P. 1
Tugas Front Office

Tugas Front Office

|Views: 64|Likes:
Published by Kharisma Swan

More info:

Published by: Kharisma Swan on Feb 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/10/2013

pdf

text

original

FRONT OFFICE ( RUANG PENERIMA ) UNTUK SEBUAH KANTOR.

Front office adalah tempat dimana pengunjung berinteraksi dengan perusahaan melalui layanan. Kesan yang baik dari front office dapat membantu perusahaan menanamkan kesan baik pula dalam benak pengunjung. ALAT PERLENGKAPAN UNTUK SEBUAH RUANGAN FRONT OFFICE

6.Telephone Telepon berfungsi sebagai alat komunikasi bagi seluruh staf dalam hal berkoordinasi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tamu.

. Front Office Counter adalah meja panjang yang digunakan untuk menerima kedatangan tamu dan tempat menyimpan sebagian peralatan dan perlengkapan kantor depan.

1. Komputer Di jaman yang sudah canggih ini, penggunaan komputer sangat penting karena komputer mempunyai kelebihan dibandingkan dengan sistem manual atau semi otomatis, kelebihannya antara lain data yang ada lebih akurat, waktu penyimpanan data yang lebih lama dan pengaksesan data yang lebih cepat. Lemari rak arsip Pigeon Hole Berguna untuk menyimpan surat/memo untuk internal hotel, segala surat yang didistribusikan ke bagian kantor depan akan disimpan di rak ini yang kemudian akan di baca oleh seluruh petugas kantor depan sebagai informasi terkini .

kesan rancangan interior dengan brand produk atau layanan perusahaan bisa dilakukan antara lain dengan:

Memampang logo atau nama perusahaan sebagai latar belakang sebuah front office. Hal ini bisa memperkuat brand perusahaan, produk atau layanan kepada pengguna atau konsumen. Menggunakan warna-warna interior yang berkaitan dengan logo atau identitas perusahaan. Misalnya, bila logo memiliki warna orange, bisa digunakan sebagai latar belakang atau warna dinding front office untuk memperkuat brand dimata konsumen. Menggunakan rancangan dan dekorasi yang dapat memperkuat kesan perusahaan dalam konteks tertentu, misalnya perusahaan modern, menggunakan furniture bergaya modern.

Perusahaan travel ke hutan dan gunung bisa menggunakan gambar-gambar ilustrasi berkaitan dengan hutan atau gunung. Bentuk penataan ruang kantor Benda apa saja yang ada dalam sebuah front office ditentukan terutama oleh jenis perusahaan dengan produk atau layanan apa yang disediakan. Hal ini berkaitan dengan aktivitas pengunjung, apakah seorang pengunjung datang, mengambil nomor antrian, duduk menunggu, berbicara dengan costumer service, dan sebagainya. Tentunya masing-masing aktivitas membutuhkan perabot atau perlengkapannya sendiri. Misalnya, bila costumer service membutuhkan lemari yang digunakan untuk menyimpan berkas, namun terlihat bagus, maka bisa diselesaikan dengan menggunakan furniture lemari rak. Front office sebaiknya dilengkapi dengan fasilitas berupa furniture yang nyaman untuk menunggu, pendukung informasi perusahaan seperti layar sentuh berisi informasi tentang produk atau layanan, meja dan kursi untuk costumer service, dan sebagainya. Color Room Tidak ada batasan khusus tentang warna meja maupun besar meja. Hal terutama yang penting adalah meja bisa digunakan dengan nyaman oleh resepsionis maupun pengunjung, memiliki bentuk yang menunjang atau cukup baik dalam mempresentasikan sebuah perusahaan. Warna untuk meja bisa apa saja, terutama warna yang dikaitkan dengan logo atau image perusahaan. Pada front office kantor-kantor dewasa ini, besar maupun bentuk meja resepsionis ditentukan oleh desain keseluruhan dari ruang atau lobi yang pertama kali dikunjungi oleh pengunjung. Kita tentunya sering melihat meja resepsionis yang unik, sesuai dengan logo perusahaan yang kita datangi. Tidak hanya warna keramik, warna ruangan juga berpengaruh pada kesan interior dan persepsi pengunjung. Warna yang digunakan harus disesuaikan dengan tingkat kenyamanan, image, dan hal lainnya. Warna yang sering digunakan untuk front office biasanya adalah warna-warna netral seperti krem, putih, abu-abu, warna kayu, dan sebagainya. Warna-warna netral, dipadukan dengan pencahayaan yang hangat, bisa memunculkan suasana nyaman dan rileks. Contoh dari suasana nyaman ini, misalnya lobi hotel atau bank dengan warna krem dan cahaya lampu sorot berwarna kuning hangat.

ASAS PENATAAN KANTOR

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->