P. 1
Proposal SKB warnet

Proposal SKB warnet

|Views: 1,318|Likes:
Published by berdecit
Tugas Studi Kelayakan Bisnis mengenai pendirian Warnet
Tugas Studi Kelayakan Bisnis mengenai pendirian Warnet

More info:

Categories:Types, Business/Law
Published by: berdecit on Feb 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/25/2015

pdf

text

original

PROPOSAL WARNET DAN GAME CENTER AR.

NET

TUGAS MATAKULIAH Studi Kelayakan Bisnis yang dibina oleh Bapak Agung Winarno

OLEH: Ramya D. Mandhana 100413401154

UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN April 2012

1

KATA PENGANTAR
Puji syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas semua limpahan kasih karunia dan anugerah-Nya, sehingga penulisan proposal yang berjudul ” Proposal Warnet dan Game Center aR.net ” dapat diselesaikan dengan baik. Penulisan proposal ini merupakan salah satu tugas kelompok matakuliah Studi Kelayakan Bisnis. Selama melakukan penulisan makalah ini, Penulis mendapat banyak bantuan dari berbagai pihak, sehingga makalah ini dapat diselesaikan. Penulis menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada: 1. Bapak Agung. Selaku dosen pembimbing matakuliah SKB yang telah memberikan waktu dalam penyusunan makalah. 2. Semua pihak yang telah banyak membantu kelancaran penyusunan makalah. Harapan penulis, semoga penulisan proposal ini dapat bermanfaaat bagi pembaca dan juga dapat bermanfaat untuk pengembangan khususnya bidang Studi Kelayakan Bisnis.

Malang, April 2012

Penulis

2

BAB I PENDAHULUAN

Bisnis warnet dan game center semakin berkembang seiring dengan kemajuan sarana dan prasarana teknologi informasi. Di kota-kota besar Warnet dan Game Center terus tumbuh bak jamur dimusim hujan. Bagi masyarakat perkotaan, kebutuhan informasi instan sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa ditawar lagi mulai dari pendidikan sampai bisnis membutuhkan akses informasi yang cepat dan hal tersebut bisa dipenuhi melalui teknologi internet. Dari anak-anak hingga orang dewasa dan dari kota sampai desa, internet merupakan fenomena di abad baru yang sangat cepat. Karena tingkat kebutuhan yang semakin besar maka pasarpun semakin terbuka luas. Hal ini juga didukung dengan semakin besarnya tingkat kebutuhan masyarakat terutama kalangan remaja terhadap Game Center sebagai media penghilang kejenuhan setelah beraktifitas sepanjang hari. Bisnis warnet dan game center sekarang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat pada umumnya. Bisnis warnet dan game center mampu beromzet dari Rp. 300.000,- sampai Rp. 1.500.000,- per harinya. Angka tersebut belum termasuk perjualan makanan kecil, minuman ringan dan lain sebagainya. Selain itu di kota Malang dan sekitarnya terdapat banyak mahasiswamahasiswi, siswa-siswi ataupun orang umum yang paham akan teknologi, dan juga banyak sekali peminat game online dan warnet terutama di wilayah Malang dan sekitarnya. Sehingga dengan mendirikan bisnis warnet dan game center

merupakan bisnis yang bagus untuk sekarang dan kedepannya. Pada dasarnya membuka usaha warnet dan game online tidak membutuhkan pelatihan khusus. Hanya perlu memiliki;
1. 2. 3. Teknisi yang selalu mengecek kemampuan dari PC. Penjaga warnet. Cleaning Service

Dengan beberapa orang tersebut, usaha warnet dan game centerpun bisa dijalankan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu kami mengajukan proposal mengenai pembangunan warnet dan game center.

3

BAB II PROFIL USAHA

2.1. Profil Usaha Usaha warnet dan game center dapat dilakukan oleh industri kecil sampai besar karena proses pembentukkannya yang sangat mudah. Jenis usaha warnet dan game center bisa dikembangkan dalam bentuk kecil maupun dalam bentuk besar.

2.1.1. Nama Usaha Nama unit usaha ini diberi nama “aR.net” dikarenakan bergerak dalam bidang warnet dan game center. Nama perusahaan Jenis perusahaan Pemilik Alamat Telp : Warnet & Game Center “aR.net” : Warnet dan Game Center : Ramya D. Mandhana : Jalan MT. Haryono 12 : 081945973733

2.1.2. Struktur Usaha PIMPINAN

PENJAGA WARNET

TEKNISI

CLEANING SERVICE

Dalam hal ini pimpinan (pemilik warnet) berhubungan langsung dengan penjaga wanet, teknisi dan cleaning service.

4

2.1.3. Personalia Warnet dan game center ini akan beroperasi selama 24 jam full, sehingga membutuhkan beberapa tenaga kerja yang dibagi dalam 3 shift (1 shift = 8 jam). Kebutuhan tenaga kerja yang diperlukan meliputi:
1. 6 penjaga warnet (1 shift, 2 penjaga warnet) 2. 3 cleaning service (1 shift, 1 cleaning service) 3. 3 teknisi (1 shift, 1 teknisi)

2.1.4. Jumlah PC Warnet dan game center ini membutuhkan 32 PC, yang terdiri atas:
1. 15 PC untuk internet 2. 15 PC untuk game online 3. 2 PC untuk server

5

BAB III ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

3.1. Aspek Pasar 3.1.1. Segmentasi, Targeting dan Positioning
1. Segmentasi

Yang menjadi segmen dari usaha warnet dan game center ini adalah segmen menengah ke atas.
2. Targeting Yang menjadi target market dari usaha warnet dan game center adalah para pelajar, para mahasiswa dan masyarakat umum. 3. Positioning Kami menciptakan image atau citra dari usaha warnet dan game center sebagai warnet dan game center yang rapi, nyaman dan bersih.

3.1.2. Permintaan Dewasa ini kita cermati permintaan akan kebutuhan teknologi internet dan game online semakin meningkat. Terlebih dengan ditunjang oleh beragam cara yang mudah agar masyarakat untuk bisa mengakses internet dan game online. Sehingga usaha ini akan banyak yang berminat.

3.1.3. Penawaran Perkembangan usaha warnet dan game center memang relative bagus dan maju. Oleh karena itu penawaran yang bagus akan membuat usaha ini akan semakin maju dan memberikan nilai yang tinggi bagi konsumen. Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha warnet dan game center pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif maupun lebih kompetitif karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan kemudahan bagi para konsumen.

6

3.1.4. Analisis Persaingan dan Peluang Pasar Persaingan untuk usaha ini cukup tinggi karena jumlah usaha warnet dan game center di Malang cukup banyak. Peluang pasar untuk usaha ini dapat diperoleh dengan melakukan promosi yang besar dan diskon di awal pembukaan usaha. Unit-unit PC yang baru dan tempat usaha yang menarik juga akan membuat konsumen tertarik. Selain untuk tempat internet dan game, usaha juga akan memberikan banyak film-film dan lagu-lagu terbaru, sehingga para konsumen yang kurang suka dengan internet dan game bisa tertarik.

3.2. Aspek Pemasaran 3.2.1. Harga Harga dalam usaha warnet dan game center ini meliputi harga regular dan harga paket. Harga regular meliputi:
1. Harga internet warnet: a. Jam 8 pagi – 10 malam = Rp. 3.500,- per jam b. Jam 10 malam – 8 pagi = Rp. 2.500,- per jam 2. Harga internet game center: a. Jam 8 pagi – 10 malam = Rp. 3.000,- per jam b. Jam 10 malam – 8 pagi = Rp. 2.000,- per jam

Harga paket meliputi:
1. Harga internet warnet: a. Paket siang 3 jam = Rp. 9.000,b. Paket siang 5 jam = Rp. 15.000,c. Paket siang 8 jam = Rp. 20.000,d. Paket malam 10 jam = Rp. 15.000,2. Harga internet game center a. Paket siang 3 jam = Rp. 7.000,b. Paket siang 5 jam = Rp. 10.000,c. Paket siang 8 jam = Rp. 15.000,d. Paket malam 10 jam = Rp. 11.000,-

7

BAB IV ASPEK TEKNIK OPERASI

Dalam bab ini akan dibahas mengenai teknis pembuatan kerupuk ikan. Secara teknis pembuatan kerupuk ikan relatif mudah dilakukan karena bahanbahan yang mudah didapat dan alat-alat yang digunakan cukup sederhana.

4.1. Lokasi Usaha Lokasi usaha warnet dan game center ini berada di jalan MT. Haryono karena dekat dengan universitas-universitas dan tempat tinggal penduduk agar dapat memperoleh konsumen dengan cepat. Pada lokasi usaha ini menggunakan ruko.

4.2. Fasilitas Sarana dan Prasarana 4.2.1. Fasilitas Sarana Sarana yang akan kami gunakan untuk menunjang kegiatan usaha kami adalah:
1. PC 2. AC 3. Meja Kursi 4. Ruang Tunggu 5. Kulkas Minuman 6. dll

4.2.2. Fasilitas Prasarana Prasaranan yang akan kami gunakan untuk menunjang kegiatan usaha kami adalah ruko 2 lantai.

4.3. Tenaga Kerja
Tenaga ahli yang kami pekerjakan untuk menunjang kelancaran usaha warnet dan game center kami adalah: 1. Penjaga Warnet

8

2. Teknisi 3. Cleaning Service

4.4. Rencana Pengoperasian Usaha 4.4.1. Proses Operasi Usaha Proses operasi perusahaan meliputi rencana promosi, rencana persediaan produk-produk tambahan (makanan, minuman, dll), penjadwalan pegawai dan penggajian, dan pengawasan PC.

4.4.2. Kegiatan Perawatan Mesin Kegiatan perawatan mesin kami menggunakan tenaga ahli mesin sesuai dengan mesin – mesin yang kami gunakan. Misalnya perawatan PC, perawatan AC, Kulkas. Perawatan dilakukan secara berkala dan berkelanjutan dengan menggunakan teknisi dan tenaga ahli dari mitra kerja kami.

4.5. Teknologi Teknologi yang kami pakai dalam usaha warnet dan game center ini adalah teknologi yang baru, dalam hal ini adalah PC dan perlengkapannya. Sehingga bisa membuat konsumen puas terhadap kualitas teknologi yang kita gunakan.

9

BAB V ASPEK KEUANGAN 5.1. Kebutuhan Dana Investasi 5.1.1. Biaya Pra Operasi Biaya pra operasi mencapai Rp 658.600.000,- yang digunakan untuk proses pembelian ruko dan perlengkapan dalam usaha.

5.1.2. Modal Usaha Modal Usaha digunakan untuk membiayai seluruh kegiatan yang mencapai Rp 8.400.000,Total kebutuhan dana Investasi = Rp 667.000.000,-

5.2. Sumber Dana Sumber dana usaha warnet dan game center ini didapatkan dari modal sendiri yaitu sebesar, Rp. 667.000.000,-

5.3. Rencana Kebutuhan Dana 5.3.1. Biaya Pembelian Ruko NO 1 KETERANGAN RUKO Ruko 2 Lantai HARGA Rp. 500.000.000

5.3.2. Biaya Pembelian PC NO NAMA JUMLAH HARGA SATUAN 1 2 3 4 5 Paket PC untuk warnet Paket PC untuk game Paket PC untuk server Headset Speaker TOTAL 15 15 2 32 4 Rp. 3.500.000 Rp. 3.200.000 Rp. 3.700.000 Rp. Rp. 50.000 300.000 JUMLAH HARGA Rp. 52.500.000 Rp. 48.000.000 Rp. 7.400.000 Rp. 1.600.000 Rp. 1.200.000 Rp. 110.700.000

10

5.3.2. Biaya Perlengkapan Usaha NO KETERANGAN JUMLAH HARGA SATUAN 1 Paket meja+kursi untuk warnet 2 Paket meja+kursi untuk game 3 Paket meja+kursi untuk server 4 5 6 7 8 9 AC Etalase Kulkas minuman Kursi tambahan Printer Biaya tak terduga TOTAL 2 1 1 30 1 Rp. 2.000.000 Rp. 1.000.000 Rp. 1.500.000 Rp. 30.000 Rp. 4.000.000 Rp. 1.000.000 Rp Rp 1.500.000 900.000 2 Rp. 1.500.000 Rp. 3.000.000 15 Rp. 700.000 Rp. 10.500.00 15 Rp. 1.300.000 JUMLAH HARGA Rp. 19.500.000

Rp. 2.000.000 Rp. 2.000.000

Rp. 2.000.000 Rp. 2.000.000 Rp. 44.400.000

5.3.3. Biaya Pemasangan Internet NO 1 KETERANGAN Pemasangan Awal JUMLAH HARGA Rp. 3.500.000

5.3.4. Biaya Modal Usaha NO 1 2 3 4 5 6 Kas Makanan Minuman Kertas Voucher game Tinta Printer TOTAL KETERANGAN JUMLAH HARGA Rp. 3.100.000 Rp. . 500.000 Rp. Rp. 500.000 100.000

Rp. 4.000.000 Rp. 200.000

Rp. 8.400.000

11

5.4. Proyeksi Keuangan 5.4.1. Proyeksi Pendapatan Per Tahun NO 1 2 3 4 5 6 KETERANGAN (PER TAHUN) Pendapatan warnet Pendapatan game center Pendapatan makanan Pendapatan minuman Pendapatan print Pendapatan voucher PENDAPATAN PER TAHUN JUMLAH Rp. 328.500.000 Rp. 246.375.000 Rp. 18.250.000 Rp. 25.550.000 Rp. 10.950.000 Rp. 14.600.000 Rp. 644.225.000

5.4.2. Proyeksi Biaya Per Tahun NO 1 2 3 4 5 6 7 KETERANGAN (PER TAHUN) Gaji penjaga warnet (6 orang) Gaji teknisi (3 orang) Gaji cleaning service (3 orang) Biaya Listrik Biaya Internet PBB PPn TOTAL JUMLAH Rp. 57.600.000 Rp. 36.000.000 Rp. 18.000.000 Rp. 600.000

Rp. 24.000.000 Rp. 800.000

Rp. 45.260.000 Rp. 182.260.000

5.4.3. Proyeksi Rugi / Laba Pendapatan per tahun Pengeluaran per tahun LABA Rp. 644.225.000 Rp. 182.260.000 Rp. 461.965.000

Dengan demikian laba yang diperoleh per tahun dalam usaha warnet dan game center ini adalah sebesar Rp. 461.965.000

12

5.4.4. Perhitungan Kelayakan Usaha 1. Dengan metode Payback Periode Payback Period = Investasi x 1 tahun Arus Cash Inflow • Arus Cash Flow = EAT + Depresiasi • Aktiva tetap Rp 658.600.000 • Depresiasi = Rp 127.576.400 per tahun

2. Dengan Rate of Return Yaitu dengan membandingkan Rata – rata EAT dengan Rata- rata Investasi Misalkan pendapatan per tahun adalah sebagai berikut ; TAHUN 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 TOTAL Rata – rata EAT = Rp. 531.023.600 Rata – rata Investasi Rp 667.000.000/2 =Rp 333.500.000 ARR = Rp. 531.023.600 Rp 333.500.000 =159.227% PENDAPATAN Rp. 461.965.000 Rp. 484.123.000 Rp. 500.127.000 Rp. 521.976.000 Rp. 530.265.000 Rp. 548.999.000 Rp. 569.915.000 Rp. 578.962.000 Rp. 560.120.000 Rp. 553.784.000 Rp. 5.310.236.000

13

BAB VI ASPEK EKONOMI DAN SOSIAL

6.1. Penambahan Devisa Pendapatan pemerintah meningkat melalui pajak penghasilan yang harus dibayarkan oleh Warnet dan Game Center aR.net.

6.2. Penyerapan Tenaga Kerja Usaha Warnet dan Game Center memberikan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja sebanyak 12 orang dan memperkecil angka pengangguran di masyarakat.

6.3. Dampak Terhadap Lingkungan Masyarakat Beberapa dampak usaha warnet dan game center ini terhadap lingkungan masyarakat adalah sebagai berikut:
a. Adanya peningkatan ekonomi masyarakat khususnya para karyawan. b. Adanya lowongan lapangan pekerjaan baru. c. Peningkatan pendidikan terhadap masyarakat bisa meningkat melalai internet. d. Masyarakat bisa menghilangkan stress dengan bermain game ataupun internet.

6.4. Dampak Terhadap Industri Lain
a. Bagi usaha yang sejenis tentunya akan berdampak pada meningkatnya persaingan. b. Bagi industri game online akan terus meningkatkan kualitasnya.

14

BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN 7.1. Kesimpulan Dari hasil ananlisis beberapa faktor, ternyata usaha warnet dan game center mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Terlebih jika penawaran yand disediakan cukup banyak, dan juga kesadaran masyarakat akan pentingnya teknologi dan pendidikan internet sebagai salah satu kebutuhan yang paling utama di masa sekarang ini. Maka usaha warnet dan game center ini memberikan peluang yang sangat baik bila dikembangkan. Peluang-peluang dari para konsumen juga bisa memberikan rasa optimis untuk menjalankan usaha ini.

7.2. Saran Dalam menjalankan usaha warnet dan game center ini yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari teknologi dan kelengkapan yang kita punyai. Semakin bagus teknologi dan semakin lengkap yang kita punyai maka konsumenpun akan bertambah banyak. Penentuan lokasi juga menentukan dalam mendapatkan konsumen.

15

16

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->