WALIKOTA PARIAMAN SAMBUTAN PADA ACARA PENILAIAN PELAKSANAAN PROGRAM PENYEDIAAN MAKANAN TAMBAHAN ANAK SEKOLAH (PMT-AS) TINGKAT

PROPINSI SUMBAR TAHUN 2011
JUM’AT, 28 OKTOBER 2011 DI SDN 05 MARABAU KECAMATAN PARIAMAN SELATAN

Bismillahirrohmanirrohim. Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang kami hormati :  Ketua Tim Penilai Pelaksanaan PMT-AS Tingkat Propinsi Sumatera Barat beserta rombongan. Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD dan Kepala Bagian di Lingkungan Pemerintah Kota Pariaman. Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman beserta pengurus. Kepala Kementerian Agama Kota Pariaman Camat se-Kota Pariaman.

 

Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kota Pariaman beserta pengurus. Kepala UPTD Pendidikan, Puskesmas, Bidan Desa, Ahli Gizi dan Penyuluh Pertanian Lapangan.

Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LPM, Ketua TP-PKK Desa, LSM, Ninik Mamak, Cadiak Pandai, Alim Ulama dan Bundo Kanduang Desa Marabau.

Kepala Sekolah Dasar Negeri 05 Marabau, Ketua Komite Sekolah beserta Majelis Guru serta Kepala SD/MI se- Kota Pariaman

Hadirin-hadirat beserta undangan yang yang kami banggakan. Pertama-tama, puji beserta syukur marilah kita

persembahkan kehadirat Allah SWT, atas berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita telah dapat hadir dan berkumpul di tempat ini dalam rangka kegiatan Penilaian Pelaksanaan Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak

Sekolah Dasar Tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2011, dimana sesuai jadwal yang kami terima,tibalah giliran Kota Pariaman untuk dinilai dan di evaluasi yang diwakili oleh SD Negeri 05 Marabau Kecamatan Pariaman Selatan. Salawat beserta salam kita kirimkan kepada Allah SWT untuk junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. Atas Nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kota Pariaman, kami mengucapkan Selamat Datang kepada Bapak dan Ibu Tim Penilai Pelaksanaan PMT-AS Tingkat Propinsi Sumatera Barat beserta rombongan di SD Negeri 05 Marabau ini, sebuah Sekolah yang telah dapat melaksanakan PMT-AS dengan baik hingga mampu mewakili Kota Pariaman untuk mengikuti kompetisi Pelaksanaan Program Penyediaan Makanan Tambahan tingkat Propinsi Sumatera Barat. Untuk itu ” Kok datang indak tasongsong, tasongsong lai indak tasalami, lai tasalami, kok duduak kurang pado tampeknyo, rila jo maaf kami pintokan”. Mudah-mudahan selama berada di Kota Pariaman, Bapak dan Ibu akan merasa betah dan selamat nantinya sampai ke tujuan.

apotik hidup. Terpilihnya Pariaman Selatan SD Negeri 05 Kota Marabau Pariaman Kecamatan mengikuti mewakili Perlombaan yang sama di Tingkat Propinsi Sumatera Barat adalah berdasarkan hasil penilaian yang dilaksanakan oleh Tim Penilai Pelaksanaan Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah Tingkat Kota Pariaman. Orang tua Murid dan . LPM. komite Sekolah.Bapak. tempat pencucian tangan di tiap-tiap lokal serta dukungan dari Kepala Desa. terutama menyangkut aspek kesehatan. kebersihan. Ibu dan hadirin yang berbahagia Perlombaan dan evaluasi Pelaksanaan Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah adalah untuk menilai sudah sejauh mana keberhasilan Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah dalam meningkatkan Kesehatan dan gizi anak sehingga mampu mendorong motivasi belajar untuk meningkatkan prestasi. hal ini berarti ada nilai lebih yang dimiliki SD Negeri 05 Marabau dibandingkan 24 SD/MI lainnya penerima Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah di Kota Pariaman.

Hadirin yang berbahagia Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah merupakan Program Nasional yang bersifat lintas sektoral. dan untuk Kota Pariaman sudah melaksanakan Program Wajib Belajar 12 tahun. Disamping itu. Bertujuan meningkatkan ketahanan fisik anak SD/MI Negeri maupun Swasta melalui perbaikan keadaan gizi dan kesehatan sehingga dapat mendorong minat dan kemampuan belajar anak untuk meningkatkan prestasi dalam rangka menunjang tercapainya Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 tahun secara Nasional. Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah . Bidan Desa / Ahli Gizi dalam pengaturan menu dan pengadaan kudapan. juga telah dapat bekerja sama dengan TP-PKK setempat.Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah.masyarakat. Sesuai dengan kondisi saat ini dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang.

1. Menyikapi ketentuan diatas Pemerintah Kota Pariaman telah melaksanakan PMT-AS sejak tahun 2005 dengan indeks Rp.100/murid dalam satu kali pemberian.dilaksanakan sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten/Kota melalui APBD. Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah dilengkapi dengan pemberian obat cacing enam bulan sekali setiap murid agar makanan tambahan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kesehatan dan gizi. untuk tahun berikutnya indeks ini terus . yang pada gilirannya dapat mendorong semangat belajar murid SD/MI penerima PMT-AS. telah berkembang menjadi Rp. dan direncanakan ditingkatkan.900/murid untuk satu kali pemberian.1. Dalam menentukan SD/MI sebagai penerima PMT-AS diutamakan SD/MI bagi orang tua murid yang kurang mampu dan diberikan secara bergiliran sebagai salah satu upaya pemerataan dalam percepatan penanggulangan kemiskinan.

Pelaksanaan penyediaan makanan tambahan anak sekolah merupakan kerjasama antara Kepala sekolah dan TP-PKK desa dengan menu sesuai petunujuk ahli gizi setidaknya mengandung energi sekitar 300 kalori dan kurang lebih 5 gram protein tiap anak dalam sehari. bahan pokok makanan tambahan anak sekolah mengutamakan kesehatan Cinta ”Aku produksi dan gizi Makanan setempat sebagai Indonesia” yang upaya dan memenuhi standar membudayakan menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat. Melalui dalam kesempatan yang berbahagia Penyediaan ini saya menghaturkan terima kasih kepada semua unsur yang terkait mensukseskan Program Makanan Tambahan Anak Sekolah di Lingkungan Pemerintah Kota Pariaman. sehingga Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak . Kondisi yang telah baik ini hendaknya semakin kita kembangkan. Namun kita tidak berhenti sampai disini.Sejalan dengan itu. Hadirin yang saya hormati.

Kepala Desa/Lurah telah dapat melakukan pembinaan secara terpadu dan berkelanjutan. bekerja sama dengan masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi unsur terkait sebagaimana yang diamanatkan dalam pedoman umum PMT-AS tahun 2002 yang dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri. kepada Kepala Sekolah SD Negeri 05 Marabau beserta majelis guru. mari kita tunjukkan kondisi objektif keberhasilan pelaksanaan PMT-AS. Berkaitan dengan kegiatan penilaian pelaksanaan PMT-AS hari ini. Bidan Desa/Ahli gizi dan unsur terkait lainnya yang telah terlibat lansung dalam penentuan dan pemberian kudapan anak sekolah sampaikanlah paparan secara objektif dan seoptimal mungkin kepada Tim Penilai Tingkat Propinsi Sumatera Barat. kiranya . TP-PKK. Jika ada cross-check data ke lapangan. kita berharap pada bapak dan ibu tim penilai dari Propinsi Sumatera Barat. Terhadap SKPD terkait. Juga melalui momentum ini. Camat.Sekolah benar-benar dirasakan manfaatnya dalam membangun sumber daya manusia yang handal. TP-PKK.

Terima kasih. Semoga ALLAH SWT merestui segala amal usaha kita dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.memberikan kesempatan pada Kota Pariaman untuk lebih meningkatkan prestasinya di Tingkat Propinsi Sumatera Barat di bidang pelaksanaan PMT-AS. sehingga lebih memacu dan memberikan ransangan pada kinerja pelaksana PMT-AS lain untuk lebih berprestasi di Kota Pariaman. WALIKOTA PARIAMAN MUKHLIS. Wb. R . Demikianlah beberapa hal yang dapat kami sampaikan melalui kesempatan yang berbahagia ini. Wassalamualaikum Wr.

EKSPOSE BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAHAN DESA KOTA PARIAMAN TENTANG STRATEGI DAN KEBIJAKSANAAN DAERAH DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PMT-AS KOTA PARIAMAN Bismillahirrohmanirrohim. Assalamualaikum Wr. Wb. Yang kami hormati : • • • Ibu Ketua TP-PKK Propinsi Sumatera Barat Bapak Kepala BPM Propinsi Sumatera Barat Bapak/Ibu dari BPMD Kabupaten / Kota se Propinsi Sumatera Barat • TP-PKK Kabupaten/ Kota se Propinsi Sumatera Barat • Hadirin para Undangan yang berbahagia .

Bapak. sebagai acuan dan pegangan dalam menjalankan kehidupan seharihari. Ibu dan Hadirin yang berbahagia Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah merupakan Program Nasional yang bersifat lintas sektoral.Puji beserta syukur marilah Kita persembahkan kehadirat Allah SWT. Bertujuan meningkatkan ketahanan fisik anak SD/MI Negeri . Salawat beserta salam tidak lupa Kita kirimkan untuk junjungan Kita Nabi Besar Muhammad SAW yang telah memberikan amanah dan petunjuk kepada umatnya. atas berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat hadir dan berkumpul disini dalam rangka Orientasi Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) tahun 2012 di Propinsi Sumatera Barat dimana Kota Pariaman berhasil sebagai pelaksana terbaik Program PMT-AS se Sumatera Barat tahun 2011 lalu yang diwakili oleh SD 05 Marabau Kecamatan Pariaman Selatan.

Dalam menentukan SD/MI sebagai penerima . dan untuk Kota Pariaman sudah melaksanakan Program Wajib Belajar 12 Tahun. Menyikapi ketentuan diatas Pemerintah Kota Pariaman telah melaksanakan PMT-AS sejak tahun 2005 hingga saat ini dan direncanakan akan terus berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya. Sesuai dengan kondisi saat ini dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan daerah dan Undang-Undang Nomor 33 tahun 2004 tentang Perimbangan keuangan antara Pemerintah Pusat dan daerah.maupun Swasta melalui perbaikan keadaan gizi dan kesehatan sehingga dapat mendorong minat dan kemampuan belajar anak untuk meningkatkan prestasi dalam rangka menunjang tercapainya Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 tahun secara Nasional. Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah dilaksanakan sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten / Kota melalui APBD.

300 BANYAK PEMBERIAN INDEKS (Rp) .350 88 Kali 1. Bapak. Ibu dan Hadirin yang berbahagia Adapun Data Perkembangan Kegiatan PMT-AS di Kota Pariaman selama 5 (lima) tahun terakhir yaitu dari tahun 2007 hingga tahun 2011 adalah sebagai berikut: TAHUN 2007 1. 2. 2. JML KECAMATAN/ JUMLAH SD/MI Pariaman Utara 6 SD/ MI Pariaman Tengah 6 SD/MI Pariaman Selatan 6 SD/MI 18 SD/ MI Pariaman Utara 8 SD/ MI Pariaman Tengah 8 SD/MI Pariaman Selatan 7 SD/MI 23 SD/ MI JUMLAH MURID 552 Org 510 Org 738 Org 1800 Org 1088 Org 1535 Org 1330 Org 3953 Org 43 kali 1. 3. JML 2008 1.PMT-AS diutamakan SD/MI dengan murid yang berasal dari keluarga kurang mampu dan diberikan secara bergiliran sebagai salah satu upaya pemerataan dalam percepatan penanggulangan kemiskinan. 3.

Pariaman Tengah 4 SD/MI 3.750 JML 2011 JML .800 50 Kali 1. Pariaman Selatan 5 SD/MI 4. Pariaman Selatan 6 SD/MI 4. Pariaman Utara 8 SD/ MI 2.900 40 Kali 1. Pariaman Timur 4 SD/MI 21 SD/ MI 1. Pariaman Timur 8 SD/MI 25 SD/ MI 1222 Org 1280 Org 1559 Org 4061 Org 913 Org 531 Org 989 Org 567 Org 3000 Org 905 Org 526 Org 708 Org 856 Org 2995 Org 54 Kali 1. Pariaman Utara 7 SD/ MI 2. Pariaman Utara 11 SD/ MI 2. Pariaman Tengah 4 SD/MI 3. Pariaman Tengah 10 SD/MI 3. Pariaman Selatan 10 SD/MI 31 SD/ MI 1.2009 JML 2010 1.

Hadirin yang berbahagia Dana Pelaksanaan Kegiatan PMT-AS di Kota Pariaman selain berasal dari APBD Kota Pariaman juga di dukung oleh dana swadaya masyarakat.Sedangkan rencana pelaksanaan Kegiatan PMT-AS untuk tahun 2012 adalah sebagai berikut : TAHUN JUMLAH MURID BANYAK PEMBERIAN INDEKS (Rp) 2012 3000 Orang 54 Kali 2. Contohnya pada pelaksanaan PMT-AS tahun 2011 di SD 05 Marabau Kecamatan Pariaman Selatan. maka pelaksanaan indeks pemberian jajanan di SD ini menjadi . Makanan diberikan 3 sampai dengan 4 kali seminggu selama hari belajar efektif (54 kali pemberian jajanan dalam 1 thn) yang diberikan dari bulan April s/d Oktober 2011 dengan porsi sebanyak 198 orang. Berhubung adanya peningkatan jumlah murid pada tahun ajaran baru yang lalu.000 Bapak/Ibu.

Karena itu selain dana tunai. Alhamdulillah.bertambah. swadaya masyarakat juga berupa sumbangan bahan makanan dari masyarakat setempat dan dari hasil kebun sekolah itu sendiri. cabe rawit. terkumpul dana sebanyak 10 kali pemberian. Dana tambahan tersebut diperoleh dari partisipasi/swadaya masyarakat Desa Marabau. Hadirin yang berbahagia Untuk kelancaran pelaksanaan Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) di bentuk Tim Koordinasi Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) Kota Pariaman yang terdiri dari : . telur puyuh. kentang dan lain-lain. Bahan pokok makanan tambahan anak sekolah mengutamakan produksi setempat yang memenuhi standar kesehatan dan gizi sebagai upaya membudayakan ”Aku Cinta Makanan Indonesia” dan menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat. Bapak/Ibu. daun bawang . seperti : ubi kayu. telur ayam. kacang hijau.

BPMD sebagai Ketua 4. Dinas Kesehatan. program ini Adapun tugas dari Tim Koordinasi ini adalah sebagai berikut: a. Merumuskan rencana kegiatan dan mengendalikan pelaksanaan Program Pemberian Pelaksanaan Makanan Program Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS). Walikota Pariaman sebagai penanggung jawab 2. Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah Dinas Pertanian. b. SKPD terkait sebagai anggota yaitu . Dinas Kelautan dan Perikanan serta SKPD lain yang ikut mendukung . Mengkoordinasikan (PMT-AS). DIKPORA. TP-PKK sebagai Wakil Ketua 5.1. Sekretaris Daerah sebagai Koordinator 3.

c. Menilai dan menindaklanjuti Pelaksanaan Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS). Melaksanakan pembinaan bagi kelancaran penyelenggaraan Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS). Ini merupakan partisipasi dari Dinas Kesehatan Kota Pariaman dalam menyukseskan Pelaksanaan PMT-AS. yang pada gilirannya dapat mendorong semangat belajar murid. Agar makanan tambahan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kesehatan dan gizi. f. Melaporkan pelaksanaan Anak Program Sekolah Pemberian (PMT-AS) Makanan Tambahan sesuai peraturan yang berlaku. kegiatan ini juga dilengkapi dengan pemberian obat cacing enam bulan sekali untuk setiap murid. . Melaksanakan Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) sesuai yang di anggarkan. e. d.

SKPD yang lain seperti Dinas Pertanian yang melakukan pembinaan di bidang tanaman pangan dan pekarangan. Selanjutnya PKK Desa memasak kudapan berdasarkan menu tersebut. Bapak/Ibu. Hadirin yang berbahagia Kegiatan Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah merupakan kerjasama antara Kepala Sekolah dan TPPKK desa. Dinas Pendidikan dan Olah Raga membina meningkatkan mutu pelajaran dan pengawasan pencapaian nilai belajar anak serta Kementerian Agama dengan pembacaan Doa yang baik sebelum makan maupun sesudah makan. .Selain Dinas Kesehatan yang terlibat secara langsung dalam menyukseskan pelaksanaan PMT-AS. TP-PKK Desa menyusun menu yang telah diteliti kandungan gizinya oleh ahli gizi yaitu menu yang mengandung energi minimal 300 kalori dan kurang lebih 5 gram protein untuk tiap anak dalam sehari.

Sehingga dapat membantu mengatasi permasalahan yaitu dengan tidak lagi memberikan menu yang tidak disukai oleh anak dan mengganti dengan menu lainnya. . buku administrasi disiapkan untuk mencatat perkembangan murid sehingga dapat terlihat perubahan terhadap perkembangan anak. seperti menu yang disukai dan tidak disukai oleh murid. baik berat maupun tinggi badannya setiap bulan. Disamping itu. Selain itu juga ada buku yang mencatat permasalahan menu yang yang diberikan setiap minggu dan menu dihadapi dalam pemberian tersebut.Kudapan ini kemudian diberikan oleh Kepala Sekolah beserta guru kepada murid yang dibagikan sebelum jam istirahat.

Wassalamualaikum Wr. semoga dapat bermanfaat bagi Kita bersama. Lanefi NIP. 195912301983031007 .Bapak/Ibu. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Kota Pariaman Drs. Hadirin yang berbahagia Demikianlah ekspose mengenai Strategi dan Kebijaksanaan Daerah dalam Pelaksanaan PMT-AS di Kota Pariaman. Terima kasih. Wb.

Wb. Yang kami hormati : .WALIKOTA PARIAMAN SAMBUTAN PADA ACARA PENILAIAN PELAKSANAAN PROGRAM MAKANAN TAMBAHAN ANAK SEKOLAH (PMTAS) TINGKAT PROPINSI SUMBAR TAHUN 2010 JUM’AT. 28 OKTOBER 2011 DI SD 05 MARABAU KECAMATAN PARIAMAN SELATAN Bismillahirrohmanirrohim. Assalamualaikum Wr.

Camat se-Kota Pariaman. Bidan Desa. . Kepala UPTD Pendidikan. Puskesmas. Ninik Mamak.  Kepala Sekolah Dasar Negeri 05 Marabau. Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kota Pariaman beserta pengurus. Ketua TP-PKK Desa. Ahli Gizi dan Penyuluh Pertanian Lapangan.  Hadirin-hadirat beserta undangan yang yang kami banggakan.       Kepala Desa. Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman beserta pengurus. Alim Ulama dan Bundo Kanduang Desa Marabau . Ketua BPD. Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Pariaman. Cerdik Pandai. Ketua LPM. Ketua Komite Sekolah beserta Majelis Guru. Ketua Tim Penilai Pelaksanaan PMT-AS Tingkat Propinsi Sumatera Barat beserta rombongan. LSM.

Pertama-tama. kami mengucapkan Selamat Datang kepada Bapak dan Ibu Tim Penilai Pelaksanaan PMT-AS Tingkat Propinsi Sumatera Barat beserta rombongan di SD Negeri 18 Pasir Pauh ini. Atas Nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kota Pariaman. Salawat beserta salam kita kirimkan kepada Allah SWT untuk junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. puji beserta syukur marilah kita persembahkan kehadirat Allah SWT. kita telah dapat hadir dan berkumpul di tempat ini dalam rangka kegiatan Penilaian Pelaksanaan Program Makanan Tambahan Anak Sekolah Dasar Tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2010. atas berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya. sebuah Sekolah yang telah dapat melaksanakan PMT-AS dengan baik hingga mampu mewakili Kota Pariaman untuk mengikuti kompetisi Pelaksanaan Program Makanan Tambahan tingkat Propinsi Sumatera Barat.tibalah giliran Kota Pariaman untuk dinilai yang diwakili oleh SD Negeri No 18 Pasir Pauh Kecamatan Pariaman Tengah. Untuk itu ” Kok . dimana sesuai jadwal yang kami terima.

Mudah-mudahan selama berada di Kota Pariaman. Ibu dan hadirin yang berbahagia Perlombaan Pelaksanaan Program Makanan Tambahan Anak Sekolah adalah untuk menilai sudah sejauh mana keberhasilan Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah dalam meningkatkan Kesehatan dan gizi anak sehingga mampu mendorong motivasi belajar untuk meningkatkan prestasi. Terpilihnya SD Negeri No 18 Pasir Pauh Kecamatan Pariaman Tengah mewakili Kota Pariaman mengikuti Perlombaan yang sama di Tingkat Propinsi Sumatera Barat adalah berdasarkan hasil penilaian yang dilaksanakan oleh Tim Penilai Pelaksanaan Program Makanan Tambahan Anak Sekolah Tingkat Kota Pariaman. kok duduak kurang pado tampeknyo. Bapak dan Ibu akan merasa betah dan selamat nantinya sampai ke tujuan.. rila jo maaf kami pintokan”. tasongsong lai indak tasalami. hal ini berarti ada nilai lebih yang dimiliki SD Negeri No 18 Pasir Pauh dibandingkan 20 . Bapak.datang indak tasongsong.

Hadirin yang berbahagia Program Makanan Tambahan Anak Sekolah merupakan Program Nasional yang bersifat lintas sektoral. Bidan Desa / Ahli Gizi dalam pengaturan menu dan pengadaan kudapan. juga telah dapat bekerja sama dengan TP-PKK setempat.SD/MI lainnya penerima Program Makanan Tambahan Anak Sekolah di Kota Pariaman. Sesuai dengan kondisi saat ini dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang. Disamping itu. dan untuk Kota Pariaman sudah melaksanakan Program Wajib Belajar 12 tahun.Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang . yang didukung dengan tempat pencucian tangan di tiap-tiap lokal. Bertujuan meningkatkan ketahanan fisik anak SD/MI Negeri maupun Swasta melalui perbaikan keadaan gizi dan kesehatan sehingga dapat mendorong minat dan kemampuan belajar anak untuk meningkatkan prestasi dalam rangka menunjang tercapainya Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 tahun secara Nasional. terutama menyangkut aspek kesehatan.

. yang pada gilirannya dapat mendorong semangat belajar murid SD/MI penerima PMT-AS.1. Dalam menentukan SD/MI sebagai penerima PMT-AS diutamakan SD/MI bagi orang tua murid yang kurang mampu dan diberikan secara bergiliran sebagai salah satu upaya pemerataan dalam percepatan penanggulangan kemiskinan. dan direncanakan untuk tahun berikutnya indeks ini ditingkatkan. Menyikapi ketentuan diatas Pemerintah Kota Pariaman telah melaksanakan PMT-AS sejak tahun 2005 sampai sekarang dengan indeks Rp. telah berkembang menjadi Rp.Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah dilengkapi dengan pemberian obat cacing enam bulan sekali setiap murid agar makanan tambahan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kesehatan dan gizi.800/murid untuk satu kali pemberian. Program Makanan Tambahan Anak Sekolah dilaksanakan sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten/Kota melalui APBD.100/murid dalam satu kali pemberian.1.

Kondisi yang telah baik ini hendaknya semakin kita kembangkan. Namun kita tidak berhenti sampai disini. Pelaksanaan pengadaan makanan tambahan anak sekolah merupakan kerjasama antara Kepala sekolah dan TPPKK desa dengan menu sesuai petunujuk ahli gizi setidaknya mengandung energi sekitar 300 kalori dan kurang lebih 5 gram protein tiap anak dalam sehari.Sejalan dengan itu. Melalui kesempatan yang berbahagia ini saya menghaturkan terima kasih kepada semua unsur yang terkait dalam mensukseskan Program Makanan Tambahan Anak Sekolah di Lingkungan Pemerintah Kota Pariaman. sehingga Program Makanan Tambahan Anak Sekolah benar-benar dirasakan . Hadirin yang saya hormati. bahan pokok makanan tambahan anak sekolah mengutamakan kesehatan Cinta ”Aku produksi dan gizi Makanan setempat sebagai Indonesia” yang upaya dan memenuhi standar membudayakan menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat.

mari kita tunjukkan kondisi objektif keberhasilan pelaksanaan PMT-AS. kiranya .manfaatnya dalam membangun sumber daya manusia yang handal. Kepala Desa/Lurah agar dapat melakukan pembinaan secara terpadu dan berkelanjutan. Juga melalui momentum ini. Camat. Terhadap SKPD terkait. TP-PKK. bekerja sama dengan masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi unsur terkait sebagaimana yang diamanatkan dalam pedoman umum PMT-AS tahun 2002 yang dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri. kita berharap pada bapak dan ibu tim penilai dari Propinsi Sumatera Barat. TP-PKK. Jika ada cross-check data ke lapangan. Bidan Desa/Ahli gizi dan unsur terkait lainnya yang telah terlibat lansung dalam penentuan dan pemberian kudapan anak sekolah sampaikanlah paparan secara objektif dan seoptimal mungkin kepada Tim Penilai Tingkat Propinsi Sumatera Barat. Berkaitan dengan kegiatan penilaian pelaksanaan PMT-AS hari ini. kepada Kepala Sekolah SD Negeri 18 beserta majelis guru.

Semoga ALLAH SWT merestui segala amal usaha kita dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini. R . Wassalamualaikum Wr. Terima kasih. Demikianlah beberapa hal yang dapat kami sampaikan melalui kesempatan yang berbahagia ini.memberikan kesempatan pada Kota Pariaman untuk lebih meningkatkan prestasinya di Tingkat Propinsi Sumatera Barat di bidang pelaksanaan PMT-AS. minimal mempertahankan prestasi yang pernah di raih tahun 2008 lalu sebagai terbaik II Tingkat Propinsi Sumatera Barat. Wb. sehingga lebih memacu dan memberikan ransangan pada kinerja pelaksana PMT-AS lain untuk lebih berprestasi di Kota Pariaman. WALIKOTA PARIAMAN MUKHLIS.

. Yang kami hormati :  Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Pariaman. 16 Mei 2011 di SDN 05 Marabau KEC.WALIKOTA PARIAMAN SAMBUTAN WALIKOTA PARIAMAN PADA ACARA PENCANANGAN PROGRAM PENYEDIAAN MAKANAN TAMBAHAN ANAK SEKOLAH (PMT-AS) TAHUN 2011 Senin. Assalamualaikum Wr. Wb. PARIAMAN SELATAN Bismillahirrohmanirrohim.

Alim Ulama. Camat se-Kota Pariaman Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kota Pariaman. Kepala Desa. Ibu Ketua TP-PKK Kota Pariaman. Ketua Karang Taruna Desa Marabau Kecamatan Selatan Kota Pariaman. Ketua TP-PKK Desa. Ninik Mamak. Puji beserta syukur marilah kita persembahkan kehadirat Allah SWT.        Pengurus Organisasi Kemasyarakatan. atas berkat limpahan rahmat dan . Hadirin-hadirat yang kami hormati. Bundo Kanduang dan para undangan lainnya yang tidak dapat disebutkan namanya satu persatu. Ketua LPM. Ketua BPD. Kepala SD / MI Penerima Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) Tahun 2011. Cadiak Pandai. Kepala UPTD Pendidikan se-Kota Pariaman Kepala UPTD Puskesmas se-Kota Pariaman.

Salawat beserta salam kita kirimkan kepada Allah SWT untuk junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. kita telah dapat hadir dan berkumpul di tempat ini dalam rangka pencanangan Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) Tahun 2011. Ibu dan hadirin yang berbahagia Sebagaimana yang kita ketahui bersama. baik Pemerintah.karunia-Nya. Bapak. orang tua murid maupun masyarakat. Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) merupakan Program Nasional yang bersifat lintas sektoral dan telah menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah yang melibatkan banyak pihak. Di tingkat Kecamatan dan Desa / Kelurahan dilaksanakan oleh satu Tim Pengelola dan di Tingkat Sekolah Dasar Tim Pelaksana. . Program ini dilaksanakan oleh suatu forum koordinasi dari tingkat pusat sampai ke tingkat Kota.

• Meningkatkan kesehatan anak khususnya dalam mengatasi gangguan infeksi penyakit cacingan agar tambahan makanan yang diberikan dapat dimanfaatkan tubuh dengan efektif. • Mendorong dimanfaatkannya pekarangan sekolah dan pekarangan rumah masyarakat untuk memproduksi hasil pertanian setempat .Program PMT-AS sesuai dengan Pedoman pelaksanaannya bertujuan : • Meningkatkan gizi anak SD / MI Negeri dan Swasta dengan cara memberikan tambahan (suplemen) makanan jajanan setempat yang minimal mengandung energi sekitar 300 kalori dan kurang lebih 5 gr protein tiap anak dalam sehari. dengan cara memberikan obat cacing setiap 6 bulan sekali. atau merupakan tambahan minimal 15 % dari kebutuhan kalori dan protein makan pagi pola makan anak di Desa (bila mereka makan pagi).

• Menanamkan sikap dan perilaku menyukai makanan jajanan setempat sejak anak-anak dalam rangka pelaksanaan gerakan ”Aku Cinta Makanan Indonesia” yang dimulai pada usia dini.sebagai sumber bahan makanan murah dan bernilai gizi tinggi. • Mendorong peran serta aktif masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan anak dengan memperhatikan kesehatan dan keadaan gizinya. • Mendukung Program yang menghidupkan ekonomi Desa melalui pemanfaatan produk pertanian setempat untuk keperluan PMT-AS antara lain yang diproduksi oleh kelompok masyarakat setempat. dan program Diversifikasi Pangan dan Gizi (DPG) serta pembangunan Pertanian Rakyat Terpadu (PRT) dari sektor pertanian. sektor kesehatan. . melalui dukungan program Usaha Perbaikan Gizi Keluarga (UPGK).

Bidan Desa dan . Melalui pencanangan Program PMT-AS ini saya mengajak agar SKPD terkait terutama sekali Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga beserta UPTDnya. masyarakat mau dan mampu melanjutkan dan melestarikan PMT-AS ini atas swadaya masyarakat sendiri. Dinas Kesehatan beserta Puskesmas. • Menanamkan kebiasaan makan yang sehat dan hidup bersih sejak anak-anak.sehingga apabila bantuan Pemerintah selesai. Dengan dari demikian tercapainya yang tujuan terkait yang dalam dimaksud sangat ditentukan oleh sejauh mana peranan masing-masing unsur mensukseskan Program PMT-AS. melalui dukungan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) serta dukungan program Air Bersih dan Kesehatan Lingkungan dari Departemen Kesehatan dan Pekerjaan Umum dalam satu paket pendidikan Gizi dan Kesehatan anak sekolah.

. Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kota Pariaman selaku leading sektor agar dapat mengkoordinir pelaksanaan Program PMT-AS ini mulai dari penentuan lokasi SD / MI penerima Program PMT-AS. Monitoring. Dan untuk SD Negeri 05 Marabau agar dapat melaksanakan Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah bekerjasama dengan TP-PKK setempat dalam pengaturan dan penyediaan kudapan makanan yang akan diberikan kepada anak Sekolah sesuai dengan yang telah di pandu melalui ahli gizi dan faktor kesehatan lainnya.Ahli Gizi serta Dinas Pertanian beserta penyuluh lapangan dapat menyusun langkah-langkah pembinaan dan pemantapan pelaksanaan Program PMT-AS di Kota Pariaman. Evaluasi dan Pelaporan Pelaksanaan PMT-AS sampai kepada persiapan pembinaan dalam menghadapi lomba tingkat Propinsi Sumatera Barat. Penyaluran Dana PMT-AS. Serta melaksanakan administrasi keuangan PMT-AS tepat pada waktunya.

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan melalui kesempatan yang berbahagia ini. Sehingga mutu dan manfaat dari Program Makanan Tambahan ini semakin dirasakan oleh anak Sekolah Dasar. . Ketua LPM.Juga kepada Kepala Desa / Lurah. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim. Karang Taruna Desa / Kelurahan dan Komite Sekolah agar dapat mendorong masyarakat setempat untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan program PMT-AS di desa / kelurahan. Wassalamualaikum Wr. Terima kasih. Semoga Allah SWT merestui segala amal usaha kita dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Daerah ini. Ketua TP-PKK. Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) Tingkat Kota Pariaman Tahun 2011 secara resmi Kami nyatakan dapat dilaksanakan. Ketua BPD. Wb.

Yang kami hormati : . R WALIKOTA PARIAMAN SAMBUTAN PADA ACARA PENILAIAN PELAKSANAAN PROGRAM MAKANAN TAMBAHAN ANAK SEKOLAH (PMTAS) TINGKAT PROPINSI SUMBAR TAHUN 2010 JUM’AT. Assalamualaikum Wr. 28 OKTOBER 2011 DI SDN 05 MARABAU KECAMATAN PARIAMAN SELATAN Bismillahirrohmanirrohim.WALIKOTA PARIAMAN MUKHLIS. Wb.

 Kepala Sekolah Dasar Negeri 05 Marabau. Alim Ulama dan Bundo Kanduang Desa Pauh Barat. . Ketua TP-PKK Desa. LSM.       Kepala Desa. Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman beserta pengurus. Ketua LPM. Cerdik Pandai. Bidan Desa. Ninik Mamak. Ketua Tim Penilai Pelaksanaan PMT-AS Tingkat Propinsi Sumatera Barat beserta rombongan. Puskesmas. Ketua Komite Sekolah beserta Majelis Guru. Camat se-Kota Pariaman. Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kota Pariaman beserta pengurus.  Hadirin-hadirat beserta undangan yang yang kami banggakan. Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Pariaman. Kepala UPTD Pendidikan. Ketua BPD. Ahli Gizi dan Penyuluh Pertanian Lapangan.

Atas Nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kota Pariaman. puji beserta syukur marilah kita persembahkan kehadirat Allah SWT. dimana sesuai jadwal yang kami terima. kita telah dapat hadir dan berkumpul di tempat ini dalam rangka kegiatan Penilaian Pelaksanaan Program Makanan Tambahan Anak Sekolah Dasar Tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2011. sebuah Sekolah yang telah dapat melaksanakan PMT-AS dengan baik hingga mampu mewakili Kota Pariaman untuk mengikuti kompetisi Pelaksanaan Program Makanan Tambahan tingkat Propinsi Sumatera Barat. kami mengucapkan Selamat Datang kepada Bapak dan Ibu Tim Penilai Pelaksanaan PMT-AS Tingkat Propinsi Sumatera Barat beserta rombongan di SD Negeri 05 Marabau ini. Salawat beserta salam kita kirimkan kepada Allah SWT untuk junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.tibalah giliran Kota Pariaman untuk dinilai yang diwakili oleh SD Negeri 05 Marabau Kecamatan Pariaman Selatan.Pertama-tama. Untuk itu ” Kok . atas berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya.

hal ini berarti ada nilai lebih yang dimiliki SD Negeri 05 Marabau dibandingkan 20 SD/MI . rila jo maaf kami pintokan”. Terpilihnya Pariaman Selatan Marabau Pariaman Kecamatan mengikuti mewakili Perlombaan yang sama di Tingkat Propinsi Sumatera Barat adalah berdasarkan hasil penilaian yang dilaksanakan oleh Tim Penilai Pelaksanaan Program Makanan Tambahan Anak Sekolah Tingkat Kota Pariaman. Ibu dan hadirin yang berbahagia Perlombaan Pelaksanaan Program Makanan Tambahan Anak Sekolah adalah untuk menilai sudah sejauh mana keberhasilan Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah dalam meningkatkan Kesehatan dan gizi anak sehingga mampu mendorong SD Negeri motivasi 05 Kota belajar untuk meningkatkan prestasi. kok duduak kurang pado tampeknyo. Bapak.datang indak tasongsong.. tasongsong lai indak tasalami. Bapak dan Ibu akan merasa betah dan selamat nantinya sampai ke tujuan. Mudah-mudahan selama berada di Kota Pariaman.

lainnya penerima Program Makanan Tambahan Anak Sekolah di Kota Pariaman, terutama menyangkut aspek kesehatan, yang didukung dengan tempat pencucian tangan di tiap-tiap lokal. Disamping itu, juga telah dapat bekerja sama dengan TP-PKK setempat, Bidan Desa / Ahli Gizi dalam pengaturan menu dan pengadaan kudapan.

Hadirin yang berbahagia
Program Makanan Tambahan Anak Sekolah merupakan Program Nasional yang bersifat lintas sektoral. Bertujuan meningkatkan ketahanan fisik anak SD/MI Negeri maupun Swasta melalui perbaikan keadaan gizi dan kesehatan sehingga dapat mendorong minat dan kemampuan belajar anak untuk meningkatkan prestasi dalam rangka menunjang tercapainya Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 tahun secara Nasional, dan untuk Kota Pariaman sudah melaksanakan Program Wajib Belajar 12 tahun. Sesuai dengan kondisi saat ini dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang- Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang

Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Program Makanan Tambahan Anak Sekolah dilaksanakan sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten/Kota melalui APBD. Menyikapi ketentuan diatas Pemerintah Kota Pariaman telah melaksanakan PMT-AS sejak tahun 2005 sampai sekarang dengan indeks Rp.1.100/murid dalam satu kali pemberian, telah berkembang menjadi Rp.1.900/murid untuk satu kali pemberian, dan direncanakan untuk tahun berikutnya indeks ini ditingkatkan. Dalam menentukan SD/MI sebagai penerima PMT-AS diutamakan SD/MI bagi orang tua murid yang kurang mampu dan diberikan secara bergiliran sebagai salah satu upaya pemerataan dalam percepatan penanggulangan kemiskinan. Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah dilengkapi dengan pemberian obat cacing enam bulan sekali setiap murid agar makanan tambahan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kesehatan dan gizi, yang pada gilirannya dapat mendorong semangat belajar murid SD/MI penerima PMT-AS.

Sejalan dengan itu, bahan pokok makanan tambahan anak sekolah mengutamakan kesehatan Cinta ”Aku produksi dan gizi Makanan setempat sebagai Indonesia” yang upaya dan memenuhi standar

membudayakan

menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat. Pelaksanaan pengadaan makanan tambahan anak sekolah merupakan kerjasama antara Kepala sekolah dan TPPKK desa dengan menu sesuai petunujuk ahli gizi setidaknya mengandung energi sekitar 300 kalori dan kurang lebih 5 gram protein tiap anak dalam sehari. Hadirin yang saya hormati, Melalui kesempatan yang berbahagia ini saya menghaturkan terima kasih kepada semua unsur yang terkait dalam mensukseskan Program Makanan Tambahan Anak Sekolah di Lingkungan Pemerintah Kota Pariaman. Namun kita tidak berhenti sampai disini. Kondisi yang telah baik ini hendaknya semakin kita kembangkan, sehingga Program Makanan Tambahan Anak Sekolah benar-benar dirasakan

kita berharap pada bapak dan ibu tim penilai dari Propinsi Sumatera Barat. bekerja sama dengan masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi unsur terkait sebagaimana yang diamanatkan dalam pedoman umum PMT-AS tahun 2002 yang dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri. Jika ada cross-check data ke lapangan. Bidan Desa/Ahli gizi dan unsur terkait lainnya yang telah terlibat lansung dalam penentuan dan pemberian kudapan anak sekolah sampaikanlah paparan secara objektif dan seoptimal mungkin kepada Tim Penilai Tingkat Propinsi Sumatera Barat.manfaatnya dalam membangun sumber daya manusia yang handal. Berkaitan dengan kegiatan penilaian pelaksanaan PMT-AS hari ini. Juga melalui momentum ini. kiranya . Camat. Kepala Desa/Lurah agar dapat melakukan pembinaan secara terpadu dan berkelanjutan. mari kita tunjukkan kondisi objektif keberhasilan pelaksanaan PMT-AS. kepada Kepala Sekolah SD Negeri 05 Marabau beserta majelis guru. TP-PKK. TP-PKK. Terhadap SKPD terkait.

minimal mempertahankan prestasi yang pernah di raih tahun 2008 lalu sebagai terbaik II Tingkat Propinsi Sumatera Barat. Wassalamualaikum Wr. Demikianlah beberapa hal yang dapat kami sampaikan melalui kesempatan yang berbahagia ini.memberikan kesempatan pada Kota Pariaman untuk lebih meningkatkan prestasinya di Tingkat Propinsi Sumatera Barat di bidang pelaksanaan PMT-AS. Wb. sehingga lebih memacu dan memberikan ransangan pada kinerja pelaksana PMT-AS lain untuk lebih berprestasi di Kota Pariaman. R . Terima kasih. Semoga ALLAH SWT merestui segala amal usaha kita dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini. WALIKOTA PARIAMAN MUKHLIS.

Yang kami hormati : . 29 OKTOBER 2010 DI SD 05 MARABAU KECAMATAN PARIAMAN SELATAN Bismillahirrohmanirrohim. Assalamualaikum Wr. Wb.WALIKOTA PARIAMAN SAMBUTAN PADA ACARA PENILAIAN PELAKSANAAN PROGRAM MAKANAN TAMBAHAN ANAK SEKOLAH (PMTAS) TINGKAT PROPINSI SUMBAR TAHUN 2010 JUM’AT.

Ketua Komite Sekolah beserta Majelis Guru. Ketua BPD. Ninik Mamak. Puskesmas. Alim Ulama dan Bundo Kanduang Desa Marabau . Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kota Pariaman beserta pengurus. Camat se-Kota Pariaman. Cerdik Pandai. Ketua LPM.  Hadirin-hadirat beserta undangan yang yang kami banggakan.       Kepala Desa. Kepala UPTD Pendidikan. Ketua Tim Penilai Pelaksanaan PMT-AS Tingkat Propinsi Sumatera Barat beserta rombongan. Ketua TP-PKK Desa.  Kepala Sekolah Dasar Negeri 05 Marabau. . Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman beserta pengurus. Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Pariaman. LSM. Ahli Gizi dan Penyuluh Pertanian Lapangan. Bidan Desa.

Untuk itu ” Kok . Salawat beserta salam kita kirimkan kepada Allah SWT untuk junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. kita telah dapat hadir dan berkumpul di tempat ini dalam rangka kegiatan Penilaian Pelaksanaan Program Makanan Tambahan Anak Sekolah Dasar Tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2010. dimana sesuai jadwal yang kami terima. puji beserta syukur marilah kita persembahkan kehadirat Allah SWT.Pertama-tama. Atas Nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kota Pariaman. kami mengucapkan Selamat Datang kepada Bapak dan Ibu Tim Penilai Pelaksanaan PMT-AS Tingkat Propinsi Sumatera Barat beserta rombongan di SD Negeri 18 Pasir Pauh ini. atas berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya.tibalah giliran Kota Pariaman untuk dinilai yang diwakili oleh SD Negeri No 18 Pasir Pauh Kecamatan Pariaman Tengah. sebuah Sekolah yang telah dapat melaksanakan PMT-AS dengan baik hingga mampu mewakili Kota Pariaman untuk mengikuti kompetisi Pelaksanaan Program Makanan Tambahan tingkat Propinsi Sumatera Barat.

. rila jo maaf kami pintokan”. kok duduak kurang pado tampeknyo. tasongsong lai indak tasalami. Bapak. Terpilihnya SD Negeri No 18 Pasir Pauh Kecamatan Pariaman Tengah mewakili Kota Pariaman mengikuti Perlombaan yang sama di Tingkat Propinsi Sumatera Barat adalah berdasarkan hasil penilaian yang dilaksanakan oleh Tim Penilai Pelaksanaan Program Makanan Tambahan Anak Sekolah Tingkat Kota Pariaman.datang indak tasongsong. Bapak dan Ibu akan merasa betah dan selamat nantinya sampai ke tujuan. Mudah-mudahan selama berada di Kota Pariaman. hal ini berarti ada nilai lebih yang dimiliki SD Negeri No 18 Pasir Pauh dibandingkan 20 . Ibu dan hadirin yang berbahagia Perlombaan Pelaksanaan Program Makanan Tambahan Anak Sekolah adalah untuk menilai sudah sejauh mana keberhasilan Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah dalam meningkatkan Kesehatan dan gizi anak sehingga mampu mendorong motivasi belajar untuk meningkatkan prestasi.

yang didukung dengan tempat pencucian tangan di tiap-tiap lokal. terutama menyangkut aspek kesehatan.SD/MI lainnya penerima Program Makanan Tambahan Anak Sekolah di Kota Pariaman. Bidan Desa / Ahli Gizi dalam pengaturan menu dan pengadaan kudapan. Sesuai dengan kondisi saat ini dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang.Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang . Hadirin yang berbahagia Program Makanan Tambahan Anak Sekolah merupakan Program Nasional yang bersifat lintas sektoral. Bertujuan meningkatkan ketahanan fisik anak SD/MI Negeri maupun Swasta melalui perbaikan keadaan gizi dan kesehatan sehingga dapat mendorong minat dan kemampuan belajar anak untuk meningkatkan prestasi dalam rangka menunjang tercapainya Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 tahun secara Nasional. Disamping itu. dan untuk Kota Pariaman sudah melaksanakan Program Wajib Belajar 12 tahun. juga telah dapat bekerja sama dengan TP-PKK setempat.

800/murid untuk satu kali pemberian.100/murid dalam satu kali pemberian. Dalam menentukan SD/MI sebagai penerima PMT-AS diutamakan SD/MI bagi orang tua murid yang kurang mampu dan diberikan secara bergiliran sebagai salah satu upaya pemerataan dalam percepatan penanggulangan kemiskinan.Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah.1. Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah dilengkapi dengan pemberian obat cacing enam bulan sekali setiap murid agar makanan tambahan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kesehatan dan gizi. telah berkembang menjadi Rp. Program Makanan Tambahan Anak Sekolah dilaksanakan sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten/Kota melalui APBD. Menyikapi ketentuan diatas Pemerintah Kota Pariaman telah melaksanakan PMT-AS sejak tahun 2005 sampai sekarang dengan indeks Rp. yang pada gilirannya dapat mendorong semangat belajar murid SD/MI penerima PMT-AS. dan direncanakan untuk tahun berikutnya indeks ini ditingkatkan. .1.

Melalui kesempatan yang berbahagia ini saya menghaturkan terima kasih kepada semua unsur yang terkait dalam mensukseskan Program Makanan Tambahan Anak Sekolah di Lingkungan Pemerintah Kota Pariaman. Hadirin yang saya hormati. Namun kita tidak berhenti sampai disini. Kondisi yang telah baik ini hendaknya semakin kita kembangkan.Sejalan dengan itu. bahan pokok makanan tambahan anak sekolah mengutamakan kesehatan Cinta ”Aku produksi dan gizi Makanan setempat sebagai Indonesia” yang upaya dan memenuhi standar membudayakan menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat. Pelaksanaan pengadaan makanan tambahan anak sekolah merupakan kerjasama antara Kepala sekolah dan TPPKK desa dengan menu sesuai petunujuk ahli gizi setidaknya mengandung energi sekitar 300 kalori dan kurang lebih 5 gram protein tiap anak dalam sehari. sehingga Program Makanan Tambahan Anak Sekolah benar-benar dirasakan .

Bidan Desa/Ahli gizi dan unsur terkait lainnya yang telah terlibat lansung dalam penentuan dan pemberian kudapan anak sekolah sampaikanlah paparan secara objektif dan seoptimal mungkin kepada Tim Penilai Tingkat Propinsi Sumatera Barat. mari kita tunjukkan kondisi objektif keberhasilan pelaksanaan PMT-AS. Jika ada cross-check data ke lapangan. Camat. TP-PKK. bekerja sama dengan masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi unsur terkait sebagaimana yang diamanatkan dalam pedoman umum PMT-AS tahun 2002 yang dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri. kepada Kepala Sekolah SD Negeri 18 beserta majelis guru. Juga melalui momentum ini. Berkaitan dengan kegiatan penilaian pelaksanaan PMT-AS hari ini. kita berharap pada bapak dan ibu tim penilai dari Propinsi Sumatera Barat. kiranya . TP-PKK. Kepala Desa/Lurah agar dapat melakukan pembinaan secara terpadu dan berkelanjutan. Terhadap SKPD terkait.manfaatnya dalam membangun sumber daya manusia yang handal.

Terima kasih.memberikan kesempatan pada Kota Pariaman untuk lebih meningkatkan prestasinya di Tingkat Propinsi Sumatera Barat di bidang pelaksanaan PMT-AS. Wassalamualaikum Wr. sehingga lebih memacu dan memberikan ransangan pada kinerja pelaksana PMT-AS lain untuk lebih berprestasi di Kota Pariaman. Semoga ALLAH SWT merestui segala amal usaha kita dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini. WALIKOTA PARIAMAN MUKHLIS. Wb. R . Demikianlah beberapa hal yang dapat kami sampaikan melalui kesempatan yang berbahagia ini. minimal mempertahankan prestasi yang pernah di raih tahun 2008 lalu sebagai terbaik II Tingkat Propinsi Sumatera Barat.

..... PARIAMAN TENGAH Bismillahirrohmanirrohim.........WALIKOTA PARIAMAN PIDATO SAMBUTAN PADA ACARA PENCANANGAN PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN ANAK SEKOLAH (PMT-AS) TAHUN 2011 .. ..... 2011 DI SDN 18 PASIR PAUH KEC.............. ...

Ketua BPD. Ninik Mamak. Wb. Cadiak Pandai. Kepala UPTD Pendidikan se-Kota Pariaman Kepala UPTD Puskesmas se-Kota Pariaman. Kepala SD / MI Penerima Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) Tahun 2011. Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Pariaman.   Camat se-Kota Pariaman Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kota Pariaman. Bundo Kanduang dan      . Ketua LPM. Yang kami hormati :   Ibu Ketua TP-PKK Kota Pariaman. Ketua Karang Taruna Desa Pasir Pauh Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman.Assalamualaikum Wr. Kepala Desa. Ketua TP-PKK Desa. Alim Ulama. Pengurus Organisasi Kemasyarakatan.

kita telah dapat hadir dan berkumpul di tempat ini dalam rangka pencanangan Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) Tahun 2010. Bapak. Salawat beserta salam kita kirimkan kepada Allah SWT untuk junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah Dasar merupakan Program Nasional yang bersifat lintas sektoral dan telah menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah yang melibatkan banyak pihak. Puji beserta syukur marilah kita persembahkan kehadirat Allah SWT. Ibu dan hadirin yang berbahagia Sebagaimana yang kita ketahui bersama. Hadirin-hadirat yang kami hormati.para undangan lainnya yang tidak dapat disebutkan namanya satu persatu. orang . atas berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya. baik Pemerintah.

Program ini dilaksanakan oleh suatu forum koordinasi dari tingkat pusat sampai ke tingkat Kota. Di tingkat Kecamatan dan Desa / Kelurahan dilaksanakan oleh satu Tim Pengelola dan di Tingkat Sekolah Dasar Tim Pelaksana.tua maupun masyarakat. • Meningkatkan kesehatan anak khususnya dalam mengatasi gangguan infeksi penyakit kecacingan agar tambahan makanan yang diberikan dapat . Program PMT-AS sesuai dengan Pedoman pelaksanaannya bertujuan : • Meningkatkan gizi anak SD / MI Negeri dan Swasta dengan cara memberikan tambahan (suplemen) makanan jajanan setempat yang minimal mengandung energi sekitar 300 kalori dan kurang lebih 5 gr protein tiap anak dalam sehari. atau merupakan tambahan minimal 15 % dari kebutuhan kalori dan protein makan pagi pola makan anak di Desa (bila mereka makan pagi).

dimanfaatkan tubuh dengan efektif. dan program Diversifikasi Pangan dan Gizi (DPG) serta pembangunan Pertanian Rakyat Terpadu (PRT) dari sektor pertanian. • Menanamkan sikap dan perilaku menyukai makanan jajanan setempat sejak anak-anak . dengan cara memberikan obat cacing setiap 6 bulan sekali. sektor kesehatan. • Mendorong dimanfaatkannya pekarangan sekolah dan pekarangan rumah masyarakat untuk memproduksi hasil pertanian setempat sebagai sumber bahan makanan murah dan bernilai gizi tinggi. • Mendukung Program yang menghidupkan ekonomi Desa melalui pemanfaatan produk pertanian setempat untuk keperluan PMT-AS antara lain yang diproduksi oleh kelompok masyarakat setempat. melalui dukungan program Usaha Perbaikan Gizi Keluarga (UPGK).

melalui dukungan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) serta dukungan program Air Bersih dan Kesehatan Lingkungan dari Departemen Kesehatan dan Pekerjaan Umum dalam satu paket pendidikan Gizi dan Kesehatan anak sekolah. masyarakat mau dan mampu melanjutkan dan melestarikan PMT-AS ini atas swadaya masyarakat sendiri. • Menanamkan kebiasaan makan yang sehat dan hidup bersih sejak anak-anak. Dengan demikian tercapainya tujuan yang dimaksud sangat ditentukan oleh sejauh mana peranan . • Mendorong peran serta aktif masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan anak dengan memperhatikan kesehatan dan keadaan gizinya.dalam rangka pelaksanaan gerakan ”Aku Cinta Makanan Indonesia” yang dimulai pada usia dini. sehingga apabila bantuan Pemerintah selesai.

Bidan Desa dan Ahli Gizi serta Dinas Pertanian beserta penyuluh lapangan dapat menyusun langkah-langkah pembinaan dan pemantapan pelaksanaan Program PMT-AS di Kota Pariaman. Dan untuk SD Negeri 18 Pasir Pauh agar dapat melaksanakan Pemberian bekerjasama Makanan dengan Tambahan TP-PKK Anak setempat Sekolah dalam pengaturan dan penyediaan kudapan makanan yang . Dinas Kesehatan beserta Puskesmas. Melalui pencanangan Program PMT-AS ini saya mengajak agar SKPD terkait terutama sekali Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga beserta UPTDnya. Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kota Pariaman selaku leading sektor agar dapat mengkoordinir pelaksanaan Program PMT-AS ini mulai dari penentuan lokasi SD / MI penerima Program PMT-AS sampai kepada persiapan pembinaan dalam menghadapi lomba tingkat Propinsi Sumatera Barat.dari masing-masing unsur yang terkait dalam mensukseskan Program PMT-AS.

Ketua TP-PKK. . Ketua LPM.akan diberikan kepada anak Sekolah Dasar sesuai dengan yang telah di pandu melalui ahli gizi dan faktor kesehatan lainnya. Wb. Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan melalui kesempatan yang berbahagia ini. Ketua BPD. Semoga Allah SWT merestui segala amal usaha kita dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Daerah ini. Wassalamualaikum Wr. Terima kasih. Serta melaksanakan administrasi keuangan PMT-AS tepat pada waktunya. dan Karang Taruna Desa / Kelurahan agar dapat mendorong masyarakat setempat untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan program PMT-AS di desa / kelurahan. Juga kepada Kepala Desa / Lurah. Sehingga mutu dan manfaat dari Program Makanan Tambahan ini semakin dirasakan oleh anak Sekolah Dasar.

WALIKOTA PARIAMAN MUKHLIS. 2010 DI SDN 18 PASIR PAUH KEC............. PARIAMAN TENGAH Bismillahirrohmanirrohim.. ............. R WALIKOTA PARIAMAN PIDATO SAMBUTAN PADA ACARA PENCANANGAN PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN ANAK SEKOLAH (PMT-AS) TAHUN 2010 .... ......

Ketua TP-PKK Desa. Bundo Kanduang dan      .Assalamualaikum Wr. Ninik Mamak. Kepala UPTD Pendidikan se-Kota Pariaman Kepala UPTD Puskesmas se-Kota Pariaman. Cadiak Pandai. Ketua Karang Taruna Desa Pasir Pauh Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman. Alim Ulama. Pengurus Organisasi Kemasyarakatan. Kepala Desa. Ketua BPD. Wb. Ketua LPM.   Camat se-Kota Pariaman Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kota Pariaman. Yang kami hormati :   Ibu Ketua TP-PKK Kota Pariaman. Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Pariaman. Kepala SD / MI Penerima Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) Tahun 2010.

orang . atas berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya.para undangan lainnya yang tidak dapat disebutkan namanya satu persatu. Puji beserta syukur marilah kita persembahkan kehadirat Allah SWT. baik Pemerintah. Salawat beserta salam kita kirimkan kepada Allah SWT untuk junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. kita telah dapat hadir dan berkumpul di tempat ini dalam rangka pencanangan Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) Tahun 2010. Ibu dan hadirin yang berbahagia Sebagaimana yang kita ketahui bersama. Hadirin-hadirat yang kami hormati. Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah Dasar merupakan Program Nasional yang bersifat lintas sektoral dan telah menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah yang melibatkan banyak pihak. Bapak.

Program ini dilaksanakan oleh suatu forum koordinasi dari tingkat pusat sampai ke tingkat Kota. • Meningkatkan kesehatan anak khususnya dalam mengatasi gangguan infeksi penyakit kecacingan agar tambahan makanan yang diberikan dapat . atau merupakan tambahan minimal 15 % dari kebutuhan kalori dan protein makan pagi pola makan anak di Desa (bila mereka makan pagi). Program PMT-AS sesuai dengan Pedoman pelaksanaannya bertujuan : • Meningkatkan gizi anak SD / MI Negeri dan Swasta dengan cara memberikan tambahan (suplemen) makanan jajanan setempat yang minimal mengandung energi sekitar 300 kalori dan kurang lebih 5 gr protein tiap anak dalam sehari. Di tingkat Kecamatan dan Desa / Kelurahan dilaksanakan oleh satu Tim Pengelola dan di Tingkat Sekolah Dasar Tim Pelaksana.tua maupun masyarakat.

• Menanamkan sikap dan perilaku menyukai makanan jajanan setempat sejak anak-anak .dimanfaatkan tubuh dengan efektif. melalui dukungan program Usaha Perbaikan Gizi Keluarga (UPGK). sektor kesehatan. dan program Diversifikasi Pangan dan Gizi (DPG) serta pembangunan Pertanian Rakyat Terpadu (PRT) dari sektor pertanian. dengan cara memberikan obat cacing setiap 6 bulan sekali. • Mendorong dimanfaatkannya pekarangan sekolah dan pekarangan rumah masyarakat untuk memproduksi hasil pertanian setempat sebagai sumber bahan makanan murah dan bernilai gizi tinggi. • Mendukung Program yang menghidupkan ekonomi Desa melalui pemanfaatan produk pertanian setempat untuk keperluan PMT-AS antara lain yang diproduksi oleh kelompok masyarakat setempat.

• Mendorong peran serta aktif masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan anak dengan memperhatikan kesehatan dan keadaan gizinya.dalam rangka pelaksanaan gerakan ”Aku Cinta Makanan Indonesia” yang dimulai pada usia dini. melalui dukungan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) serta dukungan program Air Bersih dan Kesehatan Lingkungan dari Departemen Kesehatan dan Pekerjaan Umum dalam satu paket pendidikan Gizi dan Kesehatan anak sekolah. Menanamkan kebiasaan makan yang sehat dan hidup bersih sejak anak-anak. Dengan demikian tercapainya tujuan yang dimaksud sangat ditentukan oleh sejauh mana peranan . sehingga apabila bantuan Pemerintah selesai. masyarakat mau dan mampu melanjutkan dan melestarikan • PMT-AS ini atas swadaya masyarakat sendiri.

Dan untuk SD Negeri 18 Pasir Pauh agar dapat melaksanakan Pemberian bekerjasama Makanan dengan Tambahan TP-PKK Anak setempat Sekolah dalam pengaturan dan penyediaan kudapan makanan yang .dari masing-masing unsur yang terkait dalam mensukseskan Program PMT-AS. Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kota Pariaman selaku leading sektor agar dapat mengkoordinir pelaksanaan Program PMT-AS ini mulai dari penentuan lokasi SD / MI penerima Program PMT-AS sampai kepada persiapan pembinaan dalam menghadapi lomba tingkat Propinsi Sumatera Barat. Melalui pencanangan Program PMT-AS ini saya mengajak agar SKPD terkait terutama sekali Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga beserta UPTDnya. Bidan Desa dan Ahli Gizi serta Dinas Pertanian beserta penyuluh lapangan dapat menyusun langkah-langkah pembinaan dan pemantapan pelaksanaan Program PMT-AS di Kota Pariaman. Dinas Kesehatan beserta Puskesmas.

Wb. Ketua LPM. Serta melaksanakan administrasi keuangan PMT-AS tepat pada waktunya. . Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan melalui kesempatan yang berbahagia ini. Wassalamualaikum Wr. Sehingga mutu dan manfaat dari Program Makanan Tambahan ini semakin dirasakan oleh anak Sekolah Dasar. Terima kasih. Ketua TP-PKK.akan diberikan kepada anak Sekolah Dasar sesuai dengan yang telah di pandu melalui ahli gizi dan faktor kesehatan lainnya. dan Karang Taruna Desa / Kelurahan agar dapat mendorong masyarakat setempat untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan program PMT-AS di desa / kelurahan. Juga kepada Kepala Desa / Lurah. Ketua BPD. Semoga Allah SWT merestui segala amal usaha kita dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Daerah ini.

R .WALIKOTA PARIAMAN MUKHLIS.

Demikian yang pada gilirannya dapat mendorong minat belajar perlombaan Kader Posyandu dilaksanakan adalah untuk menilai dan mengevaluasi pemberdayaan sudah dan sejauhmana keberhasilan para kader di Desa dan Kelurahan. kelurahan. Terpilihnya Sdri. Maya Fitriani dari Posyandu Permata Ibu Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan mewakili Kota Pariaman mengikuti perlombaan yang sama di tingkat Propinsi Sumbar adalah guna mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat di desa dan .

Maya Fitriani. Hadirin yang berbahagia Sebagaimana kita ketahui bersama. termasuk rekannya sesama kader Posyandu Permata Posyandu Ibu Desa di Marunggi Kota pada umumnya. terutama dibandingkan 131 buah Posyandu dan 524 Kader lainnya Pariaman. menyangkut aspek pelayanan yang diberikan serta pelaksanaan sistem informasi Posyandu dengan pola partisipatif.berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi dalam penyelenggaraan kegiatan yang sama di Kota Pariaman. Posyandu merupakan wadah peran serta masyarakat untuk dapat memberikan masyarakat pelayanan guna kesehatan dasar dan dan gizi yang mendukung membina dasar terselenggaranya pelayanan kesehatan merata dan terjangkau oleh masyarakat. Hal ini berarti ada nilai lebih yang dimiliki Sdri. .

Posyandu pada prinsipnya adalah lembaga dari. Untuk itu.Namun kondisi yang ada di lapangan. oleh dan untuk masyarakat. perlu diupayakan pemberdayaan Kader agar lebih profesional dalam memantau tumbuh kembang anak serta membangun kemitraan dengan masyarakat masyarakat optimal. dimana pengelolanya dipilih dari masyarakat dan penyelenggaraannya dibantu oleh dalam dalam rangka meningkatkan dukungan secara pemanfaatan Posyandu . masih ada Posyandu yang memerlukan peningkatan fungsi dan kinerjanya. Mengingat begitu pentingnya peran Posyandu sebagai wahana pelayanan dari berbagai program maka perlu lebih diintensifkan pembinaan Posyandu oleh POKJANAL Posyandu di Tingkat Kota dan Kecamatan serta pembinaan oleh Pokja Posyandu di Desa/Kelurahan dibawah kepemimpinan Kepala Desa/Lurah sebagai lembaga yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan kegiatan Posyandu di Desa atau Kelurahan.

pemerintah komit dengan dunia pendidikan. Artinya. Taman Penitipan Anak dan satuan sejenisnya) serta informal yang difasilitasi oleh masyarakat lingkungan setempat. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dilaksanakan melalui jalur pendidikan formal (TK/RA) dan non formal (melalui Kelompok Bermain. peranan baik di lebih Posyandu ditingkatkan maupun lagi saat melakukan kunjungan rumah. dengan adanya UU Sisdiknas. Di dalam UU Sistem Pendidikan Nasional No. dengan mengintegrasikannya pada program Bina Keluarga Balita (BKB) dan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Agar Posyandu dapat dikelola secara baik maka perlu dukungan tenaga kader yang terlatih dan mempunyai keterampilan yang memadai sehingga timbul dedikasi dan rasa percaya diri kader dalam melaksanakan pengabdiannya. Posyandu Apalagi untuk saat ini. terutama anak usia 0 – 6 tahun yang perlu kita perhatikan.petugas kesehatan. 20 Tahun 2003 menyebutkan. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan persiapan anak .

Kami yakin.kepada pendidikan lebih lanjut. Untuk memaksimalkan kemampuan anak. kita sia-sia kan waktu yang ada untuk meningkatkan kualitas otaknya melalui stimulan anak. Dunia anak adalah dunia bermain. stimulasi harus dimulai sejak usia dini. maka akan dan semakin pertumbuhan kemampuan kecerdasannya. tentu sebagian dari kita lebih tahu dari kami dalam upaya menjadikan anak semakin pintar kelak dikemudian hari. Jangan kita mengajarkan sesuatu untuk tahu pada anak dengan memaksakan sesuatu kepada anak untuk tahu. karena semakin awal anak diberi stimulan cepat dengan latihan-latihan. Mari kita menggali potensi dari dalam diri anak. . karena menurut hasil penelitian. bermain adalah suatu metode yang menyenangkan bagi anak. Pemberian rangsangan atau stimulan setelah usia anak melewati 5 tahun berarti kita terlambat dalam mengembangkan potensi anak. Artinya. perkembangan otak manusia cukup banyak daya serapnya pada usia dini.

anak akan menjadi cerdas dan produktif.Dalam berbagai kesempatan. kepada Tim Penggerak PKK. Bina Keluarga Balita dan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Pariaman. program ini akan lebih banyak menangani anak usia dini . mutu SDM menjadi tinggi dan tentunya akan menjadi aset bagi negara. Untuk itu. Jika asupan gizinya cukup dan sehat. karena anak yang kurang asupan gizinya akan menyebabkan gizinya kurang dan mudah terinfeksi. desa/kelurahan pengintegrasian yang ketiga memungkinkan. Akibatnya adalah mutu SDM menjadi rendah dan beban bagi masyarakat dan negara. kami telah seringkali mengemukakan bahwa pendidikan untuk anak usia dini harus berbarengan dengan keperawatan terhadap anak. BPM serta SKPD terkait kami telah minta untuk lebih progresif melakukan Pengintegrasian Posyandu. terutama masalah gizi. sesuai dengan kondisi Yang pasti. otaknya akan kosong bersifat permanen dan sulit terpulihkan.

Tim Penggerak PKK dan lembaga kemasyarakatan yang ada di Desa Marunggi. mari kita tunjukkan kondisi objektif Desa Lomba Marunggi Kader serta keberhasilan-keberhasilan yang telah kita raih selama ini. Hadirin yang berbahagia. Jika ada cross check data ke lapangan. perangkat Desa Marunggi.yang kurang mampu atau yang lebih banyak berada di pedesaan. kepada Kader Posyandu Permata Ibu. kita berharap pada Bapak dan Ibu Tim Penilai dari Propinsi . sampaikanlah paparan secara objektif dan seoptimal mungkin kepada bapak dan ibu tim penilai dari Propinsi Sumbar. Melalui momentum Posyandu Berprestasi Tingkat Propinsi Sumatera Barat yang diwakili Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan. pengurus LPM. Berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan Penilaian dan Evaluasi Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Propinsi Sumatera Barat yang kita laksanakan hari ini.

Semoga Allah SWT merestui segala amal usaha kita dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Daerah ini. sehingga lebih memacu dan memberikan rangsangan pada kinerja beberapa kader hal lain yang untuk dapat lebih kami berprestasi di Kota Pariaman. Terima kasih. Wb. Demikianlah sampaikan melalui kesempatan yang berbahagia ini.Sumbar. kiranya diberikan kesempatan pada Kota Pariaman untuk lebih meningkatkan prestasinya di tingkat Propinsi Sumbar dan nasional di bidang Kader Posyandu Berprestasi. Wassalamualaikum Wr. minimal mempertahankan prestasi yang pernah diraih tahun 2007 lalu sebagai Terbaik II Tingkat Sumbar. WALIKOTA PARIAMAN MUKHLIS. R .

.

. Assalamualaikum Wr.  Para Kepala SKPD dan Tim Pokjanal Posyandu Kota Pariaman dan Kecamatan se-Kota Pariaman. Yang kami hormati :  Ketua Tim Penilai lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2010 beserta rombongan.WALIKOTA PARIAMAN PIDATO SAMBUTAN PADA ACARA PENILAIAN LAPANGAN LOMBA KADER POSYANDU BERPRESTASI TINGKAT PROPINSI SUMBAR TAHUN 2010 KAMIS.  Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman beserta pengurus. PARIAMAN SELATAN Bismillahirrohmanirrohim. Wb. 5 APRIL 2010 DI DESA MARUNGGI KEC.

 Sdr. Ninik Mamak. LPM. . Pengurus Organisasi Kemasyarakatan. Kepala Desa Marunggi. BPD. Alim Ulama dan Bundo Kanduang dalam Desa Marunggi.  Tim Pokja Posyandu Desa Marunggi beserta segenap Kader Posyandu dan Kader Dasa Wisma Desa Marunggi.

atas berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya. Puji beserta syukur marilah kita persembahkan kehadirat Allah SWT.  . Maya Fitriani sebagai Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Kota Pariaman Tahun Hadirin-hadirat .Masyarakat Desa Marunggi yang kami banggakan. Sdri. Teristimewa 2010. Salawat beserta salam kita kirimkan kepada Allah SWT untuk junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. kita telah dapat hadir dan berkumpul di tempat ini dalam rangka kegiatan Penilaian sekaligus Kunjungan Lapangan Tim Penilai Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2010. tibalah giliran Kota Pariaman untuk dinilai yang diwakili oleh Sdri. Maya Fitriani sebagai Kader Posyandu Permata Ibu Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan. Kota Pariaman. dimana sesuai jadwal yang kami terima.

kami mengucapkan Selamat Datang kepada Bapak dan Ibu Tim Penilai Tingkat Propinsi Sumatera Barat di Desa Marunggi. Bapak dan Ibu akan merasa betah dan selamat nantinya sampai ke tujuan. Ibu dan hadirin yang berbahagia Sebagaimana menilai dan yang kita ketahui sudah bersama. sejauhmana Perlombaan Kader Posyandu dilaksanakan adalah untuk mengevaluasi keberhasilan para kader di Desa dan Kelurahan. Mudah-mudahan selama berada di Kota Pariaman. . Pariaman Selatan yang patut kita banggakan sehingga mampu mewakili Kota Pariaman mengikuti ajang kompetisi Kader Posyandu Berprestasi di Propinsi Sumatera Barat.Sebelumnya. sebuah desa di kec. guna mendukung pemberdayaan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat di desa dan kelurahan. atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kota Pariaman. Bapak.

terutama dibandingkan 131 buah Posyandu dan 524 Kader lainnya Pariaman. menyangkut aspek pelayanan yang diberikan serta pelaksanaan sistem informasi Posyandu dengan pola partisipatif. Maya Fitriani dari Posyandu Permata Ibu Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan mewakili Kota Pariaman mengikuti perlombaan yang sama di hasil tingkat Propinsi dan Sumbar evaluasi adalah dalam berdasarkan penilaian penyelenggaraan kegiatan yang sama di Kota Pariaman. Posyandu merupakan wadah peran serta masyarakat untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan dasar dan gizi .Terpilihnya Sdri. Hadirin yang berbahagia Sebagaimana kita ketahui bersama. Hal ini berarti ada nilai lebih yang dimiliki Sdri. termasuk rekannya sesama kader Posyandu Permata Posyandu Ibu Desa di Marunggi Kota pada umumnya. Maya Fitriani.

masyarakat guna mendukung dan membina dasar yang terselenggaranya pelayanan kesehatan merata dan terjangkau oleh masyarakat. Mengingat begitu pentingnya peran Posyandu sebagai wahana pelayanan dari berbagai program maka perlu lebih diintensifkan pembinaan Posyandu oleh POKJANAL Posyandu di Tingkat Kota dan Kecamatan serta pembinaan oleh Pokja Posyandu di Desa/Kelurahan dibawah kepemimpinan Kepala Desa/Lurah sebagai lembaga yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan kegiatan Posyandu di Desa atau Kelurahan. perlu diupayakan pemberdayaan Kader agar lebih profesional dalam memantau tumbuh kembang anak serta membangun kemitraan dengan masyarakat masyarakat optimal. dalam dalam rangka meningkatkan dukungan secara pemanfaatan Posyandu . masih ada Posyandu yang memerlukan peningkatan fungsi dan kinerjanya. Untuk itu. Namun kondisi yang ada di lapangan.

Agar Posyandu dapat dikelola secara baik maka perlu dukungan tenaga kader yang terlatih dan mempunyai keterampilan yang memadai sehingga timbul dedikasi dan rasa percaya diri kader dalam melaksanakan pengabdiannya. Artinya. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dilaksanakan melalui jalur pendidikan formal (TK/RA) dan non formal (melalui Kelompok Bermain. dengan mengintegrasikannya pada program Bina Keluarga Balita (BKB) dan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). peranan baik di lebih Posyandu ditingkatkan maupun lagi saat melakukan kunjungan rumah. Di dalam UU Sistem Pendidikan Nasional No. dengan adanya UU Sisdiknas. Posyandu Apalagi untuk saat ini. oleh dan untuk masyarakat. . 20 Tahun 2003 menyebutkan. Taman Penitipan Anak dan satuan sejenisnya) serta informal yang difasilitasi oleh masyarakat lingkungan setempat.Posyandu pada prinsipnya adalah lembaga dari. dimana pengelolanya dipilih dari masyarakat dan penyelenggaraannya dibantu oleh petugas kesehatan.

Jangan kita mengajarkan sesuatu untuk tahu pada anak dengan memaksakan sesuatu kepada anak untuk tahu. stimulasi harus dimulai sejak usia dini.pemerintah komit dengan dunia pendidikan. bermain adalah suatu metode yang menyenangkan bagi anak. karena semakin awal anak diberi stimulan cepat dengan latihan-latihan. terutama anak usia 0 – 6 tahun yang perlu kita perhatikan. Pemberian rangsangan atau stimulan setelah usia anak melewati 5 tahun berarti kita terlambat . Untuk memaksimalkan kemampuan anak. tentu sebagian dari kita lebih tahu dari kami dalam upaya menjadikan anak semakin pintar kelak dikemudian hari. karena menurut hasil penelitian. Kami yakin. Dunia anak adalah dunia bermain. Mari kita menggali potensi dari dalam diri anak. maka akan dan semakin pertumbuhan kemampuan kecerdasannya. perkembangan otak manusia cukup banyak daya serapnya pada usia dini. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan persiapan anak kepada pendidikan lebih lanjut.

otaknya akan kosong bersifat permanen dan sulit terpulihkan. Artinya. sesuai dengan kondisi desa/kelurahan yang . anak akan menjadi cerdas dan produktif. mutu SDM menjadi tinggi dan tentunya akan menjadi aset bagi negara. BPM serta SKPD terkait kami telah minta untuk lebih progresif melakukan Pengintegrasian Posyandu. Untuk itu. Bina Keluarga Balita dan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Pariaman. Akibatnya adalah mutu SDM menjadi rendah dan beban bagi masyarakat dan negara. Dalam berbagai kesempatan. kami telah seringkali mengemukakan bahwa pendidikan untuk anak usia dini harus berbarengan dengan keperawatan terhadap anak. karena anak yang kurang asupan gizinya akan menyebabkan gizinya kurang dan mudah terinfeksi. kepada Tim Penggerak PKK. Jika asupan gizinya cukup dan sehat.dalam mengembangkan potensi anak. kita sia-sia kan waktu yang ada untuk meningkatkan kualitas otaknya melalui stimulan anak. terutama masalah gizi.

Tim Penggerak PKK dan lembaga kemasyarakatan yang ada di Desa Marunggi. Yang pasti. Jika ada cross check data ke lapangan. perangkat Desa Marunggi.memungkinkan. pengurus LPM. kepada Kader Posyandu Permata Ibu. Hadirin yang berbahagia. sampaikanlah paparan secara objektif dan seoptimal mungkin kepada bapak dan ibu tim penilai dari Propinsi Sumbar. Berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan Penilaian dan Evaluasi Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Propinsi Sumatera Barat yang kita laksanakan hari ini. mari kita tunjukkan kondisi objektif Desa Lomba Marunggi Kader serta keberhasilan-keberhasilan yang telah kita raih selama ini. pengintegrasian ketiga program ini akan lebih banyak menangani anak usia dini yang kurang mampu atau yang lebih banyak berada di pedesaan. Melalui momentum Posyandu Berprestasi Tingkat Propinsi Sumatera Barat yang diwakili .

Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan. minimal mempertahankan prestasi yang pernah diraih tahun 2007 lalu sebagai Terbaik II Tingkat Sumbar. Wassalamualaikum Wr. Semoga Allah SWT merestui segala amal usaha kita dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Daerah ini. kita berharap pada Bapak dan Ibu Tim Penilai dari Propinsi Sumbar. sehingga lebih memacu dan memberikan rangsangan pada kinerja beberapa kader hal lain yang untuk dapat lebih kami berprestasi di Kota Pariaman. kiranya diberikan kesempatan pada Kota Pariaman untuk lebih meningkatkan prestasinya di tingkat Propinsi Sumbar dan nasional di bidang Kader Posyandu Berprestasi. Terima kasih. WALIKOTA PARIAMAN . Demikianlah sampaikan melalui kesempatan yang berbahagia ini. Wb.

MUKHLIS, R

Ekpose
KETUA LPM DESA MARUNGGI SELAKU KETUA KELOMPOK KERJA POSYANDU, BKB DAN PAUD DESA MARUNGGI

DISAMPAIKAN PADA ACARA PENILAIAN / KUNJUNGAN LAPANGAN TIM PENILAI LOMBA KADER POSYANDU BERPRESTASI TINGKAT PROPINSI SUMBAR TAHUN 2010 DI DESA MARUNGGI KAMIS, 5 APRIL 2010 KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb. Puji beserta syukur kita persembahkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penyusunan Ekspose Kelompok Kerja (Pokja) Posyandu, BKB dan PAUD Desa Marunggi Kec. Pariaman Selatan telah dapat dilaksanakan, dalam rangka Kunjungan Lapangan Tim Penilai Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2010 ke Desa Marunggi. Ekspose ini berisi Gambaran Umum Kegiatan yang telah dilaksanakan Pokja Posyandu, BKB dan PAUD Desa Marunggi Kec. Pariaman Selatan, Kota Pariaman beserta faktor pendukungnya. Eksistensi Posyandu yang terintegrasi dengan program BKB dan PAUD telah memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, terutama

Wb. Semoga ekspose ini dapat memberikan Gambaran Umum tentang kegiatan Pokja Posyandu. Wassalamualaikum Wr. Maya Fitriani dari Posyandu Permata Ibu. BKB dan PAUD Desa Marunggi berusaha semaksimal mungkin untuk senantiasa memotivasi dan memfasilitasi kegiatan Posyandu. disadari masih terdapat berbagai kelemahan dan kekurangan. Menyadari hal itu. dengan segala ketulusan hati kami aturkan ribuan terima kasih. Kota Pariaman. semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua. kami mengharapkan berbagai saran dan kritikan yang sifatnya membangun untuk perbaikan dimasa mendatang. BKB dan PAUD yang ada di Desa Marunggi.\ Di dalam penyusunan ekspose ini. Pokja Posyandu.dibidang pelayanan kesehatan dasar. Pariaman Selatan. Kepada seluruh pihak yang telah membantu penyusunan ekspose ini. BKB dan PAUD Desa Marunggi Kec. Marunggi. Terima kasih. dengan pengharapan kiranya kegiatan ini semakin memperlihatkan hasil yang lebih baik dimasa mendatang. 5 April 2010 Ketua LPM Desa Marunggi Selaku . dalam rangka Kunjungan Lapangan Bapak dan Ibu Tim Penilai/Evaluasi Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2010 yang mana untuk Kota Pariaman diwakili oleh kader kami Sdri. keluarga berencana dan pendidikan anak usia dini. Oleh karena itu. dengan segala kerendahan hati.

Terletak di ketinggian ± 2 meter dari permukaan laut. dengan batas wilayah : Sebelah Utara dengan Desa Taluk Sebelah Barat dengan Laut Indonesia Sebelah Selatan dengan Sungai Batang Mangau Sebelah Timur dengan Desa Kampung Apar Berdasarkan 1. Desa Marunggi terbagi menjadi 6 Dusun. yaitu : Dusun Padang Tampek Dusun Pasa Gantiang . SH -----ooo----- BAB I PENDAHULUAN A.02 Km². pembagian administrasi pemerintahan. Pariaman Selatan dengan luas Desa 5. MAKMUR.Ketua Pokja Posyandu. 2. BKB dan PAUD Desa Marunggi. GAMBARAN UMUM Desa Marunggi merupakan salah satu dari 21 Desa yang ada di Kec.

3. 6. SARANA DAN PRASARANA Untuk menunjang pelaksanaan program dan kegiatan. 5.650 jiwa atau 665 KK. C. Adapun sarana dan prasarana yang dimiliki adalah sebagaimana yang tercantum pada tabel di bawah ini : NO 1 2 3 Masjid Mushola Puskesmas Pembantu Sarana dan Prasarana Satuan unit unit unit Jumlah 1 13 1 . 4. KEPENDUDUKAN Penduduk Desa Marunggi berjumlah sebanyak 2. sebagian diantaranya mengalami kerusakan. Namun berhubung terjadinya musibah gempa yang melanda daerah kita pada tanggal 30 September tahun 2009 lalu. Desa Marunggi sekaligus merupakan desa terluas dengan jumlah penduduk terbanyak di Kota Pariaman. Dusun Binasi Dusun Pasir Gadondong Dusun Tabiang Runtuah Dusun Duku Gadang B. Desa Marunggi dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana kegiatan.

4 5 6 7 8 9 Puskesmas Puskesdes SD/MI TK Posyandu Posyandu Terintegrasi BKB. KONDISI POSYANDU Desa Marunggi memiliki 6 unit Posyandu yang tersebar pada 6 (enam) Dusun. 2. NAMA POSYANDU DAN BKB Permata Ibu Do’a Ibu Sayang Ibu Restu Ibu Harapan Ibu Kasih Ibu JUMLAH KADER (ORANG) 4 4 4 4 4 4 JUMLAH SASARAN (ORANG) 53 NAMA PAUD Aisyiyah JUMLAH SASARAN PAUD 53 JUMLAH Dari Tabel di atas. 6. Dari 6 . 4. PAUD unit unit unit unit unit unit 1 1 3 2 6 1 D. 5. 3. dapat dilihat bahwa jumlah sasaran Posyandu di Desa Marunggi cukup besar. Adapun kondisi Posyandu yang ada sebagaimana yang ditunjukkan pada Tabel di bawah ini : NO 1. Hal ini menunjukkan partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk datang ke Posyandu cukup tinggi.

. KEGIATAN KELOMPOK KERJA Kegiatan Kelompok Kerja (Pokja) Posyandu.. .. yang telah terintegrasi adalah sebanyak .. 3. . Dari 6 unit Posyandu yang ada di Desa Marunggi. unit.. Pariaman Selatan.. antara lain : 1.... BKB dan PAUD Desa Marunggi Kec..... dengan melibatkan berbagai unsur terkait seperti LPM....unit Posyandu yang ada.. 2..... Penyusunan Program Kerja Pokja.... BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN A... Mengupayakan semua Posyandu yang ada di Desa Marunggi memiliki gedung/ruangan sendiri dengan mengalokasikan pembangunannya melalui kegiatan sarana dan prasarana Desa secara bertahap.. Tim Penggerak PKK. Kader dan ditetapkan dengan Keputusan Kepala Desa Marunggi Nomor 02/KEP/MRG/2010.. Kota Pariaman.. BKB dan PAUD Desa Marunggi.. sendiri. Pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) Posyandu. unit diantaranya telah memiliki .

... (konfirmasikan jika ada) B.  Tingkat Kecamatan Pariaman Selatan.... Melakukan pemantauan dan kunjungan secara bergilir pada setiap Posyandu. DUKUNGAN DARI POKJANAL KECAMATAN DAN KOTA PARIAMAN 1. Memberikan bantuan . .  tingkat Kecamatan.. 7.. Pokjanal Kota Pariaman  Melakukan pembinaan dan pemantauan.... bulan sekali di Melakukan penilaian Kader Posyandu Berprestasi rutin terhadap Posyandu yang ada di Kecamatan.....Hal ini tidak terlepas dari dukungan Kepala Desa dan tokoh masyarakat Desa Marunggi. 4.. 6.. 5... Pokjanal Kecamatan  POSYANDU Melakukan pembinaan dan pemantauan secara Melakukan pertemuan setiap ....... Mengupayakan mencari donatur bagi Posyandu yang ada di Desa Marunggi sehingga Posyandu Desa Marunggi mempunyai dana sehat dan sekaligus menanamkan rasa memiliki di kalangan masyarakat terhadap kegiatan Posyandu. Menampung aspirasi kader serta berusaha memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi kader dalam pelaksanaan kegiatan di Posyandu.... 2...

25...... bulan sekali yang Melakukan Penilaian Kader Posyandu Berprestasi Memberikan bantuan transport kader sebesar dilaksanakan di Kecamatan.    untuk meningkatkan kualitas kader dan memotivasi kader agar lebih maju. baik kader yang meraih juara di tingkat . terutama kader dengan unsur Pembina Tingkat Kecamatan dan Tingkat Kota Pariaman.. .. Diadakannya berbagai lomba yang bertujuan Rp..... Bantuan BKB KIT.. / sasaran / bulan......  Memberikan reward bagi Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Kota Pariaman dalam bentuk Studi Komperatif yang dilaksanakan oleh Pemprop Sumbar dan Tim Penggerak PKK.  Rp.  Tingkat Kota Pariaman....... Melakukan rapat setiap ..  Silaturrahmi kader dalam rangka meningkatkan kebersamaan dikalangan kader..  Memberikan insentif bagi Kader PAUD sebesar Bantuan seragam Kader Posyandu setiap tahun.000. / bulan dan PMT Posyandu sebesar Rp. ... Pemberian THR bagi Kader Posyandu.

kiranya Desa Marunggi diberikan kesempatan berprestasi di tingkat Propinsi Sumatera Barat dalam rangka lebih menggairahkan kemajuan pembangunan di Desa Marunggi pada khususnya. Mudah-mudahan hal ini akan menjadi pertimbangan Bapak dan Ibu Tim Penilai yang kami hormati. mungkin dalam kegiatan tanya jawab dan kunjungan lapangan nantinya. Atas pertimbangan Bapak dan Ibu kami aturkan banyak Terima kasih. Maya Fitriani sebelumnya di Padang.  Dan lain-lain. yang dapat kami paparkan. . Untuk lebih kongkritnya. dan Kota Pariaman pada umumnya.Propinsi maupun yang hanya berprestasi di tingkat Kota Pariaman. Bapak dan Ibu Tim Penilai akan memperoleh jawaban secara nyata atas apa yang telah kami ekspose dan yang telah diekspose oleh kader kami Sdri. -----ooo----- BAB III PENUTUP Demikianlah Ekspose singkat ini kami sampaikan dalam rangka Kunjungan Lapangan Tim Penilai / Evaluasi Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2010. Dan seandainya kami boleh berharap pada Bapak dan Ibu Tim Penilai.

KETUA POKJA POSYANDU. MAKMUR. BKB DAN PAUD DESA MARUNGGI. SH LAMPIRAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful