PENERAPAN POSDAYA MELALUI PROGRAM KKT DI DESA SEPUTIH KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER

PROPOSAL KULIAH KERJA TERPADU

KELOMPOK 21

Disusun oleh: 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Agus Febriyanto Bagus Setyo P. Eko Fridayadi Indra Permana Rizky Imansari Eva Latifah Nurina Izzati P. Ika Risdiana 080910291001 082310101010 081910101043 090810201178 092010101030 091610101056 091510601035 090910202021 (ISIP) (PSIK) (Teknik Mesin) (Ekonomi) (Kedokteran) (Kedokteran Gigi) (Pertanian) (ISIP)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

UNIVERSITAS JEMBER LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 1 JULI 2012

PENGESAHAN PROPOSAL KULIAH KERJA TERPADU Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat – Universitas Jember a. S.521. Waktu Pelaksanaan KKT g. Jumlah Anggota Kelompok : 8 (Delapan) mahasiswa d. Koordinator Nama NIM Fakultas : : Eko Fridayadi : 081910101043 : Teknik Mesin c. Hamid Ahmad NIP 1955 0227 198403 1 002 .Jember. Biaya Kegiatan : Rp 3. M. Lokasi KKT Desa Kecamatan Kabupaten : : Seputih : Mayang : Jember : 21 : 27 Juni s/d 10 Agustus 2012 e.000. Kelompok KKT f..Kes NIP 1977 0405 200112 2 001 Eko Fridayadi NIM 081910101043 Menyetujui.KM. Judul Kegiatan : Penerapan Posdaya Melalui Program KK di Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember b. 1 Juli 2012 Dosen Pembimbing KKT Koordinator Yennike Tri H. Kepala Pusat Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat LPM-Universitas Jember Ir.

22 tahun 1961 dalam rangka Tri Darma Perguruan Tinggi yang sejak tahun 1971 dilaksanakan yaitu dengan pengabdian kepada masyarakat.I. sehingga nantinya dapat terwujud masyarakat yang maju dan mandiri. PENDAHULUAN 1. Mayoritas dari penduduk Desa Seputih adalah etnis Madura. sehingga banyak kegiatatan-kegiatan yang bernuansa islami seperti pengajian ibu-ibu yang dilakukan . Pemberdayaan keluarga ini dikenal dengan sebutan POSDAYA (pos pemberdayaan keluarga). antara lain bidang kesehatan. Pelaksanaan Kuliah Kerja Terpadu tahun ajaran 2011/2012 berbasis pada pemberdayaan keluarga dalam lingkungan masyarakat desa. dari masyarakat dan untuk masyarakat. Dusun Pandian. Dusun Sumberjeding. dan pendidikan. Sebagai bagian dari masyarakat dan sebagai motivator dan dinamisator pembangunan. Hal ini tersirat secara jelas dalam falsafah pendidikan pada UUD 1945 dan UU perguruan tinggi No. POSDAYA dilakukan dengan membentuk kelompok yang terdiri dari masyarakat yang mau membangun desanya. begitu juga bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa madura. Mahasiswa KKT yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu. dan Dusun Tetelan. Desa Seputih terletak di sebelah selatan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember.1 Latar Belakang Kuliah Kerja Terpadu (KKT) Mahasiswa Universitas Jember tahun 2011/2012 di Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember merupakan salah satu program Nasional Perguruan Tinggi Indonesia. kami membuat program kelompok yang akan kami laksanakan di desa yang kami tempati sebagai wujud realisasi dari program kerja kelompok kami. POSDAYA ini terdiri dari berbagai aspek. Agama yang dianut sebagian besar masyarakat yaitu agama Islam. diharapkan mampu menginterpretasikan akan arti pentingnya pembangunan dan berkewajiban untuk menyumbangkan pikiran bagi keberhasilan pembangunan baik secara fisik maupun non fisik. Desa ini terdiri dari 4 dusun yaitu Dusun Krajan. maka diharapkan anggota KKT mampu terjun langsung dalam masyarakat. ekonomi. Dalam pelaksanaan program tersebut. Pemberdayaan keluarga ini dimaksudkan untuk memberdayakan seluruh lapisan masyarakat.

Tanaman padi di desa ini. buruh pabrik.2 minggu sekali. Salah satu cara untuk memperbaiki lahan kering tersebut adalah dengan menambahkan bahan organik melalui pupuk kandang ataupun bokashi. Dengan bertambahnya kandungan bahan organik maka tanah akan lebih dapat untuk menahan air.325 ha digunakan sebagai tegalan. Untuk sumber daya alam dibidang pertanian. Namun usaha ini memerlukan kesadaran masyarakat akan pentingnya konservasi lahan guna meningkatkan produktivitas lahan sehingga dapat untuk ditanami komoditas pangan atau komoditas unggul lainnya. pengrajin. dan pedagang dengan tingkat pendidikan dan kesadaran akan kesehatan yang perlu lebih diperhatikan. Desa Seputih dapat dikatakan desa yang kurang produktif dalam produksi tanaman pangan dengan prosentase tanah kering (tidak subur) dan tanah subur 70:30 terhadap luas keseluruhan. Dari luas lahan desa. Kendala lahan kritis tersebut sebenarnya berpotensi apabila dilakukan konservasi lahan. nilai ekonomi dari usaha ini sangat menggiurkan. pengajian laki-laki di malam jum’at. sedangkan jagung sebesar 90 ha. Total luas lahan Desa Seputih secara keseluruhan sebesar 1532. palawija. Desa Seputih tidak memiliki potensi yang baik khususnya untuk hasil padi. Masyarakat Desa Seputih sebagian besar memiliki mata pencaharian seperti buruh tani. sehingga laju evaporasi berkurang dan tanah dapat mempertahankan kelembaban serta kesuburannya. sebesar 309. dan buah – buahan. Masyarakat Desa Seputih sudah mulai melirik usaha permeubelan karena selain lahan tegalan yang luas. hanya memiliki luas lahan sebesar 36 ha.925 ha. 2009). . Dengan luas lahan tegalan yang besar maka Desa Seputih ini sangat berpotensi untuk usaha tanaman kayu untuk bahan baku meubel. Saat ini lahan sawah di Desa Seputih dimanfaatkan untuk menanam tanaman padi dan tembakau secara bergantian. serta tahlilan saat ada orang yang meninggal dunia. selain itu terdapat lahan kritis dan minim akan kandungan bahan organik. Dan yang terbesar digunakan untuk penanaman kacang tanah yaitu sebasar 150 ha (Profil Desa Seputih. Jenis tanah tegalan atau lahan kering di Desa Seputih ini cocok untuk ditanami tanaman perkebunan atau tanaman kayu seperti sengon dan jati. Namun usaha tersebut kurang adanya sitem yang terorganisir sehingga pendapatan para warga sekitar pengusaha kayu tidak maksimal.

Lumajang. dan kota lainnya. dan lainnya. membuat masyarakat perempuan Desa Seputih ini sangat potensi untu diberdayakan. usia anak – anak sebanyak 925 jiwa. keranjang. Prosentase perempuan yang lebih banyak daripada laki-laki. Usia remaja 677 jiwa. Namun saat ini karena terkendala cuaca sehingga banyak kolam yang tidak produktif lagi. Sistem pemasarannya menjual pada tengkulak atau warga RW 9 untuk di jual ke kota-kota lainnya sampai ke kota Bali. Untuk mengembangkan potensi dan menghidupkan kembali usaha masyarakat di bidang perikanan Mahasiswa KKT Di desa seputih telah memprogramkan bantuan pengadaan bibit nila sebanyak 6000 bibit yang akan dibagikan kepada pemilik kolam. 2009). Masing-masing peternak memiliki 2-3 kolam dengan jenis kolam bermacammacam seperti kolam terpal dan kolam semen.10. mujair. Di Dusun Sumber Jeding terdiri dari 5 RW yang diantaranya RW 8. Sumber daya manusia Desa Seputih berjumalah 8299 jiwa yang terdiri dari 2877 KK dengan perincian 3956 jiwa laki – laki dan 4343 jiwa perempuan. bahkan ada beberapa yang telah . Bahan baku diperoleh dari luar kota Jember. dan meubel. diantaranya Banyuwangi. Peternak ikan di dua dusun tersebut kurang lebih sebanyak 21 orang. Rata-rata luas kolam ikan berkisar antara 3x6m dan 4x6m. Umumnya peternak ikan ini membudidayakan ikan air tawar seperti nila.11. gurami. Sejak dulu Desa Seputih khususnya Dusun Sumber Jeding terkenal akan hasil kerajinan rotan yang dibuat menjadi penutup makanan. Dan lansia 1503 jiwa (Profil Desa Seputih. lele. dengan prosentase umur terbesar pada usia 25 – 54 tahun yaitu 4613 jiwa. Keadaan air di kolam tersebut meliputi air yang mengalir dan air yang tidak mengalir.12 merupakan kelompok masyarakat pengrajin. sedangkan RW 9 merupakan bagian pemasaran dan pengadaan bahan baku. Hingga beberapa bulan ini pengadaan bibit para peternak ikan terhambat dikarenakan modal untuk membeli bibit kurang.Dengan dibentuknya koprasi akan lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Seputih. Jumlah balita sebanyak 657 jiwa. Selain itu juga telah diadakan penyuluhan budidaya ikan yang baik dan benar agar ke depan tidak lagi terjadi kemacetan usaha yang diakibatkan kurangnya modal ataupun cuaca. Di Desa Seputih khusunya di dusun Sumber Jeding dan kerajan banyk masyarakatnya yang memiliki kolam ikan. Sistem usaha home industry kerajinan rotan ini adalah pembagian wilayah kerja.

1 Tujuan 1. Kendala yang menghambat berkembangnya potensi adalah sulitnya memasok bahan baku berupa rotan karena kini pohon rotan semakin sedikit dan dilindungi. Kurangnya peranan masyarakat dalam pembangunan manusia dan kesejahteraan keluarga.3. Kurangnya kesadaran masyarakat akan arti pentingnya pendidikan.3 Tujuan dan Manfaat 1. Untuk itu perlu dibentuk suatu kelompok pengrajin atau koperasi yang dapat mengatur sistem usaha kerajinan rotan dari pengadaan bahan baku. Memberikan motivasi dan pengarahan kepada masyarakat untuk ikut berperan serta dalam meningkatkan kesejahteraan lingkungan. 3. 4.diekspor ke negara tetangga. Kurangnya kualitas kesehatan umum di masyarakat. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya di lingkungan pedesaan untuk menunjang usaha peningkatan pembangunan 4. Untuk itu warga Dusun Sumber Jeding memanfaatkan bahan baku yang disebut banban yang memiliki kekuatan dan tekstur mendekati rotan. 1. Rendahnya perekonomian masyarakat di Desa Seputih sehingga perlu dilakukan upaya peningkatan perekonomian melalui pemanfaatan lahan kolam masyarakat dengan pemberian bibit ikan. Ikut serta mendukung program pemerintah tentang pembangunan masyarakat desa serta mempersiapkan sumber daya bagi pembangunan desa 3.2 Permasalahan Pokok permasalahan dari pelaksanaan kuliah kerja yang perlu di pecahkan adalah: 1. produksi dan pemasarannya 1. Sampai sekarang usaha ini berjalan cukup baik namun para pengrajin kurang dapat meningkatkan kesejahteraannya karena tidak ada kelompok usaha pengrajin yang terstruktur dengan baik sehingga untuk pengadaan bahan baku dan pemasaran tidak merata. Menggali potensi sumber daya alam yang ada untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat . 2. 2.

Mendorong percepatan pembangunan di desa.1. 3. Sebagai sarana untuk memperoleh informasi mengenai permasalahan yang ada di masyarakat sehingga dapat lebih aktif membantu program pembangunan. Bagi Universitas 1.2 Manfaat Bagi Mahasiswa 1. tenaga. Meningkatkan dan memperluas kerja sama dengan masyarakat dan pemerintah. Masyarakat memperoleh bantuan pemikiran. Bagi Masyarakat dan Pemerintahan 1. 3.3. Memberikan pengalaman yang berharga kepada mahasiswa dengan terlibat langsung dalam kehidupan masyarakat desa. Memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama studinya untuk membantu memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat. 2. 2. dinamisator dan informator. Memperoleh informasi baru tentang perkembangan pemikiran yang berkaitan dengan upaya pembangunan masyarakat desa. 2. 4. ilmu dan keterampilan sehingga terbentuk kader penerus pembangunan. Memberikan keterampilan bagi mahasiswa untuk melaksanakan program pembangunan dan pengembangan masyarakat desa. Membina mahasiswa menjadi inovator. .

Kecamatan Mayang.1. Tokoh masyarakat dan pemuda c. yang meliputi : 1.2 Khalayak Sasaran Kuliah Kerja Terpadu (KKT) dimaksudkan untuk dapat membantu proses pembangunan masyarakat Desa Seputih. Masyarakat umum lainnya.3 Jenis Kegiatan Jenis kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Kuliah Kerja Terpadu ini berbasis pada pemberdayaan keluarga. Kabupaten Jember. Perangkat Desa b.1 Tempat dan Waktu 2.1 Tempat Program Kuliah Kerja (KK) dilaksanakan di Desa Seputih Kecamatan Mayang. 2. METODE 2. e. Dengan demikian yang menjadi khalayak sasaran dalam program KKT Universitas Jember gelombang satu ini adalah : a. f.2 Waktu Pelaksanaan program Kuliah Kerja (KK) selama kurang lebih 45 hari terhitung sejak tanggal 27 Juni . 2. Ibu rumah tangga d.II. Tempat kegiatan disesuaikan dengan jenis kegiatan dan lokasi kegiatan yang telah direncanakan. Penyuluhan Rambu-Rambu Lalu Lintas pada Siswa Kelas Va dab Vb SDN 01 Seputih Hari/tanggal : Senin/ 16 Juli 2012 . 2.1. Anak usia prasekolah. Peningkatan pendidikan elemen masyarakat a. Anak usia sekolah. Pelaksanaan masing-masing kegiatan disesuaikan dengan jadwal kegiatan yang telah direncanakan.10 Agustus 2012.

Pelatihan dokter gigi kecil Hari/tanggal Tempat Sasaran : Kamis/ 12 Juli 2012 : SD Negeri 01 Seputih : Siswa Kelas IV. : SD Negeri 01 Seputih : Siswa SD Negeri 01 Seputih Peningkatan kesehatan keluarga a. Turut serta dalam pelaksanaan POSYANDU Hari/tanggal Tempat Sasaran : Menyesuaikan jadwal Posyandu : POSKESDES desa Seputih : balita. Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) Hari/tanggal Tempat Sasaran : Selasa-Rabu 17-18 Juli 2012 : SMPN 01 Mayang : Siswa Kelas III SMPN 1 Mayang . ibu hamil. Pelatihan dokter kecil Hari/tanggal Tempat Sasaran : Kamis/ 12 Juli 2012 : SD Negeri 01 Seputih : Siswa Kelas IV. dan lansia b. VI SD Negeri 01 Seputih d. V. Kegiatan Tensi Home Care dan Penyuluhan Hipertensi Hari/tanggal Tempat Sasaran : Senin-Kamis/ 2-5 Juli 2012 : Rumah penduduk Desa Seputih : Penduduk Desa Seputih e. Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Hari/tanggal : Selasa/ 10 Juli 2012 Tempat Sasaran 2. V. VI SD Negeri 01 Seputih c.Tempat Sasaran : SD Negeri 01 Seputih : Siswa kelas Va dan Vb SDN 01 Seputih b.

Metode yang digunakan adalah memupuk peran aktif masyarakat melalui pos pemberdayaan keluarga. Peringatan hari kemerdekaan Hari/tanggal : Kamis-Jumat/ 5-6 Juli 2012 Tempat Sasaran : Halaman Balai Desa : Masyarakat Desa Seputih 2. Penyuluhan manajemen keuangan keluarga Hari/tanggal Tempat Sasaran : Sabtu/ 14 Juli 2012 : Balai Desa Seputih : Ibu-Ibu PKK c. Penyuluhan pentingnya membayar pajak Hari/tanggal : Selasa/ 10 Juli 2012 Tempat Sasaran 4. Pelatihan pembuatan kopi mengkudu Hari/tanggal Tempat Sasaran : Selasa/ 10 Juli 2012 : Balai Desa Seputih : Ibu – ibu PKK b.4 Teknik Kegiatan Dalam pelaksanaan kegiatan Kuliah kerja Terpadu (KKT) memerlukan adanya partisipasi aktif dari masyarakat. . : Balai Desa Seputih : Ibu – ibu PKK Keikutsertaan dalam kegiatan masyarakat a.3. Peningkatan ekonomi keluarga a.

1 Susunan Organisasi Koordinator Desa Wakil Koordinator Desa Sekretaris Bendahara : Eko Fridayadi : Agus Febriyanto : Rizky Imansari : Indra Permana Nurina Izzati Pramesi Dokumentasi : Bagus Setyo P. Eva Latifah Konsumsi : Ika Risdiana 3.2 Rencana Kegiatan (Matrik) JUNI No 1 Kegiatan Kegiatan Tensi Home Care dan Penyuluhan Hipertensi 2 3 4 5 6 7 8 9 Peringatan hari kemerdekaan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) Pelatihan pembuatan kopi mengkudu Penyuluhan pentingnya membayar pajak Pelatihan dokter kecil Pelatihan dokter gigi kecil Penyuluhan pentingnya cuci tangan Penyuluhan Rambu-Rambu Lalu 4 1 JULI 2 3 4 AGUSTUS 1 Lintas pada Siswa Kelas V SDN 02 Seputih 10 penyuluhan manajemen keuangan keluarga 11 Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) .BAB III. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN 3.

000.Rp.000.000. 100.000. Kegiatan Umum Bidang pendidikan Penyuluhan Rambu Lalu Lintas Pendidikan Lingkungan Hidup Rp.000.3 Rencana Anggaran Biaya I. 350.104.Rp 80.000. Jenis Kegiatan dan Rencana Anggaran a.Rp. Rp.000.- - Bidang ekonomi Pelatihan pembuatan kopi mengkudu Penyuluhan manajemen Rp 162.000.Rp.40.- - Bidang Kesehatan Pelatihan dokter kecil Penyuluhan dokter gigi kecil Tensi Home Care dan Penyuluhan Hipertensi Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) Rp 150.- II. Rp.000 Penggandaan proposal 50 bendel @3000 Alat-alat tulis Spanduk 1 buah Rp. Dokumentasi Dokumentasi Pembuatan vandel Rp.000. 240. 30.000.12 POSYANDU 3. Transportasi Transportasi kegiatan Rp. Rp.- b.000. Kebutuhan Administrasi a.000.60.000.000. Kesekretariatan        Kertas HVS 8 rim @ Rp. 700. 50. 150.- c.- . 65.Rp. 60.

521.000.- Total Biaya Rp 3. - Keikutsertaan dalam masyarakat  Acara peringatan kemerdekaan Rp.- Rp 100.keuangan keluarga Penyuluhan pentingnya membayar pajak Rp 110.000.000.000.- .000. 1.

15 Februari 1990 : 080910291001 : ISIP : Administrasi Negara . Khayangan Api RT22/RW02 Bojonegoro Alamat Di Jember Telepon Sebagai : Jl.2 : Jl.47 Jember : 085746618110 : Dokumentasi 2. Nama Tempat/Tgl. Lahir NIM Jurusan Fakultas Alamat Asal Alamat Di Jember Telepon Sebagai : Eko Fridayadi : Tanah Grogot. Lahir NIM Jurusan Fakultas : Agus Febrianto : Situbondo. Nama Tempat/Tgl. 5 Januari 1990 : 081910101043 : Teknik : Mesin : Jl. BIODATA PESERTA KECAMATAN DESA KELOMPOK : Mayang : Seputih : 21 1. Lahir NIM Jurusan Fakultas Alamat Asal : Bagus Setyo P. 2 Oktober 1989 : 082310101053 : Ilmu Keperawatan : PSIK : Jl.2 : 085746384422 :Koordinator Desa 3. Jawa 2 C No. : Bojonegoro. Nama Tempat/Tgl. Kihajar Dewantara No. Danau Toba No.IV.

2 Januari 1991 : Pendidikan Dokter : Kedokteran : Desa Blukon RT07/RW02 Lumajang Alamat Di Jember Telepon Sebagai : Jl.Alamat Asal Alamat Di Jember Telepon Sebagai : Jl. Lahir NIM Jurusan Fakultas Alamat Asal Alamat Di Jember Telepon Sebagai : Indra Permana : Tuban. Nama Tempat/Tgl. : Lumajang. 15 September 1991 : 090810201178 : Managemen : Ekonomi : Desa Karangharjo.20 A : 085755629292 : Sekretaris 6. Panji Laras Indah No. Lahir Jurusan Fakultas Alamat Asal Alamat di Jember Telepon : Nurina Izzati P. Bangka Raya No. Baturaden No. 22 Desember 1990 : Agreibisnis : Pertanian : Perum. Lahir Jurusan Fakultas Alamat Asal : Rizky Imansari : Lumajang. Nama Tempat/Tgl.99 : 085749449595 . Kenanga RT03/RW02 : Jl.31 : 085655872602 : Wakil Koordinator Desa 4.99 : Perum. Nama Tempat/Tgl. Nusantara Fa. 7 : 085232005880 : Bendahara 5. Panji Laras Indah No. Glenmor : Jl.

9 September 1990 : 091610101056 : Kedokteran Gigi : Kedokteran Gigi : Kec. Mastrib No. Lahir Jurusan Fakultas Alamat Asal : Ika Risdiana : Banyuwangi. Nama Tempat/Tgl. Lahir NIM Jurusan Fakultas Alamat Asal Alamat Di Jember Telepon Sebagai : Eva Latifah : Negara.Sebagai : Bendahara 7. 17 September 1990 : Administrasi bisnis : ISIP : Dusun Secang RT02/RW01 Banyuwangi Alamat Di Jember Telepon Sebagai : Jl. Negara Jembrana Bali : Jl.125 : 083853365254 : Konsumsi . Jawa No.53 B : 085739739089 : Dokumentasi 8. Nama Tempat/Tgl.

Kabupaten Jember merasa bertanggung jawab atas kelancaran proses berlangsungnya pelaksanaan program-program dengan baik. PENUTUP Dengan dilandasi oleh semangat pengabdian pada masyarakat serta adanya motivasi untuk selalu bekerja keras demi tercapainya pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya. kerja keras yang kami lakukan tidak akan berarti. Kecamatan Mayang. Besar harapan kami mendapatkan dukungan dan bantuan dari Bapak/Ibu sekalian guna memperlancar pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang telah kami rencanakan. Kabupaten Jember sangat mengharapkan bantuan serta kerjasamanya baik secara moral maupun material yang kemudian bantuan akan kami salurkan ke dalam berbagai bentuk kegiatan yang berdaya guna dan bermanfaat bagi masyarakat. Tim Penyusun . Kabupaten Jember. Sekian dan terima kasih. maka kami selaku mahasiswa peserta KKT Universitas Jember Kelompok 21 yang ditempatkan di Desa Seputih. Oleh karena itu. Demikian usulan proposal program kegiatan KKT Universitas Jember gelombang II kelompok 21 tahun 2012 di Desa Seputih. Kecamatan Mayang. kami mahasiswa KKT yang dalam hal ini merupakan wakil dari masyarakat Desa Seputih. Kecamatan Mayang. yang dalam hal ini tidak lepas dari bantuan serta kerjasama dari pihak-pihak yang terkait.V. Kami sadar sepenuhnya bahwa tanpa adanya bantuan serta kerjasama dari pihak lain.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.