P. 1
Anatomi, Struktur Sel Dan Jaringan [Read-Only]

Anatomi, Struktur Sel Dan Jaringan [Read-Only]

|Views: 108|Likes:
Published by Arifin Yasemin

More info:

Published by: Arifin Yasemin on Feb 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/19/2013

pdf

text

original

Arifin,dr

ANATOMI UMUM DAN SEJARAH ANATOMI

ANATOMI
BERASAL DARI BAHASA LATIN YAITU, * ANA : BAGIAN, MEMISAHKAN * TOMI (TOMIE) : IRIS/ POTONG ANATOMI ADALAH ILMU YANG MEMPELAJARI BENTUK DAN SUSUNAN TUBUH BAIK SECARA KESELURUHAN MAUPUN BAGIAN-BAGIAN SERTA HUBUNGAN ALAT TUBUH YANG SATU DENGAN YANG LAIN ILMU URAI YANG MEMPELAJARI SUSUNAN TUBUH DAN HUBUNGAN BAGIAN - BAGIANNYA SATU SAMA LAIN

Sejarah anatomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari kronologi masalah anatomi mulai dari kejadian pemeriksaan kurban persembahan pada masa purba hingga analisa rumit akan bagian-bagian tubuh oleh para ilmuwan modern. Dalam perkembangannya, manusia kian memahami fungsi-fungsi dan struktur tubuh melalui ilmu anatomi. Metode pemeriksaan selalu berkembang, dari pemeriksaan tubuh hewan, pembedahan mayat, sampai ke teknik-teknik kompleks yang dikembangkan pada satu abad terakhir.

Hippokrates adalah ilmuwan kedokteran Yunani kuno yang karyanya masih diakui hingga sekarang. . Namun. banyak karya lainnya yang didasarkan pada spekulasi bukan pada penelitian keilmuan. dan awal pemahaman lebih dalam akan kerja organ seperti ginjal. Ia adalah seorang dokter pada akhir abad ke-6 SM atau awal abad ke5 SM.ANATOMI KUNO Masa ini dimulai setidaknya pada permulaan tahun 1600 SM. Hippokrates telah dapat memahami ilmu dasar mengenai sistem rangka dan otot. saat dikeluarkannya papirus ilmu anatomi oleh ilmuwan peradaban Mesir kuno. Pada saat itu telah dapat dikenali beberapa organ dan pengetahuan dasar akan pembuluh darah.

Aristoteles memulai penelitian yang lebih baik mengenai sistem tubuh melalui pembedahan tubuh hewan. Herophilos adalah orang yang pertama kali mengembangkan ilmu anatomi berdasarkan struktur asli tubuh manusia. Penggunaan tubuh mati manusia atau mayat untuk penelitian ilmu anatomi dimulai pada abad ke-4 SM. . Pada abad ke-4 SM. Ia berhasil membedakan pembuluh balik (vena) dengan pembuluh (arteri) dan hubungan organ-organ yang lebih akurat. saat Herophilos dan Erasistratus mempertunjukkan pembedahan mayat di Iskandariyah di bawah bantuan dinasti Ptolemais..

.. Ia banyak mengumpulkan ilmu-ilmunya dari ilmuwan terdahulu dan banyak memahami fungsi organ dengan melakukan pembedahan hidup-hidup pada hewan. Oleh karena larangan agama untuk pembedahan manusia hidup-hidup. Galen menganggap struktur anatomi manusia serupa dengan anatomi anjing. Ilmuwan yang cukup penting dalam masa anatomi kuno adalah Galen (abad ke-2 M). dan kebanyakan hanya diketahui oleh dokter pada masa renaisans. Karyakarya aslinya banyak yang hilang. dan dianggap sebagai "Gray's Anatomy" pada dunia kuno selama 1500 tahun. Banyak koleksi gambar anatominya berdasarkan anatomi anjing.

Setelah masa Galen. tetapi tidak dengan ilmu anatomi karena berbagai larangan dan tabu. Para imuwan mempelajari lebih lanjut hal-hal yang mereka bisa temukan pada mayat.ZAMAN PERTENGAHAN – AWAL ANATOMI MODERN Kemajuan kecil pada ilmu anatomi terjadi setelah kejatuhan kekaisaran Romawi. Ahli anatomi yang cukup berperan pada masa ini adalah Mondino de Liuzzi dan Alessandro Achillini. mereka dapat memahami lebih baik lagi mengenai fungsi organ tubuh. Ilmuwan Arab banyak memberi kemajuan bagi ilmu lainnya. Akhirnya. terjadi perkembangan anatomi di Bologna pada abad ke-14 hingga abad ke-16. .

Ia berhasil menunjukkan perbedaan besar mengenai gambaran anatomis tubuh manusia dengan anjing (gambaran Galen). . Ilmuwan pada abad ke-16 dan 17. berhasil memahami mengenai sistem sirkulasi. Pada abad ke-16. Begitu pula dengan penemuan sistem limfatik. aliran darah dari ventrikel jantung kiri ke kanan. dan vena hepatika yang diidentifikasi berbeda dengan sistem sirkulasi lainnya. penemuan katup pada pembuluh balik. Vesalius menerbitkan gambargambar anatominya dengan cara membedah korban eksekusi gantung..

memperbaiki fakta mengenai bentuk dan ruangan jantung. penggambaran baru tentang otak dan pembuluhnya. yang tertarik akan ilmu anatomi. menuntut ilmu ke Italia sebagai pusat pendidikan ilmu anatomi.. aorta dan katup-katupnya. Realdo Colombo dan Gabriele Falloppio adalah murid dari Vesalius (ahli anatomi abad ke-16). . Hanya di Italia beberapa penelitian penting dilakukan seperti pembedahan pada tubuh wanita. pembetulan mengenai pemahaman bagian dalam telinga. pembuluh nadi paru-paru. Banyak masyarakat Eropa. yang akhirnya menjadi profesor di Roma. banyak melakukan perkembangan pada anatomi tulang. Colombo.

Pembatasan ini membuat dimulainya pengerjaan sebuah buku teks ilmu anatomi yang akhirnya terkenal. . Gray's Anatomy. Melihat perkembangan yang tidak baik ini. banyak ilmuwan yang memberikan gambaran anatomi lebih mendalam dibandingkan abad sebelumnya. Berbagai perkembangan juga terjadi pada alat-alat canggih untuk memahami tubuh manusia (terutama tubuh hidup). Permintaan akan mayat semakin meningkat. bahkan pembunuhan. Selain itu. yang memberikan batas-batas hukum untuk penyediaan jenazah. parlemen Inggris mengeluarkan Undang-undang Anatomi 1832.ANATOMI ABAD 19 – MODERN Pada abad ke-19. Penelitian anatomi berkembang dimanamana dengan Inggris sebagai pusatnya. untuk itu berbagai cara dilakukan. dikembangkan pula ilmu mengenai anatomi mikro yaitu histologi pada manusia dan hewan. Penelitian anatomi pada ratusan tahun lalu banyak membantu perkembangan pemahaman pada ilmu-ilmu baru seperti biologi molekuler.

ada organ-organ (mata. ada urat. ada darah. pada usia 36 tahun menulis 3 buku yang tebal. . hidung.Watchman Nee. ada sel. emosi. yaitu rasio. dan kemauan. ada daging. Tetapi di dalam jiwa ada 3 unsur. kuping. lidah. jantung. judulnya “Spiritual Man” (Orang Rohani). Di dalam tubuh kita ada tulang. liver).

dan memperoleh pengetahuan yang dianggap perlu.PERATURAN ANATOMI DI INDONESIA Pemerintah Indonesia mengeluarkan Peraturan Pemerintah Tentang Bedah Mayat Klinis dan Bedah Mayat Anatomis serta Transplantasi Alat dan atau Jaringan Tubuh Manusia pada 1981. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan menghormati jenazah sebagai peninggalan manusia. . Bedah mayat anatomis adalah bedah mayat dalam rangka pendidikan. Bedah mayat klinis yang dimaksud adalah tindakan otopsi yang dilakukan untuk mengetahui sebab kematian pasien atau dalam kasus kriminal.

ISTILAH DALAM ANATOMI .

AKSIS DAN BIDANG PENTING .

..

. .

letaknya tegak lurus terhadap bidang median atau sagital. . Bidang sagital = paramedian : bidang yang membagi tubuh menjadi dua bagian dari titik tertentu (tidak membagi tepat dua bagian). Bidang koronal = frontal: bidang vertikal yang melalui tubuh. Bidang horizontal = transversal: bidang yang terletak melintang melalui tubuh (bidang X-Y). membagi tubuh menjadi bagian depan (frontal) dan belakang (dorsal). Bidang ini membagi tubuh menjadi bagian atas (superior) dan bawah (inferior). Bidang ini sejajar dengan bidang median.BIDANG ANATOMI Bidang anatomi adalah bidang yang melalui tubuh dalam posisi anatomi: Bidang median : bidang yang membagi tepat tubuh menjadi bagian kanan dan kiri.

KEDUA IBU JARI KAKI MENGHADAP LURUS KE DEPAN KEDUA LENGAN DI SAMPING TUBUH DENGAN TELAPAK TANGAN MENHADAP KE DEPAN. POSISI ANATOMI/SIKAP ANATOMI TUBUH BERDIRI TEGAK KEPALA. . KEDUA MATA.POSISI ANATOMIS SEMUA DESKRIPSI DIEKSPRESIKAN DALAM HUBUNGANNYA DENGAN POSISI ANATOMI.

. .

..

Superficial : Bagian yang letaknya dekat dengan permukaan tubuh. Distal : Bagian yang letaknya lebih jauh dari titik pangkal. 5. 11. 4. . Dorsal : Bagian yang letaknya mendekati arah belakang/tulang belakang. 6. Medial : Bagian tubuh yang terdekat dengan garis tengah. 2. 7. Profunda : Bagian yang letaknya lebih dalam dari permukaan tubuh. 8. Posterior : Bagian belakang tubuh. Inferior : Bagian bawah tubuh. 1.. 10. Ventral : Bagian yang letaknya mendekati bagian depan/perut. Anterior : Bagian depan tubuh. 9. Lateral : Bagian tubuh yang menjauh dari garis tengah/ke samping. 3. 12. Proximal : Bagian yang lebih dekat dengan titik pangkal. Superior : Bagian atas tubuh.

Linea parasternalis. garis khayal sesuai dengan lipatan ketiak depan. Linea axillaris media.H. garis khayal yg merupakan perpotongan antara bidang median dengan permukaan belakang tubuh 3. Linea axillaris posterior. sternalis 6. Linea medioclavicularis. 8. mid. G.& l.H.clav. Linea mediana anterior. Linea axillaris anterior.GARIS-GARIS ANATOMIS: 1. sejajar l. garis khayal sesuai dengan lipatan ketiak belakang. mediana yang melalui pertengahan clavicula 5. yg sejajar & berjarak sama dengan l. garis khayal yg merupakan perpotongan antara bidang median dengan permukaan depan tubuh 2. Linea mediana posterior. G. Linea sternalis. garis khayal sesuat tepi kanan kiri sternum 4. 7. antara 6 & 7 .

REGIO TUBUH .

..

..

. .

9. Hipogastrium. 8. 5. Inguinal Kanan. 3.Regio Abdominopelvis 1. Umbilikal. Lumbal Kiri. 4. Epigastrium. 2. 7. Hipokondrium Kanan. . Lumbal Kanan. Hipokondrium Kiri. 6. Inguinal Kiri.

Rongga Spinal/Tlg Belakang Rongga Tubuh Ventral a.RONGGA TUBUH 1. Rongga Cranial/Tengkorak b. Rongga Peritoneal/Perut c. 2. Rongga Thorax/Dada b. Rongga Tubuh Dorsal a. Rongga kecil lainnya .

Membrana Serosa 1. 3. Membran Peritoneal adalah membran yang membungkus organ2 dalam perut. Masing-masing mambrana terdiri dari Membr Perietal dan Membr Visceral. . Membran Pleura adalah membran yang membungkus paru-paru. 2. Membran Pericardial adalah membran yang membungkus jantung.

ARAH PERGERAKAN FLEXIO → MEMBENTUK/MEMPERKECIL SUDUT EXTENSIO → MELURUSKAN/MEMPERBESAR SUDUT ABDUCTIO → MENJAUHI BIDANG TENGAH TUBUH ADDUCTIO → MENDEKATI BIDANG TENGAH TUBUH CIRCUMDUCTIO → KOMBINASI GERAKAN FLEXIO-ABDUCTIO-EXTENSIO-ADDUCTIO ROTATIO → MEMUTAR PADA SUMBU PANJANG .

PRONATIO → MEMBUNGKUKKAN BADAN ATAU MEMUTAR LENGAN BAWAH SEHINGGA TELAPAK TANGAN MENGHADAP KE POSTERIOR SUPINATIO → MEMUTAR LENGAN BAWAH SEHINGGA TELAPAK TANGAN MENGHADAP ANTERIOR PROTRACTIO → PERGERAKAN KE DEPAN PADA ART. TEMPORO-MANDIBULARIS INVERSIO → PERGERAKAN KAKI SEHINGGA TELAPAK KAKI MENGHADAP KE ARAH MEDIAL EVERSIO → PERGERAKAN KAKI SEHINGGA TELAPAK KAKI MENGHADAP KE ARAH LATERAL .. TEMPOROMANDIBULARIS RETRACTIO → PERGERAKAN KE BELAKANG PADA ART.

. .

Pergerakan anatomis .

Pergerakan anatomis .

Pergerakan anatomis .

STRUKTUR TUBUH MANUSIA .

STRUKTUR TUBUH MANUSIA SEL (UNSUR DASAR JARINGAN TUBUH YANG TERDIRI ATAS INTI SEL/ NUCLEUS DAN PROTOPLASMA) ↓ JARINGAN (KUMPULAN SEL KHUSUS DENGAN BENTUK & FUNGSI YANG SAMA) ↓ ORGAN (BAGIAN TUBUH/ ALAT MANUSIA DGN FUNGSI KHUSUS) ↓ SISTEM (SUSUNAN ALAT DENGAN FUNGSI TERTENTU) .

. Disamping sel darah merah masih terdapat sekitar 75 triliun sel lain yang menyusun tubuh manusia. Setiap jenis sel dikhususkan untuk melakukan suatu fungsi tertentu.SEL Sel adalah satu unit dasar dari tubuh manusia dimana setiap organ merupakan gregasi/penyatuan dari berbagai macam sel yang dipersatukan satu sama lain oleh sokongan struktur-struktur interselluler. Misalnya sel darah merah yang jumlahnya 25 triliun berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan. sehingga jumlah sel pada manusia sekitar 100 triliun sel.

tetapi umumnya seluruh sel mempunyai sifar-sifat dasar yang mirip satu sama lain. misalnya : oksigen akan terikat pada karbohidrat. lemak dan karbohidrat. lemak atau protein pada setiap sel untuk melepaskan energi mekanisme umum merubah makanan menjadi energi setiap sel melepaskan hasil akhir reaksinya ke cairan disekitarnya hampir semua sel mempunyai kemampuan mengadakan reproduksi dan jika sel tertentu mengalami kerusakan maka sel sejenis yang lain akan beregenerasi → Secara umum sel-sel yang menyusun tubuh manusia mempunyai struktur dasar yang terdiri dari membran sel. →Walaupun banyak sel yang berbeda satu sama lainnya. elektrolit. protoplasma dan inti sel (nukleus).. . protein. → Ketiganya mempunyai komposisi kimia yang terdiri dari air.

Anatomi Sel .

termasuk tubuh manusia dan organisme multiseluler tingkat rendah seperti serangga . yaitu jaringan epitel. jaringan otot. .JARINGAN Adalah : kelompok sel yang serupa secara struktural (begitu pula produk yang dihasilkan) yang mengalami spesialisasi untuk menjalankan suatu fungsi tertentu. Ada empat tipe jaringan dasar yang membentuk tubuh semua hewan. jaringan saraf. jaringan ikat.

Jaringan ini berfungsi untuk melindungi organ yang dilapisinya. . * Jaringan epitel.. sebagai organ sekresi dan penyerapan. Jaringan yang disusun oleh lapisan sel yang melapisi permukaan organ seperti permukaan kulit.

* Jaringan pengikat. .. Sesuai namanya. Contoh jaringan ini adalah jaringan darah. jaringan pengikat berfungsi untuk mengikat jaringan dan alat tubuh.

. Jaringan otot terbagi atas tiga kategori yang berbeda yaitu otot licin/otot polos yang dapat ditemukan di organ tubuh bagian dalam. dan otot jantung yang dapat ditemukan di jantung.. * Jaringan otot. otot lurik yang dapat ditemukan pada rangka tubuh. .

.. Adalah jaringan yang berfungsi untuk mengatur aktivitas otot dan organ serta menerima dan meneruskan rangsangan. * Jaringan saraf.

dan memproses informasi dalam otak dan saraf (SS. paruparu Sistem rangka: sokongan dan perlindungan struktural dengan tulang Sistem urin: ginjal dan struktur yang dihubungkan dalam produksi dan ekskresi urin . OTONOM) Sistem reproduksi: organ seks Sistem pernafasan: organ yang digunakan bernafas. SS. mengirim. dan usus Sistem endokrin: komunikasi dalam tubuh dengan hormon Sistem kekebalan: mempertahankan tubuh dari serangan benda yang menyebabkan penyakit Sistem integumen: kulit. rambut Sistem limfatik: struktur yang terlibat dalam transfer limfa antara jaringan dan aliran darah Sistem otot: menggerakkan tubuh Sistem saraf: mengumpulkan. PERIFER.ORGAN / SISTEM Sistem kardiovaskular: memompa darah ke seluruh tubuh Sistem pencernaan: pemrosesan makanan dengan mulut. SS. PUSAT. perut.

Terima Kasih .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->