PEMBUKAAN LAHAN BARU DENGAN ALAT BERAT

Pembukaan lahan baru adalah sebuah tahapan yang paling awal dalam pengerjaan sebuah proyek apapun. Ketika melakukan pembukaan lahan baru ada dua cara yang sering digunakan, yaitu dengan pembakaran dan penggunaan alat-alat berat. Melakukan pekerjaan ini dengan cara pembakaran sangatlah tidak baik karena akan merugikan bila ditinjau dari aspek lingkungan, sehingga cara seperti ini sudah mulai dilarang oleh pemerintah maupun instansi yang terkait. Mengingat resiko pembukaan lahan baru dengan pembakaran sangat besar, maka saat ini banyak yang melakukannya dengan menggunakan alat berat. Tapi perlu diingat pemakaian alat berat ditinjau dari sisi ekonomi biayanya sangat besar, jadi perlu dipertimbangkan apa saja yang dipakai saat pembukaan lahan baru nantinya. Alat-alat berat yang digunakan dalam pembukaan lahan baru: 1. Bulldozer , alat ini biasa dipakai untuk pembukaan tahap awal seperti membersihkan lahan dari semak atau pepohonan.

3. alat biasanya digunakan untuk melakukan penggalian tanah atau memindahkan material ke dump truck untuk selanjutnya dibawa ke suatu tempat.2. alat ini juga fungsinya hampir sama dengan bulldozer yaitu untuk memindahkan material dari satu tempat ke tempat lain. . Excavator. Wheel loader.

. Dump truck. alat ini berfungsi untuk pemadatan tanah. Vibrator. 5.4. alat ini merupakan alat yang sangat berperan penting dalam persiapan lahan baru karena alat ini yang mengangkut semua material-material yang tidak digunakan di lokasi dan juga sekaligus pengangkut semua bahan yang digunakan sehingga fungsinya sangatlah sentral.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful