P. 1
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

|Views: 180|Likes:
Published by MaradoniMdn

More info:

Published by: MaradoniMdn on Feb 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/27/2013

pdf

text

original

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE KARYAWISATA PADA PELAJARAN STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN TUMBUHAN

DI MTsN LANGSA TAHUN PELAJARAN 2012-2013

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SAMUDRA LANGSA 2012

1.Latar Belakang Masalah
• Surakhmad (1990: 97) mengatakan bahwa “Pemilihan dan penentuan
metode dipengaruhi oleh beberapa faktor : Anak didik, tujuan, situasi, fasilitas dan guru”.

• Menurut Djamarah (2002: 105) mengatakan “Pada saat belajar mengajar
siswa perlu diajak keluar sekolah, untuk meninjau tempat tertentu atau objek yang lain”.

• Mulyasa (2005:117) mengemukakan bahwa :
Karyawisata merupakan suatu pelajaran atau pesiar yang dilakukan peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar, terutama pengalaman langsung dan merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah. Meskipun karyawisata memiliki banyak hal bersifat non akademis, tujuan umum pendidikan dapat segera dicapai, terutama berkaitan dengan pengembangan wawasan dunia luar.

2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar- - belakang di atas, maka masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:  Untuk mengetahui Adakah upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode karyawisata pada pelajaran struktur dan fungsi organ tumbuhan di MTsN Langsa Tahun Pelajaran 2012-2013 ?

3. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :  Untuk mengetahui Adakah upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode karyawisata pada pelajaran struktur dan fungsi organ tumbuhan di MTsN Langsa Tahun Pelajaran 2012-2013 ?

4. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

Bagi guru dapat menjadi bahan masukan agar selalu menggunakan
berbagai macam metode dalam proses pengajaran biologi, karena melalui metode pembelajaran siswa akan lebih kreatif, bahan atau isi dari belajar akan melekat dalam benak siswa dan pelajaran menjadi bermakna baginya.

Bagi siswa, dapat meningkatkan prestasi belajar.

5. Teori Pendukung / Landasan Teori
Sanjaya (2006:147) mengemukakan bahwa “metode adalah cara yang
digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang disusun tercapai secara optimal”.

Menurut Safei (2007; 75) menjelaskan bahwa “metode karyawisata
juga memiliki arti penting karena cara pemecahan masalahnya lebih mudah diadaptasikan kepada situasi sehari-hari”.

6. Anggapan Dasar

Pelaksanaan penelitian ini didasarkan atas asumsi yang menyatakan bahwa: Metode pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan Metode karyawisata ialah suatu cara penyajian bahan pelajaran dengan membawa murid langsung kepada obyek yang akan dipelajari di luar kelas. Karyawisata dapat dilakukan dalamwaktu singkap beberapa jam saja ataupun

7. Hipotesis
Hipotesis dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut:

Ada upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode karyawisata pada pelajaran struktur dan fungsi organ tumbuhan di MTsN Langsa Tahun Pelajaran 2012-2013

8. Metodelogi Penelitian

 Dalam penelitian tentang upaya meningkatkan prestasi belajar siswa
melalui metode karyawisata pada pelajaran struktur dan fungsi organ tumbuhan di MTsN Langsa Tahun Pelajaran 2012-2013, penulis menggunakan metode diskriptif. Populasi dan Sampel Penelitian

a) Populasi Penelitian

Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII MTsN Langsa Tahun Pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 155 orang yang terdiri dari 5 kelas dan terbagi atas siswa untuk masing-masing kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dari jumlah populasi yang dipilih secara acak sebanyak satu kelas yaitu pada kelas VIII3 yang berjumlah 30 orang siswa.

b) Sampel Penelitian

C. Instrumen Penelitian  Instrumen (alat) pengumpulan data yang di gunakan penulis dalam penelitian ini berupa angket sebanyak 20 soal angket. D. Langkah-langkah penelitian.

 

Mengadakan observasi ke tempat sekolah yang diteliti yaitu MTsN Langsa untuk mendapatkan informasi tentang metode karyawisata pada pelajaran struktur dan fungsi organ tumbuhan yang akan dijadikan objek penelitian. Membuat instrument penelitian berupa angket. Mengitung persentase untuk menentukan upaya peningkatan prestasi belajar siswa.

E. Analisa Data  Untuk mengambil kesimpulan dari penelitian ini, penulis lakukan dengan uji statistik sederhana yaitu persentase dari masing-masing jawaban responden yang di sebarkan melalui angket.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->