P. 1
Struktur Atom

Struktur Atom

|Views: 319|Likes:
Published by Indra D. Winarko

More info:

Published by: Indra D. Winarko on Feb 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/01/2015

pdf

text

original

BAB I STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR

A. STANDAR KOMPOTENSI 1 :

Mendeskripsikan struktur atom,sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia serta struktur molekul dan sifat-sifatnya. Mengidentifikasi atom, struktur atom, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik dari tabel periodik.

B. KOMPETENSI DASAR 1.1 :

Indikator : 1. Siswa dapat membandingkan perkembangan sistem periodik melalui studi kepustakaan. 2. Siswa mampu menentukan golongan dan perioda unsur-unsur dalam tabel periodik. 3. Siswa dapat menentukan struktur atom berdasarkan tabel periodik. 4. Siswa dapat menentukan elektron valensi unsur dari konfigurasi elektron dari tabel periodik. 5. Siswa dapat menentukan jumlah proton, elektron dan netron suatu unsur berdasarkan nomor atom dan nomor massanya atau sebaliknya. 6. Siswa dapat menentukan isotop, isoton, dan isobar suatu unsur. 7. Siswa dapat menentukan sifat-sifat unsur, massa atom relatif dari tabel periodik. 8. Siswa mampu menganalisis tabel periodik atau grafik sifat keperiodikan unsur (jari-jari atom, afinitas elektron, energi ionisasi, dan keelektronegatifan). 9. Siswa dapat membandingkan perkembangan teori atom mulai teori atom Dalton hingga teori atom Niels Bohr.

C. MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI : 1. SISTEM PERIODIK UNSUR Untuk mempelajari pengelompokan unsur berdasarkan sifatnya dapat digunakan suatu tabel yang dikenal nama sistem periodik unsur. Sistem periodik unsur yang kita gunakan sekarang adalah sistem periodik panjang yang disusun berdasarkan kenaikan nomor atom dan kemiripan sifat. a. Perkembangan Sistem Periodik Unsur Perkembangan dasar pengelompokan unsur-unsur adalah sebagai berikut : 1) Pengelompokan berdasarkan logam dan bukan logam Berdasarkan kemiripan sifat fisik, unsur-unsur dikelompokkan dalam logam dan bukan logam. Unsur logam misalnya, besi, emas, dan tembaga. Unsur bukan logam misalnya, karbon, belerang, oksigen dan nitrogen. 2) Hukum Triade Dobereiner Dobereiner mengelompokkan unsur berdasarkan kemiripan sifat kimia dan kenaikan massa atom, yang tiap kelompok terdiri dari 3 unsur. Hukum Triade berbunyi :

1

“Jika tiga unsur di dalam triade disusun menurut kenaikan massa atomnya, massa atom unsur di tengah (ke-2) sama dengan massa atom rata-rata unsur ke-1 dan ke-3”. 3) Hukum Oktaf New Lands New Lands mengelompokkan unsur berdasarkan kemiripan sifat kimia dan kenaikan massa atom. Unsur yang pertama mempunyai sifat seperti unsur ke-8 dan seterusnya. Hukum Oktaf dari New Lands berbunyi : “Jika unsur-unsur disusun berdasarkan kenaikan massa atomnya, sifatnya akan berubah secara teratur atau periodik”. 4) Hukum Periodik Mendeleyev-Lothar Meyer Penyusunan unsur berdasarkan pada kenaikan massa atom ternyata diikuti perubahan sifat secara periodik. Lothar Meyer mendasarkan pada sifat kimia. Ternyata menghasilkan penemuan yang mirip. Hukum Periodik Modern dikemukakan oleh Mosseley. Unsur disusun menurut kenaikan nomor atom, diikuti perubahan sifat secara periodic. Sifat unsur berhubungan dengan konfigurasi elektron, konfigurasi electron berdasarkan nomor atomnya. Hukum Periodik Modern disebut Sistem Periodik bentuk panjang. 5) Sistem Periodik Modern/Bentuk Panjang Sistem periodik ini merupakan hasil penyempurnaan sistem periodik Mendeleyev, disusun oleh H. G. J. Mosseley, terdiri atas lajur vertikal atau golongan dan baris horizontal atau periode. Sistem periodik panjang digambarkan sebagai berikut : Bagan Sistem Periodik Modern

2

Sistem periodik bentuk panjang terdiri atas : a) Lajur vertikal yang disebut GOLONGAN dan ditulis dengan angka Romawi Golongan terdiri dari : 1. Golongan Utama (Golongan A) Golongan utama terdiri dari : Golongan IA Golongan IIA Golongan IIIA Golongan IVA Golongan VA Golongan VIA Golongan VIIA Golongan VIIIA : Golongan Alkali : Golongan Alkali tanah : Golongan Aluminium : Golongan Karbon : Golongan Nitrogen : Golongan Kalkogen : Golongan Halogen : Golongan Gas Mulia

2. Golongan Transisi (Golongan B) Golongan transisi ( golongan B ) terdiri dari : Golongan Transisi (golongan B), yaitu golongan IIIB, IVB, VB, VIB, VIIB, VIIIB, IB, dan IIB Golongan Transisi Dalam, ada dua deret yaitu : Deret Lantanida (unsur dalam deret ini mirip sifat dengan 57La) Deret Aktinida (unsur dalam deret ini mirip sifat dengan 89Ac) Unsur yang berbeda dalam 1 golongan mempunyai persamaan sifat disebabkan karena mempunyai elektron valensi (elektron dikulit terluar) yang sama. b) Lajur Horizontal disebut periode dan ditulis dengan angka Arab Periode 1, terdiri dari 2 buah unsur Periode 2, terdiri dari 8 buah unsur Periode 3, terdiri dari 8 buah unsur Periode 4, terdiri dari 18 buah unsur Periode 5, terdiri dari 18 buah unsur Periode 6, terdiri dari 32 buah unsur Periode 7, terdiri dari 23 buah unsur (belum lengkap)

3

c. Cara menentukan golongan dan periode suatu unsur Unsur Golongan A Cara menentukan golongan dan periode pada unsur golongan A adalah sebagai berikut : 1. Membuat konfigurasi elektronnya 2. Menentukan elektron valensinya (untuk menentukan golongan) 3. Menentukan nomor kulit terluarnya (untuk menentukan periode)

6) Sifat-Sifat Periodik Unsur Sifat-sifat periodik unsur meliputi jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan. a) Jari-Jari Atom Jari-jari atom adalah jarak antara inti atom dan elektron pada kulit terluar. Dalam satu periode dari kiri ke kanan makin kecil. Dalam satu golongan dari atas ke bawah makin besar jari-jari atomnya. Grafik hubungan antara jari-jari atom dan nomor atom adalah sebagai berikut :

b) Energi ionisasi atom potensial ionisasi Adalah energi minimum yang diperlukan untuk melepas satu elektron dari suatu atom atau ion dalam wujud gas. Dalam satu periode dari kiri ke kanan makin besar. Dalam satu golongan dari atas ke bawah makin kecil energi ionisasinya. Dapat ditulis :
4

Dalam satu golongan, dari atas ke bawah jari-jari atom sehingga daya tarik inti terhadap elektron terluar makin kecil, menyebabkan elektron mudah dilepas. Energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron makin kecil. Dalam satu periode, dari kiri ke kanan daya tarik inti makin besar, sehingga elektron sulit dilepaskan. Energi yang digunakan untuk melepaskan elektron makin besar.

Grafik hubungan energi ionisasi pertama dan nomor atom ialah sebagai berikut :

e. Afinitas elektron Adalah besarnya energi yang dibebeaskan oleh suatu atom dalam bentuk gas pada waktu menerima sebuah elektron. Dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin besar. Dalam satu golongan dari atas ke bawah makin kecil. Dapat ditulis : Makin besar afinitas elektron (makin negatif) berarti makin mudah menerima elektron. Makin kecil afinitas elektron (makin positif) makin sulit menerima elektron.

f) Keelektronegatifan Adalah suatu bilangan yang menyatakan kecederungan suatu unsur menarik elektron dalam suatu ikatan kimia. Dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin besar. makin kecil.
5

Dalam satu golongan dari atas ke bawah

Dapat ditulis : Makin besar keelektronegatifan, unsur cenderung makin mudah membentuk ion negatif. Makin kecil keelektronegatifan, unsur cenderung makin sulit

membentuk ion negatif, tetapi cenderung makin mudah membentuk ion negatif. Harga keelektronegatifan unsur-unsur dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Pilihlah salah satu jawaban yang benar ! 1. Apabila unsur-unsur dikelompokkan berdasarkan kenaikan massa atom relatifnya, unsur yang nomor 8 mempunyai kemiripan sifat dengan unsur kesatu. Pengelompokan unsur ini dikemukakan oleh ….. a. Dobereiner b. Newland c. Mosseley d. Mendeleyev e. Lothar Meyer 2. Sistem periodik yang kita gunakan sekarang hasil penyempurnaan sistem periodik ….. a. Dobereiner b. Newland c. Mosseley d. Mendeleyev e. Lothar Meyer 3. Sistem periodik modern disusun berdasarkan ….. a. Sifat fisis unsur
6

b. Sifat kimia unsur c. Susunan elektron unsur d. Massa atom unsur e. Berat atom unsur 4. Unsur-unsur yang terletak pada periode yang sama mempunyai ….. a. Elektron valensi yang sama b. Jumlah kulit yang sama c. Sifat fisis yang sama d. Sifat kimia yang sama e. Jumlah elektron yang sama 5. Dalam sistem periodik yang kita gunakan sekarang unsur-unsur yang satu golongan mempunyai ….. a. Nomor atom sama b. Jumlah elektron sama c. Massa atom sama d. Elektron valensi sama e. Nomor kulit sama 6. Nama golongan untuk unsur-unsur golongan IIA adalah ….. a. Alkali b. Alkali tanah c. Halogen d. Gas mulia e. Golongan karbon 7. Unsur dengan konfigurasi elektron : 2 . 8. 2 dalam SPU terletak pada golongan dan perioda ….. a. IIA perioda 2 b. IIA perioda 8 c. IIA perioda 3 d. IIIA perioda 2 e. IIIA perioda 3 8. Unsur X terletak pada golongan VA perioda 3 mempunyai konfigurasi elektron...... a. 2 . 8 . 18 . 8 . 3 .
7

b. 2 . 8 . 8 . 8 . 3 . c. 2 . 8 . 8 . 5 . d. 2 . 8 . 3 . e. 2 . 8 . 5 . 9. Unsur yang mempunyai 5 elektron pada kulit terluarnya adalah unsur dengan nomor atom ….. a. 9 b. 13 c. 15 d. 17 e. 23 10. Suatu unsur mempunyai bilangan massa 23 dan di dalam intinya terdapat 12 neutron, banyaknya elektron yang terdapat pada kulit terluarnya adalah ….. a. 1 b. 2 c. 3 d. 5 e. 7 11. Unsur kalium dengan simbol pada sistem periodik unsur terletak pada ….. a. Golongan IA periode 4 b. Golongan IA periode 3 c. Golongan IVA periode 1 d. Golongan IIIA periode 4 e. Golongan IA periode 4 12. Susunan elektron dari ion adalah ….. a. 2, 8, 3 b. 2, 8 c. 2, 8, 6 d. 2, 8, 14, 3 e. 2, 8, 14 13. Pasangan unsur-unsur di bawah ini yang mempunyai kemiripan sifat adalah : a. b.
7N

dan 8O dan 19K
8

11Na

c. d. e.

3Li 5B

dan 13Al dan 14 Si dan 19K

12Mg

14. Unsur 9F dan 17Cl terletak dalam ….. a. Golongan sama b. Periode sama c. Proton sama d. Elektron sama e. Netron sama 15. Unsur berikut terletak pada golongan IIA adalah ….. a. b. c. d. e.
5B 7N 11Na 12Mg 17Cl

16. Unsur berikut terletak pada periode ketiga adalah ….. a. b. c. d. e.
19K 18Ar 3Li 9F 20Ca

17. Yang mempunyai elektron terluar seperti gas mulia adalah ….. a. b. c. d. e.
8O 2+ 12Mg 3+ 17Cl 15P5+ 7N

18. Golongan Lantanida terdapat pada golongan ….. a. IA b. IIIA c. VIIIA d. IB e. IIIB
9

19. Manakah di antara pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan sifat, periodik unsur-unsur …..(Ebtanas 1996) a. Dari atas bawah dalam satu golongan energi ionisasi makim kecil b. Dari kiri ke kanan dalam satu periode afinitas elektron makin besar c. Dari atas ke bawah dalam satu golongan jari-jari atom makin besar d. Dari kiri ke kanan dalam satu periode ke elektronegatifan makin besar e. Dari kiri ke kanan dalam satu periode titik didih makin tinggi 20. Bartambahnya kereaktifan unsur-unsur alkali menurut urutan Li, Na, K disebabkan oleh bertambahnya ….. a. Jumlah elektron b. Nomor atom c. Jari-jari atom d. Jumlah proton e. Massa atom 21. Dalam urutan unsur-unsur 9F, 10Ne, 11Na jari-jari atom akan ….. a. Bertambah b. Berkurang c. Sama besar d. Bertambah lalu berkurang e. Berkurang lalu bertambah 22. Dua buah unsur dengan konfigurasi elektron sebagai berikut, P=2, 8, 1 dan Q=2, 8, 5. Sifat periodik yang tepat untuk P dan Q adalah …..(Ebtanas 1996) a. Energi ionisasi P lebih besar dari pada Q b. Jari-jari atom P lebih besar dari pada Q c. Keelektronegatifan P lebih besar dari pada Q d. Afinitas elektron P lebih besar dari pada Q e. Titik didih unsur P lebih rendah dari pada Q 23. Data keelektronegatifan beberapa unsur sebagai berikut, Unsur K L M N O
10

Keelektronegatifan 2,20 2,55 3,04 4,00 0,93

Unsur yang paling elektropositif adalah ….. a. K b. L c. M d. N e. O 24. Masing-masing unsur A, B, C, D, dan E di bawah ini mempunyai konfigurasi elektron sebagai berikut, A. 2, 8, 2 B. 2, 8, 1 C. 2, 8, 4 D. 2, 8, 18, 2 E. 2, 8, 18, 8, 2 Pasangan yang merupakan unsur-unsur dari satu golongan yang sama adalah …..(UMPTN 1997) a. A dan E b. A dan B c. A dan D d. A dan C e. D dan E 25. Berikut ini diberikan sifat periodik unsur-unsur dalam satu periode. Pernyataan yang tidak benar adalah ….. a. Jari-jari atom terbesar dimiliki unsur-unsur golongan IA b. Keelektronegatifan terkuat dimiliki oleh unsur-unsur golongan VIIA c. Afinitas elektron terbesar dimiliki unsur-unsur golongan VIIA d. Energi ionisasi terbesar dimiliki unsur-unsur golongan IA e. Titik didih tertinggi dimiliki unsur-unsur golongan IVA 26. Jika nomor atom dalam satu golongan makin kecil, maka yang bertambah besar adalah ….. a. Jari-jari atom b. Massa atom c. Jumlah elektron valensi

11

d. Energi ionisasi e. Sifat logam 27. Pernyataan yang tidak benar untuk unsur dalam satu periode dari kiri ke kanan adalah ….. a. Sifat logam makin berkurang b. Energi ionisasi makin besar c. Afinitas elektron makin besar d. Keelektronegatifan makin besar e. Jari-jari atom makin panjang 28. Dari unsur-unsur berikut yang bersifat logamnya paling kuat adalah ….. a. b. c. d. e.
3Li 11Na 12Mg 19K 20Ca

29. Dalam sistem periodik dari atas ke bawah titik leleh dan titik didih ….. a. Logam dan bukan logam bertambah b. Logam dan bukan logam berkurang c. Logam bertambah, dan bukan logam logam berkurang d. Logam berkurang, dan bukan logam berkurang e. Logam dan bukan logam tidak teratur perubahannya 30. Unsur golongan manakah yang paling mudah melepaskan elektron terluarnya? a. Golongan alkali b. Golongan alkali tanah c. Golongan halogen d. Golongan gas mulia e. Golongan transisi 31. Unsur dengan konfigurasi elektron : 2, 8, 8 adalah unsur yang, 1. Termasuk golongan gas mulia 2. Energi ionisasi tinggi 3. Sukar bereaksi 4. Berita dalam bentuk atomnya Pertanyaan yang benar adalah …..(UMPTN 1997)
12

a. 1, 2, 3 b. 1, 3 c. 2, 4 d. 4 e. 1, 2, 3, 4 32. Di antara unsur-unsur, litium (3), natrium (11), magnesium (12), sulfur (16), mangan (25), seng (30), stronsium (38), pasangan yang termasuk golongan alkali tanah adalah …..(UAN 2002) a. Litium dan natrium b. Magnesium dan stronsium c. Mangan dan seng d. Natrium dan magnesium e. Seng dan sulfur 33. Suatu unsur mempunyai bilangan massa 80 dan intinya terdapat 45 neutron, dalam SPU unsur tersebut terletak pada ….. a. Golongan IVA periode 4 b. Golongan VIIA periode 4 c. Golongan VIIA periode 7 d. Golongan IA periode 4 e. Golongan VIIIA periode 4 34. Suatu unsur terletak pada periode 3, golongan VA dan dalam intinya terdapat 16 neutron. Bilangan massa unsur X adalah ….. a. 15 b. 16 c. 21 d. 31 e. 41 35. Diketahui unsur : 11Na, 12Mg, 13Al, 14Si, 15P, 16S, 17Cl : 1. Unsur yang paling elektropositif adalah Na 2. Energi ionisasinya terbesar adalah Cl 3. Konfigurasi elektronnya stabil adalah Mg dan P 4. Keelektronegatifan terbesar adalah Cl Pernyataan di atas yang benar adalah …..
13

a. 1, 2, 3 b. 1, 3 c. 2, 4 d. 4 e. 1, 2, 3, 4 36. Suatu unsur dengan nomor atom 17 dan massa atom 35 maka, 1. Merupakan unsur golongan VIIA 2. Lambang unsurnya adalah Cl 3. Mempunyai 3 buah kulit elektron 4. Merupakan unsur bukan logam 37. Unsur yang mempunyai keelektronegatifan besar terletak pada ….. a. Periode 4 golongan IIIA b. Periode 4 golongan IA c. Periode 3 golongan VA d. Periode 3 golongan VIIA e. Periode 2 golongan VIIA 38. Di antara unsur-unsur 3P, a. P dan Q b. Q dan S c. P dan R d. S dan T e. R dan T 39. Unsur dengan konfigurasi elektron 2, 8, 8, 2 dalam sistem periodik terletak pada ….. a. Periode 4 golongan IIA b. Periode 4 golongan IIB c. Periode 2 golongan IVA d. Periode 2 golongan IVB e. Periode 4 golongan IVA 40. Unsur dengan nomor atom 32 terletak pada ….. a. Periode 6 golongan IIIA b. Periode 4 golongan VA
14
12Q, 19R, 33S,

dan

53T

yang terletak dalam golongan

yang sama pada sistem periodik adalah …..

c. Periode 5 golongan IVA d. Periode 4 golongan IVA e. Periode 3 golongan VIA

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas! 1. Jelaskan dasar pengelompokan, keunggulan dan kelemahan sistem periodik Mendeleyev! 2. Buatlah konfigurasi elektron dari unsur berikut, a. b. c. d.
5B 8O 20Ca 35Br

3. Tentukan nomor golongan dan periode dari unsur berikut, a. b. c. d.
9F 12Mg 19K 33As

4. Perhatikan unsur-unsur berikut, a. b. c. d. e.
9F 11Na 17Cl 8O 16S

Berdasarkan hal tersebut tentukan, - Unsur yang paling elektropositif - Unsur yang paling elektronegatif - Unsur yang energi ionisasinya terkecil - Unsur yang afinitas elektronnya terbesar - Unsur yang jari-jari atomnya terpanjang - Unsur yang sifatnya sama 5. Pada suhu 0oC dan tekanan 1 atm 50 gram suatu gas mempunyai volume 28 liter. Atom gas itu mengandung 22 neutron. Tentukan periode dan golongan gas tersebut dalam sistem periodik !
15

2. STRUKTUR ATOM a. PARTIKEL DASAR PENYUSUN ATOM Atom adalah bagian terkecil dari unsur yang masih mempunyai sifat unsur tersebut. Atom tersusun dari partikel-partikel dasar, yaitu elektron, proton, dan netron. Partikel Elektron Proton Netron Massa (sma) A. Muatan -1 +1 Glodstein 1 0 J. Chadwich b. NOMOR ATOM (Z) dan NOMOR MASSA (A) Inti atom tersusun dari proton dan netron. Nomor atom (Z) suatu unsur menunjukkan jumlah proton dalam inti atom. Nomor massa (A) suatu atom menunjukkan jumlah nukleon (proton dan netron) dalam inti atom. Atom suatu unsur dapat ditulis dengan notasi : X = Lambang atom suatu unsur Lambang B. Penemu J. J. Thomson

1

16 8

O

A = Nomor massa = jumlah proton + jumlah netron Z = Nomor atom = jumlah proton = jumlah elektron

1) Isotop adalah atom-atom unsur sejenis yang mempunyai nomor atom sama tetapi nomor massanya berbeda. Contoh :

16 8

O

, 17 8

O,

18 8

O

2) Isobar adalah atom-atom berbagai unsur yang mempunyai nomor massa sama tetapi nomor atomnya berbeda. Contoh :

14 6

C

dengan

14 7

N

3) Isoton adalah atom-atom dari berbagai unsur yang mempunyai jumlah netron yang sama. Contoh :

40 20

Ca

dengan

39 19

K

16

4) Isoelektron adalah atom dan ion yang mempunyai susunan atau jumlah elektron yang sama. Contoh :

40 20

A

dengan

40 18

B 2-

c. MODEL ATOM 1) Model Atom Dalton Atom merupakan partikel terkecil dari suatu materi yang sudah tidak dapat dibagi-bagi lagi. 2) Model Atom Thomson Atom merupakan bola bermuatan positif dengan elektron-elektron yang tersebar merata (seperti roti kismis, kismisnya bagaikan elektronnya) Atom bersifat netral, sehingga jumlah proton = jumlah netron.

3) Model Atom Rutherford Atom terdiri dari inti atom dan kulit atom. Inti atom bermuatan positif dan merupakan pusat massa. Atom sebagian besar terdiri ruang kosong, inti berbeda di dalamnya, sedangkan elektron berbeda jauh di luar inti bergerak mengelilingi inti. Atom bersifat netral sehingga jumlah proton = jumlah netron.

4) Model Atom Bohr Elektron-elektron bergerak mengelilingi inti atom pada lintasan-lintasan tertentu. Selama elektron bergerak pada lintasannya, elektron tidak

memancarkan maupun menyerap energi. Elektron bisa berpindah dari lintasan satu ke lintasan yang lain dengan cara menyerap atau memancarkan energi. Jika berpindah dari lintasan yang luar ke yang lebih dalam dengan cara memancarkan energi, sedangkan jika dari lintasan dalam ke lintasan yang lebih luar dengan cara menyerap energi.

17

5. Model Atom Modern - Menurut model atom mekanika gelombang (model atom modern), kedudukan elektron di sekitar inti atom tidak dapat ditentukan secara pasti, yang bias ditentukan hanyalah daerah kemungkinan

ditentukannya elektron yang disebut orbital.

3. KONFIGURASI ELEKTRON Konfigurasi elektron menghantarkan penyebaran atau susunan elektron dalam atom (kulit atom). Aturan pengisian elektron pada kulit atom. a. Jumlah elektron pada kulit-kulit atom sesuai rumus = 2n2, n = nomor kulit. Kulit 1 (kulit K) jumlah elektron maksimum 2.12 = 2 elektron Kulit 2 (kulit L) jumlah elektron maksimum 2.22 = 8 elektron Kulit 3 (kulit M) jumlah elektron maksimum 2.32 = 18 elektron Kulit 4 (kulit N) jumlah elektron maksimum 2.42 = 32 elektron

b. Pengisian elektron dimulai dari kulit yang terdekat dengan inti (K), jika kulit terendah (K) sudah penuh, pengisian dilanjutkan pada kulit berikutnya.

c. Kulit K penuh dengan 2 elektron dan kulit L penuh dengan 8 elektron.

d. Kulit M penuh dengan, 8 elektron jika elektron tersisa kurang dari 18 18 elektron jika elektron tersisa lebih dari 18

e. Kulit N penuh dengan, 8 elektron, jika elektron tersisa kurang dari 18 18 elektron, jika elektron tersisa lebih dari 18 kurang dari 32 32 elektron, jika elektron tersisa lebih dari 32

18

Contoh : Atom Be N Na Cl Ca Nomor Atom 4 7 11 17 20 Susunan Elektron K L 2 2 2 2 2 2 5 8 8 8 M 1 7 8 N 2 O P -

Soal Latihan Pilihlah jawaban di bawah ini yang paling benar! 1. Partikel dasar penyusun atom yang bermuatan positif adalah …... a. Netron b. Proton c. Elektron d. Anion e. Positron 2. Partikel dasar penyusun atom yang memiliki massa terkecil adalah ….. a. Netron b. Proton c. Elektron d. Positron e. Anion 3. Netron ditemukan oleh ….. a. Dalton b. Thomson c. Rutherford d. Goldstein e. J. Chadwich 4. Inti atom ditemukan oleh ….. a. Dalton b. Thomson
19

c. Rutherford d. Goldstein e. J. Chadwich 5. Suatu atom dengan massa 40 dan nomor atom 18 mempunyai ….. a. 40 proton b. 18 proton c. 22 elektron d. 40 elektron e. 18 netron 6. Suatu atom dengan nomor massa 207 dan nomor atom 82 mempunyai ….. a. 28 proton b. 82 proton c. 125 elektron d. 207 proton e. 289 proton dan netron 7. Inti atom tersusun dari ….. a. Elektron b. Proton c. Netron d. Proton dan netron e. Netron dan elektron 8. Pernyataan di bawah ini menyatakan tingkat energi pada kulit, yang benar adalah ….. a. Tingkat energi terendah pada kulit L b. Tingkat energi paling besar pada kulit K c. Tingkat energi pada kulit K<L<M d. Tingkat energi pada kulit K>L>M e. Tingkat energi pada kulit K<M<L 9. Unsur Aluminium dengan nomor atom 13 dan nomor massa 28, memiliki netron sebanyak ….. a. 13 b. 15 c. 28
20

d. 41 e. 43 10. Lambang suatu unsur adalah, maka dalam satu atom unsur tersebut terdapat ….. (Ebtanas 1996) a. 16 proton, 14 elektron, dan 14 netron b. 16 proton, 16 elektron, dan 14 netron c. 16 proton, 14 elektron, dan 30 netron d. 16 proton, 16 elektron, dan 16 netron e. 30 proton, 30 elektron, dan 16 netron 11. Nomor atom suatu unsur adalah 58 dan massa unsur salah satu isotopnya adalah 140. Maka jumlah elektron, proton, dan netron yang terdapat dalam atom unsur tersebut adalah …... a. Elektron 58, proton 58, netron 82 b. Elektron 58, proton 58, netron 140 c. Elektron 58, proton 58, netron 24 d. Elektron 58, proton 82, netron 58 e. Elektron 58, proton 24, netron 58 12. Isotop adalah atom suatu unsur yang mempunyai ….. a. Nomor atom dan nomor massa berbeda b. Nomor massa sam, nomor netron sama c. Nomor massa sama, nomor atom berbeda d. Nomor atom dan nomor massa sama e. Nomor atom sama, nomor massa berbeda 13. Diketahui nomor atom Ca adalah 20, jumlah elektron ion kalsium Ca2+ adalah a. 18 b. 19 c. 20 d. 21 e. 22 14. Ion Aluminium Al3+ memiliki 10 elektron, maka atom netral aluminium tersebut mempunyai proton sebanyak ….. a. 7 b. 10
21

c. 12 d. 13 e. 15 15. Pada isotop unsur
56 26Fe 226

dan

88Ra

jumlah proton dan netron kedua unsur

secara berturut-turut adalah …..(Ebtanas 1999) a.(26, 26) ; (88, 88) b.(26, 26) ; (88, 138) c.(26, 30) ; (88, 138) d.(26, 30) ; (88, 226) e.(25, 56) ; (88, 138) 16. Boron mempunyai dua isotop yang stabil atom relatif Boron adalah ….. a. 9,8 b. 10,0 c. 10,2 d. 10,8 e. 11,0 17. Suatu atom A terdiri atas 11 proton dan 12 netron, suatu atom lain (B) terdiri atas 12 proton dan 11 netron. Pernyataan yang benar mengenai kedua atom itu adalah ….. a. Atom A dan atom B adalah isotop b. Atom A dan atom B adalah isoton c. Atom A dan atom B adalah isobar d. Atom A dan atom B identik e. Atom A dan atom B mempunyai elektron valensi sama 18. Khlor mempunyai dua isotop
35 37 10 11

B (19%) dan

B (81%). Massa

Cl dan

Cl. Jika massa atom relatif Cl adalah

35,5, maka prosentase isotop 35Cl adalah ….. a. 25% b. 30% c. 35,5% d. 72% e. 75%

22

19. Unsur di bawah ini yang mempunyai susunan elektron paling stabil adalah …. a. b. c. d. e.
4P 7Q 10R 12S 20T

20. Unsur X mempunyai konfigurasi elektron 2, 8, 1. Jika konfigurasi elektron berubah menjadi 2, 8 maka ion yang terbentuk adalah ….. a. X+ b. X2+ c. X3+ d. Xe. X221. Nomor atom unsur Ca adalah 20, ion Ca2+. Konfigurasi elektronnya adalah ….. a. 2, 8, 8, 2 b. 2, 8, 10 c. 2, 10, 8 d. 2, 8, 6. 2, 2 e. 2, 6, 8, 4 22. Suatu unsur dengan nomor atom 9 akan memiliki jumlah kulit sebanyak ….. a. 1 kulit b. 2 kulit c. 3 kulit d. 4 kulit e. 5 kulit 23. Unsur kalium mempunyai nomor atom 19, elektron valensi dari kalium tersebut adalah ….. a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5

23

24. Suatu unsur memiliki elektron valensi 2 dan kulit elektronnya 3, maka nomor atom unsur tersebut adalah ….. a.2 b.3 c.6 d.12 e.20 25. Atom yang mempunyai enam elektron valensi adalah ….. a. 6C b. 8O c. 9F d. 12Mg e. 17Cl 26. Diantara unsur-unsur yang memiliki elektron valensi terbesar adalah ….. a. 5B b. 7N c. 9F d. 11Na e. 15P 27. Diantara unsur-unsur
20A, 16B, 14C, 10D,

dan 6E, pasangan yang memiliki

elektron valensi sama adalah ….. a. A dan C b. A dan D c. B dan C d. B dan E e. C dan E 28. Elektron mengelilingi inti atom pada tingkat-tingkat tertentu dikemukakan oleh a. Dalton b. Rutherford c. Thomson d. Bohr e. De Bouglie

24

29. Menurut model atom mekanika gelombang (teori atom modern) adalah ….. a. Gerakan elektron zig-zag b. Orbit elektron ellips c. Atom berbentuk bola pejal d. Elektron bergerak sambil memancarkan energi e. Kedudukan elektron dalam atom tidak dapat diketahui secara pasti

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!

1. Sebutkan partikel-partikel penyusun atom? 2. Berapakah jumlah proton, elektron, dan netron untuk atom, 3. Suatu unsur X mempunyai konfigurasi 2, 8, 18, 5 dan salah satu isotopnya mempunyai netron 35. Tentukan nomor atom unsur tersebut! 4. Tentukan konfigurasi elektron dari,
19X, 35X,

dan 37X

5. Tembaga terdiri dari dua isotop,jika massa atom relatif tembaga 63, 5. Berapa prosentase isotop 63Cu?

25

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->