P. 1
Dosa Besar Sifat Tercela

Dosa Besar Sifat Tercela

|Views: 39|Likes:
Published by Viha Ancillia

More info:

Published by: Viha Ancillia on Feb 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/15/2013

pdf

text

original

Sifat – sifat Tercela

Termasuk dalam Dosa Besar

Apa yang dimaksud dengan dosa ?
Hadis Nabi : Wal Itsmu maahaka fi nafsika wa karahaba an yatholi‟a „Alaihin naasi “ Dosa adalah sesuatu yang merisaukan hatimu dan kamu tidak suka jika hal itu diketahui orang lain”

Apa yang anda rasakan jika suatu saat Anda melakukan perbuatan Dosa

Adakah perasaan ? Berdebar-debar di hati, Takut, merasa bersalah, timbul penyesalan karena melakukan perbuatan dosa tersebut ? Tolong di cek pada diri kita masing-masing ! Jika perasaan itu masih ada maka menandakan hati kita masih baik , maka orang itu tahu apa yang harus dilakukan kemudian… Bertaubad kepada Allah SWT

Bagaimana jika perasaan takut, berdebar-debar dan merasa bersalah ketika berbuat dosa itu ada tetapi orang tersebut tetap terus berbuat dosa?
Pertanda Hati mereka sudah mulai sakit

Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.( Al Baqoroh : 10 )

Al Baqoroh : 7 .Jika dosa itu terus dilakukan maka inilah yang akan terjadi pada diri mereka Hatinya mati / tertutup Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka. dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat.

Dosa bisa dilakukan oleh siapa saja dan efeknya Bisa terkena kepada siapapun Kesimpulannya : Dosa adalah setiap pelanggaran atas hukum Allah yang mempunyai efek negatif 1. Berdosa kepada orang Tua : Melanggar hukum allah efeknya mengenai orang tua. Contoh : membunuh. Contoh Narkoba. minum minuman keras. Contoh : durhaka kepada orang tua. memperkosa. kafir 2. Berdosa pada orang lain : Melanggar hukum Allah efeknya mengenai orang lain. membentak. menganiaya dll 3. Contoh : musyrik. bunuh diri dll 4. Berdosa kepada Allah : melanggar Hukum Allah efek negatifnnya mengenai Allah. Berdosa pada diri sendiri : Melanggar hukum allah efeknya terkena pada Diri sendiri. berdusta dll Ada kalanya perbuatan dosa itu efek negatifnya bisa mengenai lebih dari satu orang bahkan bisa juga mengenai Allah .

Semakin tidap percaya kepada Allah 5. niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga). Semakin jauh dari ajaran islam 3.Efek negatif dari dosa bagi orang yang melakukannya 1. Semekin tidak respek dengan ajaran Islam 2. Akan menganggap bahwa berbuat dosa itu hal yang biasa Sehinnga apa yang dilakukannya bukan suatu kesalahan Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya. Semakin tidak peduli dengan ajaran Islam 4. Menjadikan rohaninya mati dan sulit untuk mendapatkan Hidayah Allah 6. .

MEMBUNUH. MEMAKAN HARTA ANAK YATIM. MELANGGAR HAM . ASUSILA. SAKSI PALSU. DURHAKA KEPADA ORANG TUA ( UQUQUL WALIDAIN ). LARI DARI PERTEMPURAN. MERAMPOK.Berikut sifat-sifat tercela yang termasuk dalam dosa besar SYIRIK. SIHIR. MENCURI.

perbuatanNya maupun dalam hal Yang seharusnya hanya ditujukan kepada Allah SWT. Menurut Ilmu Tauhid “Syirik” berarti : Menyekutukan Allah dengan sesuatu Lainnya baik secara ZatNya. maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga. sifatNya.SYIRIK Dari kata : Asyraka – yusyriku.syarikan : berserikat / bersekutu. Syirik adalah dosa yang sangat besar dan sulit untuk mendapatkan Ampunan Allah kecuali hanya dengan Taubat Nashuha Jika orang berbuatSyirik KEMUDIAN tidak Bertaubat maka inilah yang akan mereka terima : Al Maidah : 73 Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah. dan tempatnya ialah neraka. .

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik. dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu. Syirik Tab‟id : Pengakuan adanya beberapa Tuhan ( Politheisme ) . Dengan sadar dan menggerti Atau pernah berbuat syirik tetapi tidak tahu bahwa itu termasuk Perbuatan Syirik ! Macam-macam Syirik 1. Barang siapa yang mempersekutukan Allah. Syirik Istiqlal : Pengakuan adanya dua Tuhan yang masing-masing berdiri sendiri 2. maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. ( An Nisa : 48 ) Apakah kita pernah berbuat Syirik . bagi siapa yang dikehendaki-Nya.

Syirik Gharad : Mengerjakan amal ibadah bukan karena Allah Riya dan Sum‟ah adalah termasuk syirik kecil RIYA ? Setiap amal ibadah yg dilakukan hanya untuk mencari pujian dan Sanjungan dari orang lain. Syirik Taqlid : Menyembah selain Allah karena mengikuti apa Yang dilakukan oleh nenek moyangnya / orang tuanya 5. Syirik Sebab : Menyandarkan sesuatu yang terjadi bukan kepada Allah 6. Syirik Taqrib : menyembah selain Allah dengan maksud mendekatkanDiri kepada Allah ( Ingin mendekatkan diri kepada Allah dengan cara Menyembah Tuhan yang lain ) 4. .3. sehingga niatnya bukan karena Allah SWT SUM „AH Memperdengarkan amal ibadah / kebaikan yg dilakukan agar diketahui oleh orang lain dgn tujuan orang tsb memberikan pujian / Sanjungan / apa yg dilakukan menjadi buah bibir ( pembicaraan ) orang Lain.

maka jauhkan dari hal-hal yang bernuansa Syirik . Allah mengharamkan Syurga Allah bagi Orang yang berbuat Syirik 4. Allah tidak akan mengampuni dosanya kecuali hanya dengan melakukanTaubat Nashuha sebelum meninggalnya 2.jika niat kita hanya karena Allah. Perbuatan Syirik akan menghapus amal pahala yang pernah dilakukan Berhati-hatilah dalam berbuat / beramal ibadah. Syirik akan menurunkan martabat manusia sebagai seorang kholifah di Bumi 5. Orang musyrik dianggap orang yang Najis sehingga diharamkan masukKe masjidil Haram 3.AKIBAT PERBUATAN SYIRIK BAGI PELAKUNYA 1.

Orang yang sangat tulus memberikan kasih sayangKepada kita 4. Orang yang sangat perhatian dan selalu peduli akan Keadaan kita PANTASKAH Orang yg Seperti itu Kita perlakukan Tidak Baik ? / Bersikap Durhaka Kepadanya ? . Orang yang paling bertanggung jawab thd diri kita 3. Orang yang menjadi perantara kita ada 2. Orang yang selalu mendo‟akan untuk kebaikan kita 5.DURHAKA KEPADA ORANG TUA / „UQUQUL WAALIDAIN SIAPAKAH ORANG YANG PALING BERJASA DALAM HIDUP KITA PASTI KEDUA ORANG KITA ! Mengapa ? 1. Orang selalu berusaha memenuhi segala kebutuhan Kita 6.

Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu. Al Isra : 23 Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. .Islam Mengajarkan Sikap sopan santun dan lemah Lembut kepada Kedua Orang Tua Q. maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.S.

APA SAJA YANG ANDA MINTA DARI ORANG TUAMU ? .Bagi orang yang Durhaka kepada Orang Tua Hanya Murka Allah yang akan mereka terima Hadis Nabi : Ridhallaahu fii Ridhol waalidaini wa suhthullaahi fii suhthul waalidiani Keridhoan Allah adalah keridhoan kedua orang tua dan Kemurkaan AllahAdalah kemurkaan Kedua orang tua Ingin menjadi anak yg baik dan berbakti kepada orang tua APA YANG KITA MINTA DARI ORANG TUA ITU PULA YANG HARUS KITA BERIKAN KEPADANYA SEKARANG COBALAH ANDA INTROSPEKSI DIRI.

dan janganlah kamu (para saksi) menyembunyikan persaksian. dengan Lafal : asyhadu / syahidtu (aku telah menyaksikan) Tidak boleh menjadi saksi jika seseorang itu benarbenar tidak mengetahui. S. Al Baqoroh : 263 . maka sesungguhnya ia adalah orang yang berdosa hatinya.SAKSI PALSU SAKSI dari kata Musyhadah “ melihat dengan mata” Secara istilah yang dimaksud dengan saksi adalah membrikan informasi tentang apa yang ia ketahui. Pengetahuan / Informasi tersebut diperoleh melalui penglihatan / pendengarannya Menjadi saksi kebenaran adalah sesuatu yang diperintahkan dan hukumnya wajib Jika dikhawatirkan kebenaran itu menjadi hilang. dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan .. Kita dilarang menyembunyikan kebenaran dan menjadi saksi palsu Q. Dan barang siapa yang menyembunyikannya..

Kesimpulan dari salah satu Hadis Nabi : Barang siapa memberikan pernyataan / menghilangkan hak orang lain akibat kesaksiannya. APA efek Negatifnya ? Orang lain teraniaya hidupnya dan hilang haknya akan sesuatu. manteramantera yang diucapkan / ditulis yang menimbulkan pengaruh pada badan.Akibat kesaksian palsu. maka baginya haram masuk syurga Dan wajib masuk Neraka. hati atau akal orangyang terkena sihir tanpa menyentuhnya . Menurut Ibnu Qudamah: Sihir adalah Bundelan / buhul. sekalipun kesaksiannya itu hanya masalah yang kecil SIHIR SIHIR dalam arti bahasa : mengalihkan / memindahkan. Menurut Ibnu Faris dalam kitab “Al Misbah Al Munir “ Sihir berarti memperlihatkanKebatilan dalam bentuk hak / kebenaran Menurut Ibrahim Mustafa dalam kitab “Al Mu‟jam Al wasit “ Sihir berarti sesuatuYang menggunakan cara-cara yang lembut.

Akibat Sihir maka seseorang dapat : terbunuh. karena Sihir itu menggunakan Bantuan Jin. MENURUT ANDA BAGAIMANAKAH CARA MENGHINDARINYA / MENANGKALNYA . sakit. Sihir terjadi karena adanya kerja sama antara seseorang dengan jin dengan imbalan seseorang tersebut mengikuti / mema tuhi apa keinginan Jin tersebut. Maka benda-benda yang dibawa oleh Jin tersebut menjadi sesuatu yang tidak terlehat. kertakan rumah dalam tangga / timbul rasa cinta tanpa kesadaran dan hal-hal negatif lainnya. SETELAH MENGETAHUI PERBUATAN SIHIR.

Al maidah : 38 Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri. Apa hukuman bagi mereka ? Q. potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Mencuri ke 3 x : potong pergelangan tangan kirinya 4. Mencuri 1 x : potong pergelangan tangan kanan 2.S. Mencuri k 4 x : potong pergelangan kaki kanannya Jika tetap mencuri maka harus dipenjarakan sampai ia bertobat . Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Mencuri ke 2 x : potong pergelangan kaki kiri 3.Mencuri Mencuri adalah mengambil harta orang lain secara Diam-dian dari tempat yang tersembunyi. Tahapan Hukuman Mencuri : 1.

Mampu tidak ia mendapatkan pengampunan dari orang yg hartanya ia curi. Maka hukum potongtangan tidak bisa dilakukan 3. Dipastikan bahwa orang tersebut memang benar-benar telah mencuri melalui proses pembuktian dengan adanya dua orang saksi 2. Jika mendapatkan pengampunan maka Hukum potong tangan tidak bisa dilakukan Syarat pencuri yang mendapatkan hukuman Potong tangan : 1.93. Jika karena dipaksa. Tida ada unsur pemaksaan / intimidasi untuk mengakui pencurian yang tidak pernah dilakukan. berakal sehat dan atas kehendaknya sendiri 2. Barang yang dicuri mencapai satu Nisob +.Proses menuju Hukum Potong Tangan 1. Pencuri tsb telah baligh. Barang tsb diambil dari tempat tersembunyi .6 gram Emas.

( HR. Bukhori Muslim ) Manakah yang lebih Kejam jika ada seorang pencuri tertangkap hanya mencuri Sesuati yang kecil kemudian ia digebukin.Bagaimana menurut anda dengan Hukum Potong tangan tersebut ? Jika diterapkan di Negara kita Apakah Anda setuju ? Menurut Anda apakah Hukum Islam tentang Potong tangan itu Kejam ? Hadis Nabi : Dikutuk Allah sekiranya si pencuri. dihakimi rame-rame bahkan ada yang dibakar hidup-hidup ? . Ia mencuri Telor lalu dipotong tanganya. ia mencuri tali lalu ia di potong Tangannya.

Akan menimbulkan keresahan dalam masyarakat. pemaksaan terhadap orang lain. perampasan hak. ancaman bahkan pembunuhan.MERAMPOK Perampokan adalah Perbuatan yang mengandung unsur Pencurian. Akibat dari Terjadinya perampokan : 1. Dalam perampokan kadang disertai kekerasan. Akan memberikan trauma yang sangat mendalam bagi orang yang pernah mengalaminya. Sehingga seseorang tidak bisa beraktifitas dengan tenang 3. apalagi sampai kepada terjadinya pembunuhan ! 2. Akan menimbulkan sifat dendam dari keluarga Korban terhadap keluarga pelaku perampokan .

Perampokan : membunuh orangnya tetapi tidak Mengambil hartanya (Hukuman: dibunuh tanpa disalib) 3.HUKUMAN BAGI PELAKU PERAMPOKAN 1. 2. Perampokan dengan tujuan hanya untuk menakutnakuti saja ( hukuman: dipenjara ) .Perampokan : hanya mengambil hartanya minimal satu NisobTanpa membunuh kurbannya ( hukuman: potong Tangan dan kaki kirinya ) 4. Perampokan : mengambil Harta dan membunuh korbannya ( Hukuman: wajib Dibunuh dan disalib ).

Jinayat Jiwa itulah yang dimaksud dengan Pembunuhan . berzina. merusak organ tubuh/melukai salah Satu Anggota badan.Jinayat dan Hudud Jinayat adalah perbuatan yang berkaitan dengan pelanggaran hukum / perbuatan dosa yang mengancam keselamatan jiwa. merampok. Seperti : mencuri. membunuh dll Mereka akan diancam dengan hukuman Hudud / qisas Jinayat terhadap jiwa :adalah pelanggaran hukum yang menghilangkan nyawa.

Barang siapa yang melepaskan (hak kisas) nya. hidung dengan hidung. An Nisa : 93 Berikut Hukum Al qur‟an yang berkaitan dengan qisas : Q. Q.Islam mengharamkan stiap manusia yang akan menghilangkan nyawa Seseorang tanpa alasan syarak / alasan yang benar Dan barang siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja. Barang siapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah. maka melepaskan hak itu (menjadi) penebus dosa baginya.S. telinga dengan telinga. dan lukaluka (pun) ada kisasnya. maka balasannya ialah Jahanam. . kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya.S Al Maidah : 45 Dan kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At Taurat) bahwasanya jiwa (dibalas) dengan jiwa. maka mereka itu adalah orang-orang yang dzalim. gigi dengan gigi. mata dengan mata. dan mengutukinya serta menyediakan adzab yang besar baginya.

dan hendaklah (yang diberi maaf) membayar (diat) kepada yang memberi maaf dengan cara yang baik (pula). Maka barang siapa yang mendapat suatu pemaafan dari saudaranya. diwajibkan atas kamu qishaash berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh. Hadis Nabi : “ Man qotala lahu fahuwa bikhoirin nadzroin : Imma An yuurii waImmaa An yuqoodi” Barang siapa salah seorang yang dibunuh. orang merdeka dengan orang merdeka. hendaklah (yang memaafkan) mengikuti dengan cara yang baik. hamba dengan hamba dan wanita dengan wanita.S. Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Tuhan kamu dan suatu rahmat. maka ia mempunyai dua pilihan : diberi Diat ( denda ) atau diberi qisas ( hukuman balas ) . maka baginya siksa yang sangat pedih. Barang siapa yang melampaui batas sesudah itu.Bagaimana jika seseorang yang melakukan perbuatan jinayat jiwa itu Mendapatkan pengampunan ? Q. Al Baqoroh : 178 Hai orang-orang yang beriman.

Bukhori ) Barang siapa ditumpahkan darahnya atau dilukai. Jika ia meilih pilihan ke empat maka halangilah Keinginannya “ Jinayat semi sengaja ( Membunuh semi sengaja ): Perbuatan seseorang dengan niat Ingin menyakiti orang lain tetapi tidak sampai melukai / membunuhnya. mengambil diat. menenggelamkan Kedalam air. Hukumannya adalah Qisas ( Al Baqoroh : 45 ) Hadis Nabi : “ Man ushiiba bi damin au khobalin fahuwa bil khiyaari Ihda tsalaatsin : Immaa anyuktash-sho au yakhudzal „Aqla au yakfuwa Fain Arooda roobi‟ahu fakhudzuu „Alaa Yadaihi ( HR. meracuni. menaku-nakuti / mengancam kemudian orang itu meninggal. membakar. Atau memaafkannya. berteriak keras. mencekik. Hukumannya adalah Diat dengan cara membayar Kifarat / Denda . maka ia bisa Memilih salah satu dari tiga hal : meminta qisas.Jinayat dengan sengaja ( Membunuh dengan sengaja ): Adalah Perbuatan seseorang dengan niat Sengaja Ingin membunuh orang lain dengan berbagai cara Seperti memukul. Seperti : menampar. Namun yg terjadi orang itu meninggal. merusak / melukai organTubuh. menjatuhkan dari tempat yg tinggi.

Pembunuh itu bukan ayah. Bukhori Muslim 3. Tidak ada Qisas bagi pezina. Contoh : sedang memotong kayu alatnya terlepas dan mengenai Seseorang sehingga orang tsb terluka / terbunuh. Orang yg terbunuh adalah orang yang darahnya dilindungi. Pembunuhya masih anak kecil dan orang gila. Merdeka Dan budak 4. Hukumannya denda Ringan dan pelakunya tdk berdosa. Hadis Nabi : “Pena diangkat dari tiga orang : Anak kecil hingga ia Baligh. orang gila hingga normal danorang tidur hingga ia bangun “ HR. Tidak ada Qisas Karena tindakan kejahatan yang ditimbulkannya 2. ibu.Jinayat tidak sengaja ( membunuh karena tidak sengaja / keliru ) : Perbuatan seseorang yang sedang mengerjakan Sesuatu kemudian tidak sengaja melukai / membunuh seseorang. kakek atau nenek dari orang yang terbunuh . Pembunuh dan yang terbunuh adalah setara dalam agama. Qisas tidak wajib pada kasus pembunuhan / pencerideraan / pelukaan Organ tubuh kecuali memenihu syarat :sbb 1. Untuk jinayat semi sengaja Pelakunya terkena dosa. orang murtad dan orang kafir.

Orang yang terbunuh adalah orang yang darahnya dilindungi / di ikat dengan perjanjian Syarat pelaksanaan qisas organ tubuh : 1. Qisas harus sesuai dengan organ tubuh yang dirusak 4. Pembunuhnya sudh akil baligh atau berakal 2. Jika luka terjadi pada kepala. Pembunuhnya bukan dari orang tua / keluarga orag yg terbunuh 3. jika tidak adil maka qisas tidak bisa dilakukan 2.Syarat qisas dapat dilakukan adalah : 1. wajah dan patah tulang Maka tidak bisa diqisas tetapi diganti dengan diat . Harus adil. Jika qisas tidak bisa dilakukan maka harus diganti dengan diat 3. Orang yang membunuh setara dengan orang yang dibunuh 4. Adanya kesamaan kesehatan organ tubuh yang disusak 5.

Sebagai ganti akibat pembunuhan semi sengaja yg bisa Dbayarkan 3 x. sebagai ganti hukum qisasYang yg mendapatkan maaf diberikan kepada keluarganya 2. setiap tahun membayar sepertiganya Denda Ringan : 100 ekor unta Terdiri dari : 20 ekor unta betina umur 1-2 tahun 20 ekor unta betina umur 2-3tahun 20 ekor unta betina umur 3-4tahun 20 ekor unta betina umur 4-5tahun 20 ekor unta jantan umur 2-3 tahun Dibayarkan 3 x. setiap tahun membayar sepertiganya jika tidak maka Dibayar dengan uang seharga unta tersebut .DIAT : DENDA PENGGANTI JIWA Denda Berat : 100 ekor unta Terdiri dari : • 30 Ekoe unta betina umur 3-4 tahun • 30 ekor unta betina umur 4-5 tahun • 30 ekor unta betuna bunting Denda berat diwajibkan karena : 1.

dan hendaklah (yang diberi maaf) membayar (diat) kepada yang memberi maaf dengan cara yang baik (pula).S Al Isro : 33 ) Q.S.Pilihan antara Qisas. maka sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepada ahli warisnya. Al Baqoroh : 178 Maka barang siapa yang mendapat suatu pemaafan dari saudaranya. Sesungguhnya ia adalah orang yang mendapat pertolongan. melainkan dengan suatu (alasan) yang benar.. ( Q. Dan barang siapa dibunuh secara dzalim. . hendaklah (yang memaafkan) mengikuti dengan cara yang baik. tetapi janganlah ahli waris itu melampaui batas dalam membunuh. Diat dan Memaafkan Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya).

PRILAKU ASUSILA ASUSILA : Perbuatan yg tidak mengenal Susila / Etika ( Perilaku yang mengarah kepada Perbuatan Zina ) Islam melarang keras segala bentuk perbuatan yang mengarah Pada perbuatan ZINA Q. Al Isra‟ : 32 Dan janganlah kamu mendekati zina. sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. S. ISTILAH-ISTLAH YANG TERKAIT DENGAN PERBUATAN ASUSILA / perilaku Menyimpang Samen leven / Kumpul kebo : Laki perempuan bukan muhrimnya hidup serumah tanpa ikatan pernikahan dan melakukan aktifitas Layaknya seperti suami istri .

PRILAKU ASUSILA / perilaku meyimpang Sodomi ( Liwat ) : Melakukan aktifitas perzinaan melalui dzubur Homoseks : laki-laki senang dengan laki-laki Lesbian : seorang wanita senang dengan wanita Exhibisionisme : senang menunjukkan auratnya kepada orang lain Fetisisme : Senang dengan mendapatkan / memegang barang2 yang dimiliki oleh lawan jenisnya Voyeorisme : Senang dengan bisa melihat / menonton / menggambar aurat lawan jenisnya Free sex : Kebebasan melakukan zina / sex bebas Onani / Masturbasi : melakukan aktifitas tertentu sehingga keluar ovum / sperma Berzina : laki perempuan yang tidak ada ikatan pernikahan melakukan hubungan sex Zina Muhson : seorang laki/permepuan yang sudah pernah menikah melakukan hubungan sex Zina Ghoiru Muhson : seorang laki/permepuan yang masih lajang melakukan hubungan sex .

dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan dari orang-orang yang beriman. jika kamu beriman kepada Allah. maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera.S.Hukuman / Ancaman bagi orang yang berzina Zina Muhson : Di rajam ( dilempar batu ) sampai meninggal Zina Ghoiru Muhson : Dirajam sampai 100 kali dan diasingkan selama satu tahun Q. dan hari akhirat. .An Nur : 2 Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina. dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->