Visi, Misi, Tujuan, Fungsi, dan Tugas PARTAI GERINDRA

PARTAI GERINDRA GERAKAN INDONESIA RAYA NOMOR 5

VISI PARTAI GERINDRA

VISI Partai GERINDRA dalam Berbangsa dan Bernegara Visi Partai Gerindra adalah menjadi Partai politik yang mampu menciptakan kesejahteraan rakyat, keadilan sosial, dan tatanan politik negara yang melandaskan diri pada nilai-nilai nasionalisme dan religiusitas dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

MISI PARTAI GERINDRA

Membentuk tatanan sosial dan politik masyarakat yang kondusif untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dan kesejahteraan rakyat. pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. memajukan kesejahteraan umum.MISI Yang Diemban Partai GERINDRA Partai GERINDRA memiliki 5 (lima) misi. Menegakkan supremasi hukum dengan mengedepankan praduga tak bersalah dan persamaan hak di depan hukum. dan keadilan. mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut melaksanakan ketertiban dunia 3. Mempertahankan dan mengamalkan Pancasila serta menegakkan Undang-undang Dasar 1945. 5. sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Berjuang memperoleh kekuasaan politik secara konstitusional guna mewujudkan pemerintahan. sebagimana ditetapkan tanggal 18 Agustus 1945. 4. TUJUAN PARTAI GERINDRA Tujuan Didirikannya Partai GERINDRA : 1. yang menjungjung tinggi dan menghormati kebenaran. dan pemerataan hasil-hasil pembangunan bagi seluruh warga bangsa dengan mengurangi ketergantungan kepada pihak asing. 4. Menciptakan masyarakat adil dan makmur. 2. merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. . Mempertahankan kedaulatan dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Mendorong pembangunan nasional yang menitik beratkan pada pembangunan ekonomi kerakyatan. 2. 3. yaitu : 1. yang melindungi segenap bangsa Indonesia. Merebut kekuasaan pemerintahan secara konstitusi melalui Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden untuk menciptakan lapisan Kepemimpinan nasional yang kuat. hukum. Mewujudkan kedaulatan rakyat dalam rangka mengembangkan kehidupan demokrasi.

merumuskan. dan memperjuangkan aspirasi rakyat serta meningkatkan kesadaran politik rakyat dan menyiapkan kader-kader dengan memperhatikan kesetaraan dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat. dan membela Pancasila serta berorientasi pada program pembangunan di segala bidang tanpa membedakan suku. yang mengarahkan pada kedaulatan dan kemandirian bangsa FUNGSI PARTAI GERINDRA Fungsi Apa Saja yang akan dijalankan oleh Partai GERINDRA. mengamalkan.5.. Menghimpun. Mendidik dan mencerdaskan rakyat agar bertanggung jawab menggunakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Menyerap. Melakukan komunikasi politik dan partisipasi politik warga negara. 7. agama. 8. TUGAS PARTAI GERINDRA Tugas Partai GERINDRA sebagai partai politik Tugas pokok yang menjadi kewajiban setiap pengurus.. ras dan golongan. menampung. Ada beberapa fungsi yang akan dilakukan oleh Partai GERINDRA. 4. material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. mengemban. kader. dan menggerakkan kekuatan rakyat guna membangun masyarakat Pancasila. dan anggota Partai GERINDRA untuk ditunaikan adalah : 1. Menghimpun. . yaitu : 1. membangun. Mewujudkan ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada kekuatan bangsa. 6. berbangsa. 5. Menghimpun persamaan sikap politik dan kehendak untuk mencapai cita-cita dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur. dan memperjuangkan aspirasi rakyat dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan negara. 3. Mempertahankan dan mewujudkan cita-cita negara Proklamasi 17 Agustus 1945 di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sarana pembentukan dan pembangunan karakter bangsa. 2. menyalurkan. Mempertahankan. dan bernegara.

politik. Memperjuangkan terwujudnya peningkatan segala aspek kehidupan yang meliputi ideologi. 5. agama. Melaksanakan. hukum serta pertahanan dan keamanan nasional guna mewujudkan cita-cita nasional 3. 4. . dan 6. dan menyebarluaskan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. [tr]. mempertahankan. Mempersiapkan kader partai dalam pengisian jabatan politik dan jabatan publik melalui mekanisme demokrasi. Mempengaruhi dan mengawasi jalannya penyelenggaraan negara agar terwujud pemerintahan yang bersih dan berwibawa.2. sosial budaya. Menghimpun dan memperjuangkan aspirasi rakyat sebagai arah kebijakan politik partai. dengan memperhatikan kesetaraan dan keadilan. ekonomi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful