P. 1
Contoh Laporan UGM (Posdaya Klaten) Tahun 2010

Contoh Laporan UGM (Posdaya Klaten) Tahun 2010

5.0

|Views: 1,079|Likes:
Published by Sepdiningtyas Restu
cara membuat laporan program
cara membuat laporan program

More info:

Published by: Sepdiningtyas Restu on Feb 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/27/2013

pdf

text

original

LAPORAN AKHIR

PERINTISAN POSDAYA DI KEC. PRAMBANAN KAB. KLATEN MELALUI KKN-PPM UGM TAHUN 2010

Kerjasama : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS GADJAH MADA dengan YAYASAN DANA SEJAHTERA MANDIRI (DAMANDIRI)

KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT atas limpahan rahmat dan karunianya sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan Akhir Perintisan Posdaya di Kec. Prambanan, Kab. Klaten melalui KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010. Laporan Akhir ini bertujuan untuk menjelaskan sampai sejauh mana pelaksanaan program perintisan posdaya dilakukan. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari warga masyarakat yang bersedia menjadi lokasi pembentukan posdaya. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi warga masyarakat sebagai lokasi perintisan posdaya pada khususnya dan masyarakat luas pada umunya. Kami juga berterima kasih atas waktu, saran dan kritik dari semua pihak demi kesempurnaan program ini kedepannya. Yogyakarta, 20 Mei 2010

Tim Pengembangan SDM dan Posdaya Universitas Gadjah Mada

Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010

2

DAFTAR ISI Kata Pengantar ................................................................................................... Daftar Isi ............................................................................................................ I. Pendahuluan………..…………………………………………………… II . Rencana Kegiatan..……………………………………………………. III . Pelaksanaan Kegiatan.…..…………………………………………… A. Posdaya Desa Kotesan ……………………………...…….……………………. 1. B. Posdaya Bersatu ………………………………………….…………………… Posdaya Desa Pereng ………..……………………..…….….…………………. 2. Posdaya Srana Mukti …………………………………..…………………… 3. Posdaya Sari Mukti ………………………………………………………….. 4. Posdaya Sungging Mulya …………………………………………………. C. Posdaya Desa Randusari ……….………………………………………….… 5. Posdaya Jonggrang Rahayu I …………………………………………... 6. Posdaya Jonggrang Rahayu II ………………………………………….. D. Posdaya Desa Brajan ………………………….…………………….…………. 7. Posdaya Maju Lancar ……………………………………………………… 8. Posdaya Bina Mandiri ……………………………………………………… 9. Posdaya Tri Manunggal ……………………………………………………. 23 24 26 27 39 40 41 52 54 55 56 i iii 1 3 4 7 8

Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010

3

Semua fungsi tersebut terangkum dalam empat bidang pokok yaitu Kesehatan & Reproduksi. dan Lingkungan. komunikasi. Di daerah Bantul telah berdiri lebih dari 932 Posdaya yang tersebar di seluruh dusun yang ada di Kabupaten Bantul. dan. Yayasan Damandiri dan LPPM UGM. Untuk melanjutkan kerjasama dengan Yayasan Damandiri. Ekonomi & Wirausaha. maka diambil empat Desa di Kecamatan Prambanan untuk dijadikan percontohan Posdaya di Kabupaten Klaten dengan harapan di periode yang selanjutnya mampu berdiri lebih banyak Posdaya dengan dukungan Pemda Kabupaten Klaten. Program Posdaya merupakan suatu forum silaturahmi. pendidikan. fungsi lingkungan. fungsi ekonomi. Mengingat konsep Posdaya ini sangat berguna untuk penguatan ekonomi. dibentuk semacam pilot project untuk membentuk Posdaya di derah Klaten. Tema yang diemban KKN ini adalah Peningkatan UMKM Sinergi dengan Posdaya 2009. fungsi cinta kasih. fungsi reproduksi dan kesehatan. Pendidikan. Randusari dan Brajan. yaitu: fungsi keagamaan. Hal tersebut dilakukan karena di Kabupaten Klaten baru berdiri dua buah Posdaya yang merupakan binaan dari universitas lain. advokasi. Program ini telah dirintis di berbagai daerah di Indonesia. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 4 . dan hasilnya untuk kesejahteraan masyarakat. Pereng. fungsi pendidikan. dan wirausaha yang berorientasi dibentuk oleh masyarakat. fungsi perlindungan. dan wadah kegiatan yang berfungsi untuk penguatan fungsi-fungsi keluarga terutama di bidang kesehatan. Kemudian pada Tahun 2009 ini LPPM UGM kembali menerjunkan sejumlah 30 mahasiswa KKN PPM UGM di Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. PENDAHULUAN Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kami. dan berlokasi di empat Desa yaitu: Kotesan. Pos Pemberdayaan Keluarga atau yang lebih sering kita singkat dengan Posdaya merupakan suatu wadah atau pos pemberdayaan yang berbasis keluarga.A. Sebagai keputusan bersama. ditumbuhkembangkan oleh masyarakat. sehingga kami dapat menyelesaikan Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN-PPM UGM) Tahun 2009 dengan baik. fungsi budaya. Kegiatan yang ditawarkan Posdaya adalah kegiatan-kegiatan yang yang mendukung penyegaran atau penguatan fungsi keluarga.

LPPM UGM. dan Yayasan Damandiri selaku mitra kegiatan Posdaya untuk mesukseskan program Posdaya ini di Kabupaten Klaten khususnya di Kecamatan Prambanan dimana kegiatan KKN PPM UGM ini berlokasi. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 5 .pendidikan dan kesehatan di setiap derah dimana Posdaya tersebut berada tentunya berkesinambungan dengan program pemerintah Klaten dalam hal ini yang bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dan mitra maka sangat baik apabila program Poadaya ini menjadi suatu program yang berkesinambungan antara pemerintah Kabupaten Klaten.

Sosialisasi Posdaya dan pembentukan Pengurus Posdaya di setiap lokasi binaan setelah melihat antusiasme penduduk dan potensi lokasi dari berbagai elemen masyarakat. 3. Pendampingan Posdaya yang telah terbentuk melalui berbagai bentuk pendampingan secara aktif dan pasif yang melibatkan berbagai pihak terkait. Pereng. Penelitian tentang potensial untuk dikembangkan Posdaya (2009) selama 1 minggu pertama KKN. Randusari. 5. kemudian dilakukan Penyuluhan Posdaya di setiap lokasi binaan KKN PPM UGM 2009 (Desa Kotesan.II. Pereng. 2. Pemerintah (Kabupaten Klaten). RENCANA KEGIATAN Pelaksanaan KKN PPM UGM 2009 di Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten berlangsung selama 2 bulan dari tanggal 19 Oktober hingga 15 Desember 2009 di Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten tepatnya di empat Desa yaitu Kotesan. dan Brajan Seluruh kegiatan KKN PPM UGM 2009 ini terbagi dalam beberapa tahap yaitu : 1. kesehatan & reproduksi. Kegiatan Posdaya (meliputi 4 bidang) yaitu: pendidikan. Perguruan Tinggi (UGM) untuk mensukseskan Program Posdaya. yang ditindak lanjuti dengan Survey ke Pamong Desa (FGD). ekonomi & wirausaha. Kerjasama: Yayasan Damandiri. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 6 . Randusari dan Brajan). 4. dan lingkungan melalui berbagai kegiatan di setiap lokasi KKN PPM UGM 2009 berdasar permintaan dari masyarakat dan berdasar penelitian potensi yang telah dilakukan sebelumnya.

III. LPPM UGM dan melibatkan pula perwakilan mahasiswa. Survey ke Pamong Desa (FGD) Setelah mahasiswa melakukan penelitian potensi derah untuk dikembangkan Posdaya dan setelah mendapat hasil kerjasama dari berbagai pihak tadi maka langsung ditindak lanjuti dengan melakukan survey ke pamong desa mengenai pembentukan Posdaya di masing-masing lokasi KKN PPM UGM 2009. Berdasar hasil survey dapat disimpulkan bahwa terdapat dukungan dari pamong desa di setiap lokasi KKN PPM UGM 2009 untuk pembentukan dan pengembangan Posdaya di setiap desa binaan. Pada acara ini dibicarakan mengenai peran serta berbagai pihak untuk mensukseskan Program Posdaya tersebut hingga dapat ditarik sebuah benang merah kerjasama dari berbagai pihak tersebut. Pemerintah Daerah. 4. Penelitian tentang potensi daerah untuk dikembangkan Posdaya (2009) Kegiatan ini telah dilakukan pada minggu pertama pelaksanaan KKN PPM UGM 2009 di Kabupaten Klaten untuk mengumpulkan berbagai informasi terkait dengan berbagai hal yang mendukung untuk keberhasilan Posdaya di setiap lokasi KKN. PELAKSANAAN KEGIATAN 1. Pada kegiatan ini para mahasiswa KKN harus mampu mengidentifikasi potensi desa lokasi masing-masing sekaligus mengidentifikasi permasalahan yang muncul di masyarakat yang akan sangat berguna untuk kegiatan pendukung posdaya berikutnya. pamong desa. Penyuluhan dan Pengenalan Posdaya Berdasar hasil yang positif dari berbagai kegiatan di atas maka langsung ditindak lanjutiomoleh mahasiswa KKN PPM UGM 2009 dengan melakukan Penyuluhan dan Pengenalan Posdaya 2009 di setiap lokasi binaan dengan mengundang berbagai elemen masyarakat termasuk perangkat desa. yang dihadiri berbagai pihak termasuk Yayasan Damandiri. dan warga masyarakat desa binaan KKN PPM Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 7 . Perguruan Tinggi Kegiatan awal ini telah dilakukan melalui sebuah pertemuan di Kantor Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Klaten. 2. Pemerintah (Kabupaten Klaten). Kerjasama: Yayasan Damandiri. 3.

Si. PNS. guru. dll sehingga diharapkan dengan terbentuknya susunan pengurus ini maka Posdaya ini mampu mewadahi berbagai aspirasi masyarakat untuk peningkaan taraf hidup keluarga di setiap lokasi Posdaya tersebut melalui bebagai perencanaan kegiatan Posdaya yang akan berjalan. Posdaya Sari Mukti di desa Pereng. Pembentukan Pengurus Posdaya Berbekal antusiasme warga yang sangat tinggi tersebut maka langsung disikapi dengan pembentukan pengurus Posdaya di setiap desa binaan. Posdaya Srana Mukti di desa Pereng. Posdaya Jonggrang Rahayu II di desa Randusari.UGM 2009. wirausaha. dan Posdaya Bina Mandiri di Desa Brajan. S. M. 6. Posdaya Jonggrang Rahayu I di desa Randusari. pamong desa. Penyuluhan berlangsung dengan baik serta diwarnai dengan berbagai pertanyaan dari masyarakat yang membuat acara ini berlangsung dengan lancar dan terkesan tidak membosankan. Berdsar hasil dari Penyuluhan tersebut dapat disimpulkan bahwa antusiasme masyarakat di desa binaan KKN PPM UGM 2009 (Kotesan. Kegiatan Posdaya (meliputi 4 bidang) Setelah terbentuk Posdaya dan Pengurusnya maka para pengurus dengan didampingi mahasiswa KKN PPM UGM 2009 mulai bersama-sama menyusun aneka kegiatan yang dianggap perlu dan mampu dilaksanakan Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 8 . ditambah dengan kesiapan pemerintah daerah setempat untuk turut serta mensukseskan program ini 5. Dan ternyata hasil yang dicapai sangat luar biasa yaitu ditandai dengan berdirinya 9 Posdaya di empat lokasi desa binaan percontohan Posdaya Kabupaten Klaten 2009 dengan rincian : Posdaya Bersatu di desa Kotesan. Pereng. Posdaya Maju Lancar di desa Barajan.Si untuk melihat antusiasme masyarakat di setiap desa binaan.. Pendirian Posdaya ini tentunya dilengkapi dengan susunan pengurius Posdaya untuk masing-masing Posdaya dengan susunan pengurus terlampir yang berasal dari berbagai elemen masyarakat seperti perangkat desa. Pada penyuluhan ini dikenalkan mengenai Posdaya secara umum kepada masyarakat dengan narasumber dari perguruan tinggi (LPPM UGM) Sugeng Triono. Podasya Tri Manunggal di Desa Barajan. Posdaya Sungging Mulya di desa Pereng. Randusari dan Brajan) sangat tinggi untyuk pembentukan dan pengembangan Posdaya ini.

Pendampingan Posdaya Program Pendampingan Posdaya dilakukan secara aktif adan Pasif secar terus menerus dan berlanjut agar Posdaya yang telah terbentuk ini dapat terus berjalan hingga akhirnya mampu berjalan secara mandiri.oleh masyarakat daerah setempat berdasar penelitian yang telah dilakukan mahasiswa sebelumnya serta masukan dan permintaan masyarakat setempat. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 9 . 7.

Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 10 . tanaman buah dan palawija. Desa kotesan memiliki berbagai potensi wilayah yang sangat layak untuk dikembangkan lebih baik.350 ha/m2. Sehingga penerjunan mahasiswa KKN-PPM UGM di Desa Kotesan diharapkan mampu menyatukan keempat bidang tersebut melalui suatu wadah yang kita sebut dengan Posdaya. Jetis. Desa ini berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Klaten ke Barat dan terletak di sisi selatan. Pereng dan Kebondalem Kidul. Serta terdapat 7 RW dan 15 RT . Sidoharjo. kongklangan. Dengan jumlah penduduk 2404 jiwa (1247 pria dan 1157 wanita) dari 662 kepala keluarga yang mayoritas adalah petani (350 di antaranya adalah rumah tangga miskin).A. Gathak) dan Dusun II (Kotesan Lor. Diberikan nama Kotesan dikarenakan di tengah desa terdapat sebuah sungai atau bendung yang menurut sesepuh warga dulunya di tempat tersebut banyak dihuni ikan kotes sehingga diberiklan nama sedemikian rupa. Dengan luas wilayah sekitar 1.078. Desa Cucukan di sebelah timur dan di sebelah barat dibatasi oleh Desa Taji. POSDAYA DESA KOTESAN Desa Kotesan merupakan salah satu dari beberapa Desa/desa di Kecamatan Prambanan Klaten Provinsi Jawa Tengah. wirausaha dan linngkungan.170 ha yang ditanami mayoritas dengan padi. desa inj terbagi atas 2 dusun: Dusun I (Guwo. kesehatan reproduksi. Maka berdasar analisa di atas telah dilakukan penerjunan mahasiswa KKN-PPM UGM sejumlah 30 orang di desa Kotesan yang akan bekerja bersama dengan masyarakat selama hampir dua bulan yang nantinya diharapkan dapat turut serta mengangkat taraf hidup warga Kotesan melalui tema “Peningkatan UMKM Sinergi Dengan Program Posdya Tahun 2009”. Desa Kotesan dipimpin oleh seorang Lurah dan dibantu oleh beberapa Kepala urusan yang membawahi bidang masing-masing seperti pemerintahan. umum dan pembangunan serta dilengkapi oleh seorang sekretaris desa dengan 2 orang Kadus di bawahnya. Desa Sengon di sebelah selatan. kadisaran. tegalturi. Glonggong) dengan potensi luas sawah sekitar 724. Desa ini terletak di Kecamatan Klaten Provinsi Jawa Tengah dan dibatasi oleh desa Sanggrahan di sebelah utara. jagung. Panasan. Kata kunci dari tema tersebut adalah pemberdayaan keluraga untuk meningkatkan tumbuhnya UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga yang terkandung dalam 4 bidang pokok Posdaya yaitu: pendidikan.

POSDAYA BERSATU Posdaya Bersatu Desa Kotesan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten Susunan Pengurus Posdaya Bersatu Kotesan Jabatan Penasehat Ketua Sekretaris Bendahara Sie Pendidikan Slamet Subardi Sugiarto. S.1.Pd Musikawati Anggoro Ajiwiyoko Joko Purnomo Sugeng Sri Maryati Sukeni Sukarni Sri Muryanti Walijah Sie Wirausaha Endri Astuti Kusniwati Sumiasih Purwanti Prihestiningsih Aisyah Sie Kesehatan Tri Hartati Heruyanto Wiji Mardjuki Sri Mulyati Nama RW BPD PKK Karang Taruna PNPM Perangkat Desa PNPM Guru Guru PAUD Guru Wirausaha Wirausaha Wirausaha PKK TPA Bidan RW PKK PKK Unsur Kepala Desa Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 11 .

Berlokasi di Balai Desa Kotesan dan dilaksanakan tanggal 21 November 2009. Penyuluhan Higienitas Bahan Pangan Asal Hewan Pada IbuIbu PKK Kotesan Program ini didasarkan pada perlunya tambahan pengetahuan bagi warga mengenai hygienitas bahan pangan asal hewan seperti telur. Pelatihan Anak Cinta Lingkungan Program ini bertujuan untuk mengajarkan pada anak-anak tentang konsep untuk mencintai lingkungan.Sie Lingkungan Muchsin Abdul Wahab Wagimin Santosa Suharno TPA RW RW RW Bentuk-bentuk Kegiatan di Desa Kotesan: 1. Kesmavet FKH UGM Yogyakarta. lengkap dengan respon-respon dari para peserta. kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu PKK dengan pembicara drh Ruhatamisari dari Lab. Selain berguna untuk kehidupan sehari-hari kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bentuk penyiapan warga untuk menyambut Idul Adha. dll yang sehat dan aman dikonsumsi. pada tanggal 25 Oktober 2009 dan 1 November 2009. 2. Program ini dilaksanakan sebanyak 2 kali. Dilaksanakan di wilayah Desa Kotesan. karena banyaknya program yang ternyata harus dilaksanakan pada hari minggu. Acara berlangsung dengan sukses tanpa kendala. menikmati pemandangan desa sambil belajar bagaimana memelihara lingkungan yang ada di sekitar mereka. bertepatan Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 12 . anak-anak diajak berjalan-jalan. daging. Pelaksanaan program ini sengaja dikurangi dari rencana awal.

dll sangat mudah dibuat.dengan pelaksanaan program ini.indah dan kreatif sehingga dipilih untuk diajarkan kepada siswa SD sebagai bekal wirausaha sederhana yang dapat ditekuni bahkan oleh siswa SD sekalipun. Secara umum. tekniknya sederhana tetapi mampu menghasilkan karya yang unik. 3. Kursus ini diberikan diluar jam sekolah setiap hari Sabtu sepulang sekolah. yaitu cuaca hujan. tempat HP. membuat pola dan memasang aksesoris. Program ini mendapat dukungan yang baik dari pihak sekolah dan siswa. Selama 3 kali pertemuan siswa diajarkan teknik menjahit. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 13 . Kursus Pembuatan aneka pernik-pernik dari kain flanel sebagai bekal wirausaha sederhana untuk siswa putri di SD Kotesan. Pernak-pernik dari kain flanel seperti: pembatas buku. program ini berjalan dengan lancar dengan sedikit kendala. pelaksanaannya pun dinilai berjalan dengan lancar. gantungan kunci.

prosedur penyembelihan yang baik serta pemeriksaan post mortem untuk mengetahui keamanan bahan pangan asal hewan tersebut melindungi masyarakat terhadap bahaya penyakit asal hewan. dan pengasapan (fogging) di RW 03. Penyuluhan tentang Demam Berdarah Dengue (DBD)PADA Warga RW 07. 5. Klaten. pemasangan spanduk. Bahkan warga yang masuk rumah sakit mencapai 15 orang. Acara ini kemudian dirangkai dengan pemantauan jentik-jentik nyamuk di tampat-tempat penampungan air milik warga. Fogging diberikan secara gratis oleh Puskesmas karena telah terdapat kasus positif DBD. bersama pihak aparat desa maka dibuatlah penyuluhan tentang DBD dengan bantuan dari pihak Puskesmas Kebondalem. yang sebagian besar adalah anak-anak. Desa Kotesan. Program ini dilatarbelakangi Kecamatanemasan warga akibat banyaknya warga di wilayah ini yang mengalami sakit dan diduga merupakan gejala DBD. Pada dasarnya program ini bertujuan untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan hewan qurban yang meliputi berbagai syaratsyarat hewan qurban. pemeriksaan ante mortem. Program ini pelaksanaannya berlangsung dua hari pada tanggal 26-27 November Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 14 .4. Pemeriksaan Higienitas (Kesehatan) Daging Hewan Qurban di Kotesan Program ini terlaksana atas kerjasama yang baik antara pemerintah desa Kotesan dengan Dinas peternakan Klaten serta permintaan dari warga setempat yang menginginkan agar dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban agar dapat dinilai layak tidaknya dikonsumsi. Program ini merupakan jawaban kebutuhan warga khususnya di wilayah RW 07. Oleh karena itu. penempelan stiker.

7. Pelatihan Payet untuk Rumah Tangga Miskin (RTM). Kegiatan diikuti oleh 10 peserta dan keseluruhan acara berjalan dengan lancar walaupun cuaca saat itu mendung dan hujan. peserta telah mampu mengetahui teknik-teknik pemasangan payet dan membuat pola. Program ini merupakan usaha untuk melanjutkan program pelatihan jahit dan bordir yang sebelumnya telah diterima oleh kelompok Rumah Tangga Miskin. dari hasil pengamatan banyak didapatkan kasus Fascioliasis atau cacing hati yang sifatnya masih ringan sehingga tidak banyak bagian yang diafkir sehingga masih aman dan dapat dikonsumsi 6. Dari pelatihan ini. disertai dengan pendeknya waktu menyimpan mangga dan perlunya Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 15 . Program dilaksanakan pada tanggal 14 November 2009 di Balai Desa. Selain itu juga terdapat sumber daya dari pihak temanteman KKN yang mahir dalam ketrampilan payet sehingga mampu mengajarkan pada anggota RTM. Pelatihan Pembuatan Selai Mangga RTM Sebagai salah satu produk olahan alternatif berbahan dasar mangga.2009. Program ini didasarkan pada hasil survei di lapangan dimana ketersediaan buah mangga di lokasi yang kurang dimanfaatkan.

000. Acara ini berlangsung pada 12 November 2009 di balai Dersa dengan melibatkan Ibu-Ibu RTM (Rumah Tangga Miskin Kelompk) yang berjumlah 35 KK.dari LPPM UGM semua kegiatan berjalan lancar dengan antusiasme warga yang tinggi hingga nyaris tak ada kendala Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 16 . pada acara ini Ibu-ibu diajarkan pengolahan Nugget berbahan dasar Ikan lele mulai daria awal hingga pengemasan serta pemsarannya...dari LPPM UGM semua kegiatan berjalan lancar dengan antusiasme warga yang tinggi hingga nyaris tak ada kendala 8. pada acara ini Ibu-Ibu diajarkan proses pembuatan selai berbahan dsar mangga dan nastar dari proses awal yaitu pemilihan bahan hingga proses pengemasan sehingga dapat langsung dipasarkan . 32.000. Pelatihan Pembuatan Nugget Lele. Antusiasme warga sangat tinggidan nyaris tak ada halangan yang berarti Dengan bantuan dana Rp32. Program ini didsarkan pada ketersediaan Lele di lingkungan sekitar yang masih kurang dimanfaatkan padahal lele ini mampu memunculkan potensi ekonomi yang sangat tinggi yang nantinya dapat untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Dengan bantuan dana Rp.menggalakkan wirausaha untuk masyarakat. terutama terkait dengan berbagai bahan yang ada di sekitar masyarakat seperti mangga yang bernilai ekonomi tinggi maka dilakukan program ini untuk memanfaatkan buah mangga tersebut serta ubtuk dapat memberikan suatu jalan pemecahan peningkatan kesejahteraan keluarga . Program ini diikuti oleh Ibu-ibu RTM di Balai Desa dan berlangsung pada 10 November 2009.

Produksi Pembuatan Buku ”Laskar Kotesan”.. walaupun dalam prosesnya sangat melelahkan namun semangat para siswa ini kiranya dapt dijadikan percontohan bagi siswa-siswa lainnya Dengan bantuan dana Rp 360.9. dan didampingi oleh teman-teman pendamping dari KKN PPM UGFM sehingga dapat diterbitkan sebuah buku yang diberi judul Laskar Kotesan dan sangat disambut baik oleh bergaipihak termasuk Apart Desa dan Dinas Pendidikan Klaten. kegiatan warga dan hal unik di desa Kotesan yang ditulis sendiri oleh para siswa kelas 6 SD Kotesan. Buku ini berisi tentang segala potensi desa merliuputi sejarah desa. profil. antusiasme nsiwa sangat tinggi.000.dari LPPM UGM semua kegiatan berjalan lancar dengan antusiasme warga yang tinggi hingga nyaris tak ada kendala 10. Bimbingan Belajar Siswa SD di RW 02 Kotesan Program ini didasarkan pada kurangnya pemahaman pelajar sekolah dasar terhadap materi pelajaran yang diberikan guru di sekolah serta rendahnya motivasi siswa untuk belajar di luar jam sekolah sehingga Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 17 . Program ini brtujuan untuk menumbuhkan Kecamatanintaan anak pada dunia jurnalistik.

Program ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Desa dan Dinas terkait mengingat wilayah Kotesan merupakan wilayah pegunungan sehingga rawan akan resiko lonhsor maka perlu dilakukan penghijauan dengan penanaman bibit pohon dalam halini bibit kayu sengon .000. Penghijauan di Kotesan. dengan mata pelajaran yang diajarkan berbeda-beda tiap harinya namun tetap berkoordinasi dengan pihak sekolah.000. Antusiasme siswa sangat baik dari yang awalnya hanya diikuti sekitar 3 anak terus bertambah hingga akhirnya diikuti lebih dari 15 anak setiap klasnya. Dengan bantuan dana Rp 25. acaar ini dihadiri oleh seluruh perangkat desa dan RT Rwsetempat dan berlangsung sangat menarik sehingga total dapat ditanam kurang lebih 150 bibit yang diharapkan dapat tumbuh dan berkembang .dari LPPM UGM semua kegiatan berjalan lancar dengan antusiasme warga yang tinggi hingga nyaris tak ada kendala Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 18 ..dari mahasiswa semua kegiatan berjalan lancar dengan antusiasme warga yang tinggi hingga nyaris tak ada kendala 11.. Program ini berlangsung lancar namun kurangnya personil pengajar sehingga tidak memungkinkan melakukan pendampoingan personal pada tiap siswa.kami melakukan program bantuan bimbingan belajar selama hampir 7 minggu setiap hari dari Senin-Kamis pada sore hari. mungkn hal ini dapat terus dilanjutkan oleh bertbgai pihak nantinya Dengan dana Rp 30.

Listening. Program ini didasarkan pada kurangnya mionat siswa SD Kotesan untuk belajar Percakapan Bahsa Inggris padahal hal ini sebenarnya sebuah hal yang sangat baik mengingat kedekatan Desa Kotesan dengan Candi Prambanan sehingga akan sangat menunjang apabila dapat mendalami Bahasa Inggris secara aktif ytang dimulai sejak usia dini. gerakan cuci tangan dan gosok gigi bersama. Antusiass dari Guru-guru sangat baik begitu pula siswa-siswa Kleas 4 dan 5 yang awalnya masih malu-malu namun lama kelamaan sudah semakin berani berbnicara. Kursus Bahasa Inggris Untuk Siswa SDN Kotesan. Program ini verlangsung selama 4 kali yang dalam masing-masing pertemuan memilliki tema yang berbeda yaitu Reading. Pengenalan Hidup Sehat pada anak-anak RW 02. Program ini diharapkan akan terus ditindak lanjuti oleh berbagai pihak teritama pihak sekolah sehingga semoga dapat berkelanjutan nantinya. . Program ini bertujuan untuk mengenalkan nilai-nilai hidup sehat kepada anak-anak sejak Kecamatanil. Pelaksanaan Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 19 . Speaking dan Writing. dll.12. Program ini meliputi olah raga bersama. 13.

13 November dan 25 november 2009 dengan total dana Rp. Antusias anakanak sangat tinggi dan telah terbukti dengan semakin senangnya anakanak berolah raga dan cuci tangan sebelum makan serta setelah beraktivitas. Pengenalan dan Pemberian Makanan Bergizi Pada Anak PAUD. Program ini sangat baik dialkukan mengingat nutrisi yang baik dan seimbang akan sangat mendukung kederdsan anak-anak.. Program ini dilakukan sebanyak 3 kali 30 Oktober. 90. Program ini bertujuan agar anak-anak sejak usia dini sudah pintar memilih jajanan yang sehat dan bergizi berdasar pemikiran tersebut maka telah dilakukan program pengenalan dan pemberian makanan bergizi pada anak Paud di Kotesan ini.yang didapat dari dana mahasiswa. 14.500. Namun kendala yang nampak adalah kurang kepedulian aparat desa dan yang terkait untuk penyediaan nutrisi seperti ini sehingga mungkin nantinya program semacam ini akan dapat berkelanjutan Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 20 ..program ini sebanyak 5 kali dalam 6 minggu setiap minggu pagi dengan dana Rp30. dengan semakain banyaknya anak-anak usia dini yang ikut seta dalam PAUD Tunas Bangsa ini.000. Ketika pertama kli program ini terlontar antusiasme warga sangat baik.dari dana mahasiswa sendiri.

Dengan total dana Rp 50. pin dari awal hingga proses pengemasan yng baik. Pelatihan Jarimatika di SDN Kotesan Program ini bertujuan untuk membantu siswa SDN Kotesan dalam memahami pelajaran matematika. gelang.15. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan keinginan dan kemauan berwirausaha pada anak-0anak sejak dini melalui sebuah kegiatan kerajinan sederhana namun bernilai tinggi.000 yang didapat dari LPPM UGM dan dana mahasiswa acar ini sukses dilaksanakan dan barang-barang hasil kerajinan ini langsung dipasarkan ke Kopsis sekolah 16. Antusiasme anak-anak sangat baik ditunjukkan pada pelaksanaan acara ini sebanyak 3 kali petemuan di SDN Kotesan semakin banyak anakanak yang tertarik turut serta serta semakin lihai membuat kerajinan tersebut. Belajar membuat Kerajinan manik-manik dan pembuatan Pin. Anggapan bahwa pelajaran Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 21 . Pada program ini anak-anak diajari cara pembuatan kerajinan dari manik-manik seperti kalung .

Program ini dilaksanakan untuk kelas 4. Dana yang digunakan berasal sepenuhnya dari mahasiswa.500. tampak bahwa pemahaman jarimatika dalam membantu mempelajari matematika cukup baik. 17.. Dana yang terpakai dalam program ini berasal dari mahasiswa sejumlah Rp 24. 5. Pemutaran Film Edukatif Untuk Anak-anak RW 02 Kotesan Program ini bertujuan untuk mengingatkan anak – anak akan tayangan di televisi dan film – film yang sesuai dengan umur mereka sekaligus mempunyai nilai pendidikan untuk menambah wawasan dan motivasi untuk merengkuh masa depan yang baik.. Tidak ada kendala yang berarti dalam melaksanakan program ini. dan 6 SDN Kotesan setiap hari selasa.untuk membeli buku jarimatika. Anak . untuk biaya sewa LCD Proyektor. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 22 . 12.000. tetapi setelah diadakannya evaluasi pada akhir kegiatan. Kendala berarti yang ditemui adalah penguasaan keadaan kelas yang kurang. kamis dan sabtu. . Sebagai sasaran dari program ini adalah anak – anak RW 02 Kotesan dan waktu pelaksanaan program ini adalah tanggal 28 Oktober 2009.matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan mulai dapat berkurang dengan diadakannya pelatihan jarimatika yang berbeda dengan penghitungan matematika biasa.anak yang hadir tampak sangat antusias terhadap program ini. besarnya dana yang terpakai Rp.

18. Pembinaan Penggunaan Obat Tradisional (TOGA) . Program ini dilatarbelakangi kurangnya pengetahuan warga akan manfaat tanaman obat yang banyak terdapat di lingkungan sekitarnya. Tanaman misalnya bayam kucing, tempuyung, ketepeng kebo yang banyak terdapat di pinggir sawah maupun halaman rumah warga sebenarnya memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit kronis yang selama ini menghabiskan banyak biaya pengobatan. Peserta acara ini yaitu komunitas senam jantung sehat yang secara rutin mengadakan senam jantung sehat di halaman Balai Desa Kotesan. Bibit TOGA yang diberikan sebagai sampel untuk ditanam di kebun rumah masing-masing diterima dengan antusias. Banyak pertanyaan mengenai cara penggunaan tanaman obat yang tercantum dalam brosur penyuluhan yang dibagikan dan jawaban yang diberikan cukup memuaskan peserta. Mereka pun menyadari bahwa selama ini telah mengesampingkan tanaman-tanaman di sekitar mereka yang ternyata memiliki banyak khasiat.

Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010

23

19. Pendampingan POSYANDU Balita Desa Kotesan. POSYANDU Balita di Desa Kotesan diadakan di Guwo dan Polindes. Pada tanggal 9 November 2009 di dusun Guwo, kami memberikan penyuluhan mengenai efek musik klasik bagi perkembangan otak janin dan Balita. Setelah sesi penyuluhan selesai, disusul dengan sesi diskusi dengan ibu-ibu muda yang hadir. Ternyata mereka belum mengetahui mengenai efek musik klasik yang dapat menambah tingkat Kecamatanerdasan Balita, mereka sangat tertarik dengan informasi baru tersebut dan akan mencoba memperdengarkan musik klasik pada anak Balita mereka. Pada tanggal 16 November 2009, kami juga mendampingi pelaksanaan POSYANDU Balita di Polindes dengan acara penimbangan berat badan balita, membantu meracik puyer untuk balita yang sakit, dan pemberian nutrisi tambahan (program dari Ria Tri H.).

20. Pembentukan Koperasi Siswa SD Kotesan. SD Kotesan merupakan satu-satunya Sekolah Dasar yang terdapat di Desa Kotesan. Lokasinya jauh dari jalan raya sehingga akses untuk mendapatkan alat tulis agak sulit Kecamatanuali para siswa membelinya di luar jam sekolah karena jauh jaraknya. Pada tanggal 4 November 2009 kami memberikan pengenalan dan penjelasan sederhana mengenai koperasi siswa, kami juga menawarkan kepada pengurus kelas 4,5,6 untuk dibentuk struktur pengurus koperasi siswa yang nantinya akan menjalankan kegiatannya selama tahun ajaran 2009/2010. Setiap Rabu siang seusai jam sekolah, kami mengadakan pertemuan dengan pengurus koperasi untuk membicarakan AD/ART koperasi siswa SD Kotesan, jadwal piket bergilir di koperasi, dll. Pada tanggal 2 Desember

Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010

24

2009, kami menyerahkan sebuah rak dan sejumlah alat ulis serta hasil kerajinan siswa kepada pihak sekolah diwakili oleh guru-guru SD Kotesan. Koperasi siswa SD Kotesan akan dibuka seminggu seusai ujian akhir semester gasal.

21. Pengenalan Program Pemberdayaan Keluarga di Kotesan. Program ini didasarkan pada belum adanya program atau wadah pemberdayaan keluarga yang meliputi pendidikan, kesehatan, wirausaha serta lingkungan untuk meningkatkan taraf hidup warga Kotesan sehingga kieranya dapat dibentuk wadah yang dinamakan Posdaya tersebut, program ini berlangsung dua kali yaitu pada tanggal 6 November 2009 yang melibatkan Ibu-Ibu PKK serta tanggal 1 Desember 2009 dilakukan penyuluhan yang melibatkan seluruh elemen masyrakat sehingga pada tanggal tersebut telah berhasil ditetapka susunan pengurus Posdaya Sarono Makmur Desa Kotesan . Dengan bantuan dana Rp 25.000,- dari LPPM UGM semua kegiatan berjalan lancar dengan antusiasme warga yang tinggi hingga nyaris tak ada kendala

Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010

25

B. Pereng Tengah. Pada saat penyuluhan Pengenalan POSDAYA antusias tamu undangan yang hadir sangat tinggi. Rekomendasi diberikan kepada mahasiswa KKN-PPM UGM 2009 untuk dapat menindaklanjuti pembentukan pengurus 3 POSDAYA yang disepakati oleh aparat Desa Pereng dan tokoh masyarakat yang diundang. Tanggapan terhadap materi yang disampaikan juga cukup baik sehingga diskusi berjalan dengan hangat. Kabupaten Klaten. dan Karangelak sebagai wilayah POSDAYA I. Proaktif dari Kepala Desa Pereng dan Tokoh masyarakat dalam menentukan sikap langsung meminta di Desa Pereng supaya bisa dibentuk 3 POSDAYA. Jawa Tengah adalah sebagai berikut: Luas Desa: 963885 ha Batas wilayah: Sebelah utara: Desa Kebondalem Kidul Sebelah selatan: DIY Sebelah barat: DIY Sebelah timur: Desa Kotesan Kondisi geografis Ketinggian tanah dari permukaan laut ± 348 m Banyaknya curah hujan: 200 s. Wilayah Desa Pereng dibagi menjadi 3 bagian yaitu wilayah timur yang meliputi dusun Pendem. dan Gobog Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 26 . Tindak lanjut dari kesepakatan aparat Desa Pereng dan tokoh masyarat yang hadir pada saat kepada penyuluhan mahasiswa pengenalan KKN-PPM POSDAYA 2009 yang untuk merekomendasikan UGM memfasilitasi penyusunan pengurus POSDAYA. hal ini ditunjukkan dengan perhatian dan keseriusan dalam mengikuti penyuluhan. karena menurutnya dengan adanya POSDAYA akan berpengaruh positif terhadap kemajuan Desa Pereng. Negosiasi dan perundingan mengawali pembentukan pengurus melibatkan Kepala Desa Pereng. 3000 mm/th Orbitasi (pemerintahan desa/Kecamatanamatan) Jarak dari pusat pemerintahan Kecamatan: 2. POSDAYA DESA PERENG Geografis Desa Pereng. Pereng Wetan. Wilayah tengah yang meliputi Dusun Pereng Kulon. Drini.d.5 km Jarak dari ibukota Kabupaten/kota: ± 15 km. Kecamatan Prambanan.

Dalam forum tersebut juga dibicarakan mengenai potensi yang dapat dikembangkan dari wilayah tersebut yaitu: Budidaya lele. POSDAYA “SRANA MUKTI” memiliki ketua umum Bapak Waliman yang beralamat di Dusun Drini RT 8 RW 4 Desa Pereng Kecamatan Prambanan.sebagai wilayah POSDAYA POSDAYA II. Wilayah Barat yang meliputi Sunggingan wetan. Jumlah tamu undangan yang menghadiri forum pembentukan pengurus POSDAYA I berjumlah 25 orang. Penyusunan Pengurus POSDAYA I berjalan dengan lancar. POSDAYA dengan cakupan wilayah Dusun Drini. Pendem dan Karangelak Desa Pereng ini diberi nama POSDAYA “SRANA MUKTI”. 2. Sunggingan kulon. usaha pembuatan produk berbahan limbah atau sampah. S. Setelah calon pengurus yang akan diundang ditentukan maka selanjutnya ditentukan waktu dan tempat pelaksanaan penyusunan pengurus masing-masing POSDAYA. usaha pengolahan makanan berbahan dasar lele. ekonomi dan kewirausahaan. Setelah ketentuan pembagian wilayah disepakati maka dari masing-masing wilayah calon POSDAYA disarankan untuk menghubungi tokoh masyarakat yang cukup mengetahui potensi Sumber Daya Manusia di Wilayah yang bersangkutan. dan Bendo sebagai wilayah POSDAYA III. Calon pengurus diupayakan untuk dapat mewakili bidang pendidikan. S. kesehatan reproduksi.Pd Sarju K.S Waliman Jarot sutanto Agus Tarno Unsur Kepala Desa Ketua BPD Ketua RW 04 PNS Wirausaha Wirausaha Wirausha Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 27 . Untuk menyusun kepengurusan diperlukan setiap calon POSDAYA memerlukan 16-25 orang. bertempat di kediaman Bapak Wilopo yang beralamat di Dusun Drini RT 8 RW 4 Desa Pereng.TP Wilopo. POSDAYA SRANA MUKTI Penyusunan pengurus POSDAYA dimulai dari wilayah POSDAYA I yang dilaksanakan pada tanggal 30 November 2009. Susunan Pengurus PODAYA SRANA MUKTI: Jabatan Penasehat 1 2 3 Ketua Sekretaris 1 2 1 2 Nama Handaka Respati.lingkungan.

Bendahara Seksi Kesehatan Seksi Pendidikan Seksi Ekonomi dan Kewirausahaan 1 2 1 2 1 2 1 2 3 Tukul Riyanto Efi Setyowati Sutaryanti Yuntari Suwanto Oktiva Eko Hariyanto Sugeng Triwahyudi Mujiono Rini Suminah Sabar Edi S Iswahyudi Ketua RT VII Wirausaha POSYANDU POSYANDU Ketua PKBM Mahasiswa Wirausaha Petani Ketua Pemuda Ketua Tim Siaga Wirausaha Buruh Wirausaha Karyawan Wirausaha Seksi Lingkungan Seksi Umum 1 2 1 2 3 4 Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 28 .

Prang Gunadi 3 Sulami 4 Mardinem Wirausaha Wirausaha Ibu Rumah Tangga Ibu Rumah Tangga Nama 1 Handaka Respati.TP 2 Prang gunadi 1 Joko Suyono 2 Joko Cahyo Muntarpo 1 Eko Nur Styawan 2 Mujiyati 1 Partiyati 2 Yuliati 1 Hastuti Bintari 2 Endang Maryati 1 Erna 2 Slamet Wirausaha Ibu Rumah Tangga Ibu Rumah Tangga Wirausaha Bidan POSYANDU Guru Unsur Kepala Desa Wirausaha Kepala PAUD Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 29 . bertempat di kediaman Bapak Prang Gunadi yang beralamat di dusun Pereng Kulon. Pereng Tengah dan Gobog dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2009. POSDAYA II ini diberi nama POSDAYA “SARI MUKTI” yang diketuai oleh Bapak Joko Suyono yang beralamat di Dusun Pereng wetan RT 5 RW 3 Desa Pereng Kecamatan Prambanan. Susunan Pengurus POSDAYA SARI MUKTI: Jabatan Penaehat Ketua Sekretaris Bendahara Seksi Kesehatan Seksi Pendidikan Seksi Ekonomi dan Kewirausahaan 1 Anas 2 Ny. Pereng Wetan. Pengurus POSDAYA II yang telah terbentuk memiliki keinginan untuk segera melakukan kegiatan nyata. Dalam forum tersebut disepakati untuk memulai usaha krupuk rambak dengan modal iuran dari pengurus POSDAYA II yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Januari. POSDAYA SARI MUKTI Penyusunan Pengurus POSDAYA II dengan cakupan wilayah Dusun Pereng Kulon. Jumlah tamu undangan yang menghadiri forum pembentukan pengurus POSDAYA II sebanyak 17 orang.3. S. Penyusunan pengurus POSDAYA II ini berjalan lancar.

POSDAYA SUNGGING MULYA Penyusunan Pengurus POSDAYA III dengan cakupan wilayah Sunggingan kulon. Sri Widodo 1 Dodi 2 Reti 3 Dessy Bendahara Seksi Kesehatan 1 Kustiyah 2 Puji Lestari 1 Dewi Isriswanti Perawat Wirausaha Nama Unsur Kepala Desa Kepala Dusun Ketua RW I PNS Ketua RW IV 1 Handaka Respati. RT 2 RW 2 Desa Pereng Kecamatan Prambanan. Penyusunan pengurus POSDAYA III ini berjalan lancar. Susunan Pengurus Posdaya Sungging Mulya: Jabatan Penaehat No 2 Riswadi 3 Sugiman Ketua Sekretaris 1 Bejo 2 Drs. POSDAYA III ini diberikan nama POSDAYA “SUNGGING MULYA” yang diketuai oleh bapak Bejo yang beralamat di Dusun sunggingan kulon. Jumlah tanu undangan yang menghadiri forum pembentukan pengurus POSDAYA III sebanyak 17 orang. yang bertempat di kediaman Bapak Kusnadi di Sunggingan kulon. Sunggingan wetan dan Bendo dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2009. S.TP Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 30 . Dalam Forum tersebut juga dibicarakan mengenai potensi yang dapat diangkat dari wilayah POSDAYA “SUNGGING MULYA” yaitu pembuatan kompos dan kue kering.Seksi Lingkungan 1 Pramono 2 Wahyu Saputra 3 Sudiyanti Tim SIAGA Buruh Ibu Rumah Tangga Wirausaha Buruh Ibu Rumah Tangga Seksi Umum 1 Suroso 2 Kartini 3 Marsini 4 Sumiarsih 4.

sehingga dapat dijadikan sebagai usaha sampingan. Di daerah pereng bagian timur yang konon katanya merupakan bekas daerah aliran sungai merupakan daerah yang jarang mengalami kesulitan air. Pembinaan Teknis Perikanan Lele. sehingga dapat meningkatkan penghasilan mayarakat. Sadjiman Seksi Pendidikan Seksi Ekonomi dan Kewirausahaan 1 Uut Widiyati 2 Surya 3 Hariyanto 4 Bambang Sulistyo 5 Mashuri Seksi Lingkungan 1 Kusnadi 2 Purwoatmojo 3 Sudarno Seksi Umum 1 Irawan Dede 2 Widodo Hadi 3 Agung sugiharto 4 Prahara 1 Sri Zulfatun 2 Surtiyani POSYANDU Swasta Buruh Wirausaha Buruh Beberapa Kegiatan Mahasiwa KKN-PPM UGM di Desa Pereng: 1. Dengan adanya bimbingan teknis perikanan lele ini nantinya diharapkan Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 31 . namun karena kurangnya dukungan dari pihak dinas setempat maupun lembaga terkait. Dalam kurun waktu 10 tahun tersebut kini kelompok tersebut sudah mempunyai manajemen kelompok yang baik. sehingga warga berinisiatif untuk membudidayakan ikan lele. Untuk menampung motivasi warga yang cukup besar tersebut warga membentuk kelompok pembudidaya ikan lele yaitu “Truno Lele”. Budidaya ikan lele merupakan usaha mikro Kecamatan yang tidak menyita waktu banyak.2 Ny. dan memiliki 50 kolam. yang sudah berdiri kurang lebih 10 tahun dan beranggotakan 25 orang. sehingga pengembangan budidaya ikan lele masih bersifat otodidak.

yang sebelumnya pada tanggal 27 November 2009 juga dilakukan pembuatan kolam dari terpal. 2. Pengadaan Pembinaan dan Pelatihan Olah Pangan Berbahan Dasar Lele. Program ini bekerjasama dengan Kampung Lele Boyolali. Kegiatan yang ke dua adalah penyuluhan mengenai penyakit pada ikan lele yang dilakukan pada tanggal 19 November 2009. Kegitan yang pertama dilakukan pada tanggal 8 November 2009 adalah studi banding ke “kampung lele” di daerah boyolali. Dengan adanya program ini diharapkan dapat ditindak lanjuti dari pihak UKM LPPM UGM. Kegiatan ini Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 32 . Adanya beberapa kolam yang menguntungkan menghasilkan produksi bisa memberikan ikan yang keuntungan cukup selain sebenarnya penjualan ikan dalam wujud ikan segar.warga memeiliki kualitas SDM yang mampu meningkatkan budidaya ikan lele sehingga mampu meningkatkan penghasilan masyarakat. Pembinaan ini mendapat respon yang bagus dari masyarakat. Mahasiswa KKN sebagai fasilitator untuk menghubungkan kelompok tani Truno Lele desa Pereng dengan Kampung Lele. yang merupakan sentra pembudidayaan ikan lele di daerah Jawa Tengah. dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi warga desa Pereng. karena keinginan warga dan kelompok yang ingin dibina langsung oleh pihak LPPM UGM. Pada tanggal 2 Desember 2009 juga dilakukan bimbingan teknis oleh dinas terkait yang difasilitasi langsung oleh Yayasan Forum Edukasi Dan Pengembangan wilayah Klaten. Dalam program ini juga berhubungan dengan program pengolahan pangan berbahan dasar lele dan sosialisasi POSDAYA mengenai pengembangan UMKM. Keadaan dan kondisi alam desa Pereng yang mendukung untuk pembudidayaan ikan lele memacu munculnya program ini. animo masyarakat dalam mengikuti beberapa kegiatan juga cukup besar. Ikan segar dapat segera menjadi busuk bila tidak segera terjual. Oleh karena itu. Program ini sesuai dengan tema POSDAYA dalam segi kewirausahaan. Kegiatan yang dilakukan berupa kursus olah pangan bahan lele menjadi keripik lele.

Adanya beberapa kolam yang menguntungkan menghasilkan produksi bisa memberikan ikan yang keuntungan cukup selain sebenarnya penjualan ikan dalam wujud ikan segar. Penyuluhan sadar gizi Desa Pereng Program ini dilaksanakan berdasarkan hasil wawancara dengan kader posyandu Desa Pereng yang menyampaikan bahwa masih ditemukannya balita dengan gizi buruk di wilayah Desa Pereng. 3. 4. juga terdapat resep lain yang didapat dari referensi lain-lain (internet. Balita merupakan masa yang penting untuk perkembangan otak dan fisik serta emosional dari anak. Kejadian gizi buruk Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 33 . Program ini diberikan dalam bentuk leaflet berisi olah pangan dengan bahan dasar lele. Pengadaan dan Penyebarluasan Informasi Tertulis tentang Olah Pangan Berbahan Dasar Lele Pengadaan dan Penyebarluasan Informasi Tertulis tentang Olah Pangan Berbahan Dasar Lele merupakan program kelanjutan dari program Pengadaan Pembinaan dan Pelatihan Olah Pangan Berbahan Dasar Lele. Balita dengan gizi buruk membuka peluang buruknya perkembangan otak maupun fisik dari anak yang tidak dapat digantikan pada umur berikutnya. Program ini sesuai dengan tema POSDAYA dalam segi kewirausahaan. Sejumlah 50 lembar resep dibuat dan disebarluaskan pada tanggal 21 dan 22 November 2009 pada saat pertemuan ibu-ibu (arisan RT) dan kepada salah satu ibu pengurus Truno Lele. Penyuluhan ini bekerja sama dengan Puskesmas Prambanan dengan pembicara Ibu Reta Hapsari. Selain keripik lele. majalah). dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi warga desa Pereng.dilaksanakan pada tanggal 8 November 2009 dengan peserta 6 ibu-ibu kelompok Truno Lele. Oleh karena itu. Keadaan dan kondisi alam desa Pereng yang mendukung untuk pembudidayaan ikan lele memacu munculnya program ini. Diharapkan dengan sumbangsih leaflet olah pangan lele ini dapat memberdayakan masyarakat agar ada kesadaran dan semangat dalam meningkatkan wirausaha mereka. Ikan segar dapat segera menjadi busuk bila tidak segera terjual.

Secara umum program ini dapat berjalan lancar pada pelaksanaannya. Protein. 5. Peserta yang sebagian besar adalah pemuda setempat cukup antusias dalam melakukan penghijauan. lokasi penanaman pohon berada di sekitar situs candi. dinamis. Watu Gilang. Penghijauan ini dilakuakn di wilayah RT 9 dan 8. Dengan adanya program penghijauan ini diharapkan mampu memacu semangat para penduduk untuk melestarikan pepohonan sebagai salah satu media penahan tanah longsor dan mampu menghentikan pemansan global. dengan menanam 100 bibit pohon sengon. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 34 . Sasaran dari penyuluhan ini meliputi kader posyandu dan perwakilan ibu muda di wilayah Desa Pereng. Sambutan dan antusiasme yang tinggi serta rasa ingin tahu dari ibu-ibu muda dan kader-kader Posyandu mengenai permasalah gizi dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul pada saat sesi tanya jawab sehinga membuat program ini menjadi sangat menarik. Penghijauan dilakukan pada tanggal 6 Desember 2009. Setelah umur balita di atas 6 bulan maka bayi dapat diberikan makanan tambahan. Undangan berjumlah 40 orang dengan kehadiran 34 orang. Penghijauan RT 9 dan 8 Desa Pereng bagian selatan langsung berbatasan dengan bukit yang cukup tinggi. lemak. Pemberian ASI (Air Susu Ibu) secara Eksklusif selama 6 bulan terhadap balita sangat dianjurkan. hal ini dapat memacu terjadinya tanah longsor. menyebabkan berkurangnya pepohonaan di sekitar bukit.pada balita dapat terjadi sebagai akibat kurangnya pengetahuan anggota keluarga terutama ibu tentang pentingnya pemenuhan gizi bagi balita. Beberapa komponen yang harus tersedia dalam makanan balita antara lain: Karbohidrat. Mulai beralih fungsinya lahan hutan menjadi persawahan dan penebangan pohon. vitamin. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 November 2009 yang bertempat di kediaman ibu Prang Gunadi dusun Pereng Kulon. mineral serta garam beryodium. ini dilihat dengan semangatnya warga sekitar dalam menyelamatkan lingkungan mereka. Meskipun demikian adanya kemungkinan adanya obesitas juga perlu diwaspadai karena keadaan ini juga tidak baik untuk perkembangan balita.

Pemberian materi tari Kelinci dilaksanakan pada tanggal 20. semakin tampak anak-anak yang berpotensi dan ada kemauan untuk menari. Semakin rutin latihan tari. Pelatihan tari modern “tari Kelinci” merupakan aplikasi dari pemberian materi dalam PAUD. Saat survey selama seminggu. 9. juga dilakukan pemberian materi di luar kelas yakni menari. Program ini mendapat antusias yang baik dari orang tua murid. 21. 2 November 2009 masing-masing selama kurang lebih 1. 16.5 jam sembari Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 35 . Pelatihan Tari Tradisional Kreasi Baru untuk Anak-Anak SD Warga Setempat Program Pelatihan Tari Tradisional Kreasi Baru untuk Anak-Anak SD Warga Setempat merupakan program pokok non tema yang merupakan program untuk menggali potensi anak SD warga setempat dalam bidang seni khususnya tari kreasi baru (tradisional). 2. 25. 28. 23. 6. 3. Hal ini dilakukan selain meningkatkan akademik atau otak kanan anak diharapkan juga merangsang otak kiri. 18. Pelatihan Gerak dan Lagu (Tari Modern) untuk Anak PAUD Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu bagian dari POSDAYA. Hingga pada latihan ke-12 dapat dipastikan siapa yang akan bisa rutin latihan yakni 8 anak dari berbagai kelas dari kelas 2-5. 3. pengajar dari PAUD mengharapkan agar selain pemberian materi dalam ruang kelas. Diharapkan program ini dapapt memberdayakan anak-anak serta orangtua anak untuk meningkatkan potensi seni yang dimiliki anak tersebut. 1. Pelatihan tari dilaksanakan pada tanggal 26. mungkin dikarenakan anak usia SD suka akan hal baru dengan pengajar/orang yang baru pula. 25.6. Kendala yang dijumpai adalah pada awal program ini dimulai dengan banyak siswa tetapi setiap hari berganti-ganti siswa. Tari kelinci yang diambil untuk program ini dikarenakan tari ini mudah dipelajari untuk anak usia PAUD dan tarian ini lincah serta menirukan gerak hewan kelinci sehingga anak akan menjadi lebih tertarik untuk mempelajarinya. 7. 5. 11. 30 November 2009. 29 Oktober 2009. 30. 7 Desember 2009 dengan durasi waktu 1 jam dan pada tanggal 8 Desember 2009 dilakukan gladi resik untuk persiapan pementasan tari pada acara perpisahan KKN PPM UGM SubunitPereng.

maka saya membuat dokumentasi berupa video yang nantinya dijadikan ke CD. dan lingkungan. Penyuluhan ini dilakukan pada tanggal 19 Oktober 2009. sehingga masyarakat akan sadar pentingnya menjaga kebersihan diri. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 36 . 8. anak-anak yang lain sudah mulai tertarik dan dengan penuh semangat mengikuti gerakan yang diberikan. keluarga dan lingkungan. penyuluhan dibantu oleh pihak puskesmas. Peserta juga diarahkan dalam Pos pemberdayaan Keluarga. Metode belajar dengan mendengarkan kaset sembari belajar gerakan dinilai dapat merangsang siswa dalam menghafal gerakan dan memadupadankan sinkronitas alat gerak motorik. Program ini mendapat tanggapan yang baik dari guru dan orang tua siswa PAUD karena dinilai dapat menyeimbangkan kerja otot sekaligus menyehatkan siswa. Dengan adannya penyuluhan ini diharapkan warga tidak resah dan mengetahui beberapa penyakit zoonosis terutama swine influenza. Dari hasil obervasi dengan warga. Berhubung habis jam program KKN dan agar anak didik masih bisa belajar tari kelinci meski program telah usai. Penyuluhan Penyakit Zoonosis Swine Influenza Penyakit Swine influenza awal tahun yang lalu menjadikan resah warga sekitar terhadap penyakit zoonosis. Diharapkan tim pengajar mempelajarinya sehingga bisa dilatih setiap kegiatan PAUD.dibantu guru dan orang tua siswa dalam menangani siswa. Sasaran dari penyuluhan ini adalah warga dan kader kesehatan yang tergabung dalam Forum Kesehatan Desa. diharapkan juga tumbuh kesadaran warga dalam menjaga keberisihan diri. Dalam kegiatan ini dilakukan penyebaran leaflet mengenai swine influenza. Pemberian materi ini dilakukan dengan mendengarkan musik dari kaset dan langsung dipraktekkan gerakannya. yang dapat menularkan penyakit dari hewan ke manusia. Pada awalnya hanya anak 3 siswa yang mengikuti materi ini tapi di hari kemudian. keluarga. juga belum pernah dilakukan penyuluhan mengenai penyakit zoonosis terutama swine influenza.

10. Tingkat kasus yang terjadi di Indonesia juga masih sangat tinggi. Kegiatan yang dilakukan meliputi pelatihan pembuatan tortila jagung dan dipermudah dengan adanya leaflet mengenai olahpangan jagung lainnya dan dibagikan kepada ibu-ibu PKK yang mengikuti kegiatan terebut. akan tetapi daya jual jagung untuk perkilo jagung kering sangatlah murah. sehingga masyarakat perlu mengetahui gejala yang terjadi. hal ini karena kurangnya pengetahuan masyarakat untuk memeriksa edini mungkin. oleh karena itu perlu adanya pemberian informasi mengenai olahpangan berbahan jagung agar meningkatkan daya jual. Pada saat pelakanaan kegiatan penyuluhan dilakukan penayangan slide tentang penyakit kanker payudara dan dilanjutkan tanya jawab ringan tentang penyakit kanker payudara. Tidak ada kendala yang berarti dalam melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan penyuluhan ini bekerjasama dengan pihak puskemas Prambanan. selain menanam padi warga juga menanam jagung sebagai tanaman selingan.9. Kegiatan diaksanakan yaitu pada tanggal 7 Desember 2009 yang iikuti oleh ibu-ibu PKK Pereng. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 37 . Adanya kegiatan ini diharapkan warga Pereng termotivasi untuk lebih kreatif mengolah jagung sehingga mempunyai nilai jual yang lebih tinggi dan merupakan langkah awal untuk terciptanya UMKM yang sinergis dengan posdaya. Kegiatan penyuluhan kanker payudara ini dilaksanakan pada tanggal 19 November 2009 bertempat di kediaman Bpk Prang gunardi di Pereng kulon. sehingga pembicara dari puskesmas. Penyuluhan Kanker Payudara di Desa Pereng Kanker payudara merupakan penyakit yang sangat rawan terjadi pada wanita. sehingga dapat dilakukan pencegahan sedini mungkin. Desa Pereng mempunyai lahan yang luas untuk pertanian. Kasus yang sering terjadi di mayarakat adalah penderita terlambat mengetahui bahwa dirinya terkena kanker payudara. Pembuatan dan penyebaran informasi tentang olahpangan berbahan dasar jagung.

Materi tentang kebersihan gigi (diri sendiri) dirasa perlu untuk membentuk kesadaran kesehatan anak-anak pada usia sedini mungkin. Tidak ada kendala pada kegiatan ini. Pada pelaksanaan kegiatan ini tercipta antuias dari anak-anak maupun orang tua siswa. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini dilakukan pada waktu jam belajar. .Masyarakat terutama ibu-ibu antusias menanggapi penyuluhan kanker payudara ini. Tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksaan kegiatan ini. Pemberian materi kebersihan gigi (diri sendiri) di PAUD Pelita Bangsa Pereng Kegiatan ini didasarkan atas hasil observasi terhadap Pengelola PAUD yang merasa kekurangan tenaga pengajar bagi siwa PAUD dan materi yang kurang variatif. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 38 . yaitu padahari senin tanggal 2 November 2009. terlihat dafri banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh ibu-ibu saat sesi diskusi. 11. diharapkan penyusunan dan pengadaan materi-materi bantu pengajaran yang baru dan menarik dapat membuat murid menjadi lebih aktif dalam kelas serta wawasan menjadi lebih luas.

Pembinaan Teknis Perikanan Lele Studi banding ke kampung lele boyolali Diskusi dan sharing Penyuluhan Sadar Gizi Desa Pereng Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 39 .

Penghijauan RT 9 Dan 8 Penghijauan di watu gilang Pembimbingan Siswa PAUD Bibit kayu sengon Pemberian materi Diri sendiri PAUD Pemberian materi kesehatan gigi PAUD Penyuluahn Daging ASUH di Desa Pereng Penyuluhan daging ASUH pada kader-kader PKK Pereng Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 40 .

Pereng Latihan membuat tortila jagung di Dusun Pendem.Penyebaran informasi olah pangan berbahan dasar jagung kepada Ibu-ibu Dusun Pendem. Pereng. Leaflet Daging ASUH Pemberian informasi tentang Daging ASUH berupa leaflet Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 41 .

Acara ini dilaksanakan pada siang hari dikarenakan pada pagi hari para masyarakat desa Randusari lebih cenderung bekerja di sawah.C.Si.Si.. sambutan dari kepala desa Randusari. Posdaya merupakan pos pemberdayaan keluarga dimana salah satu tujuannya adalah menguatkan fungsi-fungsi keluarga diantaranya fungsi reproduksi dan kesehatan. Program ini dilaksanakan di gedung balai desa Randusari. Dalam pelaksanaan acara ini dihadiri oleh warga berjumlah 50 orang. Sasaran penyuluhan ini adalah bapak lurah dan perangkat desa. Untuk pemberi penyuluhannya didatangkan LPPM UGM yang juga merupakan dosen pembimbing lapangan KKN Prambanan yaitu Bapak Sugeng Triono. kader-kader posyandu.. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 42 . Kehidupan warganya sebagian bermata pencaharian sebagai petani sehingga perkembangan ekonomi di desa Randusari masih sangat kurang. POSDAYA DESA RANDUSARI Desa Randusari merupakan salah satu desa yang masih IDT sehingga sebagian masyarakatnya masih dalam keadaan pra sejahtera. diskusi dan diakhiri dengan pembentukan pengurus posdaya dan penutup. fungsi ekonomi. kemudian sambutan dari kormasit KKN desa Randusari. S. fungsi lingkungan. dll. Penyuluhan di awali dengan acara pembukaan. tokoh masyarakat. pemuda.M. dan penyamampaian materi oleh penyaji atau narasumber. Pada akhir acara penyuluhan ini berhasil dibentuk dua pengurus posdaya desa Randusari yaitu pengurus posdaya kadus I yang bernama Jonggrang Rahayu I dan pengurus posdaya kadus II yang bernama Jonggrang Rahayu II.Ibu PKK dan para pelaku UMKM yang ada di desa Randusari. Ibu . fungsi pendidikan. Tema KKN yang diusung di prambanan ini adalah pengembangan UMKM sinergi dengan program posdaya.

5. Kecamatan Prambanan. Pengurus Posdaya Jonggrang Rahayu I: Jabatan Penasehat Ketua Sekertaris Bendahara Seksi Pendidikan Seksi Kesehatan Nama 1 Sutarjo 2 Subanto 1 Sukarni 2 Wahyuni 1 Sri Haryanti 2 Nurjanah 1 Puji Lestari 2 Sutinah 1 Harsi 2 Sunarti 1 Sumilah 2 Maryani 3 Budi Seksi Kewirausahaan 1 Bujiono 2 Marjono 3 Sayumi 4 Sutarjo 5 Dalijo Seksi Lingkungan Seksi Umum/Humas 1 Sadino 2 Wakijo 1 Rambat 6. Kabupaten Klaten. POSDAYA JONGGRANG RAHAYU I Desa Randusari. POSDAYA JONGGRANG RAHAYU II Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 Unsur Kepala Desa Kepala Dusun Guru Polindes Wiraswasta Wiraswasta Wiraswasta Wiraswasta Wiraswasta FKD 43 .

Desa Randusari. Kecamatan Prambanan. Kabupaten Klaten Pengurus Posdaya Jonggrang Rahayu II: Jabatan Penasehat Ketua Sekertaris Bendahara Seksi Pendidikan Seksi Kesehatan No Nama Unsur Kepala Desa Kepala Dusun 1 Sutarjo 2 Poniman 1 Suharni 2 Nunuk Sulastri 1 Haryati 1 Leni 2 Raminem 1 Wakinah 2 Asanti Solekah 1 Sri Redjeki 2 Esti Murbani 3 Budi Seksi Kewirausahaan 1 Sutiman 2 Heru Sadomo 3 Karsini 4 Sulistyowati 5 Sutarmi 6 Kepareng Seksi Lingkungan 1 Parjiyem FKD Wiraswasta Wiraswasta Wiraswasta Wiraswasta Wiraswasta Bidan Polindes Guru Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 44 .

mencocokkan gambar. PAUD bertujuan agar anak dapat mengekspresikan kemampuan/bakatnya sejak dini dan melatih mental anak agar berani tampil di depan kelas/di depan teman-temannya sebelum masuk Taman Kanak-kanak (TK). Materi yang diberikan antara lain menempel gambar. Pendidikan dan bimbingan dari guru yang bersifat islami mendidik anak agar selalu sopan santun dalam berucap dan bertingkah laku. Selain itu. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan untuk anak-anak yang berumur 2-4 tahun. Anak-anak yang mengikuti PAUD biasanya masih didampingi oleh orang tuanya terutama yang berumur 2 tahun. Rabu dan Jumat yaitu anak-anak menabung.00 WIB. dari hasil wawancara dengan Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 45 .00-12. PAUD juga melatih anakanak dapat berteman dengan baik. Mengajar PAUD Pendidikan diperlukan seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Rabu dan Sabtu jam 10. orang tua juga mengawasi anaknya. menebak gambar.2 Sutarmin Seksi Umum/Humas 1 Sumananto Kegiatan Yang Telah dilakukan di Desa Randusari: 1. Kegiatan PAUD dilaksanakan setiap hari Senin. Jadi selain guru. Penyuluhan bahaya kanker payudara Dari hasil observasi yang telah dilakukan. tampak bahwa jumlah perempuan di Randusari ini cukup banyak. yaitu 1452 dari total jumlah penduduknya 2969 jiwa. 2. belajar menyanyi dan berdoa. Kegiatan rutin yang dilaksanakan hari Senin. melatih mental anak agar berani tampil dan bersosialisasi dengan teman sebayanya.

dipilih para peserta penyuluhan diambil dari kader-kader Posyandu yang nantinya diharapkan mereka dapat mengsosialisasikan kembali penyuluhan yang telah mereka tarima kepada para ibu-ibu di wilayah Posyandu masing-masing. kami menghadirkan pembicara yaitu Bidan dari Puskesmas. Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah untuk memberikan informasi kepada para wanita baik yang masih muda maupun para ibu-ibu tentang pentingnya kesehatan reproduksi khususnya menyangkut kanker payudara dan cara mencegah serta cara deteksi dini adanya kanker tersebut.beberapa kader posyandu yang ada di desa Randusari memberikan gambaran bahwa informasi tentang kesehatan reproduksi wanita masih belum terlalu disosialisasikan. program penyuluhan kesehatan reproduksi terutama mengenai kanker di desa Randusari ini menjadi salah satu program tema yang cukup penting untuk dilaksanakan. Dan selain itu para peserta juga diberikan leaflet bahan penyuluhan. 3. cara pencegahan. tanda-tanda. Oleh karena itu. Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 46 . Pada pelaksanaan penyuluhan.. Untuk mengefektifkan pelaksanaan program. yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. program ini ditujukan kepada ibu-ibu pada rentang usia produktif. dan beberapa keterangan lainnya yang berhubungan dengan kanker payudara. Penyuluhan dilakukan dengan mempresentasikan beberapa slide yang berisikan tentang pengertian. Perintisan Posyandu Lansia Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di Desa Randusari.

Program Posyandu Lansia ini dilaksanakan untuk pertama kalinya setelah sempat berhenti beberapa tahun yang lalu. mereka yang datang diperiksa kesehatannya secara umum. Di posyandu lansia ini. termasuk pengukuran tekanan darah dan penimbangan berat badan. Pelatihan Sulam Payet Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 47 . Dengan memperhatikan ketiga hal tersebut maka makanan yang disediakan sedikit namun tetap memenuhi kebutuhan gizi. Pada pelaksanaannya warga yang mengikuti posyandu lansia ini cukup banyak yaitu sekitar 25 orang sehingga termasuk sukses mengingat ini adalah program lama yang sempat terhenti karena kurang bisa berjalan maksimal.kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia. Posyandu lansia ini ditujukan untuk bapak-bapak dan ibu-ibu yang sudah lanjut usia di desa Randusari ini. Bagi yang menderita sakit seperti pusing. Pelayanan Kesehatan di Posyandu lanjut usia meliputi pemeriksaan Kesehatan fisik dan mental emosional yang dicatat dan dipantau dengan Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk mengetahui lebih awal penyakit yang diderita (deteksi dini) atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi. Melalui kegiatan ini diharapkan keadaan tubuh yang sudah semakin renta tetap terjaga staminanya sehingga tidak terkenan penyakit yang bermacammacam dan tetap ceria di usia tua. dan darah tinggi ataupun darah rendah diberi obat dan juga diberikan saran oleh dokter puskesmas agar kesehatannya membaik dan terjaga. olah raga ringan untuk mendorong agar tubuh tetap bergerak sehingga organ dalamnya tetap berfungsi baik dan penimbangan untuk memantau perkembangan berat yang stabil. tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya. 4. keluarga. pegal-pegal.

dan menambah keterampilan ibu. yang sedang menunggui anak-anaknya sekolah. Sesi pertama pada tanggal 9 dan 13 November 2009. untuk dapat menambah keterampilan dengan harapan dapat dijadikan tambahan penghasilan keluarga. Penyuluhan Pembuatan dan Manfaat Kompos Desa Randusari untuk Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengolahan Limbah Ternak Sebagian besar masyarakat desa Randusari bermata pencaharian sebagai petani. Dari kebijakan tersebut petani menginginkan pengetahuan mengenai pembuatan dan manfaat kompos. agar dapat diaplikasikan dengan bordir sehingga dapat menambah nilai jual. Di desa Randusari sudah terdapat UKM bordir yang telah berjalan kurang lebih 1 bulan. 5. maka banyak petani yang mulai bergeser dari penggunaan pupuk anorganik menjadi pupuk organik. Ketrampilan sulam payet merupakan kegiatan yang membutuhkan modal yang sedikit dengan hasil yang terkesan mewah dan memiliki nilai jual tinggi. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 48 .Kreasi sulam payet dapat berfungsi untuk memperindah penampilan dalam dunia fashion yang semakin marak.. sehingga bila diaplikasikan dengan sulam payet maka akan dapat menambah nilai jual.ibu di desa Randusari. untuk melatih keterampilan sulam. Pemerintah sedang menggalakkan bahwa pertanian akan menjadi pertanian organik pada tahun 2010. diberikan pelatihan pada ibu-ibu orang tua wali murid TK Pertiwi. Program pelatihan sulam payet ini diberikan dalam 2 sesi. Sesi kedua pada tanggal 17dan 19 November 2009 dilakukan pelatihan pada ibu-ibu anggota pelatihan bordir dibalai desa.

juga dapat dipasarkan. Kehidupan warganya sebagian bermata pencaharian sebagai petani sehingga perkembangan ekonomi di desa Randusari masih sangat kurang. Penyuluhan Program Posdaya dan Pembentukan Pengurus Posdaya Desa Randusari merupakan salah satu desa yang masih IDT sehingga sebagian masyarakatnya masih dalam keadaan pra sejahtera.. Kompos yang telah terbuat selain dapat digunakan untuk pupuk tanaman petani itu sendiri. Dalam kegiatan ini diberikan materi mengenai cara-cara yang baik dalam melakukan pengomposan dan bahan-bahan apa saja yang dapat digunakan untuk kegiatan tersebut. Penyuluhan dilakukan dengan mengundang narasumber dari Lembah Hijau. Kotoran ini bila tidak dimanfaatkna dapat mencemari lingkungan yang berakibat buruk terhadap kesehatan manusia dan mengancam keberlangsungan lingkungan. Posdaya merupakan pos pemberdayaan keluarga dimana salah satu tujuannya adalah menguatkan fungsi-fungsi Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 49 . Penyuluhan pembuatan dan manfaat kompos bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap manfaat kompos sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh petani dalam peningkatan kesejahteraan hidup. Penyuluhan dilakukan pada hari minggu malam pada tanggal 1 November 2009.Kompos terbuat dari limbah kotoran ternak. Dengan hal ini kesejahteraan petani dapat meningkat. Selain itu juga dijelaskan manfaat kompos terhadap tanaman serta keberlangsungan lingkungan. Tema KKN yang diusung di prambanan ini adalah pengembangan UMKM sinergi dengan program posdaya. 6.

Program penanaman akhlak hendaknya dilakukan sedini mungkin karena anak-anak umumnya sangat rentan dan mudah mendapatkan pengaruh dari lingkungan sekitar. kemudian sambutan dari kormasit KKN desa Randusari. sambutan dari kepala desa Randusari. Penyuluhan di awali dengan acara pembukaan. pemuda. 7.. tokoh masyarakat.Si. Dalam pelaksanaan acara ini dihadiri oleh warga berjumlah 50 orang. fungsi lingkungan. Untuk itulah kami mengadakan program mengajar TPA bagi anak-anak di desa Randusari dusun yaitu anak-anak Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 50 .. Acara ini dilaksanakan pada siang hari dikarenakan pada pagi hari para masyarakat desa Randusari lebih cenderung bekerja di sawah.M. dll. Pada akhir acara penyuluhan ini berhasil dibentuk dua pengurus posdaya desa Randusari yaitu pengurus posdaya kadus I yang bernama Jonggrang Rahayu I dan pengurus posdaya kadus II yang bernama Jonggrang Rahayu II.Si. S.Ibu PKK dan para pelaku UMKM yang ada di desa Randusari. Program ini dilaksanakan di gedung balai desa Randusari. Sasaran penyuluhan ini adalah bapak lurah dan perangkat desa.keluarga diantaranya fungsi reproduksi dan kesehatan. Untuk pemberi penyuluhannya didatangkan LPPM UGM yang juga merupakan dosen pembimbing lapangan KKN Prambanan yaitu Bapak Sugen Triono. fungsi ekonomi. kader-kader posyandu. Ibu . diskusi dan diakhiri dengan pembentukan pengurus posdaya dan penutup. dan penyamampaian materi oleh penyaji atau narasumber. Pembinaan Anak-Anak TPA Berangkat dari keinginan warga untuk menjadikan Desa Randusari memiliki generasi muda yang berakhlak mulia dan berbudi luhur. fungsi pendidikan.

Program ini ditujukan bagi anak-anak di Randusari. dan Al-Quran. Tujuan dari program ini sendiri adalah untuk memberikan pemahaman akan pentingnya Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 51 . Dalam pelaksaan program ini kami mengajarkan iqro 1 sampai 6. TPA merupakan pendidikan agama di luar sekolah yang dapat melatih dan memberi pemahanan agama dan akhlak secara dini kepada anak-anak peserta TPA.siswa SD dan sebagian siswa TK. Di samping itu juga kesadaran diri akan pentingnya menjaga kesehatan di kalangan ibu-ibu dirasakan kurang khusunya pencegahan diri dari penyakit yang sering menyerang para kaum wanita yaitu salah satunya kanker serviks(leher rahim). Jumlah anak-anak yang mengikuti program ini berjumlah 25 anak. Pelaksanaan TPA dilaksanakan 3 kali dalam waktu 1 minggu dan berlangsung selama 6 minggu. Untuk itulah program penyuluhan bahaya dan pencegahan dini terhadap kanker serviks menjadi salah satu program tema bidang kesehatan yang sangat penting untuk dilaksanakan di desa Randusari ini. Kisaran jumlah penduduk wanita di desa randusari ini termasuk cukup banyak. 8. Selama pelaksaan mengajar TPA banyak anak-anak yang masih kurang hafal dalam melafalkan huruf hijaiyah. Program ini dapat terlaksana dengan bantuan dari takmir masjid Nurul Huda di desa Randusari. Selain itu didapatkan hasil wawancara dengan ibu-ibu khusunya kader Posyandu bahwa hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan ibu-ibu khusunya kesehatan reproduksi dirasakan kurang begitu tersosialisasikan. Penyuluhan Bahaya Kanker Serviks Jumlah penduduk desa randusari menurut data kependudukan September 2009 yaitu 2969 jiwa yang terdiri dari 1517 laki-laki dan 1452 perempuan.

Hal ini dikarenakan dari segi keamanan pelaksanaannya anak usia sekolah dasar kelas 1 dan 2 lebih menjamin daripada usia dibawahnya (balita-TK) yakni menyangkut jenis sikat dan pasta gigi yang di pakai serta pengawasan dalam pelaksanaannya. Program gerakan gosok gigi bersama ini ditujukan kepada siswa SD I Randusari kelas 1 dan 2. Gerakan Gosok Gigi SD N II Randusari Pendidikan mengenai pola hidup sehat seharusnya dimulai sejak anak usia dini. Tujuan dari program ini nantinya dapat dijadikan sarana menumbuhkan kebiasaan pola hidup sehat dalam diri anak dan masyarakat pada umumnya Program ini ditujukan untuk anak Sekolah dasar kelas 1 dan 2. Kebiasaan sehat ini sangat perlu ditanamkan pada anak sejak usia dini karena kesehatan gigi dan mulut sangat berpengaruh bagi perkembangan anak. Salah satu pola hidup sehat itu adalah kebiasaan menggosok gigi. 9. dengan begitu diharapkan pola hidup sehat tersebut akan terbawa seiring pertambahan usia mereka dan menjadi suatu kebiasaan yang bermanfaat bagi dirinya kelak.menjaga kesehatan ibu-ibu pada usia produktif yang sangat rentan terkena penyakit kanker khususnya kanker serviks. Sebelum pelaksanaan didahului dengan penyuluhan mengenai kesehatan gigi dengan alat peraga yang nantinya menarik siswa untuk tertarik menjaga kesehatan giginya dengan rajin menggosok gigi Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 52 . Untuk itulah dilaksanakan program gerakan gosok gigi bersama di sekolah dasar.

untuk dapat menambah keterampilan dengan harapan dapat dijadikan tambahan penghasilan keluarga. Ibu-ibu sangat antusias dalam mengikuti pelatihan sulam pita. diberikan pelatihan pada ibu-ibu orang tua wali murid TK Pertiwi. Berbagai aplikasi yang diajarkan dapat dimengerti dengan baik. dan menambah keterampilan ibu. dan dikembangkan menurut kreatifitas ibu-ibu. Dari pelatihan tersebut ibu-ibu sudah dapat mengaplikasikan keterampilan sulam pita ini pada kerudung . sehingga bila diaplikasikan dengan sulam pita maka akan dapat menambah nilai jual. Ketrampilan sulam pita merupakan kegiatan yang membutuhkan modal yang sedikit dengan hasil memiliki nilai jual tinggi. Pelatihan Pembuatan Sulam Pita Kreasi sulam pita dapat berfungsi untuk memperindah penampilan dalam dunia fashion yang semakin marak. Program pelatihan sulam pita ini diberikan dalam 2 sesi. yang sedang menunggui anak-anaknya sekolah. agar dapat diaplikasikan dengan bordir sehingga dapat menambah nilai jual. Di desa Randusari sudah terdapat UKM bordir yang telah berjalan kurang lebih 1 bulan. untuk melatih keterampilan sulam. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 53 . dan dipadukan dengan sulam bordir untuk membuat taplak meja. Sesi pertama pada tanggal 9 dan 13 November 2009. Sesi kedua pada tanggal 19 November 2009 dilakukan pelatihan pada ibu-ibu anggota pelatihan bordir dibalai desa.10.ibu di desa Randusari. hasil pengembangan yang dilakukan terlihat sangat baik.

tanggal 6 Desember 2009 Bertempat di rumah ibu Tarmi. Pisang. soda kue dan garam. Pendampingan UKM Pembuatan Aneka Kripik Wilayah Desa Randusari memiliki potensi buah sukun dan Talas yang baik. dan pisang. minyak goreng. Selain buah sukun banyak juga potensi pertanian lainnya seperti singkong. Masyarakat selama ini hanya mengkonsumsi sendiri hasil panen atau hanya dijual ke pasar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu. Tujuan kegiatan ini agar masyarakat dapat memproduksi keripik sebagai makanan cemilan keluarga atau dapat meningkatkan pendapatan keluarga jika dapat di jual ke pasaran. Ibuibu menyimak penjelasan dengan seksama dan acara berjalan dengan lancar. Guru yang melatih pembuatan keripik didatangkan dari dukuh Kalibutak. tepung beras. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah Tempe.11. Dukuh Sidomulyo. dihadiri oleh 10 orang ibu-ibu. hal ini terbukti dengan banyaknya pohon sukun dan Talas di wilayah desa Randusari. Talas. Singkong. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 54 . Sukun.

dan Fakultas Ilmu Budaya.II dan III ini dapat berjalan. serta Lingkungan. peternak. Dari total jumlah penduduk. permasalahan yang dihadapi masyarakat dan penjajakan ke warga tempat Tim KKN UGM di tempatkan. tokoh masyarakat. tokoh masyarakat Desa Brajan. dan mempunyai tema yaitu “Pemberdayaan UMKM sinergi dengan Posdaya”. Desa ini memiliki luas sekitar 2. dan di sebelah selatan berbatasan dengan desa Randusari. POSDAYA DESA BRAJAN KKN pada tahun ajaran kali ini di Desa Brajan diikuti oleh Fakultas Kedokteran Hewan. Pelaksanaan KKN di Desa Brajan ini dapat berjalan dengan baik dikarenakan adanya dukungan dan kerja sama yang baik antara perangkat desa. 9 RW dan 21 RT. Dari tema utama tersebut secara mencakup 4 bidang kerja dalam yaitu bidang Kesehatan dan Reproduksi. Desa Brajan merupakan desa yang terletak di Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Penyuluhan Pengenalan POSDAYA ini melibatkan perangkat Desa Brajan. seluruh ketua RT dan RW di Desa Brajan. Mata pencaharian penduduk desa Brajan mayoritas sebagai petani. Kemandirian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat menjadi tujuan utama dari kegiatan ini.D. tokoh bidang pendidikan dan kesehatan dan perwakilan ibu PKK tiap RT. Ekonomi dan Wirausaha. dilanjutkan dengan observasi dengan pendataan. Pendidikan.759 perempuan. jumlah anak-anak usia sekolah relatif banyak.410 hektar terdiri dari 3 Dusun. identifikasi potensi wilayah. bidan desa. di sebelah timur berbatasan dengan desa Wonoboyo. di sebelah utara berbatasan dengan desa Kemudo. maka kegiatan sosialisasi dan pembentukan Posdaya di Dusun I. Diawali dari sosialisasi awal tentang tema yang dibawa Tim KKN UGM di Desa Brajan ke para perangkat desa. Pelaku wirausaha. Kegiatan ini disosialisasikan secara luas ke masyarakat desa Brajan melalui Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 55 . dan seluruh warga Sehingga dari inisiatif warga maka terbentuk 3 posdaya dalam satu wilayah Desa Brajan.005.421 jiwa yang terdiri dari 1. Jumlah penduduk menurut data September 2009 yaitu 3. perwakilan kader 3 posyandu di Desa Brajan. potensi masyarakat.662 laki-laki dan 1. dan sebagian Kecamatanil merantau. Peternakan UGM. Batas-batas wilayah desa Brajan yaitu yaitu di sebelah barat berbatasan dengan desa Kebondalem Lor.

Rekomendasi diberikan kepada mahasiswa KKN-PPM UGM 2009 untuk dapat menindaklanjuti pembentukan pengurus 3 Posdaya yang disepakati oleh aparat Desa Brajan dan tokoh masyarakat yang diundang.forum-forum pertemuan warga sehingga program ini dapat diketahui oleh warga dengan harapan warga mau membentuk Posdaya di Desa tempat mereka tinggal. Kepengurusan 3 Posdaya yang terbentuk diserahkan sepenuhnya ke forum masyarakat Dusun I. dari LPPM UGM. II dan III. Kadus. S. Sosialisasi dilakukan melalui forum pertemuan RT. pada Penyuluhan ini menghadirkan Bapak Sugeng Triono. hal ini ditunjukkan dengan perhatian dan keseriusan dalam mengikuti penyuluhan.Si. Pada saat penyuluhan Pengenalan Psdaya antusias tamu undangan yang hadir sangat tinggi. Posdaya Bina Mandiri untuk wilayah Dusun II dan Posdaya RW Tri Manunggal untuk wilayah Dusun III. II. Penyuluhan Posdaya di Desa Brajan dilakukan 2 kali pertama dilakukan di wilayah Dusun III tempat Tim KKN UGM ditempatkan dan yang kedua dilakukan di wilayah Dusun I dan II. RW. Tanggapan terhadap materi yang disampaikan juga cukup baik sehingga diskusi berjalan dengan hangat. RW. Penyuluhan ini dilaksanakan di kediaman bapak Surono yang merupakan perangkat desa Brajan. M. Para ketua RT. Proaktif dari perangkat desa dan Tokoh masyarakat dalam menentukan sikap langsung meminta di Dusun I. Setelah Koordinasi dengan Kades. Setelah dilakukan sosiaisasi dan penyuluhan tentang posdaya ini maka terbentuklah 3 Posdaya di Desa Brajan yaitu Posdaya Maju Lancar untuk daerah Dusun I. dan III supaya bisa dibentuk 3 Posdaya. TIM KKN UGM hanya memberikan contoh kepengurusan dari wilayah lain yang telah terbentuk yang kepengurusannya sudah mewakili dari berbagai elemen masyarakat dan sesuai dengan bidang mereka masing-masing. karena menurut mereka dengan adanya Posdaya akan berpengaruh positif terhadap kemajuan Desa Brajan. Penyuluhan Posdaya di Dusun III jumlah peserta yang hadir 44 orang.Si. Kegiatan warga dan melalui perangkat yang ada di Desa Brajan. Untuk penyuluhan di wilayah Dusun I dan II dilakukan oleh TIM KKN Brajan di balai Desa Brajan Dengan jumlah peserta 59 orang. Setelah didiskusikan secara Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 56 . perwakilan pemuda dan tokoh masyarakat berjalan dengan baik dan sambutan mereka bagus maka pada tanggal 30 November dan tanggal 4 Desember 2009 dilakukan penyuluhan tentang Posdaya.

7. Sudirman Ngadiman Welas Asih Unsur Kades Brajan Kadus I Brajan Guru Wiraswasta Guru Wiraswasta Tukang Wiraswasta BPD Kader Posyandu Kader Posyandu Guru Guru Konfeksi Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 57 .langsung melalui forum warga di tetapkan saat itu juga susunan kepengurusan Posdaya deri masing-masing Dusun. POSDAYA MAJU LANCAR Susunan Kepengurusan Posdaya Maju Lancar Dusun I Brajan: Jabatan Penasehat Ketua No 1 2 1 2 3 Sekretaris Bendahara Seksi Kesehatan Seksi Pendidikan Seksi Ekonomi & Kewirausahaan 2 3 4 5 6 7 Wardoyo Harianto Dayat Wahyu Tuminem Heru Purnawan Bata Merah Pengukir batu Dagang Perbengkelan Dagang Wiraswasta 1 2 1 2 1 2 1 2 1 Nama Saptono Gianta Parman Tri Kahoyo Subardianto Kustaman Supar Kudori Marjoko Sri Lestari Sri Hartati Drs.

POSDAYA BINA MANDIRI Susunan Kepengurusan Posdaya Bina Mandiri Dusun II Brajan: Jabatan Penasehat No 1 2 Ketua 1 2 Sekretaris Bendahara 1 2 Seksi Umum Seksi Kesehatan 1 1 2 Seksi Pendidikan Seksi Ekonomi & Kewirausahaan 2 3 4 5 Tarwoko Suparno Sumadi Wahyu Wibowo Wiraswasta Wiraswasta Wiraswasta Wiraswasta 1 1 Nama Saptono Dwi Susilo Sumadi Suharti Prayetno Wagimin Sugiman Supardi Sunarmi Puji Lestari Sugiman BA Rahmat Basuki S Guru Bidan Kader Posyandu Guru BPD Wiraswasta Unsur Kades Brajan Kadus II Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 58 .8.

penyusunan batu dan pengerasan jalan dengan cara di gilas dengan buldoser.9. Antusias warga dalam kegiatan pembuatan telford sangat baik. RW 9 dan bantuan dari PNPM. 18 Dan 19 Dusun III Brajan Masih kurangnya akses jalan yang memadai di Dusun III Brajan menjadi alasan dilakukannya pembuatan telford di RT 18 RW 9.ini terlihat dari banyaknya warga yang turut serta dalam gotong royong ini. Kegiatan ini diakhiri dengan selesainya dibuat telford dan dilakukan serah terima dari Tim proyek ke warga secara simbolis pada tanggal 14 November 2009. Pembuatan Telford RT 17. POSDAYA TRI MANUNGGAL Susunan Kepengurusan Posdaya RW Tri Manunggal Dusun III Brajan: Jabatan Penasehat Ketua Sekretaris Bendahara Seksi Umum Seksi Kesehatan Seksi Pendidikan Seksi Ekonomi dan Kewirausahaan Beberapa Kegiatan Yang Dilakukan Para Mahasiwa KKN-PPM UGM: 1. Penggalangan dana berasal dari swadaya masyarakat RT 18. Kegiatan diawali dengan koordinasi dengan warga melalui forum pertemuan warga RT 18 dan pertemuan RW 9. Kegiatan dilaksanakan mulai dari perataan jalan. Kegiatan gotong royong dilakukan mulai tanggal 24 Oktober sampai 8 November 2009. No 1 2 1 2 Nama Saptono Margono Suharjo Budi Saputro Suroso Siswanto Triyono Sudiyo Sugiarti Sri Agung Tukino Unsur Kades Brajan Kadus III Guru Perangkat desa Perwakilan pemuda Wiraswasta Guru Kader posyandu Guru Wiraswasta Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 59 . Kegiatan ini berlangsung secara gotong royong dengan warga.

masyarakat khususnya ibu-ibu warga RT XVII mengetahui keuntungan KB.2. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 60 . Acara ini berlangsung pada Jumat 4 Desember 2009 pada pukul 20. Ibu-ibu antusias dan aktif bertanya dalam mengikuti penyuluhan ini. alat-alat yang dipakai dalam KB serta efek sampingnya. implant atau susuk. suntikan. Tujuan utama penyuluhan ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang KB dan membuka wawasan bagi masyarakat yang menganggap KB itu haram. kehamilan dan kelahiran itu terjadi. Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) Penyuluhan keluarga berencana penting dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menekan angka kelahiran anak guna mendukung kesejahteraan keluarga. Dalam penyuluhan ini ibu-ibu diperkenalkan alat-alat kontrasepsi seperti kondom. Video ini menerangkan bagaimana siklus reproduksi wanita. Dengan penyuluhan ini.30 WIB. proses pembuahan. pil KB.00 – 21. IUD / AKDR dan kontrasepsi dengan operasi seperti tubektomi dan vasektomi beserta efekefek samping dari alat kontrasepsi tersebut. Pemutaran video juga dilakukan dalam penyuluhan ini.

sehat. Sosialisasi Keseimbangan Gizi Bagi Anak Usia Pertumbuhan Di SDN I & II Brajan Permasalahan gizi pada anak masa pertumbuhan dapat dikarenakan kurangnya pengetahuan dan kesadaran terhadap mengkonsumsi makanan yang bersih. dengan sasaran yaitu siswa-siswa kelas III. Kepala Desa Brajan. Permasalahan gizi ini dapat mengganggu proses pertumbuhan. Pada saat pelaksanaan terlihat antusias anak-anak dalam memperhatikan pengarahan akan pentingnya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bersih dan bergizi. sehat. Sehingga setelah di laksanakannya sosialiasi ini. IV. Program ini dilaksanakan pada tanggal 21 November 2009 dengan melibatkan 1 orang penyuluh gizi dari PUSKESMAS dan 43 orang siswa peserta sosialisasi dengan durasi 1. ketahanan tubuh dan kesehatan. dan dampak bila berat badan berlebih atau kekurusan.3. siswa-siswa dapat memahami dan peduli akan pentingnya menciptakan hidup sehat dengan makan makanan yang bersih. Pelaksanaan program ini melibatkan persetujuan pihak sekolah yaitu dari Kepala Sekolah SDN I dan II Brajan. dan bergizi seimbang. pengarahan tentang jenis makanan bergizi dan bersih serta mamfaatnya. serta bekerja sama dengan petugas penyuluhan gizi dari PUSKESMAS Prambanan Klaten. dan V SDN I dan SDN II Brajan. serta Kecamatanerdasan anak Sehingga perlu dilakukan sosialisasi tentang gizi dan peranannya pada anak akan pentingnya keseimbangan gizi.5 jam. Selain Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 61 . dengan gizi yang seimbang.

estetika. dilakukan pemeriksaan gigi pada anakanak sehingga mereka dapat mengetahui secara langsung kondisi gigi mereka dan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mencegah atau mengobati permasalahan yang terjadi pada gigi mereka. Oleh karena itu. Pelaksanaan program ini melibatkan persetujuan pihak sekolah yaitu dari Kepala Sekolah SDN I dan II Brajan. dan menimbulkan rasa sakit. serta bekerja sama dengan dokter gigi dari Unit Kesehatan Gigi sekolah (UKGS) PUSKESMAS Prambanan Klaten.5 jam yang terdiri dari kegiatan sosialisasi tentang kesehatan gigi dan mulut serta pemeriksaan gigi gratis. kepedulian dan kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi. IV. Kepala Desa Brajan. Pemeriksaan Gigi Gratis Bagi Anak SDN I Dan II Brajan Permasalahan gigi pada anak-anak dapat menimbulkan permasalahan baru pada gigi pengganti dari segi susunan gigi pengganti yang dapat menimbulkan permasalahan dibidang kesehatan gigi dan mulut. 4. dan V SDN I dan SDN II Brajan. Pada saat pelaksanaan terlihat antusias anak-anak dalam memperhatikan pengarahan akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut.sosialisasi juga dilakukan peningkatan gizi dengan gerakan minum susu bersama. Program ini dilaksanakan pada tanggal 12 November 2009 dengan melibatkan 1 orang dokter gigi dari PUSKESMAS dan 43 orang siswa peserta dengan durasi pelaksanaan 5. Namun banyaka anak-anak yang tidak mengetahui akan permasalahan gigi yang mereka hadapi akibat kurangnya penegtahuan. Selain itu juga tidak ada kendala yang berarti saat Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 62 . dengan sasaran yaitu siswa-siswa kelas III.

sehingga perlu diberi penyegaran kembali akan pentingnya kebersihan. dan VI. lingkunganku bersih. yaitu saat dilakukannya pemeriksaan gigi secara umum. hidupku sehat” yang dilaksanakan pada tanggal 29 November 2009 di Gedung Olah Raga Desa Brajan. yang berarti sejak dini. Lomba ini bertemakan ”Rumahku bersih. Kesadaran akan kebersihan rumah dan lingkungan sekitar penting tersebut memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan kesehatan dan harus dibangun kebersihan melalui lomba melukis. IV. Hidupku Sehat” Masih kurang kesadaran anak untuk peduli akan kebersihan rumah dan lingkungan sekitar mereka. Lomba melukis ini diikuti oleh 33 peserta yang berasal dari keempat SDN dengan respon siswa yang cukup antusias.pemeriksaan gigi. Lingkunganku Bersih. Salah satu upayanya adalah dengan mengajak anak-anak ikut aktif tanggap akan Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 63 . tindakan pencabutan gigi bagi yang diperlukan dan rujukan ke PUSKESMAS bagi kasus yang tidak bisa ditangani secara langsung saat itu. Pelaksanaan Lomba melukis ini melibatkan persetujuan pihak sekolah yaitu dari Kepala Sekolah SDN I dan II Brajan serta SDN I dan II Randusari yang ditujukan untuk siswa SD kelas III. Dari hasil lomba sudah terlihat hasil lukisan yang memiliki Kecamatanocokan dengan tema. V. 5. Lomba Melukis Tingkat SD ”Rumahku Bersih.

serta memperbaiki alat peraga edukatif yang rusak. puzzle. membuat lemari dari kardus berbentuk rumah untuk meletakkan alat peraga edukatif (APE) agar dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa kelompok. 6. melakukan pembukuan inventarisasi barang. dan melengakapi alat edukatif yang kurang seperti buku mewarnai. Adapun kegiatan yang dilakukan untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana PAUD Tunas Bangsa yaitu dengan melakukan inventarisasi barang. Alat peraga pendidikan yang terdiri dari beragam jenis ditempatkan di satu tempat. Selain itu juga terlihat bakat dan kreatifitas siswa dalam melukis yang sangat baik sehingga dapat terus dikembangkan untuk pelestarian dan kemajuan dunia seni di Indonesia. sehingga perlu wadah untuk menempatkan dan mengelompokan alat peraga pendidikan berdasarkan jenisnya sehingga diharapkan alat peraga pendidikan dapat digunakan secara optimal dan dapat menjadi suatu metode pembelajaran bagi anak untuk belajar mengklasifikasikan barang. Kegiatan penataan dan optimalisasi sarana dan prasarana PAUD dilakukan dengan berkoordinasi dengan pengelolah dan tutor PAUD. Penataan Dan Optimalisasi Sarana Dan Prasarana Di PAUD Tunas Bangsa Sarana dan prasarana yang terdapat di PAUD Tunas Bangsa belum optimal baik dari segi penggunaan maupun perawatanya dan masih kurangnya penataan alat peraga pendidikan. Diharapkan dengan Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 64 .siswa-siswa cukup bisa menyadari akan keterkaitan antara kebersihan dan kesehatan.

cara memanfaatkan sumber daya alam berupa rumput secara optimal dan sekilas mengulas cara menanggulangi penyakit yang sering menyerang sapi dan kambing. Dari pelaksanaan penyuluhan banyak peserta yang antusias dengan metode pengoptimalan pemberian pakan dan pembuatan olahan pakan dari jerami (silase). Managemen kandang merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesehatan ternak. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 65 . managemen kandang dan cara pemeliharaan ternak yang baik dan benar. serta perbaikan pakan ternak sangat mendukung untuk meningkatkan produktifitas baik ditinjau dari segi ternak itu sendiri maupun peternaknya. namun kandang ternak yang dimiliki masih kurang memadai baik dari segi perancangan maupun sanitasi. Penyuluhan ini dilaksanakan pada tanggal 15 November 2009 di rumah warga yang dihadiri oleh 43 peserta dari 50 undangan. serta pencegahan dan penanggulangan penyakit ternak. serta managemen perkandangan yang benar. Penyuluhan Managemen Kandang Dan Pakan Ternak Di Dusun III Brajan Banyak keluarga yang memiliki sapi ditiap rumahnya. Penyuluhan yang diberikan berupa materi cara beternak sapi dan kambing yang benar.optimalnya sarana dan prasarana PAUD pengajaran yang dilakukan menjadi lebih maju dan efektif dalam mengembangkan sumber daya manusia berkualitas sejak dini. 7. dan masih dilaporkan adanya beberapa kasus sapi yang kurus. Adanya perbaikan menagemen kandang terutama dibidang sanitasi.

Pelaksanaan pelayanan pengobatan ini berupa pemberian obat cacing adan suntik vitamin dengan biaya dari swadaya masyarakat. Antusias warga sangat baik dan banyak hewan yang ikut dalam kegiatan pelayanan pengobatan ini adalah 39 ekor sapi dan 18 ekor domba/kambing dari total 31 warga.8. Pelayanan Pengobatan Ternak Masyarakat Di Dusun III Brajan Masyarakat di dusun III Brajan banyak yang belum mengerti tentang arti pentingnya manajemen kesehatan ternak sehingga sapi di dusun III desa Brajan banyak yang kurus. Dengan dilaksanakannya peningkatan pelayanan terhadap kesehatan ternak diharapakan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan ternak mereka sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat karena mayoritas masyarakat di dusun III Brajan beternak sapi. Pelayanan pengobatan ternak ini dilakukan pada tanggal 22 November 2009 di dusun III Brajan dengan berkoordinasi dengan kepala Kadus III dan ketua RT serta pembimbingan oleh dokter hewan dari Dinas Peternakan Klaten. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 66 .

Pemeriksaan kesehatan dan pemberian gizi balita tentu sangat penting.9. Setelah dicatat peserta diberi makanan tambahan. Hasil survei dari para kader. umur 1-12 bulan menggunakan timbangan meja dan umur satu sampai lima tahun menggunakan timbangan gantungan. oleh karena itu kami berupaya memberikan contoh cara pembuatan makanan tambahan yang bergizi dan disukai balita yaitu puding susu. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 67 . PMT yang diberikan berupa jajanan pasar. memberi pengarahan pada ibu balita. Ngudi Waras. Pembuatan pudding ini dilaksanakan di rumah salah satu kader posyandu. salah satu sub tema posdaya yaitu kesehatan. bila berat badan balita menurun. dan Ngudi Rahayu. Setelah diketahui berat badan kemudian dicatat pada KMS dan buku Posyandu. Pada hari pelaksanaan balita yang datang langsung ditimbang. Ngudi Raharjo. Timbangan yang digunakan disesuaikan umur balita. Pemeriksaan Kesehatan Dan Pemberian Gizi Balita Di Desa Brajan Sesuai dengan program tema yang diangkat pada KKN. Antusias ibu peserta posyandu sudah cukup baik. kader menanyakan. Pemeriksaan dilakukan setiap hari Rabu pagi secara bergilir disetiap pos posyandu. Desa Brajan memiliki empat pos posyandu yaitu Ngudi Sejahtera.

Apabila berat badan dan tekanan darah lansia menurun atau naik secara drastis. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 68 . Lansia yang datang langsung menimbang berat badan dan kemudian diukur tekanan darah. Pemeriksaan dilakukan setiap hari rabu pagi secara bergilir disetiap pos posyandu. Pemeriksaan kesehatan dan pemberian gizi lansia sangat penting. kader menanyakan dan memberi pengarahan dan jika diperlukan. II. III. Pelaksanaan Posyandu lansia ini bersamaan dengan Posyandu balita. Dan IV Desa Brajan Salah satu subtema dari program KKN tema Posdaya adalah kesehatan. Setelah dicatat peserta diberi makanan tambahan yang dibuat sendiri atau dibeli oleh kader posyandu di pos tersebut. Setelah diketahui berat badan dan diukur tekanan darah kemudian dicatat pada buku Posyandu. Pemeriksaan Kesehatan Dan Pemberian Gizi Lansia Pos I. Posyandu ini berlangsung setiap hari Rabu secara bergiliran di setiap pos yaitu pos I. Desa Brajan memiliki empat pos posyandu. Kader yang bertugas juga sesuai dengan pos dimana mereka bertugas. Dana pembuatan berasal dari swadaya dan mahasiswa. II. akan diberi pengobatan oleh petugas kesehatan desa. III dan IV.10. Pembuatan makanan tambahan yang dibuat oleh mahasiswa KKN bersama kader posyandu yaitu pudding susu.

Produksi buah mangga yang berlebih tersebut atau mangga yang tidak dikonsumsi karena rasanya yang masam dapat berguna dan ditambah nilainya dengan mengolahnya menjadi selai sehingga selain dapat dikonsumsi sendiri juga dapat menambah penghasilan masyarakat. kita juga membagikan leaflet cara pengolahan mangga menjadi selai. Buah mangga yang selama ini hanya langsung dikonsumsi dan bahkan dibiarkan membusuk karena produksi yang berlebih bila musim mangga tiba.11. cara pengemasan dan juga memberi sampel selai dari mangga. Pelatihan pembuatan selai ini berlangsung pada tanggal 21 November 2009 dan diikuti 27 orang ibu-ibu. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 69 . Pelatihan Pembuatan Selai Mangga Di Dusun III Brajan Pelatihan pembuatan selai mangga ini bertujuan menambah keterampilan masyarakat dalam mengolah dan mengoptimalkan hasil pekarangan juga mengajak masyarakat untuk berwirausaha. Ibu-ibu antusias dan ikut berperan dalam pelatihan pengolahannya. Pada acara ini.

13. Cerdas cermat antar SD ini diikuti oleh 4 sekolah yaitu SDN I. Sambutan dari sekolah sangat baik sehingga program ini dijalankan. SDN I Brajan juara II dan SDN I Randusari juara III. dilanjutkan dengan observasi dengan pendataan. Cerdas Cermat Antar SD Peningkatan minat.12. dewan guru dari setiap sekolah tersebut dan kepala desa beserta perangkatnya. semangat belajar dan jiwa kompetensi yang tinggi serta evaluasi kegiatan bimbel bagi siswa kelas 6 yang akan menghadapi ujian akhir Sekolah Dasar Nasional program ini dilakukan. II Desa Brajan dan SDN I. Setelah dilakukan kegiatan ini SDN II Brajan berhasil meraih juara I. Kegiatan ini dapat berjalan dengan baik karena kegiatan ini didukung oleh Kepala sekolah. Sosialisasi Posdaya Dan Pembentukan Posdaya Di Kadus I. II Desa Randusari. Cerdas cermat antar SD ini dilakukan di balai desa Brajan pada tanggal 29 November 2009. Diawali dari sosialisasi awal tentang tema yang dibawa Tim KKN UGM di Desa Brajan ke para perangkat desa. II Dan III Brajan Kemandirian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat menjadi tujuan utama dari kegiatan ini. sebagai evaluasi dari kegiatan tersebut disosialisasikan rencana kegiatan ini. Antusias sekolah dan para murid dengan adanya kegiatan ini sangat baik sekali. terlihat dari semangat belajar siswa agar mereka dapat menjadi wakil dari sekolah dalam kegiatan ini. Awal kegiatan ini dimulai dari koordinasi dengan pihak sekolah tentang dilakukannya kegiatan Bimbel bagi murid SD sebagai sarana peningkatan prestasi siswa. identifikasi potensi Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 70 .

Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 71 . Setelah Koordinasi dengan Kades. perwakilan pemuda dan tokoh masyarakat berjalan dengan baik dan sambutan mereka bagus maka pada tanggal 4 Desember 2009 dilakukan sosialisasi Posdaya dan pembentukan Posdaya di Kadus II desa Brajan. Para ketua RT. 14. Kegiatan ini disosialisasikan secara luas ke masyarakat desa Brajan melalui forum-forum pertemuan warga sehingga program ini dapat diketahui oleh warga dengan harapan warga mau membentuk Posdaya di Desa tempat mereka tinggal. Kadang-kadang. Kadus. pengajar juga memiliki kendala waktu jika memiliki urusan lain yang juga penting. potensi masyarakat. Antusias warga dengan dilakukannya kegiatan ini sangat besar. satu orang pengajar hanya menangani 5 anak agar lebih efektif dalam pengajarannya. Idealnya. Sosialisasi dilakukan melalui forum pertemuan RT. Pengajaran Di PAUD Tunas Bangsa Desa Brajan PAUD Tunas Bangsa merupakan satu-satunya PAUD yang ada di Desa Brajan ini. Tenaga pengajar disini hanya 2 orang dengan murid sebanyak 30 anak. RW. terlihat dari banyaknya warga yang hadir dan keingin tahuan mereka tentang Posdaya secara lebih dalam lagi. permasalahan yang dihadapi masyarakat dan penjajakan ke warga tempat Tim KKN UGM di tempatkan maka kegiatan sosialisasi dan pembentukan Posdaya di Dusun II ini dapat berjalan. Kegiatan warga dan melalui perangkat yang ada di Desa Brajan.wilayah. Setelah Posdaya di Kadus II ini terbentuk besar harapan warga Posdaya yang mereka bentuk ini dapat menjadi wadah bagi mereka untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan Desa mereka. RW.

dan kemampuan motorik yang cenderung lebih baik daripada anak yang tidak mengikuti kegiatan PAUD ini.Program ini dilaksanakan untuk menanggulangi permasalahan tersebut sehingga pengajaran dapat lebih optimal kepada anak-anak tersebut. angka. Laporan Akhir KKN-PPM Posdaya UGM Tahun 2010 72 . selasa dan rabu. olahraga dengan senam bersama dan lain-lain. setiap minggunya 3 kali pertemuan yaitu setiap hari senin. mandiri. Anak. Program ini berlangsung dari tanggal 26 oktober 2009 sampai dengan 2 desember 2009. pengenalan alam. huruf. cara bersosialisasi. Macam pengajaran yang diberikan yaitu pengenalan warna.anak yang mengikuti kegiatan di PAUD ini terlihat lebih mudah bergaul. tentunya dengan dukungan dan bantuan dari rekan-rekan subunit dan unit.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->