Arti dari lambing PMR

Lambang PMR Wira

1. Segi Lima merah melambangkan Pancasila. 2. Warna dasar kuning melambangkan „warna dasar PMR Wira‟. 3. Segi lima putih melambangkan „Panca Satya PMR‟. 4. Warna dasar putih melambangkan „Kesucian‟. 5. Tanda Palang Merah melambangkan „Bendera Negara Swiss‟.

(Negara swiss adalah Negara yang menentang pertumpahan darah). karena : 1. Menghormati negara SWISS 2. Pelopor pendirinya adalah warga negara SWISS 3. Agar Palang Merah benar-benar netral, karena negara SWISS benar-benar negara netral. Lambang ini resmi dipakai pada tanggal 22 Agustus 1864 sesuai hasil prakasa Komite Jenewa yang menghasilkan konverensi Jenewa.

SEJARAH SINGKAT PMR
PMR didirikan pada kongres PMI pada tanggal 2527 Januari 1960 tempatnya di Jakarta. Dulunya PMR bernama PMP yang didirikan pada tanggal 1 Maret 1950 yang didirikan oleh “Nona Siti Dasminah”.

“Pada waktu itu PMI mempunyai 15 cabang dan 2.047 anggota. Di inggris PMR disebut “Junior Red Cross Yourth”. Di SMANCI PMR di sebut JRC

MANIA(Junior Red Cross Mania).

PMR dilatar belakangi oleh perang dunia ke-1 terjadi di Austria pada waktu itu tentara Austria dan para remaja mengumpulkan Koran-koran bekas untuk pembalutan gulung. Karena itu semua, para remaja di

Dadi Sudiadi. . Catatan .Bapak PMR SMANCI adalah Bapak H. .himpun dalam suatu organisasi yang di sebut PR_Palang Merah Remaja).Bapak PMR sedunia adalah SIR JEAN HENDRY DUNNANT Bapak PMR Indonesia adalah Mari’e Muhammad(Mantan Menteri Keuangan).

Panca Satya Prinsip PMR Sejarah PMR Tingkatan PMR Lagu Mars PMI Arti Lambang PMR TOGA Tri Bhakti Syarat-syarat menjadi anggota PMR Hak dan Kewajiban Jean Henry Dunant PATUT P3K Kongres PMI Konvensi Janewa . 11. 7. 9. 13. 2. 6. 4. 12.MATERI DASAR PMR 1. 14. 15. 8. 10. 3. 5.

dimanapun dan kapanpun kami berada. dan masyarakat Jika kami melakukan kesalah kami siap menerima akibatnya dengan penuh kejujuran. 2. Panca Satya PMR adalah janji atau sumpah setia yang harus di ucapkan anggota PMR dalam melaksanakan tugas nya sebagai Humanity Teenager (Remaja Kemanusiaan). satya=janji. Catatan : Panca Satya PMR. Akan menjaga nama baik kami di dalam maupun di luar keluarga. 3. Akan bersungguh-sungguh menolong sesaama tanpa suatu imbalan apapun. Akan menggalang kemandirian bagi diri sendiri. . 5. keluarga. 4.Panca Satya PMR PANCA SATYA PMR Dengan menyebut nama tuhan yang Maha Esa kami remaja kemanusiaan berjanji bahwa: 1. Akan melaksanakan tugas dan kewajiban kami sebagai remaja kemanusiaan. Panca = 5.

.

Prinsip PMR 1. 3. PRINSIP KEMANDIRIAN Artinya bahwa setiap anggota PMR haeus bisa berdiri sendiri. PRINSIP KESAMAAN Artunya bahwa setiap\anggota PMR semuanya sama tidak membeda – bedakan yang kaya dan yang miskin maupun membeda – bedakan SARA. PRINSIP KENETRALAN Artinya bahwa setiap anggota PMR tidak memihak ke salah satu pihak manapun 4. 2. 5. . PRINSIP KESUKARELAAAN Artinya bahwa setiap anggota PMR didalam melaksanakan segala sesuatunya selalu di sertai dengan rasa ikhlas. PRINSIP KEMANUSIAAN Artinya bahwa setiap anggota PMR berdasarkan kegiatanya bergerak di bidang kemanusiaan.

7. PRINSIP KESATUAN Artinya bahwa setiap anggota PMR dalam melaksanakan sesuatunya selalu bersama-sama dengan rekannya. tetapi di wilayah lain juga ada (luar negeri). . PRINSIP KESEMESTAAAN Artinya bahwa setiap anggota PMR tidak hanya ada di suatu wilayah itu saja.6.

Lagu Mars PMI Mars PMI Palang merah Indonesia Sumber kasih umat manusia Warisan luhur nusa dan bangsa Wujud nyata oengayom pancasila Gerak juang nya keseluruh nusa Mendarmakan baklti bagi ampere Tunaikan tugas suci tujuan PMI Di persada bunda pertiwi Untuk umat manusia Di seluruh dunia PMI menghantarkan jasa .

TOGA TOGA (Tanaman Obat keluarGA) Toga adalah singkatan dari Tanaman Obat keluarGA. Fungsi dari TOGA itu sendiri adalah untuk : § Untuk mengobati penyakit ringan § § Untuk meningkatkan gizi keluarga § § Untuk menjaga kesehatan keluarga § Cara-cara membuat TOGA adalah sebagai berikut : § Menyediakan tanah atau lahan § § Menyediakan bibit tanaman obat § § Penanaman sesuai tatacara bercocok tanam yang baik dan benar § § Pemeliharaan secara rutin dengan menyiram dan memberi pupuk § . Yang digunakan untuk menanam obat.

Berbakti kepada masyarakat Mempertinggi mutu keterampilan. 3. mempererat tali persahabatan Nasional maupun Internasional .TRI Bakti TRI BHAKTI 1. memelihara kebersihan. 2.

Dapat membaca dan menulis 4. Atad kemauan sendiri 6.SYARAT . Keinginan menjadi anggota PMR disampaikan ke PMI cabang melalui PMR setempat 8.SYARAT SYARAT-SYARAT MENJADI ANGGOTA PMR 1. Sebelum menjadi anggota PMR bersedia mengikuti latihan dasar kepalangmerahan 7. Mendapat persetujuan dari orang tua 5. Setelah dilantik menjadi anggota PMR bersedia melaksanakan tugas secara sukarela . Warga negara Indonesia (WNI) 2. Berusia 7-21 tahun (belum menikah) 3.

Wajib mengembangkan dan memupuk jiwa kemanusiaan didalam setiap perbuatan. 4. Setiap anggota PMR berhak memperoleh pembinaan umum maupun teknik berupa pendidikan dan latihan dari pengurus PMI. 3. Setiap anggota PMR berhak memperoleh kesempatan mengembangkan dirinya dalam rangka kebijakan umum PMI. 4. sertifikat dan mengenakan atribut PMR. Setelah menyelesaikan dan berhasil dalam pendidikan dasar anggota PMR berhak memperoleh kesempatan mengembangkandirinya didalam rangka kebijakan umum PMI. 2. KEWAJIBAN : 1. 2. 5.HAK DAN KEWJIBAN HAK DAN KEWJIBAN ANGGOTA PMR HAK : 1. Wajib mematuhi peraturan yang dikeluarkan oleh pengurus PMR setempat. Setiap anggota PMR berhak aktif didalam wadah PMI. 3. Wajib menjaga nama baik PMR/PMI setempat. Setiap anggota PMR berhak memperoleh Kartu Tanda Anggota (KTA). . Wajib melaksanakan tugas berorganisasi melalui wadah PMR termasuk membayar iuran untuk pembinaan PMR yang ditetapkan berdasarkan aturan.

 JHD didukung oleh Jendral Dulour. JHD menulis buku tentang pengalaman ini. dan di terjemahkan dalam berbagai bahasa. JHD mempunyai buku berisi pengalaman selama di Sulferino tahun 1862 dan di beri judul “UN SOUVENIR DE SOLFERINI” (Kenangan Sulferino). Cita-cita JHD adalah ingin sekali membentuk suatu lembaga / Badan / Perhimpunan yang menggalang para tenaga kemanusiaan untuk memberi pertolongan.JEAN HENRY DUNANT MENGENAL JEAN HENDRY DUNANT (JHD)  Jean Hendry Dunant (JHD) dilahirkanpada tanggal 8 Mei 1828 di Jenewa swiss. Dan terjadi kelaparan. Saat konferensi diplomatic yang dihadiri 16 negara disahkan organisasi Palang Merah dengan lambang Palang Merah diatas warna putih. Murcia. JHD terharu sekali terhadap perjuangan Florence di tengah-tengah kancah peperangan dan wabah penyakit yang sedang merajalela seperti Gizi Buruk Etiopia. sedangkan ibunya juga aktif dalam perawatan anak-anak perempuan piatu  Pengalam di Afrika JHD menyaksikan kebiadaban terhadap perbudakan. panitia merintis terbentuknya Palang Merah. sepakat membentuk panitia 5 (lima) merintis cita-cita JHD. . Buku ini mampu menggugah hati masyarakat yang berada di seluruh dunia. JHD menyaksikan dengan mata kepalanya sendiri.  Tahun 1863. dan badan ini harus dibentuk diseluruh dunia.Sedangkan ibunya bernama Antoinette Collden Ayahnya menjadi ketua yayasan perawayan anak piatu. Lebih dari 40. Dr. Panitia lima kemudian menjadi Komite Internasional Palang Merah atau dalam bahasa inggrisnya adalah “International Commite Of The Red Cross (ICRC)” Sampai sekarang nama itu masih tetap berlaku.000 prajurit tewas dan luka-luka. Ayahnya adalah seorang anggota Republik di Swiss bernama Jean Jques Dunant. korban perang yang bergelimpaha dimana-mana saat itu ditengah terjadi perang besar antara kerajaan Prancis (Sardinia) melawan kerajaan Austria. Tahun 1885 ke Italia menuju kota Sulferino. Appia dan Gustave moynier.

T = Tandai tempat kejadian. A = Amankan si korban dari tempat kejadian. . U = Usahakan korban dibawa ke rumah sakit/puskesmas terdekat.PATUT PATUT P = Penolong harus mengamankan diri sendiri sebelum menolong si korban. T = Tindakan yang tepat dalam urutan atau cara penolongannya sesuai P3K.

Mempermudah perawatan berikutnya GANGGUAN DALAM P3K A.P3K dan Gangguan dari P3K P3K P3K adalah memberikan pertolongan pada kecelakaan ditempat kejadian dengan cepat dan tepat sebelum dibawa ke Puskesmas. Mencegah pendarahan 3. Shok . Mencegah bahaya maut 2. Mencegah kecacatan baik jasmani maupun rohani 4. Mencegah infeksi 5. Mencegah rasa sakit 6. Dokter atau Rumah sakit. Tujuan P3K : 1.

Hentikan semua peredaran. Penderita dibaringkan di tempat yang udaranya segar. c. b.Pendarahan ke otak . Longgarkan pakaian (segala yang mengikat) . Mati suri E. PINGSAN (koma) disebabkan akibat adanya gangguan ke otak.Tersengat aluran listrik . Pingsan C.kekurangan zat asam dalam darah .Berpenyakit Cara – cara penolongannya adalah : a.B. Sebab – sebabnya adalah : .Terlampau kepanasan atau kedinginan .Keracunan .Jehilangan banyak darah . Lena D. dan posisi kepala lebih rendah dari pada kaki.

Hubungi dokter .d. Beri selimut kain e.

Kongres PMI I (16-17 Oktober 1946) di Yogyakarta dengan keputusan : MEMINDAHKAN KANTOR MARKAS PMI KE YOGYAKARTA 2. Kongres PMI IX (24-27 Februari 1959) di Bandung . 7. 9. Kongres PMI II (13-14 November) panitia pusat dan panitia harian pusat sebaiknya diganti dan dipandang tepat dengan nama markas besar PMI pengurus besar dan pengurus besar latihan 3. Kongres PMI IV (25-27 Januari 1950) di Jakarta pada waktu itu kantor PMI berpindah kebali dari Yogyakarta ke Jakarta. Kongres PMI V (1-5 April 1950) di Bogor. 6. Kongres PMI VI (13-16 Desember 1954) di Tawang Mangun Karang Anyar (JAWA TENGAH). Kongres PMI VII (9-13 Februari 1959) di Surabaya. Kongres PMI VIII (13-16 Februari 1963)di Jakarta. 8. 5.KONGRES PMI KONGRES PMI (1945-1990) 1. Kongres PMI III (8-11 Oktober 1949) di Yogyakarta 4.

Perlindungan terhadap tawaran perang (Konvensi ini memuat 143 pasal dan 1 buah lampiran). para dokter dan perawat serta para petugas dan bidang agama (Konvensi ini memuat 4 pasal dan 2 buah lampiran). orang sakit. Perlindungan kepada para korban. 2. petugas kesehatan. . Perlindungan terhadap angkatan perang didarat yang terluka dan sakit. Perlindungan terhadap orang-orang dimasa perang (Konvensi ini memuat 159 pasal dan 3 buah lampiran. dan petugas agana dari angkatan laut serta kapal perang (Konvensi ini memuat 63 oasal dan 1 buah lampiran) 3. 4.KONVENSI JENEWA KONVENSI JENEWA 1949 Konvensi ini terdiri dari 4 konvensi yang merupakan dasar kegiatan komite Internasional Palang Merah yang merupakan rasa hormat terhadap sesama manusia dalam masa perang 4(enpat) konvensi tersebut adakah : 1.

PMR untuk tingkatan SD berusia 7-12 tahun. Di sebut 'PMR Mula' dengan warna dasar Hijau .Tingkatan PMR . Di sebut 'PMR Madya' dengan warna dasar Biru .PMR untuk tingkatan SMA berusia 17-21 tahun. Di sebut 'PMR Wira' dengan warna dasar Kuning .PMR untuk tingkatan SMP berusia 12-16 tahun.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful