P. 1
Tugas Bahasa Indonesia (Bab 2 - Bab 4)

Tugas Bahasa Indonesia (Bab 2 - Bab 4)

|Views: 1,803|Likes:
Published by michellemarley
Tugas UAS
Tugas UAS

More info:

Published by: michellemarley on Feb 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/29/2014

pdf

text

original

NAMA : MICHELLE NIM : 100503051 PRODI : S1 AKUNTANSI TUGAS BAHASA INDONESIA (GRUP A

)

Tugas dan Latihan II: 1. Apakah tindakan ini juga termasuk atau berkaitan dengan politik bahasa Indonesia? Padahal. dan mereka juga mengabaikan atau lupa bahwa sebenarnya bahasa Melayu Riau hanyalah suatu dialek. Suku Tionghoa (Cina) dan suku India sudah menjadi WNI. mereka selalu mengucapkan salam “Horas Medan!” a. Jumlah penduduk suku Jawa jauh lebih banyak daripada jumlah penduduk suku Melayu. apakah Anda menerima ucapan salam itu secara positif? Jawaban: Pengunaan salam “Horas Medan” menurut saya tidak ada hubungannya dengan politik di Indonesia. Dialek ini merupakan faktor yang paling penting diterimanya melayu Riau sebagai bahasa pengantar di sekolah-sekolah. suku Jawa. suku Melayu. 2. suku Batak. 3. sudah banyak orang yang mengatakan bahwa bahasa Indonesia itu berasal dari bahasa Melayu Riau. Seandainya orang tidak mengenal dialek ini maka psti sulit menerima bahasa Melayu Riau menjadi bahasa pengantar. dan suku Nias sebagai penduduk asli sudah sejak dahulu sebagai WNI. Selain itu bahasa Melayu telah dipakai sebelum belanda masuk ke Indonesia dan pada masa kolonial bahasa Melayu telah menjadi bahasa resmi dalam perdagangan dan pergaulan. b. mengapa bahasa Melayu Riau yang diangkat menjadi bahasa Indonesia? Jelaskan jawaban Anda dengan lengkap dan tepat! Jawaban: Karena sebelum masa perkembangan bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia. pejabat. Suku Melayu juga tersebar di seluruh pulau nusantara. Semua suku tersebut memiliki bahasa daerah masing-masing. artis dan lainnya berkunjung ke Sumatera Utara (Medan). tetapi tinggal di Sumatera Utara. Jika elite. Tetapi. Meskipun saya bukan suku Batak namun saya tetap menerima salam itu secara positif karena itu merupakan kebiasaan dan menjadi ciri khas dari masyarakat Sumatera Utara. . Jika Anda bukan suku Batak. Karena salam itu sudah menjadi ciri khas bagi masyarakat yang tinggal di Sumatera Utara khususnya kota Medan. jumlah penduduk suku Jawa yang tinggal di Sumatera Utara lebih banyak daripada suku Batak.

bahasa daerah juga perlu dilestarikan karena bahasa adalah identitas suatu bangsa. Tidak ada yang menggunakan bahasa daerah (Jawa. b. bahasa daerah yang ada di seluruh nusantara juga perlu dilestarikan. Apakah menurut Anda. Yang sangat jarang digunakan adalah bahasa daerah. Solusi agar bahasa daerah tetap ada salah satunya adalah dengan mengunakannya dikalangan masing-masing agar bahasa daerah itu tidak hilang begitu saja. Perancis. . Bahasa Mandarin (Tionghoa). dan dikembangkan seperti bahasa Indonesia? Sertakan alasannya! c. dikhawatirkan akan membuat bahasa daerah itu hilang. China. divina. Ada indikasi penduduk di daerah yang tidak pandai berbahasa Indonesia mengalami masalah ‘salah makan obat atau salah gunakan obat. Bahasa Indonesia juga dipakai dalam hal-hal tersebut terutama dalam siaran berita. Arab. Batak.Setiap budaya dan bahasa daerah dilindungi UUD hasil amandemen. Masih banyak orang yang tidak tahu mengucapkan ataupun membaca dalam bahasa daerah. Jika tidak dilestarikan. Untuk obat-obatan buatan luar negeri disetiap kemasannya sekarang ini mayoritas sudah tertera bahasa Indonesia untuk membantu orang agar lebih mudah mengunakannya. Melayu. Demikian juga instruksi yang terdapat dalam kemasan obat-obatan selalu menggunakan bahasa Inggris. Akan tetapi. bahasa Indonesia. dan Indonesia.’ a. Solusi apa yang dapat Anda tawarkan terhadap hal diatas? Jawaban: Karena bahasa Mandarin dan bahasa Inggris sudah menjadi bahasa Internasional yang dikuasai oleh mayoritas penduduk dunia. Mengapa hanya bahasa Mandarin (Tionghoa) dan bahasa Inggris saja yang digunakan dalam siaran berita di televisi dan obat-obatan. dan Bahasa Inggris digunakan dalam siaran berita di televisi. dan lainnya). Menurut saya bukan hanya bahasa Mandarin dan bahasa Inggris saja yang digunakan dalam siaran berita dan obat-obatan. Apalagi di zaman sekarang ini orang berlomba-lomba mempelajari bahasa asing dan cenderung melupakan bahasa daerah. ini karena mereka bukan merupakn bahasa nasional.

Tugas dan Latihan III: 1. Mengapa setiap bahasa memiliki sistem ejaan dan pungtuasi? Jawaban: .

dan huruf miring (italic) memiliki penerapan dan makna yang sama untuk setiap bahasa? Jelaskan jawaban Anda dengan memberikan contoh! Jawaban: Ya. tanda petik ganda (“……”) digunakan untuk menandai suatu pembicaraan atau bahan tertulis lain. tanda petik ganda (“……”). bagian kata. sebagai contoh: Bahasa Indonesa: “Kita menang!” kata Jojo Bahasa inggris: “We Win!” say Jojo Dari contoh diatas bisa dilihat tanda petik dua memiliki fungsi yang sama baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa inggris. tanda petik tunggal (‘……’) digunakan untuk suatu istilah ilmiah yang masih kurang dikenal atau yang memiliki arti khusus. 2. setiap bahasa harus memiliki sistem ejaan dan fungtuasi agar bisa melakukan pembakuan bahasa. Contoh: dalam ejaan lama belum dijelasakan tentang pemakain akronim namun dalam Eyd telah dijelaskan dengan lengkap. 3. Selain itu. Dalam setiap bahasa pemakaian tanda petik dan huruf miring memiliki fungsi yang sama. . Tanpa adanya sistem ejaan ini tentu saja akan sulit untuk melakukan pembakuan bahasa. atau kelompok kata juga untuk menuliskan kata nama-nama ilmiah.Penggunaan bahasa harus memiliki sistem ejaan dan pungtuasi agar lebih mudah dan lebih cepat dipahami. kecuali kata yang telah disesuaikan ejaannya. 4. mana yang lebih baik diantara beberapa ejaan tersebut? Jelaskan alasannya dengan memberikan contoh-contoh penggunaannya! Jawaban: Sudah enam kali dan yang paling baik adalah yang terakhir yaitu Eyd (ejaan yang telah disempurnakan) sebab dalam Eyd sudah lebih spesifik dan lebih sempurna daripada ejaan lain yang telah diterapkan. Anda pasti sering menjumpai bentuk-bentuk penggunaan pungtuasi berikut. atau ungkapan asing. Sudah berapa kalikah sistem ejaan diterapkan dalam bahasa Indonesia? Menurut Anda. Apakah tanda petik tunggal (‘……’). sedangkan huruf miring (italic) digunakan untuk menegaskan atau mengkhususkan suatu huruf.

. b. Menurut saya pengunaan fungtuasi seperti Rp. Salah. ‘kalau’ dengan ‘kalo’. 7 t. perkembangan teknologi seperti komputer dan telepon selular menyebabkan perubahan fungstuasi. 5. Apakah perkembangan di bidang teknologi. karena pengunaan tanda tanya yang berlebihan dimana sebenarnya hanya cukup satu saja yang digunakan. dan sebagainya. 150. b. “Berantas korupsi!!!”. Rp. seperti. 150 jt.150 jt..00 kemudian. komputer dan telepon selular menyebabkan perubahan penggunaan pungtuasi dan ejaan bahasa Indonesia ? Jelaskan jawaban Anda dengan memberikan beberapa contoh! Jawaban : Ya.a.. Akibatnya dalam penulisan di sekolah murid-murid secara tidak sadar mengunakan cara penulisan seperti ini. Rp. 1 M. Sebagai contoh: dalam SMS sering orang menuliskan ‘yang’ dengan ‘yg’. La la. .000. “Mau tahu jawabannya???. benar dan sesuai dengan Eyd.? Apakah semua bentuk penggunaan pungtuasi di atas benar dan memiliki makna dan fungsi yang berbeda ? Jelaskan jawaban Anda dengan lengkap ! Jawaban : a. “Merdeka!”.000.

Jelaskan mengapa sistem penulisan kata perlu diatur dan dipatuhi oleh pengguna bahasa ! .Tugas dan Latihan IV : 1.

karena sesuai dengan aturan ejaan yang disempurnakan. Melatarbelakangi. Latar belakang – berlatarbelakang – melatarbelakangi – berlatar belakang d. Sebar luas – sebarluaskan – sebar luaskan Jawaban: a. Tangan dingin. Sebar luaskan. c. Serah terima – diserahterimakan – di serah terimakan b. Sekedar – sekadar b.Jawaban : Sistem penulisan kata perlu diatur dan dipatuhi agar kita sebagai pengguna bahasa bisa menulis dengan lebih baik sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku. karena sesuai dengan aturan ejaan yang disempurnakan. karena untuk bentuk dasar berupa gabungan kata yang sekaligus mendapat awalan dan akhiran sekaligus harus ditulis serangkai. 2. Pilhlah bentuk kata-kata berasing yang benar/baku dari beberapa pasangan kata berikut dan berikan penjelasan atas pilihan Anda tersebut! a. Serah terima. Pilihlah bentukan kata yang benar/baku dari bebeapa pasangan kata berikut dan berikan penjelasan atas pilihan Anda tersebut ! a. Selain itu. sistem penulisan kata juga membantu agar suatu penyataan lebih mudah dipahami. Posko pemenang pemilu – posko pemenangan pemilu d. Elite – elit c. karena sesuai dengan aturan ejaan yang disempurnakan. Contreng – centang – conteng . b. 3. d. Tangan dingin – bertangan dingin – bertangandingin c.

MegaPro. Mentamben – Menpertamben – Menpertaen Jawaban: SBYBerbudi.centang. sekilas berita merupakan kata-kata berasing yang baku karena telah ditetapkan sebagai ejaan yang baku dalam KBBI. 4. Posyandu : Pos pelayanan terpadu Menpora: Menteri Pemuda dan Olahraga Depdiknas : Departemen Pendidikan Nasional Mensosbud: Menteri Sosial dan Budaya .JKWIN. posko pemenangan pemilu. JK Win – JKWIN – JKWirto – JKWIRTO c.e. Pilihlah bentuk akronim yang benar berikut ini dan berikan penjelasan atas pilihan Anda tersebut! a. Mega Pro – MegaPro – Mega Prabo d. khususnya akronim di kalangan remaja yang anda ketahui dan berikan penjelasannya berdasarkan kaidah yang benar! Jawaban: Dalam pembentukan akronim. Berikanlah beberapa akronim lain.Pilkada adalah bentuk akronim yang benar. yang digunakan adalah gabungan dari huruf awal dan suku kata dari deret kata yang diperlakukan sebagai kata. SBYBerbudi – SBY Berbudi – SBYBUD b. Pilkada – Pilkadal – Pemikada – Pemikadal e. karena dalam akronim tidak boleh ada spasi dan harus bisa dibaca sebagai sebuah kata. elite. Breaking news – sekilas berita Jawaban: Sekadar. 5.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->