P. 1
Seni Budaya

Seni Budaya

|Views: 250|Likes:
Published by Ma Inez

More info:

Published by: Ma Inez on Feb 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/07/2015

pdf

text

original

Membutsir Membutsir adalah membentuk tanah liat atau lilin (plastisin/malam) menjadi bentuk mainan, patung kecil

, atau bentuk tertentu berdasarkan daya cipta. Sebelum dibentuk, tanah liat sebaiknya dibersihkan dahulu dari butiran batu atau pasir yang kasar, lembutkan adonan dengan tangan. Jika terlalu lembek biarkan (diangin-anginkan) hingga kadar airnya berkurang, jika dipegang tanah tidak lengket di tangan. Namun jika menggunakan plastisin (lilin/malam), tidak akan terjadi masalah pengolahan bahan. Untuk menghaluskan permukaan bentuk, gunakan alat butsir(dari kawat atau katu yang dibuat menyerupai jari tangan). Alat yang digunakan untuk membutsir:

Contoh Plastisin yang telah dibutsir:

cat.Untuk finishing: amplas. furnishing. gergaji. kayu. golok. artinya mengurangi material sampai memperoleh bentuk akhir patung. Alat-alat yang digunakan:Untuk global: kampak. Contoh memahat: . Matrial yang digunakan dalam metode ini adalah: batu-batuan.Teknik Memahat: Memahat adalah sebuah teknik substraktif. cor semen. slab. Contoh:Penyair dan kritikus Ezra Pound meminta seniman Henri GaudierBrzeska untuk membuat patung portrtnya. dan lain-lain. dan lain-lain. pasah. dan lain-lain.Untuk detail: pahat (kayu dan batu). chain saw (gergaji mesin). kikir. memahat patung batu besar itu. Gaudier-Brzeskabekerja selama dua bulan. dan material kersa lainnya.

selain itu terdapat juga jenis pahat batu yang biasa dipergunakan untuk pelubangan atau pembongkaran bagian yang berhubungan dengan pekerjaan beton atau dinding batu. Pahat yaitu: salah satu alat yang sangat penting dipergunakan dalam bangunan terutama untuk pekerjaan kayu. Gunakan tangan satu lagi pahat dengan memegang pisau antara ibu jari dan jari telunjuk Contoh Pahat: untuk memukul . mengupas dan pembuatan lubang terhadap suatu benda yang bisanya dipergunakan terhadap kayu atau beton.harus menempatkan sisi datar dari pahat terhadap objek yang akan di pahat.Alat yang digunakan untuk memahat adalah pahat. Fungsi penggunaan pahat adalah untuk memotong . Pegang gagang pahat dengan kuat menggunakan satu tangan dengan jari telunjuk untuk mengarahkan mata pisau.

Teknik Mencetak: Teknik Cetak / Teknik Cor: Cetak yaitu membuat patung dengan cara mencairkan bahan. Contoh cetakan untuk adonan patung: . kemudian dituangkan ke dalam alat cetak.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->