P. 1
Dampak Positif Dan Negatif Dari Sinar UV

Dampak Positif Dan Negatif Dari Sinar UV

|Views: 1,234|Likes:
Published by Prima Joe

More info:

Published by: Prima Joe on Feb 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2013

pdf

text

original

Dampak Positif dan Negatif dari Sinar UV Sinar matahari termasuk unsur yang penting buat menunjang kesehatan

, karena sinar matahari merupakan antibiotik alami. Sinar matahari pagi bermanfaat untuk kulit karena mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tapi sinar matahari juga punya sisi negatif, loh. pakar kulit dan kelamin, Inne Arline SpKK di Bandung, mengatakan salah satu dampak yang merugikan bagi kulit manusia adalah munculnya penuaan dini yang diakibatkan terkena sinar ultraviolet (UV) yang terus-menerus. Tetapi tidak semua sinar ultraviolet dapat merusak jaringan kulit manusia, tergantung dari rentang panjang dan gelombang energi yang dimunculkan sehingga kerusakan yang ditimbulkan terjadi dalam beberapa tahap. Ada tiga jenis ultraviolet (UV) yang berbahaya buat kulit, yaitu UV-A, UV-B dan UV-C, dan yang paling berbahaya adalah UV-A dan UV-B. Ultraviolet C atau UV-C yang mempunyai panjang gelombang kurang dari 290nm masih dapat tersaring lapisan ozon sehingga masuk kategori no worry terhadap kerusakan kulit. Panjang gelombang UV-C, Infrared dan visible tidak dapat diukur langsung oleh manusia sehingga sering kali sinar yang menerpa kulit kita dapat diabaikan. Berhati-hatilah jika UV-B dan UV-A telah menyapa kulit manusia dengan kekuatan panjang gelombang dan energi sebesar 290nm-320nm dan 320nm-400nm. UV-A yang panjang gelombangnya 320nm-400nm bisa menembus sampe lapisan dalam dermis. Selain merupakan penyebab pertama kanker kulit, juga bisa merusak kolagen dan elastin yang menyebabkan kerusakan sel-sel kulit. Sedangkan sinar UV-B yang panjang gelombangnya 290nm-320nm itu dapat menembus sampai lapisan epidermis dan bagian atas dermis, sehingga bisa menyebabkan kulit jadi terbakar, pedih, kemerahan, kelainan pigmentasi dan timbulnya bermacam-macam jenis kanker kulit. UV-A dan UV-B tersebut terjadi di negara-negara tropis seperti Indonesia sehingga perempuan khususnya diharapkan lebih berhati-hati dan menjaga kelembaban kulitnya. Ketua Umum perhimpunan Dokter spesialis kulit dan Kelamin Indonesia diharapkan mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai kesehatan kulit dan berbagai macam kosmetika yang dapat digunakan di daerah tropis. Ia menyarankan body lotion wajib dioleskan pada kulit seusai mandi dan beberapa jam sekali jika telah lama berada di ruang ber-AC. Selain itu, menjaga kecukupan air yang masuk ke dalam tubuh juga dapat dipercaya sebagai salah satu upaya menjaga kelembaban kulit. Selain ultraviolet, polusi udara, asap rokok, petisida, asap industri, konsumsi alkohol dan nutrisi yang buruk juga dapat menjadi salah satu pendorong penuaan dini.

Cara Mencegah

Gosong, kusam dan keriput, adalah tiga masalah kulit yang dihindari siapa pun, terutama kaum wanita. Tapi dengan kenyataan hidup di negara tropis dan berpolusi, terkadang pesimisme lebih dulu datang sebelum mencoba. Tapi jangan sedih. Tak ada yang tak mungkin kalau disertai perawatan rutin yang baik. Nah, untuk mencegah kerusakan kulit tersebut, bisa memakai tabir surya (sunscreen atau sunblock) yang kandungan bahan kimianya sedikit, antara 5-7%. Tabir surya ini dapat menghalangi sinar matahari dengan cara menyerap atau memantulkan sinar, jadi tidak mengenai lapisan kulit di dalamnya. Ada dua bahan pembentuk tabir surya yang direkomendasikan para ahli kulit, yang dikemas dalam produk-produk kecantikan, yaitu yang mengandung sinamat (cinnamate yang dapat menyerap sinar matahari) dan titanium (yang dapat menangkal sinar matahari). Dua-duanya berguna melindungi tubuh dari sengatan UV-A dan UV-B. Titanium juga direkomendasikan buat anak-anak dibawah 12 bulan. Para ahli menyarankan untuk mengoleskan sunscreen dengan SPF minimal 30 tiap kali beraktivitas. Kalau kegiatannya normal, cukup sekali saja saat mau berangkat. Tapi kalau berencana menghabiskan waktu di luar ruangan cukup lama, oleskan sunscreen setidaknya dua jam sekali.

http://ika-adelisa.blo Dampak Positif dan Negatif dari Sinar UV

Sinar matahari termasuk unsur yang penting buat menunjang kesehatan, karena sinar matahari merupakan antibiotik alami. Sinar matahari pagi bermanfaat untuk kulit karena mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tapi sinar matahari juga punya sisi negatif, loh. pakar kulit dan kelamin, Inne Arline SpKK di Bandung, mengatakan salah satu dampak yang merugikan bagi kulit manusia adalah munculnya penuaan dini yang diakibatkan terkena sinar ultraviolet (UV) yang terus-menerus. Tetapi tidak semua sinar ultraviolet dapat merusak jaringan kulit manusia, tergantung dari rentang panjang dan gelombang energi yang dimunculkan sehingga kerusakan yang ditimbulkan terjadi dalam beberapa tahap. Ada tiga jenis ultraviolet (UV) yang berbahaya buat kulit, yaitu UV-A, UV-B dan UV-C, dan yang paling berbahaya adalah UV-A dan UV-B. Ultraviolet C atau UV-C yang mempunyai panjang gelombang kurang dari 290nm masih dapat tersaring lapisan ozon sehingga masuk kategori no worry terhadap kerusakan kulit. Panjang gelombang UV-C, Infrared dan visible tidak dapat diukur langsung oleh manusia sehingga sering kali sinar yang menerpa kulit kita dapat diabaikan. gspot.com/2011/05/dampak-positif-dan-negatif-dari-sinar.html

hewan. Far/Vacuum Ultraviolet (FUV/VUV) c. Pada manusia. Selain itu. · · · · . peningkatan radiasi gelombang pendek UV-B juga dapat memicu reaksi kimiawi di atmosfer bagian bawah. a. dan bahkan bila berlangsung menerus dalam jangka lama dapat memicu kanker kulit. dapat menyebabkan kulit manusia tersengat. Sebagian besar garis-garis wajah dan kerut/keriput disebabkan oleh pemaparan berlebihan terhadap sinar UV. baik UVA yang bertanggung jawab atas noda gelap. merubah molekul DNA. d. yang menembus ke permukaan bumi dan kemudian mengenai orang. e. katarak mata serta mengurangi daya tahan tubuh terhadap penyakit infeksi. terjadinya hujan asam serta peningkatan gangguan saluran pernapasan. Pada tumbuhan.SINAR ULTRAVIOLET l Berada antara sinar-x dan sinar tampak dalam spektrum elektromagnetik l Frekuensinya 1016 Hz sampai 1020 Hz l Panjang gelombangnya 10-8 m sampai 10-7 m l Digolongkan menjadi tiga. yang mengakibatkan penambahan jumlah reaksi fotokimia yang menghasilkan asap beracun. c. b. kerut/keriput. dan melanoma maupun UVB yang bertanggung jawab atas kulit terbakar dan karsinoma. hasil panen sejumlah tanaman budidaya akan menurun serta tanaman hutan menjadi rusak. maka sinar UV. tanaman dan bahan-bahan bangunan dapat menimbulkan dampak negatif. Apabila terjadi lubang ozon. khususnya yang jenis UV tipe B yang memiliki panjang gelombang 290 nm. yakni: a. radiasi UV-B berlebih dapat menimbulkan penyakit kanker kulit. Near Ultraviolet (NUV) # UV A (Gelombang panjang) # UV B (Gelombang medium) # UV C (Gelombang pendek) b. radiasi UV-B dapat menyebabkan pertumbuhan berbagai jenis tanaman menjadi lambat dan beberapa bahkan menjadi kerdil. Extreme/Deep Ultraviolet (EUV/DUV) Dampak Positif Sinar Ultraviolet Penggunaan lampu fluoresent Membantu pembentukan vitamin D pada tubuh Sterilisasi alat-alat medis Sebagai disinfektan dalam pengolahan air minum Menghilangkan berbagai mikroorganisme yang terdapat dalam makanan Dampak Negatif Sinar Ultraviolet Paparan radiasi ultraviolet-B yang berlebih terhadap manusia. Sebagai akibatnya. termasuk terhadap mahluk hidup lainnya.

Sinar-X boleh dibelaukan oleh satu hablur. b) Sifat khas Keupayaan menembusi jirim padat.Rontgen sedang mempelajari pancaran electron dari tabung katode.Sinar-X yang mempunyai kuasa penembusan yang kurang tinggi dipanggil sinar-X lembut. Oleh kerana pemisahan atom dalam hablur adalah dalam tertib pajang . Ia biasanya digunakan dalam bidang perubatan. Sinar x di temukan secara tidak sengaja oleh Wilhelm Conrad Rontgen (18451923). ia boleh mengionkan molekul-molekul udara.Pada waktu itu.gigi.Sinar x sering di gunakan di berbagai bidang seperti bidang kedokteran. Sinar ini dpat menembus benda-benda lunak seperti daging dan kulit tetapi tidak dapat menembus benda-benda keras seperti tulang.memberikan kesan cahaya kepada sebatian kimia seperti zink sulfida.kimia. Sinar-X ialah satu jenis gelombang elektromagnet yang mempunyai panjang gelombang yang pendek (dalam tertib 10-9 -10-11 m).Oleh sebab itu.Manfaat dan Dampak Sinar X 1.karena tidak di kenal dalm ilmu. Kesan pendarcahaya . Daripada kajian ahli sains didapati sinar-x mempunyai sifat-sifat tertentu yang dapat dibahagikan kepada sifat biasa dan sifat khas.Lempeng logam yang letaknya di dekat tbung katode memencarkan sinar flueresens selama electron di alirkan.pemanfaatan gelombang ini telah banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.maka Rontgen memberikan nama dengan sebutan SINAR X.metarulugi. kalsium tungstat dan barium platinosiamida.Tidak boleh difokus oleh kanta atau cermin dan tidak boleh dipesong oleh medan magnet sekitar arah tuju yang dilaluinya.Kesan fotografi .dan logam. Ia mempunyai panjang gelombang yang lebih panjang.Sinar-X mempunyai kuasa pengionan yang rendah.Rontgen menyimpulkan bahwa sinar tersebut di sebabkan oleh radiasi dari suatu atom.memberikan penghitaman kepada filem apabila didedah kepada sinar-x.PENGANTAR Sinar –x merupakan salah satu gelombang elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang 10-8 -10-12 m dan frekuensi sekitar 1016 -1021 Hz.dan biologi. Ia biasanya digunakan dalam perindustrian.fisika. Sinar-X yang mempunyai kuasa penembusan yang sangat tinggi dipanggil sinar-X keras.mineralogy.Sinar-X mempunyai kuasa penembusan yang tinggi. Mematuhi peraturan ‘Hukum Kuasa Dua Songsang’ iaitu keamatan sinar berubah dengan kuasa dua songsang jarak daripada punca pancaran. Ia mempunyai panjang gelombang yang pendek.Ilmuwan Jerman pada November 1895. Pancaran sinar-x dapat diperolehi daripada sejenis alat elektronik yang dinamakan tiub x-ray. a) Sifat biasa Sinar-x bergerak laju dan lurus. Pada saat sekarang ini.

Manfaat Sinar X Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi.Kesan biologi . a. Biasanya. b. anatomi dan biokimia. Sinar-X lembut digunakan untuk mengambil gambar foto yang dikenal sebagai radiograf. fotografi.alur sinar-x yang lintas melalui gas memindahkan tenaganya kepada molekul-molekul yang seterusnya akan berpecah kepada zarah yang bercas positif dan negatif. menyiasat rekahan dalam paip logam.sinar-x bertindak dengan kesemua tisu hidup yang terdapat dalam badan 2. mengesan tulang yang patah dan menyiasat keadaan organ-organ dalam badan. Bidang kedokteran Kedokteran nuklir merupakan cabang ilmu kedokteran yang menggunakan sumber radiasi terbuka berasal dari disintegrasi inti radionuklida buatan. Selain itu. Gambar foto sinar-X digunakan untuk mengesan kecacatan tulang. maupun pada bidang perekonomian. mengesan kecacatan dalam struktur binaan atau bahagian-bahagian dalam mesin dan enjin. untuk mempelajari perubahan fisiologi. b. sinar x dapat digunakan untuk melihat kondisi tulang.kini gelombang sinar X telah banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupanm baik pada bidang kesehatanm. Sinar-X boleh menembusi badan manusia tetapi diserap oleh bahagian yang lebih tumpat seperti tulang. sehingga dapat digunakan untuk . sinar-X boleh digunakan untuk 1. masyarakat awam menyebutnya dengan sebutan ‘’FOTO RONTGEN’’. 2. Kesan pengionan . Sinar-X keras digunakan untuk memusnahkan sel-sel kanser. dinding konkrit dan dandang tekanan tinggi 3. Bidang kesehatan Dalam ilmu kedokteran. maka hablur boleh digunakan sebagai satu parutan belauan untuk sinar-X. bidang perindustrian Dalam bidang perindustrian. Kaedah ini dikenal sebagai radioterapi.memeriksa retakan dalam struktur plastik dan getah. gigi serta organ tubuh yang lain tanpa melakukun pembedahan langsung pada tubuh pasien.gelombang sinar-X (10-10m). perindustrian.

b. Karena itu. hal inilah yang meningkatkan risiko kanker pada pasien-pasien itu. maka sel-sel tubuh akan rusak sehingga berdampak pada kesehatan manusia.Hal ini dikuatkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Wake Forest University di Carolina Utara. urine. dada. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa pemberian dosis radiasi sangat memengaruhi risiko munculnya kanker. setelah radioisotop dapat dimasukkan ke tubuh pasien melalui mulut. Kerusakan molekul ini bisa memicu sel kanker dan kerusakan gen. meskipun risiko secara keseluruhan masih kecil. Sedangkan pasien trauma mendapatkan sinar radiasi sebanyak 40 millisievert. terapi dan penelitian kedokteran. yang lebih dikenal sebagai studi invitro (dalam gelas percobaan). Sebab. disamping citra atau gambar yang diperoleh dengan kamera gamma ataupun kamera positron Radioaktivitas yang terdapat dalam contoh bahan biologis )darah.Pada studi invivo. James Winslow dari tim peneliti tersebut menyebutkan bahwa ratarata orang yang tinggal di AS mendapatkan sinar radiasi sebanyak 3 millisievert.tujuan diagnostik. Mereka meneliti sebuah rumah sakit di Amerika Serikat yang menangani pasien trauma.Sebenarnya telah lama timbul kekhawatiran pada masyarakat akan efek negatif radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan. Yang terbaru." Untuk meminimalisir . suntikan. dll) yang diambil dari tubuh pasien. leher. penelitian terbaru mengungkap dampak negatif sinar X atau CT Scan pada anak-anak. 3. dicacah dengan instrumen yang dirangkaikan pada detektor radiasi (teknik nonimaging). Pencitraan (imaging) pada kedokteran nuklir dalam beberapa hal berbeda dengan pencitraan dalam radiologi. dan sebagainya. Foton sinar X memiliki energi yang relatif tinggi sehingga bisa memutus rantai molekul atau DNA. Dampak Negatif Sinar X Selain memiliki dampak positif atau kegunaan di berbagai bidang. urine. terutama bagi anak-anak. teknologi ini justru bisa memicu kanker. Ternyata radiasi alat-alat tersebut dalam waktu lama bisa meningkatkan risiko terserang penyakit leukemia. maka informasi yang dapat diperoleh dari pasien. yang diambil dari tubuh pasien. "Para dokter seharusnya memikirkan risiko jangka panjang dan keuntungan memeriksa pasien dengan menggunakan radiasi pada level tinggi baik untuk memeriksa kepala. Data yang diperoleh baik dengan teknik imaging maupun teknik nonimaging memberikan informasi mengenai fungsi organ yang diperiksa. Dan. atau dihirup lewat hidung. cairan lambung. Radioisotop dapat dimasukkan ke tubuh pasien (studi invivo) maupun hanya direaksikan saja dengan bahan biologis antara lain darah. ia menganjurkan. rongga perut dan tulang panggul. jika tidak. Dengan penggunaan gelombang sinar x. gelombang sinar x juga memiliki kekurangan atau dampak negatif sebagai berikut: a. para peneliti melaporkan bahwa paparan terhadap tiga kali atau lebih sinar X di masa kanak-kanak akan meningkatkan kemungkinan seorang anak menderita penyakit leukemia sebanyak dua kali lipat. sinar X yang "ditembakkan" untuk memotret bagian dalam organ tubuh harusnya benar-benar dalam komposisi yang tepat.

Terapi terbaru pada vitiligo yang dikembangkan menggunakan UV-B pada penyakit vitiligo adalah Narrowband Ultraviolet B (NB-UVB). sinar X yang dipaparkan kepada wanita hamil dapat berpotensi menimbulkan malformasi d http://adynesia2. James Winslow dan tim peneliti menyebut agar para dokter mengurangi dosis radiasi saat mengambil gambar atau menggunakan metode pengambilan gambar lainnya. 1. ultraviolet ternyata tidak hanya memiliki dampak negatif bagi kesehatan.blogspot. Pada dosis tertentu. Namun. yaitu berkisar antara 0. sehingga pentingnya peningkatan kualitas pengobatan bagi pasien dengan teknologi terbaru yang aman dan efisien. Berdasarkan latar belakang tersebut. tetapi juga bermanfaat untuk terapi penyakit vitiligo. Hal ini diperlukan agar masyarakat mengetahui manfaat dari sinar ultraviolet.risiko. serta mengingat prevalensi penyakit vitiligo yang cukup tinggi di dunia.1-2 % dari seluruh penduduk dunia.html Terapi Narrowband Ultraviolet B (NB-UVB) pada Penyakit Vitiligo September 18. paparan sinar-x pada wanita hamil dapat menyebabkan keguguran atau cacat pada janin yang dikandungnya. Prevalensi vitiligo cukup tinggi.com/2010/11/sinar-x. Oleh karena itu.Tergantung pada tingkat paparannya. termasuk kemungkinan terjadinya kanker pada usia dewasa. maka masalah yang dibahas adalah: bagaimanakah manfaat UVB yang digunakan sebagai terapi NB-UVB pada pasien vitiligo? Tujuan penulisan adalah untuk mengetahui bagaimanakah manfaat UVB yang digunakan sebagai terapi NB-UVB pada pasien vitiligo. . penulisan untuk mengetahui bagaimana manfaat UV-B. Pendahuluan Vitiligo adalah penyakit kulit didapat yang ditandai dengan lesi putih yang tidak berpigmen di kulit karena kehilangan fungsi dari melanosit. yang digunakan sebagai NB-UVB. 2011 Sinar ultraviolet secara umum dikenali oleh masyarakat awam sebagai penyebab berbagai penyakit pada kulit seperti melanoma dan berbagai keluhan kosmetik seperti kulit menghitam. Bayi dalam perut ibu adalah sensitif terhadap sinar X karena bayi tersebut sedang mengalami pembelahan sel-sel secara cepat untuk menjadi jaringan dan organ yang bermacam-macam. seperti ultrasound (dengan gelombang suara) dan resonansi magnetik c. untuk mengobati penyakit vitiligo penting untuk dilaksanakan. Sinar ultraviolet merupakan komponen dari sinar matahari yang tidak tampak oleh mata.

ditandai dengan lesi yang tidak berpigmentasi. 2010). NBUVB merupakan terapi pilihan pertama pada penyakit ini karena aman dan efektif pada pasien anak maupun dewasa dengan generalized vitiligo. jurnal. Sumber data pada penelitian ini adalah buku teks kedokteran. UV-B dapat menyebabkan kemerahan atau erythema pada kulit manusia. atau terapi menggunakan cahaya. akan tetapi juga memiliki efek positif. Ultraviolet dibagi menjadi dua segmen utama. Dasar dari pengembangan terapi pada vitiligo adalah efek pemaparan UV-B yang dapat memicu perpindahan pigmen kulit atau melanosit menuju permukaan kulit dan juga memicu produksi melanosit tambahan. Penulisan ini juga dapat dimanfaatkan oleh peneliti selanjutnya untuk mengetahui metode yang tepat dalam penggunaan NB-UVB. Terapi terbaru yang dikembangkan menggunakan UV-B pada penyakit vitiligo adalah Narrowband Ultraviolet B (NB-UVB). Ultraviolet ternyata tidak hanya memiliki efek negatif. Kriteria diagnostik.1 Pembahasan Vitiligo Vitiligo adalah gangguan pigmentasi yang didapat. 2. terutama klinis. terutama dengan menggunakan gelombang ultraviolet. situs-situs kedokteran. Sedangkan UV-A. tanpa peradangan terkait yang cenderung untuk memperbesar sentrifugal. yang disebabkan karena hilangnya fungsi melanosit dari epidermis. yaitu UV-B dan UV-A. mempunyai panjang gelombang antara 320-400 nm. Kemudian data dianalisis dan disajikan dalam artikel ilmiah. NB-UVB merupakan terapi dengan menggunakan lampu ultraviolet dengan pemancaran maksimal 311 nm (Majid. Saat ini. UV-B mempunyai panjang gelombang antara 290-320 nm. Penulisan ini difokuskan pada penggunaan terapi NB-UVB pada terapi penyakit vitiligo. 2. . Salah satu penyakit yang dapat ditatalaksana menggunakan sinar ultraviolet adalah vitiligo. Penulisan dilakukan dengan membaca literatur terkait. sedang marak dikembangkan. dan lain-lain. menyebabkan kulit bewarna kecoklatan. Fototerapi.Penulisan ini dapat membantu masyarakat untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat sinar ultraviolet pada terapi penyakit vitiligo. dan mempunyai kemampuan 1000 kali lebih kecil daripada UV-B untuk menyebabkan kemerahan atau erythema. berdasarkan hasil pemeriksaan yang diperoleh. yaitu lesi putih pada kulit.

dengan distribusi lesi yang simeteris pada zona khas).Klasifikasi terbaru vitiligo membagi vitiligo secara klinis menjadi dua jenis: segmental (tipe B) dan nonsegmental (Tipe A). 2010). setelah onset cepat dan mengalami perkembangan. Terdapat bukti kuat bahwa pasien vitiligo mewarisi sekelompok gen yang menyebabkan mereka rentan terhadap depigmentasi. Tipe B lebih jarang dan memiliki distribusi dermatomal. 2.2 Terapi NB-UVB pada Penyakit Vitiligo NB-UVB merupakan terapi dengan menggunakan lampu ultraviolet dengan pemancaran maksimal 311 nm (Majid. Teori yang paling banyak diterima adalah depigmentasi terjadi karena vitiligo reaksi autoimun. Klasifikasi klinis lainnya adalah klasifikasi Nordlund berdasarkan distribusi dan perluasan lesi. dan universal. Diabetes Melitus Tipe 1. yaitu penyakit yang pada penderitanya terdapat sistem kekebalan tubuh yang bereaksi terhadap organ atau jaringan tubuhnya sendiri. biasanya memiliki perjalanan penyakit yang lebih stabil. Sedangkan pada Vitiligo Universal. Anemia Pernisiosa. dan menyebabkan sel-sel tersebut mati. vulgaris (varietas yang paling umum. NB-UVB merupakan terapi pilihan pertama pada penyakit ini karena aman dan efektif pada pasien anak maupun dewasa dengan generalized vitiligo. Vitiligo General dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Penyebab vitiligo masih belum diketahui secara pasti. tetapi peneliti dan dokter telah mengemukakan beberapa teori. Narrowband Ultraviolet B (NB-UVB) menyebabkan repigmentasi dari bercak vitiligo setidaknya dua kali lipat dengan cara: (a) imunosupresi untuk menghentikan pembunuhan melanosit membunuh (b) memulihkan pigmentasi melalui peningkatan jumlah melanosit. yaitu vitiligo lokal. Teori lain adalah melanosit menghancurkan diri mereka sendiri. Tipe A lebih sering ditemukan. Saat ini. dan Penyakit Addison. yaitu akrofasial (mempengaruhi wajah dan distal ekstremitas). general. dan berhubungan dengan fenomena Koebner dan sering berkaitan dengan penyakit autoimun seperti gangguan tiroid. Tubuh penderita tersebut memproduksi protein yang disebut sitokin yang mengubah sel-sel penderita yang memproduksi pigmen. serta memiliki potensi evolusi seumur hidup. melibatkan lebih dari 80% dari tubuh. dan campuran (ditambah segmantalis vulgaris atau) acrofacialis. . Vitiligo Lokal diklasifikasikan menjadi bentuk fokal (satu atau lebih bercak di satu daerah tetapi tidak dalam satu pola segmental) dan segmental (satu atau lebih makulapada distribusi dermatoma).

Penutup Berdasarkan hasil penelitian tersebut. Lotti.pdii. Imran. Dermathologic Therapy Volume 21. NB-UVB dapat meningkatkan repigmentasi pada penyakit vitiligo dengan memicu imunosupresi dan produksi sel melanosit serta mengaktivasi sel-sel melanosit inaktif. Anthony S. United States: McGraw-Hill. dkk. Vitiligo: new and emerging treatments. “Ultraviolet Radiation”. Fauci. Perbedaan kecepatan respon terapi diduga berhubungan dengan letak anatomis lesi. 26-50% pada satu rang pasien. dkk. 2008. Stimulasi melanosit folikular terjadi karena NB-UVB mengaktivisasi melanosit inaktif pada outer root seath folikel rambut di bagian tengah dan bawah. pukul 14:30 WIB. British Journal of Medical Practitioner Volume 3. DAFTAR PUSTAKA Dresbach. 2010. pengobatan menggunakan terapi NB-UVB terbukti efektif.pdf. Torello.id/admin/jurnal/14208103107. “Fototerapi Narrorband UVB (NB-UVB) pada Vitiligo”. Hapsari. http://ohioline. diketahui bahwa UVB dapat dimanfaatkan sebagai terapi pada pasien vitiligo dalam bentuk NB-UVB. Sardjito Yogyakarta pada 7 orang pasien vitiligo pada bulan Januari-Desember 2005. Dalam jangka waktu 1 tahun. 2008. pukul 14:30 WIB. Pengaktivisasian sel melanosit di outer root seath ini menyebabkan sel-sel tersebut berploriferasi dan bermigrasi dari folikel rambut ke epidermis dan menyebar secara sentrifugal. terjadi repigmentasi sebesar <25% pada lima orang pasien.osu. Diakses pada tanggal 16 Mei 2010. United States: Blackwell Publishing Inc. 2008. Harrison’s Principles of Internal Medicine.UVB mempunyai efek imunomodulator yang dapat menstabilisasi respon imun yang abnormal pada penderita vitiligo. Pada penelitian yang dilakukan oleh Marina Hapsari dan beberapa peneliti pembantu lainya dari Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada/RSUP Dr. Wanda Brown.pdf. “Vitiligo Management: An Update”. dkk. 2008. Melanosit inaktif mengandung protein melanosomal tapi tidak mempunyai enzim yang dibutuhkan untuk melanogenesis. Majid. 3. Diakses pada tanggal 16 Mei 2010. Munira. . Sereana Howard. Hipotesis ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. dan >75% pada pasien lainnya.go..edu/cd-fact/pdf/0199.lipi. http://jurnal.

Dari data dan pengamatan kondisi ozon di atmosfir kondisi dari bulan Oktober 1980 sampai dengan Oktober 1991 kondisi lubang pada lapisan ozon makin memprihatinkan dan makin membesar. Rubeta. semprot nyamuk. “ Menipisnya lapisan ozon menyebabkan meningkatnya radiasi ultraviolet matahari terutama UV-B yang mampu mencapai permukaan bumi”. 21-25 November 2011. karena memiliki kandungan 03 (ozon) yang paling banyak. Pertamina pada saat ini sedang mengembangkan produk Hidrokarbon sebagai pengganti CFC dan HCFC sebagai bahan pendingin di AC maupun refrigerasi. Umumnya penggunaan CFC dan HCFC sebagian untuk membantu daya semprot pada peralatan kosmetik (cth.14 megatron. Apakah itu Ozon? Ozon adalah gas yang secara alami terdapat di atmosfir. pembersih rumah.pdf. unsur kimia yang terkandung dalam partikel ozon adalah tiga buah oksigen (O3). penipisan itu berada di sekitar Rusia dan Skandinivia.Matin. Clinical Evidence. pukul 14:30 WIB. yang tidak memiliki potensi merusak ozon dan rendah potensi pemanasan globalnya. karena bahan ini diperlukan oleh industri baik untuk manufaktur AC/Refrigerasi dan Industri Busa.12 million km2 dan kehilangan partikel ozon sebesar 8. Bali – Nusa Dua Convention Center. Maka seringkali disebut lapisan ozon. Diakses pada tanggal 16 Mei 2010. maupun untuk kegiatan servis produk (barang) yang menggunakan BPO. Pengertian Lapisan Ozon. Bahan Perusak Ozon & Dampaknya Bagi Kesehatan Harapan kedepan dari upaya tersebut adalah menjadikan Hidrokarbon salah satu alternative pengganti BPO. selain yang juga terlihat di Australia. Dari foto satelit lubang ozon di kutub utara masih terlihat terjadi penipisan. . Banyaknya Bahan Perusak Ozon (BPO) Disekeliling Kita Bahan Perusak Ozon masuk ke Indonesia melalui impor. hampir sebesar benua Australia. Ozon di troposfer (sekitar 10 s/d 16 km dr permukaan bumi ) sayangnya kandungan pada lapisan ini hanya 10%. http://clinicalevidence. “Vitiligo in Adults and Children”. Sedangkan selebihnya berada di lapisan stratosfir (50km dr puncak troposfer) disini kandungan ozon mencapai 90%. peralatan pemeliharaan otomotif. hairspray).com/ceweb/conditions/skd/1717/1717-get. Sedangkan keberadaan ozon sendiri di alam terdapat di dua wilayah atmosfer. 2011. Pertanyaannya kemudian bagaimana jika lapisan ozon menipis?.bmj. Pengertian lapisan Ozon. Kondisi terbaru memang sudah lebih baik menurut data per – 9 September 2011 minimum 164 DU terletak di lokasi 76 derajat selatan dan 108 derajat sebelah barat dengan luas sekitar 18. cat semprot dan alat kesehatan.

SElain CFC dan HCFC. Penggunaan BPO : CFC. Penggunaan CFC dan HCFC pada pembuatan busa sol sepatu. Pada fasilitas ini Halon dapat dikumpulkan dan dimurnikan sehingga dapat dipergunakan kembali untuk penggunaan kritis. Mengelola BPO . dikenal pula istilah halon. Semakin banyaknya peralatan yang menggunakan BPO semakin besar tantangan untuk mencegah terjadinya emisi yang merusak lapisan ozon dan menyebabkan pemanasan global. Alih teknologi untuk menghentikan penggunaan BPO. HCFC. Sedangkan Protokol Montreal 1987 yang membahas langkah-langkah untuk membatasi produksi dan konsumsi bahan-bahan kimia perusak lapisan ozon. Pemerintah Indonesia sudah berupaya menjalankan tugas dan kewajibannya melaksanakan penghapusan BPO secara bertahap melalui pengurangan impor BPO secara bertahap. Sebenarnya upaya sudah dilakukan oleh masyarakat Internasional misalnya dengan adanya Konvensi Wina (Vienna Convention – 1985) yang membahas lebih rinci mengenai perlindungan lapisan ozon. tempat tidur. BPO yang terlepas ke atmosfir memberikan kontribusi terhadap pemanasan global dengan adanya emisi CO2. Penggunaan CFC-11 sebagai bahan pengembang tembakau pada rokok rendah tar. Pertemuan ini sudah sampai pada pertemuan yang ke 9 atau yang dikenal dengan COP-9. Sudah sering kali dilakukan. Fumigasi Hama : Metil Bromida dan Penggunaan BPO Methil Bromida untuk fumigasi hama Permasalahan selain merusak lapisan ozon. Di Indonesia halon yang bekas pakai dapat ditampung di Halon Bank yang terdapat di Garuda Maintenance Facilities. sampai tahun ini MOP sudah yang ke 23 kali pertemuannya dilakukan. Penggunaan BPO CFC dan HCFC sebagai bahan pendingin untuk Refrigerasi. Penggunaan BPO CFC dan HCFC sebagai bahan pendingin padaAC. Upaya Pengaturan: Internasional dan Nasional. Oleh sebab itu penangan barang-barang bekas yang memiliki BPO dalam sistemnya menjadi penting diperhatikan.Selain itu CFC dan HCFC dipergunakan untuk membuat busa pelapis insulasi panas yang digunakan untuk menahan panas agar tidak masuk kedalam lemari pendingin dan mencegah dingin tidak keluar dari peralatan pendingin. penggunaan halon untuk bahan pemadam kebakaran dan masih banyak seperti dibawah ini. jok kursi dan stereoform pada wadah makanan. CTC dan TCA untuk bahan pelarut digunakan sebagai bahan untuk membantu membersihkan peralatan. Upaya Pencegahan.

Rencana Kedepan adalah melaksanakan HCFC Phase-out Management Plan (HPMP) atau Penghapusan konsumsi HCFC. Keberhasilan Indonesia diatas tidak sampai disitu saja. Mencegah terlepasnya emisi BPO terlepas ke atmosfir. TCA. Halon. Kerjasama antar instansi pemerintah. Melakukan pengawasan impor BPO.989 Metrik Ton CFC telah di phase-out pada akhir 2007. Antara lain.yang beredar di Indonesia. pengurangan sebesar 67. Untuk mencapai target pemerintah Indonesia menghapus konsumsi HCFC secara bertahap pada Freeze.5% pada tahun 2025 dan pengurangan sebesar 97. pengurangan konsumsi sebesar 35% konsumsi pada tahun 2020. 67. .5 % pengurangan impor tahun 2030. 35% pengurangan impor tahun 2020. sukses menghentikan konsumsi BPO jenis : Chlorofluorocarbon (CFC). yaitu kembali kepada angka baseline rata-rata konsumsi tahun 2009 dengan 2010. Meningkatkan kesadaran dan peran serta seluruh pemangku kepentingan. CTC. Keberhasilan mem-phase-out sebanyak 8. Metil Bromida untuk aplikasi fumigasi pergudangan dan semua jenis CFC semenjak Desember 2007. pada baseline level pada tahun 2013 dengan kriteria baseline : Rata-rata konsumsi 2009 dan 2010. Indonesia dinilai berhasil karena telah menghapuskan konsumsi CFC lebih cepat dua tahun dari pada target Protokol Montreal.989 Metrik Ton CFC pada tahun 2007. 97. Penetapan regulasi dan kebijakan nasional. 10 % pengurangan impor tahun 2015. Selain itu Indonesia telah sukses menghentikan impor BPO seperti Halon.5 % pengurangan impor tahun 2025. Carbon Tetra Chloride (CTC) dan methylchloroform (TCA) semenjak Desember 2007 melalui. Keberhasilan Indonesia Dari upaya itulah. Metil Bromida . Upaya penghapusan HCFC ini akan diimplementasikan secara bertahap mulai dari tahun 2013 sebagai masa pembekuan konsumsi. dunia usaha dan Perguruan Tinggi dan Melakukan sosialisasi dan upaya peningkatan kapasitas semua pihak.5% pada tahun 2030. Hanya BPO jenis HCFC yang masih dapat diimpor dan dalam waktu dekat akan segera diatur importasi dan penggunaannya. Implementasi HPMP 2011 – 2018. Hasilnya 8. dua tahun lebih awal dari pada target Protokol Montreal. Selanjutnya. beberapa rencana Kedepan terus digagas. kemudian pengurangan konsumsi HCFC sebesar 10% dari baseline pada tahun 2015. Beberapa kebijakan dikeluarkan antara lain.

Preparatory segment : 21 – 23 November 2011 – 9th COP dan 23rd MOP. Incremental perational Cost. “Environmentally sound disposal of ODS”. Incremental Operation Cost. Peran Masyarakat (konsumen) Semua usaha pemerintah tidak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat. Agenda yang akan dibahas antara lain. “ Treatment of ODS used to service ships” . tanggal 21-25 November 2011 dengan tempat : Bali Nusa Dua Convention Center. Pembuatan peraturan kendali import HCFC. Langkah-langkah dalam menjalankan program HCFC Phase-out Management Plan (HPMP) Periode Tahun 2011 -2013 dengan cara. Penurunan/pencegahan pertumbuhan konsumsi HCFC. Pembuatan peraturan import produk yang mengandung HCFC. Sedangkan untuk periode Tahun 2015 – 2018 dilakukan Implementasi investasi untuk Incremental Capital Cost. yang tidak memiliki potensi merusak ozon dan rendah potensi pemanasan globalnya. Pengembangan sistem dan mekanisme pemberian bantuan Incremental Capital Cost. Pertamina pada saat ini sedang mengembangkan produk Hidrokarbon sebagai pengganti CFC dan HCFC sebagai bahan pendingin di AC maupun refrigerasi. “ Sustained mitigation of ODS emissions from feedstock and process agent uses”. Implementasi monitoring. oleh sebab itu pemerintah menghimbau untuk tidak Membeli produk-produk yang mengandung BPO. Sosialisasi ke pemangku kepentingan pusat dan daerah. High-level segment : 24 -25 November 2011 – Adoption of Decisions for 9th COP dan 23rd MOP dengan isu. dan Technical Assistances. “Phase out of HCFC-23 by-product emissions. audit dan evaluasi pemberian bantuan pada manufaktur. audit dan evaluasi dan Penyusunan proposal HPMP tahap 2: 2018 – 2025 (2030) Tuan rumah COP 9 dan MOP 23 Pemerintah Indonesia menjadi Tuan Rumah Pertemuan Negara Pihak – 9th Conference of the Parties to Vienna Convention for the Protection of Ozone Layer dan 23rd Meeting of the Parties to the Montreal Protocol on Substances that Deplete the Ozone Layer yang diselenggarakan di Bali. “Proposed amendments to the Montreal Protocol” – terkait dengan HFC yang akan digunakan sebagai pengganti BPO namun berpotensi tinggi untuk pemanasan global.Langkah-langkah yang akan dilakukan. Pembuatan peraturan penggunaan HCFC di sektor manufaktur. . dan Technical Assistances. “ Use of Methyl Bromide” . monitoring. “ Hidrokarbon – alternatif pengganti BPO Harapan kedepan dari upaya tersebut adalah menjadikan Hidrokarbon salah satu alternative pengganti BPO.

Mensosialisasikan dampak lingkungan akibat pelepasan BPO ke atmosfer secara langsung. Menghilangkan depresi. Sinar ultraviolet juga dapat menyebabkan. Penggunaan Tabir Surya Topikal terbukti mampu menjadi induksi solar keratosis & KSS. Chili terjadi peningkatan kasus kanker kulit sebesar 66% selama 1994 – 2004. terjadi edema & nyeri. Energi bagi tumbuhan. Membasmi & membunuh bakteri. Pembentukan vitamin D untuk tulang. jika berat dapat terbentuk vesikel. Misalnya saja di Punta Arenas. Untuk mendapatkan vitamin D dan agar tak gampang terserang osteoporosis. di Australia 1000 kasus per 100.000 orang/thn KSB dan KSS (Georgouras dkk. dan Kanker kulit. penurunan imunitas tubuh sehingga mudah terserang penyakit. 24 November 2011. Katarak. Laksmi Duarsa pakar kesehatan mengungkapkan dampak penipisan ozon akibat peri laku manusia yang mengakibatkan berbagai dampak kesehatan bagi manusia. Waspadai SUNBURN respon inflamasi kulit normal yang bersifat akut. Terutama Ultraviolet B yang nenembus lapisan kulit dan dapat penyebab kanker dan kerusakan mata secara permanen. Sebelumnya Laksmi menjelaskan dampak positif dari sinar ultraviolet antara lain sebagai penghangat. Kelainan retina ‘Age macular degeneration’ dan penuaan dini. Nah inilah dampak negative dari sinar ultraviolet bagi tubuh yaitu. topi dan payung pada puncak sinar matahari yaitu pada pukul 10.00 s/d 16. (ry) . Melakukan pengawasan secara langsung terhadap distribusi dan penggunaan BPO di masyarakat. Itupun disarankan hanya pada muka dan tanggan saja dan hanya dilakukan di pagi hari. Serta gunakan kacamata. lambat dan sementara setelah terjadinya paparan oleh sinar UV. Ditandai dgn eritema pd kulit. Aust J Dermatol1997. Diatas dijelaskan dampak positif dari sinar Ultraviolet bagi tubuh. Permasalahanya jika lapisan menyaring yaitu O3 (Ozon) tidak dalam kondisi baik hal itu perlu diwaspadai.38(Suppl):S79-S82 yang aman bagi tubuh). Dampak Pada Kesehatan Nusa dua. Cara Pencegahan langsung dampak Sinar Ultraviolet Dibawah ini beberapa tips mencegar paparan langsung dari dampak negatif sinar Ultraviolet.38(Suppl):S79-S82). bula. Aust J Dermatol 1997. Menggunakan baju yg mampu menangkal sinar UV (Bahan pakaian terdiri dari SPF 15 – 50 (Georgouras dkk. oleh sebab itu disarankan untuk “sering” berjemur secara sehat di pagi hari selama 30 menit. Pada even diskusi dengan tema ozon dan kesehatan. lemari pendingin pada bengkel service yang telah tersertifikas. Menghindari berjemur dibawah sinar matahari yang terik pada jam 10 – 16 sore.Melakukan pemeliharan AC rumah tangga.00. WHO pada tahun 2007 sendiri mengumumkan 90% kanker kulit karena sinar matahari.

24.: (021) 85902521 E-mail: ozon@menlh. 2012 2 komentar Dewasa ini Manfaat sinar Matahari. paparan sinar matahari meningkatkan produksi hormon melatonin di malam hari.id Website : www. Panjaitan Kav. Lantai 6.go.. Itulah sebabnya kita merasa takut dalam suasana gelap. banyak yang menganggap sinar matahari adalah sebuah bahaya yang harus di hindari. Loo??? Kok bisa?? Ya bisalah.I. Namun. Kebon Nanas. Itulah sebabnya kita harus menjemur karpet atau kasur yg susah untuk dicuci. tapi di sisi lain sianr UV bisa membantu kesehatan kita.org Manfaat sinar Matahari Posted by Naufaldi Rafif Satriya Friday. Sinar matahari juga membantu dalam kasus depresi kronis dan akut dengan cara merangsang sintesis endorfin.00 Sangat Buruk Pada Pukul 15.00 sangat Baik -Manfaat sinar Matahari harus kita mengertiLantas apa kebaikan dan keburukan di sinar UV ini?? Berikut ulasannya yang sangat membantu kalian pada artikel Manfaat sinar Matahari. . perlu kita ketahui. 4. Sinar matahari terbukti dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. (021) 8517164 Fax.Informasi lebih lanjut dapat menghubungi : Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim Jl.00-17.ozon-indonesia.00-15. hormon ini membantu kita tidur lelap. 2.. ingat !! Allah SWT selalu menciptakan segala sesuatu ada hikmah dan manfaatnya!! Seperti sinar UV yang pada saat tertentu menjadi menyehatkan!!! Pada Pukul06. Paparan sinar matahari membuat kulit tampak cerah dan meningkatkan elastisitas. 1. memang benar sinar UV itu bisa merusak kulit kita. Jakarta Timur 13410 Telp. August 3. D.00-09. Banyak orang berkata karena sinar UV yang bisa membahayakan kulit kita. Sinar matahari mengurangi insomnia.00 Sangat Baik Pada Pukul 09. 3. Gedung A. Sinar matahari meningkatkan suasana hati dan mood. Sinar matahari mengurangi gula darah. Dampak Positif : Sinar matahari dapat membunuh mikroba.

6. sehingga menurunkan gula darah. Sinar matahari membantu dalam penyehatan mata. meningkatkan sirkulasi darah. Sinar matahari mencegah rachitis pada anak2 dan osteoporosis pada lanjut usia 7. yang tersimpan di hati dan otot. Seperti yang di lansir di detik health. 9. Kulit mensintesa vitamin D dengan bantuan sinar matahari. 5.” jelas Figueiro . yaitu hormon yang bikin tidur. Jenis cahaya tersebut umumnya berasal dari cahayamatahari di pagi hari. Susah bangun tidur. 11. saat matahari panas tubuh mengeluarkan air melalui keringat. yg efektif dalam mengobati penyakit kuning. Dengan vitamin D dan beberapa senyawa lainnya yg dapat menghambat pengembangan sel kanker. Sinar Matahari meningkatkan kebugaran pernafasan. Cahaya biru dengan panjang gelombang pendek adalah cahaya yang paling bagus untuk melepaskan hormon melatonin. Faktor lain yang bisa membantu meningkatkan kebugaran pernafasan ialah bahwa glikogen bertambah di hati dan otot setelah berjemur matahari. Artinya ketika waktunya bangun pagi tubuh seperti dipaksa untuk bangun yang membuat tubuh terasa capek dan berat untuk beraktivitas. denyut nadi. Dalam dunia kesehatan digunakan sebagai seterilisator untuk alat-alat kesehatan dan seterilisasi ruangan operasi. 15. “Jika seseorang melewatkan cahaya itu di pagi hari maka hormon melatonin akan terlambat dilepaskan dan akhirnya waktu tidur juga akan mengalami kemunduran. vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam usus yg membuat tulang menjadi kuat. tekanan arteri dan menormalkan kadar kolesterol 10. Matahari juga membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan tingkat metabolik melalui stimulasi tiroid. Semakin jarang anak terkena sinar matahari maka anak tersebut akan menjadi orang yang gterkena dampak yaitu mata miopi 14. Sinar matahari juga menolong meringankan radang sendi dalam kasus arthritis. lukemia. payudara. Paparan sinar matahari memperkuat sistem kardiovaskuler. Bahkan jika kita tak terkena sinar matahari bisa bisa kita akan membuat tubuh menjadi pemalas. 8.Bahaya matahari bagaikan insulin yang memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. 12. Kekurangan cahaya berarti hormon melatonin tidak akan terlepas dari tubuh yang membuat orang jadi ingin tidur terus. 13. Sinar matahari menigkatkan fungsi hati. Sinar matahari dapat meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan. paparan sinar matahari yg teratur dan terkontrol dapat melawan penyakit kanker usus. Ini merangsang tubuh untuk mengubah gula darah (glukosa) menjadi gula yang tersimpan (glycogen). Membantu kerja ginjal. Cahaya matahari akan membantu tubuh melepaskan hormon melatonin.

tinggalin comment ya. begitu juga sebaliknya. dari yang positif dan ada juga yang negatif. akan menyebabkan kulit lebih cepat mengalami penuaan. Kulit yang gelap menandakan kandungan pigmen dalam jumlah banyak.INGAT KAWAN... Dampak Negatif : BAHAYA SINAR UV PADAKULIT di artikel Manfaat sinar Matahari Pada dasarnya. BAHAYA SINAR UV PADA MATA Radiasi sinar UV pada mata akan menyebabkan terjadianya reaksi oksidasi pada lensa mata yang akan menimbulkan kekeruhan pada lensa sehingga timbullah penyakit yang disebut katarak. kulit manusia dilengkapi dengan perlindungan alami dari sinar matahari yaitu pigmen melanin.. Penelitian membuktikan bahwa semakin banyak pigmen.00-15.. juga kerusakan pada kornea dan retina.00-17. sinar matahari pun punya dampak tersendiri. Apa saja bahaya sinar matahari? .. Wassalamu’alaikum. pasti semua orang tahu sinar matahari. yaitu saat jam 09...? Ya memang.00. sinar matahari itu tak bisa di genggam.blogspot.. http://ilmu-duniadanakhirat. Di samping itu. jadi saat matahari di siang bolong melebihi sunder bolong.00 itu malah berdampak negatiF!! Lantas apa dampak negatifnya???mari kita simak.00-09. Sinar UV juga bisa membuat kulit tidak mulus karena menebal atau menipis. hanya bisa di rasakan. Bisa juga muncul benjolan-benjolan kecil yang ukurannya bervariasi.00 dan 15.html Siapa yang tidak tahu sinar matahari itu apa. Berikut ulasannya.. semakin kecil kemungkinan seseorang terkena kanker kulit karena pigmen berfungsi sebagai penangkal dampak sinar UV yang dipancarkan matahari. SINAR MATAHARI AKAN BERDAMPAK POSITIF PADA PUKUL 06. Kulit jadi cepat berkerut dan timbul bercak-bercak hitam yang kita kenal sebagai flek hitam. Tidak heran bila bintik awal kanker kulit timbul di bagian tubuh yang terbuka seperti wajah. Sering beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa pelindung kulit. kepala. Semoga Bermanfaat ya artikel Manfaat sinar Matahari ini. tangan dan bagian yang banyak terpapar sinar matahari.com/2012/08/manfaat-sinar-matahari. Benjolan-benjolan atau flek pada kulit bisa berkembang menjadi tumor jinak bahkan kanker kulit. Khususnya pada orang yang banyak bekerja di bawah terik matahari atau sering berjemur di pantai.

anak-anak seharusnya berada di dalam ruangan sekitar pukul 11 siang hingga 4 sore. Apa saja efeknya? Kebanyakan berada di bawah sinarmatahari akan membuat kulit Anda cepat menua. Level pertama adalah ketika cahaya matahari hanya berefek pada lapisan epidermis. Pada level selanjutnya. Apalagi efeknya? Bersama dengan kerusakan akibat sinar matahari yang disebutkan sebelumnya. Tidak masalah apakah mereka memiliki warna kulit yang cerah ataupun gelap. cahaya matahari berimbas hingga lapisan kulit terdalam dan mengakibatkan kulit melepuh. kacamata hitam. efek cahaya matahari berimbas lebih cepat pada orang yang berkulit cerah. Orang yang berusia di atas 50 tahun juga dianjurkan melakukan hal yang sama. ketika matahari sedang panas-panasnya. Jika Anda ingin terlihat seperti Madonna pada umur 50 tahun. setidaknya kalian dapat menggunakan topi. maka Anda haru banyak merawat kulit Anda dengan produk-produk yang melindungi kulit dari panas sinar matahari. Dan level ketiga. kulit Anda akan menjadi mudah memar. efek terbakar akan menimbulkan bekas yang tidak bisadihilangkan pada kulit. Dalam waktu lama. robek. mereka tetap akan terkena dampak dari sinar matahari. Bagaimana dengan anak-anak? Kulit anak-anak lebih sensitif daripada kulit orang dewasa. garis wajah. Hanya saja. Walaupun begitu. Jika ingin beraktivitas di luar. atau tabir surya.Bahaya dari sinar matahari bukan hanya kulit yang gosong atau terbakar. hal ini karena kurangnya zat melanin pada kulit mereka. serta bintik-bintik di permukaan kulit. noda hitam pada kulit merekatidak akan terlihat. Apakah warna kulit berpengaruh ? Walaupun seseorang berkulit gelap. Pada kasus kulit terbakar. pembuluh darah yang terlihat. dan kanker kulit. noda-noda hitam. Anda juga bisa memiliki kerutan. terdapat beberapa level dari kulit yang terbakar. . melanoma dan karsinoma sel skuamosa.

dan jangan mengabaikan jerawat. (Yopy Arista Kuding).. yang dikemas dalam produk-produk kecantikan. pastikan Anda membawa benda-benda berikut ini: tabir surya. UV-B dan UV-C. Tapi kalau berencana menghabiskan waktu di luar ruangan cukup lama. cukup sekali saja saat mau berangkat. air minum. Sedangkan sinar UV-B yang panjang gelombangnya 290nm-320nm itu dapat menembus sampai lapisan epidermis dan bagian atas dermis. Obati bisul. kacamata hitam. Titanium juga direkomendasikan buat anak-anak dibawah 12 bulan. dan yang paling berbahaya adalah UV-A dan UV-B. sehingga bisa menyebabkan kulit jadi terbakar. kelainan pigmentasi dan timbulnya bermacam-macam jenis kanker kulit. Ultraviolet C atau UV-C yang mempunyai panjang gelombang kurang dari 290nm masih dapat tersaring lapisan ozon sehingga masuk kategori no worry terhadap kerusakan kulit. Jadi jangan terlalu anggap Sinar Matahari itu sangat baik atau sebaliknya menganggap sinar matahari itu tidak baik. pedih. juga bisa merusak kolagen dan elastin yang menyebabkan kerusakan sel-sel kulit. Anda tidak ingin memperburuk masalah kulit. Santai dan beristirahatlah. . Berhati-hatilah jika UV-B dan UV-A telah menyapa kulit manusia dengan kekuatan panjang gelombang dan energi sebesar 290nm-320nm dan 320nm-400nm. UV-A yang panjang gelombangnya 320nm-400nm bisa menembus sampe lapisan dalam dermis. Semua ada sisi lain dari Sinar Matahari tersebut dari yang Positif sampai yang negatif. Jadi tenang saja. lip balm. yaitu UV-A. jangan memencetnya. yaitu yang mengandung sinamat (cinnamate yang dapat menyerap sinar matahari) dan titanium (yang dapat menangkal sinar matahari). kemerahan. topi. Selain merupakan penyebab pertama kanker kulit. Bagaimana mengatasinya? Jika Anda ingin keluar ruangan di saat matahari sedang sangat terang dan panas. Dua-duanya berguna melindungi tubuh dari sengatan UV-A dan UV-B. Ada dua bahan pembentuk tabir surya yang direkomendasikan para ahli kulit. Para ahli menyarankan untuk mengoleskan sunscreen dengan SPF minimal 30 tiap kali beraktivitas. oleskan sunscreen setidaknya dua jam sekali. jalani hari hari seperti biasanya. Panjang gelombang UV-C.Ada tiga jenis ultraviolet (UV) yang berbahaya buat kulit. Infrared dan visible tidak dapat diukur langsung oleh manusia sehingga sering kali sinar yang menerpa kulit kita dapat diabaikan. Kalau kegiatannya normal.

html http://tipskesehatan.pun.com/2012/10/bahaya-sinar-matahari-siang.html http://kang-aden.bz/efek-sinar-matahari-bagi-kesehatan.blogspot.com/2011/05/dampak-positif-dan-negatif-dari-sinar.xhtml Sumber Gambar: http://www.com/2011/06/dampak-positif-dannegatif-dari-sinar.hospifarma.blogspot.html http://wawansetyadi257.com/category/skin-cancer .eksdi.blogspot.com/efek-positif-dan-negatif-dari-sinar-uv-bagi-kesehatan http://ika-adelisa.Sumber : http://pengaruh-inspirasi-sebagai-motivasi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->