Pelajaran Nahwu 41: Pembagian Khobar ---------------------------------------Definisi dan kaedah khobar sudah dibahas pada Pelajaran Nahwu 40.

Sekarang kita masuki pelajaran tentang Pembagian Khobar. Khobar terbagi 2: 1. Khobar mufrod, yaitu khobar yang terdiri dari 1 kata (isim) saja Contoh khobar mufrod: ‫( الولد نائمون‬Al-Aulaad naa-imuun = Anak-anak itu tidur). 2. Khobar ghoiru mufrod, yaitu khobar yang terdiri dari jumlah (kalimat sempurna) atau sibhul jumlah (yang menyerupai kalimat) Yang termasuk jumlah adalah jumlah ismiyyah (yang terdiri dari mubtada' dan khobar) dan jumlah fi'liyyah (yang terdiri dari fi'il dan fa'il) Yang termasuk sibhul jumlah adalah jar majrur (huruf jar dan isim majrur) dan zhorof (keterangan tempat). Contoh khobar ghoiru mufrod: a. Jumlah ismiyyah: ّ ‫'( علي أبوه غني‬Aliyy abuuhu ghoniy = Ali bapaknya kaya) Keterangan: Aliyy = Mubtada' I Abuuhu ghoniyy = Khobar I, yang berbentuk jumlah ismiyyah. Abuuhu = Mubtada' II Ghoniyy = Khobar II b. Jumlah fi'liyyah: ‫'( علي يصلى في المسجد‬Aliyy yusholli fil masjid = Ali sholat di masjid) ّ ّ Keterangan: 'Aliyy = Mubtada' Yusholli fil masjid = Khobar, yang berbentuk jumlah fi'liyyah c. Jar Majrur ‫( الحمد ل‬Alhamdulillah = segala puji bagi Allah) Keterangan: Alhamdu = Mubtada' Lillah = Khobar, yang berbentuk jar majrur d. Zhorof ‫( الستاذ أمامك‬Al-ustaadz amaamaka = Ustadz itu ada di depanmu) Keterangan:

Al-ustaadz = Mubtada' Amaamaka = Khobar, yang berbentuk zhorof ------- (sumber : buku nahwu praktis A.Zakaria hal. 97-98)

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful