Evaluasi Dengan menggunakan Analisis SWOT atau TOWS

Posted on 9 November 2011 Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya mengenai Analisis SWOT atau TOWS, maka kali ini kita akan membahas mengenai cara melakukan evaluasi dengan menggunakan analisis Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats. Seperti yang saya tulis sebelumnya bahwa Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar). Evaluasi dengan analisis SWOT kali ini bisa diterapkan untuk perusahaan atau bisnis kita, untuk personal diri pribadi kita sendiri sehingga kita bisa tahu keunggulan dan kelemahan bersaing kita dengan kompetitor. Analisis SWOT ini juga bisa bisa untuk menganalisis para kompetitor kita sehingga kita bisa tahu dan bisa mengatur strategi bisnis kita untuk melangkah ke depan dan bisa bersaing dengan pesaing kita. Banyak strategi bisnis yang menjelaskan bahwa jika kita bisa tahu mengenai keunggulan dan kelemahan diri sendiri dan pesaing kita maka kita bisa unggul mengalahkan pesaing kita. Analisis SWOT ini merupakan analisis yang paling mudah digunakan dan dibuat. Yang penting analisis SWOT ini membutuhkan kemampuan analisis dalam mengamati suatu hal. Buatlah tabel evaluasi dengan membaginya kedalam masing masing sesuai dengan Strength, Weakness, Opportunities dan Threatness. Untuk mengerjakan dan mengisi lembar evaluasi analisis SWOT ini isilah dengan hal yang serealistik mungkin apa adanya yang ada diri anda atau perusahaan anda. Jika ingin mengevaluasi perusahaan anda, usahakan anda tulisa dalam satu tim yang melibatkan beberapa orang dari divisi atau unit yang berbeda-beda dari skala manajemen atas (top manajemen) kemudian SWOT ini dilakukan break-down ke masing masing divisi untuk mengetahui keseluruhan detail dari SWOT ini. Tulislah masing masing pertanyaan di tabel evaluasi Analisis SWOT tersebut. 1. Strength (Kekuatan)

Apa yang menjadi kelebihan saya?

Apa yang membuat anda lebih baik dari pesaing saya?

Hal unik apa yang saya punya dan tidak dimiliki yang lain?

Weakness (Kelemahan)  Sesuatu hal apa yang bisa saya tingkatkan atau anda kembangkan?  Sesuatu hal apa yang bisa anda hindari dan saya cegah?  Apa yang bisa saya lihat dari pesaing saya mengenai kelemahan saya ?  Faktor-faktor apa saja yang membuat saya merasa kalah bersaing dengan kompetitor saya? 3. Sumber daya apa yang anda miliki yang orang lain tidak punya?  Strategi apa yang anda punya untuk bersaing atau unggul dengan pesaing anda? 2. Threatness (Ancaman)     Bagaimana dengan kompetitor atau pesaing saya yang mengancam dan berusaha mengungguli anda atau perusahaan anda? Strategi Apa yang dilakukan pesaing saya lakukan saat ini ? baik untuk teknologi. Opportunities (peluang)      Peluang apa yang saya bisa temukan atau saya rasakan? Ketertarikan apa yang saya lakukan saat ini yang bisa menjadi peluang? Bagaimana kondisi lingkungan saya saat ini yang bisa mendukung anda? Untuk perusahaan analisis juga kondisi teknologi. kualitas pelayanan atau barang yang dari kompetitor anda? Apakah perubahan teknologi mengancam saya? Apakah utang hutang dan anggaran mengancam kelangsungan perusahaan anda? . pasar. trend dan pola social yang dapat berpengaruh terhada produk atau layanan perusahaan anda? 4. kebijakan pemerintah saat ini dalam waktu yang dekat Bagaimana pola perkembangan masyarakat.

1. Karena saya hobinya membaca. S=STRENGTH Apasih kelebihan yang di miliki saya?        Memiliki percaya diri yang baik Pandai bercanda/suka bertindak konyol untuk menghibur orang Kalo soal main game gak usah diajari (Langsung bisa n masuk otak) Kalo disuruh hapal komik paling cepat Suka membaca novel dan komik Dari semua pelajaran. O=OPPURTUNITY Setiap orang pasti mempunyai peluang /tujuan hidup agar hidupnya lebih bermakna.sekarang apa sih kelemahan/kekurangan saya?       Takut dengan serangga yang bisa terbang (ssstt….:   Ortu saya memberikan peluang yang besar kepada saya untuk menentukan arah hidup saya dan saya ingin memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya agar bisa menjadi orang yang sukses dan membanggakan ortu saya apalagi saya merupakan anak pertama.T=THREATS .: 4. W=WEAKNESS Setiap orang pasti memiliki kekurangan atau kelemahan. Dan yang terakhir.Nah.saya pernah mempunyai keinginan untuk menciptakan perpustakaan kecil suatu saat nanti.jangan kasih tau orang ya ntar di kerjai) Terkadang saya sedikit egois dan keras kepala Mudah marah tetapi cuma sebentar saja Ceroboh Tidak sabaran Kurang aktif di otak kanan Yang ketiga: 3.p) Kemudian yang kedua: 2.paling suka pelajaran iptek dan penjas (yang praktek saja) Jago makan(.namanya juga manusia pastinya tidak ada yang sempurna.Berikut merupakan peluang saya.

sedangkan bahasa Inggris saya masih belum mantap 100% 1. Kecelakaan Naik motor. (tinggal language certificate nih. Takut tidak lulus ujian nasional 3. 5. Ketekunan dalam setiap penyelesaian tugas Weakness 1. sgera januari GO GO GO) 5. 5. 4. he…amin) Threat 1. HR. Narkoba dan sejenisnya. Network dgn Telkom Kaltim mendukung 3. Strength 1. Takut bergaul dengan orang orang tidak beres. 4. dan solusi praktis hidup khn siap2 mw mnjadi bgian dari hidupku. 6. Web programmer. 2. Keberadaan calon istri idealnya mendukung (finansial. 3. Punya channel di Telkom Kaltim 6. 5. emosional.…?        Saya memang hobinya di komputer. pergaulan bebas. 4..pasti mempunyai ancaman.saya sebenarnya juga memiliki ancaman sih.Namanya hidup. 2. Punya karisma tuk mempengaruhi tiap2 individu IPK cumlaude (ga ush kash tw ah brp IPK-nya. 3. Hati-hati dengan banyak agenda tapi tidak produktif (sia2 tw jadinya) Waspada pada langkah-langkah yang antusias tapi tiba2 padam dalam seketika Hati-hati orang yang pesimis di sekitarmu yang akan mematikan potensimu Agenda yang selalu menumpuk sewaktu-waktu Kecanduan fb juga ga baik bwat masa depan Langkah-langkah Strategis dan Jitu Mengatasi SWOT . 7. 2. Kadang hilang fokus kalo udah lelah banged Kurang menjadwalkan prioritas agenda dalam sehari Sosialiasi masih dinilai kurang (menurut Aku) Kurang tegaan ama seseorang yg deket dihati Kurang visualisasi cita-cita dan harapan tiap hari Target baca buku kurang Kurang dalam hal ibadah Opportunity 1.Saya berjanji dalam hati saya ingin lebih memperdalam ilmu saya lagi terutama dibidang komputer Saya juga ingin menguasai bahasa inggris karena pada zaman ini bahasa Inggris menjadi yang paling utama. 4. Banyaknya tawaran training yang mendukung kompetensi tapi mahal 2. he he) Jadi Asdos (minimal punya pengalaman kerja dan recommended letter) Punya sertifikasi perbankan.Tetapi saya masih belum menguasai semua pelajaran di komputer. 3. 2.apa saja ya.

Suka memerintah dan mengatur . Ngeblog aktivitas sehari yang udah dilakukan dan introspeksi diri tiap malam jam stngah jam mnjelang tidur 3. Lemah dalam bahasa Inggris 3). Mudah bersosialisasi atau berhubungan baik dengan teman. Kelemahan yang dimiliki sekarang : 1). Kekuatan yang dimiliki sekarang : 1). Susah mengambil keputusan dengan cepat 4). 6). Cerewet 2). Berkomitmen pada ucapan 7). Kemampuan mengoperasikan Software dan Hardware komputer yang baik 2). Konservatif dan hemat khususnya dalam keuangan 4). Ceroboh karena sering tidak sabaran 6). Kurangi kgtn yang membuat lelah bangd (Mis: jalan2 ga jelas tnpa tujuan. Ikut kegiatan tour dan company visit ntr tgl 21 Desember 2010 WAJIB biar tw tuh dunia kerja Sing Penting agenda ini harus ikhlas dijalani dan disiplin Komponen Analisis SWOT terhadap diri sendiri : S = Strenght. baca buku TOEFL sehari 15 halaman ok siap!!!) 2. Telaten atau pantang menyerah jika terjadi kesulitan 8). Dukungan keuangan kurang baik 5). Berfokus pada hal yang kecil namun membesarkanku CITA-CITAKu (Mis: Les bahasa Inggris. Senang membaca dan mendengarkan 5). SMS-an yg ga penting/kurg penting) 4. hafalan 5 ayat tambahan) kudu konsisten 4. buat CV diperbaharui.TOEFL bln Januari aj. ngobrol hal yg tiodk mnfaat. Sedikit egois 7). rawatib. List agenda prioritas yg mmbesarkan CITA-CITAKu 5. 15 Des ’10) 6. Tolak saja agenda yang tidak mendukung masa depan (Mis: fb-an spertinya dkurangi (ini pasti bs) 3. Jujur dan Bertanggung jawab pada diri sendiri 3). tilawah 2 halaman. IPK > 2. Amalan Sunnah minimal (duha. adalah situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan yang dimiliki oleh seseorang yang bisa berpengaruh negative di masa yang akan datang. Berpenampilan cukup menarik W = Weakness. Les Self Development Program (SDP) (Mis:SDP selasa. Eksekusi dan fokus pd 1 hal dan selesaikan agenda berikutnya 6. adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan yang dimiliki oleh seseorang yang bisa berpengaruh positif di masa yang akan datang. Baca buku khususnya manajemen/ TOEL/Inspirational sebanyak 20 halaman per harinya 2.86 9). Ngajar yang fokus 5.1. InsyaAllah sukses di raih amin List2 Prioritas Harian 1. Suka mencampuri urusan orang lain 8).

atau sebuah program dan dapat mengancam eksistensi dimasa depan. Membuat pencatatan sederhana tentang kegiatan sehari-hari 3). Secara ilmiah analisis SWOT juga diartikan sebagai metode atau cara untuk menggambarkan kondisi atau mengidentifikasi masalah berdasarkan faktor internal maupun faktor eksternal. Opportunity (kesempatan) dan Threat (hambatan/ancaman). Ancaman atau hambatan yang ada diantaranya : 1). Memperdalam kompetensi dengan terus belajar. adalah situasi yang merupakan ancaman atau hambatan yang datang dari luar diri pribadi. adalah situasi atau kondisi yang merupakan peluang atau kesempatan di luar diri pribadi yang dapat memberikan peluang berkembang dimasa depan. Lebih banyak bersosialisasi agar bisa menjadi fasilitator dari salah satu program pemerintah 4). Perkembangan teknologi baru 4). Mulai berwirausaha dengan mengikuti PKM untuk mendapat bantuan modal Strategi WO 1). Saya akan mencoba untuk menganalisis SWOT yang ada pada diri . tapi lebih mengutamakan tenaga kerja honorer Strategi SO 1). Tenaga kerja yang berpengalaman 2). Analisis SWOT adalah sebuah analisa yang dicetuskan oleh Albert Humprey pada dasawarsa 1960-1970an. Meningkatkan IPK untuk memenuhi tuntutan pekerjaan 3). Analisis SWOT digunakan untuk menghadapi segala ancaman dan hambatan di masa yang akan datang serta untuk mempersiapkan diri dari berbagai perubahan sosial yang ada agar sesuai dengan harapan dan cita-cita kita. Mengikuti semua perkembangan IT agar lebih unggul 2). Disiplin terhadap waktu. Mulai untuk lebih rapi dalam segala hal termasuk cara bicara 4). SWOT merupakan akronim dari Strength (kekuatan). Analisis SWOT menggambarkan apa yang terjadi. Semakin mudah memasukkan lamaran melalui online application T = Threat. 4). Perbanyak Puasa sunah untuk mengontrol emosi 4).O = Opportunity. 3). Meningkatnya persaingan diantara lulusan sarjana 4). Perbanyak belajar menggunakan Bahasa Inggris mulai saat ini 2). Kuota PNS. Mengikuti organisasi intra dan ekstra kampus untuk melatih percaya diri. Peraturan tentang penggunaan Komputer di semua lembaga 2). Mencari kerja part time sebagai tambahan pengalaman kerja. Rekruitmen PNS setiap tahun 3). Lulusan Perguruan Tinggi yang bonafit 3). Belajar berlatih prikotest agar bisa lulus jadi PNS 3). bukan sebagai pemecah masalah. Menabung untuk tambahan modal usaha jika akan berwirausaha Strategi ST 1). Weakness (kelemahan). organisasi. Strategi WT 1). Perbanyak jaringan atau relasi dengan meningkatkan silaturahmi untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Mengikuti kegiatan BLK (Balai latihan kerja) 2). Kesempatan atau peluang yang ada diantaranya : 1). 2).

· Mengikuti organisasi dan kepanitian di kampus yang mampu membangun softskill · Banyak belajar secara otodidak untuk menambah pengetahuan · Memiliki teman-teman yang baik dengan berbagai macam skill · Memperdalam pengetahuan tentang kedokteran hewan melalui magang dan kEgiatan Himpunan Profesi Threat Situasi/ kondisi yang merupakan ancaman atau hambatan yang dapat mengancam eksistensi seseorang. Opportunity bersifat eksternal. Dengan nilai cumlaude dan lulus tepat waktu saya berharap dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai potensi dan tentunya sesuai dengan harapan serta cita-cita saya. Apa saja potensi yang bisa berpengaruh pada karir serta hambatan-hambatan yang ada ke depan agar saya bisa mempersiapkan diri lebih baik. Strenght bersifat internal. Terbuka dan mau menerima saran dari orang lain sebagai motivasi Weakness Situasi/kondisi yang merupakan kelemahan seseorang. Tujuan utama saya dalam 3 hingga 4 tahun ke depan adalah lulus kuliah dengan nilai cumlaude.5 · Good looking · Memiliki atittude yang baik · Memiliki kemampuan bersosialisasi cukup baiK . Threat bersifat eksternal. · Memiliki semangat yang tinggi · Memiliki mental pantang menyerah · Memiliki jiwa bisnis (entrepeneur) yang tinggi · Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik · Bertanggung jawab pada diri sendiri · IPK ≥ 3. organisasi atau sebuah program di masa datang. · Banyak orang (kompetitor) yang memiliki skill diatas saya · Deadline untuk lulus kuliah cepat (maksimal 4 tahun) · Banyak tugas kuliah yang saya rasa sulit · Lapangan pekerjaan yang sesuai harapan makin sedikit . organisasi/perusahaan maupun sebuah program saat ini yang bisa berpengaruh negatif di masa yang akan datang. organisasi/perusahaan maupun sebuah program saat ini yang berperan/berpengaruh positif di masa yang akan datang.saya mulai dari sekarang hingga 5 taun yang akan datang. Weakness bersifat internal. Analisis SWOT pribadi saya Strenght Situasi/kondisi yang merupakan kekuatan seseorang. · Lemah dalam mengatur keuangan (boros) · Malas · Lemah dalam hafalan · Susah mengatur waktu dengan baik · Lemah dalam mempersuasi/melobi orang atau lembaga · Ceroboh · Pelupa Opportunity Situasi/kondisi peluang atau kesempatan yang berkembang di masa datang yang terjadi di luar diri sendiri. organisasi. atau sebuah program.

mengejar target IPK minimal 3. mengejar IPK cumlaude b) Lulus kuliah tepat waktu c) Memperbanyak relasi dalam berbagai hal d) Memperbesar bisnis e) Banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang positif f) Disiplin waktu g) Bertanggung jawab h) Magang di tempat yang sesuai harapan dan kemampuan (skill) · Strategi 4-5 tahun ke depan : a) Lulus kuliah dengan IPK cumlaude b) Mendapatkan pekerjaan yang mapan c) Memiliki kehidupan yang mapan d) Memiliki berbagai macam usaha (kuliner.· Ketahanan tubuh yang kurang Setelah saya menganalisis SWOT yang ada dalam diri saya. saya harus bisa melewati semua untuk menuju kesuksesan dalam karir kelak. . · Strategi 1 tahun ke depan : a) Fokus kuliah.butik dll) e) Menikah dengan pria yang mapan.wedding organizer. organisasi dan bisnis f) Lebih banyak melatih jiwa sosialisasi g) Mengikuti kegiatan intra dan ekstra kampus untuk melatih kepercayaan diri h) Bertanggung jawab dalam segala hal · Strategi 2-3 tahun ke depan : a) Fokus kuliah. Dan tentunya dengan berbagai hambatan yang ada.5 b) Mengerjakan tugas-tugas kuliah sebaik mungkin c) Melatih kemandirian dengan berbisnis kecil-kecilan d) Lebih rajin olahraga agar tubuh tetap bugar e) Dapat membagi waktu dengan baik antara bermain dengan kuliah. beriman dan tampan Harapan saya setelah menganalisis SWOT yang ada dalam diri saya dan membuat strategi hingga 5 taun ke depan. kehidupan saya mulai sekarang dan seterusnya bisa tertata dan selalu menjaga komitmen terhadap apa yang sudah saya susun dengan memanfaatkan segala potensi yang ada dalam diri saya. langkah yang harus saya lakukan yaitu menyusun strategi untuk bisa diimplementasikan mulai sekarang hingga 5 tahun ke depan.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.