A.

Judul Proposal “ ANALISIS DAN

PERANCANGAN DATA SERVICE

SISTEM DAN

INFORMASI SPAREPART

PENGELOLAAN

BERBASIS MULTIUSER PADA HSC COMPUTER “

B.

Latar Belakang Kemajuan teknologi yang demikian pesat mendorong setiap orang untuk

memanfaatkan hasil dari kemajuan teknologi tersebut dengan sebaik - baiknya. Begitu juga halnya dengan kemajuan teknologi komputer, dimana teknologi komputer mempunyai peranan yang penting untuk membantu perusahaan dalam memecahkan berbagai masalah yang dihadapi dan penyajian informasi yang cepat. Penerapan sistem multiuser merupakan salah satu contoh pemanfaatan teknologi komputer. Penggunaan sistem multiuser dapat membantu pekerjaan perusahaan, terutama dalam masalah pengolahan data dan pengaksesan informasi. Sistem multiuser merupakan suatu sistem komputer yang menghubungkan dua atau lebih komputer, untuk melakukan pertukaran data dan informasi (Evi Tria Juliana, 2009 ). Informasi berpindah dari komputer satu ke komputer lainnya. Pemanfaatan sistem multiuser melalui perantara manusia dapat membuat pertukaran informasi menjadi lebih mudah dan cepat. Sistem multiuser dapat digunakan perusahaan untuk membantu pengolahan data, seperti pengolahan data masuk, proses, hingga hasil output nya bisa digunakan sebagai informasi buat pengguna. Untuk menerapkan sistem multiuser, perusahaan menggunakan perangkat lunak komputer yang dapat mendukung teknologi tersebut. Perangkat lunak tersebut dapat digunakan secara bersamaan oleh masing-masing bagian perusahaan. HSC Computer Kaliwungu bergerak dalam bidang jual beli serta pelayanan service software, hardware komputer, printer, laptop, netbook dan monitor. HSC Computer Kaliwungu merupakan perusahaan yang sudah berkembang yang mana perusahaan tersebut sudah berdiri sejak tahun 2005 hingga sekarang dan membuka beberapa kerjasama dengan pihak FIF dan ADIRA untuk peningkatan penjualan ataupun pelayanannya.

dengan lamanya waktu perbaikan. Faktor permasalahan yang mendukung salah satunya adalah dalam pengolahan data dan tidak adanya batasan sistem yang dapat mengantisipasi keamanan data dari laporan pelayanan sehingga lebih mudah dimanipulasi pihak-pihak yang tidak berkepentingan. dan juga data tidak dapat tersimpan dalam satu tempat penyimpanan sehingga pada saat proses pelaporan ke pimpinan kurang cepat dan sering terlambat disajikan karena terjadi penumpukan data dibuku laporan service. karena harus membuka buku data service. terkadang admin merasa kesulitan untuk memberikan informasi tersebut. mendatangi teknisi secara langsung. disisi lain karena banyaknya layanan service yang masuk di HSC Computer sehingga pimpinan sering kesulitan mendapatkan informasi mengenai laporan-laporan pelayanan service yang terjadi dari kegiatan service setiap bulannya secara keseluruhan. dari keterangan sistem kerja tersebut semua masih menggunakan cara manual atau masih menggunakan buku. setelah itu data kerusakan di berikan ke bagian teknisi untuk di catat kembali kerusakan – kerusakan yang terjadi untuk di proses. tergantung sparepart cepat didapat atau lama. data barang.Sistem kerja pengelolaan data service pada HSC Computer Kaliwungu yaitu berupa pencatatan data service masuk dari pelanggan. monitor. terkadang pelanggan juga menghubungi ke admin untuk menanyakan barang service sudah jadi apa belum. kerusakan pada printer. karena masih menggunakan buku manual. . karena untuk kerusakan hardware pada HSC Computer tidak ready stock. yang diterima pada bagian admin kemudian dicatat di nota data service. tidak bisa langsung terselesaikan pada hari itu. Faktor pendukung permasalahan yang lain yaitu untuk tindakan proses service penggantian sparepart. dengan biaya yang sudah ditentukan oleh pimpinan. untuk dicatat kembali ke buku data service. berupa biaya service dan sparepart apa saja yang diganti. sudah sejauh mana dan untuk kerusakanya apa saja. mencari nama pelanggan. kemudian admin menghubungi pelanggan satu persatu via sms. bisa terselesaikan dalam waktu 7 hari. setelah tindakan selesai teknisi melaporkan ke bagian admin secara langsung untuk dicatat kembali ke buku data service.

Data Service HSC Computer Kaliwungu No.Tas . Data Biaya HSC Computer Kaliwungu Masuk Keluar Tindakan Biaya Keterangan 130113 130113 Ganti Power Supply 90000 Diambil 130113 130113 Install Windows 50000 Diambil 130113 140113 Reset 30000 Diambil 130113 140113 Ganti Logic Board 100000 Diambil 130113 160113 Ganti Flyback 120000 Diambil .Kabel Power .Charger .Kabel Data Kaki Monitor 13012 NB Asus Install OS 13013 Canon ip2770 Ngeblink Error B200 Mati 13014 Canon Mp258 LUSD Sabetan J0D01 081901691844 22900 29238 Magelung 081325678986 13015 Monitor Dell Tabel 2.Tabel 1.Kabel Data . Service 13011 Barang No.Kabel Power . Seri HRJ5 40338 LFRF 06969 Alamat Saribaru 081391164082 Patukangan 085866662050 Nlolokerto 081325233401 Kerusakan Kelengkapan CPU Mati .

untuk itu diperlukan suatu sistem. Sehingga penulis berkeinginan untuk menyusun Skripsi dengan judul : “ Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Service dan Sparepart Komputer Berbasis Multiuser pada HSC Computer Kaliwungu ”. dengan adanya sistem informasi admin tidak perlu membuka buku data service. 2. Untuk itu penulis mencoba merancang suatu sistem informasi dengan media komputer berbasis multiuser. Admin kurang cepat memberikan informasi ke pelanggan mengenai hasil service. 3. setiap teknisi akan menginputkan data informasi tindakan service. dan penggantian sparepart. dengan memanfaatkan fungsi multiuser. Sistem yang dirancang ini dapat menjadi media penginputan data-data di HSC Computer Kaliwungu khususnya data-data pada sistem informasi service. maupun hardware. . 4. Identifikasi Masalah Dari latar belakang yang telah diuraikan diatas. barang service. C. dan untuk pelaporan data service ke pimpinan juga akan cepat tersajikan karena semua sudah menggunakan media computer berbasis multiuser.Berdasarkan masalah yang terjadi di HSC Computer. Dan juga dapat menghasilkan output sebagai laporan-laporan yang dibutuhkan oleh HSC Computer Kaliwungu dalam hal service software. kerusakanya apa. laporan service dan juga membantu pemimpin dalam proses pengambilan keputusan. penulis dapat mengidentifikasi masalah – masalah yang ada sebagai berikut: 1. Admin kurang cepat memberikan laporan ke pimpinan. Pimpinan kesulitan mengetahui antara service yang sudah jadi dan yang belum. dimana salah satu solusi yang bisa digunakan adalah sistem informasi. karena masih disimpan di media buku. dan tidak perlu datang langsung ke bagian teknisi untuk menanyakan hasil service sudah jadi apa belum. Dengan adanya suatu sistem informasi dengan maksud dapat membantu dalam hal menangani permasalahan-permasalahan pengolahan data. Pengelolaan data service kurang aman. penggantian sparepart apa saja. berupa kerusakan barang. untuk mencari nama pelanggan.

Biaya service. 2. 1. Pembatasan Masalah Supaya penulisan lebih terfokus pada obyek penulisan. Penulisan ini dilakukan di toko HSC Computer Kaliwungu berupa Barang masuk. 3. maka penulisan ini bertujuan menerapkan sebuah sistem informasi pengelolaan data service berbasis multiuser. Penulis menggunakan sebuah software dengan bahasa pemrogaman Visual Basic 6 dengan database MySQL. Memudahkan pimpinan dalam menerima data – data service antara yang sudah jadi dan yang belum.D. maka dibuatkan suatu batasan masalah yaitu sebagai berikut : 1. Meningkatkan kinerja para karyawan untuk dapat lebih memuaskan customer. printer dan monitor E. 3. Biaya sparepart. Bagaimana cara mempermudah admin dalam pembuatan laporan. dan Biaya transport. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang permasalahan yang telah diuraikan diatas sebelumnya maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : 1. Membahas pengelolaan data service berupa cpu . Meningkatkan keamanan data service menjadi lebih terjamin karena tersimpan di media penyimpanan komputer. netbook. notebook. Bagaimana cara membuat software pengelolaan data service dan sparepart berbasis multiuser pada Toko HSC Computer ? 2. 3. sampai laporan hasil service ? F. Bagaimana cara mempermudah pimpinan dalam menentukan hasil service antara yang sudah jadi dan yang belum. Tujuan Penelitian Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah diatas. 2. Sistem management pengelolaan data service akurat. Proses service. berupa pendataan service masuk. 4. menjadi lebih baik dan .

Adanya hubungan antara Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer dengan Toko HSC Computer Kaliwungu. c. Sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan bagi penulis untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari perkuliahan. Bagi Obyek penelitian : a. keterampilan serta bisa mengenal dunia kerja. c. H. b. 3. Diharapkan mempermudah admin dalam memasukan data service. cancel . sampai melaporkan hasil service ke pimpinan. Diharapkan sistem management pengelolaan data service pada HSC Computer menjadi lebih baik. terutama dalam menerapkan pemrogaman multiuser. b. d. b. Sebagai bahan penyempurnaan Sistem Informasi Akademik yang telah ada menuju ke arah Sistem Informasi yang lebih baik. sparepart. Data Pelanggan Data Barang Service Tindakan dari Teknisi Biaya transport. 2. b.G. Spesifikasi Produk Yang Dikembangkan Spesifikasi Produk yang dikembangkan penulis meliputi sebagai berikut : 1. Identifikasi Data Masuk berupa : a. Untuk menambah pengetahuan dan menimba pengalaman guna memperoleh bekal pengetahuan. Bagi Akademik : a. Manfaat Penelitian Adapun penulisan ini dapat memberikan beberapa manfaat antara lain sebagai berikut : 1. Diharapkan pimpinan mudah mengetahui antara service yang sudah jadi dan yang belum. Bagi Penulis : a.

b. c. Software yang digunakan : a. Informasi Untuk Pelanggan Informasi Bagian Admin Informasi Pimpinan 4. b. Interaksi dari subsistem-subsistem sedemikian rupa. maka tujuan dari sistem komputer tersebut tidak akan tercapai. S. . b. Diskripsi Teoritik A. Suatu sistem dapat terdiri dari sistem-sistem bagian (subsystem). Subsistemsubsistem saling berinteraksi dan saling berhubungan membentuk satu kesatuan sehingga tujuan atau sasaran sistem tersebut dapat tercapai.Kom. alat pemroses. masing-masing komponennya saling bekerja sendiri-sendiri tidak terintegrasi. 2006). Visual Basic 6 Database MySQL MySQL connector ODBC Navicat Premium Enterprise 10 I. Masing-masing subsistem dapat terdiri dari subsistem-subsistem yang lebih kecil lagi atau terdiri dari komponen-komponen. Informasi yang dihasilkan : a. c. Informasi Pelanggan Informasi Data Sparepart yang diganti Informasi Biaya secara keseluruhan 3. sehingga dicapai suatu kesatuan yang terpadu atau terintegrasi (integrated). c. alat keluaran dan simpanan luar. Konsep Dasar Sistem Suatu sistem dapat didefenisikan sebagai suatu kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Misalnya.2. Subsistem perangkat keras (hardware) dapat terdiri dari alat masukan. ( Danu Wira Pangestu. sistem komputer terdiri dari subsistem perangkat keras dan subsistem perangkat lunak. d. Tujuan Informasi : a. Seandainya sistem komputer yang dimiliki.

2. Sistem komputer adalah contoh dari sistem tertentu yang tingkah lakunya dapat dipastikan berdasarkan programprogram yang dijalankan. Sistem buatan manusia yang melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin disebut dengan human-machine system atau ada yang menyebut dengan man-machine system. diantaranya adalah sebagai berikut ini: 1. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem abstrak (abstract system) dan sistem phisik (phisical system). Klasifikasi Sistem Sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandangan. Misalnya sistem teologia. Konsep Dasar Informasi Informasi ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh suatu organisasi atau pun dunia usaha sehingga informasi ini sangat penting di dalam suatu organisasi maupun dunia usaha. 3. yaitu sistem yang berupa pemikiranpemikiran hubungan antara manusia dengan Tuhan. Misalnya sistem komputer. Sistem phisik merupakan sistem yang ada secara phisik. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem tertentu (deterministic system) dan sistem taktentu (probabilistic system). Keadaan dari sistem dalam hubungannya dengan keberakhirannya . Sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas. Suatu sistem yang kurang mendapatkan informasi akan menjadi luruh. Sistem informasi akuntansi merupakan contoh man-machine system. sehingga keluaran dari sistem dapat diramalkan. Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam. Sistem tertentu beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. sistem akuntansi. Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara phisik. C.B. Interaksi diantara bagian-bagiannya dapat dideteksi dengan pasti. tidak dibuat manusia. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem alamiah (natural system) dan sistem buatan manusia (human made system). sistem produksi dan lain sebagainya. Misalnya sistem perputaran bumi. karena menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia.

Data yang diolah melalui suatu .Kom. Informasi berupa laporan biaya yang ditanggung pelanggan sesuai dengan kerusakan yang ada. Informasi berupa laporan kerusakan tiap-tiap komputer. misalnya : 1. belum dapat berceritera banyak. 2006). berguna bagi pelanggan untuk mengetahui biaya yang ditanggung.disebut dengan istilah entropy ( Danu Wira Pangestu. Apakah sebenarnya informasi itu.. 2. Kejadian-kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu ( Danu Wira Pangestu. angka-angka. Beraneka ragam informasi dapat dihasilkan darinya. maka data – data inputan tersebut perlu diolah lebih lanjut untuk menjadi suatu informasi. gambar-gambar dan sebagainya.Kom. sinyal-sinyal. misalnya dari hasil inputan data service oleh bagian admin. Data dapat berbentuk simbol-simbol semacam huruf-huruf atau alphabet. 2006). sehingga sangat penting artinya bagi suatu sistem? Informasi dapat didefenisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. S. berguna bagi pemilik untuk menetapkan besarnya biaya yang dikenakan ke pelanggan. Data diolah melalui suatu model untuk dihasilkan informasi. bentuk-bentuk suara. Untuk keperluan pengambilan keputusan. S. D. Informasi yang berguna bagi sistem akan menghindari proses entropy tersebut yang disebut dengan negative entropy atau negentropy. 2005) Data merupakan bentuk yang masih mentah. Telah disinggung bahwa data yang diolah untuk menghasilkan informasi menggunakan suatu model proses yang tertentu. Sumber dari informasi adalah data. Di dalam kegiatan suatu perusahaan. Siklus Informasi (John Burch. sehingga perlu diolah lebih lanjut. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal atau data-item. dihasilkan sejumlah data – data yang merupakan data dari pelanggan tersebut masih belum dapat dimengerti dengan jelas.

S. produk. serta jasa yang ada sama. 2005 disebut dengan siklus informasi (information cycle) atau ada yang menyebutnya dengan istilah siklus pengolahan data (data processing cycles).Kom. yang berarti menghasilkan suatu tindakan yang lain yang akan membuat sejumlah data kembali. Hasil Penulisan menunjukan sistem kerja. perbedaanya disini hanya pemakaian progam. letak dari objek yang diteliti.model menjadi informasi. Input Data Proses ( Model ) Data Ditangkap Hasil Tindakan Penerima Output Information Gambar 1. serta data yang di inputkan untuk menghasilkan informasi sesuai dengan permasalahan yang sedang diteliti. Data tersebut akan ditangkap sebagai input. penerima kemudian menerima informasi tersebut. Daya Citra Mitrayasa”. Siklus Informasi Sumber ( Danu Wira Pangestu. diproses kembali lewat suatu model dan seterusnya membentuk suatu siklus. membuat suatu keputusan dan melakukan tindakan. . Kajian Penulisan yang Relevan Berdasarkan hasil penulisan terdahulu yang relevan dengan judul ini yang dapat dijadikan sebagai acuan yaitu penulisan yang dilakukan oleh Hendra Wijaya “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Service Pada PT. Siklus ini oleh John Burch. database yang digunakan. 2006) J.

Pemilik merasa kesulitan mendapatkan informasi mengenai hasil pekerjaan teknisi karena laporan masih memakai buku laporan manual. c) Studipustaka : Pengumpulan data yang berasal dari buku-buku literature serta bacaan lain yang mendukung penulisan. Masalah sistem lama yang dihadapi pada Toko HSC Computer adalah : a. b) Wawancara : Merupakan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan Tanya jawab. Perancangan Sistem Baru Program Visual MySQL Pemimpin Admin Teknisi -Pimpinan kesulitan mendapat informasi service yang sudah jadi dan yang belum -Observasi -Wawancara -Studi Pustaka -Dokumentasi Analisis Sistem lama Gambar 2. Data service pelanggan dicatat dibuku laporan / masih manual. c. Teknisi melapor hasil pekerjaan secara langsung ke admin. a) Analisis pada sistem lama yaitu dengan cara sebagai berikut : Observasi : melakukan pengamatan secara langsung ke obyek penulisan. Kerangka Berfikir pada Toko HSC Computer Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Service dan Sparepart berbasis Multiuser Keterangan : 1.J. 2. b. -Teknisi melaporkan hasil pekerjaan secara langsung ke admin. diskusi dan wawancara dengan pihak yang berkepentingan. . Kerangka Berfikir Toko HSC Computer Kaliwungu -Data pelanggan masuk masih dicatat dibuku data service(manual).

M. Jadwal Kegiatan Penulisan N o Kegiatan Penulisan 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 Bulan 1 Bulan 2 Bulan 3 Bulan 4 2 3 4 . L. a) Perancangan Sistem Baru : Penulis menggunakan bahasa pemrogaman Visual Basic 6 dengan menggunakan database MySQL. prosedur yang dilakukan untuk menyelesaikan desain sistem yang ada dalam dokumen desain sistem yang menggunakan sistem berbasis computer. bagian admin dan para Teknisi. Cycle).a) Dokumentasi : Pengumpulan data dengan membaca arsip-arsip yang ada pada obyek penulisan. Jadwal Kegiatan Penulisan Adapun jadual kegiatan penulisan adalah sebagai berikut : Tabel 2. 3. Model Pengembangan Adapun model yang penulis gunakan adalah model SDLC ( Sistem Development Life. b) Sistem baru di gunakan oleh Toko HSC Computer yang meliputi Pemimpinan.

Daftar Pustaka Pengelolaan Data Service Pada PT. ”Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Danu Wira Pangestu. 2006. 2011. INDONESIA RAYA AUDIVISI” . DAYACIPTA MITRAYASA” Hendra Wijaya. S.1 Pengumpulan Data 2 3 4 Perencanaan Analisis Perancangan Sistem 5 Penerapan Sistem 6 Penggunaan Sistem 7 Dokumentasi N. “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan PT.Kom.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.