P. 1
Alat Musik Afrika

Alat Musik Afrika

|Views: 1,218|Likes:
Published by Eni Sinaga

More info:

Published by: Eni Sinaga on Feb 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/26/2014

pdf

text

original

D I S U S U N

OLEH :

NAMA KELAS

: LESTARI SARAGIH : IX – 3

GURU PEMBIMBING : E. G. PASARIBU

SMP N 2 P. RAYA
TAHUN AJARAN 2012/2013

UDU

Udu adalah alat dengan cara

musik perkusi ditabuh

yang dan

dimainkan berasal

dariNigeria, Afrika. Sebetulnya, udu merupakan sebuah bejana yang memiliki lubang di salah satu sisinya dan digunakan untuk menyimpan air dan makanan. Namun, berfungsi sebagai tempat penyimpanan, kini udu juga dipakai sebagai salah satu instrumen musik utama di berbagai negara di Afrika.[2] Udu terbuat dari tanah liatmaupun bebatuan. Umumnya udu yang terbuat dari tanah liat menghasilkan suara yang lebih bagus, namun mudah hancur karena rapuh. Kini udu cukup terkenal di luar Afrika, dan telah mengalami berbagai inovasi sehingga menghasilkan ragam suara yang lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan udu tradisional.

KALIMBA

Kalimba atau disebut juga thumb piano (piano jempol) adalah alat musik jenis perkusi versi modern dari alat musik tradisional afrika, mbira.

MBIRA Dalam musik Afrika , yang mbira (juga dikenal sebagai Likembe, Mbila, piano

Thumb ,Mbira Huru, Mbira Njari, Mbira Nyunga Nyunga, Karimbao atau Kalimba ) terdiri dari papan adalah alat kayu yang

musik yang

terhuyung kunci logam telah terpasang. Di Afrika Timur dan Selatan ada banyak jenis mbira, biasanya disertai oleh hosho . Mbira biasanya diklasifikasikan sebagai bagian

darilamellaphone keluarga. I Di beberapa tempat juga dikenal sebagai sanza atau Sansa.

MARAKAS Marakas atau dalam bahasa asing disebut Maraca' Maracas, di Maracax'a, kategorikan

Mbara'ka,

sebagai alat musik perkusi. Pada masa lalu instrumen ini dimainkan secara tunggal, sebagai media penyembuhan dalam banyak prosesi ritual hampir di seluruh Afrika, Amerika Selatan dan Karibia. Marakas termasuk dalam jenis perkusi idiophones atau autophones dan juga merupakan salah satu bagian penting dari musik Cuba, Salsa, Rumba, Charanga dan Trova Ensemble. Jenis alat musik ini hampir dapat ditemukan di seluruh dunia. Dalam Big Band dan Orkestra biasanya menggunakan alat musik ini, itu dikarenakan pengaruh dari berbagai musik Latin.

WANI

Gambar ini merupakan contoh salah satu bentuk riil tambur di wilayah Lio mirip dengan suku Mali di Afrika. Wani adalah salah satu jenis alat musik yang ada di wilayah suku Lio. Sejak dahulu kala oleh leluhur suku Lio, Wani atau disebut juga beduk sudah digunakan dan menjadi alat musik tradisional. Namun penulis lebih suka menyebut jenis alat musik ini sebagai Tambur karena mempunyai ciri khas tersendiri di banding dengan daerah lain

JIMBE, ALAT MUSIK TRADISIONAL YANG MENDUNIA Jimbe atau Djembe adalah merupakan salah satu alat musik perkusi ritmik yang populer di dunia masa kini. Menurut salah seorang penelti alat musik, jimbe adalah hasil kreasi orang di Sierra Leone, Afrika. Cikal bakal jimbe adalah Sangba dan tempat alat memang benar dari musik ini berasal

ternyata penyebarannya tidak menyeluruh di benua Afrika. Ada banyak nama untuk alat musik berjenis seperti ini, di antaranya sangba, yimbei, jimberu, bata, tapoi dan lainnya. Masingmasing dari alat musik ini dimainkan oleh kelompok-kelompok, orang-orang ataupun sukusuku yang berbeda pula. Di daerah Mali misalnya, jimbe dipergunakan hanya pada malam hari untuk berbagai perayaan, misalnya menyambut bulan purnama, datangnya musim semi, musim panas, musim panen, musim dingin, perkawinan, pembaptisan dan lain sebagainya.

VUVUZELA

Vuvuzela merupakan alat musik khas afrika yang saat ini menjadi alat musik andalan di daerah Afrika, apalagi di saat perhelatan akbar Piala Dunia 2010 ini.

Stadion – stadion pun menjadi ramai, riuh dan pastinya semakin membakar semangat para penonton, pemain dan pelatih. Alat Musik Khas Afrika Vuvuzela ini sering menjadi bahan omongan dan perdebatan / kontroversional. Vuvuzela adalah alat musik khas Afrika yang awalnya dibuat dari tanduk Antelop atau Kudu. Alat musik itu sering digunakan sebagai alat untuk mengumumkan upacara adat atau acara-acara meriah di Afrika Selatan. Espi-Sanchis menegaskan vuvuzela jika ditiup bersamaan dalam stadion bisa menghasilkan nada dan irama yang menawan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->