P. 1
Aplikasi Sistem Informasi Pembelian, Persediaan, Penjualan Dan Harga Pokok Penjualan Pada Cv. Musi Raya Trad Palembang

Aplikasi Sistem Informasi Pembelian, Persediaan, Penjualan Dan Harga Pokok Penjualan Pada Cv. Musi Raya Trad Palembang

|Views: 81|Likes:
Published by BaronCreador

More info:

Published by: BaronCreador on Feb 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/03/2013

pdf

text

original

STMIK GI MDP Program Studi Komputerisasi Akuntansi Tugas Akhir Ahli Madya Semester Genap 2010/2011 APLIKASI

SISTEM INFORMASI PEMBELIAN, PERSEDIAAN, PENJUALAN DAN HARGA POKOK PENJUALAN PADA CV. MUSI RAYA TRAD PALEMBANG

Wely Ika Sari Nirmala Sakti

2007130022 2007130036

Abstrak Teknologi yang berkembang pesat saat ini adalah teknologi komputer dengan kemajuan dan perubahan yang semakin canggih. Salah satu peran teknologi informasi ini yaitu mendukung ilmu pengetahuan. Banyak perusahaan yang memanfaatkan hal tersebut untuk memajukan perusahaan mereka. Begitu juga halnya dengan CV. Musi Raya Trad Palembang yang bergerak dalam bidang distributor semen yang membutuhkan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk menyusun suatu laporan pembelian, persediaan, penjualan dan harga pokok penjualan pada perusahaan tersebut dengan cepat, tepat dan akurat. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa sistem yang sedang berjalan untuk mencari permasalahan yang ada. Serta mencari alternatif pemecahan masalah yang ada dengan cara pengolahan data secara kompuerisasi. Metode penulisan yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi literature. Metode perancangan yang dipakai yaitu melakukan pembuatan diagram aliran data, ERD, struktur data, rancangan masukan dan keluaran dan spesifikasi proses. Hasil dari perancangan aplikasi ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada pada CV. Musi Raya Trad Palembang. Dengan adanya perancangan aplikasi ini perusahaan mampu mengolah/memproses data secara komputerisasi dengan cepat, tepat, dan akurat. Sehingga pengolahan/pemrosesan data dapat dilakukan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kata Kunci: Aplikasi, sistem Informasi, Laporan, Pembelian, Persediaan, Penjualan dan Harga Pokok Penjualan

vii

xxi . MUSI RAYA TRAD PALEMBANG Adalah benar hasil karya kami dan belum pernah diajukan sebagai karya ilmiah. Nirmala Sakti Dengan ini menyatakan bahwa Tugas Akhir yang berjudul : APLIKASI SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN.STMIK GI MDP Halaman Pernyataan Keaslian Tugas Akhir Pernyataan Penyusunan Tugas akhir Kami. PEMBELIAN. sebagian atau seluruhnya. Penulis. Wely Ika Sari. PENJUALAN DAN HARGA POKOK PENJUALAN PADA CV. atas nama kami atau pihak lain.

Setiap transaksi dalam perusahaan menggunakan akuntansi sebagai bahasa bisnis atau alat komunikasi penyampaian informasi. penjualan dan harga pokok penjualan. Informasi yang disampaikan berupa laporan pembelian. Musi Raya Trad Palembang yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perusahaan dagang atau distributor semen. persediaan. Banyak perusahaan yang memanfaatkan hal tersebut untuk memajukan perusahaan mereka. Salah satu peran teknologi informasi ini yaitu mendukung ilmu pengetahuan. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi.BAB 1 PENDAHULUAN 1. Setelah melakukan penelitian di perusahaan tersebut. dibutuhkan dukungan teknologi informasi. Penulis memilih CV. persediaan. penjualan dan harga pokok penjualan yang digunakan pada perusahaan ini masih sederhana. Supaya diperoleh suatu laporan yang akurat dan lebih cepat. penulis menemukan bahwa sistem laporan pembelian.1 Latar Belakang Teknologi yang berkembang pesat saat ini adalah teknologi komputer dengan kemajuan dan perubahan yang semakin canggih. penulis menyimpulkan untuk membuat suatu perancangan “APLIKASI 1 .

penjualan dan harga pokok penjualan. PENJUALAN DAN HARGA POKOK PENJUALAN PADA CV. PERSEDIAAN. Sistem pembelian. MUSI RAYA TRAD PALEMBANG” sebagai judul penelitian. penjualan dan harga pokok penjualan yang digunakan pada CV. persediaan. Musi Raya Trad Palembang yang masih lambat dalam perhitungan dan pencatatan laporan pembelian. penjualaan dan harga pokok penjualan belum optimal. maka penulis merumuskan beberapa permasalahan yang akan kami bahas dalam tugas akhir ini adalah : 1.2 Ruang Lingkup Pembahasan Agar penelitian ini lebih terarah dan tidak menyimpang dari permasalahan yang telah di rumuskan. persediaan. 1. Penyajian data pembelian.2 PEMBELIAN. penjualan dan harga pokok penjualan. 1. persediaan. 2. . Musi Raya Trad Palembang. maka ruang lingkup pembahasannya di batasi hanya kepada pembuatan aplikasi pembelian. persediaan.3 Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas dan data yang di terima oleh penulis serta pengamatan yang di lakukan pada CV.

2 Manfaat Penelitian Adapun manfaat yang di peroleh dalam tugas akhir ini adalah : 1. Mempermudah dan mengurangi terjadinya kesalahan dalam proses pencatatan laporan pembelian.3 1. Dapat memperoleh informasi dengan cepat dan akurat mengenai laporan pembelian. Merancang sistem yang dapat memberikan kemudahan dan mengurangi kesalahan dalam proses pembuatan laporan pembelian. persediaan. persediaan. persediaan. persediaan. penjualan dan harga pokok penjualan. 2. penjualan dan harga pokok penjualan yang dapat mendukung kegiatan operasional.1 Tujuan Penelitian Adapun yang akan di capai dalam tugas akhir ini adalah : 1.4. 2.4 Tujuan dan Manfaat 1. 1. 1.4. Merancang dan membangun aplikasi pembelian.5 Sistem Penulisan Untuk memberikan suatu gambaran yang lebih dalam dan jelas mengenai masalah yang akan di bahas dalam tugas akhir ini. penjualan dan harga pokok penjualan. penjualan dan harga pokok penjualan. Penulis akan mengemukakan sistematika pembahasan sebagai berikut : .

batasan masalah. unit-unit kerja. permasalahan yang di hadapi. struktur oraganisasi perusahaan. ruang lingkup. spesifikasi file. BAB 2 LANDASAN TEORI Dalam bab ini akan dijabarkan mengenai teori dasar/umum maupun teori khusus. wewenang dan tanggung jawab yang ada pada perusahaan. dan rancangan Input Output dari sistem yang diusulkan. perumusan masalah. spesifikasi proses. BAB 4 PERANCANGAN SISTEM YANG DI USULKAN Bab ini menguraikan perancangan aplikasi sistem informasi laporan keuangan dengan menggunakan alat-alat bantu seperti diagram aliran data (DAD). tujuan dan manfaat penelitian. metodelogi penelitian dan sistematika penelitian. prosedur sistem yang berjalan dengan diagram aliran data sistem yang sedag berjalan. kamus data. dan alternatif pemecahan masalah. BAB 3 ANALISIS SISTEM BERJALAN Pada bab ini akan diuraikan mengenai sistem yang berjalan mulai dari sejarah perusahaan. .4 BAB 1 PENDAHULUAN Dalam bab ini diuraikan mengenai latar belakang. diagram hubungan entitas (ERD).

.5 BAB 5 PENUTUP Dari bab ini penulis menarik suatu kesimpulan serta memberikan saran-saran agar dapat di gunakan untuk membantu perusahaan dan pembaca dalam pengembangan sistem lebih lanjut.

penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut : 1. Musi Raya Trad Palembang. persediaan.BAB 5 PENUTUP 5. persediaan. persediaan. persediaan. Dengan aplikasi ini. 79 .1 Kesimpulan Berdasarkan pada pembahasan serta uraian dari bab-bab sebelumnya terhadap aplikasi sistem informasi pembelian. penjualan dan harga pokok penjualan yang ada di perusahaan. diharapkan dapat mengurangi terjadinya kesalahan dalam pencatatan pembelian. penjualan dan harga pokok penjualan yang ada di perusahaan. Aplikasi pembelian. 2. persediaan. penjualan dan harga pokok penjualan yang diperlukan oleh pimpinan. Dapat mempercepat pembuatan laporan pembelian. pembelian dan harga pokok pembelian pada CV. 3. penjualan dan harga pokok penjualan ini dapat memberikan kemudahan bagi bagian yang bersangkutan untuk menyajikan data pembelian.

terutama dalam penyajian laporan pembelian. Bagian penjualan terutama administrasi harus memeriksa terlebih dahulu pekerjaan yang telah dilakukan sehingga kegiatan pembuatan laporan pembelian. Hal ini disarankan agar implementasi aplikasi yang sudah dibuat oleh penulis ini dapat berjalan dengan baik. penjualan dan harga pokok penjualan adalah sebagai berikut: 1. sebaiknya dilakukan pelatihan terlebih dahulu untuk bagian pembelian dan bagian penjualan terutama administrasi. Untuk memperlancar kegiatan operasi perusahaan. Sebelum diadakan penerapan sistem yang baru. penulis menyarankan agar perusahaan menggunakan aplikasi yang telah dibuat. persediaan. 3. . persediaan. persediaan.2 Saran Saran-saran yang ingin penulis sampaikan sehubungan dengan aplikasi pembelian. penjualan dan harga pokok penjualan.80 5. 2. penjualan dan harga pokok penjualan dapat lebih cepat dan akurat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->