Terbaru dan paling mutakhir dari versi lain, merupakan ungkapan yang cocok untuk Operating System yang

satu ini. Mutakhir karena Windows 7 telah diklaim oleh banyak penggunanya sebagai OS yang terbaik dari Microsoft setelah Windows XP. Walaupun Vista gagal, tetapi para pecinta Microsoft telah diobati dengan hadirnya Windows 7 ini. Windows 7 memang terlihat sangat dinamis, elegan dan menawan tanpa mengurangi kestabilannya. Walhasil, banyak pemakai Vista yang berkeinginan untuk merajut Windows 7. Jika Anda ingin langsung mengupgradenya dari komputer atau laptop yang ber-OS Vista, maka perhatikanlah beberapa hal berikut :

Download software bernama Windows 7 Upgrade Advisor, lalu jalankan program tersebut untuk mengetahui bagian-bagian software atau driver Anda yang mungkin diharuskan untuk diupdate.

Vista Home Basic, hanya dapat diupgrade ke Windows 7 Home Premium dan Windows 7 Ultimate Vista Home Premium, hanya dapat diupgrade ke Windows 7 Home Premium dan Windows 7 Ultimate Vista Business, hanya dapat diupgrade ke Windows 7 Professional dan Windows 7 Ultimate Vista Ultimate, hanya dapat diupgrade ke Windows 7 Ultimate (untuk lebih jelasnya lihat di gambar). Vista 32 Bit diharuskan ke Windows 7 32 Bit. Vista 64 Bit diharuskan ke Windows 7 64 Bit.

• •

Untuk cara upgrade sangat mudah dilakukan meskipun terkadang akan ada permasalahan tapi jangan khawatir, permasalahan yang sering terjadi adalah ada suatu program di Windows Vista yang kurang mendukung di lingkungan Windows 7. Untuk itu teruskan saja, karna bukan masalah besar. Permasalahan yang paling mendetail untuk saat ini adalah dalam hal driver yang untuk masuk di lingkup Windows 7 harus diupdate agar sistem dapat berjalan lancar dan baik. Maka dari itu, diperlukan koneksi internet setelah Windows 7 selesai terinstall. Dan jangan lupa back-up harddisk Anda jika diperlukan.

2. Anda tetap dapat menggunakan pilihan Custom. lakukan hal berikut: 1. Jika tidak. Untuk tutorial langkah-demi-langkah mengenai bagaimana melakukan instalasi Custom. . Anda hanya dapat meng-upgrade ke Windows 7versi 32-bit. Demikian pula. Untuk mengetahui yang mana disc instalasi Windows 7 bisa anda gunakan. Baik versi 32-bit maupun versi 64-bit dalam proses instalasi membutuhkan memory sebesar 4GB RAM atau lebih besar lebih baik. tapi pilihan Custom tidak melindungi file Anda. seperti saya sebutkan di atas. Menginstall Windows 7 versi 32 bit dan versi 64 bit Jika Anda menjalankan Windows Vista versi 32-bit. atau upgrade dari edisi yang lebih tinggi dari Windows.com di sini. klik [Control Panel]. Klik [View]. Anda tidak bisa mengupgrade Windows versi 32-bit ke versi 64-bit. jika Anda menjalankan versi 64-bit Windows Vista. atau pengaturan dalam komputer. Sebagai contoh. Untuk lebih jelasnya mengenai step-by-step cara upgradenya. pilihan Custom tidak melindungi file Anda. akan dijelaskan kemudian. dan kemudian mengklik [Performance Information and Tools]. Anda harus menggunakan pilihan Custom sewaktu instalasi. lihatlah video singkat dari CNET. Jika hal ini terjadi. Hal ini dijelaskan di bagian depan Windows 7 sampul ritel atau pada waktu penerimaan penjualan online. klik [System and Maintenance]. Anda hanya dapat meng-upgrade ke Windows 7versi 64-bit. Ini penting agar pilihan Upgrade dapat bekerja dengan baik menyalin atau upgrade Windows 7. program. ke edisi yang lebih rendah. Beberapa versi Windows tidak dapat diupgrade dengan disc instalasi. Buka Performance Information and Tools dengan mengklik tombol [Start]. Jika Anda tidak dapat menggunakan opsi Upgrade ke edisi upgrade ke Windows 7 yang ingin Anda gunakan. seperti Windows Vista Ultimate. Anda harus menggunakan pilihan Custom untuk menginstal Windows 7. Anda harus membuat cadangan file dan pengaturan sebelum menginstal Windows 7. Namun. seperti Windows 7 Home Premium.Keuntungan dari cara mengupgrade dari pada Clean Install atau instal ulang adalah folder-folder maupun setingan program di dalam sistem Windows 7 tidak akan banyak berubah seperti di Windows Vista sebelumnya. pengaturan. atau program dalam komputer. Tabel diatas menggambarkan edisi Windows Vista yang dapat di-upgrade ke Windows7. dan merestore kembali setelah instalasi selesai-dan Anda juga harus menginstal ulang program-program anda dengan menggunakan CD program asli masing-masing.

buka file instalasi. Anda dapat menemukannya di dalam sampul disk instalasi Windows atau konfirmasi e mail jika Anda membeli dan download Windows 7 secara online.3. ingatlah untuk menghidupkan kembali program antivirus. anda akan menyimpan file Anda. Jika tidak. Membeli dan men-download Windows 7 online adalah cara termudah untuk menginstal Windows 7 di netbook. 2. • Tulis pada kertas 25-karakter password produk Windows. dan program-program dari Windows Vista. atau memasang perangkat lunak antivirus yang baru yang kompatibel dengan Windows 7. • Jika Anda menggunakan pembaca sidik jari atau perangkat biometrik lain untuk log on ke komputer Anda. kami sarankan untuk mendapatkan update terbaru untuk membantu memastikan instalasi yang sukses. masukkan CD ke dalam komputer Anda. Anda dapat melihat jenis sistem operasi yang sedang Anda jalankan dan apakah Anda dapat menjalankan Windows versi 64-bit. tergantung pada apakah Anda ingin menginstal Windows 7 versi 32-bit atau 64-bit.dan kemudian mematikannya setelah ter-upgrade. dan kemudian klik dua kali [setup. Setup akan berjalan dengan otomatis.exe]. Setelah Windows Vista berjalan. klik tombol [Start]. klik [Install Now]. Jika komputer Anda sudah menjalankan Windows versi 64-bit. • • Pada jendela [Instal Windows]. klik [Computer]. klik dua kali [DVD] Anda untuk membuka instalasi Windows 7. Tetapi jika Anda tidak memiliki sambungan Internet. Hidupkan PC Anda. Anda masih dapat menginstal Windows 7. Pada jendela [Get important updates for installation]. Anda tidak akan melihat 64-bit dalam daftar. Pelaksanaan Upgrade Windows 7 • • 1. • Hubungkan PC Anda ke Internet sehingga Anda bisa mendapatkan update instalasi selama proses instalasi. pengaturan. lihat service pack Windows Vista pada halaman Web di situs Microsoft. Di bawah [System]. lakukan salah satu berikut ini: Jika Anda membeli dan men-download Windows 7 online. Perhatikan hal ini : • Pastikan komputer Anda menjalankan Windows Vista baik Service Pack 1 atau Service Pack 2. Jika anda memiliki disc instalasi Windows 7. Untuk informasi lebih lanjut. sebagaimana pernah saya jelaskan maka komputer Anda harus terhubung ke Internetselama instalasi Windows 7 untuk mendapatkan update tersebut. Setelah Anda menginstal Windows 7. dan untuk membantu melindungi komputer Anda terhadap ancaman keamanan. . • Pilih salah satu instalasi disc 32-bit atau 64-bit Windows 7. Installing Windows 7 Ketika Anda meng-upgrade ke Windows 7. • Jalankan Update program antivirus anda. pastikan Anda menuliskan password Anda sebelum meng-upgrade. Untuk keperluan ini.

• • Lanjutkan untuk mengikuti instruksi untuk menyelesaikan instalasi Windows 7. silakan minum panas-panas sambil menunggu. Siram secangkir kopi manis lalu …. hehe semoga dapat membantu. dan kemudian klik [Next]. • Pada pilihan [Which type of installation do you want?] klik Upgrade. klik [I accept the license terms]. jika Anda menerima persyaratan lisensi.• Pada halaman [Please read the license terms]. Setelah langkah ini Anda mungkin akan diberi laporan kompatibilitas. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful