RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran Program Keahlian Kelas / Semester : Kompetensi Kejuruan : Otomotif Perbaikan Kendaraan Ringan : XI / II

Standar Kompetensi : Melaksanakan Prosedur Pengelasan, Pemotongan pematrian dengan Panas dan Pemanasan Kompetensi Dasar Kode Kompetensi Alokasi Waktu : Pengelasan Menggunakan Las Listrik : OPKR-10-006B : 2 Jam @ 45 menit

1. Tujuan Pembelajaran: Setelah proses belajar mengajar siswa menguasai kompetensi dasar Pengelasan Menggunakan Las Listrik dengan aspek kognitif tingkat aplikasi, psikomotor tingkat respon komplek dan afektif tingkat merespon. Indikator A. Kognitif : 1. Prinsip kerja Las Listrik dijelaskan. 2. Kegunaan komponen-komponen las Listrik dijelaskan. 3. Macam-macam jenis pengelasan disebutkan. 4. Cara mengelas sambungan datar dijelaskan sesuai dengan ketentuan kerja. 5. Cara mengelas sambungan siku luar dijelaskan sesuai dengan ketentuan kerja. 6. Cara mengelas sambungan atas dengan sudut 900 dijelaskan sesuai dengan ketentuan kerja.

B. Psikomotor : 1. Persiapan  Alat Spesifikasi  Mesin/sumber arus las listrik disiapkan. Tegangan listrik pada sumber arus ditentukan.

Bahan 4 buah plat besi ukuran 100 x 40 x 3 disiapkan. Bahan elektroda disiapkan.

2. Langkah kerja           Alat dan bahan yang akan dipakai disiapkan. Nyalakan Mesin/sumber arus las listrik. Tempelkan plat kesatu dan kedua dengan jarak 2 mm. Lakukan pengelasan sambungan datar. Tempelkan plat yang ketiga diatas plat kedua dengan membentuk sudut 90o. Lakukan pengelasan sambungan atas. Tempekan plat yang keempat dengan plat yang kedua dengan membuat sudut siku. Lakukan pengelasan siku luar. Matikan mesin/sumber arus listrik. Lepaskan elektroda dari penjepit.

3. Sikap Kerja    Ketentuan dalam persiapan kerja ditaati dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur kerja. Ketentuan dalam proses kerja ditaati dan dilaksanakan langkah demi langkah sesuai dengan prosedur kerja. Teliti dalam melakukan pekerjaan.

 Sambungan atas dengan sudut 900. Memperhatikan keselamatan kerja dalam perawatan peralatan las. 3.  Sambungan siku sudut 90o. topeng las.    Mengenakan pakaian keselamatan (wear pack. sepatu. 2. Ketentuan dalam proses kerja ditaati dan dilaksanakan langkah demi langkah sesuai dengan prosedur kerja. topeng Kacamata pengaman. 2. 4. 5. Kacamata pengaman. Ceramah Tanya jawab Demonstrasi . Mengenakan pakaian keselamatan (wear pack. sambungan atas dengan sudut 900 dapat dilakukan dalam 90 menit (2 x 45 menit). Metode Pembelajaran : 1. sambungan siku sudut 90o. Kaos tangan) Bekerja dengan mengutamakan keselamatan kerja. las. Teliti dalam melakukan pekerjaan. sepatu. C. Kaos tangan) Bekerja dengan mengutamakan keselamatan kerja. Produk Kerja Bentuk  Sambungan datar. Memperhatikan keselamatan kerja dalam perawatan peralatan las. Sikap       Ketentuan dalam persiapan kerja ditaati dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur kerja. Waktu Pengelasan sambungan datar.

Materi Pembelajaran: A.3. Komponen – komponen las assytelin C. sambungan atas dengan sudut 900 . Fungsi komponen – komponen las assytelin D. sambungan siku sudut 90o. . Cara mengelas sambungan datar. Prinsip las assytelin B. Jenis-jenis api pada las assytelin E.

Kegiatan persiapan dilakukan dalam waktu (5 menit) Kegiatan Inti PENGETAHUAN 1. Siswa dapat menyebutkan 3. Guru meminta perhatian kepada peserta didik. PENGETAHUAN 1. Prinsip kerja las Listrik dijelaskan. 4. 5. Guru memperlihatkan gambar macam macam jenis pengelasan. (5 menit) 2. 2. Siswa diminta untuk menyebutkan komponen-komponen dan kegunaan komponen-komponen tersebut. kemudian menjelaskan bahwa prinsip kerja las Listrik.macam jenis pengelasan disebutkan. 2. 3. Guru menunjukan gambar dan video cara mengelas sambungan datar. Guru memperlihatkan prinsip kerja las Listrik. Guru memperlihatkan gambar komponen-komponen las listrik yang diberi nomor pada setiap komponennya. Siswa diminta untuk memperhatikan gambar yang sudah diperlihatkan. Guru memberi penjelasan pentingnya materi yang akan dibahas. (5 menit) 4. Macam . Kemudian guru menerangkan kegunaan komponen-komponen tersebut. o Komponen – komponen las Listrik o Macam – macam jenis pengelasan o Cara mengelas sambungan datar 2. kemudian guru bertanya tentang macam .Kompetensi Dasar Pengelasan Menggunakan Las Assytelin Kriteria Kerja Desain Skenario Pembelajaran Kegiatan Awal 1.  3. (5 menit) 3.macam jenis pengelasan. o Cara mengelas sambungan siku luar o Cara mengelas sambungan atas dengan sudut 900 Video-video o Cara mengelas sambungan . Siswa dapat menjelaskan kegunaan komponenkomponen las Listrik. Hasil Pembelajaran PENGETAHUAN 1. Siswa diminta untuk menjelaskan kembali prinsip keja las listrik. Guru mengabsen siswa. Guru mengucapkan salam. dan terdapat namanama komponen disebelah kanannya. Kegunaan komponen komponen las Listrik dijelaskan. Siswa dapat menjelaskan prinsip kerja las Listrik Keterangan Referensi :  Modul Otomotif Perbaikan Kendaraan Ringan Media Pembelajaran:  Mengunakan laptop dan infocus  Papan tulis  Gambar-gambar.

Dengan memperhatikan keselamatan kerja dan kesehatan kerja. baju praktek. sesuai dengan Kemudian guru menerangkan cara ketentuan kerja. (5 menjelaskan cara menit) mengelas 5. Kemudian guru menerangkan cara macam-macam mengelas sambungan datar. 4.4. Cara mengelas sambungan atas dengan sudut 900 dijelaskan sesuai dengan ketentuan kerja. Siswa dapat menjelaskan cara mengelas sambungan atas dengan sudut 900 dengan ketentuan kerja. Siswa diminta untuk menjelaskan kembali cara pengelasan sambungan siku luar sesuai dengan yang telah diterangkan. 5. apron. Kemudian guru menerangkan cara mengelas sambungan atas dengan sudut 900. mengelas sambungan siku luar. (5 menjelaskan cara menit) mengelas sambungan siku luar dengan ketentuan kerja. google dipakai oleh siswa. 5. google KETERAMPILAN Persiapan 1. datar o Cara mengelas sambungan siku luar o Cara mengelas sambungan atas dengan sudut 900 6. (5 menit) 6. Guru menunjukan gambar dan video cara mengelas sambungan atas dengan sudut 900. Guru mengingatkan agar baju praktek. Cara mengelas sambungan siku luar dijelaskan sesuai dengan ketentuan kerja. Siswa dapat kemudian guru melengkapi jawaban. Siswa dapat kemudian guru melengkapi jawaban. 6. Siswa pengelasan. kemudian guru melengkapi jawaban. Cara mengelas sambungan datar dijelaskan sesuai dengan ketentuan kerja. diminta untuk menjelaskan kembali cara pengelasan sambungan datar sesuai dengan yang telah diterangkan. KETERAMPILAN Persiapan 1. Siswa dapat menyiapkan peralatan keselamatan dan . KETERAMPILAN Persiapan 1. Siswa diminta untuk menjelaskan kembali cara pengelasan sambungan atas dengan sudut 900 sesuai dengan yang telah diterangkan. Guru menunjukan gambar dan video sambungan datar cara mengelas sambungan siku luar. apron.

Guru mengingatkan agar siswa memeriksa alat yang akan dipakai. guru memberikan contoh dan menjelaskan cara mengelas sambungan datar. kesehatan kerja dengan benar. 2. kemudian guru meminta siswa melakukan praktek dengan langkah kerja yang telah diberikan dalam aspek kognitif. Dan guru menginformasikan bahwa besarnya arus yang diatur dalam sumber arus.Keadaan fisik elektroda diperiksa. 1. Pada saat proses kerja berlangsung guru melakukan pemeriksaan ke setiap kelompok dan memberikan pengarahan apabila ada siswa yang mengalami kesulitan atau kesalahan paa saat bekerja. . Siswa dapat mengatur arus yang sesuai dengan elektroda dan tebal baja untuk mengelas. Guru mengingatkan agar siswa menyiapkan alat dan bahan yang akan dipakai. Siswa dapat melakukan pengelasan sambungan datar. Proses Kerja 1. Siswa dapat memeriksa alat yang akan dipakai dengan tepat dan teliti. Proses Kerja Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok (masing-masing 2 orang). Alat dan bahan yang akan dipakai disiapkan. Dengan memperhatikan langkah kerja yang telah diberikan oleh guru pada aspek kognitif. yaitu dengan cara Proses Kerja 1. 2. Dengan memperhatikan langkah kerja yang telah diberikan oleh guru pada aspek kognitif. 2. Langkah kerja mengelas sambungan datar.dipakai oleh siswa. dan tangan kiri membawa topeng las (3 menit) 2.Keadaan fisik sumber arus diperiksa. 2.Tegangan dalam susmber arus ditentukan. 3. Siswa dapat menyiapkan alat dan bahan yang akan dipakai 3. Siswa memeriksa alat yang akan dipakai: . . guru memberikan contoh cara menghidupkan mesin las atur arus yang sesuai untuk kawat lasnya dan Tangan kanan membawa penjepit eletroda. . 2. Langkah kerja mengatur arus yang sesuai dengan elektroda dan tebal baja mengelas. 3.

kemudian Dekatkan ujung elektroda las ketempat yang dimaksud dengan jarak kira-kira 10 . Guru memberikan pengelasan contoh dan menjelaskan cara mengelas sambungan atas 0 sambungan atas dengan sudut 90 . Siswa dapat yang telah diberikan oleh guru pada melakukan aspek kognitif. kemudian Dapatkan proses ionisasi. antara elektroda dan benda kerja tunggu sampai didapat kolom logam cair setelah bahan sudah mencair. masukan bahan yang sudah selesai di las kedalam air (quench). Ujung elektroda digoreskan menurut cara yang dianut. menempelkan kedua plat yang akan di las dengan jarak 2-3mm kemudian Dekatkan ujung elektroda las ketempat yang dimaksud dengan jarak kira-kira 10 . yaitu dengan cara menempelkan plat kedua dengan plat yang ketiga di bagian tengahnya dengan sudut 900. (10 menit) 3.20 mm. Dengan memperhatikan langkah kerja 4. lalu Geser elektroda kearah yang dimaksud dengan hati-hati. Langkah kerja mengelas sambungan atas dengan sudut 900. (15 menit) 4. kemudian masukan bahan yang sudah selesai di las kedalam air (quench). Siswa dapat yang telah diberikan oleh guru pada melakukan aspek kognitif. Dapatkan proses ionisasi.Guru memberikan pengelasan siku .3. lalu Geser elektroda kearah yang dimaksud dengan hati-hati. antara elektroda dan benda kerja tunggu sampai didapat kolom logam cair setelah bahan sudah mencair. Siswa diminta untuk melakukan hal yang sama. dengan sudut 900. 4.20 mm. Siswa diminta untuk melakukan hal yang sama. Langkah kerja mengelas sambungan siku luar. Dengan memperhatikan langkah kerja 3.

siswa diminta untuk Listrik dengan mematikan las Listrik yaitu dengan benar. Guru menekankan pada siswa agar persiapan kerja ditaati dan praktek dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan ketentuan kerja. yaitu dengan cara menempelkan plat kedua dengan plat yang keempat dengan membentuk siku. 2. Siswa melakukan proses kerja sesuai dengan jobsheet. Siswa melakukan persiapan kerja dan menaati prosedur dan ketentuan kerja dalam melakukan praktek. contoh dan menjelaskan cara mengelas luar.5. Ketentuan dalam persiapan kerja ditaati dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan ketentuan kerja. antara elektroda dan benda kerja tunggu sampai didapat kolom logam cair setelah bahan sudah mencair. sambungan siku luar. Lalu matikan motor/sumber tegangan. Siswa dapat yang telah diberikan oleh guru pada mematikan las aspek kognitif. 2. cara melepas elektroda dari tang penjepit. (15 menit) 5. kemudian masukan bahan yang sudah selesai di las kedalam air (quench). kemudian dapatkan proses ionisasi. Langkah kerja mematikan las Listrik. 2. lalu Geser elektroda kearah yang dimaksud dengan hati-hati. Siswa diminta untuk melakukan hal yang sama. Guru mengingatkan pada siswa agar proses kerja ditaati dan praktek dilaksanakan sesuai dengan job sheet. . lalu lepaskan penjepit (-) dari masa. (2 menit) SIKAP KERJA 1. SIKAP KERJA 1. Dengan memperhatikan langkah kerja 5. Ketentuan dalam proses kerja ditaati dan dilaksanakan sesuai dengan job sheet. SIKAP KERJA 1.

Menguji kemampuan siswa.  Membuat sambungan datar. mengevaluasi hasil pemelajaran. Guru memberikan gambaran tentang standar hasil pekerjaan (produk kerja) yang telah dibuat. 4. Dengan memperhatikan proses kerja. Menyampaikan materi untuk minggu yang akan datang Waktu Kerja Siswa dapat melakukan kerja praktek membuat sambungan dengan menggunakan las Listrik sesuai dengan waktu yang telah ditentukan . proses kerja membuat sambungan dengan menggunakan las Listrik dikerjakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan yaitu 2 x 45 menit. 3. Waktu Kerja Dengan memperhatikan waktu kerja. Standar produk kerja disini adalah siswa dapat membuat benda kerja yang telah ditentukan sesuai dengan langkah kerja yang benar. sambungan atas dengan sudut 900 dilakukan dengan benar.  Membuat sambungan atas dengan sudut 900. Memberi tugas dan mengabsen siswa. Mengulas ulang secara garis besar materi yang telah dibahas.  Membuat sambungan siku. PRODUK KERJA 1. Kegiatan Akhir 1. produk kerja yang dihasilkan sesuai dengan standar hasil pekerjaan membuat sambungan datar. Waktu Kerja Guru memberikan kepada siswa batas waktu untuk melakukan kerja praktek membuat sambungan dengan menggunakan las Listrik. 2. kemudian meminta siswa untuk melakukan kerja praktek sesuai waktu yang ditentukan. PRODUK KERJA 1. keterampilan dan sikap melalui indikator tes yang disiapkan oleh guru. sambungan siku. dibuktikan dengan tes baik secara pengetahuan.PRODUK KERJA 1. Siswa dapat menguasai kemampuan membuat sambungan dengan menggunakan las Listrik sesuai dengan standar.

 Mengecek semua kondisi komponen las listrik : 1. Kacamata pengaman 5. Keadaan fisik motor/sumber tegangan. Keadaan kuat arus yang digunakan. Topeng las 4.  Mengelas sambungan atas dengan sudut 900. Proses Kerja  Mengatur motor/sumber tegangan sesuai dengan ukuran elektroda. Menyiapkan bahan sambungan las. 3. 2. Kaos tangan    Bekerja dengan mengutamakan keselamatan kerja.  Mengelas sambungan datar. 2.  Rapi dan mengenakan pakaian keselamatan : 1.  Mematikan motor/sumber arus.Alat Evaluasi Proses NO 1 Aspek Yang Dinilai Persiapan  Menyiapkan bahan yang akan dipakai : 1. Empat buah plat besi ukuran 100 X 40 X 3. Memperhatikan keselamatan kerja dalam perawatan peralatan las. 3. Menggunakan pakaian praktek dengan kelengkapannya. 2. Kinerja Mahasiswa YA TIDAK Skor Bobot Nilai Alat Evaluasi Hasil . Mengikat rambut (jika panjang).  Mengelas sambungan siku luar. Keadaan kabel penjepit. Teliti dalam melakukan pekerjaan. Sikap Kerja  Bekerja sesuai dengan SOP (Standard Opeasional Prosedur).

 Sambungan atas dengan sudut 900. Bentuk  Sambungan datar.NO 1 Hasil Kerja  Produk: Aspek Yang Dinilai Kinerja Mahasiswa YA TIDAK Skor Bobot nilai 1.  Sambungan siku sudut 90o. 2. minimal 7 . Ukuran  Waktu: 60 menit Kriteria Kelulusan Aspek Sikap Pengetahuan Keterampilan Nilai Akhir Keterangan : Tidak : 0 s/d 69 (tidak lulus) Ya : 70 s/d 100 (lulus) Skor 2 4 4 Bobot Nilai Keterangan Syarat kelulusan nilai minimal 70 dengan nilai setiap aspek.

Akibat dan sebab salah 2) Soal essai Jelaskan kegunaan alat-alat di bawah ini: 1. Topeng Las 4. sebab benar d. Mesin/ sumber arus 3. Elektroda 3) Sebutkan jenis-jenis pengelasan? 4) Cara mengelas sambungan datar dijelaskan sesuai dengan ketentuan kerja? 5) Cara mengelas sambungan siku luar dijelaskan sesuai dengan ketentuan kerja? 6) Cara mengelas sambungan atas dengan sudut 900 dijelaskan sesuai dengan ketentuan kerja? . Akibat dan sebab benar b. SEBAB Sumber arus yang mengalir Jawaban a. sebab salah c. Akibat salah. Akibat benar. Penjepit las 2.Lembar Evaluasi Kognitif 1) Soal sebab akibat AKIBAT Elektroda dapat menyambungkan dua bahan.

Kaos tangan Sepatu yang rapat .7) Soal pilihan ganda Alat perlengkapan yang digunakan dalam las listrik. b. Topeng las/helm las Karburasi c. d. kecuali a.

tangan kiri memegang penjepit elektroda. (Benar/Salah) .8) Soal benar salah Ketika hendak mengelas.

antara elektroda dan benda kerja tunggu sampai didapat kolom logam cair setelah bahan sudah .20 mm. 2. Berfungsi untuk melindungi mata dari cahaya las listrik. antara elektroda dan benda kerja tunggu sampai didapat kolom logam cair setelah bahan sudah mencair. Berfungsi untuk menghasilkan tegangan tinggi untuk proses pengelasan. antara elektroda dan benda kerja tunggu sampai didapat kolom logam cair setelah bahan sudah mencair. 6) yaitu dengan cara menempelkan plat kedua dengan plat yang keempat dengan membentuk siku. kemudian masukan bahan yang sudah selesai di las kedalam air (quench). masukan bahan yang sudah selesai di las kedalam air (quench). sebab benar 2) 1. 5) Yaitu dengan cara menempelkan plat kedua dengan plat yang ketiga di bagian tengahnya dengan sudut 900. 3) Sambungan datar. lalu Geser elektroda kearah yang dimaksud dengan hati-hati. kemudian Dekatkan ujung elektroda las ketempat yang dimaksud dengan jarak kira-kira 10 . Ujung elektroda digoreskan menurut cara yang dianut. lalu Geser elektroda kearah yang dimaksud dengan hati-hati. Dapatkan proses ionisasi.20 mm. sambungan siku luar. Berfungsi untuk menyambungkan dua logam baja. kemudian Dapatkan proses ionisasi. Berfungsi untuk memegang benda kerja yang panas. kemudian dapatkan proses ionisasi. dan sambungan atas dengan sudut 900 4) Yaitu dengan cara menempelkan kedua plat yang akan di las dengan jarak 2-3mm kemudian Dekatkan ujung elektroda las ketempat yang dimaksud dengan jarak kira-kira 10 . 3. 4.Lembar Jawaban 1) Akibat benar.

lalu Geser elektroda kearah yang dimaksud dengan hati-hati.mencair. 7) Jawaban b 8) Jawaban salah . kemudian masukan bahan yang sudah selesai di las kedalam air (quench).

papan tulis.5. b. video-video. Sumber belajar Modul Otomotif Perbaikan Kendaraan Ringan c. Alat / Media Mengunakan laptop dan infocus. Test Praktek . Post Test 2. gambar-gambar. Alat / Media dan Sumber Belajar a. Penilaian 1.

gambar 2. Alat dan bahan         Mesin/sumber arus las listrik & elektroda Mesin gerinda tangan pembuat alur/meratakan kampuh las Palu las Sikat kawat Palu besi Klem Tang penjepit .memindahkan benda kerja yang panas Sikat petibersih bangku kerja 2. bunga api dan radiasi sinar-sinar yang berbahaya. topeng las/helm las. gas panas. Melindungi muka terhadap : asap. Kelamatan kerja Keterangan 1. Kacamata pengaman (putih terang) .JOB SHEET (Pengelasan Menggunakan Las Listrik) 1.

kulit sinar radiasi 4. Sepatu yang rapat .kulit terak panas. Kaos tangan .kulit percikan bunga api penahan 5.3. Pakaian pelindung . dan .

. Langkah kerja Prosedur menyalakan mesin/sumber arus. atur arusnya yang sesuai untuk elektrodenya dan tebal/tipisnya benda kerja.    Pasang semua instalasi listrik pada mesin lasnya Hidupkan mesin las. Tangan kanan membawa penjepit elektroda. NO 1 TUGAS Pemeriksaan benda kerja KETERANGAN Memeriksa benda kerja dengan ukuran 500x40x3 KONTROL Visual HASIL PEMERIKSAAN 2 Melukis dan menggergaji Melukis benda kerja dengan membagi benda menjadi lima bagian sama besar lalu meggergajinya 3 Latihan mengelas Latihan mengelas pada bagian yang pertama.3. Prosedur mengelas dengan berbagai jenis sambungan. dan tangan kiri membawa topeng las.

4 Mengelas Membuat rigilas jalur panjang 5 Mengelas Membuat sambungan datar 6 Mengelas Membuat sambungan siku sudut 90o 7 Mengelas Membuat sambungan atas dengan sudut 900 .