TUGAS WAWANCARA

Kelompok : 1) Inge Mustika Prilia 2) Juanita Tiffany Putri 3) Novi Hanifah 4) Nur Rahma S.R 7G/13 7G/14 7G/20 7G/23

Tema

: Psikologi : B. Ulfa (guru BK SMPN 1 Malang) : Minggu , 7-02-2010 : Jl. Gambuta (Rumah Bu. Ulfa)

Narasumber

Waktu wawancara Tempat wawancara

PERTANYAAN :  Identitas a) Siapa nama lengkap ibu ? b) Kapan dan dimana ibu lahir ? c) Dimana tempat tinggal ibu ? d) Bu, punya anak berapa ? e) Saat ibu kuliah, jurusan apa yang ibu ambil ? f) Bu Ulfa bekerja di SMPN 1 Malang sejak kapan ?
g) Kabarnya dulu Bu Ulfa pernah bekerja di Pasuruan, apa itu benar, bu

?
h) Bekerja sebagai apa Bu Ulfa saat di Pasuruan ?

i) Di sekolah mana ibu bekerja saat di Pasuruan ?  Pertanyaan inti

bu ? k) Masalah apa yang paling sering anak-anak hadapi ? l) Dalam satu hari kira-kira berapa anak yang konsultasi kepada ibu ? m) Apa perkembangan psikologi anak itu mempengaruhi prestasi anak tersebut ? n) Apa yang ibu harapkan untuk perkembangan psikologi anak-anak SMPN 1 Malang ? o) Menurut ibu.j) Apa yang dimaksud dengan psikologi itu. 9 April 1964 c) Jl. 1 putra dan 1 putri e) Jurusan Psikologi Pendidikan f) 1991 g) Ya h) Guru BK i) SMPN 1 Grati . bagaimana perkembangan psikologi anak-anak SMPN 1 Malang ? p) Apakah murid-murid SMPN 1 Malang pernah mengikuti program ESQ ? setelah engikuti itu apa ada perubahan ? q) Apa perkembangan psikologi anak-anak SMPN 1 Malang sudah memenuhi target yang ibu harapkan ? r) Apa saja yang ibu lakukan untuk mewujudkan perkembangan psikologi murid-murid SMPN 1 Malang menjadi sesuai harapan ibu ? s) Apakah tinggi rendahnya IQ seseorang dapat mempengaruhi kepribadian orang tersebut ? JAWABAN :  Identitas a) Ulfa Ali b) Sidoarjo. Gambuta D/22 d) 2.

o) Bagus. bisa mempersiapkan diri untuk masa depan . tapi masih perlu ditingkatkan lagi . Bu Ulfa tidak bisa mengukur kemajuannya . Bu Ulfa mengambil jurusan psikologi pendidikan saat kuliah. Biasanya . Bu Ulfa lahir di Sidoarjo tanggal 9 April 1964. Bu Ulfa tinggal di Jalan Gambuta D/22. Nama panjang Bu Ulfa adalah Ulfa Ali. bisa hidup mandiri. Bu Ulfa bekerja di Pasuruan di SMPN 1 Grati. p) Pernah. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perkembangan jiwa seseorang. Tetapi sebelum Bu Ulfa bekerja di SMPN 1 Malang. tapi sampai saat ini perkembangan moral murid-murid SMPN 1 Malang pada umumnya masih baik-baik saja . n) Berkembang secara maksimal dan positif. Bu Ulfa mempunyai 1 putra dan 1 putri. karena yang mengenai hambatan hanya sedikit . q) Suudah. Dalam tugas wawancara ini kami mewancarai Bu Ulfa. l) Rata-rata 2-3 m) Ya . Ya. s) Kurang lebih 80% dapat mempengaruhi kepribadian seseorang . karena Bu Ulfa kuliah mengambil jurusan Psikolokgi ya tentu saat di Pasuruan juga menjadi guru BK. Jadi Bu Ulfa bekerja sebagai guru BK. Bu Ulfa bekerja di SMPN 1 sejak tahun 1991 ya sudah cukup lama berarti sekitar sudah 19 tahun. Tugas Bu Ulfa sebagai guru BK adalah membantu siswa mencapai perkembangan diri secara maksimal sehingga siswa bisa hidup mandiri secara positif sekaligus menyelesaikan masalah siswa.j) Ilmu yang mempelajari perkembangan jiwa seseorang k) Hubungan sosial teman sebaya seperti geng-gengan dll . r) Memberi informasi mengenai perkembangan remaja . karena jika terlalu sering mengalami hambatan dan masalah otomatis mempengaruhi perkembangan psikologi siswa dan berpengaruh pada prestasi belajar siswa .

Murid-murid SMPN 1 sudah pernah mengikuti program ESQ. Dan tentunya Bu Ulfa tidak lupa untuk memberi informasi tentang perkembangan remaja. dan lain-lain. Sebagai guru BK tentu Bu Ulfa mempunyai suka duka selama menjadi guru BK. ya tapi kalau dilihat secara perkembangan moral. walaupun begitu Bu Ulfa sudah menganggap kalau perkembangan psikologi siswa SMPN 1 Malang sudah bagus karena yang mengalami hambatan hanya sedikit. diharapkan bisa mewujudkan perkembangan psikologi siswa dengan maksimal sesuai harapan Bu Ulfa. tetapi tetap saja masih perlu ditingkatkan lagi. Selain itu tinggi rendahnya IQ seseorang juga dapat mempengaruhi kepribadian seseorang ya mungkin kurang lebih 80%. Bu Ulfa selalu memberi pengarahan kepada siswa karena perkembangan Psikologi anak tentu saja mempengaruhi prestasi anak karena jika terlalu sering mengalami hambatan dan masalah otomatis mempengaruhi perkembangan psikologi siswa dan berpengaruh pada prestasi belajar siswa . Dengan memberi informasi tentang perkembangan remaja. . Demikian hasil wawancara kami.masalah yang paling sering dihadapi oleh siswa adalah hubungan sosial antara teman sebaya seperti geng-gengan. Bu Ulfa masih belum bisa mengukur kemajuannya. bisa hidup mandiri dan bisa mempersiapkan diri untuk masa depan . Tetapi tentu untuk mencapai semua itu pasti perlu tahap. sukanya adalah bisa membantu menyelesaikan masalahyang dihadapi oleh siswanya. Biasanya dalam 1 hari ada sekitar 2-3 anak yang konsultasi ke Bu Ulfa. murid-murid SMPN 1 Malang pada umumnya masih baik-baik saja ya paling tidak sudah memenuhi target yang diharapkan. tetapi jika ditanya apakah ada perubahan atau tidak. Dengan diberinya pengarahan Bu Ulfa berharap supaya perkembangan psikokogi anak bisa berkembang secara maksimal dan positif. Terima kasih. sedangkan dukanya adalah tidak teratasinya masalah yang dihadapi oleh siswanya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful