. KOPLING TIDAK TETAP Kopling tak tetap adalah suatu elemen mesin yang menghubungkanporos yang digerakan dan

poros penggerak, dengan putaran yang sama dalammeneruskan daya, serta dapat melepaskan hubungan kedua poros tersebut baikdalam keadaan diam maupun berputar. 1. Kopling Cakar Kopling ini meneruskan momen dengan kontak positif (tidak denganperan tara gesekan ) hingga tidak dapat slip. Kontruksi kopling ini adalahyang paling sederhana dari antara kopling tak tetap yang lain. Kopling cakar persegi dapat meneruskan momen dalam dua arah putaran, tetapi tidakdapat dihubungkan dalam keadaan berputar

Dengan demikian tidak dapat sepenuhnya berfungsi sebagai koplingtak tetap yang sebenarnya. Sebaliknya kopling cakar spiral dapat di hubungkan dalam keadaan berputar, tetapi hanya baik untuk satu arahputaran tertentu saja. Namun demikian, karena timbulnya tumbukan yangbesar jika di hubungkan dalam keadaan berputar, maka caramenghubungkan semacam ini hanya boleh dilakukan jika poros penggerakmempunyai putaran kurang dari 50 (rpm). 2. Kopling Plat Kopling plat adalah suatu kopling yang menggunakan satu plat ataulebih yang di pasang diantara kedua poros serta membentuk kontak denganporos tersebut sehingga terjadi penerusan daya melalui gesekan antarasesamanya. Kontruksi kopling ini cukup sederhana dan dapat dihubungkandan dilepaskan dalam keadaan berputar.Badan A dipasang tetap pada poros sebelah kiri, dan badan Bdipasang pada poros sebelah kananserta dapat bergeser secara aksialpada poros tersebut. Sepanjang pasak luncur\. bidang gesek C pada badanB didorong ke badan hingga terjadi penerusan putaran dari porospenggerak disebelah kiri keporos yang digerakan di sebelah kanan.

Pemutusan hubungan dapat dilakukan dengan meniadakan gaya doronghingga gesekan akan hilang.Kopling Kerucut Kopling kerucut adalah suatu kopling gesek dengan kontruksisederhana dan mempunyai keuntungan dimana gaya aksial yang kecildapat ditransmisikan momen yang besar pada gambar di bawah ini . 3.

Kopling Fr iwil Kopling friwil adalah kopling yang dapat lepas dengan sendirinya bilaporos penggerak mulaiberputar lebih lambat atau dalam arah berlawanandari poros yang digerakan. dan ada emungkinan terkena minyak.dalam keadaan dimana bentuk plat tidak dikehendaki. Jika daya yang diteruskan dan putaran poros koplingdiberikan. tetapi sekarang tidaklagi karena daya yang diteruskan tidak seragam.Bola-bola atau rol-rol dipasang dalam ruangan yang bentuknyasedemikian rupa hingga jika poros penggerak (bagian dalam) berputar searah jarum . 4. Kopling kerucut sering lebihmenguntungkan.Kopling macam ini dahulu banyak dipakai. Meskipun demikian. maka daya rencana dan momen rencana dihitung denganmenggunakan faktor koreksi.

jam. maka bola atau rolakan lepas dari jepitan hingga terjadi penerusan momen lagi. atau jika poros yangdigerakan berputar lebih cepat dari poros penggerak. Jika porospenggerak berputar Berlawanan arah jarum jam. . Kopling inisangat banyak gunanya dalam otomatisasi mekanis. maka gesekan yang timbul akan menyebabkan rol ataubola terjepit diantara poros penggerak dan cincin luar. sehingga cincin luar bersama poros yang digerakan akan berputar meneruskan daya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful