Aplikasi Berbasis Vektor Dan Bitmap

1.

Aplikasi Berbasis Vektor
Macromedia FreeHand Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris), untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web. Diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X. FreeHand diciptakan oleh Altsys dan dilisensikan ke Aldus, yang mengeluarkan versi 1 sampai dengan 4. Ketika Aldus bergabung dengan Adobe Systems, karena tumpang tindih pangsa pasar dengan Adobe Illustrator, maka Adobe mengembalikan FreeHand ke Altsys segera setelah merger (setelah sejumlah intervensi legal oleh Komisi Dagang Federal). Altsys kemudian dibeli oleh Macromedia, yang mengeluarkan FreeHand 5.0, 5.5 (Khusus Mac), 7, 8, 9, 10 dan 11/MX. Pada tahun 2005 Adobe membeli Macromedia, yang secara tak langsung mengembalikan FreeHand ke Adobe. 2. Corel Draw Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 15 yang dinamai X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. Corel Draw pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Versi Corel Draw untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah. Corel Draw merupakan program pembuat desain grafis yang memiliki keunggulan yaitu dapat membuat gambar dari awal,tidak seperti prodgram desain yang lainya. keunggulan Corel Draw adalah software ini dibuat untuk membuat desain logo. Terutama yang dua dimensi karena sangat mudah dan bebas dalam membuat gambar. Toolsnya yang sangat bagus untuk editing gambar sehingga gampang membuat grafik lengkung, lurus, sesuai keinginan. Kelebihan software ini yang lain adalah ketika kita membuat desain dibesarkan (zoom) berapapaun gambar kita gak pecah sehingga kita bisa lebih detaik ketika menggabungkan desain kita. Software berbasic vektor ini sangat familiar bagi pecinta desain grafis karena kemudahan yang ditawarkan. Untuk duplikasi gambar juga sangat mudah tinggal menekan Ctrl+D gambar akan menduplikasi sendiri, mirror transform juga kelebihan lain font bawaan dari corel draw 10 juga lumayan sangat mencukupi untuk membuat sebuah logo baik organisasi, perusahaan atau lainnya yang diutamana desain menggunakan dua dimensi. 3. Adobe Ilustrator Adobe Ilustrator merupakan editor grafik vektor yang dikembangkan Adobe. Ditemukan oleh Apple, Macintosh tahun 1986. Adobe Ilustrator merupakan produk pendamping Adobe Photoshop, Keunggulan Adobe Ilustrator adalah memberikan hasil susunan kata dan logo daerah desain. Kegunaan Adobe Illustrator adalah pembuatan objek 3D

4.

Adobe Flash Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player.

5. Ulead Photo Impact Ulead Photo Impact (awalnya bernama Iedit) adalah garis raster editing program yang diterbitkan oleh Ulead Systems. Perusahan Corel didirikan tahun 1985 dan memiliki markas di Ottawa. Xara Xtreme adalah salah satu vektor grafik produk perangkat lunak. Mac OS. Untuk Microsoft Windows. fitur umum.Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5. Hal ini diramcang untuk mengintegrasikan dengan mudah weaver dan flash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah adalah Macromedia Flash 8. Dibuat pada 15 Oktober 2008 4. . digunakan oleh banyak editor grafis vektor. Macromedia Fireworks Awalnya menggunakan program xRv yang dikembangkan oleh Macromedia dan diakui pada tahun 2008. program ini juga dilengakapi alat HTML seperti assisten rasover. 3. Flash dirilis oleh Macromedia. 5. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan. Xara X) adalah 2D vektor editor grafis yang dibuat oleh perusahaan perangkat lunak Inggris Xara. Xara – X Xara Xtreme (sebelumnya Xara Studio. kemampuan untuk menambahkan hotspot. Adobe Photoshop Adobe Photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek.A.V. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan. Mac OS X. dapat menghapus red-eye. Sebelum tahun 2005. membuat animasi flash. Menciptakan prototipe situs webdan aplikasi antarmuka. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya. Digunakan untuk pengolahan gambar bagi fotografer dan pengendali gambar. 2. dll). 1. untuk mengisi gradien alat transparansi. yang diakuisisi oleh perusahaan Jerman pada tahun 2007. Adobe Photo Deluxe Adobe Photo Deluxe diterbitkan oleh Adobe Systems pada tanggal 8Juli 2010. sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash. Selain kemampuan untuk mengedit gambar. Kanada. Berfungsi untuk mengubah ukuran foto dalam berbagai format. sebuah imagemap asisten dan asisten HTML. Perangkat lunak ini biasa dijual satu paket dengan Corel Draw dan Corel R. ditujukan untuk desainerweb (dengan fitur seperti : Irisan.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. cropping dan menyesuaikan kecerahan serta kontras.E . Flash 1. Aplikasi Berbasis Bitmap Corel Photopaint Corel PhotoPaint (Corel PHOTO-PAINT) adalah perangkat lunak buatan Corel yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek seperti Adobe Photoshop.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful