Mata Pelajaran : IPA Kelas : IV/ Penulis: Lukman Nurhakim, M.

Pd

RANGKA MANUSIA
A. Standar Kompetensi :

1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

B. Kompetensi Dasar 1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur

kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

Struktur dan Fungsi Rangka Tubuh Manusia. Rangka manusia terdiri atas kurang lebih 206 tulang. Berdasarkan letak tulang-tulang terhadap sumbu tubuh, rangka dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah rangka aksial yang berada di bagian tengah sumbu tubuh. Kelompok kedua, adalah rangka apendikular yang berada di bagian tepi dari sistem rangka aksial. Rangka aksial terdiri atas tulang kepala (tengkorak), ruas-ruas tulang belakang (vertebrae), tulang dada (sternum), dan tulang rusuk (kosta). Rangka apendikular terdiri atas gelang bahu, anggota gerak atas (tungkai atas), gelang panggul, dan anggota gerak bawah (tungkai bawah). A. Rangka Aksial. Rangka aksial merupakan tulang-tulang yang berada di bagian tengah sumbu tubuh. Tulang rangka aksial terdiri atas tulang kepala, ruas tulang belakang, tulang dada, dan tulang rusuk. 1. Tulang Kepala. Tulang kepala terdiri atas tulang tempurung (kranium) dan tulang rahang. Tulang kepala berfungsi sebagai pelindung otak, organ pendengaran, dan organ penglihatan.

Sumber : http//www.lowbackpain.com

lekukan pinggul (lumbar). dan lekukan selangkang (sacral).com 2. 2 tulang pipi 3. Tulang langit-langit 6. tulang rusuk.google. 1 tulang dahi 2. Terdiri atas jejeran tulang-tulang belakang (vertebrae).google. 2 tulang baji 6. dan tulang gelang panggul. 2 tulang ubun-ubun 5. Tulang Belakang (Columna Vertebralis). tulang gelang bahu. a. lekukan dada (thorax). Tulang belakang merupakan penopang tubuh utama. 2 tulang air mata 5. Perhatikan Gambar. 2 tulang tapis Sumber : http//www. Jika dilihat dari samping. I tulang belakang kepala 3. Gambar . Tulang belakang manusia.com . Discus invertebralis memungkinkan tulang belakang bergerak ke segala arah. 1 tulang lidah Sumber : http//www. tulang belakang membentuk lekukan leher (cervix). Sumber: http//www. tulang dada. 2 tulang hidung 2. 2 tulang rahang atas dan tulang bawah 4.com Tulang pelindung otak meliputi : 1. Di antara tulang-tulang vertebrae terdapat discus invertebralis merupakan tulang rawan yang membentuk sendi yang kuat dan elastis.google. 2 tulang pelipis 4.Tulang-tulang tengkorak wajah terdiri atas : 1. Tulang pisau luku 7. Rangka Badan Rangka badan meliputi tulang belakang.

Tulang Gelang Bahu Diatas rongga dada terdapat rangka bahu. Tulang lengan Gambar tulang bahu Sumber : http//www. sumber : www.recipeland.google. bagian badan (corpus sterni). Tulang gelang bahu tersusun dari sepasang tulang belikat dan sepasang tulang selangka. 2 tulang usus 2 tulang duduk 2 tulang kemaluan Sumber : http//www. c. paru-paru. dan pembuluh darah. Tulang Gelang Panggul Pada bagian bawah terdapat rangka panggul.com 5. Gambar tulang dada dan tulang rusuk. tulang dada dan tulang rusuk membentuk rongga dada (thorax) yang melindungi organ-organ penting seperti jantung. Perhatikan Gambar. Rangka panggul dibentuk oleh tulang gelang panggul. Tulang Dada (Sternum) dan Tulang Rusuk (Costa).Tulang gelang panggul dibentuk oleh : a. Rangka bahu dibentuk oleh tulang gelang bahu. Tulang dada terdiri atas bagian hulu atau tangkai (manubrium sterni).com . 4. dan 2 pasang rusuk melayang (costa fluctuantes). Tulang rusuk terdiri atas 12 pasang tulang rusuk. b. 3 pasang rusuk palsu (costa spuria). dan taju pedang (processus xyphoideus).com Bersama lekukan thorax pada tulang belakang. yaitu 7 pasang rusuk sejati.google.3.

........... dengan bagian ........... Tulang parietal ada pada bagian ...... Tulang frontal ada di bagian . .. Tulang hidung ada di bagian .. .....LEMBAR KERJA SISWA Nama Kelompok : .. Tulang rahang di bagian ..................... 6... 8.......... Ketua Anggota : .. ........ Tulang occipital ada pada bagian ...... Tulang pipi ada pada bagian ................... 2........... 4........... 5........... 3. Tulang air mata ada pada bagian ... amati bagian kepalamu bergantian dengan temanmu........ Tulang zygomatic ada di bagian ......... 4................. : 1.... 7...... 3......... ............... Amati bagian rangka kepala pada gambar berikut ! Setelah mengamati gambar... ................ 2......... bagian manakah yang sesuai dengan gambar ! 1.................................

.......... : ............................................. ............ : ................. ...................................................... .... ..................... ............................................................................... ............. ........... ............. KELOMPOK Ketua Anggota : ...... .......... ... ..................... ............................................ .................. .................................... .............. ........................................................................................Diskusikan dengan kelompokmu untuk menjawab pertanyaan berikut ! Tuliskan bagian-bagian rangka pada gambar di bawah ini ! ...........

Masing-masing terdiri atas a) tulang lengan atas (humerus).B.google.com(Biologi:The Unity and Diversity of Life. kanan dan kiri. f) 14 tulang jari tangan (phalanges). Masing-masing gelang bahu terdiri atas tulang selangka (clavicula) dan tulang belikat (scapula).google. 1992: 148). tulang anggota gerak atas. Rangka Apendikular. Rangka apendikular pada manusia Sumber: http//www.com . Rangka apendikular meliputi anggota gerak tubuh dapat dikelompokan menjadi gelang bahu. d) 8 tulang pergelangan tangan (carpal). Tulang anggota gerak atas terdiri atas dua tungkai. dan tulang anggota gerak bawah (Kurnadi. 1995) 1. Tulang anggota gerak atas. b) tulang hasta (ulna). c tulang pengumpil (radius). e) 5 tulang telapak tangan (metacarpal). Gelang bahu. gelang panggul. Sumber : http//www. 2. Terdapat dua gelang bahu. yaitu kanan dan kiri.

Gelang panggul terdiri atas 2 tulang pinggul (coxae) di kanan dan kiri.com 4.com . kanan dan kiri. d) tulang betis (fibula). Untuk memahami tentang letak dan bentuk tulang-tulang tersebut. e) 7 tulang pergelangan kaki (tarsal). Masing-masing terdiri atas a) tulang paha (femur).google. Tulang anggota gerak bawah terdiri atas dua tungkai kaki. c) tulang kering (tibia). Sumber : http://www.3. Rangka manusia.google. b) tulang tempurung (patella). Tulang anggota gerak bawah. Sumber : http//www. perhatikan gambar model rangka manusia pada Gambar ! Bandingkan gambar itu dengan model kerangka manusia di laboratorium biologi sekolah. g) 14 tulang jari kaki (phalanges). f) 5 tulang telapak kaki (metatarsal). Gelang panggul sangat stabil dan berfungsi menahan berat tubuh. Gelang panggul.

serta sendi pada panggul yang menghubungkan tulang paha dan tulang gelang panggul. Contoh sendi engsel adalah sendi pada siku yang menghubungkan tulang lengan atas dan lengan bawah. sendi pada bahu yang menghubungkan tulang lengan atas dengan tulang gelang bahu. Gambar Sendi Peluru Sumber : http://www. Hubungan antara tulang-tulang manusia disebut sendi. a.google. Hal tersebut dapat terjadi karena tulang yang satu dapat berputar pada tulang lainnya. Sendi Peluru Sendi peluru adalah sendi yang memungkinkan gerakan ke semua arah.C. Pada sendi peluru terjadi pertemuan antara ujung tulang berbentuk bola dengan tulang berbentuk mangkuk. Contoh beberapa sendi yang terdapat pada tubuh manusia adalah sebagai berikut. Ada sendi yang dapat digerakkan dan ada juga sendi yang tidak dapat digerakkan. Contohnya. Sendi Engsel Sendi engsel adalah sendi yang hanya dapat digerakkan ke satu arah seperti engsel jendela atau pintu. sendi pada ruas tulang leher yang paling atas.google. Gambar Sendi Engsel Sumber : http://www. Hubungan Antartulang (Sendi) Tulang manusia berhubungan satu sama lain. sendi pada lutut yang menghubungkan tulang paha dan tulang kaki bawah. serta sendi pada ruas jari tangan dan ruas jari kaki.com b.com .

google. Tulang atlas masuk ke dalam lubang yang terdapat pada tulang tengkorak. Gambar Sendi Pelana Sumber : http://www.google. Pada tulang pergelangan tangan terdapat lebih kurang 20 sendi geser. Sendi Pelana Sendi pelana adalah sendi yang bergerak kedua arah. Sendi putar terdapat pada hubungan antara tulang atlas (tulang leher yang pertama) dan tulang tengkorak. Sendi Putar Sumber : http://www. Gambar 12.com .com e. sendi antara tulang telapak tangan dan pangkal ibu jari. Sendi geser dijumpai pada tulang hasta dan tulang pengumpil.com d.c. Contohnya. yaitu ke samping dan ke depan. Sendi Geser Sendi geser adalah persendian yang tempatnya tepat ujung tulang yang satu menggeser ke ujung tulang yang lain. Sendi geser hanya memungkinkan sedikit gerakan.google. Sendi Putar Sendi putar adalah persendian tempat tulang yang satu berputar mengelilingi tulang lainnya yang bertindak sebagai poros. Gambar Sendi Geser Sumber : http://www.

otot tidak mempunyai tempat melekat. Memberi Bentuk Tubuh Rangka berfungsi untuk memberi bentuk tubuh. a. berdiri. dan sebagian alat pencernaan. Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan rangka yang berbeda-beda untuk membedakan makhluk ciptaan-Nya. Jadi. Melindungi Alat Tubuh Rangka juga berfungsi untuk melindungi organ-organ dalam yang bersifat lunak seperti berikut. d. . Misalnya ada orang yang bertubuh tinggi dan ada orang yang bertubuh pendek. paru-paru. Bersyukurlah kepada-Nya atas karunia yang kamu terima. Kita tidak dapat duduk. Adapun beberapa fungsi rangka akan diuraikan seperti berikut. Ketika duduk. tulang dan otot tidak dapat menghasilkan gerakan yang baik tanpa bantuan sendi. Rangka memberi bentuk yang khas pada tubuh manusia dengan demikian kita dapat membedakan setiap orang dari bentuk tubuhnya. tubuh ditopang oleh tulang duduk.Fungsi Rangka Manusia Kegunaan rangka manusia berkaitan erat dengan bagian tubuh yang lain. Tempat Melekatnya Otot (Daging) Otot melekat pada rangka. setiap tulang yang ada pada tubuh selalu ditempeli otot. Rangka akan bekerja sama dengan otot untuk melakukan gerakan. b. Tulang dada dan tulang rusuk yang membentuk rongga dada melindungijantung. Sendi merupakan hubungan antara dua tulang yang memungkinkan terjadinya gerakan. maupun berjalan jika tidak ditopang dan ditegakkan oleh tulang.  Tulang belakang melindungi sumsum tulang belakang. Tanpa rangka. c. Saat berdiri tubuh ditopang oleh tulangtulang kaki. Tulang-tulang tersebut menopang berbagai kegiatan yang dilakukan manusia.   Rangka kepala (tengkorak) melindungi otak. Itulah salah satu kegunaan rangka. Namun. Menopang dan Menegakkan Badan Manusia memiliki tulang duduk dan tulang kaki yang kuat.

b. 2. jantung. usus. dan 5 5. . c. d. . . c. . d. dan 5 1. Yang menyusun dasar wajah terdapat pada rangka kepala bagian . d. . a. . rusuk dada ubun-ubun belakang 4. a. dan 4 2. dan hati otak. depan belakang samping kanan samping kiri 2. dan hati jantung. d. d. c. paru-paru. 3. dan paru-paru otak. otak. . a. a. . Tulang yang menyusun rangka kepala yaitu tulang . c. . .Soal latihan RANGKA MANUSIA 1. dan 5 3. a. Tulang penyusun rangka badan ditunjukkan oleh gambar nomor . Rangka badan melindungi bagianbagian tubuh yang penting yaitu . 4. b. b. b. 3. usus. 1. c. Salah satu tulang penyusun rangka anggota gerak atas yaitu tulang . . . . . b. betis hasta kering paha . dan usus 3. .

. . . b. . a. b. c. . d. Tulang yang menopang berat tubuh kita saat duduk ditunjukkan oleh nomor . d. Apabila cara duduk kita salah. . b. a. . d. . a. c. a. . buah-buahan yang mengandung vitamin C daging yang mengandung lemak telur yang mengandung protein susu yang mengandung kalsium . c. belakang b. pipih dan tulang pipa pendek dan tulang pipa panjang dan tulang pipih pipih dan tulang pendek 8. c. 1 2 3 4 7. . d. Sendi engsel Sendi peluru Sendi pelana Sendi geser 9. c. kaki c. d. Ani menggerakkan bahu ke segala arah secara bebas karena adanya persendian . tulang yang akan mengalami gangguan yaitu tulang . b. .6. a. . . rusuk 10. . lengan d. Osteoporosis dapat dihindari dengan membiasakan mengonsumsi . b. Rangka anggota gerak terutama disusun oleh tulang . .

dan tulang rahang bawah. tulang pipi. tulang rusuk(3). Saat berdiri tubuh ditopang oleh tulangtulang kaki. 2. . Di dalam rangka badan terdapat ruas-ruas tulang belakang(1). Rangka tangan terdiri atas tulang lengan atas. Rangka kepala bagian belakang terdiri atas tulang ubun-ubun dan tulang pelipis. Sendi peluru terdapat di antara tulang lengan atas dan gelang bahu. dan sebagian alat pencernaan. tulang pergelangan tangan. 8. paru-paru. 10. tulang pengumpil. Tulang pendek misalnya terdapat pada tulang pergelangan tangan. tulang hasta. Sendi peluru mampu digerakkan ke semua arah (berputar). 6. tubuh ditopang oleh tulang duduk(1). Tulang-tulang tersebut menopang berbagai kegiatan yang dilakukan manusia. Penyakit ini timbul akibat tubuh kekurangan zat kapur (kalsium). tulang telapak tangan. Rangka kepala bagian depan terdiri atas tulang dahi. 9. 7. dan tulang dada(4). Rangka anggota gerak terdiri dari tulang yang menyerupai pipa ini terdapat pada rangka lengan atas maupun tulang paha. tulang hidung. Kelainan pada tulang belakang disebabkan oleh kebiasaan duduk dengan posisi yang salah. Ketika duduk. Osteoporosis merupakan penyakit pengeroposan tulang. rangka kepala bagian belakang sering disebut batok kepala. Rangka kepala bagian belakang berbentuk seperti tempurung kelapa. serta pada hubungan antara tulang paha dan tulang panggul. 3. tulang rahang atas.RAMBU-RAMBU JAWABAN 1. Tulang-tulang yang menyusun rangka kepala bagian depan ini membentuk dasar wajah. Manusia memiliki tulang duduk dan tulang kaki yang kuat. Oleh karena itu. 4. dan tulangtulang jari tangan. 5. Tulang dada dan tulang rusuk yang membentuk rongga dada melindungi jantung.

Tidur dalam posisi tubuh lurus dan telentang. 4. Berdiri dalam posisi tegak. Secara umum rangka tubuh terdiri atas tiga bagian. 5. d. yaitu tulang belakang terlalu bengkok ke belakang. Duduk dalam posisi tegap. kalsium. Sebutkan bagian-bagian rangka manusia ! Bagaimana bentuk tubuhmu seandainya tidak memiliki rangka? jelaskan! Apa yang menghubungkan tulang-tulang agar dapat melakukan gerak? Sebutkan kelainan tulang belakang akibat posisi duduk yang salah! Bagaimana cara menjaga dan merawat kesehatan rangka? Jelaskan ! Rambu-rambu jawaban . terutama pada waktu pagi hari. 3. e. Beberapa kelainan pada tulang belakang sebagai berikut : a. dan fosfor. yaitu tulang belakang terlalu bengkok ke depan. 5. Kelainan pada tulang belakang disebabkan oleh kebiasaan duduk dengan posisi yang salah. 4. Makan makanan yang mengandung vitamin D. Rangka berfungsi untuk memberi bentuk tubuh. Lordosis. c.Ayo berlatih ! 1. b. Cara merawat rangka diantaranya adalah seperti berikut : a. c. 2. 1. 2. Jika kita tidak memiliki rangka maka tubuh kita tidak memiliki bentuk. dan rangka anggota gerak. 3. Berolahraga secara teratur. yaitu tulang belakang terlalu bengkok ke kiri atau kanan. Kifosis. Ketiga bagian rangka tubuh yaitu rangka kepala. Skoliosis. rangka badan. . b. Sendi merupakan hubungan antara dua tulang yang memungkinkan terjadinya gerakan.