itu udara dikeluarkan sedikit demi sedikit melalui hidung. Berikut ini akan dikeluarkan serangkaian koordinasi gerakan renang gaya dada. . Kaki lurus ke belakang. kepala diangkat sampai batas mulut keluar permukaan air dan segera menghirup udara. Menarik kedua telapak tangan keluar (ke samping sampai berjarak kira-kira 30 cm satu sama lainnya) (2). 4. badan harus tetap diusahakan pada posisi horizontal dan bahu jangan sampai keluar dari permukaan air. lengan lurus ke depan. gerakan lengan dan gerakan pengambilan napas. Latihan gerakan koordinasi Koordinasi gerakan keseluruhan renangn gaya dada ialah koordinasi antara gerakan kaki. Gerakan menarik Cara melakukannya sebagai berikut. 1. (1). yaitu pada saat tangan didorong ke depan lurus. b). mulut dan hidung masuk ke permukaan air. Gerakan istirahat c). Kaki masih lurus ke belakang. Putarlah kedua telapak tangan ke arah dalam.a). Teknik gerakan lengan 1. Latihan gerakan pengambilan napas Gerakan pengambilan napas yaitu suatu proses menghirup udara. Bengkokkan kedua siku dan lengan bagian atas di putar sekadarnya. kedua tangan mulai dibuka ke samping selebar bahu. yaitu pada saat tangan siap di dorong kedepan. sampai kedua telapak tangan bertemu di bawah dada. dengan telapak tangan miring keluar dan kepala kira-kira 80% masuk dalam air. Menghirup udara dilakukan pada akhir pull dari gerakan lengan.

Jarak antara kedua tangan sudah lebih lebar dari bahu dan telapak tangan menghadap ke belakang. Seperti latihan nomor ( 10 ) dan kaki mulai merapat. Selanjutnya kembali dari sikap permulaan lagi. Pengambilan napas telah selesai dan mulut sudah tertutup. 2. 4 kali pukulan. telapak tangan mulai berputar ke dalam dan kepala mulai terangkat sedikit. tangan menarik dengan kuat. Lengan dan kaki tidak bekerja sendiri-sendiri. lengan dan pernapasan dengan seksama sehingga terwujudlah suatu gaya bebas yang baik. Tangan mulai digerakan ke depan Leher dilemaskan untuk merendahkan kepala kedalam air kembali. yaitu mulai dari gerakan meluncur yang dilanjutkan dengan gerakan kaki. Tetapi pada saat ini umum digunakan 6 kali pukulan. kedua tangan mulai menarik. B. Yang terpenting pada latihan koordinasi ialah koordinasi antara gerakan ini merupakan pengatur keseimbangan dan tenaga penggerak atau pendorong. perenang menyelesaikan tendangannya dan memusatkan perhatiannya pada keseimbangan badannya supaya terbentang lurus horizontal.Teknik Koordinasi Gerakan Latihan koordinasi gerakan gaya bebas adalah latihat yang terpadu dari semua unsur gerakan yang ada pada gaya bebas. Mangambil napas dilakukan pada saat tangan siap didorong ke depan. Napas ditahan dan tidak akan mulai mengeluarkannya sampai tarikan tangan yang berikutnya dimulai. Ada perenang mempergunakan 2 kali pukulan. Lengan sudah lurus. Bentuk-bentuk Latihan Koordinasi Gerakan . 6 kali pukulan dan 8 kali pukulan. Napas dikeluarkan dan gelembung-gelembung udara keluar dari mulut hidung. Seperti latihan diatas. Siku-siku mulai dibengkokkan dan lengan atas berputar. Kaki ditarik ke pantat sedangkan lengan terus bergerak ke depan sebagai akibat diluruskannya siku-siku. Irama gerakan kaki harus disesuaikan dengan irama gerakan lengan. Kaki ditendangkan ke belakang melingkar. Kepala terus menunduk karena pengendoran dari leher. Pada gaya bebas ada beberapa macam gerakan koordinasi yang dihitung dari beberapa kali gerakan kaki (pukulan) dalam suatu gerakan lengan lengkap kiri dan tangan.Kaki tetap lurus. artinya pada saat setiap tiga kali gerakan kaki ke atas dalam setiap satu kali gerakan lengan. Renang Gaya Bebas 1.

Seluruh rangkaian renang gaya bebas tersebut dapat dilihat pada gambar berikut ini.Dari posisi berdiri di air. Buang napas selama muka di dalam air. tetapi kaki dan tangan tidak menggunakan pelampung. Teknik Renang Gaya Punggung Gaya punggung merupakan gaya kesayangan bagi perenang pertandingan maupun rekreasi. gaya dada atau gata kupu-kupu. Lakukan aktivitas belajar di atas. Lakukan aktivitas belajar di atas dengan sambil memegang pelampung. Usahakan jangan menahan napas terus-menerus.(3) gerakan lengan. Lakukan aktivitas belajar di atas dengan sambil memegang pelampung. C. tetapi kaki dan tangan tidak menggunakan pelampung. 4. Lakukan aktivitas belajar di atas. . Dalam proses pembelajaran menunjukan bahwa perenang-perenang pemula merasa lebih senang mempelajari gaya punggung dari pada mempelajari gaya bebas. pada kedalaman setinggi dada. 3. Ini dikarenakan wajah perenang berada di atas permukaan air sehingga mudah bernapas dan juga lebih mudah membuka mata.(2) gerakan kaki. tetapi penekanannya diarahkan pada ketepatan (Timing) mengambil napas dengan gerak lengan. 2. Lakukan aktivitas belajar di atas. Lakukan aktivitas belajar di atas. Lakukan aktivitas belajar di atas. tetapi kaki melakukan gerakan menendang. lakukan luncuran telungkuk ke depan dan Gerak dasar menarik tangan. apabila siswa sudah nampak mahir. 3. Variasi latihan koordinasi gerakan 1. Perhatian diarahkan pada ketepatan pengambilan napas sambil melakukan gerakan lengan. lakukan pada kolam yang da lam. dan (5) pengambilan napas. Lakukan pengmbilan napas dari sisi lengan yang melakukan gerakan. Lakukan aktivitas belajar ini pada awalnya dikolam dangkal. Lakukan aktivitas belajar ini pada awalnya di kolam dangkal. Rangkaian Renang Gaya Bebas secara Keseluruhan Rangkaian renang gaya bebas terdiri dari 1) posisi badan. Lakukan pada kolam yang dalam. Variasi Latihan Koordinasi Gerakan 1. apabila siswa sudah nampak mahir.(4) gerakan pengambilan napas. Renang Gaya Punggung 1. tetapi kaki melakukan gerakan menendang. 2. 3.

sehingga menghindari cebar-cebur air sedikit mungkin. lutut harus sedikit bengkok. dan adanya ombak. a. sementara dengan jari-jari kaki menendang ke atas. Cara termudah untuk memulihkan kembali tangan adalah dengan menjaga agar tetap lurus dan mengangkatnya pun harus tegak. Gerakan Lengan Pertama-tama jari kelingking memasuki air tepat di belakang atau di sisi luar. tangan yang lain harus masuk air. D. Gerakan Kaki Tendangan mengipas-ngipas yang terus-menerus adalah kunci penting untuk berhasil. bahu bergerak dalam air 10 -15 cm sebelum mulai gerak menarik. Hakikat Penyelamatan di Air Olahraga renang merupakan olahraga yang menyenangkan. gugup. jari-jari kaki harus tinggal di atas membuihkan air. Jari-jari kaki harus diluruskan dengan pergelangan selonggar mungkin. tangan di angkat ke luar dari air ini di sebut masa pemulihan kembali. Sebelum perenang mencoba berenang menggunakan gaya punggung. b. . Penyebab terjadinya bahaya di air antara lain panik. Selama kaki bergerak. Sikap Tubuh Sikap tubuh pada renang gaya punggung yang benar adalah santai dan mengambang seakan-akan air menyangga tubuh. sulit bernapas. Punggung perenang harus rata dengan pangkal paha merapat pada permukaan air. Bahaya itu justru timbul dari diri sendiri. Pada waktu yang sama. kejang otot. Ini akan membuat jari kelingking masuk lebih dulu ke dalam air. gerakan kaki. gerakan lenga. d. Kepala menghampar ke belakang dan air sejajar dengan kedua telinga. c. Penyelamatan di Air 1. Gaya punggung ini di bagi ke dalam empat bagian dasar sikap tubuh. Bernapas dan koordinasi gerak Pada saat satu tangan selesai mendorong air. dianjurkan agar terlebih dahulu mulai dengan belajar mengambang atau mengapung pada punggungnya hingga benar-benar santai. Akan tetapi kita harus waspada akan bahaya di air.Walaupun begitu ada satu persoalan yaitu perenang tidak dapat melihat kemanamana. Cara mudah untuk melatih bernapas adalah apabila bergerak perlahan dengan kecepatan tetap. pola bernapas yang sederhana adalah menghirup ketika tangan kanan keluar dari air dan memghembuskan ketika tangan kiri keluar dari air. bernapas dan koordinasi gerak. Setelah tahap mendorong dari gaya ini. Kemudian menarik dan mendorong air dengan gerakan melempar.

Kalaupun bisa berenang hanya alakadarnya. apabila beberapa saat setelah makan. Berusaha meminta pertolongan. 2. 11. 3. Kejadian bahaya di air biasanya akan berakibat fatal. Untuk itu kita harus mengetahui dasar-dasar penyelamatan di airuntuk mengantisipasi kecelakaan di air. bahkan mberkembang menjadi panik oleh karena tidak ada satu pun yang sanggup memberi pertolongan. Berenang di tempat atau daerah-daerah yang diperbolehkan menurut peraturan yang ada. Hal ini merupakan langkah awal sebagai usaha menghindarkan bahaya di air. Sebenarnya kekhawatiran tersebut tidak perlu . Ketakutan semacam itu bisa saja menghantui setiap orang yang belum mampu berenang dengan baik. jika terjadi kecelakaan. sehingga tidak mungkin bisa memberi pertolongan. jika sangat membutuhkan. 3. Bahkan sering timbul kesan jika dirinya memberi pertolongan. Pertolongan Kecelakaan di Air Seringkali kita bingung dan akan panik. Memahami cara memberikan pertolongan pernapasan buatan (resusitasi). Kemampuan mengatasi kecelakaan di air merupakan hal yang penting. jika salah seorang teman mengalami kecelakaan di air. arus deras. 6. 7. agar dapat terhindar dari kecelakaan. 2. 8. Berusaha sebaik-baiknya memtuhi peraturan-peraturan yang berlaku di kolam renang/pantai. malah ia terbawa menjadi korban juga. Selalu menjaga jarak dengan menara ataupun tempat papan loncat indah saat berenang.Setiap orang hendaknya mampu mengendalikan diri terhadap kemungkinan terjadinya kecelakaan di air. Korban akan mengalami sulit untuk bernapas sehingga kejadian ini akan berakibat fatal bagi korban. 5. Selalu menghindari atau berada diluar air. paling tidak mampu untuk menyelamatkan diri sendiri jika terjadinya bahaya saat di air. Hendaklah berenang bersama dengan orang lain yang mampu memberikan pertolongan jika diperlukan. Pada umumnya bahaya kecelakaan di air adalah ketika korban tidak dapat bernapas lagi akibat adanya air yang masuk ke dalam saluran pernapasannya. 10. Mematuhi instruksi guru sebelum turut serta dalam kegiatan olahraga air. Mengetahui kemampuan diri dan jangan sekali-kali mencoba diluar batas kemampuan.ataupun halilintar. Jangan berenang sendiri. Mempelajari kemampuan berenang dengan baik. 9. Ketika mulut dan hidung korban kemasukan air maka kemungkinan proses pernapasannya akan terganggu. Usaha-usaha Penyelamatan Diri di Air Hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjaga keselamatan diri di air sebagai berikut: 1. Gugup akan makin menjadi-jadi. 4. Berusaha mempelajari cara-cara praktis memberi pertolongan atau penyelamatan diri.

Cara memberikan pertolongan kepada korban tenggelam sebagai berikut. Pertolongan dengan memggunakan ring pelampung 6. Pernapasan dengan menggunakan resusitator manual atau otomatis . Melakukan renangan pertolongan dengan baik 2. Memegang lengan korban dengan dua orang penolong 4. Teknik-teknik membawa korban kecelakaan air Teknik dasar membawa korban kecelakaan air sebagai berikut. Memegang lengan dari belakang 4. Pertolongan dengan menggunakan ban b. Memegang lengan dari depan 3. sebab suatu keterlambatan akan berakibat kematian. Pernapasan buatan Beberapa cara memberikan pernapasan buatan.terjadi apabila penolong tidak panik. 1. Pernapasan dari mulut ke mulut b. 1. Pertolongan dengan jangkauan turun tangga 3. Memberi pertolongan dengan jangkauan Memberi pertolongan dengan jangkauan dari atas kolam dilakukan karena korban berasa didekat jangkauan.Pernapasan dengan menggunakan balon dan masker muka d. Pertolongan dengan jangkauan melalui kaki 4. Bagaimana pun korban sangat membutuhkan pertolongan dengan segera. antara lain: a. a. Cara memberikan pertolongan dengan jangkauan sebagai berikut. Pertolongan dengan jangkauan dari dek 2. Pernapasan dari mulut melalui tube dengan masker muka c. Pertolongan dengan korban jauh dari jangkauan 5.