Cara Membuat Temulawak Instant

KAMIS, 05 JANUARI 2012

Setelah pada postingan kemarin kita mengetahi manfaat Temu Lawak. Maka sekarang kita coba untuk membuatnya dalam bentuk yang instat. Menyiapkan Temu Lawak secara Instant dirumah cukup penting, karena kita akan lebih mudah dan praktis mengkonsumsinya setiap waktu kita membutuhkan. Bagi anda yang tidak suka repot dan ribet tentu bisa membelinya ditempat sekitar anda. Bagi yang ingin sedikit tantangan bagaimana membuat sendiri Temu Lawak Instant tentu diperlukan beberapa tahapan yang harus dilakukan. Keuntungan membuat sendiri Temu Lawak Instant tentunya anda bisa memastikan bahan-bahan yang digunakan termasuk tidak menambah zat pewarna dan zat adiktif makanan, mengontrol kebersihannya, sehingga dapat memastikan kualitas hasilnya dan bisa mempunyai nilai bisnis apabila Anda mau. Siap dengan tantangan ?. Oke. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah –langkah : 1. Bahan – Bahan dan Peralatan yang diperlukan 2. Perbandingan Volume Bahan yang digunakan 3. Cara Pembuatan 4. Pemasakan dan Pemanasan 5. Pengayaan

Bahan – Bahan dan Peralatan yang diperlukan  Peralatan Disesuaikan saja dengan keperluannya misalnya : o Parut, wajan, kompor, pengaduk, pisau, saringan, ayakan dan seterusnya. :

Beberapa bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat temulawak instan adalah sebagai berikut : o

Umbi

atau

Rimpang

Temulawak

:

Biasanya rimpang temulawak yang digunakan berasal dari temulawak gajah atau temulawak emprit yang mempunyai kualitas tinggi, yaitu memenuhi persyaratan

Cukup Tua dan Bersih dari kotoran o Gula Pasir : Gunakan Gula Pasir yang berwarna putih bersih dan bebas dari segala kotoran. o Garam : Garam yang akan digunakan untuk membuat temulawak instan harus dipilih dari garam yang beryodium. Sebelum digunakan cengkih tersebut harus dicuci terlebih dahulu hingga bersih. dan berukuran cukup besar. Sebelum digunakan jeruk nipis harus dicuci terlebih dahulu hingga bersih. tua.sebagai berikut : Penampilan bagus / tidak busuk dan tidak kisut. Sebelum digunakan. kayu manis tersebut harus dicuci terlebih dahulu hingga bersih. bersih dan terbebas dari kotoran berwarna putih dan terbungkus rapat. o Kayu Manis : Kayu manis yang akan digunakan dalam pembuatan temulawak instan adalah kayu manis yang masih baru (belum terlalu lama disimpan) serta masih memiliki bau/aroma yang segar dan tajam. Sebelum digunakan daun pandan harus dicuci terlebih dahulu hingga bersih. o Jeruk Nipis : Jeruk nipis yang akan digunakan harus dipilih dari jeruk nipis yang segar. tidak keriput. serta tidak cacat ataupun busuk. o Pandan : Pandan yang akan digunakan sebagai campuran pembuatan temulawak instan harus dipilih dari pandan yang tua dan segar. o Cengkeh : Cengkeh yang digunakan untuk membuat kunyit intan adalah cengkeh yang memiliki bunga utuh.25 Kg Jeruk Nipis : 5 buah Daun pandan : 50 helai Garam : secukupnya Jika akan dibuat temulawak instan dalam jumlah yang besar. berkulit tipis. Segar/ belum terlalu lama disimpan. Perbandingan Volume Bahan Volume bahan yang digunakan dalam pembuatan temulawak instan :        Umbi temulawak : 5 Kg Gula pasir : 10 Kg Kayu manis : 0. maka volume bahan dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan atau disesuaikan dengan perbandingan tersebut diatas.25 Kg Cengkeh : 0. Cara Pembuatan .

Penghancuran yang dilakukan dalam keadaan dingin. Daun pandan yang telah ditumbuk. dan jeruk nipis tersebut dicampur serta disaring kembali. akan sulit dilakukan mengingat serbuk tersebut telah mengeras. Pemasakan dan Pemanasan  Setelah tercampur rata. Jeruk nipis dibelah dan diperas pula. Sedangkan daun pandan dicuci bersih dan ditumbuk untuk diambil sarinya. Sementara kayu manis dan cengkih dicuci dan kemudian ditumbuk hingga halus.  Dalam keadaan masih panas. Demikian juga dengan kayu manis dan cengkih yang telah ditumbuk. Jika adonan sudah kental maka ditambahkan setengah volume gula pasir yang masih tersisa dan terus dilakukan pengadukan. Dalam pemasakan ini perlu diperhatikan agar wajan yang digunakan harus dalam kondisi yang benar-benar bersih dan terbebas dari segala kotoran khususnya minyak. . kayu manis. Adanya minyak sisa gorengan akan menyebabkan kegagalan proses pembuatan temulawak instan. cengkih. sari temulawak tersebut dimasak dalam wajan dengan api sedang. daun pandan. pengadukan harus terus dilakukan untuk menghindari penggumpalan atau penghangusan. Kemudian sari temulawak. serbuk yang terbentuk harus dihancurkan/dihaluskan menggunakan pengaduk hingga menjadi serbuk yang lembut. Pemasakan dan pengadukan terus dilakukan hingga adonan mengental dan terbentuk serbuk atau bubuk.  Penambahan Gula dan Garam o Kedalam campuran sari hasil penyaringan ditambahkan gula pasir ( sebanyak setengah dari volume ) serta garam kemudian diaduk-aduk hingga seluruh gula pasir dan garam yang dicampurkan dapat terlarut sempurna.  Pemerasan o o o o o Umbi temulawak yang telah diparut kemudian diperas untuk diambil sarinya.  Selama pemasakan. Pemasakan terus dilakukan hingga terbentuk adonan yang kental dan berkesan berminyak  Penambahan Gula. Selanjutnya diangkat dari wajan dan didinginkan. ditambah dengan sedikit dan diperas. ditambah dengan sedikit air dan kemudian diperas. Pemarutan o o Umbi temulawak yang akan digunakan dalam pembuatan temulawak instan dicuci bersih dan dikupas atau dikerok kemudian diparut hingga lembut/halus.

Selamat Mencoba berkreasi. Sampai ketemu rasa warna yang anda inginkan. dapat dihancurkan lagi. kemudian diayak hingga diperoleh temulawak instan yang benar-benar lembut.  Bagi anda yang menginginkan cita rasa tersendiri lain dari yang lain maka anda perlu melakukan beberapa kali percoban dengan merubah komposisi bahan dan perbandingannya.  Temulawak instan hasil pengayaan tersebut kemudian disimpan ditempat yang bersih dan ditutup rapat atau segera dikemas dalam kantong plastik .Pengayaan  Serbuk yang telah dihancurkan. Untuk serbuk yang belum lolos ayakan. .