P. 1
Cara Kerja Motor 4 Tak Dengan 2 Tak

Cara Kerja Motor 4 Tak Dengan 2 Tak

|Views: 11|Likes:
Published by Idinkzz Acep
prinsip kerja motor bakar
prinsip kerja motor bakar

More info:

Published by: Idinkzz Acep on Feb 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/06/2013

pdf

text

original

latihan internet | cara kerja motor 4 tak dengan 2 tak

Copyright tehnik satriaiaq@webmail.umm.ac.id http://tehnik.student.umm.ac.id/2010/07/29/cara-kerja-motor-4-tak-dengan-2-tak/

cara kerja motor 4 tak dengan 2 tak
Penyebab dari perbedaan sisa emisi gas buang ini adalah desain ruang bakar dan cara kerja dari masing-masing mesin. Rancangan mesin 4 langkah lebih kompleks dibandingkan mesin 2 langkah. Itu dibuktikan dengan pergerakan poros engkolnya untuk menghasilkan satu tenaga adalah 2 kali putaran. Sedangkan 2 tak cukup 1 putaran saja. Mesin 4 tak, dilengkapi dengan katup pada masing-masing sistem pasokan bahan bakar dan pembuangan gas buang, sehingga hampir tidak ada campuran udara dan bensin yang terbuang percuma ke saluran gas pembuangan (knalpot).

Cara kerja ruang bakar 4 tak amat berbeda dengan 2 tak. "Kalau 4 tak, piston menghisap campuran udara dan bahan bakar kedalam ruang bakar. Kemudian campuran gas bahan bakar ini dipadatkan dan dibakar sehingga menghasilkan tenaga," jelas sumber Otokir, yang bekerja sebagai teknisi senior di salah satu merek pabrikan motor Jepang.

Selain itu, sistem pelumasan pun didesain tersendiri, yaitu oli disimpan dalam bak pelumas sehingga oli tidak tercampur dengan bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar. Kelebihan mesin empat langkah ini pembakaran pun hanya menghasilkan sedikit asap. "Sistem penyimpanan olinya dirancang terpisah. Itu membuat sisa pembakaran 4 tak tidak menghasilkan asap sepekat motor 2 tak," katanya.

Mengapa 2 tak, menghasilkan asap buang yang lebih pekat? Karena lubang pasokan udara-bensin dan pembuangan mesin 2 tak tidak dilengkapi dengan katup. Proses pembakaran pun jadi kurang sempurna. Terutama pada saat langkah membuang sisa gas pembakaran, bersamaan dengan masuknya campuran bensin-udara ke ruang bakar. Dampaknya banyak gas murni yang belum terbakar pun ikut pula terbawa arus melewati lubang buang.

sumber: scribd

page 1 / 1

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->