P. 1
pendahuluian isbd

pendahuluian isbd

|Views: 12|Likes:
Published by Rahmadhanningsih
pendahuluan
pendahuluan

More info:

Published by: Rahmadhanningsih on Feb 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

12/27/2013

$0.99

USD

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A. DASAR PEMIKIRAN
1. Latar Belakang Paedagogis Upaya untuk meningkatkan mutu dan hasil pendidikan, mendorong UNESCO (1998 ) Mendeklarasikan empat pilar pembelajaran yaitu : (1) learning to know (pembelajaran untuk tah ); (2) learning to do (pembelajaran untuk berbuat); (3) learning to be (pembelajaran untuk membangun jati diri); (4) learning to live together (pembeljaran untuk hidup bersama secara harmonis). Misi – misi ini khususnya learning to live together dalam bidang ilmu – ilmu sosial dan humaniora.

2. Dasar Yuridis Dalam undang – undang No 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional Psal 40 Ayat 1 butir e dikemukakan bahwa : “ pendidikan dan tenaga kependidikan berhak memperoleh „ kesempatan menggunakan sarana, prasarana, dan fasilitas pendidikan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas „.” Dalam Pasal 40 Ayat 2 butir a yang menyatakan bahwa pendidik berkewajiban “ menciptakan suasana yang bermakna, menyenangkan , kreatif, dinamis, dan diglogis “.

B. VISI, MISI, TUJUAN, DAN BAHAN ISBD
1. VISI ISBD Mahasiwa selaku individu dan makluk sosial yang beradap memiliki landasan pengetahuan,wawasan,serta keyakinan untuk bersikap kritis,peka dan arif dalam menghadapi persoalan sosial budaya yang berkembang dimasyarakat. 2. MISI ISBD a. Memberikan pengetahuan dan wawasan tentang keragaman,kesetaraan,dan martabat manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dalam kehidupan masyarakat.

2002 : 109 ) Bahwa makna makna esensial yang melekat dalam kehidupan masyarakat dan budaya manusia meliputi enam pola. .dan hukum dalam kehidupan masyarakat. hamba allah SWT. yang merupakan unsur kesatuan budaya.moral. Memberikan landasan pengetahuan dan wawasan yang luas serta keyakinan mahasiswa sebagai bekal hidup bermasyarakat. Etik.moral. Menumbuhkan sikap kritis.etika.teratur dan sejahtera c. sebagai warga negara. c.” Sedangkan Philip H. 3. masyarakat. dan Sinoptik.peka. Phenik ( 1964 : 6-8 ) mengemukakan bahwa : “ Pendidikan umum merupakan proses pembangkitan makna-makna yang esensial yang membimbing pelaksanaan hidup manusia melalui perluasan dan pendalaman makna-makna tadi “ selanjutnya Phenik mengatakan ( dalam Nursyid S.analitis. Empirik.hukum dan budaya sebagai landasan untuk menghargai dan menghormati antar sesama manusia sehingga akan terwujud masyarakat yang tertip. berhubungan dengan seluruh kehidupan yang memenuhi kepuasan dalam keluarga. Memberikan dasar-dasar nilai estetika. selaku umat yang terpadu serta penuh dengan makna kehidupan. b. TUJUAN ISBD a. yaitu Simbolik. Memberikan dasar-dasar untuk memahami masalah sosial dan budaya serta mampu bersifat kritis.b. 4.etika. TUJUAN ISBD SECARA UMUM ISBD termasuk kategori General Education (Pendidikan umum) yang bertujuan untuk membina individu (mahasiswa) untuk menjadi warga masyarakat dan warga negara yang baik yang mempersiapkan individu (mahasiswa) menjadi “Manusia yang sesungguhnya” yang manusiawi. Mengembangkan kesadaran manusia untuk mengetahui pengetahuan tentang keragaman dan kesetaraan manusia sebagai maklhuk individu dan makhluk sosial dalam kehidupan masyarakat.dan respontif untuk memecahkan masalah sosial budaya secara arif di masyarakat. anggota keluarga. sadar akan statusnya (sebagai individu.sebagai individu dan makhluk sosial yang beradap dalam memprktikkan pengetahuan akademis dalam pengetahuaannya.. tahu hak dan kewajiban. warga negara.dan arif pada mahasiswa dalam memahami dan memecahkan masalah sosial budaya dengan landasan nilai estetika. yang mampu mengenal diri sendiri dan manusia lain disekitarnya. Estetik. pekerjaan. Nursyid Sumaatmadja ( 2002 : 107 ) Mengatakan bahwa : “ Pendidikan umum mempersiapkan generasi muda terlibat dalam kehidupan umum sehari-hari dalam kelompok mereka.

klasifikasi nilai. akan tetapi model pembelajaran problem solving. BEBERAPA ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN ISBD Ceramah. Tujuannya merupakan “….specific virtues. yaitu collection of learning experience yang terdapat dalam pikiran serta didik baik yang berwujud pengetahuan. Kompromi antara pendapat pertama dan kedua ISBD harus merupakan : a. PENTINGNYA PENDEKATAN INTERDISIPLIER DALAM ISBD Penggunaan pendekatan multidisiplin dalam proses pembelajaran ISBD bias menggunakan pendekatan structural. yaitu beberapa disiplin ilmu sosial atau displin ilmu budaya digunakan sebagai alat untuk menkaji masalah. tetapi sistematika salah satu struktur disiplin tertentu masih terlihat dominan sebagai pisau analisisnya. inquiry. Tanya jawab. Pengertian Istilah portofolio yang paling sering dikenal terdapat dilapangan pemerintahan. science technology and society. “kegiatan social paedagogis “. Tujuannya menumbuhkan warga Negara yang baik 3. E. yaitu : 1. studi sosial. dan studi kebudayaan memiliki tujuan yang beragam. PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO 1. to be transmitted to the student.Jika dikaji secara historis. 64. social action model. hlm. .…storehouse of knowledge.skills. sikap. serta portofolio based learning sangat diperlukan untuk mengembangkan empat pilar pendidikan yang dikemukakan UNESCO. Mendidik mahasiswa menjadi ahli dibidang ilmu 2. dan diskusi tentu saja masih dipandang penting terutama untuk memberikan penjelasan dasar – dasar ilmiah serta materi esensial yang menadi basic concept masalah yang akan di bahas.3 ) b. Bahan peljaran harus merupakan sebagian dari hasil penelitian ilmu-ilmu social dan budaya yang dipilih dan diramu sehingga cocok untuk program pendidikan. terutama ketika menunjuk pada menteri yang tidak membawahi suatu departemen. D. biasanya menteri seperti itu disebut menteri Negara atau minister without portofolio.a body of predigested and organized knowledge.the presumed product of research in the social sciences.” c. C. Simplifikasi dan distalasi dari berbagai disiplin ilmu social dan budaya untuk kepentingan pendidikan ( Wesley. maupun keterampilan.

c. Multi disiplin secara integratif untuk memecahkan masalah sosial budaya. Trans disiplin (Penggunaan berbagai disiplin ilmu dari sudut pandang yang berbeda ) copy right : Pak basuki haryono . Penyajian portofolio ( show case ) f. Memilih masalah untuk kajian kelas c. d. Mengidentifikasi masalah b. Interdisipliner (Menggunakan berbagai disiplin ilmu secara terpadu dalam mengkaji suatu masalah). Kriteria penilaian portofolio selesai F. langkah – langkah pembelajaran Langkah pembelajaran berbasis portofolio ( D. a. Mengumpulkan imformasi tentang masalah yang akan dikaji oleh kelas d. 2. Budimansyah. 2002 ) meliputi kegiatan sebagai berikut. b. PENDEKATAN DALAM MENGKAJI ISBD a. yaitu inovasi pembelajaran yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami teori secara mendalam melalaui pengalaman belajar praktik empiris.Sedangkan sebagai model pembelajaran boediono ( 2001 ) mengatakan bahwa portofolio merupakan bentuk dari praktik belajar kewarganegaraan. Eross disipliner (Penggunaan dua disiplin dengan sudut pandang yang berbeda). Mengembangkan portofolio kelas e.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->