P. 1
Silabus Semester 1 SMP Kelas VII

Silabus Semester 1 SMP Kelas VII

|Views: 283|Likes:
Silabus Semester 1 SMP Kelas VII
Silabus Semester 1 SMP Kelas VII

More info:

Published by: Ika Gharasky Ciantury on Feb 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/01/2014

pdf

text

original

SILABUS NO Mata Pelajaran STANDAR KOMPETENSI LULUSAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 1.

1Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya. :1 : IPA TERPADU Sekolah : SMP NEGERI 1 T.PURA

Kelas / Semester : VII / Ganjil

Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannnya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh. 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan. MATERI MATA PEMBELAJARA N Besaran dan Satuan INDIKATOR KEGIATAN PEMBELAJARAN PENCAPAIAN TATAP MUKA PT KMTT KOMPETENSI 1.1.1Mengindentifikas1. Datalah  Guru membimbing siswa 1. Tuliskan 5 ikan besaran- Mencari informasi tentang masing masing aktivitasmu besaran fisika besaran dan satuan. contoh dari selama tiga dalam kehidupan besaran pokok hari yang  Guru bersama-sama sehari-hari dan besaran berkaitan dengan siswa merumuskan kemudian turunan! dengan pengertian dari besaran megelompokkan besaran dalam dalam besaran dan satuan. 2. Konversikan ilmu pokok dan  Guru satuan-satuan pengetahuan meminta siswa turunan. panjang berikut alam (IPA) untuk memecahkan ini. satuannya. masalah tentang besaran 1.1.2 Menerapkan a. 30 km = …m Kemudian, dan satuan dan membahas satuan b. 4 inci = …m kelompokkan penyelesaian masalah itu Internasional c. 1 m = … km ke dalam bersama-sama. dalam besaran pokok pengukuran. dan besaran turunan. 1.1.3 Mengkonversi Buatlah satuan panjang, laporan hasil masa, dan waktu kegiatanmu. secara sederhana. ALOKASI WAKTU 4 x 40’ Menit SUMBER BELAJAR Buku IPA Terpadu kelas VII, buku referensi, dan LKS

KARAKTER  Disiplin  Rasa hormat dan perhatian  Tekun  Tanggung jawab  Ketelitian

PENILAIAN Jenis tagihan : • Tugas Individu

Teknik : • Tes Tertulis Bentuk: • Uraian

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 1.2Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya.

Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannnya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh. 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan. KARAKTER  Disiplin  Rasa hormat dan perhatian  Tekun  Tanggung jawab  Ketelitian MATERI MATA INDIKATOR PEMBELAJARA PENCAPAIAN N KOMPETENSI Suhu dan 1.2.1Menggunakan Pengukurannya termometer untuk mengukur suhu zat. 1.2.2Membuat termometer sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume. 1.2.3 Membandingkan skala termometer Celcsius dengan termometer yang lain. KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA • Guru membimbing siswa mencari informasi tentang suhu dan alat ukurnya. • Guru menjelaskan apa yang dimaksud dengan suhu atau konsep suhu dan pengukurannya dalam kehidupan sehari-hari. • Guru membimbing siswa mencari informasi tentang cara menggunakan termometer. • Guru dan siswa bersamasama bereksperimen tentang cara membuat termometer sederhana. PT KMTT 1.Gambarkanlah termometer Celsius, Fahrentheit, Reamur, dan Kelvin lengkap dengan skala derajat, titik didih, dan titik bekunya. PENILAIAN Jenis tagihan : • Tugas Individu ALOKASI WAKTU 3 x 40’ SUMBER BELAJAR Buku siswa (IPA Terpadu kelas VII), buku referensi lain, termometer , dan LKS.

1.

Edo mengukur suhu air dengan termometer skala Fahreinheit dan menunjukkan angka 23 F. Berapakah suhu tersebut bila dinyatakan dalam: a. skala Celsius b. skala Reamur c. skala Kevin

Teknik : • Tes Tertulis

Bentuk: • Uraian

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 1.3Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannnya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh. 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan. KARAKTER  Disiplin  Rasa hormat dan perhatian  Tekun  Ingin Tahu  Ketelitian MATERI MATA PEMBELAJARA N Pengukuran INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 1.3.1 Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar. 1.3.2 Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran. KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA • Guru mencari informasi tentang pengukuran (mengukur) • Guru menjelaskan konsep dari pengukuran dan jenis-jenis alat ukur serta kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. • Guru dan siswwa melakukan sebuah pratikum dalam hal melakukan pengukuran dengan menggunakan alatalat ukur terhadap bendabenda yang ada disekitarnya. • Guru dan siswa bersamasama menyelesaikan soal yang berkaitan dengan pengukuran dengan menggunkan satuan baku dan tak baku. PT 1. Jealskanlah apa yang dimaksud dengan mengukur? 2. Ali mengukur kedalaman lubang sebuah gelas dengan jangka sorong dengan data 5,45 cm. Jika data hasil pengukuran tersebut dinyatakan dalam SI harus ditulis … a. 54,5 mm b. 5,45 10-1m c. 5,45 x 10-2m d. 54,5 x 10-2m KMTT 1. Siapkanlah sebuah penggaris dan meja belajar sekolah, kemudian hitunglah panjang meja tersebut dengan menggunakan penggaris dan jengkal tangan. Catatlah hasil pengukuran mu dan kelompokmu. PENILAIAN Jenis tagihan : • Tugas Kelompok • Tugas Individu ALOKASI WAKTU 3 x 40’ SUMBER BELAJAR Buku IPA kelas VII, buku referensi lain, alat-alat ukur (alat-alat pratikum), dan LKS.

Teknik : • Tes Tertulis • Tes Lisan

Bentuk: • Uraian • Pilihan Berganda

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 2.1Mengelompokka n sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat.

Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannnya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh. 2. Memahami klasifikasi zat. MATERI MATA PEMBELAJARA N Asam, Basa, dan Garam INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 2.1.1Mengindentifikasi kan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator sesuai yang tersedia di Laboratorium dan alam. 2.1.2Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam. 2.1.3 Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan. KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA • Guru membimbing siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang asam, basa, dan garam. • Guru menjelaskan konsep dan apa yang dimaksud dengan asam, basa, dan garam. • Guru menyuruh siswa untuk mengelompokkan bahan-bahan yang ada dilingkungan sekitarnya berdasarkan konsep dari asam, basa, dan garam . • Guru membimbing siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang cara menggunkan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasahan suatu zat. PT 1. Jelaskan apa yang dimaksu dengan asam, basa, dan garam! 2. Tuliskan sifat-sifat dari asam, basa, dan garam! 3. Diketahui beberapa senyawa sebagai berikut : 1. HNO3 3. HCOOH 2. H3PO4 4. H2SO4 Senyawa-senyawa yang termasuk asam mineral adalah … a. 1,2, dan 3 c. 2,3, dan 4 b. 1,2, dan 4 d. 3 dan 4 KMTT 1. Membuat kesimpulan dari hasil percobaan tentang membedakan sifat asam, basa, dan garam dari suatu larutan. (LKS 01) PENILAIAN Jenis tagihan : • Tugas Kelompok • Tugas Individu ALOKASI WAKTU 4 x 40’ SUMBER BELAJAR Buku IPA kelas VII, buku referensi lain, bahan-bahan pratikum, LKS, dan lingkungan.

KARAKTER  Disiplin  Rasa hormat dan perhatian  Tekun  Ingin Tahu  Ketelitian

Teknik : • Tes Tertulis • Tes Unjuk Kerja

Bentuk: • Uraian • Pilihan Berganda

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahanbahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.

Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannnya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh. 2. Memahami klasifikasi zat. KARAKTER  Disiplin  Rasa hormat dan perhatian  Tekun  Tanggung jawab  Ketelitian MATERI MATA PEMBELAJARA N Asam, Basa, dan Garam (Indikator Asam-Basa) INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 2.2.1Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa, dan garam. 2.2.2Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kunyit, kembang sepatu. 2.2.3Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dengan menggunakan PH Universal. KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA • Guru menjelaskan apa yang dimaksud dengan indikator baik itu secara alami maupun universal. • Guru membimbing siswa melakukan percobaan agar siswa dapat mengamati dan mengelompokkan ciri dan sifat suatu zat yang bersidfat asam, bsa, dan garam. • Guru membimbing siswa untuk melakukan percobaan dengan alat penentu/penunjuk (indikator )asam dan basa baik secara alami (kunyit, bunga kembang sepatu) maupun secara universal (misalnya kertas lakmus). PT 1. Bahan berikut yang bersifat basa adalah … a. cuka b. sabun c. jeruk nipis d. air aki 2. Bagaimana cara menentukan keasaman dan kebasahan suatu larutan? KMTT 1.LKS 02 PENILAIAN Jenis tagihan : • Tugas Kelompok • Tugas Individu ALOKASI WAKTU 4 x 40’ SUMBER BELAJAR Buku IPA kelas VII, buku referensi lain, bahan-bahan pratikum, LKS, dan lingkungan.

Teknik : • Tes Tertulis • Tes Unjuk Kerja • Tes Lisan

Bentuk: • Uraian • Pilihan Berganda

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana

Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya.

2. Memahami klasifikasi zat MATERI MATA PEMBELAJARA N Unsur dan Lambang Unsur INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 2.3.1Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur. 2.3.2 Menuliskan nama dan lambang unsur serta rumus kimia sederhana. KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA • Guru membimbing siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang unsur dan lambang unsur • Guru menjelskan konsep dari suatu unsur dan apa yang dimaksud dengan lambang unsur. PT KMTT 1. Carilah informasi mengenai unsur-unsur yang terkandung dalam bendabenda di sekitarmu. Kemudian, buatlah daftar yang berisi nama benda, unsur yang terkandung, nama latin, dan lambangnya. PENILAIAN Jenis tagihan : • Tugas Individu ALOKASI WAKTU 4 x 40’ SUMBER BELAJAR Buku IPA kelas VII, buku referensi lain, gambar, dan LKS.

KARAKTER  Disiplin  Rasa hormat dan perhatian  Tekun  Tanggung jawab  Ketelitian

1.

Apakah yang dimaksud dengan unsur? 2. Jelaskan bagaimana cara menuliskan nama dan lambang unsur? 3. Zat berikut termasuk unsur, kecuali… a. Belerang b. Emas c. Air d. Tembaga

Teknik : • Tes Tertulis • Tes Lisan

Bentuk: • Uraian • Pilihan Berganda

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 2.4 Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran

Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya. 2. Memahami klasifikasi zat. KARAKTER  Disiplin  Rasa hormat dan perhatian  Tekun  Tanggung jawab  Ketelitian MATERI MATA PEMBELAJARA N Sifat Unsur, Senyawa, dan Campuran INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 2.4.1 Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan. 2.4.2 Menuliskan zat (unsur, senyawa dan campuran) dalam kehidupan sehari-hari. KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA • Guru membimbing siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang pengertian dan sifat dari unsur, senyawa, dan campuran. • Guru menjelaskan konsep dari unsur, senyawa, dan campuran serta contoh dari unsur, senyawa dan campuran dalam kehidupan seharihari. • Guru membimbing siswa dalam mengidentifikasikan campuran homogen dan campuran heterogen . PT 1. Ketika kamu membuat air kopi dalam gelas, kopi, gula pasir, dan air panas dicampurkan dan diaduk hingga larut. Jelaskanlah sifat campuran yang terbentuk dibandingkan dengan sifat setiap zat penyusunnya. 2. Tuliskanlah 4 masing-masing contoh dari unsure, senyawa dan campuran dalam kehidupan seharihari. KMTT 1. Cobalah kamu data berbagai zat dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk ke dalam campuran homgen dan heterogen. PENILAIAN Jenis tagihan : • Tugas Individu ALOKASI WAKTU 4 x 40’ SUMBER BELAJAR Buku IPA kelas VII, buku referensi lain, dan LKS.

Teknik : • Tes Tertulis • Tes Lisan

Bentuk: • Uraian

• Guru meminta siswa

mengelompokkan zat-zat kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan seharihari.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya. 3. Memahami wujud zat dan perubahannnya. KARAKTER  Disiplin  Rasa hormat dan perhatian  Tekun  Tanggung jawab  Ketelitian MATERI MATA PEMBELAJARA N Zat dan Wujud Zat INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 3.1.1 Menyelidiki perubahan wujud suatu zat. 3.1.2Menjelaskan susunan dan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran. 3.1.3 Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan. KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA • Guru membimbing siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang zat dan wujud zat. • Guru menjelaskan konsep dari zat, wujud zat termasuk susunan dan gerak partikel pada setian wujud zat serta perubahan dari wujud zat dalam kehidupan sehari-hari. • Guru membimbing siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang adhesi dan kohesi • Guru meminta siswa melakukan percobaan tentang perubahan wujud zat, membedakan dhesi dan kohesi berdasarkan pengamatan para siswa PT 1. Perubahan wujud zat daari gas menjadi padat disebut … a. mengkristal b. mengembun c. membeku d. menguap 2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan adhesi dan kohesi! 3. Jelaskan susunan dan gerak partikel zat cair,zat padat, dan zat gas! KMTT 1. LKS 03 PENILAIAN Jenis tagihan : • Tugas Kelompok • Tugas Individu ALOKASI WAKTU 4 x 40’ SUMBER BELAJAR Buku IPA kelas VII, buku referensi lain, gambar, LKS, dan lingkungan.

Teknik : • Tes Tertulis • Tes Lisan • Tes Unjuk Kerja

Bentuk: • Uraian • Pilihan Berganda

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.

Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya. 3. Memahami klasifikasi wujud zat dan perubahannya. KARAKTER  Disiplin  Rasa hormat dan perhatian  Tekun  Tanggung jawab  Ketelitian MATERI MATA PEMBELAJARA N Massa Jenis INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 3.2.1 Menghitung massa jenis suatu zat. 3.2.2 Mengidentifikasi penerapan massa jenis dalam kehidupan seharihari. KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA • Guru membimbing siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang massa jenis • Guru menjelaskan konsep dari massa jenis, cara menghitung atau menentukan besar massa jenis dari suatu benda serta aplikasi massa jenis dalam kehidupan sehari. • Guru meminta siswa untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan massa jenis. PT 1. Sebuah benda mempunyai volume sebesar 8m3. Jika massanya 10 kg, besar massa jenis benda tersebut adalah … a. 80 kg/m3 b. 12,5 kg/m3 c. 8 kg/m3 d. 1,25 kg/m3 2. Tuliskanlah 3 contoh dari penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan seharihari! KMTT 1.LKS 04 2. Buatlah kliping dari Koran local atau nasional yang menunjukka n peristiwa penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari. PENILAIAN Jenis tagihan : • Tugas Individu • Tugas Kelompok ALOKASI WAKTU 4 x 40’ SUMBER BELAJAR Buku IPA kelas VII, buku referensi lain, LKS,dan lingkungan.

Teknik : • Tes Tertulis • Tes Lisan

Bentuk: • Uraian • Pilihan Berganda

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.

Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya. 3. Memahami zat dan perubahannya. KARAKTER  Disiplin  Rasa hormat dan perhatian  Tekun  Tanggung jawab  Ketelitian MATERI MATA PEMBELAJARA N Pemuaian INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 3.3.1Mengamati proses pemuaian pada zat padat, cair, dan gas. 3.3.2Menjelaskan prinsip dari pemuaian dalam teknologi. 3.3.3 Mengidentifikasi contoh-contoh pemuaian dalam kehidupan seharihari. 3.3.4 Menentukan besar koefisien muai panjang suatu zat,muai ruang, dan muai volume yang dialami oleh suatu zat. KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA • Guru membimbing siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang pengertian dari pemuaian dan proses dari pemuaian suatu zat. • Guru menjelaskan konsep dari pemuaian serta proses dari pemuaian pada setiap wujud zat dan aplikasi dari pemuaian dalam kehidupan sehari-hari. • Guru membimbing siswa dalam melakukan percobaan sederhana pada pemuaian zat cair dan zat padat. • Guru membimbing siswa dalam menentukan besar koefisien muai panjang suatu zat muai, ruang , dan muai volume yang dialami oleh suatu zat. PT 1. Jelaskanlah bagaimana proses dari pemuaian pada zat cair, padat, dan gas! 2. Sebatang logam panjangnya 50,00 cm pada suhu 10ᵒC dan 50,05 cm pada suhu 110ᵒC. Maka koefisien muai panjang baja itu adalah …/ᵒC a. 0,0005 b. 0,00005 c. 0,00004 d. 0,000005 KMTT 1. LKS 05 2. Datalah contoh terjadinya pemuaian yang ada di sekitar rumahmu. PENILAIAN Jenis tagihan : • Tugas Individu • Tugas Kelompok ALOKASI WAKTU 4 x 40’ SUMBER BELAJAR Buku IPA kelas VII, buku referensi lain, LKS, dan lingkungan.

Teknik : • Tes Tertulis • Tes Lisan

Bentuk: • Uraian • Pilihan Berganda

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 3.4 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubahan wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya. 3. Memahami wujud zat dan perubahannya. KARAKTER  Disiplin  Rasa hormat dan perhatian  Tekun  Tanggung jawab  Ketelitian MATERI MATA PEMBELAJARAN Kalor dan Perpindahan Kalor INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 3.4.1Mendefenisikan pengertian dari kalor. 3.4.2Menghitung besarnya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu dan mengubah wujud zat. 3.4.3 Menjelaskan perbedaan dari perpindahan kalor secara konduksi, koonveksi, dan radiasi. 3.4.4Mengidentifikas i zat yang termasuk konduktor dan isolator. KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA • Guru membimbing siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang kalor dan perpindahan kalor • Guru menjelaskan konsep dari kalor, proses perpindahan kalor, Assas Black, dan manfaat dari kalor dalam kehidupan sehari-hari. • Guru membimbing siswa dalam menentukan besar dari kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu dan mengubah wujud zat. • Guru membimbing siswa dalam melakukan percobaan tentang perpindahan kalor dan proses dari perpindahan kalor. PT 1. Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan kalor! 2. Air sebanyak 500 gram dipanaskan dari suhu 25ᵒC menjadi 100ᵒC. Jika kalor jenis air adalah 4.200 J/kgᵒC, berapa besar kalor yang diperlukan untuk memanaskan air tersebut? a. 157.500J b. 157 J c. 1.570J d. 157,7 J KMTT LKS 05 PENILAIAN Jenis tagihan : • Tugas Kelompok • Tugas Individu ALOKASI WAKTU 5 x 40’ SUMBER BELAJAR Buku IPA kelas VII, buku referensi lain, LKS, dan lingkungan

Teknik : • Tes Tertulis • Tes Lisan • Tes Unjuk Kerja Bentuk: • Uraian • Pilihan Berganda

• Guru meminta siswa

mengelompokkan zat-zat yang termasuk konduktor dan isolator.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 4.1 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat.

Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya. 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia. KARAKTER  Disiplin  Rasa hormat dan perhatian  Tekun  Tanggung jawab  Ketelitian MATERI MATA PEMBELAJARA N Perubahan Materi (Sifat Fisika dan Sifat Kimia) INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 4.1.1 Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia. 4.1.2 Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan seharihari. KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA • Guru membimbing siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang pengertian, sifat dan perubahan dari suatu materi baik secara perubhan fisika maupun kimia. • Guru membimbing siswa dalam melakukan percobaan tentang perubahan materi dan setelah itu menyuruh siswa mengamati dan membandingkan perubahan materi tersebut baik secara perubahan fisika maupun kimia • Guru menjelaskan aplikasi dari perubahan kimia dan perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari • Guru meminta siswa PT 1. Tuliskan empat sifat kimia dan sifat fisika yang dimiliki oleh suatu benda. 2. Contoh perubahan kimia adalah … a. lilin dipanaskan hingga melebur b. beras digiling menjadi tepung c. nasi menjadi nasi d. kayu diukir menjadi hiasa KMTT 1. LKS 06 2. Catatlah peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk dalam perubahan fisika dan perubahan kimia. PENILAIAN Jenis tagihan : • Tugas Kelompok • Tugas Individu ALOKASI WAKTU 4 x 40’ SUMBER BELAJAR Buku IPA kelas VII, buku referensi lain, LKS, dan lingkungan.

4.1.3 Membedakan sifat fisika dan sifat kimia dari suatu zat.

Teknik : • Tes Tertulis • Tes Lisan • Tes Unjuk Kerja Bentuk: • Uraian • Pilihan Berganda

untuk membedakan sifat fisika dan sifat fisika dari suatu zat.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia.

Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya. 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia. KARAKTER  Disiplin  Rasa hormat dan perhatian  Tekun  Tanggung jawab  Ketelitian MATERI MATA PEMBELAJARA N Perubahan Materi (Pemisahan Campuran ) INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 4.2.1Menjelaskan dasar pemisahan campuran, berdasarkan ukuran partikel dan titik didih. 4.2.2Mengamati proses terjadinya pemisahan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih (penyaringan, distilasi, penguapan, dan sublimasi). KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA • Guru membimbing siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang pemisahan campuran . • Guru menjelaskan konsep dari pemisahan campuran serta pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih. • Guru menjelaskan proses apa saja yang terdapat dalam pemisahan campuran dan contoh aplikasinya dalam kehidupan seharihari. PT 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan campuran! 2. Penjernihan air dengan cara melewatkan air melalui pasir, kerikil, dan ijuk menggunakan prinsip … a. penguapan b. kromatografi c. penyaringan d. destilasi KMTT 1. Coba kamu data berbagai zat dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk ke dalam campuran homogen dan heterogen. PENILAIAN Jenis tagihan : • Tugas Individu ALOKASI WAKTU 4 x 40’ SUMBER BELAJAR Buku IPA kelas VII, buku referensi lain, LKS, dan lingkungan

Teknik : • Tes Tertulis • Tes Lisan Bentuk: • Uraian • Pilihan Berganda

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 4.3 Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana.

Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya. 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia. KARAKTER  Disiplin  Rasa hormat dan perhatian  Tekun  Tanggung jawab  Ketelitian MATERI MATA PEMBELAJARA N Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 4.3.1Mengklasifikasikan perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan seharihari. 4.3.2Menyimpulkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia yang dialami oleh suatu zat. 4.3.3 Menuliskan contoh dari perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan seharihari. KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA • Guru membimbing siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang perubahan fisika dan perubahan kimia • Guru menjelaskan konsep dari perubahan fisika dan perubahan kimia yang diamali oleh suatu zat serta contoh dari perubahn fisika dan perubahan kimia. • Guru membimbing siswa dalam melakukan suatu percobaan tentang perubahan fisika dan perubahan kimia yang dialami oleh suatu zat atau materi. • Guru meminta siswa untuk menyimpulkan hasil dari pengamatan pada percobaan yang telah dilakukan secara PT 1. Jelaskanlah ciriciri perubahan fisika dan perubahan kimia! 2. Korosi atau perkaratan dan fermentasi atau peragian merupakan perubahan … a. korosi b. wujud c. fisika d. volume KMTT 1. LKS 07 2. Datalah berbagai contoh perubahan fisika dan perubahan kimia yang terjadi dalam kehidupan kamu. PENILAIAN Jenis tagihan : • Tugas Kelompok • Tugas Individu ALOKASI WAKTU 5 x 40’ SUMBER BELAJAR Buku IPA kelas VII, buku referensi lain, LKS, dan lingkungan.

Teknik : • Tes Tertulis • Tes Lisan • Tes Unjuk Kerja Bentuk: • Uraian • Pilihan Berganda

perubahan fisika dan perubahan kimia.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 4.4 Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana

Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya. 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia. KARAKTER  Disiplin  Rasa hormat dan perhatian  Tekun  Tanggung jawab  Ketelitian MATERI MATA PEMBELAJARA N Reaksi Kimia INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 4.4.1 Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia berdasarkan perubahan warna dan suhu, terbentuknya endapan atau gas. 4.4.2 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi. 4.4.3 Mengidentifikasi contoh dari reaksi kimia dalam kehidupan seharihari. KEGIATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA • Guru membimbing siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang pengertian , fdan ciri-ciri dari reaksi kimia. • Guru menjelaskan konsep dari reaksi kimia serta aplikasi dari reaksi kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. • Guru membimbing siswa untuk melakukan percobaan tentang reaksi kimiaserta menyuruh siswa untuk mengambil kesimpulan dari percobaan tersebut. • Guru menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan dari reaksi kimia tersebut. PT 1. Tuliskanlah cirriciri terjadinya reaksi kimia. 2. Manakah yang tidak mempengaruhi kecepatan reaksi ? a. sifat zat b. ukuran zat c. suhu d. warna zat KMTT 1. LKS 08 PENILAIAN Jenis tagihan : • Tugas Kelompok • Tugas Individu ALOKASI WAKTU 4 x 40’ SUMBER BELAJAR Buku IPA kelas VII, buku referensi lain, LKS, dan lingkungan .

Teknik : • Tes Tertulis • Tes Lisan • Tes Unjuk Kerja Bentuk: • Uraian • Pilihan Berganda

Tanjung Pura, Oktober 2012 Mengetahui, Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran

PATINI, S.Pd NIP. 196008271982032004

ARDI,S.Pd NIP. 196208141985011001

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->