P. 1
Pertemuan 1 Grafis

Pertemuan 1 Grafis

|Views: 6|Likes:
Published by Arya' Yudha
corel
corel

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Arya' Yudha on Feb 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $10.00 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

01/11/2014

$10.00

USD

pdf

text

original

STANDAR KOMPETENSI

“Menggunakan perangkat lunak pembuat desain grafis”

KOMPETENSI DASAR 1. Membuat grafis dengan berbagai variasi warna. bentuk dan ukuran . 3. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis 2. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat desain grafis.

Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis .1.

Grafik Vektor • Aplikasi yang digunakan CorelDRAW.Memahami Tipe Grafik 1. Photoshop. Photo Impact dan lain-lain 1. Image Bitmap • . Freehand dan lain-lain Aplikasi yang digunakan CorelDRAW.

GRAFIK VEKTOR • Mendefinisikan gambar berdasarkan bentuknya • Tampilan di Layar Monitor atau hasil cetakannya. tulisan atau gambar lain yang mengharuskan batasnya tegas dan jelas . tidak akan pecah apabila diatur ulang ukurannya (diperbesar atau diperkecil) • Pada umumnya grafik vektor digunakan untuk membuat logo.

IMAGE BITMAP • Mendefinisikan Gambar berdasarkan titik-titik warna (piksel) • Hasil cetakannya akan pecah apabila diatur ulang ukurannya (diperbesar atau diperkecil) • Image Bitmap biasa digunakan untuk mengolah gambar yang terdapat warna gradasi dan tidak mempunyai batas yang tegas. misalnya foto .

PENGENALAN FORMAT GAMBAR • Format GIF (Graphics Interchange Format) • Format JPEG (Joint Pothographic Experts Group) .

.Dapat mendukung proses transparansi pada gambarnya.Format GIF • Kelebihan: .Dapat membuat file animasi dengan format ini • Kekurangan – Format GIF hanya mendukung komposisi warna hingga 256 . . .Dapat menempatkan gambar GIF dengan latar belakang gambar apa saja.Merupakan format gambar yang ukuran filenya kecil sehingga format gambar ini lebih disukai dan proses loading gambar ini lebih cepat.

sehingga foto dengan format JPEG memiliki kualitas yang bagus • Kekurangan : – Tidak mendukung transparansi atau animasi .Format JPEG • Kelebihan : – Memiliki kemampuan komposisi warna hingga di atas 16 juta warna (True Color).

Mengenal Corel Draw • CorelDRAW merupakan program aplikasi pengolah obyek vektor yang dibangun dengan alat-alat atau perintah-perintah yang mudah digunakan. Pada awalnya CorelDRAW merupakan program yang dikhususnya untuk mengelola grafik vektor namun seiring dengan perkembangannya. web dan keperluan lainnya. Biasanya program ini digunakan untuk keperluan cetak. CorelDRAW dapat digunakan untuk bekerja dengan grafik vektor dan image bitmap .

sehingga akan muncul kotak dialog Welcome to CorelDRAW seperti gambar di bawah ini : .Menjalankan CorelDRAW Untuk menjalankan sebagai berikut : CorelDRAW. langkah-langkahnya Klik Start  Program  Corel Graphic Suite  CorelDRAW.

atau menampilkan informasi yaitu :  New Graphic : untuk membuat dokumen baru  Open Last Edited : untuk membuka dokumen yang terakhir kali diedit  Open Graphic : untuk membuka kotak dialog Open dan menentukan dokumen yang akan dibuka  Template : untuk membuka kotak dialog Template dan membuat dokumen berdasarkan dokumen Template yang tersimpan di dalam kotak dialog tersebut.  CorelTUTOR : untuk membuka tutorial CorelDRAW  What’s New : untuk menampilkan informasi terbaru dari CorelDRAW .• Di dalam kotak dialog tersebut terdapat tombol-tombol yang berfungsi untuk membuat atau membuka dokumen.

Area Kerja CorelDRAW .

berisi warna-warna untuk diterapkan pada objek. I (Objek Gambar) : Pada contoh gambar ada dua objek gambar yaitu objek poligon bergambar bintang dan objek kotak persegi empat. F (Toolbox) : Berisi tool-tool untuk menggambar dan mengedit objek. G (Color Palette) : Disebut juga kotak warna.• Keterangan : A (Title Bar) B (Menu Bar) C (Tool Bar) D (Ruler) E (Property Bar) atau dengan : Bar yang terletak di bagian atas jendela kerja dan berisi nama dokumen yang sedang dibuka. J (Transformasi Objek) : Pada waktu akan memproses objek gambar dengan media mouse Sistem akan menampilkan objek tersebut dalam bentuk transformasi. juga dapat menentukan satuan unit pengukuran : Pada bagian ini diletakan sistem tombol proses berbentuk icon gambar berlabel teks untuk mempermudah suatu proses yang berhubungan alat pada fasilitas toolbox terpilih. K (Document Navigator) : Untuk mengatur pemakaian dokumen yang terdiri dari beberapa halaman . terdapat nama file gambar (CDR) : Berisi kelompok perintah sesuai katergorinya masing-masing : Berisi tool-tool pengeditan yang merupakan alternatif dari penggunaan perintah di dalam Menu Bar. hanya objek gambar yang ada pada halaman cetak saja yang dapat dicetak pada printer. H (Printable Page) : Disebut juga halaman cetak. : Penggaris yang berguna pada saat mendesain suatu gambar yang memerlukan ketepatan posisi.

Membuat Dokumen Baru • Klik menu File New atau • Klik tombol New yang terletak pada tombol toolbar atau • Klik tombol Ctrl + N pada Keyboard Setelah dokumen ditampilkan. kita dapat menentukan ukuran kertas di dalam kotak Paper Type/ Size pada Property Bar. atau kita bisa menentukan ukuran kertas yaitu dengan mengisikan nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height yang terletak di sebelah kotak paper Type / Size .

kita dapat mengedit isi sesuai keinginan. Klik menu File  New from Template sehingga muncul kotak dialog Template 2. Setelah dokumen terbuat dan ditampilkan di dalam jendela kerja. .Membuat Dokumen Berdasarkan Template Dokumen template adalah dokumen yang desainnya sudah diatur. 1. Pilihlah kategori tamplate dan dokumen template yang disimpan di dalam kotak dialog tersebut dan klik OK 3.

Menyimpan. Membuka dan Menutup Dokumen o Menyimpan Dokumen :  Klik Menu File  Save  Klik tombol Save yang terletak pada Tool Bar  Klik Tombol Ctrl + S pada Keyboard o Membuka Dokumen :  Klik Menu File  Open  Klik Tombol Open yang terletak pada Tool Bar  Klik tombol Ctrl + O pada Keyboard o Menutup Dokumen :  Klik Menu File  Close  Klik tombol Close (X) yang terletak di sudut kanan atas jendela dokumen .

3. Sebutkan fungsi tombol template tersebut! Sebutkan fungsi dari :  Title Bar  Property Bar  Toolbox  Document Navigator Sebutkan langkah membuat dokumen berdasarkan Template! Sebutkan 3 cara menyimpan pada CorelDRAW! Fungsi tombol What’s New pada kotak dialog Welcome to CorelDRAW adalah! 7. . muncul kotak dialog Welcome to CorelDRAW dan di dalamnya terdapat tombol template. 5. Ada berapakah tipe grafik di dalam dunia grafis? Sebut dan Jelaskan! Apa yang dimaksud dengan Piksel? Jelaskan! Kepanjangan dari GIF adalah? Sebutkan perbedaan Format Gambar GIF dan JPEG! Sebutkan perbandingan komposisi warna Format GIF dan JPEG! Pada saat menjalankan CorelDRAW pertama kali. 6. 3. 1. 2. 2.Latihan Soal : 1. 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->