MAKALAH ASUHAN KEBIDANAN ASI EKSKLUSIF

Disusun oleh: 1. Citra Marsella 2. Yulia Putri M.S 3. Emiliana 4. Pipe Angela 5. Sella Juli Anggraini 6. Umiyati 7. Marlina Arnel 8. Shinta Margaretha 9. Ambrina Rosada 10. Ilaiha 11. Nikita Prima 12. Dian Permata Dewi (B.10.12.1090 (B.10.12.1131) (B.10.12.1098) (B.10.12.1113) (B.10.12.1119) (B.10.12.1127) (B.10.12.1106) (B.10.12.1123) (B.10.12.1086) (B.10.12.1102) (B.10.12.1111) (B.10.12.1094)

Tingkat : II A akbid Dosen Pembimbing : Yuli Bahriah,SKM,SST

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN STIKES MITRA ADI GUNA PROGRAM DIII KEBIDANAN PALEMBANG 2011/2012

Wr. Semoga makalah yang kami buat dapat membantu mahasiswa dalam memahami dan mempelajarinya.Wb Palembang.Wb Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah.Swt karena atas berkat rahmat dan karuniaNya kami telah kami menyelesaikan makalah yang berjudul “ASI EKSKLUSIF” Adapun tujuan pembuatan makalah ini yaitu menambah pengetahuan mahasiswa tentang pentingnya ASI eksklusif bagi bayi karena tanpa adanya ASI eksklusif ketahanan tubuh bayi akan melemah. Apabila terdapat kekurangan dalam makalah ini.kami mohon maaf dan kepada Tuhan kami mohon ampun.Wr. 2011 Penyusun .oleh karena itu tujuan dari makalah ini untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran yang luas. Wassalamualaikum.KATA PENGANTAR Assalamualaikum.

.....1 KESIMPULAN.........2 SARAN..................................................... DAFTAR PUSTAKA................................................................... 1......................................5 Kadar garam mineral dalam ASI dan kesimpulan dari ASI ................ BAB II PEMBAHASAN. 2................................................ DAFTAR ISI...................tujuan dan rumusan masalah....................................... 2.... 3..... BAB 1 PENDAHULUAN...3 Komposisi Kandungan ASI dan solusi ASI bagi pekerja........................................................... 2.............................................................................................................................. 2.......... .......... 1.2 Tujuan.......... 3.........................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR................................Keluarga&Masyarakat..................................................................................... 2...................1 Definisi ASI Eksklusif..Ibu.....1 Latar Belakang................ BAB III PENUTUP...................2 Manfaat ASI Eksklusif bagi Bayi........4 Cara penyimpanan ASI dan pengeluaran ASI .................................

BAB I PENDAHULUAN 1.1Latar Belakang ASI Eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan pada bayi yang berusia 0-6 bulan.manfaat serta cara penyimpanan ASI.rumusan masalah. 1.kandungan.yang berati memiliki pangan yang cukup untuk mempertahankan kehidupan yang sehat dan produktif yang baik. ASI Eksklusif menurut WHO yaitu pemberian makanan cairan maupun makanan tambahan sebelum bayi berusia 6 bulan.tujuan.2Tujuan Untuk menambah pengetahuan mahasiswa tentang pentingnya “ASI EKSKLUSIF” seperti arti dari ASI eksklusif itu sendiri. Pemberian ASI merupakan aspek penting dalam ketahanan pangan.komposisi. .

baik hari ini maupun dimasa yang akan datang. Pemberian ASI sebagai jantung ketahanan pangan.suhu sesuai dan berkesinambungan demi masa depan insan dibumi.karena selain ekonomis . Tujuan dari Asi Eksklusif yaitu  Meningkatkan minat wanita karir untuk memberikan ASI Eksklusif.  Meningkatkan ketahanan pangan kini dan di masa mendatang melalui pemberian ASI kepada bayi.bahkan menimbulkan penyakit. Masyarakat dikatakan memiliki ketahanan pangan apabila semua anggota keluarga (termasuk bayi) memiliki askes terhadap makanan dalam jumlah yang cukup dan mutu yang baik. Ketahanan pangan berarti memiliki pangan yang cukup untuk mempertahankan kehidupan yang sehat dan produktif . Rumusan Masalah Pemberian ASI merupakan aspek penting dalam ketahanan pangan.pangan alami. Menurut WHO: Pemberian makanan cairan maupun makanan tambahan sebelum bayi berusia 6 bulan tidak bermanfaat bagi bayi.  Meningkatkan pengetahuan ibu mengenai manfaat ASI dan cara penyimpanannya apabila bekerja.BAB II PEMBAHASAN 2.1 ASI EKSLUSIF Definisi Asi Eksklusif Yaitu pemberian Asi tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berusia 0-6 bulan.praktis.dengan harga yang terjangkau.dapat diterima dan selalu tersedia secara lokal/dalam negri secara berkelanjutan. .selalu tersedia setiap saat dibutuhkan.

dapat memberi jaminan pangan yang sangat penting bagi keluarga yang mengalami kekurangan pangan dalam situasi darurat.2.2 MANFAAT ASI BAGI BAYI         Kecerdasan anak Bebas alergi Aman Memperkuat sistem kekebalan tubuh Mudah dicerna Jarang menyebabkan konstipasi Menurunkan resiko jantung Membina kasih sayang antara ibu dan anak MANFAAT ASI BAGI IBU     Meningkatkan kontraksi rahim Menurunkan kalori sehingga menurunkan berat badan Mengurangi resiko Ca mamae dan Ca ovarium Menghemat waktu MANFAAT ASI BAGI KELUARGA  Pengeluaran relatif berkurang MANFAAT BAGI MASYARAKAT  Dengan menyusui.  Memberi ASI merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kelangsungan hidup anak. .

DHA (Docosahexaenoic acid). . Taurine adalah salah satu jenis asam amino yang ada dalam ASI dan berperan dalan perkembangan otak dan fungsi retina.lalu diberikan pada bayi saat ibu bekerja di kantor.  Produksi ASI wanita laktasi sehat 500ml susu perhari dan meningkat sampai 700ml pada tahun pertama laktasi. SOLUSI ASI EKSKLUSIF BAGI WANITA PEKERJA  ASI Perah yaitu ASI yang diperas dari payudara .  Pemberian ASI yang sudah diperas hanya pada kondisi tidak bisa menyusui. Kandungan ASI a. Kolostrum yaitu zat kekebalan terutama IgA untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi terutama diare.2.  Nilai kalori 70 kalori per 100mi ASI. d. c. AA (Arachidonic acid) adalah dua jenis asam lemak yang penting bagi perkembangan otak dan sistem saraf.sementara komposisi susu formula tetap sama. b. DHA mengandung jenis lemak omega 3.AA mengandung lemak omega 6.3 Komposisi ASI  Berubah-ubah setiap saat dan menurut periode laktasi.

bisa tahan hingga 24 jam.0% Garam Mineral 0.maka ASI dapat bertahan selama 5hari.D.K dalam jumlah yang sangat sedikit.  Jika disimpan di freezer dengan suhu 15 derajat celcius dpat bertahan sekitar 2minggu.  Bila disimpan di lemari pendingin pada suhu 4 derajat celcius dengan meletakkan di bagian paling dalam lemari pendingin.  Jika disimpan di thermos yang diberi es batu.E dan vit.8% Vitamin A.2% Air 87.4 CARA PENYIMPANAN ASI PERAH  ASI perah sebaiknya disimpan dalam jumlah sedikit disesuaikan dengan lama ibu meniggalkan bayinya. c.5% Lemak 3. b.dengan pintu freezer terpisah dari kulkas dan suhu bisa dijaga konstan.ketahanan ASI mencapai 3 sampai 6 bulan. e.2.5% Karbohidrat 7. d.C. .B. Protein 1.  Sedangkan pada freezer dengan suhu 18 derajat celcius. PENGELUARAN ASI Rata-rata sampel ASI yang dikumpulkan selama 24 jam mengandung: a.  ASI tahan disimpan di dalam suhu ruangan (maksimal 25 derajat Celcius) sampai enam jam. f.

Magnesium kadarnya dalam ASI lebih cocok untuk bayi di bandingkan dengan susu sapi.  Bekerja di luar rumah bukanlah halangan untuk memberikan ASI Eksklusif. 4. 3.  Mempromosikan ASI merupakan bagian dari perencanaan ketehanan pangan suatu negara. Kalsium kadarnya dalam ASI lebih cocok untuk bayi di bandingkan dengan susu sapi. Zat Besi kadar zat besi yang rendah tidak mengurangiasifat anti infeksi. Fosfor kadarnya dalam ASI lebih cocok untuk bayi di bandingkan dengan susu sapi. Natrium kadarnya ideal untuk bayi.5 KADAR GARAM MINERAL DALAM ASI Kadar garam mineral dalam ASI yaitu 1. .  Pemberian ASI merupakan jaminan ketahanan pangan bayi. 2. KESIMPULAN  ASI memberikan keuntungan ganda tidak saja untuk bayi tetapi untuk ibu juga.  Tidak ada bahn makanan yang selalu tersedia setiap saat.2.terjangkau dan bernilai gizi tinggi selain ASI . 5.

bahkan menimbulkan penyakit. 3.2 SARAN Diharapkan agar mahasiswa dapat memahami tentang “ASI EKSKLUSIF”. .1 KESIMPULAN Dari hasil pembuatan makalah tentang “ASI EKSKLUSIF” ini merupakan Pemberian makanan cairan maupun makanan tambahan sebelum bayi berusia 6 bulan tidak bermanfaat bagi bayi. Karena pengetahuan ini sangat penting bagi kesehatan Ibu dan Bayi.baik hari ini maupun dimasa yang akan datang.BAB III PENUTUP 3. Ketahanan pangan berarti memiliki pangan yang cukup untuk mempertahankan kehidupan yang sehat dan produktif .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful