P. 1
Soal Olimpiade Astronomi Persiapan OSK 2013

Soal Olimpiade Astronomi Persiapan OSK 2013

|Views: 1,263|Likes:
Persiapan OSK Astronomi 2013
Persiapan OSK Astronomi 2013

More info:

Published by: Wiji Lestari Panjidang on Feb 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/03/2013

pdf

text

original

SOAL-SOAL OLIMPIADE ASTRONOMI PERSIAPAN OSK 2013 1.

Pada tahun 2013 Matahari akan mencapai puncak aktivitasnya yang terjadi 11 tahun sekali. Aktivitas apa saja yang terjadi di Matahari yang berpotensi mengganggu aktivitas sehari-hari manusia di Bumi? 1. Prominensa 3. Granulasi 2. Lontaran Massa Korona 4. flare Pilihlah a. jika 1,2,3 benar d. jika 4 saja yang benar b. jika 1,3 benar e. jika semua benar c. jika 2,4 benar 2. Andaikan sebuah supernova mengembang dengan kecepatan 1.000 km/detik, dan jarak supernova tersebut adalah 10.000 parsek. Berapa perubahan diameter sudutnya dalam 1 tahun ? 3. If Jupiter crosses an observer’s meridian at local midnight, then it is at …. 4. Jika jarak rata-rata planet Mars adalah 1,52 SA dari Matahari, maka periode orbit planet Mars mengelilingi Matahari adalah …. 5. Bintang-bintang biasa dikategorikan dalam Populasi I, Populasi II dan Populasi II (yang masih intensif dicari). Pilih pernyataan yang SALAH: a. Populasi I memiliki kandungan metal yang lebih tinggi dibandingkan Populasi II b. Gugus-gugus bola berisi bintang Populasi II c. Gugus terbuka beranggotakan bintang Populasi I d. Lengan spiral berisi bintang-bintang Populasi I e. Bintang-bintang Populasi I lebih tua dari bintang-bintang Populasi II 6. Jika diketahui konstanta Hubble, H = 60 km/dt/Mpc, maka umur alam semesta (model alam semesta datar) adalah 7. Bila bintang-bintang berikut memiliki massa yang sama, manakah yang memiliki radius paling kecil? a. Bintang netron d. Bintang raksasa b. Bintang katai putih e. Bintang variabel raksasa c. Bintang deret utama 8. Di lokasi A matahari mencapai titik zenit di langit. Pada saat yang sama di lokasi B, matahari terlihat hanya beberapa belas derajat dari horizon. Maka letak B terhadap A adalah …. 9. Bujur ekliptika Matahari pada tanggal 21 Maret adalah 0°. Pada tanggal 6 Mei bujur ekliptika Matahari adalah sekitar: 10. Lebar maksimum jalur Gerhana Matahari Total dicapai saat …. 11. Apakah perbedaan bintang-bintang pada suatu rasi dan gugus bintang? 12. Diketahui Matahari terbenam pada pukul 18:00 WIB, dan bintang X terbenam pukul 20:15 WIB. Beda sudut jam bintang X dan Matahari dari tempat pengamatan itu adalah: 13. Dua bintang memiliki asensiorekta yang sama, dan deklinasi yang besarnya sama tapi tandanya berlawanan. Jika bintang A berada di utara ekuator langit dan bintang B di selatan ekuator langit, Jika diamati dari Tokyo maka yang terbit duluan adalah : 14. Jelaskan mengapa astronom radio dapat melakukan pengamatan sepanjang hari, sedangkan astronom optik hanya dapat mengamat di malam hari? 15. Mengapa beberapa bintang tampak ganda jika dilihat dalam panjang gelombang biru, tetapi tampak tunggal jika dilihat pada panjang gelombang merah? 16. Pengamat yang berada di belahan Bumi selatan dapat mengamati bintang mulai dari terbit hingga terbenam selama lebih dari 12 jam. Kapan dan di daerah langit manakah bintang tersebut dapat dilihat? Jelaskan!

1
Wiji Les’s Collection 2013

17. Paralaks sebuah bintang diamati dari bumi besarnya adalah 0,40 detik bu-sur. Berapakah paralaks bintang tersebut apabila diamati dari permukaan planet Jupiter? (Jarak JupiterMatahari adalah 5,2 Satuan Astronomi) 18. Pesawat ruang angkasa Ulysses berada pada jarak 1,9 Satuan Astronomi dari Matahari. Apabila jarak planet Saturnus ke Matahari adalah 9,5 Satu-an Astronomi, tentukanlah perbandingan percepatan gravitasi yang dise-babkan oleh Matahari terhadap pesawat ruang angkasa Ulysses dan ter-hadap planet Saturnus. 19. Bulan Purnama tanggal 24 Desember 2007 dapat disaksikan 20. Sebuah planet A bergerak mengelilingi matahari mempunyai periode P = 2,5 tahun. Oposisi terakhir terlihat pada awal tahun 2012. kapankah ia berada di oposisi kembali ? 21. Kamu berada di sebuah pulau kecil yang dilalui garis khatulistiwa bumi, dan melihat sebuah bintang XYZ terbit pukul 19.30. arah titik terbit bintang itu di horizon membentuk sudut 1300 dengan arah utara. Jika kita tidak memperhitungkan pengaruh atmosfir bumi pada cahaya bintang, perkirakanlah waktu dan titik terbenam bintang itu ! 22. Seorang ilmuwan Jepang yang tinggi tubuhnya 168 cm sedang survey di Papua, berkomunikasi dengan koleganya di Tokyo melalui telpon genggam untuk mengetahui koordinat geografisnya. Komunikasi dilakukan tepat pada saat bayangan tubuh ilmuwan itu di tanah kira-kira paling pendek dan arahnya ke Selatan, dengan panjang bayangan 70 cm. Tayangan di Tokyo saat itu bayangan benda-benda yang terkena sinar matahari juga terpendek, dan ketinggian matahari saat itu 680. Jika koordinat geografis Tokyo adalah 1390 42’ BT dan 35037’, tentukanlah koordinat geografis tempat ilmuwan Jepang itu berada ! 23. Sebuah asteroid mempunyai setengah sumbu panjang elips a = 2,5 SA. semesterI tahun 2007 ia berada di perihelion. Kapankah ia berada di aphelion ? 24. Pilot sebuah pesawat terbang berada pada ketinggian 10.000 m dari permukaan laut. Berapa jarak ke horizon yang dapat ia lihat ? 25. Rasi Gemini dalam horoskop diperuntukkan bagi mereka yang lahir dalam bulan Juni, tetapi mengapa malam hari di bulan Juni kita tidak bisa melihat rasi Gemini tersebut? Kapankah kita dapat melihat rasi Gemini dengan baik?

2
Wiji Les’s Collection 2013

SOAL-SOAL FISIKA-FLUIDA DINAMIK

1. Air mengalir melalui pipa dengan penampang yang berbeda A1 VA A2 Jika diameter pada penampang besar 8 cm dan diameter penampang kecil 2 cm. Kecepatan masuk pada penampang besar dengan kecepatan 2 m/s. tentukan : a. Kecepatan air yang melalui pipa kecil b. Volume air mengalir selama 2 menit 2. Suatu bak air setinggi 12 m diisi penuh air. Jika pada ketinggian 4 m diberi lubang kebocoran . Tentukan kecepatan aliran air pada bocoran dan jarak mendatar yang ditempuh pancaran air! 3. Suatu gas dengan massa jenis 1,2 kg/m 3 mengalir pada pipa pitot. Beda ketinggian air raksa pada kedua kaki manometer adalah 20 cm. tentukan kelajuan gas! (massa jenis air raksa adalah 13.600 kg/m3) 4. Air mengalir melalui pipa venrurimeter seperti pada gambar : Jika A1 = 6 cm2 dan A2 = 4 cm2. Tentukan kecepatan air yang masuk pada pipa venturimeter tersebut (g = 10 m/s 2) !
A1

45 cm

A1

5. Luas permukaan sayap sebuah pesawat adalah 60 m 2. Kecepatan aliran udara pada bagian atas 250 m/s dan kecepatan aliran di bagian bawah 200 m/s. Jika massa jenis udara 1,5 kg/m 3, berapakah gaya angkat pesawat tersebut? 6. Air terjun mengalir dari ketinggian 80 meter (massa jenis air 1000 kg/m3) dengan debit 200 m3/s (g = 10 m/s2). Jika air mengenai generator dengan efisiensi 80 %. Tentukan daya listrik yang dihasilkan! 7. Suatu gas dengan massa jenis 1,5 kg/m 3 mengalir pada pipa pitot. Beda ketinggian air raksa pada kedua kaki manometer adalah 10 cm. tentukan kelajuan gas! (massa jenis air raksa adalah 13.600 kg/m3) 8. Jika air disemprotkan vertical ke atas menggunakan sebuah selang air dengan luas penampang 4 cm 2 maka ketinggian maksimum yang dicapai air tersebut adalah 5 m. Tentukan volume air yang disemprotkan dalam waktu 2 menit! 9. Suatu bak air setinggi 12 m diisi penuh air. Jika pada ketinggian 4 m diberi lubang kebocoran . Tentukan kecepatan aliran air pada bocoran dan jarak mendatar yang ditempuh pancaran air!

3
Wiji Les’s Collection 2013

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->