Arloji Mewah dari Swiss

Diposkan oleh nadina de makino di 11:00

Swiss adalah salah satu negara Eropa yang mempunyai banyak keunikan. Kesan pertama bagi yang pernah berkunjung ke Swiss adalah keindahan dan kebersihan kota-kotanya. Seandainya biaya hidup di negara ini tidak mahal, pastilah banyak orang yang ingin tinggal di negara ini. Dalam dunia bisnis, Swiss mempunyai kekuatan dalam beberapa industri. Paling tidak ada dua industri yang menonjol, yaitu farmasi dan arloji. Perusahaan-perusahaan farmasi raksasa seperti Organon, Sandoz dan Roche adalah nama dari beberapa perusahaan farmasi yang sudah merambah ke banyak negara di dunia. Dalam hal arloji, reputasi Swiss tidak perlu dipertanyakan. Industri arloji sepertinya sudah menjadi bagian dari kultur negara ini. Membuat dan memproduksi arloji tak ubahnya seperti sedang mempraktekan hobby bagi mereka yang terlibat dalam industri ini. Walaupun demikian, banyak orang mungkin lupa bahwa industri arloji Swiss pernah mengalami masa-masa suram. Sekitar tahun 1950, industri arloji Swiss mengalami masa puncak kejayaan. Secara total, Swiss menguasai 80% dari total pasar di seluruh dunia pada masa itu. Hingga pertengahan tahun 1970an, Swiss masih menjadi market leader dalam industri ini. Perubahan terjadi saat pengusaha arloji mulai menemukan teknologi baru. Dulunya orang hanya tahu arloji mekanik. Mulai akhir tahun 70-an, arloji elektronik mulai diperkenalkan. Untuk membuat jam mekanik, diperlukan suatu keahlian yang tinggi. Di lain pihak, jam elektronik lebih

Pertama. Yang satu adalah perusahaan yang membuat arloji Omega. Sebenarnya. Akhirnya. Banyak orang meramalkan bahwa masa kejayaan Swiss telah berlalu. Pada pasar arloji untuk kelas menengah dan arloji kelas bawah. Sejarah dalam industri arloji kemudian mencatat prestasi spektakuler. Arloji dengan kelas antara Rp 300. dua perusahaan raksasa Swiss bergabung. pangsa pasar arloji Swiss mendekati nol. mereka menyadari bahwa segmen kelas bawah adalah pasar yang sangat besar. yaitu arloji dengan harga di atas Rp 5 juta. Jepang bukan satu-satunya negara yang ingin berebut pangsa pasar arloji dari Swiss. Swiss hanya menguasai pasar untuk arloji mewah. Negara-negara Asia lainnya seperti Hongkong dan Taiwan ternyata juga ikut memotong pangsa pasar arloji Swiss. Perusahaan yang lain adalah pembuat Rado dan Longines. Tapi karena tidak yakin akan prospeknya. Pelan tapi pasti. mereka bertahan dengan jam mekanik dan tidak mengembangkan jam elektronik. Perusahaan gabungan ini bernama SMH. Rupanya. Pertengahan tahun 1980an.000.000 hingga Rp 5 juta mempunyai porsi .mengandalkan microchip sebagai dasar dari teknologi digital. SMH membuat dua pertimbangan yang sangat penting. Jepang mulai menyodok posisi Swiss. Perusahaanperusahaan Swiss mulai berguguran. Swiss juga merupakan negara pertama mengembangkan jam arloji elektronik. kira-kira 90% dari total pasar arloji. Arloji dengan harga di bawah Rp 300.

. Di Eropa. "Functional benefit" yang ditawarkan jelas. Mereka memproduksi arloji sebagai suatu "fashion". Seandainya arloji hanya diposisikan sebagai alat untuk mengukur waktu. membuat arloji bukan hanya mengandalkan teknologi. hanya sebesar 2-3% adalah untuk arloji dengan harga diatas Rp 5 juta. memiliki sebuah handphone akan dirasakan cukup. Tuntutan konsumen sering berubah dan disinilah "desain" atau "fashion" sangat berperan. Handphone adalah produk dengan teknologi tinggi. Teknologi yang ada sudah mampu memenuhi kebutuhan para konsumen dalam hal akurasi. Tak selamanya.000 Kedua. Lain bila "emotional benefit" yang lebih dominan. Akhirnya. terus memanfaatkan kemajuan teknologi merupakan jurus terbaik untuk melakukan penetrasi pasar. tidak banyak orang yang mau memiliki lebih dari 2 buah arloji.sekitar 7-8%. Ini penting agar konsumen memperoleh "emotional benefit" dalam menggunakan suatu arloji. SMH memproduksi arloji dengan merek Swatch atau kepanjangan dari "Swiss watch". Arloji dengan desain warna-warni dan dinamis. SMH memutuskan untuk masuk ke dalam segmen ini dan berupaya membuat arloji dengan harga jual di bawah Rp 300. Bila ini satu-satunya benefit yang konsumen dapatkan. Sekali "functional benefit" sudah terpenuhi. Kasus Swatch menjadi pelajaran yang berharga untuk industri yang banyak mengandalkan teknologi tinggi. Sambutan konsumen dari seluruh dunia sungguh luarbiasa. Bagaimana kalau sebuah "handphone" juga menawarkan "emotional benefit" ? Mungkin. Oleh karena itu. SMH kemudian berpikir lain. konsumen tidak terlalu menuntun lebih banyak. SMH memproduksi arloji lebih dari 100 juta buah setiap tahunnya. yaitu sebagai alat yang praktis dan nyaman untuk berkomunikasi. Akurasi atau ketepatan waktu adalah "functional benefit" bagi seseorang untuk membeli aroloji. Sisanya. kasus Swatch akan terulang lagi. banyak konsumen yang mengkoleksi jam Swatch lebih dari 10 buah.

Men-scan pas foto berwarna 3x4 dengan ukuran maksimal 100 kbyte dan format JPG. 2. Pengisian Biodata hanya diijinkan SATU KALI saja. Pemilihan Lokasi Ujian hanya dipilih satu kali dan tidak dapat diubah. dan tidak diberikan fasilitas untuk melakukan perubahan/perbaikan (EDIT) isian Biodata terhadap data yang sudah diisikan secara online. 4.ac.ac.35 Bandung Telp. dan registrasi mahasiswa baru apabila Anda diterima). Tata cara mengubah ukuran foto ada pada penjelasan selanjutnya. Dipati Ukur No. Pencetakan Kartu Peserta Ujian. 5. Pilihan program studi dan kemampuan besaran biaya Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan e. 3.com . Nilai UAN/Transkrip) c. Data pribadi lengkap b.unpad.Calon peserta yang akan mengisi Biodata online harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut : 1. karena PIN tersebut akan dipergunakan untuk seluruh proses seleksi SMUP (Pengisian Biodata Online. penghasilan) d. Pas foto harus menggunakan pakaian dan pose formal untuk kebutuhan akademik. 6. Pengisian biodata online dapat dilakukan dengan mengisi no jurnal dan PIN pada form Login. Data asal pendidikan (Ijasah. Pengisian Biodata hanya diperuntukkan bagi calon peserta yang sudah membeli PIN Pendaftaran SMUP di Bank BNI. Untuk mempercepat proses pengisian Biodata online sebaiknya calon peserta sudah mempersiapkan : a. Bank BRI dan Bank Jabar Banten.smup.id Yahoo Messenger : smupunpad@yahoo. 022-2533737 (Hunting) http://www.id. Data pribadi orangtua/wali (alamat. 7. 8. Sebagai persyaratan untuk dapat mengikuti ujian. KARTU PESERTA SMUP dapat didownload dan dicetak. Informasi lebih lanjut : Sekertariat SMUP Kampus Universitas Padjadjaran Jl. calon peserta wajib mencetak KARTU PESERTA SMUP. Bank BTN. Email : smup@unpad. Simpan dengan baik PIN yang Anda miliki.

ugm. Lokasi verifikasi yang Anda pilih akan menjadi lokasi tes tulis Anda. Batam.ugm. Palembang. Hasil seleksi diumumkan Sabtu.ac. Login ke situs http://um. Siswa aktif kelas terakhir SMA/SMK/MA. c. Peserta dapat memilih 3 (tiga) program studi berdasarkan prioritas. b.Selamat Datang di Sistem Pendaftaran Online Ujian Tulis UM (Ujian Masuk) UGM 2010 PERHATIAN: Sebelum mendaftar. Pekanbaru. 28 Maret 2010. atau Mataram. d. Jakarta. Perhatian:  Proses verifikasi dilakukan di Yogyakarta.ac. e. Lhokseumawe. Balikpapan. Jadwal dan alamat pelayanan. Madiun.000.ugm. Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing. 17 Maret 2010) di lokasi yang dipilih untuk ujian. h. Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat. Seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Panitia UM UGM 2010. 17 April 2010 melalui situs http://um. serta informasi kelengkapan berkas dapat dilihat di situs http://um. .id untuk mengisi formulir pendaftaran (21 Januari s. g. Cara Dan Waktu Pendaftaran a. f.d.ac. Tangerang. silahkan klik di sini untuk mendownload.id. lulusan SMA/SMK/MA tahun 2008 dan 2009 dalam dan luar negeri. 16 Maret 2010).d. lulusan ujian persamaan atau yang setara lainnya. Bandar Lampung. Semarang. pastikan komputer yang Anda gunakan ini memiliki aplikasi pembaca file PDF. Cirebon.00 (dua ratus ribu rupiah) melalui sistem multi-payment Bank Mandiri. Tata cara pembayaran selengkapnya dapat dilihat di sini. Verifikasi/daftar ulang peserta (10 s.id. Ujian Tulis dilaksanakan Minggu. Persyaratan Peserta a. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200. b. Jika tidak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful