P. 1
BAHAYA-LISTRIK

BAHAYA-LISTRIK

|Views: 33|Likes:
Published by Djafri Malin Sati

More info:

Published by: Djafri Malin Sati on Feb 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/08/2013

pdf

text

original

dari yang hanya merasa terkejut saja sampai dengan yang merasa sangat menderita. Sebagian besar orang pernah mengalami / merasakan sengatan listrik. kita sangat membutuhkan daya listrik. listrik sangat membahaya kan keselamatan kita kalau tidak dikelola dengan baik. namun pada sisi lain.PENDAHULUAN Pada satu sisi. dalam menjalankan aktivitas seharihari. .

Bahaya primer adalah bahaya-bahaya yang disebabkan oleh listrik secara langsung.1). yaitu bahaya primer dan bahaya sekunder. seperti bahaya sengatan listrik dan bahaya kebakaran atau ledakan (Gambar 1.BAHAYA LISTRIK Bahaya listrik dibedakan menjadi dua.1 . Gambar 1.

Sedangkan bahaya sekunder adalah bahayabahaya yang diakibatkan listrik secara tidak langsung.) Gambar 1.2. jatuh dari ketinggian karena sengatan listrik (Gambar 1.2 . contoh tubuh/bagian tubuh terbakar .

yaitu berhentinya denyut jantung atau denyutan yang sangat lemah sehingga tidak mampu mensirkulasikan darah dengan baik.DAMPAK SENGATAN LISTRIK BAGI MANUSIA 􀁸 Gagal kerja jantung (Ventricular Fibrillation). 􀁸 Gangguan pernafasan akibat kontraksi hebat (suffocation) yang dialami oleh paru-paru 􀁸 Kerusakan sel tubuh akibat energi listrik yang mengalir di dalam tubuh. 􀁸 Terbakar akibat efek panas dari listrik. .

V I =▬ .TIGA FAKTOR PENENTU TINGKAT BAHAYA LISTRIK Ada tiga faktor yang menentukan tingkat bahaya listrik bagi manusia. yaitu : . V=IxR I Segitiga tegangan. . dan tahanan .tegangan (V).dan tahanan (R). arus.arus (I) . R V R= ▬ .

Ru1 = Tahanan penghantar RKi = Tahanan tubuh Ru2 = Tahanan penghantar Rk = Tahanan total Rk =Ru1 + RKi + Ru2 Tubuh manusia bagian dari rangkaian .

TAHANAN TUBUH MANUSIA Tahanan kontak kulit bervariasi dari 1000 kΩ (kulit kering) sampai 100Ω (kulit basah) Tahanan dalam (internal) tubuh sendiri antara 100 – 500 Ω .

. .LINTASAN ALIRAN ARUS DALAM TUBUH Lintasan yang sangat berbahaya adalah .  Gunakan sepatu yang berisolasi baik agar kalau terjadi hubungan listrik dari anggota tubuh yang lain tidak mengalir ke kaki agar jantung tidak dilalui arus listrik.Melewati Jantung .Melewati Syaraf Otak Untuk menghindari kemungkinan terburuk adalah :  Gunakan topi isolasi untuk menghindari kepala dari sentuhan listrik.

satu tangan untuk bekerja sedangkan tangan yang satunya dimasukkan ke dalam saku. Bila tidak. . Gunakan sarung tangan isolasi minimal untuk satu tangan untuk menghindari lintasan aliran ke jantung bila terjadi sentuhan listrik melalui kedua tangan.

LAMA WAKTU SENGATAN Lama waktu sengatan listrik ternyata sangat menentukan kefatalan akibat sengatan listrik Semakin lama waktu tubuh dalam sengatan semakin fatal pengaruh yang diakibatkannya .

merupakan daerah yang masih aman walaupun sudah memberikan dampak rasa pada tubuh dari ringan sampai sedang walaupun masih belum menyebabkan gangguan kesehatan. Daerah 3 sudah berbahaya bagi manusia karena akan menimbulkan kejang-kejang/kontraksi otot dan paruparu sehingga menimbulkan gangguan pernafasan.5 mA) merupakan daerah aman dan belum terasakan oleh tubuh (arus mulai terasa 1-8 mA).Daerah 1 (sampai 0. . Daerah 2. Daerah 4 merupakan daerah yang sangat emungkinkan menimbulkan kematian si penderita.

KONDISI-KONDISI BERBAHAYA  Isolasi kabel rusak  Bagian penghantar terbuka. Kabel terkelupas Konduktor yang terbuka isolasi kabel yang sudah pecah .  Sambungan terminal yang tidak kencang.

CB. Untuk mencegah potensi bahaya yang disebabkan oleh kondisi abnormal semacam ini adalah pemasangan alat proteksi yang tepat. Gamabar 1. L2. Rk min= 200 Ω.1 A atau 100 mA . seperti sekering. L3 dengan saluran netral. ELCB.000.30 mengilustrasikan arus kesalahan (abnormal) yang sangat ekstrim yang bisa jadi menimbulkan kebakaran dan atau peledakan. dan L3.00002 A atau 0.000 = 0.02 mA Kondisi abnormal sistem kelistrikan Gambar 1. dll. MCB. L2.I = V / Rk . Maka I = 20/200 = 0. yaitu: 􀁸 Terjadinya hubung singkat antar saluran aktif L1.Kondisi terjelek.Kondisi terbaik. L2. Rk maks = 1000 KΩ Maka I = 20 / 1.30 . L3 dengan tanah 􀁸 Bila ada kawat netral bisa terjadi hubung singkat antara saluran aktif L1. 􀁸 Hubung singkat ke tanah (hubung tanah) antara saluran aktif L1.

TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->