P. 1
Arsitektur Islam

Arsitektur Islam

|Views: 41|Likes:
Published by Adil Mochtar
presentasi tugas
presentasi tugas

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Adil Mochtar on Feb 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/15/2014

pdf

text

original

Adil Mochtar Mikhael Muslim Theno Wiraharta Dinata

ARSITEKTUR ISLAM

Tipologi fungsi bangunan dalam arsitektur Islam
 

Masjid Jenis bangunan yang didedikasikan untuk ibadah Islam, meskipun ada perbedaan dalam bahasa Arab antara yang lebih kecil masjid khusus untuk shalat lima waktu dan ukuran besar masjid jami (‫ )مسجد جامع‬di mana sholat wajib dan khotbah Jumat jemaat diadakan dengan volume tinggi hadir.  Caravanserai  Sebuah Caravanserai atau khan , juga Han (di Turki), juga dikenal sebagai kafilah ,caravansera , atau caravansara dalam bahasa Inggris atau Sarai di benua India ( Persia : ‫ كاروانسرا‬kārvānsarā atau ‫ کاروانسرای‬kārvānsarāi , Turki : Kervansaray ) adalah seorang pinggir jalanpenginapan di mana wisatawan bisa beristirahat dan pulih dari perjalanan hari itu. Caravanserais mendukung aliran perdagangan, informasi, dan orang di seluruh jaringan rute perdagangan yang meliputi Asia, Afrika Utara, dan Eropa Tenggara, terutama di sepanjang Jalan Sutra .

dan merupakan contoh yang sangat baik dari seni Bizantium tengah. Selama pemerintahan Sulaiman Agung eksterior dari Kubah Batu ditutupi dengan Iznik ubin. bersama dengan Yacoub Al Ghussein restorasi dilaksanakan dari Kubah Batu dan Masjid Al Aqsa di Yerusalem.Bagian Barat Timur Tengah   Jerusalem Dome ini dalam bentuk sebuah martyrium Bizantium. Haji Amin Al-Husseini .Pekerjaan waktu tujuh tahun. Mufti Agung diangkat oleh Inggris. struktur ditujukan untuk perumahan dan penghormatan relik suci. .

Bagian Barat Timur Tengah   Iraq Istana Abbasid  Monumen bersejarah dua.Penggalian dan upaya restorasi memberikan bukti bahwa kemungkinan besar berfungsi sebagai madrasah bukan istana. grand barel-berkubah iwan yang permukaan hiasan dihiasi dalam gaya Seljuk dengan bata geometris terdiri diukir di arabesque. . bata terletak dekat dengan tepi kiri Sungai Tigris di lingkungan al-Maiden Baghdad. Gaya itu mungkin dibangun pada masa khalifah al-Mustansir yang. dating ke periode Abbasiyah akhir (1175-1230). Pada façade halaman timur. struktur mengesankan menyoroti. Sementara ada anggapan banyak selama tanggal asli dari situs.

bagian barat pengadilan terbuka ke ruangan besar yang berfungsi sebagai mushalla. tempat untuk berdoa. halaman berbatasan dengan arcade muqarnasberkubah dikelilingi oleh ruang kecil yang seharusnya digunakan oleh siswa di madrasah. Fitur dari situs ini menyediakan bukti lebih lanjut bahwa itu difungsikan sebagai madrasah bukan istana. menciptakan desain yang melindungi privasi dengan tidak memungkinkan akses visual ke perempat bagian dalam sekolah.Bagian Barat Timur Tengah  Ia juga memiliki dua gerbang sungai mengapit sebuah iwan buta dan timah menjadi dua lorong-lorong ke pedalaman. Organisasi ini dari rencana pintu masuk dikenal sebagai mabain. Rencana lantai itu mungkin diduplikasi di kedua cerita. ." Dari dalam. Diseberang iwan megah di timur. "yang adalah antara.

adalah arsitektur penting. dihormati sebagai seorang nabi oleh Kristen dan Muslim.Bagian Barat Timur Tengah  Syria  Masjid Umayyah Masjid Agung Damaskus. terutama untuk mengunjungi peninggalan Yohanes Pembaptis. Gam 'Bani' Umih al-Kabir). Terletak di kota tua Damaskus. . Masjid ini memiliki sebuah kuil yang disebut berisi kepala Yohanes Pembaptis. adalah salah satu masjid terbesar dan tertua di dunia. Pada tahun 2001 Paus Yohanes Paulus II mengunjungi masjid. Ini adalah pertama kalinya seorang paus melakukan kunjungan ke masjid. Kepala ini diduga ditemukan selama penggalian untuk pembangunan masjid. transl. juga dikenal sebagai Masjid Umayyah (. Makam Saladin berdiri di sebuah taman kecil berdampingan dengan dinding utara masjid.

Bangunan ini dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia. dianggap menggambarkan surga. atau mungkin Ghouta yang memegang tradisi sehingga terkesan Nabi Muhammad bahwa ia menolak untuk memasukinya. karena itu salah satu yang terbesar pada masanya. pendidikan agama. dan bagian dalam dinding ditutupi dengan mosaik halus. Masjid baru adalah yang paling mengesankan di dunia Islam pada waktu itu. sebagaimana dibuktikan oleh gaya Bizantium sebagian bangunan. lebih memilih untuk mencicipi surga di akhirat. administrasi peradilan dan bantuan dari sakit dan kehilangan tempat tinggal.Bagian Barat Timur Tengah  Syria  Konstruksi dan Arsitektur Pembangunan masjid ini didasarkan pada rumah Nabi di Madinah. yang memiliki banyak fungsi: itu adalah tempat untuk doa pribadi dan kolektif. . pertemuan politik. Khalifah bertanya dan diperoleh dari Kaisar Kekaisaran Bizantium 200 pekerja terampil untuk menghias masjid.

yang didukung oleh kolom urutan Korintus. ceruk yang menunjukkan arah Mekkah (kiblat). pengunjung bisa melihat mihrab.Bagian Barat Timur Tengah  Dinding eksterior didasarkan pada dinding kuil Jupiter dan mengukur 100 dengan 157. Itu adalah masjid pertama yang memiliki sebuah bentuk dan cara ini.5 m. ​Bagian dalam masjid ini mengingatkan Kubah Batu di Yerusalem. dan satu sama lain dengan lebih mudah. . Ruang sholat terdiri dari tiga gang.

. atau plaza. keliling beratap toko ditambahkan oleh 1602 dalam upaya untuk memperkenalkan commerce untuk daerah tersebut.Bagian Barat Timur Tengah  Iran  Isfajan  Para maidan. memikat pedagang dari kota lama ke utara. adalah ruang hektar delapan dibangun di bawah Shah Abbas I antara 1590 dan 1595 untuk upacara negara dan olahraga. Dua bertingkat.

. yang Qapu Ali pada façade barat. Masjid Shah. timur. Bagian depan beratap awalnya dihiasi dengan ubin kaca polikrom. Di selatan. bergantian penggunaan daerah pusat besar dengan kios komersial. Masjid Syekh Lutfallah. irama arcade rusak sekali pada façade masing-masing dengan pintu masuk gedung. di utara portal pintu masuk monumental untuk sebuah pasar dua kilometer yang menghubungkan maydan ke kota tua.Bagian Barat Timur Tengah  Festival dan parade dilanjutkan dalam ruang multifungsi.

yang kedua yang paling penting adalah Masjid Raya Sulaimaniah di Istanbul dan Masjid Selimiye di Edirne . Magang dari Sinan kemudian membangun terkenal Masjid Biru di Istanbul dan Taj Mahal di India .Ottoman Turkey  Rencana standar Utsmani arsitektur terinspirasi sebagian oleh contoh dari Hagia Sophia diKonstantinopel / Istanbul . . yang hidup sekitar seratus tahun dan dirancang beberapa ratus bangunan. Yang paling terkenal dari arsitek Ottoman (dan tetap) Mimar Sinan . I lkhanid bekerja seperti Oljeitu Tomb dan sebelumnya Seljuk dan Beylik Anatolia bangunan monumental dan inovasi mereka sendiri asli.

[ 26 ]Sela ma hampir 500 tahun arsitektur Bizantium seperti gereja Hagia Sophia menjadi model untuk banyak masjid Utsmani seperti Masjid Shehzade. Masjid Suleiman. Arsitek Turki menerapkan gaya mereka sendiri kubah kubah. dan Masjid Rustem Pasha . yang diperoleh dari pengaruh Bizantium.Persia dan Suriah Arab desain.Ottoman Turkey  Yang paling banyak dan terbesar dari masjid ada di [Turki]. .

yang dihidupkan kembali setelah Arab penaklukan wilayah.Central asia  Monumen ini menandai era baru dalam perkembangan arsitektur Asia Tengah. Rincian konstruksi dan artistik bata tersebut ( lihat gambar ). tetapi untuk standar yang lebih tinggi daripada yang terlihat sebelumnya. masih sangat mengesankan.Para arsitek terus menggunakan tradisi kuno konstruksi bata dibakar. dan menampilkan fitur tradisional kembali ke pra-Islam budaya. .

yang dimulai dengan penting Makam Humayun .India dan Pakistan Gaya lain sub-khas adalah IndoIslam arsitektur di Asia Selatan . namun paling dikenal untuk Taj Mahal . Asia Tengah dan Persia elemen lokal dengan arsitektur Hindu . . Contoh yang paling terkenal dari arsitektur Mughal adalah seri kekaisaran mausolea. adalah perpaduan dari bahasa Arab . selesai pada 1648 oleh Kaisar Shah Jahan untuk mengenang istrinya Mumtaz Mahal yang meninggal saat memberikan melahirkan anak ke-14 mereka.

Taj Mahal benarbenar simetris kecuali Shah Jahan sarkofagus . 26 mil (42 km) sebelah barat Agra . di mana domeless Makam Jahangir juga terletak.India dan Pakistan Penggunaan luas dari batu mulia dan semimulia sebagai tatahan dan kuantitas besar marmer putih dipersyaratkan hampir bangkrut kekaisaran. dibangun untuk Akbar pada abad 16an. . Simetri ini diperluas untuk pembangunan sebuah masjid cermin seluruh warna merah batu pasir untuk melengkapi tempat Mekkah menghadap masjid di sebelah barat struktur utama. yang ditempatkan dari pusat dalam ruang bawah tanah di bawah lantai utama. The Red Fort diDelhi dan Agra Fort adalah benteng besar seperti istana benteng dan kota ditinggalkan dariFatehpur Sikri . Sebuah contoh yang terkenal dari Charbagh gaya Mughal taman adalahShalimar Gardens di Lahore .

 . Masjid Al-Qarawiyyin Referensi visual untuk arsitektur agama dan palatina Islam Spanyol yang jelas dalam rencana hypostyle masjid. abad persegi 10 batu menara (ditugaskan dan didanai oleh 'Abd al-Rahman III.Western north Africa and Spain   Morocco. dan kayu cedar ukiran adalah bahan utama yang digunakan untuk struktur dan ornamen dari masjid yang tepat. Biru dan putih genteng halaman itu lantai. Bata Stuccoed. Sultan Ali ben Yusuf memperluas masjid untuk ukuran sekarang antara 1134 dan 1143. marmer mancur wudhu. ditambahkan oleh Sultan Sa'did 'Abdallah ibn al-Shaikh (m. berbentuk T rencana Al-Qarawiyyin. milik tradisi masjid Afrika Utara. yang mengingat Pengadilan Lions di Alhambra. kayu. diciptakan oleh tegak lurus lorong tinggi pusat gang fronting dinding kiblat. dan paviliun air mancur dua. 1606-1623). dan genteng kaca gaya (zilij) hias berasal dari Alhambra.Namun. Penguasa Almoravid. dengan batu dan revetment genteng. dan oleh plesteran berukir. khalifah Umayyah pertama dari al-Andalus).

dengan ruang terbuka dan berangin nya interior dihiasi dengan warna merah. Dindingnya dihiasi dengan bergaya dedaunan motif. lebih kecil. Ada lain.Western north Africa and Spain   Spain Pembangunan Masjid Agung di Cordoba (sekarang menjadi katedral dikenal sebagai Mezquita) mulai tahun 785 CE menandai awal dari arsitektur Islam di semenanjung Iberia dan Afrika Utara (lihat Moor ). dengan dinding tertutup sayu genteng . Arab prasasti. Moor arsitektur mencapai puncaknya dengan pembangunanAlhambra . biru. atau kota khalifah dari Madinah Azahara . istana yang megah / benteng Granada . Masjid ini terkenal karena mencolok interior lengkungan . kelangsungan hidup seperti Mardum Bab di Toledo . dan emas. dan arabesque karya desain. .

membuka di bagian dalam dengan air mancur sebagai bagian pusat rumah itu. . Bahkan setelah selesainya Reconquista . pengaruh Islam memiliki pengaruh abadi pada arsitektur Spanyol . Salah satu contoh terbaik dari dampak yang langgeng bangsa Moor 'pada arsitektur Spanyol adalah Alcázar dari Seville . termasuk carmen. orang Spanyol abad pertengahan menggunakan Mudejar gaya.Western north Africa and Spain   Moor arsitektur berakar mendalam didirikan di Arab tradisi arsitektur dan desain didirikan pada masa kekhalifahan pertama dari Bani Umayyah di Levant 660AD sekitar tahun dengan ibukotanya Damaskus memiliki contoh yang sangat baik diawetkan denda Arab Islam dan desain geometrik. Secara khusus. yang merupakan rumah khas Damaskus. sangat mempengaruhi desain Islam.

Menara dari Masjid Agung Kairouan di Tunisia dianggap sebagai menara tertua di dunia. dengan itu derivasi dari kata dari bahasa Arab nur . Ia memiliki bentuk sebuah menara persegi besar tiga bagian ditumpangkan. dengan tiga ruang bawahan dan satu satu pokok yang menghadap ke Mekkah  Mihrab atau doa ceruk pada dinding di dalam menunjukkan arah ke Mekah . yang berarti "cahaya").Elemen gaya Arsitektur Islam  Menara atau menara (ini awalnya digunakan sebagai obor terang menara pengawas. . seperti yang terlihat di Masjid Agung Damaskus .  Sebuah empat iwan rencana.  Domes dan kubah .

seperti yang digunakan di Alhambra . sebuah Persia istilah untuk portal proyeksi dari fasad bangunan. tilework mengkilap. untuk dekorasi kubah. seorang Arab / Islam yang unik-ruang melampirkan sistem.  Penggunaan mocárabe dan muqarnas . biasanya ruang doa utama dari sebuah masjid.  Penggunaan pola geometris Islam dan dedaunan berbasis arabesque . . dengan salah satu ujung sepenuhnya terbuka. berdinding di tiga sisi. [ 42 ] [ 43 ]  Berfungsi untuk menghubungkan antara paviliun yang berbeda. biasanya dihiasi dengan kaligrafi band. menara dan portal. dan desain geometris.Elemen gaya Arsitektur Islam  Pishtaq adalah pintu gerbang resmi kepada iwan . ruang berkubah atau ruang.

 Pusat air mancur digunakan untuk wudhu (sekali digunakan sebagai wudhu daerah bagi umat Islam). representasi manusia dan hewan memang hadir. Bandingkan kompleks Registan Uzbekistan untuk Al-Azhar Kairo. jika gaya adalah Persia atau India (Mughal). pucat batu pasir dan batu abuabu lebih disukai di antara bangunan Arab.  Penggunaan warna cerah. Perhatikan bahwa dalam arsitektur sekuler.Elemen gaya Arsitektur Islam  Penggunaan hias kaligrafi Islam bukan gambar yang adalah haram (dilarang) dalam arsitektur masjid. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->