MATERI PKS

PENGERTIAN UMUM TENTANG PKS PKS adalah singkatan dari " Patroli Keamanan Sekolah ". Jika kita mendengar perkataan "Patroli", tentunya kita akan teringat tugas-tugas pengawasan daerah, sesuai dengan perincian tugas yang dibebankannya. Misalnya : Patroli Jalan Raya (PJR) adalah Patroli dari Polisi Lalu Lintas yang tugasnya mengadakan pengawasan keamanan, ketertiban dan kelancaran sepanjang jalan itu. Oleh karena itu PKS, sesuai dengan sebutannya mempunyai tugas pengawasan di daerah sekolahnya. Patroli dari PKS mempunyai tanggung jawab keamanan, ketertiban dan kelancaran Lalu Lintas.

MENGAPA PERLU DIBENTUK PKS ?? Sebagai upaya untuk menanamkan kesadaran hukum dan peraturan-peraturan Lalu Lintas sedini mungkin kepada remaja umumnya dan pelajar khususnya, sehinggakelakdi kemudian hari akanmenjadi generasi yang telah memiliki disiplin dan sopan santun Lalu Lintas, selanjutnya mengamalkan serta melaksanakannya sebagai pemakai jalan yang baik. Oleh karena itu, masalah Lalu Lintas merupakan tanggung jawab kita bersama termasuk pelajar, maka sebagai rasa tanggung jawab para pendidik dan petugas di bidang Lalu Lintas menganggap perlu membentuk suatu wadah untuk menampung kegiatan para pelajar dan pemakai jalan di sekitar sekolah masing-masing. Wadah tersebut adalah Patroli Keamanan Sekolah.

SIAPA & APA SAJA PERSYARATAN UNTUK MENJADI ANGGOTA PKS ?? Anggota PKS (Angkatan 1 tahun 1977), terdiri dari para pelajar SLTP yang pada permulaan tahun ajaran duduk di kelas II (dua) atau masih kelas I (satu), tetapi telah dipilih oleh guru/Pembina. Syarat-syaratnya ialah : 1. Berbadan sehat dan tidak cacat 2. Berhasrat tebal dan sanggup menjadi anggota PKS 3. Mendapat ijin dari orang tua atau wali 4. Bersedia mengikuti pendidikan dasar PKS

APAKAH MANFAAT MENJADI ANGGOTA PKS ??? Menjadi anggota PKS adalah sangat bermanfaat. Anggota PKS di didik ke arah ini. yaitu hanya sebatas menjaga keamanan sekolah dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh siswa tersebut. Keuntungan bagi masyarakat telah jelas pula. maka pada tanggal 5 Juni 1975 Polisi Keamanan Sekolah dengan persetujuan dari Bapak Letkol. Tugas . Dengan sukarela dan tidak mengajukan persyaratan atau tuntutan diluar ketentuan yang telah ditetapkan. Pada saat itu ruang lingkup tugas yang diemban Polisi Keamanan Sekolah masih sempit. Anton Sudjarwo. bahwa anggota PKS bertambah pengalaman dan dapat berbakti terhadap par pemakai jalan. maka syah menjadi anggota PKS. Ruang lingkup dari Patroli Keamanan Sekolah mengalami penyempitan dan perluasan. Untuk itulah maka pada tanggal 5 Mei 1975 dibentuklah suatu wadah yang bernama Polisi Keamanan Sekolah. Masyarakat yang baik adalah masyarakat yang anggotanya terdiri dari manusia-manusia yang memiliki tanggung jawab sosial. Untuk memperluas ruang lingkup dari tugas Polisi Keamanan Sekolah.5. Keuntungan pribadi sudahlah jelas. setelah wakil dari siswa disemati tanda PKS (Lencana) dan diterimakan kelengkapan lainnya serta piagam tanda lulus. Yang dimaksud Inspektur Upacara adalah Bapak Gubernur atau Kapolda atau yang mewakilinya. Pada waktu pelantikan. bahwa telah mempunyai petera-puteri yang pada waktu sekolah telah belajar kepemimpinan. pada umumnya terdiri dari mereka yang pada waktu mudanya telah aktif belajar dalam bidang sosial. baik untuk diri pribadi maupun bagi masyarakat pemakai jalan. TANDA SYAH SEBAGAI ANGGOTA PKS Setelah melewati masa pendidikan (minimal 12 kali masa latihan). SEJARAN PKS Didasari oleh rasa memiliki terhadap sekolah di dalam menjaga ketertiban dan keamanannya. Keanggotaan ini akan batal/berakhir pada waktu yang bersangkutan telah pindah kelain daerah atau telah lulus dari sekolahnya dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. maka para pelajar mewujudkan hal tersebut ke dalam suatu wadah organisasi guna mempermudah pengkoordinasiannya. Orang-orang yang menjadi pemimpin yang baik. antara lain PKS. para siswa yang dinyatakan lulus akan dilantik oleh inspektur upacara pada saat penutupan.

Namun karena adanya permasalahan yang mengakibatkan kota dan kabupaten Tasikmalaya berpisah. dimana tugas yang diemban Patroli Keamanan Sekolah hanyalah sebagai pengawas atau pemantau dari tindakan-tindakan negatif yang terjadi di sekolah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak guru. Tasikmalaya sekarang adalah Batalyon SYEKH ABDUL MUHYI. Nama Batalyon PKS Tasikmalaya semula adalah Donny Suryanto. Untuk mengenangnya maka pada tanggal 13 Mei 1987 diresmikan dengan nama Donny Suryanto. artinya seorang anggota Patroli Keamanan Sekolah harus mematuhi tata tertib sekolah. JANJI PATROLI KEAMANAN SEKOLAH Kami anggota Patroli Keamanan Sekolah berjanji : <-->Akan menjunjung tinggi dan setia pada Pancasila serta UUD 1945 <-->Akan menjunjung tinggi harkat dan martabat Patroli Keamanan Sekolah <-->Dengan rasa sukarela akan berbakti kepada para pelajar pada khususnya dan masyarakat pemakai jalan pada umumnya <-->Akan bekerja dengan berdisiplin serta tekun sehingga keamanan. MOTTO PKS <-->Sopan di rumah. <-->Sopan di Jalan. Sedangkan perluasannya yaitu pada bidang kelalulintasan. artinya seorang anggota Patroli Keamanan Sekolah harus menghormati orang tua. ketertiban dan kelancaran lalu lintas akan benar-benar terwujud. maka nama Batalyon Kab. kakak kelas dan menyayangi adik kelas. menghormati guru. artinya seorang anggota Patroli Keamanan Sekolah harus mematuhi peraturan lalu lintas dan menghormati para pemakai jalan. . dimana seluruh anggota Patroli Keamanan Sekolah wajib mengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan.dipersempit di bidang keamanan. kakak dan menyayangi adik. Donny Suryanto adalah seorang anggota PKS teladan yang meninggal setelah melaksanakan tugas ke-PKS'an. Di Tasikmalaya Organisasi Patroli Keamanan Sekolah berdiri pada tanggal 7 februari 1987. <-->Sopan di Sekolah.

bila di tempat-tempat tersebut memerlukan pengaturan lalu lintas. tertib dan lancar. MAKSUD DAN TUJUAN PKS MAKSUD PKS <-->Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan dan kemanusiaan <-->Sebagai wujud Poliri dalam mewujudkan pembinaan di kalangan pelajar. pesta di gelanggang remaja. Petugas lalulintas bertugas melayani para pemakai jalan agar dapat aman. . PKS juga bias memahami kerawanan-kerawanan sosial yang terjadi di lingkungan sekolah dan mencari solusinya. PETUGAS UMUM Petugas umum adalah orang yang tugasnya melayani kepentingan umum. TUJUAN PKS Agar para pelajar memahami. umpamanya tempat olahraga. meliputi semua hal yang bersangkutan dengan urusan masing-masing. mengerti tentang keselamatan dan keamanan di lingkungan diri sendiri maupun di lingkungan sekolah dalam proses kegiatan belajar mengajar. PKS juga dapat bertugas di tempat-tempat lain yang sedang ada penyelenggaraan kegiatan sekolah. Walaupun semata-mata PKS bertugas untuk kawan se-sekolahnya. menyambut perayaan-perayaan dan lain sebagainya. Kepentingan umum ini bermacam-macam. TUGAS PKS Tugas PKS adalah mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah dan sekitarnya. tergantung pada manusia pelaksananya. orang-orang lanjut usia atau siapa saja yang ada di tempat itu dan memerlukan pertolongan untuk disebrangkan. PKS termasuk petugas lalu lintas. jadi tergolong dalam kelompok petugas umum.<-->Dalam Lalu Lintas. terutama menyebrangkan siswa-siswi yang akan keluar dan masuk sekolah. dibenarkan juga kalau mereka melaksanakan tugasnya terhadap pemakai jalan lain. Di samping itu. seperti menyebrangkan siswa-siswi dari sekolah lain. tidak ada yang lebih indah selain kerja sama untuk kepentingan bersama <-->Sebaik-baik peraturan akan mencapai sasaran atau tidak.

SINGKATAN-SINGKATAN <-->SIM = Surat Izin Mengemudi <-->STNK = Surat Tanda Nomor Kendaraan <-->STCK = Surat Tanda Coba Kendaraan <-->BPKB = Buku Pemilik Kendaraan Bermotor <-->Ditantas = Direktorat Lalu Lintas <-->Kasatlantas = Kepala Kesatuan Lalu Lintas <-->Reskrim = Reserse Kriminal <-->Babinkantibmas = Badan Pembinaan Keamanan Ketertiban Masyarakat < -->PolWiltabes = Kepolisian Wilayah Kota Besar <-->Polresta = Kepolisian Resor Kota <-->Polres = Kepolisian Resor <-->Polri = Kepolisian Republik Indonesia <-->Samsat = Sistem Administrasi manunggal Satu Atap <-->VER = Visum Et Revertum <-->AKP = Arjun Komisaris Polisi <-->AKBP = Arjun Komisaris Brigadir Polisi <-->Bridga = Brigadir Polisi Tiga .SYARAT-SYARAT PETUGAS UMUM <-->Sopan <-->Berpakaian bersih dan rapih <-->Simpatik dalam sikapdan Tata Bahasa <-->Jujur dan Tekun <-->Teliti dan Pasti <-->Cepat dan Tepat <-->Berpengetahuan luas di berbagai bidang <-->Humoristis dalam menghadapi setiap persoalan <-->Luwes dalam menanggulangi masalah <-->Jangan puas dengan apa yang dicapai pada waktu ini.

TUGAS Kapolri <-->Kapolri === Di Pusat <-->Kapolda === Di Daerah <-->Kapolwil === Untuk Wilayah <-->Kapolres === Untuk Se-Kabupaten <-->Kapolsek === Untuk Se-Kecamatan <-->Kapolpos === Untuk Pemantren (5 desa) KEPEMIMPINAN Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang atau pemimpin untuk mempengaruhi orang lain sehingga orang tersebut bertingkah laku sebagaimana yang dikehendaki oleh pemimpin. SYARAT-SYARAT KEPEMIMPINAN <-->Skill / Kemampuan <-->Sehat jasmani dan rohani < -->Berpengalaman <-->Berkelakuan Baik <-->Cukup Umur <-->Mempunyai Dukungan SIFAT-SIFAT KEPEMIMPINAN <-->Ramah 6. TEORI KEPOLISIAN Babinkamtibmas ===== Bintara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat. Percaya Diri .<-->SKKRI = Surat Keterangan Kesetiaan Kewarganegaraan Republik Indonesia. <-->DLLAJR = Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya <-->UULLAJR = Undang-Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya. Komunikatif <-->Arif Bijaksana 7.

TUJUAN PENGATURAN LALU LINTAS <-->Aman. Menyenangkan <-->Terpeliharanya jalan-jalan dan jembatan <-->Terselenggaranya pengangkutan barang-barang secara ekonomis <-->Mengatasi kepadatan arus lalu lintas <-->Mengurangi terkjadinya kecelakaan lalu lintas <-->Mencegah kerusakan-kerusakan jalan / infrastruktur <-->Melindungi harta benda / jiwa orang lain di jalan <-->Mengurangi pelanggaran di Jalan. lancar. dengan menggunakan gerakan tangan atau alat-alat lain sebagai tanda/isyarat kapan dan bagaimana lalu lintas itu harus bergerak. membelok atau berhenti.<-->Inisiatif <-->Bertanggung Jawab <-->Jujur PENGATURAN LALU LINTAS Pengaturan Lalu Lintas adalah suatu usaha untuk menertibkan dalam melancarkan lalu lintas di jalan umum. nyaman. efisien = Murah. agar lalu lintas tersebut dapat lancar. PENGATURAN LALU LINTAS ADA 3 MACAM <-->Gerakan Tangan <-->Stop semua jurusan/arah <-->Stop Jurusan tertentu <-->Stop depan <-->Stop belakang <-->Stop depan belakang <-->Jalan kanan <-->Jalan kiri <-->Jalan kanan kiri <-->Percepat kanan <-->Percepat kiri .

HAMBATAN LALU LINTAS <-->Faktor manusia (Tau-taat. tau-tidak taat/acuh) <-->Faktor Kendaraan <-->Faktor Jalan <-->Faktor Alam RAMBU-RAMBU LALU LINTAS Salah satu alat dari alat pengatur dan pengendali lalu lintas untuk para pemakai jalan.<-->Perlambat kanan <-->Perlambat kiri <-->Isyarat dengan Lampu <-->Merah = Berhenti <-->Kuning = Siap-siap/peringatan <-->Hijau = Boleh jalan <-->Kuning berkedip-kedip = Boleh jalan asal hati-hati <-->Isyarat dengan Sempritan <-->Peluit 1 kali panjang = Berhenti/stop <-->Peluit 2 kali pendek = Jalan <-->Peluit 3 kali atau lebih = Peringatan/perhatian LALULINTAS Gerak pindah barang atau orang dari suatu temapat ke tempat lain dengan maupun tanpa alat penggerak. RAMBU-RAMBU LALU LINTAS ADA 3 MACAM <-->Rambu-rambu yang menunjukkan peringatan suatu bahaya ( Dasar kuning petunjuk hitam ) <-->Rambu-rambu yang menunjukkan larangan dan aman ( Dasar putih petunjuk merah ) <-->Rambu-rambu yang memberikan petunjuk ( Dasar biru petunjuk putih ) . agar pemakai jalan sampai ke tujuan.

baik dengan maupun tanpa perlengkapan bagasi. tidak termasuk tempat duduk pengemudinya. . tidak termasuk tempat duduk pengemudinya.<-->harapuujnptep uamaR ( Rambu tambahan ) JALAN Setiap jalan dalam bentuk apapun yang terbuka untuk lalu lintas umum. <-->ARTI 2 GARIS PUTIH YANG TIDAK TERPUTUS-PUTUS . <-->MOBIL BIS Setiap kendaraan bermotor yang dilengkapi lebih dari delapan tempat duduk.Apabila dihadapan kosong dan tidak ada kendaraan lain anda boleh menyalip dengan memotong garis tersebut.500 Kg <-->ARTI SATU GARIS PUTIH YANG TERPUTUS-PUTUS DI JALAN .500 Kg <-->Kelas III A = 2.Anda diharuskan berada disebelah kiri garis tersebut . <-->MOBIL PENUMPANG Setiap kendaraan bermotor yang semata-mata dilengkapi sebanyak-banyaknya delapan tempat duduk.000 Kg <-->Kelas III = 3. baik dengan maupun tanpa perlengkapan bagasi.750 Kg <-->Kelas IV = 2.Jangan memotong garis tersebut . KLASIFIKASI JALAN <-->Kelas I = 7.Anda harus berada disebelah kiri garis tersebut . <-->KENDARAAN BERMOTOR Setiap kendaraan yang digerakkan oleh peralatan teknik yang ada pada kendaraan itu dan biasanya digunakan untuk pengangkutan barang atauorang di jalan selain dari kendaraan yang berjalan di atas Rel.Anda tidak boleh mendahului kendaraan lain.000 Kg <-->Kelas V = 1.000 Kg <-->Kelas II = 5.

<-->KENDARAAN UMUM Setiap kendaraan yang biasanya disediakan untuk dipergunakan oleh umum dengan pembayaran. sepeda motor dan mobil khusus. USAHA-USAHA DENGAN DASAR 3E <-->Traffic Engenering (Teknik lalu lintas) <-->Traffic Education (Pengetahuan/penerangan lalu lintas) <-->Traffic Law Indocement SIFAT-SIFAT MANUSIA PEMAKAI JALAN <-->Tau diri = Peramah. mobil bis. tidak bisa bergaul <-->Rendah diri = Akan menimbulkan canggung (minder wardeg complek) <-->Hasrat untuk mengatakan sesuatu atau memperlihatkan sesuatu <-->Hasrat untuk berjuang dan merahasiakan sesuatu <-->Hasrat untuk menolong atau menyuruh padahal mementingkan diri sendiri SIM ( Surat Izin Mengemudi ) MACAM-MACAM SIM ADA 5 : <-->SIM A : 18 tahun (Pribadi max 2. sopan santun dan bijaksana <-->Tinggi diri = Mempunyai sifat negatif.750) <-->SIM B'1 : 21 tahun (Preman angkutan c/30 microbus) <-->SIM B'2 : 21 tahun (Preman kendaraan container) <-->SIM C : 16 tahun (Sepeda motor – 40 Km/s) <-->SIM D : 18 tahun (Sepeda moter) SYARAT-SYARAT MENDAPATKAN SIM . <-->PENGEMUDI Orang yang mengemudikankendaraan atau yang langsung mengawasi orang lain mengemudikannya.<-->MOBIL BARANG Setiap kendaraan bermotor selain dari mobil penumpang.

kendaraan <-->Mengumpulkan dan mencatat keterangan dari pengemudi dan saksi yang melihat kejadian <-->Melindungi bukti-bukti. MAKSUD'NYA ADALAH <-->Untuk mengumpulkan data-data <-->Untuk menghukum para perlanggar yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas . dapat dipergunakan untuk menyusun program pencegahan dan pengendalian kecelakaan <-->Sedapat mungkin bisa menentukan siapa yang bertanggung jawab dalam kecelakaan itu. baik berupa kejahatan maupun pelanggaran yang mengakibatkan kerugian. untuk diadili sesuai dengan hukum yang berlaku. bekas rem dari kendaraan dan membuat sket/gambar kejadian <-->Pemberitahuan pertelepon atau kurir ke kantor polisi terdekat dan pada Puskesmas/Rumah Sakit dan bila perlu antarkan langsung ke RS/Puskesmas terdekat. TINDAKAN PERTAMA TEMPAT KEJADIAN PERKARA (LALU LINTAS) <-->Menolong orang yang luka-luka (Perhatikan P3K) <-->Memadamkan kebakaran yang disebabkan kecelakaan itu <-->Mencegah timbulnya kebakaran yang mungkin terjadi dengan tiba-tiba <-->Memperhatikan jangan sampai ada barang yang dicuri <-->Memberi tanda garis putih pada pecahan kaca. manusia. KECELAKAAN LALU LINTAS Kejadian akhir dari suatu atau serangkaian peristiwa lalu lintas jalan. luka dan jiwa manusia ataupun kerugian harta benda. TUJUAN PEMERIKSAAN KECELAKAAN LALU LINTAS <-->Untuk menjamin bahwa faktor yang diperoleh.<-->Foto copy KTP yang masih berlaku <-->Golongan darah dan keterangan dokter <-->Mengikuti ujian teori dan teori lapangan <-->Khusus bagi pemohon SIM C supaya membawa helm pengaman <-->Bagi WNA membawa Foto Copy STMD (SuratTanda Melapor Diri) <-->Bagi WNI keturunan agar membawa foto copy SKKRI (11 b) SKKRI = Surat keterangan Kesetiaan Kewarganegaraan Republik Indonesia. potongan kayu/besi.

dapat membawa kematian dalam waktu 3-5 menit. sesuai dengan denyut nadi dan warna darahnya merah segar. Apabila kecelakaan bersifat missal. Pendarahan dapat dibedakan antara : <-->Darah yang keluar dari urat nadi (artheri) sifat aliran darahnya memancar. Bagaimana dan Apa sebabnya terjadi. Dalam hal ini berikanlah petunjuk. Bertindaklah cekatan. baju. <-->Perhatikan tanda-tanda "Shock" . terutama mengenai : Apa. TUJUAN P3K <-->Menyelamatkan jiwa korban <-->Meringankan penderitaan mereka. <-->Darah yang keluar dari pembuluh darah balik (vena). berikanlah pernafasan buatan dari mulut ke mulut. agar sapu tangan tadi tetap menekan luka itu. Darah keluar dari pembuluh-pembuluh besar. Letakkan bagian pendarahan lebih tinggio dari bagian tubuh lainnya. Dimana. PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) P3K adalah pertolongan sementara (darurat) bagi para korban sebelum mendapat pertolongan dari dokter atau petugas kesehatan lainnya. korban-korban yang menderita luka ringan dapat dikerahkan untuk membantu. Kemudian ikatlah sapu tangan tadi dengan dasi. Bilamana. tekanlah tempat pendarahan kuat-kuat dengan tangan anda. tidak berarti boleh lamban. sifat aliran darahnya merembes (mengalir) dan warna darahnya merah kehitam-hitaman. ikat pinggang atau apapun juga. mungkin masih sempat menyelamatkan jiwa korban jika anda memperhatikan hal ini. Dengan menggunakan sapu tangan atau kain yang bersih. tetapi tetap tenang. Bila nafas korban terhenti. serta mencegah agar cidera tidak semakin parah <-->Mempertahankan daya tahan korban hingga pertolongan yang pasti dapat diberikan POKOK-POKOK P3K <-->Jangan panik. kecuali kalau keadaannya tidak mengijinkan. <-->Perhatikan pernapasan korban. Siapa.petunjuk yang tenang dan jelas.<-->Untuk memberikan penerangan dan pendidikan pada masyarakat umumnya dan pemakai jalan khususnya. <-->Hentikan Pendarahan.

tidak bercahaya dan manik matanya (pupil) melebar.Tanda-tanda Shock : <-->Kesadaran korban menurun <-->Nadi berdenyut cepat (>140 kali/menit) kemudian melemah. <-->Perlengkapan TPTKP <-->Alat P3K <-->Alat Tulis <-->Meteran atau tali <-->Kamera atau Kodak . korban dilentangkan dengan letak kepala lebih rendah dari tubuh lainnya untuk mencegah korban yang dikhawatirkan akan tersedak/keselak air atau darah muntahan kedalam paru-paru. Maksud dari TPTKP ini adalah merupakan suatu cara atau tindakan-tindakan dalam memberikan pertolongan pertama di sebuah tempat kejadian. misalnya : kebakaran. jalan raya. gunung meletus dan lain-lain. lembab dan pucat <-->Nafas dangkal dan kadang-kadang tidak teratur <-->Mata penderita nampak hampa. Kecuali apabila tempat kecelakaan tidak memungkinkan korban dibiarkan di tempat tersebut. <-->Jangan memindahkan korban secara terburu-buru. banjir. lambat dan menghilang <-->Korban merasa mual (mau muntah) <-->Kulit korban dingin. korban segera dipindahkan ke tempat yang aman. terlebih dahulu pendarahan harus dihentikan serta patah tulang harus dibidal (spalk) Slint. Apabila korban hendak diusung. Apabila ada tanda-tanda shock. MATERI KRIDA TPTKP <-->Pengertian TPTKP merupakan singkatan dari Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara. korban tidak boleh dipindahkan dari tempatnya sebelum dapat dipastikan jenis serta kepatahan cedera yang dialaminya. tanah longsor.

jam. pembunuhan. <-->Tahapan TPTKP <-->Tiba di Tempat kejadian perkara (TKP) <-->Catat hari. dan cegah barang bukti jangan sampai hilang atau rusak. dan lainnya <-->Tutup dan jaga TKP dari gangguan orang yang tidak berkepentingan <-->Pertahankan tempat asli selama pemeriksaan pada TKP belum selesai. <-->Terhadap Pelaku . apa yang dilakukan.<-->Kapur <-->Sarung tangan <-->Sepatu tanpa gigi <-->Pemberian Bukti/Laporan dengan prinsip sebagai berikut : SI = Siapa yang melakukan kejadian itu (seseorang yang diduga melakukan tindak pidana) A = Apakah jenis kejadian itu (Kecelakaan. <-->Buat bagan depan TKP waktu kejadian tersebut berlangsung (gambar kasar tempat kejadian). dsb) DI = Dimana kejadian terjadi (Tempat) DE = Dengan apa kecelakaan itu terjadi (Bentuk kejadian) ME = Mengapa terjadi (Alasan kejadian) BA = Bagaimana kecelakaan itu terjadi (Bentuk kejadian) BI = Bilamana terjadi. <-->Terhadap korban Periksa apabila masih ada tanda-tanda kehidupan pada korban dengan cara sebagai berikut : <-->Meraba bagian badan apakah dingin atau panas <-->Memeriksa apakah urat nadi pada pergelangan tangan masih berdenyut <-->Memeriksa apakah ada tanda-tanda pernapasan <-->Bila ada tanda-tanda kehidupan segera beri pertolongan P3K bila memungkinkan pinta keterangan identitas <-->Segera bawa ke RS terdekat <-->Beri tanda-tanda letak korban di TKP. tanggal.

<-->Maksud SAR Dalam pengertian SAR di atas sudah jelas bahwa SAR adalah untuk memberikan bantuan kepada pemerintah dalam tugas-tugas social atau kemanusiaan. Kegiatan SAR ini berkembang di lapangan dengan berbagai macam alat bantu. dan menolong korban atau seseorang yang dianggap musnah dapat kembali (hilang). <-->Terhadap barang bukti <-->Jaga jangan sampai rusak/hilang/berubah dari letak barang bukti <-->Catat barang bukti waktu ditemukan/setelah diadakan pemeriksaan seperlunya <-->Kumpulkan dan catat barang bukti yang dipindahkan <-->Catat barang bukti yang terpaksa dipindahkan karena situasi yang mendesak. kapal laut. yaitu : S (search = pencarian). Hal ini khusus dalam bidang bencana alam. Jadi. A (and = dan).Tangkap pelaku bila masih berada di TKP dan lakukan penggeledahan sebagaimana mestinya. <-->Pengenalan Teori SAR Teori SAR mengenal istilah “SURVIVAL” atau biasa disebut dengan “Teknik mempertahankan hidup di alam bebas”. SURVIVAL diartikan : <-->Suatu daya upaya pencarian sesuatu untuk kelangsungan hidup <-->Mencari cadangan (makanan dan minuman) Hal-hal pokok dalam SAR (SURVIVAL) . SAR dapat diartikan sebagai pencarian dan pertolongan bagi siapa pun yang membutuhkan. <-->Catat nama. dilaksanakan dengan sukarela dan tidak ada paksaan serta tidak mengharapkan imbalan jasa dan pengakuan diri dari pihak manapun. R (rescue = pertolongan). umur. kecelakaan pesawat terbang. MATERI KRIDA SAR <-->Pengertian SAR Singkatan SAR berasal dari Bahasa inggris. Arti lain seperti. pengetahuan tentang bagaimana caranya membantu. pekerjaan dan alamat atau periksa KTPnya <-->Cegah jangan sampai pelaku menghapus/menghilangkan bukti <-->Adakan pencarian apabila si pelaku tidak ada di tempat/TKP. dan pencinta alam yang tersesat di gunung atau hutan baik yang bersifat nasional maupun internasional. Dengan kata lain.

biar lambat asal selamat) R = Remember where you are (Ingatlah berada dimana anda) V = Vanguisch fear and panic (Kuasailah rasa takut dan panic) I = Improvise (Atasi kesulitan anda) V = Value living (Hargailah hidup anda) A = Aict like the native (Sesuaikanlah diri anda) L = Learn basic skill (Pelajarilah dengan keahlian anda) <-->Persoalan dalam SURVIVAL <-->Pemeliharaan mental <-->Pengetahuan P3K <-->Makanan. air dan cara membuat api <-->Shelter atau alat darurat <-->Mencari arah mata angin tanpa menggunakan kompas <-->Yang harus diatasi dalam SURVIVAL <-->Rasa sunyi <-->Tersesat <-->Rasa putus asa <-->Rasa jemu <-->Rasa takut <-->Kebutuhan jasmani dan rohani <-->Senjata dalam SURVIVAL <-->Kegiatan <-->Semangat perlawanan <-->Humor <-->Kecerdasan <-->Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa <-->Pengetahuan dan keterampilan SAR .<-->Teknik dan taktik SURVIVAL Dalam teknik dan taktik mempertahankan hidup di alam bebas ini kita harus ingat kata “SURVIVAL” yaitu : S = Size up the situation (Nilailah situasi anda) U = Underhaste make waste (Jangan tergesa-gesa.

tim. regu atau kelompok <-->Penggunaan tali sangat diperlukan karena keadaan hutan kadang-kadang gelap <-->Kuasai panic jika tersesat <-->Beri tanda-tanda pada benda mati ketika kita mulai dan hingga perjalanan berakhir <-->Teknik dasar dalam penyempurnaan SAR .<-->Caving = Penyelusuran Goa <-->Roce Climbing = Panjat Tebing <-->Rappeling abseling = Turun tebing <-->ORAD = Olahraga Arus Deras <-->Navigasi = Peta dan Kompas <-->Perlengkapan SAR <-->Carmantel (tambang) <-->Skrup /non-skrup SOS untuk turun <-->Double karabiner untuk penghubung (tubuh atau tali tubuh (harness) untuk turun) <-->Ascender <-->Deskender untuk turun (seperti angka delapan) <-->Etner (tangga) <-->Harness (tali tubuh) <-->Webbing (tali) <-->Cara mencari korban di hutan / gunung <-->Jejak atau bekas perjalanan <-->Arah-arahnya <-->Beri tanda pada/dengan benda (tetap) agar tidak tersesat <-->Tanda-tanda lain yang sekitarnya dapat menjadi petunjuk. <-->Macam-macam SAR <-->SAR Darat <-->SAR Air/laut <-->SAR Udara <-->SAR Umum <-->Perhatian dalam mencari korban <-->Dalam pencarian jangan terpisah dari kawan.

<-->Banyak latihan (praktek) .