P. 1
Budidaya Kroto

Budidaya Kroto

|Views: 444|Likes:
Published by Indra Wardhana
Bagaimana cara membudidayakan telur semut rangrang yang bernilai ekonomi
Bagaimana cara membudidayakan telur semut rangrang yang bernilai ekonomi

More info:

Published by: Indra Wardhana on Feb 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2014

pdf

text

original

CARA BUDIDAYA KROTO SEMUT RANGRANG DALAM BAMBU

Dari sekian banyak kesalahan yang selalu kita lakukan sehari hari,pasti ada kebaikan yang menyelip di hati kita,semut rangrang merupakan mahluk hidup yang kadang sering mengganggu kita, tetapi sangat banyak sekali keuntungannya bagi kita,semut rangrang merupakan predator penyakit tumbuhan,seperti ulat bulu yang sekarang sekarang ini banyak sekali di perbincangkan di tv tv,dan bahkan keganasan ulat bulu sekarang ini merupakan hal yang sangat serius yang perlu kita pahami bersama. Dengan semakin sedikitnya predator ulat bulu semakin gampangnya ulat bulu berkembang,jadi sekarang ini mulailah kita sadar terhadap lingkungan kita.dengan kita sadar membudidayakan semut rangrang ini mungkin kita bisa sedikit mengurangi penyakit tanaman pada tumbuhan yang kita pelihara,semut rangrang atau ini sarang bisa dibudidayakan,secara tradisional dari pohon yang satu kepohon maupun yang secara intensip. Budidaya semut rangrangsecara tradisional bisa kita kembangkan dengan memindahkan segerombolan lainya. dalam budidaya semut rangrang secara intensif saya terobsesi ketika ingat pengalaman saya ketika waktu kecil, sekitar beberapa th yang lalu, aku sering bermain dengan semut rangrang dan waktu itu saya memasukan segerombolan semut rangrang pada tabung bambu, dan tabung bambu itu saya taro pada pohon kering yang berada di tengah tengah kolam,dan anehnya itu tabung bambu jadi juga dibikin sarang itu oleh semut'',mungkin dikarnakan di pohon itu tidak ada daun untuk dijadikan sarang jadi semut nyarang di dalam tabung bambu itu''.dan saya coba membudidayakan semut rangrang di dalam potongan bambu,dan alhamdulilah sedikit demi sedikit mau juga semut bersarang.

..kayu papan untuk talenan bambu dan papan untuk bertengger itu semut.setelah itu kita pindahkan bibit segerombolan semut rang rang bersama ratu ratunya taro di atas bambu. papan atau langsung kita masukan kedalam tabung bambunya supaya lebih cepat bersarang (tiap sarang pasti memiliki ratu)..bangkai apa aja serangga juga mau.dan tidak diganggu oleh semut beda jenis.Cara pembuatan : sediakan potongan potongan bambu kurang lebih 40 cm (sesuai keinginan) 10 biji (semakin banyak potongan bambu semakin banyak penghasilan seroto dan bibit).nah setelah itu kita taro papan pada tatakan yang sudah kita bikin dan taro itu bambu diatas papan itu. Kita bikin di kolam supaya semut tidak kabur.sekali kali kasih air gula karena semua semut sangat membutuhkan rasa manis. dan kita bikin tatakan untuk nyimpan itu bambu di kolam.tulang tulang hewan.. .jangan lupa kasih makanan secukupnya.insya alloh itu semut nyarang didalam bambu. Insya allah dengan ketelatenan pasti bisa berkembang.

Ratu semut berukuran paling besar.5 ons per hari? Coba dikira-kira sendiri ya.CARA BUDIDAYA KROTO SEMUT RANGRANG TANPA POHON Kroto atau telur semut rangrang ( jawa : kranggang ) adalah salah satu makanan terbaik untuk burung kicau. Sarang atau koloni semut rangrang / semut merah penghasil kroto di dalam satu pohon bisa mencapai lebih dari satu. Begitu kita temukan. Sarang satelit tersebar di tempat-tempat tertentu di pohon sebagai pos terdekat gudang makanan. Sarang pusat biasanya terletak di tajuk pohon. sarang telur. dan sarang satelit. tulang atau sisa makanan berdaging lainnya akan meningkatkan produksi. Sarang telur. merupakan tempat telur dan larva semut. Ini tentu bisa menjadi prospek bisnis yang sangat bagus untuk di kembangkan jika kita bisa membudidayakan kroto semut rangrang sendiri. 250. Harga kroto dipasaran umumnya di patok dengan harga 45 hingga 80 ribu bahkan hingga 100 ribu perkilogramnya. Siapapun dapat mengembangkan bisnis budidaya kroto ini termasuk anda juga. Peran manusia dengan menyediakan cairan manis.000 atau tergantung bahan yang digunakan. Biaya bisa ditekan dengan memanfaatkan kayu dan atau papan limbah bangunan. . Perlu kerja keras untuk mengerahui satu per satu sarang semut rangrang / semut merah untuk menemukan sang ratu. Di sarang pusat ini berdiam ratu semut. namun semakin lama keberadaan kroto semakin sulit di cari. berukuran sedang. patokannya ini: Modal Awal Tetap I: • Rak kayu/bambu dengan permukaan datar dari papan/kaca (sepeti etalase). • Tempayan plastik 4-6 biji @ Rp. potong cabang tempat semut bersarang dan kita letakkan ke pohon inang baru. 3000. Nah bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan kroto. Agar mereka cepat nyaman di tempat baru. Ini salah satu cara bertahan dari pengganggu atau musuh alami.000 – Rp. yang jumlahnya mencapai 2-6 ekor per koloni. Biaya antara Rp. Langkah pertama adalah kita cari sarang ratu semut rangrang / semut merah penghasil kroto. yang terdiri atas sarang pusat.5 ONS PER HARI? Berapa modal untuk menangakar semut agar menghasilkan kroto 1 sampai 2. suguhi dengan bangkai serangga dan cairan manis. oleh sebab itulah harga kroto dipasaran semakin mahal saja. Secara alaminya. 500. silahkan simak cara budidaya kroto di bawah ini. BERAPA MODAL MENANGKAR SEMUT UNTUK HASILKAN KROTO 1-2. semut rangrang / semut merah penghasil kroto dapat menghasilkan hingga 1 kg kroto dalam 10 hari. bangkai hewan-hewan kecil.

Selamat menangkarkan semut!! CARA PEMBUATAN KANDANG TERNAK SEMUT RANGRANG . 250. bisa dibicarakan dengan Tim Om Kicau. yakni semut-semut yang sudah terbiasa hidup di media tangkar. bisa 25. Kesimpulan: Jumlah modal tetap bisa murah antara Rp. dikantungi plastik dan kemudian “digarap” sebagai bibit semut rangrang.000 atau bahkan gratis kalau bisa diusahakan dibuat dengan bahan-bahan limbah/bekas. Ketelatenan. Harga per buah Rp.• • • Toples plastik 15 buah atau tergantung jumlah semut yang akan dikembangkan.000. 4. Modal Harian: • • • Modal harian adalah pakan untuk semut yang untuk penangkaran sejumlah 15 media . Pastikan kroto segar dengan masih banyak semutnya.000. 750. Tenaga dan waktu Anda. Harganya berapa? Tergantung berapa harganya di pencari kroto.000 sampai Rp. Tetapi prinsipnya satu: Membibitkan semut relatif mudah. Untuk yang memerlukan bibit yang sudah jadi. tidak akan sampai Rp.000 bisa 50. Segerombolan semut dan krotonya yang dipetik di pepohonan. Atau malah bisa gratis kalau Anda memetiknya di kebun sendiri atau kebun tetangga. pisau. Bibit semut. dan dibagi menjadi 15 jumput kroto plus semut-semutnya. khususnya yang yang sudah bau. Plester. tidak menggunakan kroto yang sudah dipajang di warung. Modal Awal Tetap II: • • Yang jelas. Bisa 10. Bahkan bisa didapat gratis di sekitar kita. 500. gunting dll peralatan yang biasanya sudah ada di rumah kita.000.

yang telah kita masuki daun hijau pada bagian dalam masing-masing bambu sebagai pemancing semut rangrang agar mau masuk dan bersarang ke dalam bambu. Usahakan dalam mencari sarang adalah yang terdapat ratu semutnya. Dan menjaga kenyamanan lingkungan ternak. • • • • Bilahan bambu / potongan papan sebagai pengikat bambu / pipa paralon Kayu penyangga untuk rak kaleng untuk perendam kaki –kaki kayu penyangga dengan air. Setelah kita mendapatkan sarang semut rangrang yang terdapat ratunya. Karena ratu semut tersebut yang akan menghasilkan telor dalam usaha pengembangan ternak kroto yang akan kita lakukan. minimal 7 cm. potongan bambu. Sebagai contoh media ternak semut rangrang akan saya contohkan 2 media. Setelah bahan siap digunakan kita tinggal mencari rumah / sarang semut rangrang yang ada di alam masih pada pohon. pralon ataupun bahan lain. Bila semut rangrang sudah mulai nyaman dan mau bersarang di sarang buatan kita. Dengan panjang bervariasi. Apa bila dalam pencarian sarang semut di alam kita kesulitan menemukan sarang yang berisi ratu. Setelah rak kayu selesai kita siapkan. antara lain toples plastik. antara lain : • /pipa paralon Untuk membuat media ternak semut rangrang dengan menggunakan media bambu / pipa paralon Bambu pipa paralon yang berdiameter agak besar. usakan kita menemukan sarang yang banyak terdapat krotonya. Tunggu minimal 2 minggu. Bahan-bahan pertukangan untuk megerjakannya. buat saja rata-rata 40 cm ( bambu bisa kita beli atau bahkan minta gratis dari sisa pekerjaan bangunan). lihat hasilnya telur dan larva semut muda pasti . potongan bambu / pipa paralon kita tata pada papan pengikat yang telah kita satukan dengan paku. agar semut tidak pergi dan tidak diserang oleh predator lainnya. maka kita tinggal melakukan perawatan rutin. Pemberian pakan yang berupa serangga atau pun sisa tulang menjadi sangat wajib. yaitu : 1. Karena biasanya di kumpulan kroto tersebut terdapan bakalan ratu maupun raja semut rangrang. Jangan lupa berikan pengembunan pada lokasi sarang dengan menyemprot air gula/ madu pada sekita sarang tangkaran. Letakan sarang di atas susunan bambu yang telah kita tata rapi. susun dalam posisi mendatar sehingga membentuk seperti sarang lebah. Dengan pemberian 2-3 hari sekali.Bambu dibutuhkan beberapa bahan. ambil beserta sarangnya.Pada dasarnya bahan yang digunakan untuk media ternak semut rangrang dapat menggunakan aneka bahan baik yang membeli maupun gratisan.

.... Medi bambu / paralon............ Seperti posting sebelumnya.................. di tulisan ini saya akan cerita pemanfaatan toples transparan sebagai media ternak yang kita butuhkan sebagai media utama adalah toples trans psran yang ada di pasaran yang pada umumnya sering digunakan untuk tempat kerupuk atau makanan kecil.............7...... maka Segeralah para semut tersebut uakan berlarian lewat lubang itu......6..............000............. tempat minum bisa dari tutup botol air mineral.............000 1 nampan plastik diameter agak besar ... sebagi pakan awal bisa kita beri ulat hongkong.................sudah semakin banyak.. tapi harga berkisar 8.................................. harga di pasar bervariasi tergantung ukuran dan juga merek.... bila kita membeli bibit dari penjual yang sudah bermedia toples maka kita tinggal memposisikan terbalik kemudian membuka lakbannya lebih aman dan praktis sebagai media pakan kita bisa menggunakan potongan gelas air mineral atau tempat pakan burung ukuran kecil..untuk lebih mudah mari kita mulai mencoba buat saya tidak menghitung tentang alokasi rak dan media penunjang lainnya karena itu bisa relatif masing-masing........................000 1 rengkot/lepak/tempat nasi plastik ..... potongan tulang untuk penunjang protein ............... minum dengan air gula agak kental........ letakan nampan plastik dengan posisis datar .....Lt..............13... isi air hingga hampir 1/2 bagian nampan letakan rengkot/ kalu tidak bisa dengan batu bata ditengah nampan sebagai media meletakan toples lubang toples yang telah dibuat kita tutup menggunaka lakban untuk mencegah lari semut setelah kita pindah semut rangrang dari sarang sebelumnya ketoples yang telah kita sediakan tutup rapat dengan tutupnya ( disini kita siapsiap untuk diserang dan digigit oleh semut rangrang karena mereka pasti merasa terancam) letakan toples ke media rantang / batu bata dengan posisi Tutup pada bagian bawah Setelah posisi baik dan benar buka lakban yang tadi menempel .... Tinggal kita mau menjual atau mau mengembangkan lebih dulu untuk memperbanyak koloni..........000 Lubangi bagian pantat/ bawah toples dengan diameter 7 cm.000-15...... cukup 1 lubang..................... Bahan yang di butuhkan : 1 toples 10.... MENGGUNAKAN MEDIA TOPLES UNTUK BUDIDAYA SEMUT RANGRANG media untuk mengembangkan ternak/ budidaya semut rangrang penghasil kroto sebenarnya ada banyak...

ternak semut rangrang dalam toples tangkapan dari alam langsung dengan sarang karantina tangkapan baru dari alam mulai membuat sarang baru dalam toples .

HITUNGAN UNTUNG RUGI BUDIDAYA SEMUT RANGRANG slamat siang. salam seperti yang telah saya alami. ternak semut rangrang ternyata sangat menguntungkan. Kenapa?. jelas kita harus siap dengan sakitnya gigitan semut rangrang. kurang kerjaan kali ". . Tapi saudara di balik semua itu coba anda ikut mencoba meng analisa tentang budidaya semut rangrang ini. cemoohan orang lain " semut rangrang koko di pelihara. awalnya memang butuh kesabaran dan keberanian.

..................150. hampir semua semut rangrang mati...000 Bulan petama ............ untuk 1 toples yang kita punya... 0............ kalau kita punya 5 toples.... kalau sudah mulai panen sih pastinya setiap 15 harian pasti kita bersihkan sambil panen ...000/ 2minggu....................... Beli bibit semut rangrang siap budidaya 1 Toples....000 obat gosok untuk gigitan semut rangrang ( ini kalau perlu) Total...................000 panen selanjutnya minim 2 minggu kemudian 0. bagaimana jika kita punya 10.............. KOLONI MATI MENDADAK Heran..000 ....................... sampai 2 hari saya amati kok belum ketemu..........................000 (harga kroto saat ini -smg) .....000 selanjutnya setiap 2 minggu kita bisa memanen 2 ons X 120. itu jadi pelajaran buat kita jangat letakan atau pelihara semut di tempat atau toples yang kotor dan berbau .000 tiap 2 minggu.......2 X 120..000 Setelah 2......... penghasilan yang lumayan untuk tambahan jajan setiap 2 minggunya...................................... Telur kroto pada rontok................2 X 120......................................... bingung itu yang pertama kali saya rasakan begitu merlihat satu toples ternakan semut rangrang saya mati.Modal Awal...000 = 120....... dan jangan terlambat membersihkan bagian bawah toples kalau sudah sangat kotor........2.......... Saya merasa sudah merawat dengan baik kok masih terjadi mati masal....................................5 bulan ( perhitungan awal utuk adaptasi semut dan agar telor yang dihasikan cukup)........ 30 atau bahkan lebih tinggal hitung aja untungnya. tinggal hanya beberapa yang hidup.....48......152.... ........000 sehingga penghasilan kita selanjutnya adalah 24.........................000 biaya pakan minimal 1........000......24.... ..........Sebagai usaha sambilan pastinya ini sangat lumayan untuk diterjuni...5 bulan pertama 1 Toples kita mendapakan kroto 2-3 ons............. 20................... maka kita akan mendapat 1 kg kroto / 2 minggu X 120...24...........................................24............... siang tadi eh saya buka itu toples ada bau yang menyengat( bangkai) ternyata setelah tak perhatikan banyak yang mati karena udara yang tak sedap tersebut yang muncl dari sisa makanan yang terkena air.........

semut rangrang mulai membangun labirin sebagai media meletakan telur dan larva mereka.SEMUT RANGRANGKU KOK HABIS ? 1. nampan terlalu kecil sehingga jarak bibir nampan dan toples terlalu dekat. dengan ukuran yang tidak sesuai. semut memiliki kawasan teritorial masing-masing. dan tiap koloni memiliki kekhasan. Ketika meletakan nampan dan toples. Menggabungkan semut rangrang dari beberapa kelompok berbeda ( lokasi ambil dari alam yang berbeda tempat) dan menjadikan satu dalam satu lokasi/ rak . 4. Sarang kedatangan tamu tak diundang (" semut hitam" ) dalam waktu yang tidak lama dipastikan semut rangrang akan pergi tanpa permisi. TANDA TANDA AWAL BAHWA SEMUT RANGRANG YANG KITA RAWAT BERHASIL BERKEMBANG DAN MULAI COCOK DENGAN LOKASI YANG KITA SEDIAKAN ANTARA LAIN : . sehingga semut bisa bermigrasi dan menyebrang. sehingga bila ada pendatang baru atau bertemu dengan kelompok baru mereka akan berusaha menyingkirkan kalau perlu dengan berperang dan salng bunuh. .mulainya bertambah telur baru sebesar butiran gula pasir sebagai tanda ratu semut sudah mulai produksi telur. . 3. tidak adanya nampan pemisah antara tiang rak dan lantai sehingga dengan mudah semut rangrang bertamasya. serta kabur 2.

jumlah teur dan kroto semakin banyak. ..semut rangrang mulai lahap memakan pakan dan minuman air gula yang kita berikan FOTO RATU SEMUT RANGRANG Buat yang belum pernah liat ratu semut rang rang semacam inilah kira kira di alam .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->