P. 1
44399483 Radang Testis

44399483 Radang Testis

|Views: 10|Likes:
Published by ujhee

More info:

Published by: ujhee on Feb 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/27/2013

pdf

text

original

Radang Testis (= orchitis

)
Orchitis adalah proses inflamasi (peradangan) satu atau kedua biji testis (zakar), paling sering disebabkan/bersamaan dengan virus yang menyebabkan gondongan (mumps). Setidak-tidaknya 1/3 laki-laki yang terkenamumps setelah akil balih akan terkena orchitis. Penyebab lainnya adalah infeksi bakteri, termasuk didalamnya penyakit menular seksual (PMS = STD), (warning: sepertigonorrhea atau chlamydia. rada x-rated)

Gambar: Satu, Dua.

Orchitis bakterial, sering akibat dari epididymitis, suatu peradangan saluran sperma (epididymis). Gejala orchitis biasanya timbul mendadak, bisa berupa: pembengkakan testis, nyeri serta gejala infeksi secara umum seperti demam, mual-muntah, nyeri sendi serta gejala lokal lainnya seperti adanya duh tubuh (cairan dari penis) dan adanya darah dalam ejakulat.

Komplikasi orchitis bisa berupa: testis yang mengecil (atropi), abses (nanah) pada kantong testis, dan infertilitas (susah punya anak), terutama jika terkena kedua testis. Pengobatan tergantung penyebab. Untuk yang disebabkan oleh virus, bertujuan menghilangkan gejala-gejala yang ada. Dokter akan memberikan obat anti nyeri/anti demam, obat anti peradangan non-steroid (NSAID), seperti ibuprofen atau naproxen. Dianjurkan bed rest, meninggikan posisi testis serta kompres dingin.

Untuk yang disebabkan bakteri, selain obat2an diatas juga diperlukan pemberian antibiotika. Antibiotik yang biasa dipakai antara lain ceftriaxone, ciprofloxacin, doksisiklin, azithromycindan kotrimoksazol. Pastikan sebelumnya tidak ada alergi terhadap obat2 dimaksud. Dan habiskan antibiotika yang diberikan walaupun gejala penyakitnya sudah mereda.

Saat ini sudah tersedia vaksin untuk mumps yaitu MMR (measles, mumps, rubella) dan MMRV (MMR plus varisela)(untuk usia 1-12 tahun).

Sumber: MayoClinic

. Orchitis sering disebut dengan "testis sakit" dan "selangkangan sakit" kadang-kadang digunakan secara bergantian. seperti gonore atau klamidia. dan merekomendasikan istirahat di tempat tidur.Orchitis Ilustrasi: repro hubpages Deskripsi Orchitis adalah peradangan pada salah satu atau kedua testis. ini disebut epididimo-orkitis. Sumber: medlineplus dan mayoclinic. orang lain). bakteri orkitis dan epididimo-orkitis memerlukan perawatan antibiotik. Jika penyebab infeksi berkaitan dengan PMS. Penyebab lain Orchitis. pasangan seksual (istri/suami) juga harus mendapatkan perawatan. others) atau naproxen (Aleve. Motrin. Setidaknya sepertiga dari laki-laki yang mengalami gondok setelah pubertas juga mengalami Orchitis. suatu peradangan epididimis di bagian belakang testis yang menyimpan dan membawa sperma. Sedangkan penyebab nyeri selangkangan berbeda dari penyebab nyeri testis. seperti ibuprofen (Advil. atau mengangkat skrotum. gejala tersebut antara lain: * Bengkak pada salah satu atau kedua belah testis * Nyeri mulai dari ringan sampai parah * Mual * Demam * Perubahan penis * Darah saat ejakulasi Perawatan Perawatan untuk virus orkitis yang berhubungan dengan gondok. Pembengkakan dan nyeri yang paling umum adalah tanda-tanda dan gejala orkitis. Gejala Gejala Orchitis bisa muncul tiba-tiba. non-steroid anti-inflammatory drugs. Dalam hal ini. adalah penyakitmenular seksual (PMS). Bakteri Orchitis sering karena epididimitis. ditujukan untuk menghilangkan gejala. umumnya peradangan ini dikaitkan dengan virus yang menyebabkan gondok. Tapi selangkangan sakit terjadi pada lipatan kulit antara paha dan perut --bukan di testis. Dokter dapat meresepkan obat penghilang rasa sakit. Selain langkah-langkah untuk menghilangkan rasa tidak nyaman.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->