1 DOS dan Batch file

SISTEM OPERASI BERBASIS TEKS
Sistem operasi berbasis teks adalah suatu sistem operasi yang menggunakan perintah dalam bentuk teks . semua perintah harus di ketik pada prompt tanpa menggunakan mouse.Salah satu sistem operasi berbasis teks yang sering di pakai adalah Disk Operating System (DOS). DOS merupakan sistem operasi yang pertamakali di kembangkan oleh IBM , namun setelah di beli oleh Microsoft namanya berubah menjadi MS DOS. Sistem operasi ini terus berkembang dengan di luncurkan DOS versi 4.0, Sedangkan DOS yang sekarang ini kita gunakan biasanya DOS versi 5.0 atau versi 6.0 sifat dari MS DOS adalah single user (hanya dapat digunakan oleh satu pengguna ) dan single tasking (hanya dapat melakukan satu pekerjaan ). MS DOS sudah terpasang pada komputer yang sudah terinstal SO Windows. Untuk mengaktifkan DOS dari Windows, klik Start → Run kemudian ketik cmd. Lalu tekan Enter atau klik OK.

Ada dua jenis perintah DOS,yaitu internal command dan external command. 1. Perintah Internal ( Internal Command) Internal command adalah semua perintah yang dapat langsung dijalankan dari prompt tanpa perlu masuk ke dalam directory tempat berkas-berkas perintah tersebut berada. Perintah–perintah ini sudah tersimpan pada memori ketika komputer dinyalakan atau pada saat booting. Kelompok perintah internal merupakan perintah yang tergabung dalam command.com, msdos,sys, dan io.sys. Berikut adalah beberapa perintah internal yang sering digunakan.

2 DOS dan Batch file

a. DIR Digunakan untuk menampilkan isi sebuah folder atau direktori. (digunakan untuk menampilkan isi direktori ) (digunakan untuk menampilkan isi direktori per layar) (digunakan untuk menampilkan isi direktori secara horizontal) b. COPY Digunakan untuk menyalin suatu file dari suatu direktori ke direktori lainnya. D:/> ( digunakan untuk menyalin file bernama latihan .txt pada direktori D ke dalam direktori E) D:/> (digunakan untuk menyalin semua file pada direktori D ke dalam direktori E) D:/> (digunakan untuk menyalin semua file berekstensi .doc dari direktori D ke dalam direktori E) c. DEL (Delete) Digunakan untuk menghapus file pada direktori tertentu . D:\> (digunakan untuk menghapus file bernama latihan.txt pada direktori D) D:\> (digunakan untuk menghapus semua file pada direktori D ) D:\> (digunakan untuk menghapus file berekstensi .txt pada direktori D) d. CD (Change Directory) Digunakan untuk memindahkan /mengubah direktori kerja D:\> (menunjukan direktori kerja ,yaitu direktori C) C:\> ( digunakan untuk mengubah direktori kerja dari direktori C ke dalam direktori C:\WINDOWS) C:\ WINDOWS> (digunakan untuk pindah ke direktori satu tinkat diatas direktori kerja) e. MD (Make Directory ) Digunakan untuk membuat direktori /folder baru. D:\ (digunakn untuk membuat direktori /folder bernama „belajar‟ di dalam direktori D) f. RD ( Remove Directory) Digunakan untuk menghapus direktori/folder. Untuk menghapus suatu subdirektori kita harus berada di direktori yang di dalamnya memuat direktori yang ingin dihapus (sub direktori dari direktori kerja ). D:\belajar> D:\> (Kita harus pindah direktori satu tingkat di atas direktori belajar untuk menghapusnya ) (digunakan untuk menghapus direktori belajar pada direktori D)

kita harus dalam keadaan ADMINISTRATOR (Run as Administrator). C:\WINDOWS\System32> (digunakan untuk menyalin seluruh isi removable disk I ke dalam removable disk H ) c.txt pada direktori WINDOWS ke dalam subdirektori Media) h. Untuk menjalankan CMD.3 DOS dan Batch file D:\> (digunakan untuk pindah ke direktori belajar.txt) i. Berikut adalah beberapa perintah exsternal : a. VER (Version) Digunakan untuk mengetahui versi DOS yang kita gunakan. MOVE Digunakan untuk memindahkan file dari suatu direktori ke direktori yang lain.txt pada direktori D menjadi latihanbaru. C:\> 2. Perintah External (External Command) External command adalah semua perintah yang tidak dapat langsung dijalankan melalui prompt. tetapi muncul pesan gagal karena direktori belajar telah di hapus ) g. D:\> (digunakan untuk mengubah nama file latihan. C:\WINDOWS\System32> . C:\WINDOWS\System32> (digunakan untuk memformat direktori A) C:\WINDOWS\System32> (digunakan untuk memformat direktori B) b. C:\> j. Informasi yang di peroleh dari perintah ini antara lain kondisi dan kapasitas disk. FORMAT Digunakan untuk memformat media penyimpanan data (disk) . DISKCOPY Digunakan untuk menyalin seluruh isi removable disk ke dalam removable disk yang lain.semua disk sebelum digunakan harus di format terlebih dahulu. File tersebut berada pada direktori C:\WINDOWS\System32. CLS (Clear screen ) Digunakan untuk membersihkan layar.txt dari direktori D ke dalam direktori E) C:\ (digunakan untuk memindahkan file latihan. CHKDSK Digunakan untuk melakukan diagnose terhadap suatu disk. D:\> (digunakan untuk memindahkan file latihan. REN/RENAME Digunakan untuk mengubah nama sebuah file. untuk menjalankannya kita harus berada pada direktori kerja tempat file perintah eksternal berada.

Untuk informasi lebih lengkap kita bisa mengetikkan IPCONFIG /ALL. Untuk mengetest koneksi internet atau jaringan. seperti tidak ada koneksi.4 DOS dan Batch file d. Tambahan /ALL tersebut merupakan options atau parameter. SubnetMask dan lainnya. tetapi jika muncul tampilan Request time out.com PING 74. TREE Digunakan untuk menampilkan struktur direktori C:\WINDOWS> (digunakan untuk menampilkan struktur direktori I) Selain dari perintah-perintah di atas. terdapat beberapa parameter lainnya yang cukup bermanfaat..Selain /ALL. maka koneksi jaringan atau internet bisa dikatakan OK. akan ditampilkan alamat IP komputer kita dengan beberapa informasi tambahan seperti Gateway. Misalnya sebagai berikut: PING www. . perlu kita ketahui perintah di bawah ini : IPCONFIG Sangat bermanfaat dalam hal koneksi internet atau jaringan. kabel atau jaringan bermasalah atau alamat yang dituju tidak ada atau tidak ditemukan dan lainnya. ada beberapa kemungkinan.google. silahkan ketikkan IPCONFIG /? PING Seringkali ketika internet atau jaringan tidak bisa terkoneksi.125. Untuk daftar parameter selengkapnya. kita bisa menggunakan perintah PING dan di ikuti nama website atau alamat IP yang dituju.235.51 Jika hasilnya Reply from…. Dengan mengetikkan perintah IPCONFIG kemudian di tekan enter.

Setelah selesai.txt ” yang ada di drive D:. tetapi tersimpan dalam file “hasil_in_config. Setiap menambahkan parameter. misalnyaATTRIB /?. Jika kita ingin hasil perintah yang kita tuliskan bisa disimpan dalam text. Misalnya sebagai berikut : IPCONFIG /all > "D:\hasil cmd config. Berikut ini list perintah-perintah CMD lain yang sering di gunakan pada jaringan komputer: . tambahkan spasi dan /? setelah perintah yang ingin diketahui. untuk keluar selain klik tombol X dipojok. gunakan perintah CLS. Misalnya perintah berikut: IPCONFIG /all > D:\hasil_cmd_config. ATTRIB *. PING /?. disetiap akhir perintah bisa kita tambahkan tanda “>” dan di ikuti nama file. sebelum tanda garis miring (/) jangan lupa beri spasi. kita bisa menggunakan perintah ATTRIB untuk menampilkan file tersebut ( termasuk untuk menyembunyikan file-filenya). maka harus kita beri tanda petik dua diawal dan akhirnya. Perintah berikut akan menampilkan semua file dan folder yang ada di folder yang sedang di akses di command prompt.5 DOS dan Batch file ATTRIB Virus atau worm yang menyerang komputer biasanya menyembunyikan file atau folder yang ada di komputer atau flashdisk. Jika nama folder atau file mengandung spasi. Jika hal ini terjadi.txt Maka hasilnya tidak akan tampil di command prompt. Untuk mengetahui parameter apa saja yang disediakan.* -S -H -R /S /D Beberapa Tips Tambahan Semua perintah command prompt biasanya menyertakan banyak parameter yang bisa digunakan. bisa juga kita ketikkan perintah EXIT.txt" Untuk membersihkan tampilan layar.

tracert Menampilkan informasi IP Address route.web. nslookup Mengetahui alamat ip address dari nama domain yang di tuliskan netstat Menampilkan informasi koneksi TCP/IP yang sedang aktif. misalnya Host Name.id Semakin sedikit % loss-nya maka semakin baik koneksinya. ipconfig /renew Membuat IP Address baru untuk adapter tertentu ipconfig /displaydns Menampilkan DNS Cache. ipconfig /setclassid Mengubah DHCP Class ID control netconnections Menampilkan Network Connection. ipconfig /registerdns Melakukan refresh DNS dan meregister kembali koneksi DNS. .6 DOS dan Batch file                ipconfig /all Menampilkan informasi konfigurasi koneksi. Ethernet Adapter LAN. Primary DNS Type. ipconfig /showclassid Menampilkan informasi DHCP Class. route Menampilkan local route. hostname Menampilkan nama komputer. ping Contoh: ping cookies.id Melakukan test koneksi ke situs cookies. ipconfig /flushdns Menghapus DNS Cache ipconfig /release “Menghapus” semua koneksi IP Address.web.

Batch file ini sendiri dapat dicontohkan seperti shortcut ikon yang ada di Windows atau Mac yakni seperti jalan pintas untuk menjalankan satu atau lebih perintah ke dalam satu langkah mudah..com untuk mengeksekusi file batch sedang kalau di windows menggunakan cmd. tmp. Dir. Setiap kita menjalankan perintah DOS batch file baik internal ataupun eksternal.exe Cara Kerja Batch File Ketika sebuah batch file dijalankan. Dalam DOS batch command.com akan membaca file batch dan kemudian mengeksekusi perintahnya. Perintah-perintah batch file bersifat case insensitive jadi tidak ada perbedaan maksud antara huruf besar dengan huruf kecil. Bak. Maka diperlukanlah Batch file untuk mengatasi hal tersebut. File Ekstensi Batch File pada DOS . program shell yang berupa command. secara baris demi baris. command. Di dalam DOS.Ekstensi ini berjalan pada MS-DOS dan semua versi dari Microsoft windows. yang merupakan file boot sederhana yang dimuat pada MS-DOS. ~ . Batch file tersebut berisi tersebut berisi semua perintah dan digunakan untuk menjalankan MS-DOS setiap kali computer boot.7 DOS dan Batch file PEMROGRAMAN BATCH PADA DOS Pengertian Batch File Pemrograman batch file tidak lain adalah Unix Shell Programming versi Windows.* dll) maka sangat repot jika kita harus mengetikan perintah-perintah yang sama setiap kali kita akan melakukan tugas yang sama. Pada MS-DOS menggunakan command. perintah-perintah seperti Copy. Batch file merupakan file text berisi rentetan perintah yang akan di eksekusi oleh command interpreter untuk kemudian di eksekusi satu persatu secara urut seperti saat kita mengetikan command di MS-DOS hanya saja dengan Batch file perintah-perintah ini dimasukkan kedalam suatu file untuk otomatisasi penggunaannya.bat. Fungsi Batch File Katakanlah Anda perlu menjalankan seperangkat perintah berulang kali untuk melakukan tugas rutin seperti Back up File Penting. Contoh lainnya adalah autoexec. Menghapus file-file sementara (*. sehingga setiap kita butuh untuk .Undelete. Batch files berguna untuk menjalankan rangkaian dari dari beberapa perintah yang bisa dieksekusi (executables) secara otomatis dan sering digunakan oleh sistem administrator untuk mengotomatisasi banyak proses secara bersamaan. Delete disebut dengan perintah internal sedangkan perintah semisal Format.com akan langsung menjalankan peritah internal atau memanggil program eksternal yang terpisah dan menjalankan perintah tersebut untuk kemudian mengembalikan hasilnya dalam bentuk perintah eksternal.Backup merupakan bagian dari perintah eksternal.bat merupakan ekstensi pertama yang digunakan oleh Microsoft untuk batch file.

%3.8 DOS dan Batch file melakukan sebuah tugas tertentu dalam DOS kita tinggal jalankan saja file Batch yang sudah kita buat sebelumnya. Berikut contohnya: ECHO Hello% 1 Ketika satu baris file Batch diatas dibuat. program administrator. dan sebagainya. Anda akan membuat kategori atau yang lebih dikenal dengan label. backup. Dan berfungsi negatif jika digunakan untuk membuat virus. Dalam keseharian file batch ini dapat memiliki 2 fungsi. dan lainya. ketik myname (jadikan nama file bat) dan kemudian nama Anda: %1 Myname ervan Akan menampilkan hasil Hello ervan Catatan : dapat diperluas ke %2. Sebagai contoh. Hal ini memungkinkan Anda untuk melompat ke bagian tertentu dari sebuah file Batch. Dikatakan berfungsi positif jika bacth file ini digunakan untuk tune up. yakni fungsi positif dan fungsi negatif. Hal ini tentu akan sangat efektif daripada harus mengetikan perintah-perintah yang sama. jadi yang ditampilkannya hanyalah hasilnya. : LABEL . Sehingga akan juga menghemat waktu. Perintah Batch Sama seperti perintah di MS-DOS. Persen yang dikuti dengan nilai numeric yang dimulai dari satu. tambahkan nama anda setelah file Batch. cracker. Dengan menambahkan titik dua didepan sebuah kata. dst @ :: Salah satu dari dua cara untuk menambahkan komentar kedalam file Batch tanpa ditampilkan atau mengeksekusi baris komentar ketika file batch dijalankan. misalnya LABEL. memungkinkan pengguna untuk menambahkan variable dalam sebuah file Batch. Simbol ini sering ditulis sebagai @ ECHO OFF untuk mencegah ditampilkannya perintah dalam Batch file. semua perintah pada Batch tidak membedakan huruf besar atau kecil atau bisa disebut case insensitive.

Jika Anda ingin menambah baris kosong ketikan ECHO saja. MKDIR Membuat folder atau directory RMDIR Menghapus directory Contoh penggunaan batch file: "Dir /a"  maka kita akan bisa menglihat semua file termasuk file system atau file yang super hidden yang di buat oleh virus. CHOICE CLS ECHO EXIT GOTO LABEL IF PAUSE REM SHIFT START Untuk menjalankan suatu aplikasi. Tekan sembarang tombol untuk melanjutkan. Digunakan untuk memeriksa kondisi tertentu jika kondisi tersebut tersedia. Sama seperti perintah DOS. yaitu digunakan untuk menghapus layar. Menampilkan pesan dalam Batch file. Misalnya ECHO Hello word akan menampilkan Hello word. untuk opsi yang lain anda bisa mengetikkan "/?"dibelakang setiap perintah "mkdir test"  dengan perintah ini kita telah membuat satu folder yang bernama "test" . maka akan menampilkan pesan kesalahan. seperti LABEL. Keluar dari jendela DOS jika file batch berjalan dari Windows Digunakan untuk pergi ke label tertentu.9 DOS dan Batch file CALL Ini digunakan untuk menjalankan file Batch di dalam file Batch. Salah satu dari dua cara untuk menambahkan komentar kedalam Batch file tanpa ditampilkan dan mengeksekusi baris tersebut. Contoh GOTO adalah untuk GOTO END. Perubahan posisi parameter dalam Batch file. Memungkinkan file Batch dan script menunggu user untuk memilih satu set pilihan. Tapi jika file Batch yang akan dijalankan tidak ada.

kita juga bisa menyimpannya di tempat lain. Hal ini terlihat bahwa di dalam windows 7 sudah tersedia fitur powershell ini.10 DOS dan Batch file "rmdir test"  kita baru saja meng-remove folder test yang dibuat tadi "start winword"  dimana winword adalah aplikasi Ms. melainkan pemrograman yang hadir dari waktu ke waktu.exe. pemprograman dalam Batch file bukanlah sesuatu yang kuno.bat Buka notepad dan ketikkan koding di bawah ini : Simpan dengan nama file : lat1. Kemudian dalam masa depan kemungkinan akan digunakannya powershell sebagai penggantinya. Dalam perkembangannya file Batch ini juga masih berlaku di sistem operasi windows yaitu dengan menggunakan cmd. Contoh : Nama file : lat1. Jadi. sehingga kita dapat menggunakan file Batch yang sudah kita buat ke computer lain atau untuk di bagikan kepada orang lain yang membutuhkan.Word Menggunakan File Batch Selain menyimpan program Batch di dalam computer.bat dan setelah selesai tinggal double klik saja. Lihat hasilnya seperti di bawah . Seperti flashdisk.

0=hitam. a=hijau echo. atau jeda baris  Untuk menampilkan tulisan kecuali karakter tertentu (lebih lanjut) :)  Untuk menghentikan program agar tidak dieksekusi . pake command color /? . bisa dicek langsung di cmd.11 DOS dan Batch file Hasil : Penjelasan : @echo off cls  Untuk membersihkan layar console title Mode color 0a  Untuk memberi judul program (pada head window)  Untuk mengatur ukuran jendela konsol  Untuk mengubah warna foreground (huruf) dan background 2 digit bisa diisi pake' huruf atau angka. echo pause>nul  Untuk menambahkan linebreak.

12 DOS dan Batch file Nama file : lat2.bat Variable pada pemrograman Batch File Pendeklarasian variabel menggunakan perintah sebagai berikut : Contoh : Kira-kira hasilnya : atau bisa juga dengan cara .

13 DOS dan Batch file Bedanya dengan pemrograman yang lain. seperti x as integer. untuk representasi dari nilai variabel yang telah diinputkan. kita bisa menggunakan tanda ampersend (%). seperti di bawah ini Operasi dasar pada batch ini ada 4  penjumlahan (+). pembagian (/). misalnya sebagai berikut : jika kita iungin melakukan operasi aritmatika. boolean. . Kemudian. string. dapat kita deklarasikan. pendeklarasian variabel di sini tidak perlu dideklarasikan seperti halnya pemrograman lain. pengurangan (-). dan lain-lain. dan perkalian (*).

14 DOS dan Batch file Nama file : lat3.bat .

dimana if adalah pengambil keputusan pada sebuah kondisi. Contoh : . besar hurufnya beda maka akan dianggap tidak sama. [not exist]. If dalam program batch memiliki Option [exist]. sesuai dengan yang diinputkannya. lalu kita akan memberikan reaksi kepada user. dimana syntaxnya adalah : Dalam if perbandingan string adalah case sensitive jadi. seperti pada variable yang diinput oleh user. kalo kata string1 dan string2 sama namun. kalau akan menambahkan [not] di depan if. [not]. dimana option [/i] berada tepat didepan IF. maka syntaxnya adalah -[ IF /i not string1==string2 [command] ]-. untuk mengatasi itu ada option [/i] yaitu untuk menghilangkan fungsi case sensitive tadi.15 DOS dan Batch file IF pada pemrograman Batch IF adalah sebuah command yang sebagian besar ada disetiap bahasa program.

jika string1 dan string2 tidak sama maka. Contoh : -[ IF EXIST [nama file] [command] ]- Perintah yang satu ini sedikit berbeda.16 DOS dan Batch file Perintah IF ini adalah kebalikan dari perintah if sebelumnya yaitu. folder "b". Sebelum mempraktekkan contoh ini. karena pada perintah ini program tidak membandingkan string. folder "d" dan folder "e". folder "c" . command akan dijalankan sedangakn jika string1 sama dengan string2 maka command tidak akan dijalankan. tolong buatkan sebuah folder (dengan nama terserah) yang didalamnya berisi folder bernama "a". . malainkan melihat kepada file/folder yang ada dalam path file tersebut berada.

17 DOS dan Batch file Contoh : -[ IF not EXIST [nama file] [command] ]Contoh : Contoh : .

18 DOS dan Batch file .

akan muncul 1 folder yg berisi file yang baru saja kita buat. Jadi kalau sekedar bekerja dengan world. Malcode seperti virus & trojan pada dasarnya hanya program biasa. Biasakan bekerja menggunakan account dengan privilege 'limited'. Coba buat 1 account user 'limited' buka aplikasi notepad atau apa saja untuk buat file apa saja. cukup hapus account yang bersangkutan (ingat dengan opsi 'keep files') dan buat kembali account yang sama. Malcode tidak akan diijinkan melakukan modifikasi HKEY_LOCAL_MACHINE bila status privilege anda adalah 'limited'. . Karena sebenarnya account 'administrator' sesuai namanya ditujukan microsoft hanya untuk meng-admin sistem seperti melakukan instalasi program. Mari buktikan. Setelah di hapus coba lihat di desktop. pada dasarnya semua anti virus akan membuat komputer jadi berat karena program AV yang baik harus memiliki database semua pattern malcode jahat yang ada di seluruh dunia. dsb kita sebaiknya menggunakan account 'limited' saja. excel. Sistem operasi akan kembali menyusun database HKEY_CURRENT_USER untuk user yang bersangkutan. Memperbaiki HKEY_CURRENT_USER yang dirusak malcode sangat mudah. Simpan file tersebut dengan nama yg mudah kita ingat kemudian hapus account tersebut menggunakan account Administrator (ingat opsi 'keep files'). ppoint. "OS hardening" diciptakan berdasarkan pola serangan kebanyakan trojan komputer di Indonesia kemudian melakukan perkuatan registry dan folder-folder penting.19 DOS dan Batch file Cara Membuat PC Kebal Virus Tanpa Anti Virus Dengan teknik 'OS Hardening' sederhana Komputer anda akan kebal virus tanpa anti virus (AV). Kecuali nanti mereka merubah pendekatan program mereka ke AI or 'kecerdasan buatan'. Pertanyaan? Bagaimana caranya supaya 'malcode' tidak dapat menginfeksi computer kita adalah serupa dengan pertanyaan bagaimana agar malcode tidak dapat melakukan perubahan registry yang berarti juga sama dengan dengan pertanyaan bagaimana supaya suatu program tidak dapat di 'install'. hanya key HKEY_CURRENT_USER yang berisi kondigurasi user tertentu yang dapat diinfeksi. User dengan privilege limited account tidak pernah diijinkan sistem untuk melakukan instalasi program bahkan melakukan upaya pemformatan drive seperti salah satu baris perintah yang terdapat pada malcode harddisk killer: for %%a in (%drive%) do call format %%a:/q /u /autotest >nul Key utama yang selalu menjadi sasaran malcode adalah HKEY_LOCAL_MACHINE. HKEY_LOCAL_MACHINE berisi konfigurasi sistem yang berlaku untuk semua user. mereka akan melakukan modifikasi pada key-key di dalam registry ketika di eksekusi.

Berikut langkah-langkahnya : Langkah pertama. Ketika kita login pertama kali menggunakan user baru tersebut terasa sistem agak lama mengijinkan kita masuk. hal ini disebabkan karena OS sedang menuliskan HKEY_CURRENT_USER yang baru buat kita.20 DOS dan Batch file Buat kembali account yang tadi kita hapus menggunakan dengan privilege 'limited' tentu saja setelah itu logout. Coba login dengan user baru tersebut. dan tentu saja bebas virus. Masuk ke control panel trus klik user account Langkah ke dua Langkah ke tiga JANGAN LUPA opsi Limited. .

Langkah ke 5 .21 DOS dan Batch file Kalau sudah terkena virus cara ini yang harus dilakukan. Langkah 4 : Log off kemudian masuk sebagai Administrator. Klik Delete Account.

cari folder document and setting terus buka folder all user Cara Membuat Antivirus Sendiri Dengan Notepad 1. Open Notepad > [Start + R ] ketikkan Notepad.15 color 0a cls pause Keterangan : mode 60 itu karakternya 15 itu barisnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini : .22 DOS dan Batch file Pilih Keep Files Untuk membuka file yang pernah ada. nah ni dia cuplikannya lalu ketik mode 60.

Kalau sudah. terus save dengan nama file dengan ekstensi *.bat nama terserah.23 DOS dan Batch file kalo sudah menuliskan seperti kode diatas. 2. Coba klik double filenya yang di desktop. misal : "kutujenggot. Cari tahu kalau anda FD yang dipasang.bat" di desktop. Missal FD terdetect F:\ .

Tidak ada pertanyaan "yakin akan menghapus [y/t]" . X:.bat" tadi lalu pilih edit sesuai drive fd anda!.exe" waspadai file master yangg tersimpan dalam folder pasti terdelete untuk menghapus file autorun. maka tambahkan "F:" bisa diganti G:.24 DOS dan Batch file Lalu ke desktop klik kanan file "kutujenggot.ini" Keterangan : /q itu agar perintahnya bisa dijalankan automatis.inf untuk file (kalau smadav biasanya buat folder) tambahkan "del /q *.ini maka tambahkan "del /q *.inf" biasanya virus zaman dulu masuk ke desktop. S: dsb sesuai drive posisi FD anda. untuk menghapus semua virus/file shortcut tambahkan "del /q *.lnk" untuk menghapus semua file exe (biasanya yang sudah terinfeksi) tambahkan "del /q *.

.25 DOS dan Batch file tampilannya seperti dibawah ini! 3. Langkah selanjutnya adalah menghapus folder RECYCLER << tempat virus nongkrong dan System Volume Information << tempat info.inf Keterangan : rmdir tuk remove dir (hapus folder) /s untuk semua folder dalam-dalamnya juga /q sama dengan diatas. Tambahkan lagi RMDIR /s /q RECYCLER << hapus folder recycler RMDIR /s /q "System Volume Information" << pake tanda kutip! Untuk hapus folder autorun yang biasanya buatan smadav kodenya seperti dibawah ini : RMDIR /s /q autorun.

Pada saat FD dicolok. minimize semua aplikasi yg aktif 2. Tunggu beberapa saat agar windows mendetect 3. Jalankan "kutujenggot. Kira-kira 3 sampe 5 detik windows mendetect. Cara Menggunakannya : 1. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat .26 DOS dan Batch file SAVE [ctrl +s] Terus kata "pause" di delete saja. Pada saat mau memasukan FD.bat" Setelah itu FD sudah bisa langsung dibuka dengan klik double icon FD-nya atau lewat explorer. Tampilan program mendelete beberapa file (kelihatan agak heng).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful