Marsha Windira (0906545101) Iklan 2009 Tugas Manajemen bidang kreatif

Pengertian Kreatif menurut para ahli
1. Kreatif adalah memiliki daya cipta, kemampuan untuk menciptakan, bersifat (mengandung) daya cipta – Kamus Besar Bahasa Indonesia (Poerwodarminto, 2002:599). 2. berfikir kreatifadalah ” Thinking which produces new methods, new concepts, new understanding, new invention, new work of art ” (menurut james C. Colemon dan coustance L, Hammen (1974 : 452 ), yang diungkap kembali oleh Jalaludin Rahmad 3. Intelejensi berkaitan dengan berpikir secara konvergen, sedangkan kreativitas adalah berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk berpikir divergen. Berpikir konvergen merupakan proses berpikir yang didasari oleh berbagai hal menuju satu kesimpulan. Sedangkan berpikir divergen kemampuan berpikir yang berawal dari satu persoalan atai satu hal menuju berbagai hal Guilford (1967) 4. kreativitas berasal dari bahasa inggris yaitu “create” yang artinya mengadakan sesuatu yang sebelumnya belum ada. Dan sesuatu tersebut harus memiliki nilai-nilai tersendiri, maka kreativitas dapat diartikan sebagai menciptakan sesuatu yang benarbenar baru yang mengandung nilai-nilai – Edward de Bono 5. “Creativity is the ability to bring something new into existence” -Baron, 1976 dalam Reni AkbarHawadi dkk, 2001 6. kreativitas adalah suatu kemampuan umum untuk menciptakan suatu yang baru, sebagai kemampuan untuk memberikan gagasan-gagasan baru yang dapat diterapkan dalam pemecahan masalah, atau sebagai kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan baru antara unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya – Utami Munandar, Guru Besar Fakultas Psikologi UI/Penulis 7. kreativitas adalah kemampuan memulai ide, melihat hubungan yang baru, atau tak diduga sebelumnya, kemampuan memformulasikan konsep yang tak sekedar menghafal, menciptakan jawaban baru untuk soal-soal yang ada, dan mendapatkan pertanyaan baru yang perlu di jawab. Imam Musbikin - Penulis (2006 :6)

Kreativitas merupakan sifat pribadi seorang individu (dan bukan merupakan sifat social yang dihayati oleh masyarakat) yang tercermin dari kemampuannya untuk menciptakan sesuatu yang baru . 1950 dalam Reni Akbar-Hawadi dkk.Mangunhardjana (1986 : 11) 9. pengorganisasian. Dengan demikian dapat pula dikatakan bahwa managemen merupakan inti daripada administrasi karena memang managemen merupakan alat pelaksanaan utama daripada administrasi.Guilford. Oey Liang Lee 2. . Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan. . Terry 4.penyusunan. Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian. hal ini erat kaitannya dengan bakat. Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain. SP. kegiatan yang mendatangkan hasil yang sifatnya berguna (useful). Stoner 3. Management dapat didefinisikan sebagai kemampuan atau keterampilansuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain.Drs. lebih praktis. memperlancar. Manajemen adalah proses perencanaan. 2001 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli 1. penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya. mempermudah. mengembangkan.Dr. Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. pengorganisasian dan penggunakan sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi tang telah ditetapkan.F. lebih enak.pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Horold Koontz dan Cyril O’donnel 6. mendidik. mendatangkan hasil lebih baik atau banyak .James A. Siagian dalam buku FILSAFAT ADMINISTRASI . mendorong.Lawrence A. mengurangi hambatan.Selo Soemardjan 1983 10. . . . mengatasi kesulitan. Appley 5.R. kreativitas merupakan kemampuan atau kecakapan yang ada dalam diri seseorang.8. memecahkan masalah.

consumptive. Manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain – Mary Parker Follet 8.Ordway Tead yang dikutip oleh Drs. HE. Rosyidi dalam bukunya yang berjudul “Organisasi dan Management “ 9. manajemen sebagai proses serta kegiatan pelaksanaan usaha memimpin maupun menunjukkan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan tertentu yang telah ditetapkan bersama .net/2011/12/pengertian-manajement-definisi.” Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan proses mengelola dan mengkoordinasi sumber daya-sumber daya secara efektif dan efisien sebagai usaha utk mencapai tujuan organisasi – Lewis dkk (Ahli Ekonomi) 10. Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama – Hilman – Ahli Ekonomi Sumber : Diakses 20 February 2012 http://eko13. the process of administering and coordinating resources effectively and efficiently in an effort to achieve the goals of the organization.7.wordpress.com/2008/03/16/pengertian-kreativitas/ http://www.html .