LAPORAN MAGANG

KELOMPOK

PT. BPR BUDI SETIA

OLEH: Irfan Fajar Satria : 2007/84853

Program Studi Manajemen FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2009

1

4. Selesainya laporan magang ini tidak mungkin terwujud tanpa bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis ucapkan banyak terima kasih kepada: 1. demi kesempurnaan laporan magang ini tim penulis mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat membangun dari pembaca. 2. sehingga tim penulis dapat menyelesaikan laporan magang atas praktek non kependidikan/magang keahlian yang dilaksanakan di pada bulan Juli-Agustus 2010. Rekan-rekan dan sahabat yang telah memberikan berbagai masukan dan saran yang sangat membantu tim penulis dalam proses pembuatan paper ini. sebagai dosen pembimbing dalam mata kuliah Praktek Non Kependidikan/Magang yang telah memberikan bimbingan dan arahan sehingga laporan magang ini dapat diselesaikan. 2 . Pimpinan yang telah memberikan kesempatan bagi penulis untuk mempraktekkan dan melihat secara langsung penerapan dari teori-teori yang telah diperoleh dari bangku perkuliahan. 3. Serta semua pihak yang telah membantu penulis dalam penulisan laporan magang ini.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-NYA. Untuk itu. Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan magang ini masih banyak terdapat kekurangan dan keterbatasan sehingga hasilnya masih jauh dari sempurna.

November 2010 Tim Penulis 3 .Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih semoga laporan magang ini bermanfaat bagi pembaca. Padang. khususnya bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Praktek Non Kependidikan/ Magang.

. i ii iii v 1 2 2 3 3 4 5 7 8 8 8 9 9 4 ........................................................... Visi dan Misi Perusahaan........................... Simpulan.......................................... Struktur Organisasi......... Sejarah....................... Tujuan Magang Keahlian......... Sistem Magang Keahlian di Perusahaan................................................................................... Kegiatan Magang Keahlian di Setiap Bagian di Perusahaan..................... 2... Gambaran Umum Perusahaan.................... BAB IV SIMPULAN DAN SARAN 1............ ............................ 5..................................................... 3..................... 2.................................................................................. 3............................................... BAB III PELAKSANAAN MAGANG KEAHLIAN 1................................................... Ruang Lingkup Usaha ............................. 3................................................................... LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.............................DAFTAR ISI Halaman LEMBAR PENGESAHAN DARI PERUSAHAAN................................ LAMPIRAN Jurnal Harian............. BAB I PENDAHULUAN 1................................................................................... Saran. 2..................................... 4............................. 2................................................................ Manfaat Magang Keahlian.................................................... BAB II NAMA INSTANSI/PERUSAHAAN TEMPAT MAGANG 1...... KATA PENGANTAR..................................................................................... DAFTAR ISI.................................... Latar Belakang Magang Keahlian......................................................... Pengalaman Positif yang Diperoleh dari Kegiatan Magang Keahlian................

5 . khususnya pada tingkat pendidikan tinggi. Magang keahlian ini juga merupakan salah satu proses pembelajaran bagi mahasiswa yang mendukung program pendidikan di Fakultas Ekonomi dan program praktis yang ditemukan di lapangan. Praktek magang keahlian ini sekaligus dimasudkan untuk memahami kemampuan dasar apa yang sebenarnya diinginkan dunia kerja untuk dikembangkan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang sebagai lembaga Ppenghasil tenaga professional yang berorientasi pada dunia kerja ( dunia usaha dan industri ). Magang keahlian merupakan mata kuliah yang wajib diikuti yaitu dengan melaksanakan pekerjaan yang nyata di dunia usaha. Magang keahlian ini sekaligus dimaksudkan untuk memahami dan mencari kemampuan dasar apa yang sebenarnya diinginkan dunia kerja. Latar Belakang Kegiatan magang merupakan kegiatan kurikuler yang dirangkum dalam sebuah mata kuliah yaitu magang keahlian (PL Non Kependidikan). Melalui magang keahlian ini diharapkan adanya suatu kecocokan materi yang telah dipelajari pada waktu kuliah dengan pelaksanaan kegiatan sesungguhnya di dunia usaha dan industri. industri dan instansi pemerintah. Penyelenggaraan pendidikan keahlian professional yang memadukan secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang dengan program pengusaan keahlian yang diperoleh secara langsung melalui pengalaman di dunia kerja yang mengarah kepada pencapaian tingkat keahlian professional tertentu. Selain itu akan diperlukan suatu sinergi antara dunia usaha dengan lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.BAB I PENDAHULUAN A.

Hasil kegiatan ini akan menjadi salah satu syarat dan aspek penentu bagi keberhasilan mahasiswa dalam menamatkan pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. B. Program Studi Manajemen Pemasaran. c) Sebagai feed back dalam melakukan penyempurnaan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja. dalam menghadapi dunia kerja nantinya b) Meningkatkan wawasan penulis dengan pembelajaran melalui proses pendidikan dan latihan kerja pada PT.BPR Budi Setia c) Untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan mata kuliah Praktek lapangan Non Kependidikan pada Universitas Negeri Padang. sehingga memiliki keterampilan sesuai tuntutan lapangan kerja b) Sebagai pedoman nantinya bagi penulis dalam mencari pekerjaan maupun dalam menjalankan pekerjaan. Manfaat Magang a) Menambah wawasan didalam dunia kerja.BPR Budi Setia.Praktek Magang Keahlian merupakan kegiatan kurikuler yang dikemas dalam sebuah mata kuliah yaitu Magang Keahlian. khususnya dibidang perbankan. C. kurikulum ini merupakan proses membekali mahasiswa dengan keahlian praktikum yang memperkenalkan situasi dan diharapkan lebih memahami dan memiliki keterampilan dalam suatu disiplin ilmu. 6 . Tujuan Magang a) Meningkatkan pengetahuan melalui pengalaman kerja yang di peroleh dari PT. d) Menghasilkan mahasiswa yang memiliki keahlian professional dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.

7 .BPR Budi Setia ini adalah: ”Berperan aktif dalam pembangunan ekonomi kerakyatan di Kota Padang dan sekitarnya. Misi Untuk mewujudkan visi tersebut maka PT. Visi Adapun visi dari PT.BPR Budi Setia 1. Visi Dan Misi PT. Mengurangi tingkat pengangguran dan membuka lapangan kerja / usaha baru dalam wilayah Kota Padang dan sekitarnya. b. 2.BAB II LATAR BELAKANG TEMPAT MAGANG A. Menjadi Mitra Pemerintah Kota dalam pembangunan dan pengembangan. untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat golongan ekonomi lemah”. c.BPR Budi Setia melaksanakan misi antara lain: a. Mengembangkan potensi pengusaha kecil dan mikro. yang belum diakses oleh Bank Umum dan Lembaga Keuangan Mikro lainya.

5 oktober 2006. BPR Budi Setia PT. dan juga menyediakan tempat penyimpanan uang bagi nasabah. SH 8 .BPR Budi Setia telah mempunyai dua kantor adalah sebagai berikut: a) Kantor Pusat Jl. BPR Budi Setia mulai beroperasional pada tanggal 1 November 2006 setelah dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur Bank Indonesia tentang Izin Operasional No. SE : Zulyahdi.gbi/2006 tgl. BPR Budi Setia berdiri berdasarkan Akta Notaris H. Prof. Disini dapat dilhat juga Komisaris dan Dewan Direksi yang mengelola PT. 115 Air Tawar b) Kantor kas di Jl. Dr. karna semakin banyaknya masyarakat yang membutuhkan pekerjaan maka PT. 305 Rawang. memberikan pinjaman untuk kepentingan lainya. Atas perkembangan usaha PT. BPR Budi Setia merupakan usaha perbankan yang di utamakan untuk membantu masyarakat golongan menengah kebawah. pada saat ini PT. Padang Selatan : Ahmad F. C14811HT0. Hendri Final. SE : Drs H. Sejarah PT. Hamka No. BPR Budi Setia bisa memberikan tambahan modal usaha bagi masyarakat yang benarbenar membutuhkanya. serta telah dikenal luas oleh masyarakat kota Padang. Ali Mukhni : Chairul Oesman. SH tanggal 11 Februari 2006 dan Keputusan Mentri Kehakiman dan HAM No.BPR Budi Setia terus memperlihatkan perkembangan yang sangat berarti. PT.B. tH 2006 tanggal 19 Mei 2006. 8/72/KEP. Gambaran Umum PT. Sutan Sahrir No. Taufik. BPR Budi Setia: Komisaris Komisaris Utama Komisaris Direktur Direktur Utama Direktur C.

Ruang Lingkup Usaha Berdasarkan undang-undang perbankan No. BPR Budi Setia Struktur organisasi yang baik merupakan suatu kerangka yang menyeluruh yang menggambarkan hubungan antara dengan bawahan yang mencakup tugas serta wewenang dalam satu kesatuan yang utuh. sehingga mungkin untuk diadakan penyesuaian tanpa harus melakukan perombakan total. BPR Budi Setia itu sendiri adalah : )1 Menghimpunan dana dari Masyarakat )2 Memberikan kredit )3 Memberikan pelayanan deposito dan tabungan bajapuik )4 Menerbitkan Surat Pengakuan Hutang )5 Membeli.D. Struktur Organisasi PT. dan bentuk lainnya yang sejenis dengan itu kemudian menyalurkan dalam kredit kepada usaha-usaha yang produktif. deposito. menjual atau menjamin atas resiko sendiri maupun untuk kepentingan dan atas perintah nasabahnya atas instrument surat berharga )6 Memindahkan uang. karena adanya pembagian tugas dan wewenang yang dihubungkan dengan tanggung jawab antara karyawan. Struktur dikatakan baik bila di dalam struktur organisasi tersebut sederhana dan fleksibel. Jadi dapat kita lihat beberapa Tugas dan Usaha dari PT. 10 tahun 1998 “ BPR adalah Bank yang usaha pokoknya menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan. Struktur organisasi dapat juga diartikan sebagai suatu bentuk diagram yang menunjukkan segi-segi penting suatu organisasi yang meliputi fungsi pokok yang berhubungan dengan saluran pengawasan dan wewenang yang berhubungan dengan setiap pegawai yang diberi tugas dan fungsi. baik untuk kepentingan sendiri maupun untuk kepentingan nasabah 9 . sehingga memudahkan untuk melakukan evaluasi perusahaan. Struktur juga dapat membantu proses proses pengendalian dari aktifitas perusahaan yang dilakukan.

)7 Menerima pembayaran dari tagihan atas surat berharga dan melakukan perhitungan dengan atau antar pihak ketiga )8 Menyediakan tempat untuk menyimpan barang dan surat berharga )9 Melakukan kegiatan penitipan untuk kepentingan pihak lain berdasarkan suatu kontrak )10 Penyertaan modal )11 Melakukan kegiatan lain yang lazim dilakukan oleh lembaga perbankan sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundangundangan yang berlaku 10 .

BPR Budi Setia. Kegiatan Di Perusahaan Dalam pelaksanaan kegiatan magang keahlian. bagian kredit. mahasiswa ditempatkan pada bagian dana dan umum. maksudnya disini adalah peserta magang diberikan pekerjaan secara bergantian dalam bidang apapun. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa lebih mengerti dan mendalami segala pekerjaan yang ada pada PT. Pengalaman Positif Yang Diperoleh Dari Kegiatan Magang Dalam pelaksanaan magang keahlian di PT. kami mendapatkan beberapa pengalaman yang berharga antara lain : 1) Mengetahui suasana dan iklim kerja pada dunia perbankan 2) Mengetahui proses penyusunan sistem manajemen perbankan 3) Mengetahui aplikasi manajemen yang diperoleh pada bangku kuliah di dunia perbankan serta penerapannya 4) Mengetahui cara menghadapi nasabah 5) Mengetahui bagaimana syarat dalam pemberian kredit 6) Mengetahui dan mempelajari sistem kerja master akuntansi di dalam perbankan 7) Mengetahui bagaimana melayani nasabah dengan baik 11 . Selengkapnya dapat dilihat pada jurnal terlampir. BPR Budi Setia. seperti di bagian mutasi. khususnya pada bagian costumer service. BPR Budi Setia yaitu sistem Rolling. C.BAB III PELAKSANAAN MAGANG KEAHLIAN A. pemindah bukuan ( Mutasi ). kredit. maupun bagian pelayanan nasabah. B. Sistem Magang Keahlian di Perusahaan Sistem magang yang diterapkan di PT.

selama ini bukti fisik (physical evidence) kurang mendukung. Simpulan Melalui kegiatan magang keahlian yang dilaksanakan di PT. BPR Budi Setia benar-benar bisa menjadi penggerak dan penunjang ekonomi masyarakat. BPR Budi Setia harus lebih di tingkatkan agar menunjang kinerja perusahaan. dan lebih memaksimalkan peluang yang ada untuk mempromosikan produk yang disediakan. 3) Bukti fisik PT. 12 . 2) PT. BPR Budi Setia harus lebih meningkatkan mutu dan kinerja karyawanya. mahasiswa di ajarkan berbagai pengetahuan dalam bidang usaha khususnya perbankan. B.BAB IV SIMPULAN DAN SARAN A. Sebaiknya diberikan pagar pembatas. dengan meningkatkan mutu kinerjanya dan dapat memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat. Jadi dalam pelaksanaan magang ini berpeluang menghasilkan mahasiswa yang memiliki keahlian professional dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja. disini mahasiswa memperoleh pengetahuan dan program praktis di lapangan. adanya tukang ojek. Saran 1) Penulis sangat megharapkan agar pada masa yang akan datang PT. ini terbukti dengan adanya tempat sampah. BPR Budi Setia. 4) Kegiatan magang keahlian harus tetap dipertahankan serta ditingkatkan mutu dalam pelaksanaannya sehingga dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Mahasiswa juga dapat menerapkan teori-teori yang diperoleh di bangku perkuliahan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful