Dalam 20 sampai 30 tahun ke depan. Kebutuhan Batubara dunia diprediksi semakin meningkat akibat pengurangan penggunaan tenaga nuklir. Batubara masih dianggap sebagai sumber utama energi untuk listrik dunia.Batubara adalah salah satu bahan bakar fosil yang pada saat sekarang kebutuhannya terus meningkat seiring dengan pemanfaatn Batubara sebagai sumber energi. . yang angkanya diprediksi mencapai 767 juta ton pada 2012.

diprediksi pada 2012 angka kebutuhan atau permintaan Batubara di seluruh dunia akan mencapai 767 juta ton. pemasok terbesar adalah negara Indonesia sebesar 265 juta ton.• Permintaan jangka panjang • Permintaan jangka pendek batubara akan tergantung pada harga minyak dan pertumbuhan ekonomi negara Asia. Besarnya kebutuhan itu tidak diikuti oleh kemampuan pasokan. diperkirakan hanya mencapai 762.6 juta ton pasokan pada tahun 2012. .

Tungku hemat energi untuk industri rumah tangga dengan bahan bakar Batubara/briket bio Batubara. .• Bahan Bakar Langsung Pengembangan model fisik tungku pembakaran briket biocoal untuk industri rumah tangga. Daur ulang minyak pelumas bekas dengan menggunakan Batubara peringkat rendah sebagai penyerap. • Non Bahan Bakar Pengkajian pemanfaatan Batubara Kalimantan Selatan untuk pembuatan karbon aktif. pembakaran bata/genteng. boiler rotan dan pengering bawang.

.

China.1% dari konsumsi Batubara domestik diserap oleh pembangkit listrik (PLN). Pasar ekspor ke Jepang.1% untuk industri tekstil dan kertas.47 Milyar ton/th diikuti oleh USA sebanyak 1 milyar ton/th serta India yang mencapai 675 juta ton.3 triliun).7. semen dan peleburan baja. 17% untuk industri semen dan 10. China merupakan konsumen Batubara terbesar di dunia yang mencapai 3. . Peran Batubara sebagai sumber energi pembangkit listrik juga semakin besar. Kebutuhan Batubara dalam negeri sendiri mencapai + 67 juta ton/th dan terus meningkat sejalan dengan perkembangan Industri terutama untuk bahan bakar pembangkit listrik. Korea serta India yang masih membutuhkan pasokan tambahan bagi Industrinya.• • • • Secara umum Industri Pertambangan Batubara merupakan salah satu industri yang prospektif bagi perbankan untuk dibiayai. Saat ini sekitar 71. hal ini disebabkan beberapa faktor sebagai berikut : Demand kebutuhan Batubara Dunia yang besar (+ 7.3 milyar ton per tahun atau eq USD. Komoditi ini sangat dibutuhkan terutama untuk Industri pembangkit listrik.

.

sedangkan sebagian besar sisanya adalah lignit.1 miliar ton. dengan karakteristik kadar abu dan sulfur yang rendah. yaitu sebesar 21. tapi cadangan yang bisa ditambang hanya sekitar 1/5nya saja. Antrasit juga diproduksi meskipun dalam jumlah yang sangat sedikit. Jumlah ini dipastikan akan bertambah seiring dengan eksplorasi yang terus berlangsung. Meskipun total sumber daya Batubara Indonesia mencapai 104. Batubaranya pun hampir semuanya berjenis Batubara uap.7 miliar ton. Sulawesi.Cadangan Batubara Indonesia dihitung berdasarkan eksplorasi yang terus dilakukan. Di Kalimantan bagian tengah juga diketahui terdapat Batubara kokas sehingga pembangunan tambang di sana berlangsung dengan pesat dalam beberapa tahun belakangan ini. diketahui bahwa jumlah untuk tipe bituminus dan sub-bituminus sebesar kurang lebih 40%. dan Papua. Dilihat dari wilayah. .06%) dan Kalimantan (49. Dari cadangan yang ada. sedangkan sebagian kecil terdapat di Jawa. maka hampir seluruh cadangan Batubara Indonesia terdapat di Sumatera (50.56%).

umumnya dipakai pada blast furnace (tungku peleburan pada pembuatan pig iron) sebagai bahan pereduksi besi oksida.Batubara Kokas • Batubara jenis ini. .

• Departemen Energi Amerika Serikat memperkirakan cadangan Batubara di Amerika sekitar 1.786 BBOE (Billion Barrels of Oil Equivalent).81 × 1014 kg).279 juta ton (9. yakni 114. .081.• China sendiri sebenarnya memiliki cadangan Batubara yang cukup besar. yang setara dengan 4.5 miliar ton. negara tirai bambu ini tetap membeli Batubara dari pasar internasional karena alasan efisiensi. Namun. yang cukup untuk suplai kebutuhan domestik.

.

. Sebagian besar dari produksi Batubara dunia digunakan di negara tempat Batubara tersebut di produksi. hanya sekitar 18% dari produksi antrasit yang ditujukan untuk pasar Batubara internasional. Australia dan Afrika Selatan. India.PR China USA India Australia Indonesia 3471Mt 1004Mt 585Mt 414Mt 376Mt Russia South Africa Germany Poland Kazakhstan 334Mt 253Mt 189Mt 139Mt 117Mt Negara penghasil Batubara terbesar tidak hanya terbatas pada satu daerah – lima negara penghasil Batubara terbesar adalah Cina. AS.

.

5 miliar ton.6 persen per tahun antara periode 2005 dan 2015. dan Batubara muda 1.• Produksi Batubara dunia diharapkan mencapai 7 milyar ton pada tahun 2030 – dengan Cina memproduksi sekitar setengah dari kenaikan itu selama jangka waktu tersebut. . Produksi Batubara ketel uap diproyeksikan akan mencapai sekitar 5.5 persen per tahun. Bila tahun 1990 total konsumsi Batubara dunia baru 3. tahun 2007 naik menjadi 5. Batubara kokas 624 juta ton.5 miliar ton atau naik rata-rata 3.2 milyar ton. Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan konsumsi Batubara dunia akan tumbuh rata-rata 2. • Konsumsi Batubara dunia terus meningkat.2 milyar ton.

• Indonesia pada masa mendatang. Afrika. tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri (domestik). produksi Batubara Indonesia diperkirakan akan terus meningkat.• Kebutuhan Batubara dunia diprediksi semakin meningkat akibat pengurangan penggunaan tenaga nuklir. Rusia. Indonesia. . tetapi juga untuk memenuhi permintaan luar negeri (ekspor). India. yang angkanya diprediksi mencapai 767 juta ton pada 2012. Australia. Amerika. Polandia dan Kazakhstan. yang saat ini mengkonsumsi 54% dari konsumsi Batubara dunia. Jerman. • 10 negara penghasil Batubara terbesar yaitu Cina. • Pasar Batubara yang terbesar adalah Asia.