P. 1
Spesifikasi Kabel UTP

Spesifikasi Kabel UTP

|Views: 415|Likes:
Published by Heryanto Purnama
SPESIFIKASI UTP
SPESIFIKASI UTP

More info:

Published by: Heryanto Purnama on Feb 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/04/2015

pdf

text

original

OSpesifikasi Kabel UTP Kabel UTP itu adalah kabel khusus buat transmisi data.

UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair". Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan. UTP kabel adalah kabel yang terdiri dari 4 pasang (biru, oranye, hijau, dan coklat) kabel yang dipilih menurut aturan tertentu dan digunakan untuk mentransfer/menerima data atau gampangnya kabel yang dibuat kusus untuk transmisi data. Kabel ini terdiri dari 5 kategori tapi yang terkenal cuma 2 yaitu kategori 3 dan kategori 5. Masing - masing kategori punya spek yang berbeda : UPT kategori 3 mempunyai kecepatan transmisi data sampai 10 mbps dan UTP kategori 5 mempunyai kecepatan transmisi data sampai 100 mbps,dll tentunya. Pilih kabel sesuai keperluan,untuk menghubungkannya diperlukan alat tambahan : 1. konektor RJ-45 2. tang printing (printing tools) 3. HUB (kalo lebih dari 2 komputer) Untuk menghubungkan komputer - komputer tersebut ada 2 tipe konfigurasi kabel yang digunakan, yaitu tipe straight dan tipe cross. Straight (A-A/B-B) adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke HUB dan berkorespondensi 1-1, Sedangkan tipe Cross (A-B) digunakan untuk menghubungkan dua komputer,tidak berkorespondensi 1-1 karena ada persilangan pada susunan kabelnya. SISTEM STRUKTUR PENGKABELAN Ada 2 standard untuk strtuktur pengkabelan : a. EIA/TIA-568 yang dikeluakan oleh Electronic Industries Association dan Telecommunications Industry Association. b. ISO 11801 yang dikeluarkan oleh ISO. Type dan Jenis Kabel Setiap jenis kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasinya yang berbeda, oleh karena itu dibuatlah pengenalan tipe kabel. Ada dua jenis kabel yang dikenal secara umum, yaitu twisted pair (UTP unshielded twisted pair dan STP shielded twisted pair) dan coaxial cable. Cable Type Feature Type CAT 1 UTP Anlog(biasanya digunakan di perangkat telephone UTP pada umumnya dan pada jalur ISDN –integrated Type CAT 1 service digital networks.

20.up to 1 Mbits (sering digunakan pada topologi token ring) Type CAT 3 UTP/STP 16 Mbits data transfer (sering digunakan pada topologi token ring atau 10BaseT. kualitas pembungkusan kabel (isolator) dan juga untuk kualitas “belitan” (twist) masing-masing pasang kabel.STP-up to100Mhz 1 Gigabit Ethernet up to 100meters-4copper pairs. dan juga kualitas isolator sehingga bias mengurangi efek induksi antar kabel (noise bisa ditekan sedemikian rupa).2db(Gigabit Ethernet) Type CAT 7 up to 200 MHz or 700 Mhz (Gigabit Ethernet) Giga-Ethernet / 20. Type CAT 6 up to 155 MHz or 250 MHz 2. Perlu diperhatikan juga. Masing-masing merupakan seri revisi atas kualitas kabel. Type CAT 4 UTP. Type CAT 2 UTP . Selain itu juga untuk menentukan besaran frekuensi yang bisa lewat pada sarana kabel tersebut.(kedua jenis CAT5 sering digunakan pada topologi token ring 16Mbps.STP 20Mbit data transfer (biasanya digunakan pada topologi token ring) Type CAT 5 UTP.5 Gigabit Ethernet up to 100meters or 10Gbit/s up to 25 meters .Juga untuk menghubungkan modem dengan line telepon). Ethernet 10Mbprs atau pada FastEthernet 100Mbps).STP-up to100Mhz 100 Mbits data transfer / 22 db Type CAT 5enhanced UTP.8 db Pemberian kategori 1/2/3/4/5/6 merupakan kategori spesifikasi untuk masing-masing kabel tembaga dan juga untuk jack. spesifikasi antara CAT5 dan CAT5 enchanced mempunyai standar .

Banyak gedung menggunakan kabel ini untuk sistem telepon dan biasanya ada kabel ekstra yang dipasang untuk memenuhi pengembangan dimasa mendatang. Sebagai contoh penggunaa kebel UTP untuk sehari-hari adalah kabel telepon.blogspot. Salah satu alasan utama mengapa jenis kabel UTP ini sangat popular dibandingankan dengan jenis kabel lainnya adalah karena penggunaannya kabel UTP sebagai kabel telepon. Kabel CAT5e bisa digunakan untuk menghubungkan network hingga kecepatan 1Gbps. http://penthol-mulder. namun pada CAT5e sudah dilengkapi dengan insulator untuk mengurangi efek induksi atau electromagnetic interference. Yang membedakan antara telepon dengan computer dalam hal penggunakan kabel UTP ini terletak pada jack-nya atau konektornya.industri yang sama. Lebih jelasnya bisa dilihat koneksi dari telepon Anda yang menggunakan RJ-11.html . maka menjadi pilihan untuk membangun jaringan komputer.com/2010/12/spesifikasi-kabel-utp. Pada komputer digunakan RJ-45 yang dapat menampung 8 koneksi kabel sedangkan pada telepon digunakan RJ-11. dapat menampung 4 koneksi kabel dan ukurannya lebih kecil. Karena kabel ini juga bias digunakan untuk mentransmisikan data dan juga suara.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->