P. 1
Pengoperasian Dasar Komputer

Pengoperasian Dasar Komputer

|Views: 22|Likes:
Published by insqdh
Menginstalasi Sistem Operasi windows merupakan modul teori dan atau
praktikum yang membahas tentang penginstalan sistem operasi windows,mulai dari
pengenalan sistem operasi windows, berbasis text, persiapan penginstalan,
pelaksanaan penginstalan dan mengoperasikan serta trouble shooting sistem
operasi windows.
Menginstalasi Sistem Operasi windows merupakan modul teori dan atau
praktikum yang membahas tentang penginstalan sistem operasi windows,mulai dari
pengenalan sistem operasi windows, berbasis text, persiapan penginstalan,
pelaksanaan penginstalan dan mengoperasikan serta trouble shooting sistem
operasi windows.

More info:

Published by: insqdh on Feb 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

01/18/2014

$0.99

USD

pdf

text

original

BAB I Pendahuluan

A.DESKRIPSI JUDUL Menginstalasi Sistem Operasi windows merupakan modul teori dan atau praktikum yang membahas tentang penginstalan sistem operasi windows,mulai dari pengenalan sistem operasi windows, berbasis text, persiapan penginstalan, pelaksanaan penginstalan dan mengoperasikan serta trouble shooting sistem operasi windows. Modul ini terdiri dari 3 (tiga) kegiatan belajar, kegiatan belajar yang pertama berisi tentang pengenalan konsep dasar sistem operasi windows. Kegiatan belajar yang kedua berisi tentang persiapan dan pelaksanaan instalasi sistem operasi windows. Kegiatan belajar yang ketiga berisi tentang pelaksanaan pengoperasian dasar dan trouble shooting sistem operasi windows. Dengan modul ini peserta diklat diharapkan mampu menjelaskan prinsip atau konsep dasar sistem operasi windows, serta dapat melakukan penginstalan dan pengoperasian dasar yang baik sesuai dengan prosedur yang benar. B. PRASYARAT Kemampuan awal yang dipersyaratkan untuk mempelajari modul ini adalah : 1. Peserta diklat telah lulus modul / materi diklat menginstalasi PC. 2. Peserta diklat telah lulus modul / materi diklat mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis Text. 3. Peserta diklat menguasai pengetahuan pengoperasian komputer. 4. Peserta diklat menguasai pengetahuan pengoperasian sistem operasi sesuai Instruction manual.

C. Tujuan & Kompetensi 1. Peserta diklat mampu menjelaskan tentang prinsip dasar sistem operasi windows.

2. Peserta diklat dapat melaksanakan penginstalan sistem operasi windows sesuai dengan prosedur. 3. Peserta diklat dapat menjalankan dan mengecek (trouble shooting) atas sistem operasi windows yang telah diinstal.

BAB II Dasar Kompentensi

Microsoft Windows adalah sistem operasi komputer berbasiskan GUI (Graphic User Interface) yang paling banyak digunakan dalam komputer pribadi di seluruh dunia. Sukses ini menjadikan pemiliknya, Bill Gates, menjadi orang terkaya di seluruh dunia mengalahkan kekayaan Sultan Brunei. Namun hanya sedikit orang yang mengetahui sejarah perkembangan Microsoft Windows itu sendiri, dan sedikit juga orang yang mengetahui sistem operasi komputer berbasiskan GUI selain merk Microsoft Windows. Tulisan sederhana ini akan mencoba memaparkan secara singkat tentang perkembangan Microsoft Windows. Beberapa Versi Windows
1. Microsoft Windows 1

2. Microsoft Windows 2 3. Microsoft Windows 3 4. Microsoft Windows 3.1 5. Microsoft Windows 3.11 Workgroup 6. Microsoft Windows 95 7. Microsoft Windows 98 8. Microsoft Windows 2000 9. Microsoft Windows Me (Millenium) 10. Microsoft Windows NT (Next Technology)
11. Microsoft Windows XP (Experience)

seperti langkah sebelumnya yang membeli sistem operasi QDOS dari Seattle Computer Product dan merubah namanya menjadi MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) dan keputusan Bill Gates untuk bekerja sama dengan perusahaan produsen komputer raksasa IBM (International Bussines Machine) untuk mengijinkan pemakaian software MS-DOS pada setiap produk komputer pribadi PC-IBM (Personal Computer). Microsoft dalam iklannya menjanjikan interface grafis yang mudah digunakan. Setelah Microsoft.Disk Operating System).0 dari Apple Lisa. VisiOn. pemilik perusahaan Microsoft. Digital Research meluncurkan GEM. namun penjualannya dianggap lumayan.0. dan Apple Lisa dipasarkan terlebih dahulu. memperingatkan Microsoft karena melanggar hak cipta mereka dari Apple Lisa pada Microsoft Windows 1. Tampilannya masih sangat sederhana dan lamban. dan perusahaan Apple pun menyetujui. Microsoft akhirnya melepaskan Windows ke pasaran bulan November 1983. menggunakan menu seperti Multiplan (menu muncul dari bawah ke atas). setelah sebelumnya saingan Microsoft.Windows 1. namun tahun 1982 dirubah menjadi pulldown menu (menu menyusur dari atas ke bawah) seperti yang digunakan Xerox Star. telah berusaha mengajukan lisensi kepada Apple dalam beberapa feature yang digunakan di Microsoft Windows 1. TopView. Walau dalam prorotipe awalnya. IBM pun kemudian melisensi sistem operasi ini dari Microsoft dan merubah nama sistem operasi yang disertakan dalam setiap PC-IBMnya menjadi PC-DOS (Personal Computer .0" ketika pertama kali muncul dipasaran. masih merupakan produk sistem operasi komputer yang tidak menarik.0 ditunda beberapa kali.0 Microsoft mulai mengembangkan Interface Manager yang kemudian dirubah namanya menjadi Microsoft Windows bulan September 1981. device-independent graphic dan dukungan multitasking. Awal yang sulit ini diperparah lagi ketika bulan September 1985 para pengacara dari perusahaan Apple Computer. Sebenarnya Bill Gates. Walau pengembangan Windows 1. "Windows 1. Langkah Bill Gates ini ternyata jitu sekali. Keberhasilan Windows tidak terlepas dari kemunculan program Aldus Page .

Bill Gates bahkan mengklaim perusahaan Apple mengambil sejumlah ide-ide tersebut dari sistem operasi berbasiskan GUI yang dikembangkan oleh perusahaan Xerox untuk komputer Xerox Alto dan komputer Star. Ditahun yang sama. disusul kemudian dengan kemunculan Corel Draw. yaitu menggunakan icon-icon untuk mewakili suatu program atau file. Microsoft juga meluncurkan program untuk menulis.0 Pada tanggal 9 Desember 1987 Microsoft meluncurkan Windows 2. Windows 2.0 yang tampilannya menyerupai sistem operasi pada komputer MacIntosh. Perusahaan Apple Computer menyadari kemiripan ini dan lalu pada tahun 1988 mengajukan tuntutan ke pengadilan atas tuduhan melanggar kesepakatan lisensi tahun 1985.0 kemudian diganti menjadi Windows/286 setelah Microsoft meluncurkan Windows/386. dan program spreadsheet Microsoft Excel. Pengadilan menyatakan Microsoft berhak atas 170 hak cipta kecuali 9 hak cipta lainnya. Namun ke-9 hak cipta lainnya tersebut menurut Microsoft tidak perlu dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta. Microsoft mengklaim bahwa melalui kesepakatan lisensi 1985 lalu berarti juga perusahaan Apple Computer telah setuju untuk memberikan hak kepada Microsoft untuk menggunakan feature-feature yang terdapat pada sistem operasi Apple Lisa tersebut. Nama Microsoft Windows 2.Maker 1. Dalam pembelaannya. Microsoft Word. akhirnya Microsoft berhasilkan meyakinkan pengadilan dan dinyatakan menang. . sebuah desktop publishing program yang pertama kali muncul dan benar-benar berbasiskan WYSIWYG (What You See Is What You Get).0 for Windows pada bulan Januari 1987. mendukung penggunaan expanded memory dan tampilan jendela program yang dapat saling tumpang tindih. Setelah pertarungan selama 4 tahun.

11 Dipasarkan bulan November 1992. yang pada umumnya berhubungan dengan kemampuan jaringan.11 Tidak beberapa lama kemudian Microsoft mengeluarkan versi ini.1 Diluncurkan tanggal 6 April 1992. Program manager baru yang lebih cepat.1. Fasilitas menulis sederhana (Write) dan menggambar (Paintbrush) kini juga lebih ditingkatkan kemampuannya dari versi sebelumnya. Windows versi ini mengalami perubahan besar-besaran dengan kemampuan mengakses memory diatas 640 Kb (conventional memory) dan user-interface yang lebih canggih. Kepopuleran Windows meningkat terlihat dari pemasarannya yang dalam dua bulan saja sudah terjual 3 juta copy. Perubahan dari Windows 3. Kemudian namanya diubah menjadi Windows for Workgroup 3. Mendukung arus data dengan kecepatan 32-bit untuk mengoptimalkan kemampuan procesor Intel 80386 dan 80486 (pada masa itu processor ini banyak digunakan sebagai processor PCserver). telah terjual sebanyak 3 juta copy. Setahun setelah peluncurannya.11 / Windows for Workgroup 3. versi ini mempunyai beberapa perubahan signifikan dari versi sebelumnya.0 antara lain : • • • • mendukung jenis huruf True Type kemampuan multimedia mendukung Object linking and Embendding (OLE) kemampuan mengenali diagnostik kerusakan yang lebih baik • kemampuan jaringan Windows 3.Windows 3. Setelah itu semakin banyak perusahaan pembuat software yang membuat softwarenya bisa dijalankan di program Windows.0 Windows 3. Windows 3. Windows for Workgroup adalah paket pertama yang ditawarkan dengan dukungan penuh untuk komputer yang terhubungkan dalam suatu jaringan kelompok. sehingga kini komputer dapat juga untuk . Tidak ada tambahan fasilitas.0 dengan kode nama "Chicago" diluncurkan pada tanggal 22 Mei 1990. Fasilitas seperti mail antar komputer ditambahkan disamping kemampuan multimedia MPEG-2. namun memperbaiki sejumlah bug (masalah) yang ada yang ditemui pada Windows 3. penggunaan system icon dll.

Microsoft akhirnya meluncurkan produk terbaru yang sudah lama ditunggu. mendukung pemakaian nama panjang 32 karakter (sebelumnya DOS hanya 8 karakter). Windows 95 Pada tanggal 24 Agustus 1995. namun Windows 95 tetap dianggap sebagai sistem operasi yang sangat mudah dioperasikan. Dalam 1 hari peluncuran perdananya. termasuk protokol TCP/IP yang terintegrasi. Gambar Tampilan Windows 95 Program Manager yang dulu terdapat pada Windows 3 dan . Di Amerika dan Eropa.mendengarkan musik (jika terdapat soundcard pada komputernya) atau menonton VCD (jika terdapat CD-ROM. serta jumlah memory videocard dan RAM yang memadai). para pembelinya bahkan ada yang harus antri 2 hari sebelum diluncurkan. Windows 95 telah terjual habis.! Walau masih ada beberapa masalah (bug) hingga diluncurkan edisi perbaikannya (Windows 95A atau 95B).. soundcard. Windows 95 juga tidak memerlukan lagi DOS dalam penginstallannya..

0 diberikan secara gratis. Selain telah disebutkan di atas. Microsoft dianggap berusaha memonopoli software karena I.11 kini digantikan dengan Windows Explorer. tetapi pada kenyataannya program akan berjalan lambat. Menu muncul setelah Anda mengclick icon Start yang terdapat di pojok kiri bawah layar monitor Anda (lihat Gambar 2 diatas). Windows 95 menyediakan fungsi Recycle Bin yaitu berfungsi mencatat dan mengembalikan file-file yang dihapus (mengingatkan kita pada fungsi UNDELETE dari DOS dengan segala keterbatasannya). Beberapa produsen keyboard bahkan kini sudah menambahkan tombol berlogo Windows yang mempunyai fungsi sama dengan icon Start. Akan lebih baik lagi pada procesor Pentium.0. perubahan lainnya yaitu menu sekarang tidak lagi ditampilkan pull down menu tetapi pull-up menu. Mulai Windows versi ini program mengalami perubahan yang total. terletak disebelah kanan dan sebelah kiri tombol spacebar. Dibutuhkan komputer dengan procesor minimal 80486 dan memory 16 Mb. Pemasangannya membutuhkan waktu minimal 30 menit atau lebih. Fasilitas menulis Write kini diganti WordPad yang kompatible dengan Microsoft Word.E 3. Walau Microsoft mengklaim program ini dapat dijalankan pada komputer berbasiskan procesor 80386 dengan memory 8 Mb. Yang unik. yaitu Internet Explorer 3.3. . Menyediakan fasilitas browser internet. yang akhirnya menyulut perseteruan dengan perusahaan Netscape yang sebelumnya bergerak dibidang ini.

tentunya dengan beberapa perbaikan permasalahan (bug) yang terdapat pada Windows 95 original. disamping pada tahun 1997 Microsoft pun meluncurkan produk Microsoft Office 97. karena sebelumnya telah terdengar khabar bahwa Microsoft akan meluncurkan versi terbaru dari Windows 95 dengan fasilitas tambahan terbaru.Versi kedua Windows 95. Windows 95 lanjut ini mendukung mode FAT-32 untuk akses yang lebih cepat dan ringkas pada harddiskharddisk berkapasitas besar dan berkecepatan tinggi. pengembangan dari Windows 95. Istilah-istilah ini pada akhirnya tidak dikenal luas. Windows 2000 Pada Juni 2000 diluncurkan Windows 2000 yang merupakan perkawinan dari Windows 98 yang terkenal user friendly dengan . Akan lebih baik lagi pada procesor Pentium II. sekaligus menjawab keingintahuan publik akan produk terbaru dari Microsoft. Windows 98 Pada tanggal 25 Juni 1998 akhirnya Microsoft meluncurkan Windows 98. Menyertakan Internet Explorer 4 dan mendukung sistem Universal System Bus (USB). Sedangkan yang terkahir. Kerancuan ini mungkin tidak tanpa disengaja. Versi keduanya. Windows 98 SE (Second Edition) diluncurkan setahun kemudian dengan beberapa perbaikan. Windows 95B (dijual retail) dan Windows 95-OSR2 (hanya dipasang pada komputer baru) diluncurkan pada April 1996. Dibutuhkan minimal komputer dengan procesor Pentium dengan memory 32 Mb. suatu standard input device terbaru di dunia komputer yang kini banyak dibuat. yaitu Windows 95A adalah versi perbaikan dari Windows 95 original yang pertama kali dikeluarkan. bahkan menjadi rancu ketika ketika versi kedua Windows 95 ini dianggap sebagai Windows 97.

Windows NT (Next Technology) yang terkenal dengan kestabilannya itu. namun pengurangan pada kemampuan jaringan kelompok atau LAN / WAN. sementara untuk server disarankan memakai Windows 2000 Server atau Windows 2000 Advanced Server atau Windows 2000 Data Center.0 untuk internet. versi Windows-Xp Professional direncanakan disiapkan untuk beroperasi pada level kecepatan 64-bit untuk processor generasi berikutnya buatan Intel dengan nama-kode Ithanium. Jika meng-upgrade dari versi Windows 95 atau 98. Windows Experience (Xp) Adalah pengembangan lebih lanjut dari Windows Millenium dan Windows 2000. Untuk pribadi dan perkantoran disarankan memakai Windows 2000 Professional. hal ini disebabkan banyaknya fasilitas dan jumlah file yang dipasang. serta kompetitornya prosesor AMD K-7 Athlon serta AMD K-6 Duron dari Advanced Micro Device. Terbagi atas 4 model. Microsoft mengklaim Windows 2000 lebih crash-proof karena menggunakan manajemen memory protection sehingga program menjadi lebih jarang konflik (atau istilah komputernya : hang). Dengan demikian maka kemampuan Windows 2000 dalam jaringan komputer dapat lebih maksimal. Menyertakan Internet Explorer 5. set-up dan keamanannya. Windows Millenium (Me) Beberapa bulan kemudian Microsoft meluncurkan windows untuk komputer pribadi dengan penekanan multimedia yang lebih maju (advanced multimedia) disamping kemampuan yang telah dimiliki seperti pada Windows 2000. Dibutuhkan komputer dengan procesor minimal Pentium II dengan memory 32 Mb. Akan lebih baik lagi pada procesor Pentium III dengan memory 64 Mb-128Mb. Windows-Xp dilepaskan ke pasaran pada September 2001 (setahun setelah Win-Me). Walau pada dasarnya Win-Xp tetap merupakan sistem operasi 32-bit. terutama dalam pengelolaan file. Microsoft mengatakan Windows Millenium diciptakan untuk mengekploitasi kemampuan multimedia pada processor Pentium III dan Pentium-4 dari Intel. . bisa dipastikan lebih dari 90 menit mengingat Windows 2000 akan mengecek dan mencari terlebih dahulu file-file yang bisa tetap dipakai atau dibuang dari versi sebelumnya. Karena menyertakan teknologi yang diambil dari Windows NT. Pemasangannya membutuhkan waktu + 1 jam.

selain folder My Document. Image scanner 8. Disket 2.Tujuan utama dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh beberapa elemen yang terdiri dari perangkat keras (Hardware). Joystick Periferal 1. dan unit output. serta Brainware. kini juga terdapat folder My Music. ROM Storage Device 1. Input Device 1. perangkat lunak (Sofware). Network Card 2. software. My Picture. Mouse 3. Ocr Scanner 7. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri. Harddisk 3. Video Player 9. perangkat lunak adalah program yang berisi perintahperintah untuk melakukan proses tertentu. dan Brainware. BAB III Kegiatan Utama Sub Kompetensi : Merencanakan kebutuhan hardware dan spesifikasi Peralatan/komponen pada PC meluputi unit input. My Music dengan kemampuan pemutar suara dan video yang lebih banyak dibandingkan versi-versi Windows sebelumnya.Printer 4. maka harus membentuk suatu sistem yang biasa disebut dengan sistem komputer. unit proses. Keyboard 2. Monitor CPU 1. Processor 2. Projector 4. Sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. TV Card Output Device 1. CD-ROM 3.Win-Xp benar-benar merupakan perombakan "revolusioner" dari beberapa versi Windows sebelumnya. Dibawah ini adalah bagan hubungan antara hardware. Agar kopmuter dapat digunakan untuk mengolah data. dan Brainware adalah manusia/user yang mengatur pengoperasian dan pengaturan sistem komputer. Light Pen 6. Kamera . Trackball 5. Misalnya. Speaker 2. Modem 3. RAM 3.

Mouse yang berkembang dan sering digunakan oleh umum adalah mouse USB dan mouse wireless karena penggunaannya yang mudah dan efisien.mouse PS/2. Keyboard AT keyboard PS/2 Keyboard USB Keyboard Wireless 2. Komponen ini tidak mengalami perkembangan yang pesat kecuali pada konektornya.mouse optic. Ada bermacam-macam jenis keyboard seperti keyboard AT. yaitu mouse serial. Contoh : . dan keyboard wireless.serta mouse ball. keyboard USB. Mouse dibagi menjadi beberapa macam.Pemilihan Hardware 1. keyboard PS/2. Keyboard Merupakan alat input standar yang diperlukan dalam setiap PC. Mouse Mouse merupakan hardware masukan atau lebih dikenal dengan input device yang gunanya untuk menggerakkan pointer saat mengoperasikan computer.

RAM juga berfungsi untuk mempercepat pekerjaan atau suatu proses yang dilakukan oleh computer seperti meng-copy data.yaitu: a. b. CPU (Central Processing Unit) CPU adalah tempat pemroses instruksi-instruksi program dimana pada computer mikro. Alat ini dapat berfungsi sebagai alat output maupun alat input. menjalankan suatu program aplikasi. digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input. Input Storage. Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC (Integrated Circuit).dll. 4. CPU merupakan pusat atau otak dari sistem komputer itu sendiri dan memiliki dua fungsi operasional. digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses. . harddisk.diambil. Selain itu. CDROM/CD-RW. Struktur RAM terbagi menjadi 4. Processor 5.3. Driver Driver adalah alat yang digunakan untuk merekam symbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data. dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer. Program Storage. RAM (Random Access Memory) RAM adalah suatu perangkat atau hardware yang berfungsi untuk menyimpan data secara sementara yang artinya dapat diisi/ditulis. Tempat atau media penyimpanan yang berkembang saat ini adalah disk drive.atau dihapus isinya. disebut dengan mikro-processor.

digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan. d. .c. dan bila berupa data maka akan dipindahkan ke working storage. digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.bootstrap program.dll. yang hanya dapat deprogram 1 kali dan selanjutnya tidak dapat diubah kembali. Bila input itu berupa program maka akan dipindahkan ke program storage. Jenis lain adalah EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultra violet dan dapat deprogram kembali. Ambil motherboard dan diletakkan di tempat yang aman. Hasil dari pengolahan juga ditampung terlebih dahulu di working storage & bila akan ditampilkan kea lat output maka hasil itu dipindahkan ke output storage. Input yang dimasukkan melalui alat input akan ditampung terlebih dahulu didalam input storage. ROM ROM hanya dapat dibaca sehingga pemrogram tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah diisi berupa system operasi yang terdiri dari programprogram pokok yan diperlukan oleh sistem komputer. Persiapkan peralatan-peralatan yang diperlukan dan buku panduan dari masingmasing komponen PC. seperti misalnya program untuk mengatur penampilan karakter pada layar. Output Storage. ROM yang dapat deprogram kembali adalah PROM (Programmable Read Only Memory). Lalu EEPROM (Electrically Erasable Programmable Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat deprogram kembali. Kemudian baut motherboard dengan papan cashing. sehingga akan lebih kuat dan aman. RAM 6. Working Storage. Pemasangan PC 1. jangan menaruh meletakkan motherboard di tempat yang terlalu kering maupun terlalu lembab.

Dan jangan dipaksakan jika harddisk maupun drivernya tidak sesuai dengan tempatnya karena itu akan dapat menimbulkan kerusakan. Masukan motherboard ke dalam cashing.bautlah motherboard tersebut pada cashing untuk menghindarkan terjadinya pergeseran motherboard sewaktu memindahkan CPU pada nantinya. Pada sudut yang memungkinkan lalu tempatkan baut.kaitkan dengan pengait plastic yang biasanya telah disediakan oleh pabrik pembuatang cashing computer. kabel berwarna hitam dari kedua konektornya harus dipasang berdampingan 5. floppy drive. dan CD-ROM drive.ke dalam lubang yang terdapat pada motherboard. Pasang processor pada sochetnya perhatikan tanda yang ada pada processor harus sesuai dengan tanda yang ada pada soketnya karena bila pemasangan processor terbalik atau tidak sesuai akan menimbulkan kerusakan pada processornya. 4.Pemasangan motherboard 2. Pemasangan Processor 3. Pasanglah harddisk dan driver pada tempat yang telah tersedia didalam cashing. Perhatikan sudut konektor plastiknya . Pasanglah kabel khusus untuk member daya pada motherboard yang ada pada power supply. Sambungkan kabel dari power supply ke slot power yang terdapat pada harddisk. Pemasangan Harddisk 6. Lalu kunci tangkai pengunci yang ada pada sisi sochet tersebut.

11. demikian pula sambungkan kabel dari harddisk ke slot IDE nmor 1.pada kabel tersebut. Kemudian kencangkan dengan baut dengan dudukan cashing PC. bila pemasangan konektor ini terbalik. Hubungkan konektor kabel penghubung “speaker” ke pin bertuliskan “Speaker” yang ada di motherboard. Hubungkan konektor kabel penghubung tombol “Reset” ke pin “Rest” yang ada di motherboard. konektornya memiliki 3 deretan kaki yang tersusun rapi dengan konektor yang berbentuk trapezium. video capture. 13. 10.dll. Pasangkan kabel listrik untuk CPU ke slot yang terdapat power supply di bagian belakang cashing CPU. dan kabel dari CD-ROM ke slot IDE nomor 2. Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan peralatan tersebut ke motherboard. TV Tunner Card. Segera cabut konektornya dan masukan kembali pada posisi yang tepat. Lalu pasang VGA card pada slotnya. Bila terbalik pemasangannya computer tidak akan bekerja dengan baik dan dapat merusakkan peralatan tersebut. dan CD-ROM drive. Sambungkan kabel data pada dudukan harddisk. 7. Expansion card dapat berupa LAN Card. Sambungkan kabel dari floppy drive ke slot untuk floppy drive. Perhatikan juga agar sisi kabel berwarna merah harus menempati kaki nomor 1 pada tiap slot. 12. Pasang expansion card tambahan pada PCI. tetapi jika VGA berupa on board tidak perlu dipasang VGA card hanya mengatur dalam BIOS. Pasangkan konektor keyboard ke slot keyboard yang terdapat di motherboard serta pasang perangkat lainnya. . 9. 8. Sound Card. floppy disk drive. 14. Pasangkan kabel listrik (power) dari layar monitor ke slot power yang terdapat pada bagian belakang power supply yang telah terpasang pada cashing CPU. Psang kabel data dari monitor ke slot yang terdapat pada VGA Card. maka pada saat memasukkan konektor tersebur akan terasa sedikit sulit. Sisi kabel yang berwarna merah harus ditempatkan pada kaki nomor 1.

Selanjutnya untuk mengatur hard disk atau CDROM.Setting BIOS Basic Input/Output System atau sering disebut dengan BIOS merupakan firmware. 1. jadi tidak perlu dipasang di primary IDE master tetapi di bagian SATA Port. Komponen PC yang dapat disetting melalui BIOS hanya tertentu saja dan merupakan komponen pokok dalam sebuah PC dan komponen yang terintegrasi dengan motherboard (Onboard). dalam BIOS hanya mengatur aktif tidaknya sebuah harddisk dan juga menentukan kapasitas sebuah harddisk baik secara manual maupun otomatis. Bios digunaka untuk mengatur komponen PC secara software. masuk ke sub menu letak harddisk atau CD-ROM terpasang. di dalam opsi drive A dapat dipilih bermacam jenis tipe disk drive . 2. Terletak pada menu “MAIN” kemudian letak dari drive terpasang. Floppy Disk Untuk mengatur floppy disk dalam menu yang sama umumnya bernama Legacy Diskette A: . Karena di dalam modul ini menggunakan harddisk SATA. Kita gambarkan bahwa harddisk terletak pada primary master. HARDDISK DAN CD-ROM Untuk komponen hard disk.

seperti 1. VGA Onboard . Opsi “none” digunakan untuk menonaktifkan floppy disk. RAM RAM hanya dapat diatur pada bagian clock latency-nya saja. jika tidak terdapat floppy disk terpasang dapat digunakan pilihan “none”. hanya merk tertentu saja yang dapat di set secara manual.24-720 kb.88MB. Pilih sesuai floppy disk yang terpasang.5”-720 kb. 4. 5. 3. 3. dan none. tetapi tidak semua RAM dapat diatur. 3.”-360 kb. 3.44 MB.5”-2.

Untuk mengatur komponen VGA Onboard yang perlu diperhatikan adalah mengatur besar kecilnya shared memori. Aktifasi komponen dalam sistem operasi : a) Klik kanan pada my computer properties b) Komponen yang belum terinstall akan terlihat tanda peringatan. 5. ini digunakan untuk memilih urutan deteksi dari VGA yang terpasang di dalam system. Dalam VGA yang paling penting adalah Primary VGA BIOS. Pilih bagian “VGA Shared memory”. dan Onboard VGA. Jika VGA yang digunakan adalah Onboard maka di set dengan Onboard VGA. Secara umum untuk instalasi driver dari setiap komponen adalah sama. Aktivasi Komponen Melalui Sistem Operasi Untuk mengaktifkan komponen-komponen dalm system operasi harus dipersiapkan terlebih dahulu driver dari masing-masing komponen. Opsi ini terlatak dalam menu Advance lalu PCI Configuration. AGP VGA Card. Urutan tersebut diantaranya PCI VGA Card. seperti ini : . Untuk mengatur besarnya shared memori masuk ke menu “Advance Chip Configuration”. Besarnya nilai shared memori tergantung pada kemampuan VGA dan besarnya kapasitas RAM yang terpasang. Shared memori adalah memori yang digunakan oleh VGA sebagai buffer yang diambilkan dari RAM.

Lalu klik Next f) Setelah itu akan muncul kotak dialog yang menyuruh untuk memilih lokasi master driver anda disimpan untuk diinstal.c) Lalu klik kanan pada device yang belum diketahui lalu klik “Update Driver” jika anda ingin menginstal driver yang belum diketahui tersebut d) Lalu akan muncul kotak dialog kembali. sebaiknya anda memilih opsi yang bawah karena akan menginstal driver berdasarkan lokasi master driver anda disimpan. Lalu klik “Browse” untuk mencari dan memilih master driver anda yang telah disipan untuk diinstal. kali ini terdapat 3 pilihan yang harus dipilih. jika komputer anda tidak menggunakan internet direkomendasikan untuk memilih opsi yang paling bawah. Lalu klik Next e) Lalu akan muncul kotak dialog yang terdapat 2 opsi. Lalu klik Next .

2. Setelah selesai klik Finish INSTALASI SOFTWARE ARCVIEW 3. Lalu klik Next dan akan muncul persetujuan lisensi. jika sudah sesuai lalu komputer akan menginstal driver yang dipilih tadi. : Klim Next 5. Akan muncul kotak dialog instalasi ArcView GIS 3. Buka Windows Explorer 3. Masukkan CD master Arcview di CD ROOM pada komputer 2. Klik Yes .2 1.exe pada CD Master ArcView 4. Kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya seperti tampak pada tampilan-tampilan berikut ini. Cari File Setup.g) Lalu komputer akan mengecek driver anda yang kurang apakah sesuai dengan hardware komputer anda.

Pilih Local Instal Klik Next Pilih Typical Klik Next .

maka akan diminta untuk memasukkan User Name. Isikan User Name dan Company terserah anda.Klik Next Klik Install 6. dan Nomer serial/serial number . sedangkan serial number isikan angka : 825911109234 . Company. lanjutkan langkah-langkah di atas sampai selesai REGISTRASI SOFTWARE Untuk pertama kali menjalankan software ini setelah dilakukan instalasi program.

dalam praktek kali ini printer yang akan diinstal adalah printer Canon BJC-2100. Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut : . Windows akan secara otomatis menjalankan file eksekusi dan akan muncul kotak dialog seperti berikut : - Setelah itu tekan tombol Next. biasanya pada sistem operasi Windows XP akan secara otomatis menjalankan file instalasi driver tersebut.Masukan CD Driver bawaan printer tersebut. untuk konfirmasi bahwa Anda akan menginstall driver tersebut.INSTALASI DRIVER Pada instalasi driver. Dan setelah itu akan muncul kotak dialog seperti berikut : . .Setelah CD dimasukan.

tekan tombol Next dan proses instalasi akan selesai dan printer siap digunakan. untuk memulai proses instalasi dengan memilih option Printer Driver.tekan tombol Next dan proses Setelah pemilihan port selesai. - . .- Klik tombol Start.Setelah proses peng-copy-an file selesai. akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini. Setelah pemilihan port selesai. - Untuk selanjutnya tekan tombol Manual Selection untuk memilih port yang akan digunakan. Dan setelah itu akan muncul kotak dialog seperti berikut ini.

wb. setting BIOS.di dalam laporan ini disusun sebagai pembelajaran dasar pengoperasian komputer. . Terima Kasih.dll. jadi seluruh materi yang dituliskan di laporan ini merupakan langkah awal pengoperasian komputer. jika terdapat kesalahan maupun kekurangan sesuatu hal dari hasil laporan ini mohon dibenarkan. Wassalamu'alaikum wr. Kesimpulannya adalah tiada artinya jika seseorang ingin bisa mengoperasikan komputer tanpa mempelajari dan mendalami dasar-dasar yang ada pada komputer. instalasi windows. Semoga dari hasil laporan ini menjadi referensi tersendiri bagi pembacanya dan untuk ke depannya diharapkan dapat mencari bahkan menciptakan suatu teknologi yang lebih canggih tentang pengoperasian komputer. instalasi software dan driver.KESIMPULAN DAN SARAN Demikianlah hasil laporan saya tentang pengoperasian dasar komputer yang meluputi sejarah windows. kebutuhan hardware. Perbedaan pendapat tentu ada di dalam diri kita dan orang lain.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->