P. 1
penyuluhan campak

penyuluhan campak

|Views: 327|Likes:
Published by Yulius Andi Ruslim
campak
campak

More info:

Published by: Yulius Andi Ruslim on Feb 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/12/2015

pdf

text

original

MENGENAL CAMPAK LEBIH DEKAT

Amelia 11 – 2008 - 154

154 .MENGENAL CAMPAK LEBIH DEKAT Amelia 11 – 2008 .

campak juga sering disebut Demam Rubeola.  Virus ini sangat menular terutama pada anak – anak usia prasekolah dan anak – anak SD. Virus masuk ke dalam tubuh melalui perantara udara yang berasal dari batuk.Apa itu campak ?  Penyakit Campak (measles) disebabkan infeksi virus Morbilli. . bersin atau kotoran tangan penderita campak.

. Penyakit ini dapat dicegah dengan memberikan imunisasi sedini mungkin.Pada anak anak dengan keadaan gizi buruk ditemukan kejadian campak dengan komplikasi yang fatal atau berpotensi menyebabkan kematian.

batuk. hidung meler / beringus. mata merah. takut cahaya dan tubuh terasa cepat lelah.Apa gejalanya?  Gejala awalnya badan panas disertai tenggorokan sakit (bisa ada titik putih di rongga mulut).  Awalnya ruam tampak di wajah. . yaitu di depan dan di bawah telinga serta di leher sebelah samping.

lengan dan tungkai. Ruam di wajah mulai memudar. penderita mulai merasa baik dan ruam yang tersisa segera menghilang (± 7 hari). 3 – 5 hari kemudian suhu tubuhnya turun.Dalam 1-2 hari. . ruam menyebar ke batang tubuh. saat ini dapat disertai dengan diare. dapat disertai rasa gatal.

Penyakit campak dapat menyebabkan komplikasi dan mungkin bisa mengakibatkan kematian. Pneumonia (infeksi paru-paru). Komplikasi bisa berupa Infeksi telinga bagian tengah. . Encephalitis (radang otak). infeksi saluran pernafasan bagian bawah.

di lengan kiri atas. Vaksin ini mengandung virus campak yang telah dilemahkan. Measles. yang diberikan pada usia 15 – 18 bulan atau 6 bulan setelah pemberian imunisasi campak. Rubella).Lalu … Pencegahannya ??? Imunisasi campak  berupa suntikan di paha atas bayi usia 9 – 11 bulan dan pada usia 6 tahun. . Imunisasi MMR (Mumps.

. usahakan berikan makanan 4 Sehat 5 Sempurna. Bagi anak – anak usia pra sekolah dan SD.Makan makanan yang bergizi dan cukup.

tidak Tidak bisa di imunisasi… Pencegahannya adalah dengan ….Anak saya kurang gizi… lalu??? Bagi anak yang kurang gizi/BGM. Pemberian kapsul vitamin A .

Kalo dari makanan… ????? Semua makanan yang warnanya kuning/oranye/merah. sayur-sayuran hijau gelap .

minum obat penurun panas. . istirahat dan minum banyak air putih. GIMANA ?? Si orang sakit harus tinggal dirumah sampai sekiranya tidak menular lagi.Bila ada yang sakit. minum obat batuk.

kejang-kejang atau mengantuk segera ke dokter terdekat! . demam terusmenerus. keluar cairan dari telinga.Bila menderita sakit telinga.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->