TEKNIK SIPIL DALAM GEOSTRATEGI INDONESIA Pembangunan Jembatan Suramadu dalam hubungannya dengan Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia

Disusun Oleh : M. Kahfi Fatahillah Ainul Misbahul Munir Cut Dede Juanita Dimas Prasetyo Nugroho Irzal Lathanza Mario Panuttra Santoso Jati Kumara Juli Indra Setia Bate’e L2A008100 L2A008161 L2A008180 L2A008184 L2A008199 21010110141011 21010110141051 21010110141063

JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2013
1

1 Latar Belakang Geostrategi adalah suatu strategi dalam memanfaatkan kondisi geografis negara dalam menentukan kebijakan. yaitu : 1) Ketahanan pada aspek Ideologi 2) Ketahanan pada aspek Politik 3) Ketahanan pada aspek Ekonomi 4) Ketahanan pada aspek Sosial-Budaya 5) Ketahanan pada aspek Pertahanan dan Keamanan Kebijakan dan strategi pembangunan dalam setiap aspek ini bertujuan untuk mencapai tujuan nasional yaitu masyarakat adil dan makmur. geoteknik. Sarana-sarana yang dibangun tersebut 2 . Teknik sipil mempunyai tujuh bidang spesialisasi. manajemen dan teknik konstruksi. untuk memajukan kesejahteraan umum. yaitu rekayasa struktur. Selain itu. geostrategi Indonesia bukanlah merupakan geopolitik untuk kepentingan politik dan perang. dan teknik geodesi. pelaksanaan geostrategi nasional di Indonesia adalah pemanfaatan konstelasi geografi Indonesia untuk pembangunan sarana-sarana yang tujuannya untuk kepentingan umum. Geostrategi memberi arahan tentang bagaimana merancang strategi pembangunan guna mewujudkan masa depan yang lebih baik. mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu. teknik lingkungan. melainkan untuk kepentingan kesejahteraan dan keamanan. Pengembangan potensi kekuatan bangsa terbagi dalam lima aspek. dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan. Geostrategi Indonesia dirumuskan dalam wujud konsepsi “Ketahanan Nasional”. Geostrategi Indonesia merupakan strategi dalam memanfaatkan konstelasi geografi negara Indonesia untuk menentukan kebijakan. teknik transportasi. dan sarana untuk mewujudkan cita-cita proklamasi dan tujuan nasional. Dalam bidang teknik sipil. aman. tujuan.BAB I PENDAHULUAN 1. rekayasa sumber daya air dan hidrolika. perdamaian abadi. tujuan. Pembukaan UUD 1945 memberikan amanat kepada para penyelenggara negara agar dalam hidup berbangsa dan negara dalam lingkup nasional diarahkan untuk mewujudkan upaya melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. serta memberi arahan tentang bagaimana merancang strategi pembangunan dalam rangka mewujudkan masa depan yang lebih baik. dan keadilan sosial. aman dan sejahtera. dan sarana-sarana untuk mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia. dan sejahtera.

Apabila prasarana jalan terus menerus dikembangkan agar semakin handal. dan pertahanan keamanan nasional yang sangat vital perannya dalam ketahanan nasional. diharapkan dapat menciptakan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Prasarana jalan di Indonesia mempunyai peran yang vital dalam transportasi nasional dengan melayani sekitar 92% angkutan penumpang dan 90% angkutan barang pada jaringan jalan yang ada. terminal. ekonomi. yang selanjutnya diharapkan meningkatkan ekonomi nasional terhadap perekonomian internasional. pemerintah berharap dengan adanya pemerataan ekonomi ini dapat menekan laju urbanisasi tersebut. sebagai bagian dari sistem transportasi. dan jasa. Hal tersebut juga akan meningkatkan daya saing ekonomi daerah dalam perekonomian nasional. Jembatan Suramadu adalah salah satu contohnya. bandara. Jembatan Suramadu dibangun untuk meningkatkan pemerataan pendapatan di wilayah Surabaya ke wilayah Madura. Hal ini sangat terkait dengan konsep Ketahanan Nasional dalam aspek Ekonomi yang betujuan meningkatkan ketangguhan kekuatan nasional dalam kegiatan yang berkaitan dengan produksi.2 Rumusan Masalah 1) Apakah dampak positif dan negatif dari pembangunan Jembatan Suramadu bagi masyarakat Madura? 2) Bagaimanakah peranan pembangunan Jembatan Suramadu terhadap ketahanan nasional Indonesia? 3 daya saing . Dengan memanfaatkan lingkungan geografi Indonesia yang terdiri dari darat. sosial budaya. dan sebagainya. jembatan. Transportasi merupakan urat nadi kehidupan politik.bisa merupakan gedung. maka jalan akan menjadi salah satu faktor yang memberikan pengaruh positif bagi pembangunan ekonomi. rumah sakit. perumahan. 1. barang. Jembatan adalah salah satu sarana transportasi yang dibangun dengan teknologi teknik sipil guna mewujudkan masa depan yang lebih baik. laut. dan udara. distribusi. pelabuhan. Sistem transportasi yang handal memiliki kemampuan daya dukung struktur tinggi dan kemampuan jaringan yang efektif dan efisien dibutuhkan untuk mendukung pengembangan wilayah. mobilitas manusia. dan konsumsi barang dan jasa dalam usaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat baik secara individu maupun kelompok. pembangunan ekonomi. mengingat wilayah Surabaya yang semakin padat dengan penduduk yang melakukan urbanisasi yang sebagian besar berasal dari wilayah Madura. Prasarana jalan. begitu pula dengan kependudukan. aman dan sejahtera yang memberikan pengaruh terhadap masyarakat sekitar lokasi dari pembuatan jembatan tersebut.

penulis berharap pembaca mendapatkan informasi mengenai Geostrategi Indonesia dalam bidang teknik sipil serta dapat berperan aktif nantinya di masa yang akan datang. khususnya dalam kasus pembangunan Jembatan Suramadu. Dengan adanya pembahasan kasus ini.3 Tujuan Penulisan makalah ini bertujuan untuk membahas pelaksanaan Geostrategi Indonesia dalam bidang teknik sipil.3) Adakah potensi permasalahan yang ditimbulkan dari pembangunan Jembatan Suramadu terhadap ketahanan nasional Indonesia? 1. 4 .

438 km merupakan jembatan terpanjang di Indonesia.280 km digunakan konstruksi beton semen pra-tekan box girder. terutama dalam aspek teknik konstruksi.247 km diterapkan konstruksi I girder pra-cetak. Jembatan Suramadu dilengkapi dengan jalan pendekat sepanjang 15. yaitu sebagai berikut : 5 . Untuk jembatan pendekat sepanjang 1.5 m dan bahu jalan dengan lebar 2. 2.850 km yang terdiri dari 4. Jembatan Suramadu dibangun dengan lebar 30 m.25 m. Ir. yang dalam pelaksanaannya dihadapi berbagai kompleksitas.500 km untuk sisi Madura yang konstruksinya menggunakan perkerasan beton aspal. Peningkatan Infrastruktur Meningkatnya aksessibilitas dan mobilitas secara signifikan.BAB II PEMBAHASAN Jembatan Suramadu dengan total panjang 5. Mengacu dari indikator yang disebutkan diatas. keberhasilan dari pembangunan Jembatan Suramadu dapat dilihat dari beberapa indikator. maupun manajemen pelaksanaan. maka disediakan jalur khusus sepeda motor dengan lebar 3. 3. yaitu : 1. Djoko Kirmanto.05 m di masing-masing sisi. Untuk mengakomodasi aspirasi masyarakat Madura dan mempertimbangkan tingginya volume lalu lintas sepeda motor.350 km untuk sisi Surabaya yang dibangun dengan menggunakan teknik konstruksi perkerasan beton semen dan 11. 5. dipilih teknik konstruksi cable stayed yang menggunakan teknologi bahan box girder baja untuk bentang tengah sepanjang 0. 4. maka dapat dijabarkan dampak positif dan negatif dari pembangunan Jembatan Suramadu. Menurut Menteri Pekerjaan Umum. Dengan total panjang jembatan 5.dan jasa. Pertumbuhan Perekonomian Melalui terjalinnya potensi sumber daya kawasan. manusia. teknologi bahan. Pemerataan Ekonomi Kesenjangan ekonomi antara Pulau Madura dengan kawasan lain di Provinsi Jawa Timur berkurang. Arus Transportasi Dilihat dari terjadinya kelancaran arus barang. Penerimaan Sosial-Budaya Memfasilitasi terjalinnya interaksi budaya antara Jawa dan madura dalam era modernisasi.438 km. khususnya wilayah Madura.818 km. terdiri dari 2 lajur lalu lintas masing-masing arah dengan lebar 3. Sedangkan untuk jembatan cause way sepanjang 3.

berkembangnya usaha di sektor pertanian. 5) Percepatan Penyediaan Infrastruktur Sesuai fakta yaitu adanya peningkatan jumlah penduduk kaki Jembatan Suramadu (Kabupaten Bangkalan) sebesar 59. 2. Maka akan diimbangi dengan penyediaan infrastruktur khususnya di Kabupaten Bangkalan dalam rangka memfasilitasi kebutuhan penduduk. perdagangan. banyak penumpang yang lebih memiliih Jembatan Suramadu dengan menumpang bus. Dengan semakin lancarnya arus lalu lintas berarti lebih mengefisienkan waktu dan biaya. Dampak Positif 1) Kelancaran Lalu Lintas Manfaat langsung dari pembangunan Jembatan Suramadu adalah meningkatnya kelancaran lalu lintas atsu angkutan barang dan orang khususnya dalam menghubungkan Pulau Madura dan Pulau Jawa. 2) Merangsang Tumbuhnya Aktivitas Perekonomian Manfaat langsung dari pembangunan Jembatan Suramadu sudah terasa dari pertama kali jembatan ini dibuka. Income per kapita merupakan salah satu indikator untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat.30%. Selain itu. Dengan demikian akan memicu peningkatan jumlah penduduk khususnya di sekitar Jembatan Suramadu. Diantaranya adalah tumbuhnya aktivitas perekonomian di sekitar Jembatan Suramadu. Dampak Negatif 1) Bangkrutnya Pengusaha Mobil Pengangkut Umum (MPU) di Madura Adanya Jembatan Nasional Suramadu menyebabkan perpindahan konsentrasi aktivitas perekonomian. 4) Pertumbuhan Income Perkapita Semakin lancarnya transportasi ternyata akan meningkatkan kegiatan ekonomi yang selanjutnya akan meningkatkan pertumbuhan. jasa dan meningkatnya arus barang masuk ke Pulau Madura. industri. Contohnya yaitu adanya aktivitas PKL di sekitar kaki jembatan Suramadu. 6 . Selanjutnya akan merangsang meningkatnya kegiatan perekonomian. Dengan demikian. pendapatan pemilik MPU mengalami penurunan serta banyak pengusha Mobil Pengangkut Umum (MPU) di Madura yang bangkrut. Meningkatnya jumlah penduduk akan merangsang naiknya permintaan barang dan jasa.1. 3) Pertumbuhan PDRB di Madura Semakin lancarnya transportasi akan menimbulkan dampak pergerakan orang maupun barang.

tidak adanya penataan PKL di kaki Suramadu telah menimbulkan pertumbuhan jumlah PKL yang tidak terkendali. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kegiatan PKL. Hal ini tentunya akan merusak estetika kaki Jembatan Suramadu.2) Menurunnya Pendapatan Industri Jasa Penyeberangan di Selat Madura Jumlah penumpang fery yang turun drastis (mencapai hingga 40%) membuat perusahaan penyeberangan mulai merumahkan karyawannya. Dengan melihat dampak positif yang terjadi akibat adanya Jembatan Suramadu. Dampak negatif yang terjadi akibat pembangunan Jembatan Suramadu merupakan potensi permasalahan terhadap ketahanan nasional Indonesia. 7 . Adanya dampak negatif terhadap aspek sosial-budaya dapat menghambat pengembangan potensi kekuatan bangsa. 3) Pertumbuhan PKL di Kaki Suramadu Tidak Terkendali Adanya Jembatan Suramadu telah memicu aktivitas perekonomian di kaki Jembatan Suramadu. Akan tetapi. maka dikhawatirkan budaya lokal akan semakin luntur. pertumbuhan PDRB di Madura dan income perkapita. Setiap dampak positif dapat diikuti pula adanya dampak negatif yang akan terjadi. maka pembanguan Jembatan Suramadu telah sesuai dengan konsep Ketahanan Nasional Indonesia (Geostrategi Indonesia) yaitu strategi dalam memanfaatkan konstelasi geografi negara Indonesia untuk kepentingan kesejahteraan dan keamanan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat sekitar pembangunan. Ini terlihat pada dampak negatif dari sosial-budaya. Apabila masyarakat Madura tidak dipersiapkan. maka sudah sangat jelas bahwa Jembatan Suramadu sangat berperan terhadap ketahanan nasional Indonesia. Adanya peningkatan aktivitas perekonomian. Fakta lapangan menunjukkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) di Madura masih rendah. serta penyediaan infrastruktur. 4) Dampak Sosial-Budaya Madura dikenal dengan budaya keagamaan yang kuat. Merumahkan disini berarti mepekerjakan pekerjanya dengan sistem kerja 3 hari sekali. Hal ini dikarenakan belum siapnya SDM di Madura melakukan integrasi budaya lokal dengan budaya modern.

kegiatan perekonomian di Kamal mengalami penurunan) 2) Belum siapnya SDM di Madura untuk melakukan integrasi budaya. Dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut : 1) Peningkatan Mutu Fasilitas Pendidikan Hal ini dikarenakan mutu fasilitas pendidikan yang ada saat ini masih kurang. Maka akan mendatangkan dampak negatif seperti kajian di atas dan dapat berpengaruh terhadap ketahanan nasional Indonesia yaitu : 1) Tidak meratanya perekonomian (pertumbuhan kegiatan perekonomian terjadi di Labang. Oleh karena itu.2 Saran Untuk menjaga keberhasilan pembangunan Jembatan Suramadu berdasarkan indikator tersebut perlu memperhatikan pemerataan perekonomian dan peningkatan Sumber Daya Alam. Pertumbuhan income perkapita) 3) Peningkatan infrastruktur (Terjadinya percepatan penyediaan infrastruktur).BAB III PENUTUP 3. perlu ditingkatkan mutu fasilitas pendidikannya untuk mempersiapkan SDM di Madura untuk bersaing di era globalisasi. 3. apalagi di daerah pedalaman. maka dampak positif dari adanya jembatan Suramadu yang dapat mempengaruhi ketahanan nasional adalah sebagai berikut : 1) Arus transportasi (kelancaran lalu lintas) 2) Pertumbuhan Perekonomian (Pertumbuhan PDRB. Sarana pendukung yang bisa dikembangkan diantaranya : Pelebaran jalan arteri Bangkalan-Sumenep menjadi 4 jalur Pegembangan fungsi Lapangan Terbang Trunojoyo Sumenep Pengembangan Pelabuhan Kalianget di Sumenep Pengembangan Pelabuhan Tanjung Bumi di Bangkalan Peningkatan pasokan daya listrik PLN 8 . 2) Pengembangan Infrastruktur Pendukung Dengan terealisasinya Jembatan Suramadu.1 Kesimpulan Berdasarkan indikator yang ditetapkan di atas. Sedangkan indikator tersebut apabila tidak mencapai keberhasilan. maka perlu infrstuktur pendukung sehingga nantinya terjadinya pemerataan.

Supaya 3) Persiapan Mental Masyarakat Madura generasi muda Madura mampu menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada.- Penyediaan sarana air bersih yang memadai bagi pemukiman dan industri Melalui peningkatan pendidikan agama dan kebudayaan di sekolah-sekolah. 9 .

Jakarta: Salemba Empat. 10 . Etika Berwarga Negara Edisi 2: Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga. 2005. Paul H. dkk. 2008. Wright. Pengantar Engineering.DAFTAR PUSTAKA Sriyanti.

com : @dimas_pn Nama NIM TTL Alamat Motto Hidup : Juli Indra Setia Bate’e : 21010110141063 : Nias.kumara@yahoo. Gondang Barat 2 no. Semarang : mpanuttra@yahoo.BIODATA TIM PENULIS Nama NIM TTL Moto EMAIL : Jati Kumara : 21010110141051 : Tangerang. 9A Banjarsari. 7 Juli 1992 : Jln.31 : “ Hidup Untuk Dinikmati” 11 . Semarang : Don’t give up : dimas. 24 September 1992 : Jangan Tunggu Keajaiban Itu Datang : jati.com Nama NIM Alamat Moto E-mail Twitter : Dimas Prasetyo Nugroho : L2A008184 : Jl. Tirtasari No. 22 Maret 1992 : JL Kaliwiru VI / 461.com Nama NIM TTL Alamat E-MAIL/FB : Mario Panuttra Santoso : 21010110141011 : Semarang.prasetyonugroho@gmail.

5 juni 1989 : jepara : ainulmisbahulmunir@gmail. Kahfi Fatahillah : L2A008100 : Jakarta.com : hidup untuk jadi lebih baik 12 .com Nama NIM TTL Alamat E-mail : M.10 : kahfi.fatahillah@yahoo. 24 Januari 1992 : Jl Banjarsari gg nirwana sari 1 no 24H : cutdedej@gmail.smile even if it hurt => ngok ngok banget. Gondang Timur 1 No. 15 April 1991 : Jl.com Nama NIM TTL Alamat E-mail fb twitter motto : Cut Dede Juanita : L2A008180 : Bengkulu.Nama NIM TTL Alamat E-mail/FB : Irzal Lathanza : L2A008199 : 21 Juli 1990 : Klipang City Semarang : irzallathanza@gmail. eaaa Nama Ttl Alamat Email Moto hidup : ainul misbahul munir : jepara.com : Cut Dede Juanita : @cutdede : eccedentesiast .