MULUT 1. Bibir Fungsi memudahkan memakan makanan dan berbicara 2. Pipi 3.

Uvula uvula berfungsi untuk menutup saluran napas saat menelan 4. Lidah Fungsi menggerakkan makanan, membantu untuk berbicara, dan sbagai indera pengecap rasa manis  ujung lidah rasa pahit  pangkal lidah rasa asam  di tepi belakang kiri dan kanan lidah rasa asin  tepi depan kiri dan kanan lidah. Papila lidah a. Papila filiformis adalah Papila yang berbentuk seperti benang halus, papila ini banyak terdapat pada bagian depan lidah. b. Papila fungiformis adalah Papila yang berbentuk tonjolan seperti kepala jamur, papila ini terdapat pada bagian depan lidah dan bagian sisi lidah. c. Papila sirkumvalata adalah Papila yang bentuknya seperti huruf v terbalik dan terdapat pada pangkal lidah. 5. Kelenjar saliva a. Kelenjar parotid  kelenjar saliva terbesar, terletak agak ke bawah di depan teling b. Kelenjar submaksilar c. Kelenjar Sublingua  terletak di dasar mulut Komposisi saliva Air, enzim amilase, dan berbagai jenis ion (Na, Klorida, Bikarbonat, Kalium)

Melembapkan dan melumasi makanan sehingga mudah ditelan c. Amilase  mengubah zat tepung menjadi polisakarida dan maltosa d. Gigi Manusia memiliki 2 susunan gigi: gigi primer (susu/desidous) dan gigi sekunder (permanen) Primer  8 seri. 8 geraham (molar) GGTSSSSTGG GGTSSSSTGG Sekunder (anak usia 5-6tahun)  8 seri. 12 molar) GGGGGTSSSSTGGGGG GGGGGTSSSSTGGGGG . 20 geraham (8 pre molar. Zat antibakteri/antibodi  menjaga kebersihan mulut dan mencegah kerusakan gigi 6. 4 taring.Fungsi saliva a. Melarutkan makanan secara kimia untuk pengecapan rasa b. 4 taring.

Absorpsi lemak c. usus besar hanya memproduksi mukus c. b. Sekum adalah kantong tertutup yang menggantung di bawah area katup ileoseka b. Fungsi usus besar: a. sejumlah bakteri dalam kolon mampu mencerna sejumlah kecil selulosa dan memprodksi sedikit kalori nutrien bagi tubuh dalam setiap hari. usus besar mengabsorbsi 80% sampai 90% air dan elektrolit dari sisa makanan yang tersisa dan mengubahnya dari cairan menjadi massa semi padat. Kantung empedu  menyimpan cairan empedu 2. bilirubin (kuning) (pmberi warna feses) merupakan hasil penguraian hemoglobin sel darah merah 5. Panjang 10 cm. Pengeluaran kolesterol KOLON (USUS BESAR) 1. tetapi saat ini diketahui bahwa fungsi apendiks adalah sebagai organ imunologik dan secara aktif berperan dalam sekresi immunoglobulin (suatu kekebalan tubuh) yang memiliki/berisi kelenjar limfoid. suatu tabung buntu yang sempit dan menonjol dari ujung sekum. kapasitas maksimal 30-60 ml 3. . Emulsifikasi lemak b. garam-garam empedu 4. Fungsi garam-garam empedu: a. Pada awalnya organ ini dianggap sebagai organ tambahan yang tidak mempunyai fungsi. Bakteri juga memproduksi vitamin (K. Bagian-bagian usus besar : a. Pigmen empedu  biliverdin (hijau). riboflavin. dan tiamin) dan berbagai gas.KANTUNG EMPEDU 1. pigmen empedu. Empedu  larutan berwarna kuning kehijauan terdiri dari 97% air. Apendiks vermiform. 2.

c.  kolon desenden merentang ke bawah pada sisi kiri abdomen dan menjadi kolon sigmoid berbentuk S yang bermuara di rektum. tempatnya memutar ke bawah pada fleksura splenik. Kolon adalah bagian usus besar dari sekum sampai rektum. . Kolon memiliki tiga divisi :  kolon asenden merentang dari sekum sampai ke tepi bawah hati di sebelah kanan dan membalik secara horisontal pada fleksura hepatika  kolon transversum merentang menyilang abdomen di bawah hati dan lambung sampai ke tepi lateral ginjal kiri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful