MATERI KULIAH STATISTIK PENDIDIKAN

1. Konsep Dasar Statistik Pendidikan: Pengertian statistik, Jenis Statistik, Fungsi dan Kegunaan Statistik, Hipotesis, Menentukan Ukuran Sampel, dan Jenis Data. 2. Uji Korelasi: 1.1 Korelasi Product Moment 1.2 Korelasi Spearman Rank 1.3 Korelasi Phi 1.4 Korelasi Point Serial. 1.5 Analisis Regresi: 1.6 Uji persamaan Regresi Linier Sederhana 1.7 Uji Linieritas Garis Regresi. 1.8 Uji Beda: 1.9 Uji Z 1.10 Uji t 1.11 Uji Chi Kuadrat 1.12 Analisis Varian (Anava)

Strategi Perkuliahan

Strategi yang akan digunakan dalam perkuliahan ini adalah brainstorming, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas. Untuk metode diskusi, perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk diskusi kelompok (masing-masing kelompok berjumlah 5 mahasiswa),selama 40 menit dan dilanjutkan dengan diskusi kelas selama 65 menit, dalam diskusi kelas ini salah satu kelompok akan menyampaikan hasil diskusi kelompoknya yang sesuai dengan materi pada time line perkuliahan. Pada saat salah satu kelompok menyampaikkan hasil diskusi kelompoknya, kelompok yang lain menanggapinya demikian seterusnya. Sehingga dosen dan mahasiswa lain mempunyai kesempatan untuk mencermati, mengamati, menambah, membetulkan kesalahan/kekurangan pendapat kelompok/mahasiswa lain. Pada 15 menit terakhir dilakukan review dan kesan.

Penilaian Evaluasi hasil perkuliahan meliputi 1. Ujian tengah semester (bobot 15%), 2. Ujian akhir Semester (bobot 25%), 3. Tugas individu (bobot 20%) 4. Tugas kelompok (bobot 20%), 5. Performance/Kehadiran (bobot 20%), beberapa komponen, diantaranya adalah:

Yogyakarta: Gajah mada University Press. Statistik (Konsep Dasar dan Aplikasinya) Jakarta: Pranadia Media 2. Yogyakarta: Andi Offset 10. Agus Irianto. (2002). (2000). (1993) Metode Penelitian dan Statistik Terapan. Statistik Untuk Penelitian. J. Metoda Statistika. diantaranya: 1. Bandung: Alfa Beta 8. Puji Raharjo dkk. Jakarta: Raja Grafindo Persada 3. Metode Penelitian. Burhan Nurgiyanto. Widodo J. (1999). Fundamental Statistics in Psychology and Education. Moh. Guilford. (2004). New York: Mc. Anas Sudijono. (1992). Bandung: Tarsito 7. (2003). (1950). Surabaya: Airlangga University Press . Statistik Terapan (Untuk Ilmu-Ilmu Sosial). Nazir. Pengantar Statistik Pendidikan. Graw Hill Book Company Inc. Sudjana.P. Metodologi Research. Sutrisno Hadi. 4. Statistik (Jilid 2). (19930. Sugiyono. Jakarta: Ghalia Indonesia 6. 5.Referensi Untuk referensi/buku sumber dapat menggunakan semua buku statistik. Yogyakarta: Andi Offset 9. Tetapi ada beberapa buku yang dapat dijadikan pegangan. Sutrisno Hadi. (2004).

ilmu statistik adalah ilmu pengetahuan yang membahas dan memperkembangkan prisip-prinsip. angka perkawinan. dan penganalisaan data. metode dan prosedur yang perlu ditempuh atau dipergunakan dalam rangka : pengumpulan data angka. Contoh : statistik penduduk. dan penganalisaan data. angka perpindahan penduduk. 2. penganalisaan terhadap data angka dan penarikan kesimpulan. pembuatan perkiraan. yang mempunyai kegiatan pokok dalam bidang : pengumpulan data. menganalisa dan memberikan interpretasi terhadap sekumpulan bahan keterangan yang berupa angka itu dapat berbicara atau dapat memberikan pengertian dan makna tertentu. menyusun atau mengatur. Dengan ungkapan lain. angka kematian. Pengertian statistik adalah : Statistik adalah data angka yang dapat memberikan gambaran mengenai keadaan atau gejala tertentu. memerikan gambaran data angka yang berhubungan dengan bidang kependudukan (angka kelahiran. penyajian atau penggambaran pelukisan data angka. menyajikan. penyajian data. dan lain sebagainya). Statistik sebagai Ilmu statistik adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari dan memperkembangkan secara ilmiah tahap-tahap yang ada dalam kegiatan statistik. Ilmu Statistik merupakan ilmu pengetahuan yang membahas dan mengembangkan prinsip-prinsip. serta penyusunan ramalan secara ilmiah atas dasar kumpulan data angka tersebut. Contoh : Biro Pusat Statistik.1. Statistik sebagai kegiatan statistic atau kegiatan perstatistikan atau kegiatan penstatistikan adalah kegiatan statistic yang mencakup tentang pengumpulan data. artinya sebuah biro pada tingkat pusat. penyusunan atau pengaturan data angka. penyajian data. metode dan prosedur yang perlu ditempuh atau dipergunakan dalam rangka : pengumpulan data angka penyusunan atau pengaturan data angka . Statistik sebagai metode statistik yaitu cara-cara tertentu yang perlu ditempuh dalam rangka mengumpulkan.

peristiwa atau keadaan. yaitu : a. ringkas dan jelas. mengenai suatu gejala. Statistik Sederhana. Statistik bersifat obyektif. Manfaat yang dapat diambil dari mempelajari Statistik Pendidikan adalah : Dapat mengetahui rata-rata (average) dari suatu data statistik . Statistik bersifat universal. Staistik Lanjut. adalah statistik yang menyediakan aturan atau cara yang dapat dipergunakan sebagai alat dalam rangka mencoba menarik kesimpulan yang bersifat umum. mengolah. Ilmu statistik berbeda dengan ilmu-ilmu yang lain karena mempunyai tiga ciri khusus. artinya : bahwa ruang lingkup atau ruang gerak dan bidang garapan Statistik tidaklah sempit. b. dikenal pula dengan istilah Statistik Deduktif. menyajikan atau menganalisa data angka. 4. Statistik Inferensial. b. dikenal pila dengan istilah Statistik Induktif. pembuatan perkiraan. yaitu : a. 3. Ilmu statistik dapat dibagi dua. atau bekerja menurut apa adanya. atau Inferensial Statistics. Statistik selalu bekerja dengan angka atau bilangan (dalam hal ini adalah data kuantutatif). dari sekumpulan data yang telah disusun dan diolah. agar dapat memberikan gambaran yang teratur. Statistik Deskriptif. dan Descriptive Statistics. adalah statistic yang tingkat pekerjaannya mecakup cara-cara menghimpun. artinya : statistik selalu bekerja menurut obyeknya. penganalisaan terhadap data angka dan penarikan kesimpulan. Statistik Mendalam.penyajian atau penggambaran pelukisan data angka. menyusun atau mengatur. c. serta penyusunan ramalan secara ilmiah atas dasar kumpulan data angka tersebut.

Data sekunder adalah : data statistic yang diperoleh atau bersumber dari tangan kedua. 8. Sedangkan Data Ordinal (data urut). Data yang bersifat agregatif merupakan data yang diperoleh dari gejala atau peristiwa yang menunjukkan satu individu untuk berbagai hal atau berbagai individu untuk satu hal serta mencerminkan suatu kegiatan dalam bidang atau lapangan tertentu. 7. Sekumpulan angka atau bilangan dapat disebut data statistik apabila angka tersebut menunjukkan suatu ciri dari suatu penelitian yang bersifat agregatif. Data kontinyu ialah data statistik yang angka-angkanya merupakan deretan angka yang sambung menyambung. Data primer adalah : data statistik yang diperoleh atau bersumber dari tangan pertama . 6. Contoh : Data tentang alumni STAIBN yang diperoleh atau bersumber dari surat kabar Masa Kini. sedangkan Data Diskrit tidak berbentuk pecahan. yaitu data statistik yang cara menyusun angkanya didasarkan atas urutan kedudukan (= ranking). artinya data itu milik satu orang tetapi ada macam-macam data yang dikumpulkan. atau data yang deretan angkanya merupakan suatu kotinum/dengan desimal. Sedangkan Data Diskrit ialah data statistik yang tidak mungkin berbentuk pecahan.Dapat mengetahui pemencaran atau penyebaran (variability atau dispersion) dari suatu data statistik Dapat mengetahui korelasai (hubungan) dari suatu data statistik 5. Berita Nasional. Jadi perbedaannya kalau data kontinyu deretan angkanya dengan desimal. Contoh : data tentang alumni STAIBN yang diperoleh atau bersumber dari bagian kemahasiswaan dan alumni STAIBN. dll. . Data interval adalah data statistic dimana terdapat jarak yang sama diantara hal-hal yang sedang diselidiki atau dipersoalkan. Kedaulatan Rakyat.

70052895 = 1.5 e. 9.5) = 8.5 = 75. Interval 59 – 78.5 b. (8+0. Batas Bawah Nyata (lower limit) 15 adalah 15 – 0.91178650 = 9.5 Batas Atas Nyata (upper limit) 15 adalah 15+0. Interval 35 – 40.912 f.00063087 = 0. 5 11.5) = 58.5 = 15.78550699 = 0.5 10. Nilai nyata dari 8 adalah : (8-0. Interval 40-49. Tepatnya data .785 c. Tiga prinsip yang harus dipegang dalam rangka pengumpulan data statistik adalah : a.5 d.11150789 = 0. Interval 37-40.5-8. 0. 0.55550067 = 5. Nilai Relatifnya adalah : 37-40 c.5.5 = 34. upper limitnya adalah : 75 + 0. sebab data yang banyak belum merupakan jaminan bahwa data tersebut cukup lengka.9. dan bukan data yang sebanyak-banyaknya. 8 = 7. lower limitnya adalah : 35 – 0. pendidikan kita harus berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menghimpun data yang selengkap-lengkapnya. Interval 71 – 75.5.5 = 14.5 – 78.5 b. a.555 12. Midpointnya adalah = (40 + 49) : 2 = 89:2 = 44.5) = 7. 1. lengkapnya data. 0. 5. b.5. artinya dalam pengumpulan data statistic. a. Nilai Nyatanya adalah : (59 – 0.5 = 58.5) = 78.111 b. (78 – 0.001 e. a.701 d.

Alat atau instrument yang dipergunakan untuk menghimpun data. Jenis atau macam datanya 2. Waktu pengumpulannya 3. Kegunaan atau relefansinya.Pedoman wawancara (interview guide) . 13. a.Data yang dihimpun hendaknya merupakan data yang tepat. Sensus Sensus adalah cara mengumpulkan data dengan jalan mencatat atau meneliti seluruh element yang menjadi objek penelitian. Alat yang ditempuh dalam rangka menghimpun data statistic adalah : . Kebenaran data yang dihimpun Maksudnya data yang dihimpun hendaklah merupakan data yang benar-benar dapat dipercaya atau dapat dijamin akan keshohihannya. maupun 4. Sampling Sampling ialah cara mengumpulkan data dengan jalan mencatat atau meneliti sebagian kecil saja dari seluruh element yang menjadi objek penelitian.Daftar atau daftar check (check list) . sampling adalah cara mengumpulkan data dengan mencatat atau meneliti sampelnya saja.Skala bertingkat (rating scale) . dengan kata lain. b. Cara yang dapat ditempuh dalam rangka menghimpun data statistic adalah : a. yakni tepat dalam hal : a. Dengan kata lain. sesuai dengan tujuan pengumpulan data atau tujuan penelitian. sensus adalah pencatatan data secara menyeluruh (Complete enumeration) terhadap element yang menjadi objek penelitian tanpa perkecualian. 1.

286 .2855 = 355354.328 15.994 b. 1/7 = 0.567 = 152688. 0.99420841 = 0.03489 = 152688. 5/39 = 0.035 c.128 = 0. atau disediakan tempat untuk mengisikan jawabannya. 596..9971 = 0.143 = 0. 14.135/411 = 0.116 = 355354. a.142857142 b.328467153 = 0. Kuadrat dari : a. 123.128205128 c.Questionnaire (daftar pertanyaan yang setiap pertanyaannya sudah disediakan jawaban untuk dipilih.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful